Pantai Sawarna

Pantai Sawarna
Pantai Sawarna © Sumay Tv

(4.8/5 dari 30 Pengunjung) Baca ulasan

Alamat: Jl. Sawarna Km. 12 No.1, Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak, Banten 42392

Poin Penting

Sejarah Sawarna

Rute Menuju Pantai Sawarna

Dari Ibukota Jakarta

Jalur Timur

Jalur Barat

Dari Bandung

Menggunakan Transportasi Umum

Dari Jakarta

Dari Bandung

Dari Bogor

Dari Bekasi

Dari Rangkasbitung

Harga Tiket Masuk Pantai Sawarna

Tempat Wisata

Pantai Tanjung Layar

Pantai Pasir Putih

Pantai Legon Pari

Pantai Karang Beureum

Pantai Karang Taraje

Pantai Gua Langir

Pantai Karang Bokor

Pantai Pulo Manuk

Gua Lalay

Gua Langir

Gua Seribu Candi

Gua Kanekes

Gua Harga Karun

Aktivitas Pantai

1. Berenang

2. Surfing

3. Menjelajah Gua

4. Menikmati Sunrise dan Sunset

5. Berkeling Desa Wisata

Penginapan Sawarna

Little Hula Hula

Pulman Lampion Cottage

Bukit Indah Sawarna

Andrew Batara

Sinar Matahari Resort

Paket Sawarna

Harga Paket Makan

Harga Paket Penginapan + Makan

Harga Paket Full (Transportasi + Penginapan + Makan)

Akan liburan ke Pantai Sawarna? Sebelum memutuskan untuk pergi liburan ke pantai ini alangkah baiknya membaca artikel ini secara tuntas .

Pantai Sawarna merupakan nama tempat wisata yang berada di Selatan Kabupaten Lebak-Banten. Awalnya tempat wisata ini masih belum banyak diketahui wisatawan dalam negeri , biasanya lebih banyak wisatawan mancanegara yang liburan ke tempat ini.

Sawarna mulai banyak dikenal di tahun 2000-an, kala itu ada beberapa blogger traveler yang liburan ke pantai ini dan menulis semua pengalamannya selama liburan di Sawarna, juga di sertai dengan beberapa foto yang menggambarkan keindahan pantai Sawarna.

Kemudian popularitas semakin menanjak setelah beberapa TV nasional menyiarkan keindahan pantai ini. Tidak hanya itu, Sawarna semakin banyak dikenal setelah banyaknya film yang diproduksi di pantai ini.

Sejarah Sawarna

Sejarah Sawarna
Sejarah Sawarna: pekerja sedang memanen kepala 22 Mei 1929 © Tropenmuseum

Asal muasal sejarah Sawarna dimulai ketika Indonesia masih dijajah pada tahun 1907. Saat itu ada seorang kebangsaan Belanda yang bernama Jean Louis membuka lahan perkebunan kelapa seluas 54 hektare yang terletak di sekitar Pantai Ciantir(yang kini jadi Pantai Pasir Putih) dan Tanjung Layar. Untuk perkerjanya sendiri banyak yang berasal dari luar Banten.

Kemudian seiring berjalan waktu, jumlah perkerja semakin banyak dan terbentuklah sebuah perkampungan dengan nama Sawarna. Namun karena ada perbedaan logat antara orang Jawa dan orang Sunda banyak yang salah mengartikan kata Sawarna. Dari ‘Sawarna’ menjadi ‘Sorana’ yang memiliki arti berbeda, yaitu ‘suaranya’.

Ada versi lain yang mengatakan bahwa ‘Sawarna’ merupakan nama seorang tokoh dan kepala desa pertama di tempat ini yang bernama ‘Swarna’, yang diperkirakan pernah hidup di tahun 1900-an.

Kata Swarna(Sawarna) sendiri dalam bahasa Sunda memiliki arti ‘Satu Warna’. Penduduk setempat juga ada yang mengartikan ‘satu warna’ bahwa penduduk disini meski berbeda suku namun tetap satu tujuan, yaitu maju bersama.

Hal ini juga masih berkaitan dengan cita-cita Jean Louis Van Gogh, yaitu usaha yang dirintisnya di Sawarna saat itu bisa di kenal sampai manca negara. Sebagian masyarakat setempat juga percaya jika suatu saat Sawarna bisa kenal sampai mancanegara.

Faktanya saat ini Sawarna mulai dikenal banyak wisatawan, baik lokal dan mancanegara. Karena memiliki banyak tempat wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi.

Banyak turis mancanegara berlibur ke Pantai Sawarna Banten untuk menghabiskan waktu senggangnya. Tidak hanya itu, banyak juga peselancar yang datang ke tempat ini untuk mencoba ombaknya.

Namun Sawarna juga memiliki sejarah yang kelam, dahulu pada saat pembangunan jalan kereta Saketi – Bayah banyak penduduk lokal maupun dari luar daerah Banten yang jadi pekerja romusha yang meninggal akibat beban pekerjaan yang berat dan tidak diberi makan dan upah.

Kini hanya tinggal tersisa bangunan tua bekas rel kereta. Banyak pekerja dari luar daerah yang tidak bisa pulang kembali ke kampung halamannya dan menetap di daerah sekitaran Bayah.

Rute Menuju Pantai Sawarna

Ada beberapa rute yang bisa digunakan untuk mengunjungi Pantai Sawarna, khususnya untuk yang dari Jakarta, wisatawan bisa menggunakan jalur timur(arah Ciawi, Bogor) dan jalur barat(arah Serang, Rangkasbitung, Cilegon). Untuk jelasnya bisa mengikuti bisa mengikuti rute berikut.Dari Jakarta

Dari Ibukota Jakarta

Banyak wisatawan yang menjadikan kota Jakarta sebagai titik poin keberangkatan. Nah berikut beberapa rute yang bisa digunakan jika berangkat dari jakarta menuju Sawarna.

Jalur Timur

Jika dari Jakarta menggunakan jalur timur, maka sudah pasti akan melewati Kota Bogor.

  • Dari Jakarta ⇒ Ciawi, Bogor ⇒ Cibadak ⇒ Pelabuhan Ratu
    ⇒ Cisolok ⇒ Sawarna
  • Dari Jakarta ⇒ Ciawi, Bogor ⇒ Cikidang ⇒ Pelabuhan Ratu ⇒ Cisolok ⇒ Sawarna
  • Dari Jakarta ⇒ Bogor ⇒ Cijeruk ⇒ Cikidang/Cibadak ⇒ Pelabuhan Ratu ⇒ Cisolok ⇒ Sawarna

Jalur Barat

Jika akan menggunakan jalur barat, ada beberapa pilihan jalur yang bisa digunakan.

  • Dari Jakarta ⇒ Serang ⇒ Pandeglang ⇒ Saketi ⇒ Malingping ⇒ Bayah ⇒ Sawarna
  • Dari Jakarta ⇒ Rangkasbitung ⇒ Gunung Kencana ⇒ Malingping ⇒ Bayah ⇒ Sawarna
  • Dari Jakarta ⇒ Cilegon ⇒ Anyer ⇒ Labuan ⇒ Malingping ⇒ Bayah ⇒ Sawarna

Dari Bandung

Wisatawan yang berasal dari Bandung, bisa menggunakan rute berikut yang umum digunakan.

  • Dari Bandung ⇒ Cianjur ⇒ Sukabumi ⇒ Cibadak ⇒ Pelabuhan Ratu ⇒ Cisolok ⇒ Sawarna

Menggunakan Transportasi Umum

Mungkin ada pertanyaan “Apa bisa ke Sawarna menggunakan transportasi umum?” Jawabannya bisa. Namun seperti yang kita tahu bahwa jarak dari Ibu Kota Jakarta ke Sawarna sekitar 230 KM. Jika ditempuh menggunakan kendaraan pribadi memakan waktu 5-6 jam dan jika menggunakan transportasi umum bisa sampai 9 jaman.

Namun jika terbiasa menggunakan transportasi umum sebagai tumpangan saat liburan maka hal ini bukan masalah, karena banyak backpacker yang liburan ke Sawarna banyak menggunakan kendaraan umum.

Berikut beberapa pentunjuk yang bisa digunakan jika ingin menggunakan kendaraan umum ke Sawarna menggunakan transportasi umum.

Dari Jakarta

Jika akan menggunakan transportasi umum dari Jakarta ke Sawarna, maka bisa naik kereta dan berhenti di Stasiun Bogor. Dari Stasiun bisa dilanjutkan dengan naik angkot menuju terminal Baranangsiang. Kemudian mencari bus menuju Pelabuhanratu, perjalanan Bogor-Pelabuhanratu memakan waktu 4 jam.

Sesampainya di Pelabuhanratu, selanjutnya bisa memiliki kendaraan umum elf/minibus jurusan Bayah, kemudian berhenti di Simpang Ciawi, dari sini bisa dilanjutkan dengan naik ojek.

Dari Bandung

Untuk wisatawan yang berasal dari Bandung, maka dari Terminal Leuwi Panjang Bandung bisa memilih bus jurusan Sukabumi, selain itu juga bisa menggunakan Travel Siliwangi Trans.

Sesampainya di Sukabumi bisa naik bus jurusan Pelabuhanratu, setelah sampai Terminal bisa dilanjutkan dengan naik elf jurusan Bayah dan berhenti di Simpang Ciawi, dan dilanjutkan dengan naik ojek.

Dari Bogor

Untuk wistawan yang memulai keberangkatan dari Bogor dan sekitarnya menggunakan kendaraan umum, maka bisa memulai perjalanannya dari Terminal Baranangsiang, kemudian dilanjutkan dengan menggunakan Bus jurusan Pelabuhanratu, sesampainya di Terminal, dilanjutkan dengan naik minibus/elf jurusan Bayah, selanjutnya berhenti di Simpang Ciawi, dan dilanjutkan dengan naik ojek.

Dari Bekasi

Jika perjalanan dimulai dari Bekasi, maka dari Terminal Bekasi bisa memilih bus dengan jurusan Bogor, dan berhenti di Terminal Baranangsiang, selanjutnya memilih bus jurusan Pelabuhanratu, sampai di Terminal bisa dilanjutkan menggunakan elf arah Bayah dan berhenti di Simpang Ciawi, kemudian dilanjutkan menggunakan ohek untuk sampai Sawarna.

Dari Rangkasbitung

Untuk wisatawan yang memulai perjalanannya dari Rangkasbitung, Banten, maka bisa dimulai dari Terminal Mandala dengan menaiki bus Rudi jurusan Bayah, atau bisa menggunakan elf jurusan Bayah/Cikotok dan berhenti di Terminal Bayah. Dari Bayah bisa dilanjutkan dengan menggunakan ojek menuju Sawarna.

Intinya lokasi Pantai Sawarna bisa diakses dengan kendaraan roda dua, roda empat ataupun kendaraan umum.

Harga Tiket Masuk Pantai Sawarna

Sama halnya ketika mengunjungi wisata pantai lainnya, ketika mengunjungi beberapa pantai di Sawarna, wisatawan akan dikenakan biaya tiket masuk.

Perlu diketahui juga, karena Sawarna memiliki banyak tempat wisata, berikut beberapa tempat yang mengharuskan wisatawan membayar biaya tiket masuk:

  • Masuk Pantai Tanjung Layar dan Pantai Pasir Putih Rp 5.000,-/orang.
  • Masuk Pantai Legon Pari, Pantai karang Beureum dan Pantai Karang Taraje Rp 5.000,-/orang.
  • Masuk wisata Pantai dan Gua Langir Rp 5.000,-/orang.
  • Masuk wisata Gua Lalay Rp 5.000,-/orang.
  • Masuk pantai Karang Bokor Rp 5.000, s/d Rp 10.000, -/orang. (dikelola swasta)
  • Masuk Pantai Pulo Manuk Rp 5.000,-/orang.

Itu belum termasuk biaya parkir. Untuk Bus mulai Rp 75.000,- , mobil pribadi mulai Rp 25.000,- , dan untuk motor biasanya gratis karena bisa parkir dekat pantai atau jika menginap, biasanya penginapan menyediakan parkiran untuk motor gratis dan aman.

Tempat Wisata

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa Desa Sawarna memiliki banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi wisatawan. Ada wisata pantai, gua, budaya dan sejarah.

Berikut beberapa tempat wisata yang ada di Sawarna.

Yang pertama akan dibahas adalah wisata pantainya, karena wisata unggulan yang dimiliki Sawarna adalah pantainya yang indah.

Pantai Tanjung Layar

Tanjung Layar
Tanjung Layar Pagi Hari @tonythok

Pantai Tanjung Layar merupakan ikon wisata di Sawarna, tempat ini yang banyak dikunjungi wisatawan ketika datang kesini. Yang menjadi ciri khas tempat ini adalah dua karang yang menjulang tinggi menyerupai dua layar perahu.

Itu sebabnya tempat ini diberi nama Tanjung Layar. Biasanya wiastawan yang datang ke tempat ini banyak menghabiskan waktunya untuk menikmati pemandangan, berenang, atau berswafoto.

Ketika laut sedang surut, wisatawan bisa berjalan ke tengah menghampiri dua karang besar tersebut untuk mengambil gambar dari dekat. Tepat dibelakang dua karang raksasa ini terdapat karang yang menyerupai benteng memanjang yang menahan deburan ombak.

Ketika cuaca sedang cerah, pemandangan sunset di tempat ini sangat indah. Tempat ini cocok dijadikan tempat liburan bersama keluarga atau pasangan.

Wisatawan tidak perlu takut kelaparan ditempat ini, karena banyak terdapat warung di sekitar pantai yang menjajakan berbagai makanan dan jajanan. Juga ada yang berjualan berbagai pernak-pernik dan oleh-oleh.

Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih
Sunset Pantai Pasir Putih @abdillahfasyih

Pantai Pasir Putih merupakan pantai yang paling ramai dikunjungi pada saat akhir pekan atau libur panjang. Pantai ini memiliki bibir pantai yang panjang, hampir tidak ada batuan karang di pantai ini, itu sebabnya tempat ini banyak digunakan wisatawan untuk berenang.

Akses ke pantai ini juga yang paling dekat aksesnya, dibandingkan dengan pantai lainnya. Jika akan ke Pantai Tanjung Layar, maka Pantai Pasir Putih akan terlewati.

Pantai ini awalnya bernama Pantai Ciantir, namun karena pantai ini memiliki pasir yang putih yang cukup luas, maka banyak wisatawan yang menamainya Pantai Pasir Putih.

Banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di pantai ini. Pada siang hari wisatawan bisa berenang, bermain pasir, melakukan berbagai olahraga pantai, berselancar dan aktivitas lainnya. Biasanya rombongan gathering menjadikan pantai ini sebagai tempat untuk bermain games.

Sekitar pinggiran pantai terdapat banyak warung yang menyediakan berbagai makanan laut, jajanan, pernak-pernik khas pantai untuk oleh-oleh.

Untuk masalah keamanan, pantai ini sudah ada lifeguard yang memantau, memberi pengerahan dan melakukan penyelamatan jika ada wisatawan yang membutuhkan pertolongan. Tepat di pinggir pantainya ada bangunan pemantaunya.

Pantai Legon Pari

Pantai Legon Pari
Pantai Legon Pari @teguhwyn28

Jika merasakan suasana pantai yang tenang dengan jumlah pengunjung yang masih sedikit, obak yang tidak besar, pasir putih yang halus dan pemandangan yang indah, maka harus mengunjungi Pantai Legon Pari ketika berlibur di wisata Pantai Sawarna.

Namun untuk sampai ke pantai ini memerlukan sedikit perjuangan. Lokasinya didalam. Pintu masuknya pun beda dengan kedua pantai sebelumnya.

Jalan masuk ke Pantai ini hanya bisa dilewati dengan jalan kaki dan sepeda motor. Untuk yang membawa kendaraan pribadi hanya bisa masuk sampai parkiran sebelum jembatan gantung. Selanjutnya perjalanan hanya bisa dilanjutkan dengan jalan kaki atau naik ojek.

Dari jalan utama Desa Sawarna membutuhkan waktu sekitar 15 menit perjalanan dengan naik motor atau 45 menit dengan jalan kaki(jalan santai). Sepanjang perjalanan wisatawan bisa menikmati berbagai keindahan alam, pepohonan dan juga ada pesawahan yang luas.

Juga akan melewati perbukitan, dari sini bisa melihat pemandangan luasnya laut lepas.

Ketika sampai di Pantai Legon Pari, lelah selama perjalanan akan terbayarkan dengan pemandangan yang indah. Jika cuaca bagus langit dan air laut akan berwarna biru dan pasirnya berwarna putih. Terbayang kan betapa indahanya.

Berenang merupakan kegiatan yang umum dilakukan wisatawan ketika mengunjungi pantai ini, karena memiliki obak yang tidak besar dan tidak terlalu dalam. Aman untuk berenang anak-anak. Pantai ini cocok untuk tempat liburan bersama keluarga.

Namun kini Pantai Legon Pari tidak seperti dulu. Dulu itu sepi, masih sedikit warung yang jualan. Kini banyak warung, sama seperti di pantai lainnya. Ada yang jual makanan, kelapa hijau atau jajanan.

Pantai Karang Beureum

Pantai Karang Beureum
Pantai Karang Beureum Sunrise @indah_ps3

Pantai Karang Beureum lokasinya berdekatan dengan Pantai Legon Pari, tepatnya di sebelah baratnya. Namun kondisi pantai ini cukup berbeda. Area pantai di penuhi dengan batuan karang datar. Dan beberapa berukuran besar.

Keunggulan yang dimiliki pantai ini adalah pemandangannya. Pada siang hari, cukup indah pemandangannya ketika menikmati dari pinggiran pantai, namun yang paling indah ketika pagi hari.

Banyak wisatawan yang sengaja datang pada saat pagi buta untuk menikmati indahnya matahari terbit di Pantai Karang Beureum. Umumnya wisatawan muda-mudi, biasanya pasangan yang ingin menikmati moment romantis

Siang hari pantai ini banyak digunakan oleh pemancing ikan. Pada saat air laut surut pemancing bisa ke tengah, mendekati tempat banyaknya ikan berkumpul.

Pantai Karang Taraje

Pantai Karang Taraje
Pantai Karang Taraje @ irvan_ip

Pantai Karang Taraje lokasinya di sebelah selatan Pantai Legon Pari. Jika jalan kaki memerlukan waktu sekitar 15 menit-an. Bisa juga dengan naik motor, namun tidak bisa sampai ke lokasi.

Karakter tempat ini serupa dengan Pantai Karang Beureum, banyak karang, namun banyak yang ukuran besar. Tempat ini wisatawan tidak disarankan untuk berenang. Cukup berbahaya, banyak karang tajam yang bisa merobek kulit. Jalan pun tidak boleh lepas sepatu atau sandal.

Untuk sampai ke lokasi pantai ini wisatawan akan penyusuri pinggiran pantai. Sepanjang jalan akan banyak menjumpai spot menarik untuk beeswafoto. Seperti bebatuan berukuran besar, pemandangan air laur surut yang menggenang dan pemandangan alam lainnya.

Tujuan akhir ketika mengunjungi Pantai Karang Taraje adalah menaiki karang berukuran besar. Menaiki baru ini menggunakan tangga(taraje dalam bahasa Sunda). Mungkin ini sebabnya nama pantai ini ‘Karang Taraje’.

Dari atas atas batu karang besar, wisatawan akan disuguhi dengan pemandangan indah. Pemandangan laut lepas dengan deburan ombak yang besar. Air laut bisa menghempas cukup tinggi. Bisa seperti hujan.

Jika cuaca sedang bagus, wisatawan akan betah menikmati pemandangannya. Akan terkagum-kagum dengan pemandangannya. Dari atas batu karang besar ini juga hasil foto akan menakjubkan.

Namun harus tetap berhati-hati ya ketika mengunjungi pantai ini. Disarankan menggunakan guide lokal. Jadi bisa tahu lokasi yang aman untuk didatangi dan mana yang berbahaya.

Pantai Gua Langir

Pantai Gua Langir
Pantai Gua Langir @henriana_hatra_nochi

Berbeda dengan Pantai Legon Pari, pantai ini berada di sebelah barat Desa Sawarna. Bisa diakses dari Pantai Pasir Putih. Ciri khas yang dimiliki tempat ini adalah terdapat banyak gua yang terdapat di pinggiran pantai dan tebing batu yang tinggi.

Jadi ketika wisatawan mengunjungi pantai ini, selain menikmati pemandangan pantai yang indah, juga bisa mengunjungi beberapa gua.

Jika dari jalan utama Desa Sawarna, wisatawan akan dikenakan biaya masuk lagi. Mobil pribadi bisa masuk sampai ke dekat pantai, ada parkiran untuk motor dan mobil.

Di pantai ini wisatawan tidak disarankan untuk berenang. Aktivitas yang bisa dilakukan wiatawan adalah bermain pasir, menikmati pemandangan, melakukan swafoto, masuk ke beberapa gua. Pantai ini cocok untuk tempat liburan keluarga.

Pemandangan di pantai ini tidak kalah indah dengan pantai lainnya, khususnya untuk lokasi yang paling ujung. Pemandangan tebing tinggi setengah melingkar menghadap ke laut akan membuat takjub. Wajib dikunjungi ketika liburan ke Sawarna.

Pantai Karang Bokor

Pantai Karang Bokor
Pantai Karang Bokor © ceritawira.com

Pantai yang kini di kelola oleh pihak Swasta ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap nantinya. Ada parkiran untuk kendaraan pribadi, cafe, kamar mandi, tempat bermain untuk anak, dan berbagai fasilitas pendukung lainnya.

Yang jadi keunggulan dari Pantai Karang Bokor adalah pemandangan alam sekitar. Ketika masuk dari jalan utama, wisatawan akan melewati hutan lindung. Udaranya segar karena dikelilingi berbagai pepohonan hijau.

Untuk masuk ke tempat ini wisatawan akan dikenakan biaya masuk dan parkir. Pintu masuknya cukup megah dan tertata cukup rapi.

Aktivitas yang bisa dilakukan dipantai ini adalah menikmati pemadangan indah laut lepas dari ketinggian. Wisatawan tidak bisa berenang. Sepanjang bibir pantai ini di penuhi dengan batuan karang.

Pantai Pulo Manuk

Pantai Pulo Manuk merupakan salah satu pantai di Sawarna yang lokasinya paling ujung, di sebelah barat Desa Wisata ini. Jika wisatawan menggunakan rute dari arah Bayah, maka pantai ini yang pertama kali terlewati.

Dinamai dengan Pantai Pulo Manuk, karena di pantai ini terdapat sebuah pulau batuan karang yang letaknya berada di tengah laut. Dulunya di pulau ini banyak di jumpai kawanan burung. Tepatnya tempat tinggal berbagai jenis burung. Dan Manuk dalam bahasa Sunda artinya burung.

Pantai ini juga tidak kalah ramainya dengan pantai lainya, khususnya pada akhir pekan dan libura panjang. Namun wisatawan yang datang ke pantai ini di dominasi oleh wisatawan lokal.

Untuk masuk pantai ini wisatawan diharuskan membayar tiket masuk. Tersedia berbagai fasilitas, seperti lahan parkir, jadi kendaraan pribadi bisa parkir tepat didekat pantai. Juga ada gazebo dan tempat duduk, sebagai tempat untuk menikmati keindahan di pantai ini.

Saat cuaca sedang bagus, pemandangan sunset di pantai ini cukup indah. Apalagi banyak gazebo yang sengaja dibangun menghadap ke laut.

Sekitaran pantai ini banyak di jumpai banyak binatang primata seperti monyet dan lutung. Wisatawan bisa mencoba pengalaman memberi makan para monyet dengan makanan ringan.

Setelah membahas mengenai wisata pantai unggulan di Sawarna. Kini akan membahas wisata Gua-nya.

Gua Lalay

Gua Lalay Sawarna
Gua Lalay Sawarna © IndonesiaKaya.com

Jalan masuk ke wisata Gua Lalay ini berbeda dengan pintu masuk wisata lainnya. Letaknya berada di Kampung Cipanas. Tempat ini hanya bisa diakses dengan kendaraan motor dan jalan kaki.

Dinamai dengan Gua Lalay, karena gua dulunya jadi tempat tinggal banyak kelelawar(Lalay dalam bahasa Sunda), sehingga masyarakat setempat menamai gua ini dengan sebutan Gua Lalay.

Tempat ini cocok dikunjungi untuk yang orang suka dengan pengalaman yang menantang. Perjalanan untuk sampai ke tempat ini akan melewati jembatan gantung dan pesawahan.

Untuk masuk ke Gua ini, wisatawan harus menggunakan sepatu, helm dan senter. Disarankan juga untuk menggunakan jasa guide lokal. Karena bisa memberi pentunjuk jalan yang bisa dilewati dan mengetahui lebih banyak cerita tentang tempat ini.

Daya tarik yang dimiliki Gua Lalay adalah batuan stalaktit dan stalakmit yang menghiasi berbagai sudut gua. Umumnya gua-gua yang ada di Indonesia memilki dasar gua berupa tanah atau batuan, namun berbeda dengan Gua Lalay. Hampir seluruh dasar gua di genangi oleh air. Tinggi air sampai betis orang dewasa.

Air yang mengalari di dasar gua berasal dari tetesan air di atap gua. Tetesan air yang sudah berlangsung ribuan tahun ini menyebabkan banyakanya batuan stalaktit cantik diatas langit-langit gua.

Gua Langir

Keberadaan Gua Langir ini masih satu tempat dengan wisata Pantai Gua Langir yang sudah dibahas sebelumnya.

‘Langir’ dalam bahasa Sunda artinya Kalajengking. Namun bukan berarti didalam gua ini banyak dihuni oleh Kalajengkin. Hanya penamaan masyarakat setempat saja.

Lebar bagian dalam gua 3 meter dan tingginya 10 meter. Untuk kedalaman guanyanya sampai 1 kilometer menembuh tebing bebatuan. Namun sayangnya banyak batuan pada dinding dan atau gua yang longsor menutupi jalan masuk kedalam.

Jarak aman masuk gua ini hanya sampai 100 meteran saja. Kondisi didalam gua cukup lembab, dan banyak tetesan air dari atas gua.

Ketika akan memasuki mulut gua, sekilas nampak kecil ukurannya, sehingga tidak yakin bahwa bisa dimasuki manusia. Namun saat berjalan lebih dekat, mulut gua ternyata berukuran besar.

Gua Seribu Candi

Keberadaan Gua ini masih di Pantai Gua Langir. Lokasinya diatas tebing. Untuk sampai ke tempat ini wisatawan harus menaiki tangga. Tangga dari susunan batu. Cukup curam, jadi harus berhati-hati. Begitu pun saat masuk ke mulut gua, harus melewati turunan tanggal tanah. Cukup licin.

Alasan Gua ini diberi nama Seribu Candi karena didalam gua terdapat banyak batuan stalagmit yang menyerupai stupa candi, yang terbentuk ratusan tahun akibat tetesan air dari atap gua.

Lorong Gua ini tidak dalam. Nanum pemandangan pada bagian dalam gua cukup indah.

Gua Kanekes

Kanekes merupakan nama daerah tempat tinggal suku Baduy, yang letaknya berada di Kanekes, Leuwidamar, Lebak.

Alasan gua ini diberi nama Gua Kanekes karena dulu banyak orang dari Suku Baduy datang ke gua ini untuk mengambil sarang walet dan memburu kelelawar.

Gua ini memiliki panjang 85 meter. Memiliki bentuk horizontal. Pada dalam gua banyak di penuhi bebatuan.

Gua Harga Karun

Gua yang berdekatan dengan gua sebelumnya ini, mitosnya pernah dijadikan tempat penjajah Jepang untuk menyimpan harta hasil rampasan. Itu sebabnya gua ini diberi nama Gua Harta Karun.

Bagian dalam gua ini tidak terlalu menarik, ukurannya tidak terlalu besar, dan tidak terlalu dalam. Posisi gua ini berada paling awal dari pintu masuk wisata.

Aktivitas Pantai

Ketika berlibur ke Pantai Sawarna,selain menikmati pemandangan alam sekitar yang indah, ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan.

1. Berenang

Ada beberapa pantai yang cocok digunakan untuk berenang di Sawarna, seperti Pantai Pasir Putih, pantai ini menjadi tempat fovorit untuk kegiatan berenang, pantai ini juga yang banyak dikunjungi ketika musim liburan tiba.

Namun jika menginginkan suasana pantai yang lebih tenang dan kondisi ombak yang tidak terlalu besar, maka bisa memilih Pantai Legon Pari, pantai ini memiliki pasir yang lebih halus, ombaknya tidak besar, dan tidak terlalu dalam, jadi lebih aman untuk berenang anak-anak.

2. Surfing

pantai sawarna sukabumi
Surfing di Sawarna © ceritawira.com

Untuk wisatawan yang memiliki hobi berselancar atau surfing, bisa memilih Pantai Pasir Putih sebagai tempat cocok untuk olahraga yang satu ini. Pantai ini memiliki ombak yang terbilang cukup besar, khususnya dibulan-bulan tertentu ombaknya bisa sampai lebih dari 5 meter.

Jika tidak membawa papan selancarnya wisatawan bisa menyewanya, dan jika belum terlalu mahir bisa menggunakan jasa pembimbing.

3. Menjelajah Gua

Seperti yang sudah dijelaskan sebekumnya, wisata Sawarna tidak hanya pantai, namun juga terdapat beberapa gua yang menarik untuk dikunjungi, seperti Gua Lalay, Gua Langir, dan beberapa gua lainnya.

Untuk mengunjungi wisata gua di Sawarna disarankan untuk menggunakan jasa pemandu lokal, untuk mengetahui banyak hal mengenai gua yang dikunjungi juga agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

4. Menikmati Sunrise dan Sunset

Indahnya langit sunrise dan sunset tidak hanya bisa di nikmati di atas gunung saja. Pantai pun bisa jadi tempat yang tepat untuk menikmati indahnya pemandangan terbit dan dan tenggelamnya matahari.

Tempat yang tepat untuk menikmati langit sunrise di Sawarna adalah Pantai Karang Beureum. Dan untuk menikmati indahnya pemandangan sunset bisa di Pantai Tanjung Layar, Pantai Pasir Putih, dan Pantai Pulo Manuk

5. Berkeling Desa Wisata

Suasana pedesaan di Sawarna masih kental, khususnya untuk daerah wisata Pantai Legon Pari dan Gua Lalay. Banyak di jumpai pesawahan dengan saung-saung tradisional.

Meski jumlahnya tidak banyak lagi, namun di Sawarna masih ada beberapa warga yang memiliki mata pencaharian sebagai pengrajin kayu, membuat berbagai perlengkapan rumah, dan juga alat musik seperti gitar.

Penginapan Sawarna

Untuk menjelajahi semua tempat yang ada di Sawarna tidak akan cukup dituntaskan dalam satu hari. Selain itu juga perjalanan menuju Desa Wisata ini cukup jauh, pasti akan melelahkan perjalannya, jadi setidaknya harus istirahat satu malam, baru besoknya melanjutkan perjalanan pulang.

Umumnya wisatawan dari luar daerah menghabiskan waktu 2 hari satu malam ketika liburan ke sini. Tiba hari sabtu siang, dan pulang lagi di minggu siang. Namun tidak jarang juga yang liburan menghabiskan beberapa hari.

Untuk tempat bermalam, di Sawarna tidak akan kesulitan mencarinya, sudah banyak penginapan. Banyak pilihan, dan harganya bervariatif, tergantung jenis kamar dan fasilitasnya.

Namun rasa perlu untuk membuat beberapa penginapan Sawarna yang jadi rekomendasi tempat bermalam. Tempatnya terbilang bagus, nyaman dan harga yang relatif terjangkau.

Berikut daftar berserta deskripsi singkatnya.

Little Hula Hula

Penginapan Little Hula Hula berada di jalan utama Desa Sawarna. Aksesnya dekat dengan banyak tempat wisata disini. Tersedia beberapa jenis kamar, ada kamar untuk rombongan, keluarga dan pasangan.

Memiliki beberapa tipe kamar, ada yang berbentuk gedung, panggung tradisonal, dan panggung superior. Untuk tipe panggung superior berada di area pesawahan, pemandangan sekelilingnya Sawah.

Harga kamarnya:

TipeKapasitasFasilitasHarga(Rp)
Panggung Standar2-4 orangAC350.000
Panggung Besar8-12 orangAC850.000
Gedung4 orangAC450.000
Panggung Superior4 orangAC475.000
Standar Single bed2 orangAC300.000

Keterangan: Harga diatas merupakan harga kamar di akhir pekan(weekend). Untuk harga hari biasa dan libur panjang tentu berbeda.

Penginapan ini memiliki parkiran yang cukup luas untuk kendaraan pribadi. Untuk beberapa tipe kamar mobil bisa di parkir di depan kamar langsung.

Pulman Lampion Cottage

Untuk wisatawan yang ingin menginap di penginapan yang memiliki pemandangan langsung ke pantai, maka bisa memilih Pulman Lampion Cottage. Lokasinya berada di Pantai Pulo Manuk.

Jarak ke pantai hanya sekitar 20 meteran dari pantai, memiliki parkiran sendiri untuk kendaraan pribadi, bisa parkir didepan kamar langsung untuk mobil pribadi atau motor.

Ada beberapa tipe kamar di penginapan ini, kamar tipe barak untuk rombongan, kamar tipe family untuk keluarga, dan standar untuk kapasitas 2 orang dewasa.

Harga kamarnya:

TipeKapasitasFasilitasHarga(Rp)
Standar2 orangAC350.000,-
Family4-6 orangAC850.000,-
Barak10-12 orangAC950.000,-

Keterangan: Harga diatas merupakan harga kamar di akhir pekan(weekend). Untuk harga hari biasa dan libur panjang tentu berbeda.

Bukit Indah Sawarna

Villa Bukit Indah lokasinya berada dekat dengan Pantai Gua Langir dan Pantai Pasir Putih. Masih di jalan utama desa. Akses ke pantai bisa ditempuh dengan jalan kaki atau naik kendaraan mobil atau motor bisa. Memiliki area parkiran sendiri.

Ada beberapa tipe kamar di penginapan ini, tipe family berbentuk panggung untuk keluarga, kamar superior dan kamar standar untuk keluarga,

Harga kamarnya:

TipeKapasitasFasilitasHarga(Rp)
Standar4-6 orangAC350.000
Superior4 OrangAC400.000
Family6 OrangAC450.000

Keterangan: Harga diatas merupakan harga kamar di akhir pekan(weekend). Untuk harga hari biasa dan libur panjang tentu berbeda.

Andrew Batara

Jika ingin bermalam dekat dengan wisata unggulan di Pantai Sawarna Lebak Banten, maka bisa memilih Andrew Batara. Lokasinya dekat Pantai Tanjung Layar dan Pantai Pasir Putih. Ada dua tempat penginapannya, yang pertama tepat di samping jembatan gantung masuk pantai, dan yang satunya lagi di dalam, setelah jembatan gantung.

Ada beberapa tipe kamar. Untuk rombongan bisa menggunakan tipe homestay, dan jika pesertanya 4 sampai 6 orang bisa memilih tipe kamar dengan dua tempat tidur.

Penginapan Andrew Batara sering digunakan untuk berbagai acara, untuk gathering dengan jumlah peserta 50-60 orang masih bisa. Harga penginapannya relatif murah. Tergantung tipe dan fasilitas kamarnya juga.

Harga kamarnya:

TipeKapasitasFasilitasHarga(Rp)
Kamar Standar4-6 orangAC350.000
Kamar Superior4-6 orangAC450.000
Homestay Standar10-16 orangAC950.000
Homestay 2 Lantai14-20 orangAC1.400.000

Keterangan: Harga diatas merupakan harga kamar di akhir pekan(weekend). Untuk harga hari biasa dan libur panjang tentu berbeda.

Sinar Matahari Resort

Lokasi penginapannya lebih dekat ke Pantai Pasir Putih, bisa diakses dengan jalan kaki beberapa menit saja. Pemandangan sekitar kamar pesawahan, karena berada di area pesawahan.

Untuk kendaraan motor bisa parkir di area penginapan. Fasilitas tempatnya cukup lengkap. Jumlah kamarnya juga banyak. Cocok dijadikan tempat gathering, bisa menampung 80-90 orang.

Ada beberapa jenis kamar, mulai yang standar fan untuk 2 orang, standar ac, family fan , dan superior. Bisa pilih sesuai dengan jumlah peserta dan kebutuhan. Harganya cukup terjangkau. Cocok untuk tempat bermalam keluarga.

Harga kamar:

TipeKapasitasFasilitasHarga(Rp)
Standar Fan2 orangFan250.000
Family Fan4-6 orangFan500.000
Standar AC3-4 orangAC350.000
Superior4-5 orangAC450.000

Keterangan: Harga diatas merupakan harga kamar di akhir pekan(weekend). Untuk harga hari biasa dan libur panjang tentu berbeda.

Paket Sawarna

Untuk yang tidak mau direpotkan dengan masalah makan dan memilih tempat yang tepat untuk jumlah peserta diatas 10 orang. Bisa memilih paket.

Pilihan paketnya ada beberapa macam, paket makan, paket penginapan+makan, atau paket komplit yang terdiri dari transportasi+penginapan+makan.

Pilihan paket tersebut bisa disesuaikan dengan jumlah peserta dan kemampuan budget liburan.

Harga Paket Makan

Untuk makan 3 kali (sarapan, makan siang dan makan malam) dengan menu makan utama ikan dan ayam mulai Rp 75.000/orang. Untuk paket dengan menu makan yang lengkap mulai Rp 120.000/orang.

Harga Paket Penginapan + Makan

Paket ini terdiri dari makan 3 kali dan penginapan dengan kamar untuk 4 orang, fasilitas kamar sudah AC. Harganya mulai Rp 175.000/orang. Untuk paket dengan menu makan yang lengkap + penginapan tipe superior mulai Rp 220.000/orang, untuk 2 hari 1 malam.

Harga Paket Full (Transportasi + Penginapan + Makan)

Paket ini terdiri dari transportasi pulang pergi, dijemput dari titik poin pertemuan. Jadwal kegiatan biasanya dari pihak penyedia paket. Penginapan menggunakan kamar AC dengan kamar untuk 4 orang. Makan 3 kali.

Harga paketnya tergantung jumlah peserta.

  • 15 orang = Rp 450.000/orang
  • 16-29 orang = Rp 400.000/orang
  • 30-50 orang = Rp 380.000/orang

Paket diatas untuk waktu liburan 2 hari 1 malam, juga akan mendapatkan:

  • Air Minum.
  • Es kelapa/kelapa muda 1x
  • Perlengkapan P3K
  • Guide lokal
  • Biaya retribusi masuk wisata
  • Dokumentasi

Bagaimana ?

Pembahasan mengenai Pantai Sawarna ini cukup lengkap dan jelas untuk dijadikan bahan referensi ketika akan liburan ke tempat ini.

BAGIKAN

30 Ulasan dari pengunjung

  1. Entah mengapa, walau lebih dari 20 an kali ketempat ini tak pernah hadir ada bosennya.Tempat ini sungguh menyenangkan plus Ngangenin. Pada 6 atau 7 tahun lalu untuk mencapai tempat ini menyita waktu sangat lama dan melelahkan. 6-8 jam via Sukabumi atau Via Rangkas, infrastruktur jalan sangat-sangat buruk. Sekarang jalan sudah sangat baik, dengan mobil pribadi cukup 3.5-4 jam. Via Cisoka , Petir, Serang, Rangkas-Malingping jalanan sudah sangat baik, begitu pula via Sukabumi… Hanya saja macet sulit dihindarkan jika melewati rute ini. Tentu akan akan lebih cepat jika Tol Jagorawi-Sukabumi beroperasi. So tunggu apa lagi.. Nikmati salah satu pantai terbaik di barat jawa ini.

  2. Tempatnya kereeen, cocok untuk bersantai bareng keluarga dan juga kerabat sahabat serta cocok juga untuk pemotretan praweding serta cocok untuk berselancar juga.

    Kalau ingin ke batu layarnya Aksesnya cukup jauh dari gerbang/parkiran mobil, mobil bisa diparkir di pelataran rumah warga yang diseawakan untuk parkir, tentu saja tarifnya bisa melambung.

    Untuk menuju pantai,dari parkiran bisa diakses dengan jalan kaki atau dengan jasa ojek setempat.

    Dilokasi banyak penjual makanan terutama warkop dan tempat penginapan yang disewakan serta banyak penjual pernak pernik serta souvenir khas pantai sehingga memudahkan untuk belanja oleh oleh.

    Tambahan, pantai ini pernah dijadikan lokasi syuting salah satu iklan rokok terkenal di indonesia yang bernuansa adventure. Sehingga menarik banyak orang orang turis-turis asing\bule yang berselancar disana selain ombaknya yang bagus untuk berselancar pemandangannya juga yang exsotis menjadi pendukung menariknya wisatawan asing datang. 👍👍☺

  3. Salah satu pantai pasir putih khas indonesia, cocok banget buat kumpul kelurga, sama temen atau dengan pasangan
    Tempai ini juga cocok buat kalian yang lagi nyari tempat buat prewed atau sekedar hunting
    Dan disini banyak penginapan juga buat kalian yang ingin beristirahat karena capenya perjalanan, harganya juga terjangkau ko
    Selamat bersenangsenang😊😊😊

  4. Dulu waktu kesini belum banyak orang yang tau, jadi masih perawan bgt pantainya. Pengunjung sedikit, kanan kiri pemandangannya sawah diatas pasir. Tiket masuk murah. Kalau mau ke pantai ini kita harus melewati jembatan goyang. Skr sudah banyak pembangunan serta pengunjung ramai kalau weekend.

  5. Ke pantai sawarna waktu tahun 2014, perjalanan dari karawang jam 18.00 ke stasiun rambutan, karena saat itu pas weekend sampai 23.30, lanjut perjalanan Jakarta – sukabumi jam sampai jam 05.30, lanjut sukabumi – bayah menggunakan mobil 3/4 sampai jam 10.00, rute ini sudah bisa menikmati pemandangan bagus pantai pelabuhan ratu. Sampai sawarna langsung sewa rumah penduduk setempat dan liburan di mulai, nice place!!

  6. Pasir pantainya pasir putih, asyik buat main air, dan yg mau nongkrong juga ok banget, disediakan beberapa bangku dan 24 jam pula, penerangan cukup ok , yg mau camping juga bisa, foto2 motor langsung dipantai juga tidak nasalah,

    Pantainya juga cukup luas, mirip2 di bali, penginapan juga tidak mahal, sekarang akses jalan sudah cukup mulus mantap

  7. Kondisi liburan lebaran 2018, perjalanan ke sawarna dari jakarta untuk hari libur lebih baik melalui pandegelang banten (jl. saketi-malimping)-bayah-sawarna, sekitar 6 jam (berangkat jam 9, sampai jam 3 sore-sdh dgn istirahat makan siang sekitar 45 menit di pantai pasir putih cihara) dengan kondisi jalan rata2 beton kondisi yang cukup baik walupun jalan ditempuh berliku2 tetapi amat sangat lenggang sehingga perjalanan cukup nyaman. Jalur sebaliknya (melalui ciawi) dicoba ketika pulang dr Sawarna ke Jakarta. dari Sawarna menuju jalan utama sudah amat hancur (mirip medan off road), kadang dibeberapa tempat mobil yg berlawanan arah harus bergantian karena hanya 1 jalur yg memungkinkan bisa dilewati. Perjalanan Sawarna-Sukabumi ditempuh 2 jam, Sukabumi ke Ciawi kondisi lalu lintas hari minggu (bahkan setiap hari) macet sangat parah ditempuh 5 jam (normal 1 jam) dan Ciawi-Jakarta 2 jam. Total dibutuhkan 9 jam Sawarna ke Jakarta melalui Ciawi-Sukabumi.

  8. Pantai pasir putih, pantai yg paling dekat dg akses jalan & peradaban modern di jajaran pantai sawarna ☺️ Memiliki garis pantai yg panjang & sejauh mata memandang hanya ada hamparan pasir putih. Selain pantai ini, masih banyak pantai lain yg seharusnya dikunjungi saat ke sawarna supaya perjalanan jauh naik turun bukit & berkelok-kelok terbayar lunas. Seperti pantai tanjung layar sebagai ikon pantai di sawarna, pantai legon pari, pantai karang taraje, pantai karang bereum, dan masih banyak lagi. Mintalah bantuan pemandu lokal meski untuk itu harus membayar lebih. Dan jangan lupa untuk selalu jaga kebersihan.

  9. Keren. Kita dari Cikarang Bekasi menempuh perjalanan sekitar 8 jam untuk sampe disini, 8 jam plus2.. artinya plus ngopi plus poto2 klo ada background yg keren n mempesona. Lumayan lah.. lumayan fanas fantat haha. Cocok buat temen2 yg suka adventouring. Tapi semua itu terbayar saat melihat keindahan pantainya.
    Yg saya perhatikan kayanya gabisa masuk buat kendaraan besar seperti mobil. Mgkin kedepannya buat pemda bisa memperbaiki n memaksimalkan wana wisata tersebut. Overall.. keren!!

  10. Sekarang akses ke bayah dari Serang udah bagusan, jalannya udah dibeton, waktu tempuh bisa lebih hemat. Walopun jauh tapi terbayarkan sama suasana pantainya, alamiii bnget.. Terakhir ksini sama rombongan temen2, kita camping di pasir putihnya. Keren deh

  11. Butuh stamina yang lebih, kendaraan yang harus penuh terisi bahan bakar. Harus sangat berhati-hati melewati jalur ke pantai Sawarna. Senantiasa selalu berdo’a agar di beri keselamatan sampai tujuan

  12. Pantai di ujung provinsi Banten ini memiliki keistiwahan sendiri, pasirnya yang putih serta airnya yang jernih. Bisa di tempuh dengan bus mini, mobil pribadi dan motor. Tidak recomend bagi bus besar karena jalannya yang terjal sangat tidak bagus untuk bus ukuran besar. Kalau kamu sumpek di rumah coba deh ke sawarna beach ini pasti kamu nggak akan nyesel. Selain liburan kamu juga bisa sedikit berbagi bagi mereka warga lokal dengan membeli jualannya. Karena menurut saya akomodasi di sana sangat susah, setidaknya dari kita memberi sedikit masukan 😊

  13. Perjalanan Dari Pelabuhan Ratu sampai ke pantai Sawarna itu memakan waktu sekitar 1 jam sampai 1,5 jam,tergantung bagaimana kita mengendarainya kendaraan kita..
    Tanggal 2 Desember 2018 kemarin saya kesana menggunakan kendaraan roda 2 (motor) dari jakarta timur tepat nya cijantung dan sekitar nya,dan itu memakan waktu sekitar kurang lebih 6-7 jam sampai ke pantai Sawarna,, cape,,lelah dan butuh istirahat.. Tapi sampai sana saya langsung ke pantai,,dan ternyata pantai Sawarna itu memang indah,,lelah saya hilang,,cape saya habis,,yang tadinya mau istirahat jadi lupa sama istirahat nya..
    Mantap dehh pokoknya..
    Yang belum pernah ke pantai Sawarna,, buruan dehh,,ga akan ada kata menyesal..
    😀😀😀

  14. Kesini tuh diajak om and tidur di balai2 gitu di tepi pantai soalnya kebanyakan yg Kesini pd bermalam ala kadarnya 😁😁 emang ngasikin tidur sambil dengerin gemuruh ombak kecuali yg ga bisa, banyak jg penginapan di sekitar biasanya rmh penduduk situ yg disulap jd penginapan woop lahhh

  15. Sunsetnya bagus. Lautnya bening. Pasirnya putih. Biaya masuknya 5rb/orang. Kalau mau nginep mending pesen dulu di traveloka/airyrooms. Kalau ke pantai ini harus parkir mobil di rumah sebelah jalan raya dan kita jalan kaki ke pantainya (lumayan jauh). Biaya parkir mobil 30rb/malam. Kalau motor mah bisa masuk ke penginapannya. At least so fun to spend your weekend.

  16. Saya sangat suka sekali dengan pantai, karena tidak ada tempat seperti pantai dimana laut bertemu dengan pasir dan pasir bertemu dengan batu. Saya berharap bisa kembali datang dan berlibur di pantai semoga saja

  17. Pantainya asik banget sumpah bikin ketagihan walaupun jaraknya yang cukup jauh dari pantai pelabuhan ratu dibutuhkan waktu kurang lebih 2-3 jam lagi dan akses jalan yang mau masuk ke pantainya itu cukup jelek dan banyak jalan yang ancur tapi kalo kalian kesini dijamin kaga akan nyesel pemandangan indah dan pantainya masih bagus tidak banyak sampah dan untuk kalian jangan lupa buang sampah pada tempatnya biar tidak merusak pantai ini !

  18. Pantai dengan icon batu layar dan dengan pasir putih yang terbentang cukup luas serta karang Taraje yg spektakuler dengan air terjun dari hempasan ombak menambah tempat ini menjadi sulit untuk dilupakan sebagai areal wisata di Banten yang bisa ditempuh dengan sepeda motor

  19. Tempatnya enak buat nyantai, dan buat kamu yang hobi camp ini tempat yang asik, lokasinya 6jam dari kota bandung, tarif masuknya 5k per orang

  20. Cocok untuk pilihan berlibur bersama keluarga menikmati suasana pantai yg dikelilingi karang untuk transportasi juga sudah ada mobil bus via serang – sawarna

  21. Pantai yang cukup tenang, tidak terlalu ramai pengunjung, cocok untuk hunting foto, surfing juga pas karena ombaknya tinggi”. Pokoknya get a feels buat holiday nya.

    Penginapan juga bnyk kisaran 100 rb/malam di hari biasa, dan musim liburan kisaran 250 rb/malam

  22. Tempat nya enak untuk refreshing dan cocok juga untuk tempat cucurak bagi keluarga dan anak-anak, tapi untuk bermain air harap di dampingi anak-anak nya dikarenakan ombak di pantai ini cukup besar

  23. Pantai nya bagus gak ada karang nya,tapi ingat anak kecil atau orang yang gak bisa berenang main nya dipinggir saja karena ombak disini lumayan besar,karena posisinya berada di sebelah selatan indonesia yang mana menghadap langsung samudra hindia

  24. Jika anda menuju tempat ini menggunakan kendaraan roda 4,anda harus berjalan kaki sejauh ± 1km dan sebaiknya menggunakan alas kaki.jika menggunakan roda dua,anda bisa langsung menuju bibir pantai.

  25. Surga tersembunyi di banten. Kawasan pantai selatan Banten, pantai yang satu ini rekomen karena salah satu pantai yang landai dan pasir putih, kebanyakan pantai selatan banten berkarang dan tebing. Lebih baik masuk berjalan kaki lewat semak dan pohon di sebrang Villa Little Hula Hula karena spot lebih sepi, lebih bersih, dan lebih dekat ke view perbukitan. Untuk sampai ke sini harus sabar berkendara mobil selama 5 jam (jika tanpa istirahat).

  26. Kedua kalinya kesini. Pertama touring bareng club mobil, kedua touring keluarga. Yg kedua diarahin lewat jalan petir. Sempet agak takut sih, karna jalan masuknya enggak banget, eh ternyata mempersingkat perjalanan banget!

    Saat liburan lebaran + weekend itu rameee BANGET!! jalan menuju pantainya ajah rame, karna jalur kecil jadi harus gantian jalannya. Dari parkir mobil hingga pinggir pantai hampir 1km. Pantainya pasir putih. Sedikit kotor, mungkin karna banyak pengunjung waktu itu. Ombak besar – ciri khas pantai selatan.

    Rekomen untuk nginep, walau tetep jarak penginapa – bibir pantai (kuranglebih) 500m. Tapi banyak penginapan yg bagus dan harga terjangkau. Malas jalan kaki, ada abang ojek siap mengantar, kemana ajah 10rb rupiah saja. Makanan disana juga termasuk wajar. Bahkan kelapa bulet ajah hanya Rp.8.000,- ajah. Tapi untuk baso, udah 2 kedai saya makan, keduanya ada rasa ikannya di basonya. Jadi kalau yg gag suka ikan, lebih baik kalau makan baso cari dijalan ajah yg udah jauh dr pantai.

    Untuk penginapan terakhir saya menginap di villa elsa. Satu rumah dengan 3 kamar tidur (tanpa AC), 1 kamar mandi, dapur, ruang tamu dan ruang keluarga. Bisa masak sendiri, peralatan makan pun tersedia. Kami ber 16orang sudah termasuk anak kecil, bisa menginap disana. Hargnya 1jt permalam (saat weekend – high season).

  27. Bagus pantai pasir putih ombak besar.tapi waspada berenang jangan ke tengah-tengah karena ombak yg besar. ada penjaga pantai. Pantai Tanjung layar dan Sawarna itu sama aja masuknya. Lewat satu titik masuk. Jembatan kecil maksimal hanya motor roda dua yg bisa melewati jembatan. Banyak penginapan murah.

  28. Suasana pemandangannya mantap, cuman sayang, seharusnya untuk penyedia tempat wisata juga harus menyediakan disetiap tempat untuk ada tempat sampahnya, soalnya orang orang bepergian ke tempat wisata pasti membawa bekal atau makanan pasti buangnya bingung ngga ada tempat, saya pun bingung buang sampahnya dimana, malah saya tanya tanya ke orang orang tempat sampah dimana, tapi untuk pantai nya bagus deh😄😄😄💯

  29. pantainya keren, sudah banyak perubahan deket pantai sudah ada masjid, sudah banyak bedeng bedeng dri ciantir sampai tj.layar buat yg kehabisan homestay, atau emang sengaja klo mau menikmati rmalam di bibir pantai biar gak jauh .

  30. Suka banget, pantai nya bersih, penginapan aman … Seneng banget main di pantai karna ombak’y lumayan besar jadi gak usah terlalu ke tengah 😁😁 apa lagi di tanjung tayar, butuh perjuangan supaya medekati tanjung layar itu .. overall Sawarna okehh 😁👍👍

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here