Pantai Srau

Pantai Srau
Pantai Srau @ryayuanda

(4.9/5 dari 8 Pengunjung) Baca ulasan

Alamat: Candi, Pringkuku, Area Peswahan, Candi, Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63552

Pantai Srau merupakan destinasi wisata pantai favorit yang ada di Pacitan, Jawa Timur. Meskipun namanya tak setenar dari Pantai Klayar, namun wisata ini tetap menjadi hal yang menarik yang kini populer di kalangan wisatawan.

Pantai ini menawarkan pemandangan alam yang begitu mempesona, pasir putihnya yang lembut dan deburan ombak yang riuh membuat Pantai Srau menjadi sangat mengesankan.

Pantai Srau dibentengi dengan deretan pepohonan kelapa yang juga disebuat dengan palm beach. Suasananya bak berada di pulau terpecinl yang masih asri dan masih jarang dikunjungi wisatawan.

Sehingga suasana di pantai ini masih sangat bersih dan sejuk yang sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin menghabiskan waktu liburan dari kesibukan sehari-hari.

Rute Menuju Pantai Srau

Akses menuju Pantai Srau terbilang masih sangat tersembunyi, hanya ada beberapa papan penunjuk jalan yang mengarahkan wisatawan menuju lokasi. Jika anda berasal dari kota Solo, rute yang dapat anda lewati yaitu Sukoharjo – Ngadirojo – Baturetno – Giriwoyo – Kecamatan Pringkulu -Desa Candi -Pantai Srau.

Perjalanan menuju Pantai Srau dari kota Solo membutuhkan waktu sekitar 3,5-4 jam perjalanan. Sepanjang perjalanan, wisatawan akan menggunakan jalur pegunungan hingga perkampungan yang berliku dan sempit.

Namun meskipun begitu, kondisi aspal jalanan masih cukup mulus bahkan anda akan disuguhi dengan pemandangan yang sangat menawan sepanjang perjalanan.

Harga Tiket Masuk di Pantai Srau

Untuk bisa menikmati wisata di Pantai Srau, pengunjung yang datang dapat membayar tiket masuk sebesar 5 ribu per orang. Pantai ini buka 24 jam non-stop, sehingga wisatawan yang datang bisa menikmati keindahan pantai Srau tanpa gangguan waktu.

Aktivitas Di Pantai Srau

Pantai Srau tak hanya memiliki keindahan mempesona yang layak untuk dinikmati. Pantai Srau ini juga dapat menjadi wisata yang menyenangkan dengan berbagai aktivitas menarik di dalamnya, Anda bisa mencoba aktivitas-aktivitas menarik di bawah ini saat berada di pantai Srau.

1. Menikmati Spot Sunset Dan Sunrise Yang Mempesona

Sunset Dan Sunrise Pantai Srau
Sunset Dan Sunrise Pantai Srau @ttofawan

Salah satu kegiatan menarik yang ada di Pantai Srau ini adalah anda bisa melihat pemandangan sunset dan sunrise nya yang mempesona. Pantai ini terdiri dari 3 bagian yaitu bagian barat, tengah, hingga ke timur.

Pengunjung yang datang untuk melihat pemandangan matahari terbit di pagir hari, biasanya akan mengunjungi bagian timur pantai sambil ditemani dengan semilir angin yang sejuk.

Sedangkan saat menjelang sore hari, spot sunset yang terbaik yang bisa dinikmati di Pantai Prau adalah di bagian barat pantai. Bahkan banyak yang berpendapat jika momen sunset yang ada di Pantai Srau tak kalah menawannya dibandingkan dengan pantai-pantai yang ada di Pulau Dewata.

2. Camping

Bukit karang yang ada di Pantai Srau ini tak hanya menjadi spot yang asyik untuk melihat pemandangan sunset dan sunrise yang mempesona. Bukit karang yang bentuknya menyerupai sabana ini juga sering dijadikan spot camping yang seru, ditambah lagi dengan kehadiran api unggun semakin menghangatkan suasana. Anda bisa mencoba bermalam dengan membangun kemah saat mengunjungi wisata Pantai Srau.

3. Spot Renang, Surfing Dan Diving

Ombak yang ada di Pantai Srau memang sangat cocok dijadikan sebagai aktivitas air seperti berenang, surfing, hingga diving. Jernihnya air laut yang berwarna kebiruan membuat pengunjung dapat melihat keindahan yang tersimpan di bawah lautnya.

Akan tetapi, jika anda ingin mencoba aktivitas-aktivitas tersebut maka bawalah peralatan sendiri karena di sekitar pantai belum terdapat tempat penyewaan perlengkapan surfing maupun diving.

Dan selain itu, untuk bisa melakukan aktivitas tersebut dibutuhkan skill dan kewaspadaan yang tinggi karena memang belum banyak lifeguard yang ada di pantai tersebut. Ditambah lagi dengan batu-batu karang besar yang ada di dalam air yang licin membuat pengujung harus tetap waspada.

4. Spot Foto Yang Menarik

Spot Foto Yang Menarik Pantai Srau
Spot Foto Yang Menarik Pantai Srau @norel08

Jangan lupa untuk berfoto ria saat anda berada di pantai Srau ini. Ada banyak spot foto menarik yang dapat anda jadikan latar belakang foto-foto anda.

Salah satunya saat air laut sedang surut, biasanya akan banyak pengunjung yang memanfaatkan momen ini untuk berfoto maupun berselfie di batu-batu karang. Sehingga jangan lupa mengabadikan momen-momen indah dan tak terlupakan saat berlibur di Pantai Srau.

Penginapan di Pantai Srau 

Dengan pesona keindahan yang ada di Pantai Srau, sangat disayangkan jika hanya dinikmati sehari saja. Namun sayangnya belum ada hotel maupun penginapan yang cukup memadai yang ada di sekitar kawasan pantai.

Jika pengunjung ingin bermalam di Pantai Srau, namun tidak ingin berkemah di sekitar pantai, maka anda bisa mencoba bermalam di rumah warga sekitar. Biasanya warga sekitar menyewakan rumah mereka sebagai homestay dengan tarif yang beragam, mulai dari Rp 60.000-Rp 130.000 per malam.

Bagaimana? menarik bukan berlibur di Pantai Srau, anda bisa menjadikannya sebagai destinasi wisata untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga maupun teman-teman terdekat. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk anda.

BAGIKAN

8 Ulasan dari pengunjung

  1. Jika anda mencari tempat sepi, romantis, dan nyaman, ini adalah tempat yang tepat. Pantai ini cukup luas dan memiliki berbagai fasilitas yang cukup baik. Terdapat saung permanen dan tidak permanen. Terdapat jogging track yang ada di pinggir pantai.

    Terdapat rumah makan di dekat pantai. Pandangan samudra hindia langsung terpampang indah ketika anda duduk di pasir putih halus. Saya sangat merekomendasikan untuk mengunjungi pantai ini. Jalan dan aksesibilitas sudah baik. Bagi anda penggemar mancing (rockfishing) bisa juga menjadi salah satu alternatif yang baik.

  2. Fasilitas penunjang OK, Akses lancar mulus, mudah dicapai dari mana saja. Tiket masuk terjangkau, areal pantai luas dengan 3 muka pantai menghadap sisi berbeda, bersih. Reccomended untuk camping. Worth It !

  3. Salah satu pantai yang rekomen untuk dikunjungi.. apalagi kalau cuaca mendukung bisa melihat sunset di tengah garis laut.. ada bukit2 yang cocok untuk ngecamp

  4. Pantai indah dengan pasir putih dan air berwarna biru. Namun hati-hati jika ingin bermain air, sering banyak ubur-ubur, selain itu ombaknya juga besar. lokasinya nyaman untuk istirahat

  5. on the way selama 4 jam dari rumah ke pantai srau. meskipun capek, tapi terbayarkan dengan keindahan alamnya yg masih segar dan enak di pandang. buat piknik keluarga atau camping pantai srau sangat cocok. yang penting pintar cari tempat yang bagus kalau mau camping. soalnya disana anginnya kencang banget. jadi, pengen kesana lagi deh, pantai srau bikin ketagihan

  6. Tempat sangat bagus dan nyaman untuk camping.
    Akses jalan jogja-srau (via gunung kidul) sudah bagus dan beraspal semua.
    Tetapi untuk kendaraan mobil harus lebih berhati2 karna jalan dari masuk wilayah 12km ke pantai srau hanya selebar 2 mobil pas untuk kearah pantai srau.
    Walau pantai masih belum terlalu ramai tapi ada fasilitas ada warung 24 jam, wc,mushola.
    Untuk sunset bisa dilihat di bukit/pantao srau bagian pojok.
    Untuk sunrise bisa dinikmati di pantai srau awal/bagian timur.

  7. pantai bisa buat camping, luas dan banyak spot foto yg bagus, bisa naik keatas bukit untuk menikmati pantai dari atas, terdapat jogging track disekitar pantai, ada beberapa gazebo untuk istirahat, pedagang yg berjualan dipinggir pantai masih sedikit.

  8. Tempatnya bagus dan menawan tetapi dengan catatan pastikan bensin kalian fuel terlebih dahulu karena pom terakhir berada sangat jauh mungkin hanya ada pom mini, jika mau berkeliling satu baris lurus adalah 4 pantai dengan view yang berbeda
    1.untuk bermain dan swafoto
    2.untuk memancing
    3.untuk bersantai sambil melihat gulungan ombak
    4.untuk menikmati indahnya sunrise
    Ingat jangan pulang terlalu malam karena akses jalan belum dilengkapi penerangan

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here