Pantai Muara Cibareno

29CW+HH3, Cibareno, Kec. Cilograng, Kabupaten Lebak, Banten 42393

(4.4/5 dari 14 Pengunjung) Baca ulasan

Pantai Muara Cibareno Banten ini memiliki keunikan tersendiri yang menjadi daya tarik karena memiliki pemandangan yang terdiri dari muara, pantai, pesawahan, dan bukit untuk melihat pemandangan laut lepas Samudra Hindia.

Tepi pantainya terdapat berbagai pepohonan khas pantai yang cukup, khususnya pohon kelapa yang memberikan kesejukan. Selain itu juga terdapat bebepat tempat duduk yang menghadap langsung ke arah pantai.

Wisatawan yang berkunjung bisa melakukan berbagai aktivitas seperti menikmati pemandangan laut lepas dari atas bukit, bermain air di muara, atau menikmati ikan laut bakar segar hasil tangkapan nelayan setempat dan kelapa muda yang segar.

Meski pantai ini memiliki pemandangan indah yang beragam, namun pengunjungnya masih sedikit terlebih di hari biasa, hal ini karena lokasinya cukup terpencil dan tersembunyai. Padahal cocok untuk tempat berlibur refreshing melepas kepenatan dari rutinitas perkotaan bersama keluarga.

Pantai Muara Cibareno kini mulai dibangun beberapa fasilitas pendukungnya untuk kenyamanan pengunjung. Nah, untuk yang berencana akan berkunjung ke pantai ini bisa simak ulasannya di bawah ini sampai tuntas agar dapat gambarannya.

Deskripsi Pantai Muara Cibareno

Pantai Cibareno
Pemandangan Pantai Muara Cibareno dari atas / Joy motor Channel

Pantai Muara Cibareno, yang terletak di Desa Cibareno, Kecamatan Cilograng, Lebak, adalah salah satu destinasi wisata pantai yang terletak di ujung selatan Banten dan berbatasan dengan Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat. Jadi karakter pantainya mirip dengan pantai sekitarnya.

Pantai Muara Cibareno memiliki keunikan tersendiri, salah satunya banyak pohon kelapa yang berjajar di bibir pantai. Pemandangan indah dan suasana alam yang tenang juga merupakan daya tarik dari pantai ini, bisa membuat para pengunjung merasanyaman.

Tahukah bahwa pada tahun 90-an area pesawahan dekat Pantai Muara Cibareno pernah jadi latar belakang pada video iklan sebuah stasiun televisi nasional. Iklan tersebut memperlihatkan muara dan hamparan sawah hijau yang memanjakan mata. Setelah kuranglebih 20 tahunan setelah iklan tersebut dibuat keindahan alamnya tetap terjaga.

Kini destinasi wisata Pantai Muara Cibareno tengah dalam proses pembangunan beberapa fasilitas pendukung untuk kenyamanan pengunjung seperti spot foto di atas bukit, gazebo, mushola, hingga toilet. Selain itu juga ada penginapan berbentuk rumah dan glamping untuk pengunjung yang ingin bermalam.

Kini akses jalan menuju lokasi pantai ini sudah terbilang bagus bisa dilewati kendaraan roda dua atau roda empat melalui jalan raya Cikawung Bantar Jati. Jarak dari Sukabumi, Pelabuhanratu sekitar 30 kilometer, sedangkan jarak dari Bayah sekitar 35 kilometer.

Kondisi pantai ini masih asri, letaknya di bawah perbukitan dan pemandangan lautnya sangat indah terlebih jika menikmatinya di atas bukitnya. Oh iya, bibir pantainya didominasi oleh batuan karang dengan berbagai bentuk dan ukuran, cocok untuk latar belakang foto.

Pantai ini cocok untuk tempat liburan bersama keluarga, bisa pesan paket nasi liwet dan ikan bakar laut segar karena ikannya hasil laut para nelayan sekitar.

Rute Menuju Lokasi

Rute menuju lokasi Pantai Citarate mirip dengan rute menuju Pantai Sawarna. Jika berangkat dari Jakarta dan sekitarnya maka bisa menggunakan rute Pelabuhanratu atau Malingping.

Jarak tempuh dari Jakarta untuk sampai lokasi berjarak sekitar 160 kilometer. Sedangkan jarak dari Rangkasbitung, Banten sekitar 147 kilometer.

Jalur Timur

Untuk wisatawan yang berasal dari Jakarta bisa jalur timur menggunakan salah satu rute di bawah ini.

  • Jakarta – Ciawi, Bogor – Cibadak – Pelabuhanratu – Cisolok – Cilograng
  • Jakarta – Ciawi, Bogor – Cikidang – Pelabuhanratu – Cisolok – Cilograng
  • Jakarta – Bogor – Cijeruk – Cikidang/Cibadak – Pelabuhanratu – Cisolok – Cilograng

Jalur Barat

Jika akan menggunakan jalur barat, ada beberapa pilihan jalur yang bisa digunakan.

  • Dari Jakarta – Serang – Pandeglang – Saketi – Malingping – Bayah – Cilograng
  • Dari Jakarta – Rangkasbitung – Gunung Kencana – Malingping – Bayah – Cilograng
  • Dari Jakarta – Cilegon – Anyer – Labuan – Malingping – Bayah – Cilograng

Dari gapura pintu masuk ke parkiran Pantai Muara Cibareno sekitar 2 kilometer. Kini jalannya terbilang bagus bisa diakses dengan motor atau mobil meski ukuran jalannya terbilang kecil. Namun lebih disarankan menggunakan motor saja jika akan berkunjung ke pantai ini karena jalannya banyak turunan dan belokan tajam.

Jika dari arah Pelabuhanratu, bisa mampir dulu ke Pantai Cikembang yang kondisi masih asri dan pengunjungnya masih sedikit.

Jam Buka Pantai

Keindahan alam dan fasilitas yang memadai membuat pantai ini menjadi tempat yang sempurna untuk melepaskan stress dan menikmati liburan, terlebih Pantai Muara Cibareno bisa diakses selama 24 jam oleh wisatawan.

Dengan jam buka 24 jam, pengunung dapat menikmati keindahan pantai kapan saja yang mereka inginkan. Bisa datang pagi hari untuk menikmati matahari terbit atau datang sore hari untuk menikmati matahari terbenam. Cocok untuk ingin menikmati pantai dengan suasana yang berbeda-beda.

Namun, meskipun jam bukanya selama 24 jam, pengunjung harus tetap memperhatikan keselamatan dan mematuhi peraturan yang berlaku. Pastikan tidak membahayakan diri sendiri atau orang lain saat menikmati aktivitas di pantai ini.

Dengan bisa diakses selama 24 jam membuat pantai ini menjadi destinasi wisata yang sempurna bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam tanpa terbatas oleh waktu. Jadi bisa leluasa melakukan aktivitas camping di pinggir pantai atau mancing ikan laut.

Harga Tiket Masuk

Salah satu hal yang menarik dari Pantai Muara Cibareno adalah harga tiket masuk yang terbilang murah. Untuk saat ini biaya tiket masuk dihitung berdasarkan jenis kendaraan.

Jenis KendaraanHarga Tiket Masuk (Rp)
2 Roda / Motor5.000,-
4 Roda / Mobil10.000,-
* Harga tiket masuk ke Pantai Muara Cibareno bisa berubah di kemudian hari

Pantai in dikelola oleh pemerintah setempat. Harga tiket masuk diatas tersebut sangat terjangkau. Uang yang diterima dari tiket masuk digunakan untuk pemeriharaan kebersihan dan fasilitas di pantai, sehingga wisatawan dapat menikmati pengalaman yang berkualitas.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Muara Cibareno juga cukup memadai, sudah tersedia toilet, warung, dan tempat parkir. Kebersihan di pantai juga terjaga dengan baik, sehingga wisatawan dapat menikmati pengalaman yang nyaman dan aman.

Dengan harga tiket masuk yang terjangkau, pengunjung dapat menikmati liburan yang menyenangkan tanpa harus khawatir tentang biaya.

Hal Menarik

Setelah ada pembangunan beberapa fasilitas seperti area foto, gazebo, toilet, mushola, hingga penginapan menjadikan pantai ini sangat layak untuk dikunjungi wisatawan. Terlebih ada beberapa hal menarik lainnya dari pantai ini, yaitu:

Pemandangan Lautan Lepas dari Bukit

Pemandangan pantai cibareno kabupaten lebak banten
Pemandangan laut lepas dari atas bukit

Dari parkiran bisa mendaki bukit dengan menaiki anak tangga untuk menikmati pemandangan laut Samudra Hindia. Dari ketinggian, kita bisa melihat lautan luas lepas yang seolah menyatu dengan langit.

Angin laut akan menerpa wajah membawa aroma laut yang menyegarkan dan membuat betah berlama-lama menikmati pemandangannya. Kita akan merasa takjub dan menikmati setiap detik di atas bukit.

Selain itu kita juga bisa menikmati pemandangan laut lepas sambil duduk di gazebo, bisa menikmati keindahan alam dan membiarkan pikiran rileks cocok jadi tempat liburan warga kota untuk melepas penat.

Dari atas bukit kita bisa mendengar suara ombak dan angin laut yang membuat hati jadi damai dan tenang. Pergi mengunjungi pantai ini bisa jadi pengalaman yang akan membuat kita merasa lebih dekat dengan alam dan menemukan kedamaian dalam diri.

Menikmati Seafood Segar

Ikan segar di cibareno lebak banten
Ikan segar hasil tangkapan nelayan / Disa Masrizal

Menikmati seafood segar di pinggir pantai bisa jadi kegiatan yang mengenyangkan sekaligus menyenangkan. Suasana pantai dan udara segar menambah kenikmatan menikmati hidangan seafood yang lezat dan segar hasil tangkapan nelayan setempat.

Di sekitar pinggir pantai ada menawarkan ikan segar yang baru saja diterima dari tangkapan nelayan setempat. Selain ikan laut segar, kadang juga ada rajungan, dan lobster. Ketersediaan jenis ikan biasanya tergantung musim dan kondisi laut.

Selain itu bisa menikmati ikan bakar dengan memesan dari warung sekitar, bisa juga dengan membakarnyanya sendiri. Tinggal pilih lokasi untuk membuat pembakaran, bisa juga di bibir pantai yang banyak batuan karangnya.

Camping di Pinggir Pantai

Selain hanya berkunjung menikmati pemandangan, pengunjung juga bisa mendirikan tenda untuk camping di pinggir Pantai Muara Cibareno. Sebaiknya meminta izin terlebih dahulu pada penjaga saat berencana akan camping ya, agar dapat petunjuk dan saran.

Pantai ini cocok untuk yang suka suasana pantai yang sepi, bermalam di tenda dengan suara deburan ombak akan memberikan pengalaman yang berkesan. Selain itu juga bisa menikmati pemandangan sunrise yang indah di pagi hari nantinya.

Sudah tersedia fasilitas untuk kenyamanan selama camping salah satunya yang cukup penting yaitu kamar mandi dan air bersih. Selain itu tempat parkir kendaraan juga dekat dengan bibir pantai dan lokasi camping, tentu akan memudahkan dalam membawa barang bawaan.

Terdapat Sumur Kecil di Bibir Pantai

Mitos Pantai Muara Cibareno Sumur Nenek Antring
Sumur Nenek Antring / Gatot Eka Pramono

Pantai ini tidak hanya memiliki keindahan alam yang mempesona, namun juga memiliki sejumlah mitos yang tersembunyi. Terletak di dekat bibir pantai ada sebuah sumur kecil yang dikenal dengan nama Sumur Nenek Antring.

Menurut legenda yang diteruskan dari turun temurun oleh warga setempat, sumur ini memiliki kisah mistis yang membuatnya sangat kramat. Dikatakan bahwa sumur ini memiliki kekuatan ajaib yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Beberapa orang bahkan percaya bahwa sumur ini memiliki hubungan dengan dunia lain.

Meskipun banyak yang meragukan legenda tersebut, namun tidak sedikit pula warga setempat yang percaya dan mempercayai kekuatan mistis dari sumur Antring. Ada juga pengunjung yang datang khusus untuk mengunjungi sumur ini dan mencoba merasakan keajaibannya sendiri.

Walaupun belum terbukti secara ilmiah, sumur Nenek Antring tetap menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi pantai ini. Soal keajaibannya masih menjadi misteri yang belum terpecahkan, namun tidak salah untuk mencoba merasakannya sendiri dan membawa pulang kenangan yang tak terlupakan.

Tradisi Nyalawena

Tradisi Nyalawena di Pantai Muara Cibareno
Tradisi Nyalawena atau ngala impun / pokdarwisbaharimandiri2022

Nyalawena adalah tradisi penting bagi penduduk sekitar. Ini cara mereka menangkap ikan yang dikenal dengan nama ikan teri atau ‘impun’. Nama Nyalawena berasal dari kata ‘nyalawean’ atau ‘salawe’ yang menunjukkan jumlah 25 dalam bahasa Sunda.

Tradisi ini dilaksanakan setiap setiap tanggal 25 bulan Rajab di tahun Hijriah. Masyarakat akan berbondong-bondong menuju muara sungai untuk menangkap ikan impun yang sedang melakukan migrasi dari laut menuju hulu sungai.

Upacara ini sering disebut dengan ‘Ngala Impun’ yang berarti ‘menangkap ikan kecil’.

Menangkap ikan impun pada tanggal tertentu ini merupakan tradisi yang dihormati dan dijaga oleh warga setempat. Ini juga jadi salah cara untuk mempertahankan tradisi turun-temurun dan memperkuat kebersamaan.

Menyaksikan dan ikut serta dalam upacara Nyalawena bisa jadi pengalaman yang sangat mengesankan dan menyenangkan. Melihat bagaimana tradisi lokal masih dihormati dan dijaga serta untuk menyaksikan betapa besar kebersamaan masyarakat sekitar.

Berenang

Berenang di Pantai Muara Cibareno
Berenang di Pantai dan Muara Cibareno / salman maulid / ohmi mulyana

Selain bisa menikmati pemandangan yang indah dan menyantap ikan bakar yang segar, pengunjung bisa berenang baik di sungai muara atau di area bibir pantai yang minim batuan.

Sebelum berenang, penting untuk memeriksa kondisi air dan memilih lokasi yang aman untuk berenang. Terutama untuk anak-anak, harus selalu dalam pengawasan orang tua.

Untuk memastikan keselamatan, sangat disarankan bagi pengunjung yang belum bisa berenang untuk menggunakan baju pelampung. Ini akan membantu berenang dengan lebih aman dan menikmati pengalaman berenang dengan lebih nyaman. Jadi, jangan lupa membawa baju pelampung saat berkunjung ke Pantai Muara Cibareno.

Bermain Pasir

Meski bibir Pantai Muara Cibareno banyak terdapat batuan karang, namun di bagian timur bibir pantainya terdapat pasir yang berwarna kecokelatan, lokasinya dekat muara sungai yang juga jadi tempat penyimpanan perahu nelayan.

Setiap orang tentu memiliki cara tersendiri dalam bermain pasir, seperti membuat bentuk-bentuk lucu, membuat benteng, atau sekadar menikmati sensasi pasir yang lembut di bawah kaki.

Bermain pasir di pantai juga menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi anak-anak. Mereka bisa membebaskan imajinasi dan kreativitas mereka sambil bermain pasir. Anak-anak juga bisa belajar hal-hal baru melalui aktivitas bermain pasir, seperti memahami bagaimana membuat benteng atau membentuk gambar-gambar lucu.

Jika akan bermain pasir jangan lupa membawa selimut, payung, dan topi untuk melindungi dari sinar matahari. Bermain pasir bisa membuat merasa rileks dan menghilangkan stres juga.

Mancing Ikan Laut

Untuk yang memiliki hobi mancing maka bisa mencoba memancing ikan laut di sekitar pantai ini, ada beberapa titik yang cocok untuk melempar kail. Terlebih pantai ini juga sering dijadikan tempat memancing oleh warga sekitar.

Untuk memancing ikan laut di sini, para pengunjung harus membawa peralatan memancing dan berkonsultasi dengan nelayan setempat untuk mengetahui kondisi laut dan jenis ikan yang bisa ditangkap.

Memancing ikan laut di Pantai Muara Cibareno bisa jadi pengalaman yang seru dan menyenangkan. Bisa menikmati panorama alam, berinteraksi dengan nelayan setempat, dan membawa pulang ikan laut segar yang ditangkap sendiri. *Jika beruntung

Banyak Spot Foto

Spot Foto Pantai Muara Cibareno
Spot foto di atas bukit

Pantai Muara Cibareno memiliki sejumlah spot foto yang menakjubkan. Bagi para pengunjung yang ingin mengabadikan momen bersama keluarga atau teman, pantai ini memiliki banyak pilihan lokasi yang indah dan menyajikan suasana yang berbeda.

Pertama adalah dekat bibir pantai yang berbatu, di sini pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang ombak yang bergulung dan batu-batu karang yang menakjubkan. Ini adalah pilihan yang sempurna bagi mereka yang ingin menangkap suasana pantai yang sejuk dan alami.

Kedua, adalah dekat bibir muara sungai, di sini pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang aliran air yang tenang dan hijau. Ini adalah pilihan yang tepat bagi mereka yang mencari suasana yang santai dan damai.

Terakhir adalah di atas bukit, pengunjung dapat melihat pemandangan laut dan pantai dari ketinggian. Ini adalah pilihan yang sempurna bagi mereka yang ingin menangkap pemandangan yang luas dan menakjubkan.

Menikmati Pemandangan Sunset

Menikmati Sunset Pantai Cibareno
Pemandangan Sunset / irenadewialvia38

Salah satu daya tarik dari pantai ini yaitu pemandangan sunset yang indah dan menakjubkan. Pemandangan ini bisa dinikmati dari berbagai lokasi, baik dari pinggir pantai, di atas bukit yang telah dibangun oleh pengelola, atau dari tempat lain yang cocok untuk menikmati sunset.

Untuk menikmati pemandangan sunset di Pantai Muara Cibareno, pengunjung bisa datang pada saat sore hari. Saat matahari mulai terbenam dan menyentuh permukaan laut, warna-warna yang tercipta sangat indah dan menakjubkan. Dari atas bukit, pengunjung bisa melihat panorama seluruh pantai yang diterangi oleh sinar matahari yang terbenam.

Bermalam di Penginapan

Penginapan Pantai Muara Cibareno
Penginapan rumah kayu dan glamping / lee.agustin.900

Selain bisa mendirikan tenda, pengunjung juga bisa bermalam di penginapan yang lokasinya berada di atas bukit. Dikelilingi oleh pemandangan laut lepas yang mempesona, tempat yang tepat bagi mereka yang ingin menikmati suasana alam yang sejuk dan tenang.

Tersedia pilihan penginapan berupa rumah kayu dan glamping yang masing-masing menawarkan nuansa tersendiri. Rumah kayu memberikan kesan tradisional dan alami, sementara glamping menawarkan pengalaman bermalam unik dengan tenda.

Untuk saat ini, penginapan ini dapat menampung hingga 20 orang, membuat penginapan ini menjadi pilihan yang ideal bagi keluarga atau kelompok kecil yang ingin bermalam.

Berkunjung ke Pantai Citarate

Pantai Citarate
Pantai Citarate / Jodi Matias

Pantai Citarate merupakan wisata pantai yang terbilang baru di Kecamatan Cilograng, dan lokasinya tidak jauh dari Pantai Muara Cibareno, jaraknya hanya sekitar 4 kilometer.

Untuk kondisi alamnya tidak jauh berbeda, bibir pantainya dekat dengan muara sungai, terdapat pesawahan, dan perbukitan. Cocok jadi tempat liburan bersama keluarga.

Terdapat beberapa spot untuk swafoto seperti jembatan warna dan puncak Gunung Leutik.

Tips Berkunjung ke Pantai Muara Cibareno

Agar kunjungan ke Pantai Muara Cibareno bisa berjalan dengan lancar dan memberi kesan menyenangkan maka bisa perhatikan beberapa tips berikut:

  • Sebaiknya berkunjung di musim kemarau seperti di bulan Juni-Agustus. Hindari berkunjung saat musim hujan karena air sungai muara akan besar dan membuat air laut jadi berwarna cokelat.
  • Pantai akan mudah diakses menggunakan kendaraan roda dua atau motor. Jalan masuk menuju lokasi tidak terlalu lebar, hanya masuk mobil kecil, dan perlu keahlian dalam menyetir.
  • Jika ingin merasakan suasana pantai yang tenang dengan jumlah pengunjung yang lebih sedikit maka bisa berkunjung di hari biasa.
  • Sebaiknya membawa makanan dan minuman yang cukup, di waktu tertentu tidak ada warung yang buka di sekitar pantai.
  • Jika ingin menjelajahi semua tempat di sekitar Pantai Cibareno sebaiknya menggunakan jasa tour guide lokal, terlebih jika ingin mancing ikan laut.
  • Tidak berenang terlalu tengah karena ombak di pantai ini cukup besar. Jadi perhatikan kondisi air laut sebelum memutuskan untuk berenang.
  • Membawa uang tunai dalam jumlah yang cukup karena lokasinya jauh dari Minimarket atau ATM.
  • Tidak membuang sampah sembarangan merupakan perilaku wisatawan yang beradab untuk menjaga kelestarian alam dan pantai.

Kekurangan Pantai Muara Cibareno

Sebagai wisata pantai yang masih dalam tahap pembangunan, tentu saja pantai ini memiliki kekurangan yang kedepannya bisa saja diperbaiki oleh pengelolanya.

Salah satu kekurangan dari pantai ini yaitu jalan masuk yang terlebilang kecil yang hanya bisa diakses oleh kendaraan motor dan mobil ukuran kecil.

Demikian ulasan mengenai Pantai Muara Cibareno, Cilograng, Lebak, Banten. Jika terdapat informasi yang keliru atau memiliki pengalaman yang berbeda saat berkunjung ke pantai ini bisa kirim ulasannya di bawah ini!

14 Ulasan dari pengunjung

  1. Pertama main ke sini di tahun 1992, masih asri banget, mobil blm bisa lewat. Tapi kami gak nginep, karena tujuannya susur pantai ke desa Ciantir, Sawarna. Dari dulu sudah ada desa nelayannya. Sungai Cibareno lebih bening dibanding sekarang. Terakhir kesana bareng anak-anak akhir tahun 2021. Masih seru buat main di sungai

  2. Dari cibareno masuk kedalam. Turunan Jalanny extrim banget, gigi satu. Tapi kalau sdh di pantai, adem dan sejuk. Pemandangan indah.

  3. Tempatnya asri dan indah banget, bisa buat acara keluarga juga, bisa bakar2 ikan pesan di tempat, ikannya masih seger banget, karena langsung hasil laut petani sekitar

  4. muara cibareno calon rame pengunjung karena saat ini lagi pembangunan pembenahan wisata pantai muara ci bareno

  5. Pantai nan indah dg hsil laut yg memikat
    Ikan segar, rajungan dan lobster
    Tak kalah memikat nya lg stiap tgl 25 bln hijriyah ada ikan kcil2 yg di sbut *impun*

  6. Assalamualaikum 🍂🍁
    .
    Sudah pernah ke Banten Selatan ?
    Yuhuu tepatnya di kab. Lebak Banten banyak sekali pantai yg indah yg pastinya patut kalian jumpai untuk sekedar berlibur sembari menikmati keindahannya.

    Ada beberapa pantai yg terdapat di kab. Lebak ini, jika kalian sering mendengar pantai Sawarna, pantai Pulo manuk, pantai pasir putih cibobos, pantai Legon pari, pantai Bagedur, pastinya sudah tidak asing lagi yakan.

    Nah kali ini pantai yg aku jumpai berada di perbatasan langsung dengan pantai palabuan ratu Sukabumi, namanya pantai muara cibareno.

    Disini banyak sekali beberapa spot cantik yg pastinya cocok buat kalian yg mencari view dengan karang-karang yg dipadukan dengan ombak dan juga pantai lepas.
    Bisa liat sunset langsung juga lohh.

    Selain dari itu disini jg banyak para nelayan yg mencari ikan setiap harinya, jadi gk usah khawatir deh kalau kalian kesini bisa langsung bakar2 ikan segar dan makan bersama keluarga lebih seru pastinya.

    Yuk ke lantai cibareno….. 😚

  7. Lumayan bagus sih tempatnya & lokasi parkir aman dan leluasa gak terlalu ramai juga tempatnya. Jadi kalau mau cari tenang disini tempatnya cuma sayang kalau mandi agak susah karena banyak karang.

  8. Pantai Muara Cibareno adalah salah satu destinasi wisata laut terkenal yang berada di perbatasan antara Propinsi Jawa Barat dan Propinsi Banten. Tempat ini berada di Desa Cibareno, Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak. Pantai ini terkenal akan kebersihannya dan pemandangan laut yang indah, karena sekitar 46% dari pantainya terdapat banyak terumbu karang yang menjadi favorit para pencinta hobi fotografi. Selain itu, pinggir pantai juga penuh dengan batu-batuan dan kerikil berwarna-warni. Pantai Muara Cibareno sangat cocok sebagai tempat untuk berjalan-jalan sambil menikmati pemandangan pantai. Jangan ragu untuk datang dan menikmati keindahan alam yang ada di sini!

  9. Selamat pagi dari Sukabumi, kalau ga suka juga gpp 😛

    Jadi kmren pada nanya ini sukabumi dimananya???

    Ini tuh masuk kawasan cibareno, gue tau dari tmn pas cari pantai yg agak sepi, tau sendiri sukabumi aksesnya mudah dijangkau dan semakin mudah semakin rame 😂

    Menurut gue tempat ini sepi bgt, kek private beach. Sampe heran liat 1grombolan keluarga yg gue pikir mereka mau cari ikan, tapi ko bawa anak2 hahaha taunya emg mau piknik.

    Terus mereka duduk dibawah pohon yg adem banget, makan dan sambil cari beberapa ikan dstu trus anak2 mereka mandi dibatu karang yg kayak kolam gitu. Dan gue yg ngeliatnya, mereka beneran sebahagia itu.

    Dan dari awal sampe plg gue dan tmn2 liat pengunjung yg dtg cuma mereka doang. Karna lokasinya emg agak terpencil.

  10. Tempatnya lumayan indah dan cocok digunakan untuk berwisata bareng keluarga apalagi dengan pemandangan karang-karangnya yang indah dan unik

  11. Pantai muara Cibareno memiliki keunikan tersendiri, seperti terdapat pohon kelapa yang berjajar dibibir pantai sehingga memberikan kesejukan terhadap para pengunjung.

  12. Tempatnya masih sepi
    Jadi kalo buat ngadem enak nih, cocok buat yg suka mancing 😂 …

  13. Pantai Cibareno memiliki muara sungai Cibareno di mana banyak ditemukan batu akik Gendruwo

  14. Assalamualaikum Warrahmatullahi wabarakatuh. saya ingin mengulas pantai cibareno

    Perjalanan saya Dari Serang Cikande 4 jam setengah. ikutin Google maps saja sampai ketemu gapura dan tulisan muara Cibareno

    Dari gapura sampai ke pantai kira kira 1,5 km. Mobil sebenarnya bisa masuk tapi ngepas sekali untuk satu mobil. karena sesampai disana saya melihat ada mobil parkir. Disarankan naik roda dua saja

    Hati2 saat ke cibareno jalan masih belum sepenuhnya bagus, Dan sesaat akan tiba ada turunan dan tikungan yang tajam.

    Hati2 ada banyak batu batuan kerikil saat turunan.

    sampai di pantai ini menurut saya air pantainya bersih , masih ada tempat ngiup buat santai. Dan jagalah kebersihan jangan buang sampah sembarangan

    untuk warung ada di tempat paling pojok disana.

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here