Pantai Karapyak Pasir Putih

Bagolo, Kec. Kalipucang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat 46397

Pantai Karapyak
Pemandangan bibir Pantai Karapyak / Titin Rohani

(4.7/5 dari 16 Pengunjung) Baca ulasan

Untuk yang sedang berada di Pangandaran-Jawa Barat dan ingin pergi liburan bersama keluarga ke tempat wisata pantai pasir putih dengan suasana yang tidak terlalu ramai maka bisa coba berkunjung ke Pantai Karapyak.

Memiliki pemandangan yang memanjakan mata, bibir pantai berpasir putih, restoran tepi pantai, populer dengan kerang, bumi perkemahan dan snorkeling terumbu karang bisa jadi alasan untuk singgah ke pantai ini sebelum ke Pantai Pangandaran.

Di area bibir pantai terdapat pepohonan yang rimbun, bisa jadi tempat berteduh saat berkunjung di siang hari. Selain itu pasir pantainya bercampur dengan aneka serpihan karang, cangkang kerang, dan berbagai fosil biota laut.

Di sekitar pantai juga terdapat sebuah Glamping & Lodges untuk tempat bersantai dan bermalam yang cukup terkelola dengan baik. Nah, jika berencana akan berkunjung ke Pantai Karapyak maka bisa simak ulasan di bawah sampai tuntas!

Deskripsi Pantai Karapyak

pantai karapyak pasir putih
Pepohonan rimbun bisa dijumpai di sepanjang bibir pantai / Akhmad Muhajir Amdad

Pantai Karapyak merupakan objek wisata pantai yang berada di Kecamatan Kalipucang memiliki hamparan pasir putih kekuningan dan suara deburan ombak. Tempat ini masih terbilang sepi karena masih minim pengunjung, terlebih jika di hari biasa.

Sebenarnya Pantai Karapyak bukanlah destinasi baru di Pangandaran, karena pantai ini sudah ada sejak lama, namun tidak jadi tujuan utama wisatawan. Jumlah wisatawan yang singgah sebelum ke Pantai Pangandaran hanya hitungan jari jumlahnya, itu sebabnya pantai ini terbilang sepi dan sunyi.

Suasana pantai yang sepi dan sunyi jadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang menginginkan wisata pantai seperti milik sendiri dan kondisi alam yang masih asri. Meski sebenarnya sudah ada beberapa fasilitas yang sudah dibangun, tapi kelestarian pantainya masih terjaga.

Di pinggir bibir pantai masih banyak berbagai jenis pepohonan khas pantai. Ada pandan laut, katapang, hingga nyamplung. Bahkan pada beberapa bagian pesisir pantainya terdapat rumput-rumput hijau yang membuat pantai ini terasa lebih asri.

Nampak dari kejauhan pantai ini memiliki bibir pantai dengan pasir putih yang lembut. Namun jika kita lihat dari dekat butiran pasirnya cukup kasar bercampur dengan berbagai serpihan fosil biota laut, jadi perlu berhati-hati saat berjalan tanpa alas kaki.

Tapi sekarang wisatawan yang berkunjung bisa berjalan-jalan dengan aman di tepi pantai, karena sudah ada pedestrian sepanjang 325 meteran. Tentunya ini akan memudahkan menjelajah setiap sudut pantai sembari menikmati suara deburan ombak dan hempasan angin.

Memiliki bibir pantai yang memanjang seperti di Pantai Wediombo di Gn. Kidul atau Pantai Menganti di Kebumen, jadi pengunjung bisa cari spot foto terbaik. Juga terdapat karang yang menghadang ombak besar jadi cukup aman untuk anak-anak bermain air.

Pantai dengan suasana yang alami, ketenangan, dan ketenangan. Cocok untuk healing dan refreshing. Bisa jadi tujuan wisata keluarga atau relasi bisnis. Jadi tempat untuk membuat konten, swafoto, dan mencari inspirasi.

Rute Menuju Lokasi

pantai karapyak terbaru
Jalan aspal dekat dengan bibir pantai, kendaran bisa parkir dekat pantai / Angga Wirajaya

Jalan menuju lokasi terbilang bagus, bisa diakses oleh kendaraan roda dua maupun empat. Meski jalan masuknya tidak terlalu lebar namun kendaraan bisa sampai ke tepi pantai.

Untuk sampai ke Pantai Karapyak maka bisa menggunakan jalur darat dengan kendaraan pribadi maupun kendaran umum atau udara untuk wisatawan dari luar Pulau Jawa. Berikut detailnya:

Dari Bandung

Untuk yang berangkat dari Bandung dan sekitarnya maka bisa menggunakan jalur Bandung – Tasikmalaya – Banjar – Pangandaran.

Jika akan menggunakan moda transporasi umum maka perjalanan bisa di mulai dari Terminal Cicahem menggunakan Bus Budiman. Sesampainya di Terminal Pangandaran, perjalanan bisa dilanjutkan dengan naik ojek menuju lokasi.

Dari Jakarta

Sedangkan jika berangkat dari Jakarta dan sekitarnya maka bisa memulai perjalanan dari Terminal Rambutan dan pilih jurusan Kampung Rambutan – Pangandaran.

Setelah melewati perjalanan jauh, maka turun di Terminal Pangandaran, dari sini sudah tidak jauh lagi. Perjalanan menuju lokasi bisa dilanjutkan dengan naik angkot atau ojek.

Dari Bali

Untuk wisatawan yang berangkat dari Bali maka bisa menggunakan perjalanan udara dari Bandara Ngurah Rai menuju Bandara Nusa Wiru di Pangandaran.

Selanjutnya perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan motor atau mobil dari jasa penyewaan atau rental.

*Ada dua jalur menuju lokasi Pantai Karapyak

Rute Menuju Pantai Karapyak
Jalan menuju bibir pantai / Waluyo Ibn Dischman

Sesampainya di gerbang masuk pantai, ada dua jalur yang bisa wisatawan pilih. Yaitu:

  • Jalur pertama menggunakan jalan dari Kantor Kecamatan Kalipucang, jarak tempuhnya sekitar 13 KM. Kondisi jalannya sudah beraspal dan terbilang mudah dilalui. Hanya saja akan melewati beberapa tanjakan curam.
  • Jalur kedua menggunakan jalan pertigaan Rest Area Ngemplak, jarak tempuhnya sekitar 9 KM. Namun kondisi jalannya masih berbatu, lebih direkomendasikan dilewati oleh kendaraan mobil atau motor gunung.

Jam Buka Pantai

Pantai Karapyak buka setiap hari dari Senin hingga Minggu. Pantai ini buka selama 24 jam, jadi wisatawan bisa berkunjung kapan saja. Tentunya jika tidak ada kebijakan penutupan karena Covid-19.

Harga Tiket Masuk

Sama seperti wisata pantai lainnya yang dikelola, wisatawan yang akan berkunjung ke pantai ini harus membayar tiket masuk. Namun biaya masuknya bukan dihitung per orang, melainkan berdasarkan jenis kendaraan yang wisatawan gunakan.

Harga Tiket Masuk Pantai Karapyak

Harga Tiket MasukBiaya
Pejalan KakiRp10.000
Kendaraan MotorRp20.000
Kendaraan Mobil PribadiRp60.000
Mini Bus KecilRp95.000
Mini Bus BesarRp135.000
Bus KecilRp205.000
Bus SedangRp295.000
Bus BesarRp515.000
*Biaya tiket masuk di atas bisa berubah di kemudian hari

Selain tiket masuk, wisatawan juga perlu membayar parkir kendaraan secara terpisah, biaya parkir kendaraan Rp5.000. Untuk menggunakan kamar mandi/toilet wisatawan juga perlu membayar Rp3.000.

Hal Menarik

Sama seperti objek wisata pantai lainnya, Pantai Karapyak Pasir Putih juga memiliki hal menarik yang bisa wisatawan jumpai atau lakukan. Berikut diantaranya:

Menikmati Pemandangan

Pantai Karapyak Pangandaran
Pemandangan Pantai Karapyak Pangandaran / Rahmanisa Haulamada

Hal pertama yang bisa wisatawan nikmati saat berkunjung ke pantai ini yaitu menikmati pemandangan yang menakjubkan. Pepohonan hijau, pasir putih membentang, dan air laut yang biru akan membuat takjub siapa saja yang melihatnya.

Banyak wisatawan yang sudah berkunjung berpendapat jika pemandangan Pantai karapyak jauh lebih memukau daripada di Pantai Pangandaran.

Bermain Pasir

karapyak beach
Bermain pasir di bibir pantai / A Firman / Rahmat Aleksander

Meski secara umum pasir di pantai ini memiliki tekstur yang kasar, namun bukan berarti wisatawan yang berkunjung tidak bermain pasir, karena ada beberapa area bibir pantai dengan pasir yang lebih halus dan minim batuan karang.

Namun memang pasir di pantai ini kurang cocok untuk membuat berbagai bentuk, terlebih jika membuat miniatur dengan ukuran kecil. Tapi mungkin bisa membuat lubang, dinding, atau tulisan.

Oh iya, sebaiknya jangan membuat lubang dengan tangan kosong karena bisa terluka akibat serpihan karang atau cangkang kerang. Jadi sebaiknya menggunakan sekop atau sendok khusus untuk bermain pasir.

Bermain Air

wisata pantai karapyak
Anak-anak bisa bermain pasir di bibir pantai / Rahmat Aleksander / Ruli Kurniadi

Kegiatan berenang di pantai ini memang tidak disarankan karena ombak yang cukup besar dan tepian pantainya didominasi oleh baturan karang. Jadi wisatawan khususnya anak-anak hanya memungkinkan untuk bermain air.

Untuk bermain air sebaiknya pilih area yang aman, pilih area yang minim batuan karang atau kubangan di antara batuan karang. Agar terhindar dari cedera, sebaiknya menggunakan pakaian renang dan alas kaki.

Juga perhatikan kondisi lautnya, jika ombaknya cukup besar sebaiknya hindari bermain air, dan untuk anak-anak harus tetap dalam pantauan orang tua.

Terumbu Karang & Biota Laut

Terumbu Karang Biota Laut Karang di Pantai Karapyak
Saat air surut, kita bisa melihat berbagai jenis biota laut / Rendi Sapto Kurniawan

Saat air laut surut hamparan batu karang akan lebih nampak dan bisa lalui dengan jalan kaki ke tengah, akan banyak berbagai biota laut yang terdampar di antara batuan karang khususnya saat air laut dengan jernih.

Di relung karang biasa akan ada ikan-ikan kecil dengan bentuk dan warna yang menarik perhatian. Biasanya banyak wisatawan yang mencoba menangkap ikan karang, namun tentu akan sulit jika dengan tangan kosong.

Selain itu juga ada berbagai jenis biota laut lainnya seperti terumbu karang yang masih hidup, kerang, bintang laut, belut laut, bulu babi, hingga kelomang.

Mancing Ikan Laut

Mancing di pantai karapyak bagolo kalipucang
Mancing Ikan kakap / Rachmanto Ant

Untuk yang hobi mancing, maka tidak ada salahnya membawa peralatan mancing saat berkunjung ke Pantai Karapyak karena ada tempat khusus untuk mancing ikan kakap tepatnya di sebelah timur, hanya perlu jalan kaki sekitar 500 meteran dari pintu masuk.

Pilih lokasi yang nyaman dan aman untuk lembar kail. Untuk mancing iklan laut bisa menggunakan umpan berupa udang, cumi, atau ikan yang sudah dipotong-potong.

Menikmati Pemandangan Sunrise dan Sunset

Sunset Sunrise di Pantai Karapyak
Pemandangan sunset / Asep Aziz / Kang Edi

Pemandangan saat matahari terbit dan terbenam memiliki daya tarik tersendiri, terlebih jika menikmatinya sambil bersantai di bibir pantai. Nah, Pantai Karapyak bisa jadi tempat yang tepat untuk melakukannya.

Untuk menikmati pemandangan sunset di pantai ini maka harus berkunjung di pagi buta atau bisa juga dengan berkemah mendirikan tenda di pinggir pantai.

Sedangkan untuk melihat pemandangan sunset maka bisa berkunjung di sore hari tepatnya di atas jam 16.00 WIB. Untuk posisinya bisa di bibir pantai sambil duduk di atas pasir atau di tempat duduk yang tersedia.

Swafoto dengan Latar Belakang yang Instagramable

wisata karapyak pangandaran
Beberapa hasil foto dari pengunjung / Sella Tresna / Dwi Yuliati / Desy Clara

Dengan area pantai yang cukup luas dan bibir pantai yang panjang tentu saja pantai memiliki banyak spot foto yang unik dan indah. Misalnya seperti dekat bukit batuan karang atau hamparan batu karang, dekat pepohonan yang rimbun dll.

Tidak hanya itu, di sekitaran bibir pantai juga ada beberapa spot foto yang sengaja dibuat oleh pengelola pantai, salah satunya spot foto seperti di atas perahu.

Atau bisa juga untuk mencoba foto-foto di atas teras kaca dengan latar belakang laut lepas dengan cukup membayar Rp25.000 per orang. Lokasinya berada di Karapyak Glamping & Lodges.

Snorkeling dan Skin Diving

Untuk yang ingin melihat pemandangan dunia bawah laut, maka tidak ada salahnya mencoba Snorkeling dan Skin Diving di Pantai Karapyak Pangandaran. Namun untuk melakukan disarankan untuk menggunakan jasa guide ya.

Snorkeling(selam permukaan) atau skin diving(selam dangkal) merupakan kegiatan menyeleman dengan menggunakan peralatan masker selam dan snorkel. Biasanya penyelam juga menggunakan alat bantu gerak berupa kaki katak untuk daya dorong saat berenang.

Selain melihat berbagai kehidupan biota laut, ketika snorkeling kita juga melihat bangkai perahu yang karam di bawah laut. Oh iya jasa guide Snorkeling-nya juga terbilang murah, mulai Rp100.000 per orang.

Botram Bersama Keluarga

Botram merupakan tradisi masyarakat Sunda yaitu kegiatan berkumpul dan berbagi, biasanya sering diisi dengan makan-makan bersama. Tujuannya untuk mempererat ikatan kekeluargaan dan kebersamaan.

Nah, pantai ini cocok untuk piknik bersama keluarga untuk botram karena bibir pantai cukup luas dan terdapat pepohonan rimbun di sekitar bibir pantai. Cobalah untuk pasang tikar di bawah pepohonan dan menyantap makanan bersama keluarga sembari menikmati pemandangan.

Jikapun tidak membawa makanan dari rumah di pantai ini juga terdapat resto dan rumah makan yang menyediakan berbagai menu seafood, salah satunya yang paling banyak dipilih pengujung yaitu ikan bakar. Jangan khawatir harganya terbilang murah kok.

Berkemah di Pinggir Pantai

Camping di Pantai Karapyak
Camping Ground Pantai Karapyak / Djadja Kosnendar

Selain melakukan berbagai aktivitas di atas, wisatawan yang berkunjung juga bisa mendirikan tenda di bibir pantai, baik itu untuk sekedar tempat istirahat atau juga untuk berkemah.

Dan jikapun tidak membawa tenda, pengunjung juga bisa sewa tenda yang bisa langsung diisi, karena dekat pantai juga ada area bumi perkemahan yang letaknya cukup strategis dan tidak jauh dari bibir pantai.

Namun jika akan mendirikan tenda sendiri maka bisa memilih area di bawah pohon rindang, hindari mendirikan tenda di dekat pohon kelapa ya. Pilih area yang datar dan bersih dari rerumputan liar, juga pastikan tidak terlalu dekat bibir pantai.

Jika ingin camping di depan pantai dengan pemandangan yang menakjubkan, maka bisa coba pergi ke Pantai Madasari.

Tips Berkunjung ke Pantai Karapyak

Supaya liburan bisa berjalan lancar dan menyenangkan, maka tidak ada salahnya untuk menyimak beberapa tips berikut:

  • Jika ingin merasakan suasana pantai yang tidak terlalu ramai maka bisa berkunjung di hari biasa, atau weekend biasa. Hindari berkunjung di libur panjang, karena pantai padat pengunjung.
  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai Karapyak Pangandaran yaitu di pagi atau sore hari, suasana pantai dan pemandangannya menyejukkan mata.
  • Sebelum berangkat sebaiknya cek terlebih dahulu perkiraan cuaca, hindari berkunjung di cuaca buruk, karena akan memberi kesan menyeramkan.
  • Jika ingin melihat air laut yang biru dan jernih sebaiknya berkunjung di musim kemarau seperti bulan Juni s/d Agustus. Setelah hujan biasanya air laut berwarna cokelat.
  • Jangan lupa membawa baju renang/ganti jika berencana akan bermain pasir atau bermain pasir.
  • Lokasi pantai jauh dari ATM dan minimarket, jadi sebaiknya membawa uang tunai dalam jumlah yang cukup.
  • Jika liburan bersama anak sebaiknya membawa perlengkapan untuk bermain pasir dan pelampung.
  • Jika akan melakukan Snorkeling sebaiknya dilakukan pada saat pagi hari ya.
  • Supaya pantai tetap bersih dan bebas dari sampah maka jangan buang sampah sembarangan.

Kekurangan Pantai Karapyak

Meski memiliki pemandangan yang menakjubkan dan fasilitas pendukung, namun Pantai karapyak memiliki kekurangan yang sering dikeluhkan pengunjungnya. Beberapa di antaranya yaitu:

  • Banyak pengunjung mengeluhkan biaya tiket masuk yang terlalu mahal, terlebih biaya parkir dipungut secara terpisah.
  • Sinyal pada beberapa layanan seluler sering hilang atau sangat lemah, pengunjung akan kesulitan mengakses internet.
  • Pantai tidak cocok untuk berenang karena tepian pantai banyak batuan karang dan ombak yang cukup besar.
  • Adakalanya banyak sampah di pesisir pantai dan jumlah tempat sampah kurang banyak.
  • Jalan masih minim penerangan, jadi jika pulang larut malam jalan akan gelap gulita

Akomodari Penginapan

Jika berencana akan bermalam di Pantai Karapyak pengunjung tidak perlu khawatir kesulitan mencarinya. Karena selain bisa bermalam di Bumi Perkemahan, juga di sekitar pantai juga sudah ada beberapa penginapan.

Karena tidak jauh dari pantai sudah ada hotel dan penginapan dengan tarif permalamnya yang cukup terjangkau. Salah satu penginapan yang recommeded yaitu Karapyak Glamping & Lodges.

Untuk daftar penginapan di Pantai Karapyak kemungkinan akan dibahas secara terpisah.

Demikian ulasan mengenai Pantai Karapyak Pasir Putih, jika terdapat informasi keliru dan memiliki pengalaman berbeda saat berkunjung ke pantai ini maka bisa kirim ulasannya di bawah ini ya.

BAGIKAN

16 Ulasan dari pengunjung

  1. Masih berada di wilayah Pangandaran, pantainya masih cukup asri. Jenis pasir disini butirannya kasar karena berasal dari hancuran koral, cangkang dll. Tidak bisa berenang Krn pantainya didominasi oleh karang. Bagus untuk spot foto. Ombak besar. Harga makanan relatif murah untuk objek wisata.

  2. Akses jalan menuju Lokasi sudah bagus dan parkir bisa langsung di tepi pantai.. pantai agak kotor dan masih blm maksimal terawat.. terutama sampah plastiknya.
    Pantai tidak boleh untuk berenang, namun hanya sebatas main air ditepi. Cocok buat bocah2 yg gemar main2 air.

  3. Jika ke Pangandaran jangan lupa untuk mengunjungi pantai lain selain Pantai Pangandaran. Karena selain Pantai Pangandaran, banyak pantai sekitar kabupaten Pangandaran yang menyimpan sejuta keindahan yang eksotis.

    Pantai Karapyak menjadi salah satu destinasi yang wajib kamu kunjungi sebelum ke Pantai Pangandaran. Sekarang jalur/track jalan menuju Pantai Karapyak sudah sangat bagus, tidak seperti dulu. Sekarang sudah banyak tempatnya yang dibenahi.

    Lokasi wisata Pantai Karapyak terletak di Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

    Buat yang membawa anak-anak, jangan khawatir, karena ada spot khusus berenang/sekedar bermain air di Pantai Karapyak yang terbilang aman. Pasir di Pantai Karapyak berwarna putih seperti halnya Pantai Pasir Putih di Pantai Pangandaran.

    Oh iya, di sini juga tersedia beberapa penginapan dan hotel yang bisa kamu pilih jika ingin bermalam di sini. Salah satu hotel yang recommended yaitu Karapyak Lodges Glamping, kamu wajib coba.

    Skuyyyyy, berkunjung ke Pantai Karapyak.

  4. Pantai karapyak sangat cocok untuk yang hobi foto2 dan sangat instagramable, pantainya banyak spot unik dan keren, walau tidak boleh berenang disini karena daerah karang namun bisa main2 air dan berendam di pinggir pantainya terutama untuk anak2 kecil.. banyak kafe2 dan glamping juga di sekitarannya, sangat cozy dan affordable untuk nongki2 cantik.. akses jalan sudah bagus, sudah di hotmix.. banyak yang piknik kesini untuk botram karena temoatnya juga cocok untuk itu, jika tidak membawa makanan pun banyak resto2 ikan bakar murmer dan bisa difasilitasi lesehan pinggir pantai..

  5. Aduhhh sudah kedua kalinya aku merasa sedih liat pantai kesukaanku ini. Karena pantai yg dahulu begitu mempesona dengan hamparan pasir putihnya yg bersih kini tampak suram tak terurus. Tak ada lagi ikan – ikan kecil yang menari-nari di relung karang ketika air surut. Tak ada lagi air laut bak cermin bening buat berkaca. Mau di bawa kemanakah Pantai Indah Karapyak??? Tapi kalau hanya untuk berfoto ria,masih okey lah….

  6. Lumayan bagus tempat nya untuk destinasi wisata .. disini sudah mulai Ramai menjadi pilihan destinasi sebelum ke pantai Pangandaran . Buat istirahat sejenak menikmati laut dan karang .

  7. Lokasi ini relatif jarang terekspos, tidak hanya wisatawan namun media juga jarang meliput lokasi ini. Namun dipastikan yg pernah mengunjungi pantai ini pasti akan takjub. Hamparan pasir putih dan hamparan batuan karang yg landai terutama dikala surut. Ditambah landscape hamparan bukit dan gunung serta berhadapan dengan pulau nusakambangan. Disaat tertentu dapat juga menyaksikan gradasi warna air laut dari coklat, hitam, biru dan hijau krn lokasi ini sekaligus muara dari sungai citanduy ke arah majingklak segeraanakan. Sangat Natural… dan kebersihan dijaga oleh masyarakatnya.

  8. Pantai yang cenderung sepi, bersih, pasir kasar cenderung kekuningan, masuk 46ribu ditambah bayar retribusi mobil 5000. Parkir 3000. Harga makanan dan minuman masuk akal tidak terlalu mahal. Pantai memanjang seperti pantai wediombo di gn kidul atau pantai menganti di kebumen jadi bisa cari spot foto yang terbaik, Terdapat karang sebagai penghalang ombak besar jadi cukup aman untuk anak-anak bermain air. Jalan masuk ke sini meski tidak begitu lebar namun halus dan mudah dicapai dengan kendaraan roda 4.

  9. Pantai karapyak sangat indah panorama nya, fasilitas nya juga lengkap, harga tiket nya terjangkau dan tempat ini juga cocok untuk piknik bersama keluarga. Namun saya kasih rating 4 karena masih banyaknya sampah di sekitar bibir pantai. Saya harap, pantai karapyak kedepannya bisa lebih tertata lagi dan lebih maju lagi sebagai objek wisata.

  10. Pantai pasir putih yang indah. Kebersihan baik, fasilitas cukup baik, akses ke lokasi baik, parkir luas. Ter-rekomendasikan untuk keperluan pemotretan, wisata keluarga, family gathering, memancing, atau bahkan camping. Semoga fasilitas dan penataan makin baik kedepannya agar keindahannya lebih memanjakan dan membahagiakan.

  11. Saya suka pantainya, bersih akses jalan yg mudah dilalui dengan kwalitas jalan menuju ke lokasi sangat bagus sudah hotmix, dan area parkir yg luas. Suasana aman,nyaman dan asyik buat liburan bersama keluarga

  12. Pantai yang cenderung sepi, bersih, pasir kasar cenderung kekuningan, masuk 46ribu ditambah bayar retribusi mobil 5000. Parkir 3000. Harga makanan dan minuman masuk akal tidak terlalu mahal. Pantai memanjang seperti pantai wediombo di gn kidul atau pantai menganti di kebumen jadi bisa cari spot foto yang terbaik, Terdapat karang sebagai penghalang ombak besar jadi cukup aman untuk anak-anak bermain air. Jalan masuk ke sini meski tidak begitu lebar namun halus dan mudah dicapai dengan kendaraan roda 4.

  13. Bagi pecinta alam dan keheningan, jauh dr hiruk pikuk keramaian, datangi saja pantai ini. Pantainya cantik, pinggiran bibir pantai nya bersih dan dirawat dengan baik. Meski tidak bisa berkecipak main air karena berombak besar dan berbatu karang, tapi masih bisa duduk manis menggelar tikar di atas rerumputan menghadap lautan sambil menikmati secangkir kopi dan setangkup roti.
    Jangan lupa ajak pasanganmu berbincang, biarkan anak-anakmu bergelayutan di ayunan dan berlari ke sana kemari mencari kerang².

    Tambahan info:
    – Akses jalan menuju pantai karapyak beraspal mulus, ngga berbentol² dan berlubang².
    – Ada beberapa rombongan yg bikin tenda² dan bermalam di sini. Banyak warung², kamar² sederhana disewakan, dan toilet² disediakan sepanjang pinggiran pantai.
    – Beberapa bis besar juga terlihat membawa rombongan ke sini untuk menikmati pagi, sebelum lanjut berangkat ke pantai pangandaran. Jd akses jalannya muat, selama tidak berpapasan dengan mobil lain ya😁

  14. Pantai Karapyak bukanlah destinasi baru di Pangandaran. Pantai ini sudah ada sejak lama, namun tidak menjadi tujuan utama wisatawan untuk berkunjung. Hanya beberapa wisatawan saja yang singgah sebelum ke Pantai Pangandaran saja. Inilah yang menyebabkan Pantai Karapyak terbilang sepi dari wisatawan.

    Namun, justru sunyi dan sepi yang dimiliki Pantai Karapyak menjadi daya tarik dan keuntungan tersendiri. Sehingga tempat ini menjadi tempat wisata yang cocok bagi yang menyukai kesunyian. Karena belum banyak wisatawan, objek wisata ini juga masih terjaga keasliannya. Meskipun sudah ada fasilitas umum, namun keaslian tanaman dan kelestarian pantai masih sangat terjaga.

    Masih banyak pepohonan yang tumbuh di tepian pantai. Ada pandan laut, nyamplung, hingga katapang, banyak dijumpai di tepian pantai. Bahkan, beberapa bagian pasir juga masih ditumbuhi dengan rumput-rumput hijau. Membuat suasana semakin terasa keasriannya.
    Objek wisata ini memiliki pasir pantai yang putih. Dengan butiran yang cukup besar, namun tetap lembut saat bersentuhan dengan telapak kaki. Tapi perlu berhati-hati, karena butiran pasirnya bercampur dengan batuan karang yang hancur. Yang warnanya pun sama, yaitu putih seperti tulang.

    Meski demikian, wisatawan masih bisa aman berjalan-jalan di atas pasir. Pengelola juga telah membangun jalur pedestrian sepanjang 325 meter. Supaya wisatawan bisa lebih santai ketika berjalan menyusuri tepian pantai. Sambil menikmati angin sepoi dan suara deburan ombak yang syahdu.

  15. Pantai pasir putih yang indah⛱️🌊
    Lebih recommended pantai karapyak daripada Pangandaran. Lebih indah dan bersih.

    Tempat adem banyak pohon, sangat cocok untuk kumpul-kumpul keluarga.

    Di Pantai karapyak ini tidak bisa berenang jauh seperti di Pangandaran. Pengunjung hanya boleh bermain air di pinggir pantai. Tidak ada wahana air seperti di Pangandaran. Pantai Karapyak lebih cocok untuk menikmati pemandangan, karena pemandangan disini jauh lebih baik daripada di pantai Pangandaran.

  16. Baru sekali dateng kesini, tapi pantai ini cukup keren ya karena di pasirnya itu bercampur dengan aneka kerang2 kecil ato ada cangkang2 binatang dari laut, cuma sayang aja ga bisa berenang karena banyak karang di tepi pantai dan ombak yang cukup besar, tp untuk keseluruhan okelah yaa

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here