Pantai Klayar

Pantai Klayar
@roeriefendi

(4.8/5 dari 14 Pengunjung) Baca ulasan

Alamat: Kalak, Sendang, Donorojo, Sendang, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554, Indonesia

Jika berbicara tentang Pantai Klayar, rasanya sudah banyak orang yang mengenal tempat wisata populer yang ada di Pacitan ini. Pantai Klayar memang sedang naik daun dan banyak dijadikan sebagai tujuan wisata setelah terekspos ke internet dan beragam media sosial. Sehingga jangan sampai melewatkan untuk mengunjungi pantai Klayar ketika anda berkunjung ke Pacitan.

Pantai klayar juga termasuk ke dalam rangkaian pantai-pantai selatan dengan ciri khas ombak yang besar, pasir pantai yang putih, serta bentang pantai yang indah.

Tak hanya memiliki keindahan alamnya yang mempesona, Pantai Klayar juga memiliki fenomena unik karena adanya batu karang yang mirip dengan sphinx. Penasaran dengan wisata Pantai Klayar? Anda bisa melihat ulasannya di bawah ini.

Rute Menuju Pantai Klayar

Pantai Klayar berada di Desa Kalak, Kec. Donorojo, sekitar 35 km atau 1 jam perjalanan dari pusat Kota Pacitan. Kondisi jalanan untuk menuju Pantai Klayar memang terbilang sempit, ditambah lagi dengan terdapat kerusakan di beberapa bagian dan rute jalan yang berkelok-kelok. Sehingga hati hati ketika anda ingin menuju Pantai Klayar.

Untuk rute menuju Pantai Klayar, ada 2 rute yang dapat anda pilih. Jika anda berasal dari arah Kota Pacitan, maka anda hanya perlu untuk mengikuti rute bus Solo-Pacitan. Setelah itu belok kiri di pertigaan dadapan.

Sesampainya di Desa Candi, anda bisa belok ke kanan. Dan kemudian lurus terus mengikuti jalan hingga sampai di pertigaan. Nantinya ada papan petunjuk arah yang dapat mengarahkan untuk menuju Pantai Klayar.

Jika anda beradal dari arah kota Yogyakarta, maka anda dapat melewati Gunung Kidul atau Wonosari. Dari kedua daerah tersebut, ambil arah lurus ke timur menuju Pathuk. Darisana anda bisa melanjutkan perjalana ke arah Pracimantro dan menuju Gribelah.

Setelah itu anda akan melewati daerah Punung. Nantinya di sepanjang jalanan di daerah Punung, terdapat papan penunjuk jalan yang mengarahkan menuju Pantai Klayar.

Harga Tiket Masuk Pantai Klayar

Jika anda ingin menikmati keindahan Pantai Klayar, maka anda harus merogoh kocel Rp 5.000/orang untuk tiket masuk. Tarif ini berlaku dari hari Senin-Jumat, sedangkan di waktu weekend dikenakan tarif Rp 10.000/orang. Dan jika anda membawa kendaraa, maka dikenakan tarif parkir Rp 2.000/motor dan Rp 5.000/mobil.

Aktivitas Menarik Di Pantai Klayar

Tak hanya terkenal dengan keindahan pantainya yang mempesona saja, ada berbagai keunikan di Pantai Klayar yang menjadi daya tarik tersendiri dan membuat banyak wisatawan mengunjungi pantai ini . Tak hanya bisa menikmati keindahan pantai, namun wisatawan yang datang juga dapat melakukan berbagai macam akvitas menarik termasuk berfoto di spot-spot terbaik di pantai Klayar yang terbaik ini.

1. Batu Karang Yang Ada Di Tengah Pantai Menjadi Ikon Wisata Pantai Klayar

Di bagian tengah pantai, anda akan menemukan sebuah bebatuan karang. Bebatuan ini tak hanya dihasilkan dari proses erosi air laut saja. Konon menurut cerita setempat, batu karang ini juga menjadi hasil pertarungan antar makhluk gaib yang terjadi di area Pantai Klayar.

Batu karang ini tersambungkan dengan bebatuan karang lainnya yang berada di pinggiran pantai. Sehingga pengunjung bisa mendakinya, terlebih sudah disediakan tangga beton yang memudahkan pengunjung untuk mengaksesnya.

2. Seruling Samudera

Ada fenomena menarik yang mungkin akan ditemui saat anda berada di Pantai Klayar, yaitu atraksi Seruling Samudra yang menjadi ciri khas dari Pantai Klayar.

Dinamakan sebagai seruling samudera, karena fenomena ini merujuk pada sebuah lubang di batu karang yang ada di balik tebing. Saat air laut dan angin menembus lubang tersebut, nantinya akan terdengar suara yang mirip seperti seruling dari laut.

3. Air Mancur Di Tengah laut

Pantai klayar memiliki air mancur alami yang bisa kapan saja secara tak terduga memancarkan air alami. Fenomena seruling samudera di atas tak hanya dapat mengeluarkan bunyi saja.

Namun ketika kondisi laut sedang pasang, maka seruling samudera ini bisa memancarkan air yang tingginya mencapai 10-15 meter. Inilah yang sering dinanti-nantinkan pengunjung yang datang ke Pantai Klayar.

5. Batu Sphinx dan Sumur

Keunikan lainnya yang ada di pantai Klayar ini adalah kehadiran bebatuan yang mirip seperti patung Sphinx yang ada di Mesir. Hal ini lah yang membuat fenomena ini dinamakan sebagai batu Sphinx. Keunikan batu ini lah yang membuat nya menjadi spot wisata yang terkenal bagi pengunjung yang datang ke Pantai Klayar.

Selain itu, terdapat fenomena sumur yang cukup populer di pantai Klayar. Untuk sumur pertama memiliki ukuran yang lebih lebar dan luas karena dulunya dijadikan pemandian serta pengobatan kuda balap.

Dan untuk 2 sumur lainnya berukuran lebih kecil dan dinamakan sebagai Cinderlaras dan Suranyata. Kedua sumur ini dipercaya bisa membawa keberkahan bagi masyarakat sekitar.

Fasilitas Pantai Klayar

Jika berbicara tentang fasilitas yang ada di wisata Pantai Klayar, disini tersedia fasilitas yang sudah cukup memadai. Terdapat toilet dan kamar mandi yang bersih, mushola, serta warung-warung yang berada di pinggiran pantai yang menawarkan makanan dan minuman.

Namun jika anda ingin menginap, di sekitaran pantai Klayar belum tersedia hotel maupun penginapan. Namun jika anda memang ingin bermalam, anda bisa mendirikan camping atau tenda. Hanya saja, perlu melapor terlebih dahulu kepadapihak pengelola pantai Klayar.

BAGIKAN

14 Ulasan dari pengunjung

  1. pantai yang indah pemandangannya, terdapat persewaan atv (motor roda empat) cocok sekali untuk muter muter di pinggir pantai sambil menikmati keindahan deburan ombak, mantab

  2. Ini salah satu tempat yang bagus di Pacitan Jawa Timur. Tampilan keren, gelombang bagus, dan kombinasi sempurna. Anda dapat melihat banyak hal di sini, dan menemukan banyak kegiatan. Tempat yang begitu terkenal dan Anda tidak akan menyesal.

  3. Tempat liburan yang tepat buat keluarga maupun teman,
    Tapi amat disayangkan banyak sampah yg berserakan karena kurangnya kesadaran para pengunjung yg suka buang sampah sembarangan.

  4. Pantai yang cukup ramai dan cukup bagus untuk menikmati sunset maupun sunrise dari atas bukut, pantai ini juga mempunyai nama lain yaitu pantai seruling karena ada semburan air yang muncul di sekitaran bukit karang bila ombak menerjang, lokasi seruling itu ada di bukit sebelah timur pantai dan bisa di lijat dsri dekat kalau pagi di mana sedang air surut, dan hati – hati bila berang di sini bila sore atau saat mulai air pasang karena memiliki ombak khas laut selatan pulau jawa yang besar.
    Keep safety guys saat traveling…

  5. Pantai yang eksotic, cuman lebih di tingkatkan lg fasilitas nya, seperti toilet, tempat ibadah, parkir, dll
    Seperti nya masih dlm proses pembangunan , smoga bisa menarik wisatawan lebih byk lg, baik lokal maupun mancanegarac

  6. Salah satu pantai terindah di Jawa Timur tepatnya dikabupaten Pacitan. Pacitan terkenal dgn keindahan pantainya & memiliki 101 goa. Akses jln menuju ke pantai ini berkelok-kelok tp jgn kuatir krn jln sdh beraspal jd nyaman, tmptnya berada tdk jauh dgn wisata goa gong.

  7. Pantai yg bagus pemandangannya. Ada deburan ombak yg besar. Pantai pasir putih
    Sayang pantai buat mandi berbatu. Hanya sebagian saja yg berpasir.

  8. Tempat yang indah. Bersih rapih.
    Nggak bakal menyesal datang kesini.
    Sekali datang ingin kembali lagi.
    Tiket masuk 10rb per orang.
    Tapi sayang dibalik semua keindahan Pantai. Tidak ada kamar mandi/toilet umum, semua kamar mandi/toilet berbayar.

  9. Pemandangan pantai sangat indah, bagus luar biasa, tapi sangat bahaya kalau untuk mandi, ombaknya besar, garis pantai tipis.

  10. Sungguh pengalaman yg harus diulang diulang diulang ulang…. Keramahan lokal yg sangat familier harga tiket hanya 10 ribu saja sudah membuat kita sangat terkesan oleh ombaknya, banyak penginapan ramah dikantong. Namun sayang aku harus pulang kemalang

  11. Pantai yang eksotis, ada pluit lautnya , pemandangannya indah , tapi dilarang untuk berenang karena ombaknya terlalu tinggi

  12. Pantai Klayar Pacitan dapat dinikmati pagi hingga pukul 20.00 WIB. Tentunya kala sudah malam di pantai tidak ada cahaya. Banyak menjual ikan segar, ikan awetan, dan produk olahan ikan. Juga ada bakso ikan dari jenis ikan laut. Pemandangan indah. Sudah banyak disediakan tempat yang menjadi daya tarik pengunjung. Adi selancar. Kalau “nggak” mau capai lebih baik naik delman saja untu menyusuri Pantai ini.

  13. cocok banget yang suka foto foto, pemandangan dari atas tu bages banget, dan banyak batu batu besarnya juga. tapi belum pernah nyoba sunsetnya sih

  14. Pantai ini sangat asyik dikunjungi bersama keluarga,karena pantai ini menyajikan pemandangan yang indah berupa hamparan pasir putih dan perbukitan karang yang berbentuk seperti sphinx dan yang paling khas dari pantai ini yaitu adalah pancuran air dari sela-sela bebatuan karang atau yang dikenal dengan seruling samudera.Dan disini juga tersedia banyak sekali penginapan dan tempat makan.

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here