Pantai Ciantir

Jl. Cikaung, Sawarna, Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak, Banten 42393

(4.4/5 dari 5 Pengunjung) Baca ulasan

Pantai Ciantir merupan salah satu Pantai Sawarna yang paling banyak dikunjungi wisatawan, memiliki bentang garis pantai yang panjang dan minim batuan karang jadi tempat yang pas untuk tempat berenang atau sekedar main pasir.

Sebagai pantai yang menghadap ke Samudra Hindia, Pantai Ciantir memiliki ombak yang cukup besar, pada bulan-bulan tertentu bahkan ukuran ombak di pantai ini cocok sekali untuk olahraga selancar.

Untuk itu maka kita harus tetap hati-hati dan perhatikan arahan dari pengawas pantai(Balawisata) saat berenang yang sebenarnya tidak hanya berlaku pada saat berenang di pantai ini saja.

Deskripsi Pantai Ciantir

Plang Nama Pantai Ciantir Sawarna
Pantai Ciantir Sawarna / Rifki Kurniawan

Selain menyandang gelar sebagai salah satu ikon wisata Pantai Sawarna, Pantai Ciantir juga merupakan pantai dengan garis pantai terpanjang. Sejauh mata memandang yang akan kita lihat di pantai ini adalah hamparan pasir.

Letak tempat wisata ini berada di antara Pantai Tanjung Layar dan Pantai Gua Langir. Bisa dikatan ketiga pantai ini saling terhubung, jadi kita bisa mengunjungi semua pantai hanya dengan berjalan kaki saja. Jaraknya sekitar 1KM. Jadi kita cukup membeli tiket 1 kali.

Namun setiap pantai memiliki keunikan masing-masing. Khusus untuk pantai ini memiliki area bibir pantai yang cukup luas, wisatawann bisa leluasa melakukan berbagai aktivitas.

Selain itu, sudah dilakukan penataan dan pembangunan beberapa fasilitas pendukung seperti tempat duduk, gazebo, hingga area tempat parkir kendaraan roda dua. Termasuk juga tempat berjualan sudah tertata.

Harga Tiket Masuk

Biaya retribusi yang harus dikeluarkan wisatawan terbilang murah –pungutan retribusi dilakukan saat akan melewati jembatan gantung masuk pantai— untuk HTM Pantai Ciantir yaitu Rp5.000 per orang. Itu sudah termasuk biaya masuk Pantai Tanjung Layar.

Tiket MasukHarga
Wisatawan DomestikRp5.000
Wisatawan AsingRp5.000
Tarif parkir motorRp10.000
Tarif parkir mobilRp25.000
* Harga tiket masuk dan tarif parkir kendaraan bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute Menuju Lokasi

Karena letak Pantai Ciantir masih berada di Desa Wisata Sawarna maka rutenya tidak jauh berbeda. Jika berangkat dari Jakarta maka ada 2 rute yang bisa digunakan, bisa lewat arah Pelabuhanratu atau lewat Malingping.

Dari arah Pelabuhanratu

Jarak yang akan ditempuh jika menggunakan rute ini yaitu sekitar 177KM atau memerlukan waktu tempuh 4 jam 36 menit(jika lalu lintas lancar bisa lebih cepat). Kontur jalan naik turun dan banyak tanjakan.

  • Gunakan Jakarta Inner Ring Road/Jl. Pulomas – Cawang/Jl. Tol Cililitan 2/Jl. Tol Ir. Wiyoto Wiyono di Jakarta Timur dari Jl. Tambak , Jl. Layang Pramuka – Matraman/Jl. Matraman Raya/Jl. Pramuka Sari II , Jl. Pramuka, dan Jl. Jend. Ahmad Yani
  • Ambil Jl. Tol Jagorawi dan Jl. Tol Bogor – Ciawi – Sukabumi ke JL. Jakarta – Cibadak/Jl. Mayjen H.R. Edi Sukma/Jl. Raya Bogor – Sukabumi/Jl. Raya Ciawi – Sukabumi/Jl. Raya Cibadak/Jl. Raya Sukabumi/Jl. Raya Sukaraja – Sukabumi/Jl. Siliwangi/Jl. Tangkil – Agrabinta di Cigombong
  • Tetap di JL. Jakarta – Cibadak/Jl. Raya Bogor – Sukabumi/Jl. Raya Ciawi – Sukabumi/Jl. Raya Cibadak/Jl. Raya Sukabumi/Jl. Raya Sukaraja – Sukabumi/Jl. Siliwangi/Jl. Tangkil – Agrabinta. Ambil Jl. Raya Cikidang – Pamuruyan dan Jl. Raya Cikidang ke Jl. Nasional III di Kabupaten Sukabumi
  • Ikuti Simpang Ciawi, Cirompang, dan Jl. Raya Sawarna Bayah ke tujuan Anda di Sawarna

Dari arah Malingping

Sedangkan jika kita menggunakan rute ini jaraknya lebih jauh yaitu sekitar 223KM atau perlu waktu tempuh 4 jam 47 menit. Kontur jalan lebih banyak datar dan arus lalu lintas cukup lancar.

  • Gunakan Jakarta Inner Ring Road/Jl. Tol Cawang Grogol/Jl. Tol S. Parman di Jakarta Pusat dari Jl. Sultan Agung, Jl. Galunggung, dan Jl. Jend. Sudirman
  • Ikuti Jl. Tol Merak – Jkt/Jl. Tol Tangerang – Merak dan Jl. Tol Serang – Panimbang ke Jl. Raya Pandeglang/Jl. Raya Rangkasbitung Pandeglang di Bojongleles
  • Ambil Jl. Raya Kaduagung – Cileles , Jl. Raya Gn. Kencana , Jl. Malingping, dan Jl. Raya Malingping – Cijaku ke Jl. Nasional III
  • Ikuti Jl. Nasional III ke Jl. Raya Sawarna Bayah
  • Tetap di Jl. Raya Sawarna Bayah ke tujuan Anda di Sawarna

Rute di atas hanya untuk perencanaan. Untuk memudahkan silahkan pilih menggunakan aplikasi petunjuk arah seperi Google Map.

Hal Menarik

Sebagai salah satu tujuan utama wisatawan, ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan di pantai ini, diantaranya:

Berenang

Tentunya ini hal yang utama, kebanyakan wisatawan yang liburan ke pantai pasti memiliki keinginan untuk berenang. Nah, di Pantai Ciantir ini wisatawan biasa melakukan kegiatan berenang.

Namun sebelum berenang pastikan kondisi ombak aman untuk berenang, untuk memastikannya bisa tanya ke penjaga pantai(lifeguard), minta arahannya terkait lokasi dan batas jarak aman.

Oh iya, ada tempat berenang yang direkomendasikan yaitu Pantai Legon Pari, selain pantainya cukup landai, obaknya juga tidak terlalu besar.

Bermain Pasir

Untuk wisatawan yang berlibur bersama keluarga(membawa anak-anak) maka pantai ini merupakan tempat yang pas untuk bermain pasir. Hal ini karena hampir 90% bibir pantai ini didominasi oleh pasir putih –meski kadang berwarna kecoklatan saat musim hujan– Untuk itu jangan lupa persiapkan peralatan main pasirnya.

Olahraga Pantai

Voly Pantai di Pantai Ciantir Desa Sawarna
Voly Pantai di Pantai Ciantir Desa Sawarna / lebakkab

Selain berenang dan bermain pasir, wisatawan juga bisa melakukan berbagai olahraga pantai seperti voli pantai hingga sepak bola pantai. Hal ini karena Pantai Ciantir memiliki bibir pantai dengan hamparan pasir yang lebar.

Kegiatan olahraga pantai biasa dilakukan oleh wisatawan yang liburan bersama rombongan gathering komunitas, instansi, atau perusahaan.

Mendirikan Tenda

Jika memiliki rencana bermalam dengan mendirikan tenda, maka Anda bisa melakukan di pantai ini. Ada area bibir pantai yang cocok dijadikan tempat untuk camping. Pastikan memiliki waktu yang tepat, yaitu saat cuaca cerah.

Sebelumnya kita perlu meminta izin akan camping dan berencana akan bermalam saat melewati jembatan gantung –ketika akan membayar biaya retribusi– kepada pengelola.

Oh iya, pastikan memilih tempat yang tidak jauh dari MCK dan tidak terlalu dekat pantai. Ingat jangan sampai meninggalkan sampah, cukup tinggalkan jejak saja.

Menikmati Sunset

Sunset di Pantai Ciantir
Sunset di Pantai Ciantir / Lina Nauli

Anak senja pasti tahu tentang keindahan langit di sore hari, apalagi jika menikmatinya di pantai ditemani kopi dan lagu indie, beuh. Ini bukan lelucon tentunya. Pemandangan sunset di Pantai Ciantir sangat indah, khususnya pada saat cuaca sedang bagus-bagusnya.

Menikmati Berbagai Makanan Seafood

Lingkungan Pantai Ciantir
Warung Makanan Seafood dan oleh-oleh / Arief Azka

Tidak jauh dari pantai kita bisa menemukan jejeran warung –yang kini sudah ditata dan direlokasi ke tempat khusus– yang menyediakan berbagai jenis makanan seafood. Kita bisa memesan dan menyantapnya di gazebo yang menghadap ke pantai.

Berselancar

Meski kini jarang yang melakukannya, namun di bulan-bulan tertentu ombak di pantai ini bisa cukup besar dan bisa untuk melakukan selancar.

Akomodasi Penginapan

Jika ingin liburan dalam beberapa hari di Sawarna, maka tidak ada salahnya untuk mempersiapkan tempat bermalam. Nah, di bawah ini merupakan penginapan dekat Pantai Ciantir yang bisa jadi referensi.

Sinar Matahari Resort

Salah satu penginapan yang lokasinya dekat dengan pantai, yaitu sekitar 200 meteran. Dari penginapan bisa jalan kaki beberapa menit saja. Tersedia beberapa jenis kamar, mulai dari kamar standar non AC(250K) hingga yang superior (450K).

Penginapan Aura

Selanjutnya ada penginapan Aura yang lokasinya sejajar dengan penginapan sebelumnya, jarak ke pantai kurang dari 200 meteran. Tersedia penginapan per kamar untuk 4 orang(350K) hingga yang satu rumah dengan beberapa kamar(850K). Tinggal pilih sesuai kebutuhan.

Andrew Pasput

Andrew Pasput menyediakan kamar dengan kapasitas 4-6 orang, kamar sudah dilengkapi dengan AC, TV, Air Minum, dan kamar mandi di dalam(450K). Selain itu tersedia dapur umum untuk masak-masak ringan.

Sawarna Resort

Penginapan dekat Pantai Ciantir selanjutnya yang direkomendasikan yaitu Sawarna Resort. Lokasinya memang tidak sedekat penginapan sebelumnya, namun penginapan ini memiliki area parkir sendiri untuk kendaraan mobil.

Memiliki beberapa tipe kamar seperti Deluxe Double Bed, Deluxe Twin Bed, Barak, dan Family. Untuk tarifnya memang lebih tinggi, namun sebanding dengan fasilitas kamar yang ditawarkan seperti, AC, TV, Kulkas, hingga Teko Pemanas. Kamar mandinya sudah closet duduk, shower, water heater hingga perlengkapan mandinya.

Tips Berkunjung Ke Pantai Ciantir

Agar liburan berjalan lancar dan bisa memberikan pengalaman yang menyenangkan maka tidak ada salahnya untuk mempersiapkan beberapa hal berikut.

  • Sebelum berangkat sebaiknya pantau terlebih dahulu perkiraan cuaca, cuaca buruk bisa membuat liburan tidak sesuai harapan.
  • Membawa perlengkapan berenang dan main pasir jika liburan bersama keluarga.
  • Jika ingin berenang pastikan mengikuti arahan dari penjaga pantai(balawisata). Untuk yang pertama kali berenang di pantai jangan terlalu ke tengah pantai.
  • Jangan lupa membawa uang tunai, karena ATM cukup jauh lokasinya.
  • Tidak meninggalkan sampah apapun, karena sampah bisa merusak ekosistem laut dan merusak pemandangan.

Demikian ulasan mengenai Pantai Ciantir, jika terdapat informasi yang keliru dan punya pengalaman yang berbeda pada saat mengunjungi pantai ini maka bisa kirimkan ulasannya di bawah ini ya!

5 Ulasan dari pengunjung

  1. Pantainya masih bersih.
    ombaknya kencang.. hati-hati terutama bawa anak-anak.
    kalo sudah kesini, sekalian ke pantai tanjung layar,
    dan cari homestay terdeka , karena jarak dari parkir mobil lumayan jauh , tapi bisa sewa ojek

  2. Tersedia banyak tempat makan , harga wajar , kurang pepohonan jadi terasa gersang pantai nya. Fasilitas umum lagi pembangunan.

  3. Penduduknya ramah, harga makanan juga cukup wajar, memang masih butuh pengembangan terutama perihal prasarana jalan dan kebersihan tapi over all puas liburan di Sawarna

  4. Baguss banget, sebagai pecinta pantai, rekomen banget sih sawarna, sepi, pantainya luas, sayang bnyak sampah aja sih, sama akses masuk nya harus naik ojek dulu karna mobil nggak bisa masuk

  5. Tempat yang sangat nyaman buat menghilangkan penat

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here