Pantai Buyutan

Pantai Buyutan
Pantai Buyutan @dancug69

(4.7/5 dari 13 Pengunjung) Baca ulasan

Alamat: Desa Widoro, Donorojo, Bolo, Kalak, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554

Berbicara tentang wisata di Pacitan memang tidak ada habisnya, ada banyak wisata-wisata menarik dan unik yang bisa dikunjungi saat berada di kota ini.

Pacitan terkenal dengan keindahan pantai-pantai nya yang indah dan menawan. Salah satunya yaitu Pantai Buyutan, yang memiliki keunikan tersendiri karena bebatuan-bebatuan karang di kawasan pantai ini dengan beragam bentuk. 

Yang menjadi daya tarik utama dari Pantai Buyutan ini dikarenakan adanya batu karang yang berbentuk seperti mahkota dewa. Menurut dongeng yang turun temurun, dikisahkan jika Mahkota Dewa Narada jatuh ke lautan saat sedang terbang. Dimana makhkota tersebutlah yang kemudian menjadi batu karang besar yang lokasinya tak jauh dari bibir pantai. 

Pantai Buyutan juga memiliki hal menarik lainnya yang sangat cocok untuk dijadikan destinasi liburan. Seperti sumber air tawar yang alami dan area camping. Selain itu pantai ini juga cocok untuk aktivitas berenang, surfing, dan diving.

Hanya saja fasilitas yang tersedia masih sangat terbatas, seperti lahan parkir kendaraan yang sempit serta kamar mandi yang cukup terbatas.

Rute Menuju Lokasi Pantai Buyutan

Lokasi pantai Buyutan ini berada di Desa Widoro, Kab. PacitanRute yang paling mudah untuk bisa mencapai lokasi Pantai Buyutan adalah melalui Goa Gong, terutama jika wisatawan berasal dari Kota Pacitan. Namun jika pengunjung berasal dari kota Surabaya, bisa menempuh perjalanan 5-6 jam lamanya.

Dan untuk yang datang dari Kota Solo atau Yogyakarta, bisa menempuh jarak sekitar 100-160 km dengan melalui jalur Pacitan-Solo. Setelah menemukan masjid Besar Punung yang berada di pertigaan, belok ke sebelah kiri dan kemudian belok kanan pada pertigaan kedua. Setelah itu, tak jauh akan terlihat Goa Gong dan kemudian wisatawan dapat lurus hingga rute jurusan Kalak dan lihatlah papan penunjuk yang ada dan menuju Pantai Buyutan. 

Pantai Buyutan berada di balik area persawahan yang luas dan datar. Pemandangan pantai akan lebih tampak saat wisatawan datang di saat pagi hari maupun menjelang senja. Di ujung area persawahan, terlihat keindahan Pantai Buyutan yang tersembunyi. Sesampainya di lokasi pantai, pengunjung akan langsung disambut dengan pasir pantai yang putih bersih serta air lautnya yang begitu jernih dan semakin memancarkan pesona keindahan yang menawan.

Namun untuk bisa mencapai lokasi wisata, pengunjung harus berjalan kaki untuk menuruni bukit yang agak curam. Hal ini dikarenakan kendaraan tidak bisa turun ke pantai karena jalanan yang berkelok dan curam. 

Harga Tiket Masuk Pantai Buyutan

Untuk harga tiket memasuki wisata Pantai Buyutan, pengunjung yang datang sama sekali tidak dikenakan beban biaya sedikitpun alias gratis. Dan pantai ini buka setiap harinya selama 24 jam sehingga pengunjung bisa lebih bebas menikmati waktu di Pantai yang asri dan sepi ini.

Yang terpenting adalah pengunjung diharapkan untuk selalu menjaga kebersihan agar jangan sampai mengotori alam di kawasan pantai.

Aktivitas Menarik Di Pantai Buyutan

1. Perbukitan Karang

Perbukitan karang yang ada di Pantai Buyutan menjadi spot favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke wisata Pantai ini. Spot wisata ini menjadi tempat yang cocok untuk berkemah, melihat pemandangan sunset, maupun hanya duduk bersantai mendengar nyanyian ombak.

Bagi yang ingin berkemah, bisa memilih area dengan sabana yang luas dan tidak terlalu terjal. Sambil menyalakan api unggun, tentunya nuasana pantai Buyutan di malam hari begitu mempesona. 

Mengenai sumber air, tak perlu khawatir,  terdapat sumber air tawar yang berasal dari pegunungan yang tidak jauh dari area pantai dan bukit sabana sehingga wisaawan tidak sulit untuk mencari air bersih

2. Spot Renang, Surfing, Dan Diving

Pantai Buyutan bisa dijadikan untuk tempat bermain berbagai aktivitas air yang menyenangkan, mulai dari renang, surfing, hingga diving. Ombak yang ada di Pantai Buyutan cukup besar dengan air lautnya yang biru, sehingga menunjang untuk kegiatan-kegiatan tersebut.

Namun karena disini belum tersedia tempat-tempat penyewaan perlengkapan, pengunjung diharapkan membawa perlengkapan sendiri. Karakter ombak pantai terbilang besar namun tidak membahayakan, karena tidak akan menyeret maupun pecah sebelum mencapai bibir pantai.

3. Mengunjungi Habitat Monyet

Tak hanya bisa menikmati keindahan alam pantai yang mempesona saja, pengunjung juga bisa berjumpa dengan hewan-hewan penghuni asli di perbukitan yang ada di Pantai Buyutan. Keberadaan hewan-hewan liar ini menunjukkan jika pantai Buyutan memiliki kondisi yang masih alami . Pengunjung bisa melihat langsung habitat monyet yang sangat terjaga habitatnya. 

Nah itu tadi penjelasan mengenai Pantai Buyutan yang menjadi salah satu wisata terbaik di Pacitan. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk anda. 

BAGIKAN

13 Ulasan dari pengunjung

  1. Akses lokasi cukup menantang, namun tidak membingungkan. View pantai indah, bersih, alami. Fasilitas cukup oke. Reccomended

  2. Pantainya sangat bagus.. Penataan kawasan cukup asri.. Dan masih terus dalam proses pembenahan..
    Panorama indah dengan udara sejuk.. Bebarapa fasilitas umum juga sudah mulai dipenuhi.. Perlu diwaspadai khususnya bagi wisatawan/pengunjung yang membawa anak kecil, dikarenakan pantai ini termasuk dalam gugusan pantai selatan dg ombak cukup besar, maka anak kecil harus dalam pengawasan ekstra oleh orang tua.
    Akses masuk memang masih agak sulit.. Dan harapannya semoga kedepan lebih baik lagi..
    😊😉😉
    Pacitan.. The Hidden Paradise of Java..

  3. Pantai yang masih natural dibanding pantai-pantai lain di sekitarnya. Akses masuk kesini, cukup pakai GPS, udah pasti nyampai.
    Disini bisa camping malemnya kalau mau nyari spot sunrise. Tapi hati-hati, kalau pas air pasang, bisa hanyut. Hahahaha…
    Kalau bawa mobil pribadi, tetep bisa masuk sampai bawah, tapi harus super hati-hati kalau pas musim hujan. Jalanan nya cuma cukup buat 1 mobil & 1 motor. Dan, butuh skill manuver yang ahli disini. Kalau masih baru-baru aja bawa mobilnya, disarankan jangan deh, daripada tergelincir malah ngerugiin yang lain.
    Makanan & minuman termurah di pantai ini. Es kelapa muda sebuah-buahnya disini cuma 6rb, broo… Itu tahun 2018.. 😂 😂
    Dan khas pantai area Selatan, ombaknya gedeeee…c

  4. Salah satu pantai yg luas di Pacitan, ombaknya yang besar membuat kita harus waspada jika bermain di air. Kelapa muda di sini terkenal murah rata-rata seharga 5000 Rupiah, 2018

  5. Salah satu pantai terbaik di indonesia. Pasirnya putih, biaya masuk murah dah gtu view nya indah banget. Ada warunk yang murah dan tempatnya strategis di atas tebing menuju laut. Good banget lah !!

    Akses emang gk begitu bagus, tp mnurut gua itu jd nilai plus karena masih terjaga dr wisatawan yang tidak peduli lingkungan. Pokoknya kesana butuh perjuangan, tapi hasilnya gk mengecewakan. Bikin nagih pen kesana lagi.

  6. Pantai Buyutan, Pacitan.
    pantai yang masih alami.
    pantainya sangat indah dan mempesona.
    dengan ombak yang cukup besar, seperti layaknya pantai pantai si selatan.
    menuju ke lokasi, penuh dengan tantangan.
    karena harus menyewa shelter untuk ke sana.
    tapi di jamin memuaskan, karena pesona jalan yang apik menuju kesana.

  7. Pantainya bersih. Buat parkir di bawah, pastikan mobilnya kondisi fit. Bisa jg parkir di atas terus ada ojek 5000 rupiah buat turun ke pantai.

  8. Pantai yg indah kalau sudah di bermain pasir nya. Utk foto bagus ada karang di tengah laut dangkal. Perlu dilebarkan jalan aspal dan perlu di aspal ulang jalan masuknya. Dan turunan jalan cor rigid akhir ke pantai perlu dibuat lebih landai. City car yg cc kecil dg penggerak depan agak kesulitan .c

  9. Jika kesini bisa pakai kendaraan pribadi atau dengan angkot yang disediakan di pantai klayar. Akses ke pantai agak jauh dari parkiran, jadi jika tidak ingin capek, bisa naik ojek yang ada di lokasi. Di sana jual es kelapa muda yang murah, 7000 aja.

  10. Silahkan berkunjung ke pantai buyutan. Anda akan di suguh kan pemandangan yang indah,, Tiket masuk hanya 5 rb per orang,, harga tiket mungkin dapat berubah sewaktu – waktu di hari besar atau hari libur panjang

  11. Ku rekomendasiin datang sore hari jam 4 an, asliii syahdu banget di sini sih. Dan waktu itu aku dateng hari senin, bebas lari sana sini bisa main air (gak malu, kan sepi hehe). Ombaknya ramah angin sorenya juga enak dinikmati hehe apalagi sunsetnya hmmm gak bisa di deskripsikan dengan kata kata

  12. Beda dan pantai lain yg kebanyakan terdapat pasir putih/hitam ataupun karang di bibir pantainya, di pantai ini terdapat batu seukuran telur terbujur melintang banyak terdapat di bibir pantainya. Untuk para perncari surga pantai mungkin ini salah satu tempat yg akan membuat anda terperanjat. Jangan khawatir pula dgn akses dan tempat makan karena disini akses mudah dan tempat makan banyak. Enjoy folk

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here