Pantai Bayah

Jl. Raya Sawarna Bayah, Sawarna, Kec. Bayah, Kabupaten Lebak, Banten 42393

Pantai Bayah
Pantai Bayah dari kejauhan / Dadik Sw1

(4.5/5 dari 10 Pengunjung) Baca ulasan

Bayah merupakan nama kecamatan di Kabupaten Lebak-Banten yang memiliki luas sekitar 153 kilometer persegi dengan 11 Desa dan salah satunya yaitu Desa Wisata Sawarna, itu sebabnya ada banyak Pantai Bayah yang bisa dikunjungi dengan karakter setiap pantainya berbeda-beda.

Secara umum kondisi alam Pantai Bayah memiliki bibir pantai berpasir dan berbatu karang. Pasir pantainya ada yang berwarna putih, cokelat, dan kehitaman. Untuk batu karangnya ada berbentuk benteng, hamparan, dan bergunduk-gunduk.

Selain itu, setiap pantainya memiliki ciri khas tersendiri, Wisata Pantai Bayah juga ada yang kondisinya terawat dengan pemandangan menawan dan ada juga yang belum terkelola dengan baik, sehingga kondisinya cukup memperihatinkan.

Wisata pantai Bayah yang memiliki pemandangan yang indah berada di Desa Sawarna, hal ini karena pantainya cukup terkelola dan beberapa fasilitas pendukung untuk kenyamanan pengujung telah dibangun secara bertahap. Nah, jika tertarik mengunjungi Pantai Bayah, maka bisa simak ulasannya di bawah ini.

Poin Penting

Deskripsi Pantai Bayah

Sejarah Bayah

Rute Menuju Lokasi

Dari Jakarta

Jalur Timur

Jalur Barat

Dari Bandung

Jam Buka Pantai

Harga Tiket Masuk

Wisata Pantai Bayah

Pantai Karang Taraje (Masjid Karangtaraje)

Pantai Pulo Manuk

Pantai Karang Bokor

Pantai Goa Langir

Pantai Ciantir

Pantai Tanjung Layar

Pantai Legon Pari

Pantai Karang Beureum

Pantai Karang Taraje(Sawarna)

Pantai Seupang

Hal Menarik

Bermain Pasir

Berenang

Menikmati Langit Sunset

Menikmati Pemandangan Sunrise

Mancing Ikan Laut

Camping di Pinggir Pantai

Berselancar

Bermain Voli Pantai

Spot Instagramable Melimpah

Tips Berkunjung ke Pantai Bayah

Kekurangan Pantai Bayah

Rekomendasi Penginapan

Lampion Pulman Cottage

Sawarna Resort

Little Hula Hula

Sinar Matahari Resort

Aura Homestay Sawarna

Andrew Batara

Deskripsi Pantai Bayah

Jika Pantai Bayah yang dimaksud yang masuk cakupan wilayah Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak Provinsi Banten, maka jumlahnya cukup banyak, dan setiap pantainya memiliki ciri khas tersendiri. Beberapa di antaranya ada yang sudah dikelola dan banyak lainnya yang belum terkelola, bahkan bisa bilang tidak terawat sama sekali.

Termasuk di antaranya yaitu Pantai Bayah yang lokasinya berada dekat dengan pusat Kecamatan Bayah merupakan salah satu pantai yang belum dikelola oleh pemerintah setempat. Hal ini ditandai dengan belum adanya fasilitas penunjang untuk kenyamanan pengunjung seperti area parkir, kamar mandi, dan area bermain.

Kondisi pantai juga diperparah dengan maraknya aktivitas penambangan pasir laut di pesisir pantainya. Tentu hal tersebut membuat bibir pantai makin sempit, merusak ekosistem laut, dan menimbulkan abrasi.

Pantainya cenderung sepi khusunya di hari biasa, belum ada watersport, belum ada penjaga pantai, dan belum dikelola. Pasir di bibir pantainya berwarna cokelat dan kehitaman. Di musim hujan air lautnya akan keruh dan berwarna kecokelatan karena dekat dengan hilir Sungai Cimadur.

Penting diketahui, Kecamatan Bayah berada di selatan Pulau Jawa dan berhadapan langsung dengan Samudra Hindia, memiliki pesisir pantai dengan pemandangan indah dan ombak yang besar. Menjadi salah satu daya tarik wisatawan luar daerah untuk berkunjung, salah satunya yang cukup terkenal yaitu Pantai Sawarna.

Ada banyak pantai yang berada di kecamatan Bayah, yang cukup terkenal yaitu Pantai Pulo Manuk, Pantai Tanjung Layar, Pantai Ciantir, Pantai Legon Pari dan lain-lain. Daftar dan penjelasan singkat dari setiap pantai akan dibahas di bawah.

Sejarah Bayah

Singkatnya, Bayah cukup terkenal sebagai daerah penambangan batubara sejak lama, bahkan sejak jaman penjajahan. Di zaman penjajahan Jepang dulu untuk proses pengangkutan batubara dibangun jalan kereta api dari Saketi ke Bayah dengan jarak sekitar 90 Km.

Dalam membangun jalur kereta yang sulit ini, Jepang mengerahkan puluhan ribu pekerja romusha, banyak yang berasal dari Jawa Tengah dan Yogyakarta; diperkirakan kurang lebih 60.000 orang meninggal selama proses pembangunan jalur Saketi-Bayah. Sumber lain bahkan korban jiwa mencapai 93.000 orang.

Selain itu, Bayah juga pernah jadi tempat persembunyian seorang tokoh pemiliki republik yaitu Tan Makala yang menggunakan nama samaran Iljas Husein dan memiliki peran dalam membantu para Romusha.

Rute Menuju Lokasi

Ada beberapa rute menuju Pantai Bayah, khususnya untuk wisatawan yang berasal dari Jakarta dan sekitaranya maka bisa menggunakan jalur timur (arah Ciawi, Bogor) dan jalur barat (arah Serang, Rangkasbitung, Cilegon).

Untuk detailnya bisa mengikuti garis rute berikut:

Dari Jakarta

Untuk yang berangkat dari Jakarta dan sekitarnya maka bisa menggunakan rute berikut untuk sampai ke Bayah.

Jalur Timur

Jika dari Jakarta menggunakan jalur timur, maka sudah pasti akan melewati Kota Bogor.

  • Dari Jakarta ⇒ Ciawi, Bogor ⇒ Cibadak ⇒ Pelabuhan Ratu
    ⇒ Cisolok ⇒ Bayah
  • Dari Jakarta ⇒ Ciawi, Bogor ⇒ Cikidang ⇒ Pelabuhan Ratu ⇒ Cisolok ⇒ Bayah
  • Dari Jakarta ⇒ Bogor ⇒ Cijeruk ⇒ Cikidang/Cibadak ⇒ Pelabuhan Ratu ⇒ Cisolok ⇒ Bayah

Jalur Barat

Jika akan menggunakan jalur barat, ada beberapa pilihan jalur yang bisa digunakan.

  • Dari Jakarta ⇒ Serang ⇒ Pandeglang ⇒ Saketi ⇒ Malingping ⇒ Bayah
  • Dari Jakarta ⇒ Rangkasbitung ⇒ Gunung Kencana ⇒ Malingping ⇒ Bayah
  • Dari Jakarta ⇒ Cilegon ⇒ Anyer ⇒ Labuan ⇒ Malingping ⇒ Bayah

Dari Bandung

Untuk yang berangkat dari Bandung dan sekitarnya maka bisa menggunakan rute berikut.

  • Dari Bandung ⇒ Cianjur ⇒ Sukabumi ⇒ Cibadak ⇒ Pelabuhan Ratu ⇒ Cisolok ⇒ Bayah

Jam Buka Pantai

Pantai yang belum dikelola umumnya buka 24 setiap hari dari hari Senin hingga Minggu. Sehingga wisatawan bisa berkunjung kapan saja. Terkecuali untuk pantai yang dikelola oleh pihak swasta seperti Pantai Karang Bokor dan Pantai Pulo Manuk punya jam buka dan jam tutup.

Harga Tiket Masuk

Sama seperti tempat wisata pantai kebanyakan, wisatawan yang berkunjung ke Pantai Bayah yang dikelola akan diminta membayar tiket masuk. Sedangkan pantai yang tidak dikelola maka wisatawan yang berkunjung tidak dimintai biaya masuk.

Untuk biaya tarif tiket masuknya cukup beragama, jadi tidak setiap pantai sama. Pantai yang dikelola oleh pihak pemerintah desa umumnya mematok tarif Rp5.000, pantai yang dikelola Perum Perhutani Rp10.000, dan pantai dikelola swasta Rp25.000 perorang.

Selain itu, beberapa Pantai di Bayah tidak bisa diakses langsung dengan mobil seperti Pantai Ciantir dan Pantai Tanjung Layar, jadi pengunjung perlu membayar biaya parkir. Biaya parkir kendaraan roda empat mulai Rp25.000.

Wisata Pantai Bayah

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa pantai yang berada di kecamatan Bayah jumlahnya cukup banyak, ada yang sudah dikelola dan masih banyak juga yang kondisinya perawan alias belum terkelola.

Berikut beberapa pantai di Bayah yang cukup terkenal dan wisatawan yang berkunjung bukan hanya lokal, namun juga banyak wisatawatan dari luar kota. Diurutkan berdasarkan jarak terdekat dari pusat kecamatan Bayah.

Pantai Karang Taraje (Masjid Karangtaraje)

Pantai Bayah Mesjid Karangtaraje
Pantai Karangtaraje Bayah / Hi NOOB

Salah satu pantai yang cukup ramai dikunjungi wisatawan lokal khususnya pada sore hari di akhir pekan. Selain didominasi oleh anak muda, banyak juga wisatawan yang berkunjung bersama sanak keluarga.

Bibir pantai bagian baratnya dipenuhi dengan batuan karang dengan berbagai bentuk dan sebelah timur terdapat bibir pantai dengan pasir putih. Tidak direkomendasikan untuk berenang di pantai ini, selain dasar lautnya yang dalam dan banyak batuan karang, juga ombaknya yang terbilang besar.

Aktivitas yang bisa wisatawan lakukan di pantai ini yaitu bermain air, bermain pasir, makan bersama dengan menggelar tikar, swafoto, hingga menikmati pemandangan matahari tenggelam.

Salah satu yang mencolok dari pantai ini yaitu adanya masjid tepat dekat pantai percis. Maka dari itu, jika mencari pantai ini di Google Map bisa menggunakan kata kunci ‘Masjid Karangtaraje’. Namanya diganti selain karena ada bangunan masjid yang besar juga namanya sama seperti Pantai Karang Taraje yang ada di Desa Sawarna.

Pantai Pulo Manuk

Pantai Pulo Manuk Bayah Banten
Pantai Pulo Manuk di Bayah / Deni Sugiana

Alasan kenapa memiliki nama Pantai Pulo Manuk karena di tengah lautnya terdapat batu karang yang menyerupai sebuah pulau. Dulunya pulau tersebut jadi tempat tinggal kawanan burung. Namanya juga berasal dari bahasa Sunda, yaitu Pulo = Pulau dan Manuk = Burung.

Pantai ini juga jadi salah satu pantai yang banyak dikunjungi wisatawan lokal, khususnya di akhir pekan dan pengunjungnya akan sangat padat saat libur panjang seperti lebaran, tahun baru, dan libur sekolah.

Untuk masuk ke area pantai wisatawan diharuskan membayar tiket masuk. Tersedia fasilitas area parkir, kamar mandi, tempat foto, gazebo, dan tempat duduk. Saat cuaca cerah, wisatawan bisa menikmati pemandangan sunset sambil duduk-duduk santai di gazebo bersama pasangan atau keluarga.

Kegiatan yang bisa wisatawan lakukan di pantai ini yaitu berenang, bermain pasir, hingga mancing. Khusus untuk anak-anak jika berenang harus tetap dalam pantauan orang tua.

Sekawanan primata seperti monyet dan lutung jadi daya tarik wisatawan yang berkujung. Biasanya para monyet akan mendekat saat ada pengujung dan tidak ada salahnya untuk coba memberikan manan ke pada para monyet. Harap hati-hati juga, jaga barang bawaan.

Pantai Karang Bokor

Pantai Karang Bokor Bayah
Pantai Karang Bokor / Mauda Fragena Raihan

Salah satu keunggulan dari Pantai Karang Bokor yaitu pemandangan laut lepas dari atas ketinggian. Wisatawan yang berkunjung juga bisa melihat deburan ombak besar menabrak karang dan bisa merasakan terpaan angin kencang khas pantai selatan.

Khusus untuk Pantai Karang Bokor pengelolanya merupakan pihak swasta, maka jangan heran jika kondisinya berbeda dengan pantai di sekitarnya. Ada pintu gapura selamat datang, loket pembayaran tiket, hingga fasilitas pendukung untuk kenyamanan pengunjung. Meski kabarnya sekarang jadi kurang terawat.

Setelah memasuki pintu masuk, pepohonan lebat dan udara segar akan menyambut wisatawan. Dari parkiran perjalanan akan dilanjutkan dengan jalan kaki, dan sepanjang jalan akan menjumpai berbagai jenis tamanan khas hutan dekat laut.

Selain pemandangan laut lepas dari ketinggian dan hutan yang lebat, di pantai ini juga ada fasilitas tempat duduk yang menghadap langsung ke pantai, jembatan gantung, dan cafe untuk tempat nongkrong.

Karena lokasinya masih berada di Hutan Saketeng, maka di pantai ini juga wisatawan bisa menjumpai kawanan monyet dan lutung yang bisa diberi makanan ringan. Namun harus tetap waspada pada barang bawaan ya.

Pantai Goa Langir

Pantai Goa Langir Bayah
Pantai Goa Langir / Fickih Suryadinata

Pantai Goa Langir merupakan pantai yang lokasinya dekat dengan Pantai Ciantir dan Pantai Tanjung Layar. Lokasinya tersembunyi, jadi meski lokasinya bisa diakses langsung dari jalan utama Desa Sawarna namun banyak wisatawan yang belum mengetahui lokasinya.

Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu terdapat beberapa goa yang lokasinya tidak jauh dari bibir pantai, memiliki bibir pantai dengan pasir putih, dan tebing batuan yang tinggi.

Wisatawan yang berkunjung ke pantai ini selain bia menikmati pemandangan pantai yang menawan juga bisa mengujungi beberapa goa.

Jika masuk dari jalan utama Desa Sawarna, wisatawan yang berkunjung perlu membayar tiket masuk. Kendaraan pribadi seperti motor dan mobil bisa langsung masuk hingga dekat bibir pantai.

Namun perlu diketahui, di pantai ini wisatawan tidak direkomendasikan untuk berenang karena arus bawah lautnya cukup kencang dan ada beberapa titik yang berbahaya. Namun untuk aktivitas bermain air, bermain pasir, ataupun mendirikan tenda masih bisa dilakukan.

Pemandangan yang dimiliki pantai ini tidak kalah indah dengan pantai sekitarnya, khususnya di bibir pantai yang paling ujung dekat tebing batu. Pemandangan tebing tinggi yang setengah melingkar menghadap ke laut akan membuat takjub yang melihatnya.

Pantai Ciantir

Pantai Ciantir Bayah Sawarna
Pantai Ciantir / pangestu adji

Pantai Ciantir merupakan salah satu pantai di kecamatan Bayah yang paling banyak wisatawan kunjungi, pasalnya pantai ini merupakan ikon Desa Wisata Sawarna. Memiliki bibir pantai yang panjang dan lebar, berpasir putih dengan tekstur lembut.

Selain bisa untuk berenang, pantai ini cocok untuk melakukan berbagai aktivitas seperti olahraga voli pantai, bermain pasir, berjemur, hingga selancar. Rombongan gathering biasanya menjadi pantai ini sebagai tempat melakukan berbagai games.

Untuk sekarang bibir Pantai Ciantir cukup rapi, bangunan warung dan gazebo telah direlokasi ke tempat khusus, yang lokasinya tidak jauh dari pantai. Hal ini tentu membuat pantai ini lebih terasa asri.

Untuk keamanan, di pantai ini sudah ada lifeguard yang memantau, memberi pengarahan, dan melakukan penyelematan saat ada wisatawan yang memerlukan pertolongan. Tepat di bagian bibir pantainya juga ada bangunan pemantaunya.

Pantai Tanjung Layar

Pantai Tanjung Layar Bayah Sawarna
Pantai Tanjung Layar / Mohammad Andika

Pantai Tanjung Layar merupakan ikon Desa Wisata Sawarna, di bagian tengah pantainya terdapat dua batu karang yang menyerupai layar perahu zaman dulu, asal nama pantai ini juga berasal dari dua batu layar tersebut.

Saat air laut surut, wisatawan bisa mendekati area dekat dua batu layar untuk melihatnya dari dekat atau bisa menyaksikan deburan ombak yang menabrak batu karang yang menyerupai benteng di baliknya.

Ombak di bagian bibir pantainya cenderung kecil karena arus ombak terhalang batu karang yang membenteng, bisa jadi tempat yang aman untuk anak-anak berenang, bermain air, atau main pasir.

Saat cuaca sedang cerah, pemandangan sunset di pantai ini sangat indah. Di sekitar bibir pantai juga banyak warung yang menyediakan berbagai makanan dan minuman, juga ada yang menjual berbagai hidangan seafood seperti lobster dan ikan bakar. Tempat yang cocok untuk tujuan liburan bersama rombongan atau keluarga.

Pantai Legon Pari

Pantai Legon Pari Bayah Sawarna
Pantai Legon Pari / Indra Hutagalung

Lokasinya cukup tersembunyi dan jalan menuju lokasi hanya bisa diakses dengan jalan kaki dan naik motor membuat pantai lebih sepi suasananya. Memiliki bibir pantai dengan pasir putih yang lebut, air laut yang jernih, dan ombak tidak terlalu besar merupakan perpaduan yang sempurna.

Karena jalan masuknya hanya bisa dilalui jalan kaki dan naik motor maka untuk yang membawa mobil hanya bisa masuk sampai parkiran sebelum jembatan gantung. Dari jembatan gantung sampai ke bibir pantai jaraknya sekitar 2-3 KM, bisa ditempuh jalan kaki atau naik ojek.

Sepanjang perjalanan menuju Pantai Legon Pari, wisatawan akan menjumpai pesawahan dan pepohonan yang masih rimbun. Juga akan melewati perbukitan, dari bukit ini bisa melihat pemandangan laut lepas dari ketinggian.

Saat sampai di bibir pantainya, lelah selama perjalanan akan terbayar dengan pemandangan pantai yang indah. Jika cuaca sedang bagus, air laut dan langitnya akan berwarna biru dan pasirnya berwarna putih.

Berenang jadi aktivitas yang paling banyak dilakukan wisatawan, karena ombaknya tidak terlalu besar dan lautnya cukup landai. Anak-anak juga bisa berenang dengan aman meski tetap harus dalam pantauan orang tua.

Pantai Karang Beureum

Pantai Karang Beureum Bayah Sawarna
Pantai Karang Beureum / Fickih Suryadinata

Lokasi Pantai Karang Beureum tidak jauh dari Pantai Legon Pari, letaknya tepat di sebelah baratnya, dan jarak antar kedua pantai kurang dari 500 meteran. Meski letaknya berdekatan, namun kondisi pantai cukup berbeda.

Area Pantai Karang Beureum penuh dengan batuan karang dengan berbagai bentuk, ada batu karang yang menghampar dan beberapa ada yang berbentuk gundukan besar.

Keunggulan dari pantai ini yaitu pemandangannya yang indah dan suasananya yang sunyi. Di bibir pantainya terdapat pasir bertekstur kasar karena bercampur dengan pecahan karang dan fosil biota laut. Juga ada pohon kelapa yang kelapa yang menjulang tinggi.

Dan akan jadi tempat yang tepat untuk menikmati pemandangan sunrise di pagi hari. Banyak wisatawan yang sengaja datang di pagi buta untuk menyaksikan indahnya matahari terbi di Pantai Bokor. Biasanya wisatawan muda-mudi yang ingin menikmati momen romantis bersama pasangannya.

Pantai Karang Taraje(Sawarna)

Pantai Karang Taraje Bayah Sawarna
Pantai Karang Taraje / Dani Bocah Tua Nakal

Pantai Karang Taraje yang ini berada di Desa Sawarna, tepatnya di sebelah timur Pantai Legon Pari dan hanya berjarak kurang dari 1 KM. Bisa diakses dengan jalan kaki ataupun naik motor meski tidak bisa langsung ke lokasi.

Kondisi alam pantai ini banyak didominasi oleh batuan dengan berbagai ukuran dan arus ombaknya cukup besar, jadi tidak cocok untuk berenang. Tapi untuk bermain air masih memungkinkan. Banyak kubangan air yang terbentuk secara alami.

Untuk sampai ke pantai ini wisatawan harus berjalan menyusuri pinggiran pantai berbatu, pijakannya batu yang sedikit berlumut, jadi harus berhati-hati dan sebaiknya menggunakan alas kaki.

Sepanjang jalan menuju lokasi akan menjumpai pemandangan yang menarik dan unik, cocok untuk swafoto. Ada batuan berukuran besar, pepohonan yang rimbun di pinggiran pantai, dan area datar berlantaikan batu karang yang menghampar.

Tujuan akhir pada saat mengunjungi Pantai Karang Taraje yaitu menaiki batuan besar. Untuk menaikinya menggunakan tangga–dulunya menggunakan tangga dari bambum–jika dalam Bahasa Sunda disebut taraje, mungkin itu sebabnya diberi nama ‘Pantai Karang Taraje’.

Dari atas baru besar, wisatawan bisa melihat pemandangan dari atas ketinggian, bisa melihat garis bibir pantai di sebelah barat dan timur sekitarnya. Dari atas sini juga kita bisa merasakan terpaan angin yang cukup kencang dan suara ombak menabrak karang yang cukup keras.

Saat cuaca sedang cerah, biasanya wisatawan akan betah berlama-lama menikmati pemandangannya. Dari atas batu ini juga cocok untuk berfoto-foto. Namun tetap harus waspada dan hati-hati karena ombak besar kadang bisa tiba-tiba naik ke atas.

Pantai Seupang

Pantai Seupang Bayah Sawarna Timur
Pantai Seupang / R Sussan

Posisi Pantai Seupang berada di Desa Sawarna Timur, letaknya di sebelah timur Pantai Karang Taraje. Kondisi pantainya mirip dengan Pantai Ciantir, namun kondisinya masih asri dan suananya lebih sepi, bahkan lebih sepi dari Pantai Legon Pari.

Bibir pantainya cukup panjang dan berpasir putih, cocok untuk tempat liburan bersama rombongan atau keluarga. Di pantai ini bisa melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, bermain pasir, hingga camping.

Alasan yang membuat pantai ini masih alami dan sepi yaitu karena lokasi cukup jauh, akses jalan menuju lokasi belum memadai, dan lokasinya tersembunyi. Untuk sampai lokasi hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki dan naik motor (jenis trail).

Hal Menarik

Kecamatan Bayah sangat luas dan memiliki banyak potensi wisata, jadi ada banyak hal menarik yang bisa dijumpai atau bisa dilakukan ketika berlibur ke Bayah.

Bermain Pasir

Bermain pasir di Pantai Bayah
Bermain pasir / M. Said Lestari

Secara umum pantai yang ada di Kecamatan Bayah memiliki pasir, meski pada beberapa pantai batuan karang mendominasi setiap sudut pantai namun biasanya ada bagian bibir pantai yang berpasir.

Untuk itu, jika pergi liburan bersama keluarga, khususnya jika membawa anak-anak maka pantai merupakan tempat yang cocok untuk bermain pasir. Umumnya pantai di Bayah memiliki pasir yang halus dan minim kerikil.

Rekomendasi pantai untuk bermain pasir yaitu Pantai Pulo Manuk, Pantai Goa Langir, Pantai Ciantir, dan Pantai Legon Pari. Maka jangan lupa membawa peralatan bermain pasir untuk membuat istana pasir atau berbagai bentuk miniatur dari pasir.

Berenang

Berenang jadi salah satu kegiatan yang paling umum dilakukan saat berlibur ke pantai. Meski ombaknya terbilang besar, namun di beberapa pantai masih bisa dijadikan tempat berenang. Meski begitu, harus tetap memperhatikan kondisi ombak dan himbauan dari penjaga pantai.

Pantai yang paling banyak digunakan untuk berenang yaitu Pantai Ciantir karena lokasinya dekat jalan utam, bibir pantainya cukup panjang, dan bisa menampung banyak wisatawan.

Untuk yang liburan bersama keluarga, khususnya yang membawa anak-anak sebaiknya memilih pantai yang aman untuk berenang. Misalkan Pantai Pulo Manuk dan Pantai Legon Pari. Dan harus tetap dalam pengawasan orang tua.

Menikmati Langit Sunset

Seperti yang kita ketahui bahwa pemandangan langit sore hari di pantai memiliki keindahan tersendiri, khususnya pada saat cuaca sedang cerah.

Begitupun dengan pemandangan sunset di hampir semua Pantai Bayah, sungguh sangat indah, dan tentu saja akan memberikan kesan romantis jika melihatnya bersama pasangan tercinta.

Namun jika ingin menikmati langit sunset dengan nyaman, maka bisa pilih pantai yang memiliki fasilitas tempat duduk atau gazebo seperti di Pantai Pulo Manuk, Pantai Karang Bokor, Pantai Ciantir, dan Pantai Tanjung Layar.

Menikmati Pemandangan Sunrise

Sunrise di Pantai Karang Beureum Bayah
Sunrise di Pantai Karang Beureum / Teguh T Hidayat

Meski sebenarnya pemandangan sunrise bisa kita nikmati dari pantai manapun, namun di Sawarna ada satu pantai yang memiliki pemandangan sunrise yang menakjubkan. Hal ini karena letak dan kondisi alamnya yang mendukung.

Bahkan yang datang ke pantai ini biasanya bukan hanya wisatawan dari karangan muda-mudi saja, namun para fotografer juga banyak yang memotret keindahan matahari terbit di Pantai Karang Beureum. Mereka rela datang di pagi buta, terjaga, dan memotret matahari yang mulai muncul di balik bukit.

Mancing Ikan Laut

Untuk yang memiliki hobi mencing ikan laut maka tidak ada salahnya untuk coba peruntungan melempar kail di salah satu pantai yang ada di Kecamatan Bayah ini. Terlebih jika berlibur di musim kemarau, maka ikan laut akan mudah memakan umpan.

Sedangkan untuk cara memancing ikan di laut bisa dengan beberapa cara. Bisa dengan naik perahu ke tengah, bisa di dekat dam atau pemecah ombak, atau bisa juga di sekitar pantai saja dengan berjalan sedikit agak ke laut dengan kaki terendam sekitar 50 sentimeter.

Pilih lokasi yang nyaman dan aman untuk lempar kail. Sedangkan untuk umpan mancing ikan laut bisa menggunakan udang, cumi, ataupun ikan yang sudah dipotong-potong.

Oh iya, waktu terbaik untuk macing ikan yaitu pada saat ikan mencari makan, yakni pada waktu mejelang pagi dan menjelang sore hari. Di waktu tersebut biasanya ikan mencari makan, maka waktu yang tepat pula untuk melempar kail.

Rekomendasi tempat mancing bisa di Pantai Goa Langir, Pantai Karang Bokor, Pantai Pulo Manuk, dan Pantai Karang Beureum.

Camping di Pinggir Pantai

Beberapa pantai di Bayah sangat mendukung untuk melakukan camping di pinggir pantainya, misalnya seperti di Pantai Goa Langir, Pantai Pulo Manuk, dan Pantai Legon Pari. Bahkan di Pantai Pulo Manuk sudah ada area camping ground, jadi selain bisa bawa tenda sendiri, juga bisa sewa.

Sebelum mendirikan tenda sebaiknya melakukan konfirmasi kepada penjaga saat membayar tiket masuk ya, supaya dapat pengarahan terkait lokasi yang tepat untuk mendirikan tenda.

Untuk mendirikan tenda sebaiknya memiliki area yang datar dan pastikan tidak terlalu dekat dengan bibir pantai untuk menghindari tenda terkena air laut saat pasang.

Berselancar

Selancar merupakan olahraga yang umumnya dilakukan di atas ombak yang tinggi. Untuk melakukan olahraga ini memerlukan sebilah papan sebagai untuk melakukan manuver di atas ombak.

Nah, untuk yang memiliki minat dengan olahraga selancar maka bisa mencobanya di Pantai Ciantir. Ombak di pantai ini terbilang besar, khususnya di lokasi yang dekat dengan Pantai Tanjung Layar. Di bulan-bulan tertentu ukuran ombaknya bisa sampai 5 meteran.

Ingin mencoba berselancar namun tidak memiliki papan selancar? Jangan khawatir, karena ada penyewaan papan selancar, bahkan jika ingin belajar dari pengalaman, maka bisa menggunakan jasa pembimbingnya.

Bermain Voli Pantai

Jika pergi berkunjung ke Pantai Bayah bersama rombongan maka tidak ada salahnya melakukan aktivitas bermain voli pantai. Salah satu pantai yang cocok melakukan olahraga ini yaitu Pantai Ciantir, hal ini karena bibir pantainya luas, datar, dan sudah ada lapangannya.

Singkatnya, voli pantai yaitu variasi dari olahraga bola voli yang dimainkan di atas pasir. Dua tim yang dipisahkan oleh jaring memukul bola voli menggunkan lengan atau tangan. Para pemain berusaha untuk memukul bola melewati atas jaring agar memasuki lantai di daerah lawan, serta mencegah bola jatuh di daerah mereka sendiri.

Spot Instagramable Melimpah

Untuk spot yang instagramable bisa ditemukan di banyak tempat, hal ini karena kecamatan Bayah memiliki bentang bibir pantai yang cukup panjang dan setiap pantainya memiliki karakter dan ciri khasnya masing-masing.

Mau berkunjung di pagi, siang, atapun sore hari, wisatwan yang berkunjung akan dengan mudah spot dengan latar belakang yang indah. Salah satunya seperti Pantai Karang Bokor, mau berkunjung kapan pun pemandangannya tetap indah.

Jadi, ketika berkunjung ke Bayah jangan lupa mengabadikan setiap momen dalam bentuk foto ataupun video. Terlebih hampir setiap orang kini memiliki ponsel dengan kamera yang mempuni menghasilkan gambar yang bagus.

Tips Berkunjung ke Pantai Bayah

Supaya bisa berkunjung ke Pantai Bayah dengan lancar dan memberikan kesan menyenangkan, maka bisa simak beberapa tips berikut.

  • Sebaiknya periksa terlebih dahulu perkiraan cuaca sebelum berangkat, pemandangan pantai akan maksimal saat cuaca cerah.
  • Jika ingin mendapatkan suasana pantai yang tenang, maka bisa berkunjung di hari biasa, di akhir pekan biasanya akan banyak pengunjung.
  • Bawa uang tunai dalam jumlah yang cukup, karena beberapa pantai di Bayah lokasinya jauh dari mini market dan ATM.
  • Sebelum berangkat pastikan kondisi fisik dan kendaraan dalam keadaan prima supaya bisa liburan dengan lancar.
  • Jika ingin tidak terlalu panas, maka bisa berkunjung ke pantai bayah di pagi atau sore hari untuk suasana yang adem.
  • Membawa baju ganti untuk berenang atau bermain pasir.
  • Membawa makanan dan minuman, karena beberapa pantai cukup sepi dari penjual, terlebih yang lokasinya terpencil.
  • Gunakan aplikasi Google Maps untuk mempermudah perjalanan menuju pantai yang ingin dikunjungi.
  • Agar pantai tetap asri maka jangan buangan sampah sembarangan, akan lebih baik jika membawa pulang sampah.

Kekurangan Pantai Bayah

Sama seperti wisata pantai pada umumnya, pantai yang ada di Bayah juga memiliki beberapa kekurangan. Yaitu:

  • Beberapa pantai ada yang belum terkelola dan kondisinya masih memperihatinkan, sehingga pantainya kotor, tidak terawat, dan banyak sampah.
  • Jaringan seluler hilang/buruk pada beberapa operator seperti di Pantai Goa Langir dan Pantai Legon Pari.
  • Tidak semua pantai memiliki fasilitas pendukung seperti area parkir, tempat duduk, hingga kamar mandi.
  • Akses jalan menuju beberapa pantai mulai rusak bahkan belum dibangun sama sekali.

Rekomendasi Penginapan

Untuk yang wisatawan yang berasal dari luar kota dan berencana akan bermalam saat liburan ke Bayah maka bisa coba bermalam di salah satu penginapan berikut yang lokasinya dekat pantai.

Lampion Pulman Cottage

Untuk yang ingin bermalam di penginapan dengan kamar yang menghadap langsung ke pantai, yang lokasinya percis depan bibir pantai maka bisa coba bermalam di Lampion Pulman Cottage. Lokasinya berada di Pantai Pulo Manuk, hanya berjarak sekitar 6 kilometer dari terminal Bayah.

Ada tiga jenis kamar yang tersedia di penginapan ini, yaitu Standar room untuk 2 orang harganya mulai 350-400 ribu per malam. Tipe Barak untuk rombongan 5-10 orang harganya mulai 800 ribu – 1 jt per malam. Juga ada tipe Family satu bangunan 2 kamar tidur, harganya sama dengan barak untuk 4-6 orang.

Sawarna Resort

Jika ingin mencari penginapan yang lokasinya dekat dengan banyak tempat di Desa Wisata Sawarna dengan fasilitas kamar tidur yang bagus maka bisa coba bermalam di Sawarna Resort. Semua kamar sudah AC, kulkas, teko pemanas, dan kamar mandi sudah water heater.

Lokasinya dekat dengan Pantai Goa Langir, Pantai Ciantir, Pantai Karang Bokor, dan Pantai Tanjung Layar. Jarak ke pantai terdekat hanya sekitar 300 meteran, bisa diakses dengan jalan kaki dan bisa masuk kendaraan.

Di penginapan ini ada 3 jenis kamar, pertama tipe Deluxe–ada yang twin dan double bed– kapasitas 2 orang harganya per malamnya mulai 450-600 ribu. Tipe Barak kapasitas 5 orang namun bisa tambah extra bed 3 harnya per malamnya 750 ribu – 1 juta per malam. Tipe Family dengan 2 kamar tidur kapasitas 4-10 orang hargnya per malamnya 1.8-2.5 jt per malam.

Little Hula Hula

Untuk yang liburan bersama keluarga kecil atau rombongan besar maka bisa coba bermalam di Little Hula Hula. Lokasinya berada di jalan utama Desa Sawarna, dekat ke banyak tempat, dan memiliki area parkir sendiri untuk kendaraan.

Jumlah kamarnya cukup banyak dan tipenya juga cukup beragam. Ada kamar Rimba untuk 2-4 orang harganya per malamnya 350-400 ribu. kamar Laguna untuk 2-4 orang harga per malamnya 350-450 ribu. Kamar Zamrud untuk 4 orang harga per malamnya 450-500 per malam. Kamar Paradiso untuk 4 orang harga per malamnya 450-500 ribu.

Untuk keluarga dengan jumlah orang direkomendasikan untuk pilih tipe Zamrud atau Paradiso. Atau bisa ambil tipe kamar Paradiso Twin dengan ukuran dan fasilitas lebih bagus harganya mulai 500-550 per malam.

Fasilitas kamar sudah AC, TV, Air minum, dan kamar mandi dengan peralatan mandi juga water heater di beberapa tipe kamar.

Sinar Matahari Resort

Lokasi penginapan Sinar Matahari Resort berada setelah jembatan gantung masuk Pantai Ciantir dan Pantai Tanjung Layar yang merupakan ikon Desa Wisata Sawarna. Kekurangannya untuk mobil tidak bisa parkir langsung, untuk motor bisa parkir di penginapan langsung.

Jarak ke pantai terdekat hanya sekitar 200 meteran, jadi bisa bolak-balik ke pantai dengan jalan kaki saja. Ada banyak pilihan kamar di penginapan ini, interior kamar didominasi oleh kayu.

Untuk kamarnya ada tipe Superior untuk 4 orang sudah AC harga per malamnya 400-450 ribu. Tipe Standar AC untuk 2-3 orang harga per malamnya 300-350 ribu. Tipe Family non AC untuk 4 orang mulai 500-600 ribu per malam. Standar FAN untuk 2 orang harga per malamnya 200-250 ribu.

Aura Homestay Sawarna

Untuk yang menginginkan tempat bermalam berbentuk rumah panggung maka bisa coba bermalam di Aura Homestay Sawarna, cocok untuk rombongan atau keluarga. Ada yang ukuran besar untuk 20-30 orang dan ukuran kecil untuk 5 sampai 10 orang.

Lokasi penginpan ini dekat ke Pantai Ciantir dan Pantai Tanjung Layar, hanya berjarak sekitar 200 meteran ke pantai.bisa bolak-balik ke pantai dengan pantai, cocok untuk yang bawa anak.

Homestay rumah panggung 1 kamar tidur untuk 4-5 orang harga per malamnya 650-700 ribu. Homestay rumah panggung 2 kamar tidur untuk 4-10 orang harga per malamnya 800-900 ribu. Homestay 4 kamar tidur non-AC untuk 20-25 orang harga per malamnya 1.1-1.25 jt . Homestay 4 kamar tidur AC untuk 25-30 orang harga per malamnya 1.55-1.75 jt.

Untuk fasilitas homestaynya sudah ada dapur siap pakai dengan perlengkapan alat masak dan alat makan. Ada kompor gas, rice cooker, hingga kulkas.

Andrew Batara

Penginapan Andrew Batara berada di Sawarna, ada dua lokasi, pertama di dekat jembatan gantung masuk pantai berbentuk homestay 2 lantai untuk rombongan dan kedua setelah jembatan gantung yang lebih dekat ke pantai bentuknya per kamar.

Untuk yang homestay 2 lantai bisa untuk 15 orang lebih harga per malamnya mulai 1.25-1.45 jt setiap lantai sudah ada AC, TV, hingga kamar mandi, dan di lantai bawah ada dapur.

Sedangkan untuk yang per kamar untuk 4-6 orang kamarnya sudah AC dengan 2 tempat tidur besar plus tambahan 1 extra bed harga per malamnya 400-450 ribu per malam. Bisa untuk rombongan, tempatnya cukup privat, ada halaman, peralatan BBQ, hingga dapur.

Demikian ulasan mengenai Pantai Bayah, jika terdapat informasi yang keliru dan punya pengalaman yang berbeda pada saat mengunjungi pantai ini maka bisa kirimkan ulasannya di bawah ini ya!

BAGIKAN

10 Ulasan dari pengunjung

  1. Dulu pantainya sangat bagus,belum banyak orang yang datang mengunjungi tempat ini. Sudah lama sekali datang ke tempat ini,tempat menginap’pun cuma ada 1 villa di depan pantai.. kalau sekarang mungkin sudah banyak penginapan di sekitar pantai. Berharap nanti bisa datang lagi ke pantai bayah.

  2. View pantainya cukup bagus, ada pabrik besar dekat sini. Banyak monyet dipintu masuk jd harus waspada dgn barang bawaan. Kata petugas disini kita bisa lihat burung dari Australia.

  3. Akses ke pantainya dekat dengan jalan raya, terdapat masjid yang cukup besar dan bersih juga. Sayang pantainya masih banyak sampah. Tapi overall pemandangannya indah terutama ada batu-batu besar yang bisa dinaiki untuk melihat pemandangan laut.

  4. Lokasi wisata murah meriah, monyetnya kadang sedikit mengganggu tapi tidak sampai bertindak brutal, asal kita hati2, kebersihan tempat juga biasa saja karna tempat sampah sering di obrak abrik oleh monyet
    Kebersihan saung2nya juga kurang di perhatikan oleh pengelola, overall lumayan buat bersantai dengan dana yg minim

  5. Airnya masih bersih pantainya sejuk, tapi akses jalan terbilang sulit hanya untuk kendaraan bermotor saja, kalau musim liburan kadang2 terjadi kemacetan karena jalannya sempit, terimalasih.

  6. Tempat indah pemandanganya ga cuma alam tetapi juga ketika malam gemerlap lampu pabrik semen indah jadi menambah nuasa alami gtu. Apalagi duduk di gazebo yang di sediakan sambil ditemani kopi wih mantep dah. Saya sudah 2x bermalam di sana membawa tenda… Untuk penjaga pulau manuk juga ramah mau care sama pengunjung. Dan di sini klo bermalam di tenda saya rasa tempat ini paling aman di banding pantai sekitarya… Untuk jajanan di warung harga hampir sama kaya di warung warung sekitar rumah kita…

  7. Dari alfa**** pertigaan sawarna masuk terus, sepanjang jalan bisa melihat pemandangan pantai yang luar biasa indah. Pantai manuk ini pantai pertama yang pertama dapat, naik terus karang bokor, lurus lagi barulah dapat pantai tanjung layar. Pantai ini direkomendasi untuk piknik keluarga dan anak-anak kecil. Pasirnya halus dan tidak ada karang. Biaya masuk 10.000 per orang sudah puas berenang sepuasanya. Bisa sewa ban, beli oleh-oleh, dan banyak jajanan. Saya dari Serang berangkat pukul 05.30 dan sampai di tkp pukul 10.00 dengan kondisi jalan masih sepi karena H+1 lebaran. Dianjurkan untuk tidak pulang terlalu sore karena lampu jalan belum memadai serta banyak tikungan tajam, berhati-hatilah. Selain enak untuk berenang, di sebelah kanan pantai bagus sekali untuk spot foto.

  8. Saran datang ke sini jam siang jam 12 ketika ombak tinggi dan awan cerah.
    Karna saya datang kesini jam 06.00 dan mendung, untuk ombak pagi cukup besar jadi hasil hempas ombaknya membentuk air terjun yang cantik.

    Ketika akan ke tempat ini sebaiknya menggunakan sendal yang nyaman anti slio, karna ada beberapa spot lumut, jadi cukup licin.

    Keamanan yang utama, diusahakan tidak sendiri kesini anda bisa menggunakan guide. Untuk guide anda bisa menggunakan jasa ketika anda di pintu masuk atau setelah menyebrang jembatan akan ada warga sekitar yang menawarkan.

    Hasil foto yang maksimal biasanya menggunakan tripod karna menunggu ombak yang bisa menyentuh dinding atas cukup lama dan tidak bisa di prediksi sehingga akan lebih nyaman menggunakan tripod

  9. pantai bagus untuk spot foto menantang, tidak untuk berenang apalagi snorkling atau diving. perhatikan musim! karena ombaknya bisa sangat berbahaya…

  10. Tempat ini sangat aman untuk bermain bagi keluarga karena pantainya yang luas dan bersih akan tetapi bagi pengunjung dilarang bermain air laut di pantai karena ombaknya yang ekstrim.

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here