Pantai Madasari

Jl. Pantai Wisata, Masawah, Kec. Cimerak, Kab. Pangandaran, Jawa Barat 46595

Pantai Madasari
Pantai Madasari / Aam Amiati

(4.7/5 dari 44 Pengunjung) Baca ulasan

Untuk yang sedang berada di Pangandaran dan ingin camping di pinggiran pantai maka bisa coba berkunjung ke Pantai Madasari, memiliki pemandangan yang indah dengan latar pulau-pulau karang kecil di lepas pantainya, semakin keren dengan deburan ombaknya.

Kondisi alam pantai ini terbilang masih asri, belum terlalu terkenal seperti pantai lainnya, sehingga pengunjung bisa menikmati keindahannya dengan lebih nyaman. Juga cocok untuk tempat berlibur bersama rombongan keluarga atau teman komunitas.

Alasan kenapa pantai ini masih terbilang asri salah satunya karena banyak wisatawan yang belum mengetahui tempat ini, biasanya wisatawan hanya melewati dan langsung menuju Pantai Pangandaran. Padahal pantai ini tidak kalah indah serta memiliki suara ombak yang jernih.

Nah, untuk yang berencana akan berkunjung ke Pantai Madasari, maka bisa menyimak ulasan di bawah ini supaya bisa tahu informasi lebih lanjut terkait fasilitas, biaya masuk, hingga aktivitas apa saja yang bisa di lakukan di pantai ini.

Deskripsi Pantai Madasari

pantai madasari pangandaran
Pemandangan dari bibir pantai / Aries Setyawan

Pantai Madasari merupakan objek wisata pantai yang berada di Cimerak, Pangandaran dengan karakteristik memiliki pasir berwarna hitam, banyak bebatuan karang, dan gelombang ombak yang terbilang cukup besar karena berhadap langsung Samudra Hindia.

Di pantai ini juga terdapat tebing karang yang bisa wisatawan kunjungi untuk melihat pemandangan laut lepas dan yang jadi ciri khas dari Pantai Madasari yaitu terdapat 11 pulau karang berukuran kecil di sekitar pantainya.

Wisata pantai yang seperti taman, terdapat pepohonan yang rimbun dan rerumputan di sekitar bibir pantai. Tempat parkir kendaraannya juga adem dan sejuk. Jikapun tidak membawa tikar, pengunjung bisa tiduran di atas rumput jepang.

Kondisi alam pantai ini mirip dengan beberapa pantai di Selatan Pulau Jawa seperti Pantai Parangtritis Yogyakarta misalnya, bahkan beberapa wisatawan ada yang mengatakan bahwa Pantai Madasari memiliki suasana yang mirip dengan Tanah Lot, namun belum terkelola dengan baik.

Karena memiliki ombak yang cukup besar dan dasar laut yang berkarang membuat pantai pantai ini kurang cocok untuk jadi tempat berenang, namun sangat cocok jadi tempat bersantai dan berkemah. Pantainya masih asri, suasana sepi, suara ombak, dan pulau-pulau kecil membuat pantai semakin indah.

Meski jarak tempuhnya perlu satu jaman dari Pusat Kota Pangandaran, tapi wisatawan tidak akan menyesal saat sampai lokasi. Pemandangan pantai yang asri, harga tiket masuk yang terjangkau, dan fasilitas pendukung yang cukup memadai akan membuat betah berlama-lama di pantai ini.

Selain camping dengan mendirikan tenda, pantai ini juga cocok untuk camper van loh, karena terdapat area lapang berlantaikan rumput yang terawat dan pemandangan langsung ke pantai. Untuk listrik bisa menyambung ke warung-warung sekitar dan juga sudah tersedia toilet yang cukup bersih.

Selain harga sewa tenda dan tempat untuk camping yang terbilang murmer, juga harga jajan dan hidangan seafood di pantai ini masih terbilang ramah di kantong. Jadi tempat yang recommended buat liburan murah meriah, tanpa bikin kantong jebol.

Untuk masalah konsumsi tidak perlu khawatir, di sektiar pantai terdapat warung makanan seafood dengan berbagai jenis hidangan yang buka sampai larut malam. Hidangan andalan di tempat ini yaitu lobster dan udang.

Mitos Pantai Madasri

mitos pantai madasari
Bibir pantai dengan pasir berwarna hitam / Aam Amiati

Sama seperti tempat wisata Indonesia pada umumnya yang memiliki cerita mitos, sejarah, hingga misteri. Pantai Madasari juga memiliki cerita mitos yang dipercayai oleh masyarakat sekitar. Tentu ini bisa jadi daya tarik tersendiri.

Salah satu mitos yang cukup terkenal yaitu terkait cerita Kuda Sembrani, seeokor kuda milik Sulan Agung yang kabur ke kawasan pantai ini.

Kuda Sembrani sendiri merupakan hewan mitologi yang diambil dari cerita legenda masyarakat Nusantara yang menggambarkan seekor kuda bersayap yang dapat terbang dan sangat berani. 

Sedangkan asal mula penamaan Pantai Madasari dicetuskan oleh salah seorang pendatang dari suku Bugis bernama Daeng Danto. Tokoh tersebut memberi nama kawasan pantai ini jadi Madasari, yang artinya makanan dengan citarasa yang enak.

Rute Menuju Lokasi

alamat lokasi pantai madasari
Jalan raya dekat pantai / Intan Pratiwi

Alamat Pantai Madasari berada di kecamatan Cimerak, yaitu sebuah kecamatan yang berada di pesisir paling barat di Kabupaten Pangandaran. Lokasi pantai dekat dengan jalan raya, hanya perlu jalan kaki sekitar 10-20 menitan saja.

Jarak Pantai Pangandaran ke Madasari sekitar 40 KM, jika berkendara maka perlu waktu sekitar 1 jam 6 menit dengan kondisi lalu lintas lancar.

Jika dari pusat Kabupaten Pangandaran, maka hanya perlu waktu tempuh sekitar 1 jam 20 menit jika menggunakan kendaraan roda empat. Hal itulah yang membuat pantai ini tidak terlalu ramai, rekomendasi tujuan alternatif selain Pantai Pangandaran.

Jika berangkat dari Kab. Pangandaran, maka bisa ambil rute Jl. Raya Selasari, dilajutkan ke Jl. Raya Cijulang sejauh 21 KM. Kemudian akan melewati Jl. Pasir Gadung, lanjut ke arah Jl. Masawah, Cimerah sejauh 12 KM. Ikuti Jl. Masawah hingga ke Jl. Pantai Wisata di Masawah, dari situ tidak jauh lagi.

Sepanjang perjalan akan melewati hutan, kiri kanan jalan banyak pepohonan yang rimbun. Namun jika melakukan perjalanan di malam hari akan sedikit menyeramkan, banyak jalan yang masih gelap tanpa penerangan. Meski sebenarnya banyak rumah warga, tapi jaraknya sedikit berjauhan.

Untuk kondisi jalan dari Pangandaran ke lokasi terbilang bagus, meski ukuran jalannya tidak terlalu lebar namun tetap aman dilewati. Banyak pengunjung yang menyarankan pergi berangkat pada pagi hari, atau siang hari, dan hindari melakukan perjalanan malam hari.

Harga Tiket Masuk

Pantai ini dikelola oleh pemerintah desa setempat, untuk itu wisatawan yang berkunjung akan diminta biaya tiket masuk. Namun di pantai ini harga tiket bukan berdasarkan jumlah peserta, namun berdasarkan kendaraan yang digunakan.

Harga Tiket Masuk Pantai Madasari

Tiket MasukHarga
Pejalan kakiRp5.000
Kendaraan motorRp9.000
Kendaraan mobil biasaRp30.000
Kendaraan bus kecilRp120.000
Kendaraan bus besarRp170.000
*Biaya tiket masuk di atas bisa berubah sewaktu-waktu

Area parkir kendaraan di pantai ini dikelola secara resmi oleh pihak pemerintah desa. Pengunjung cukup membayar parkir sekali. Jika menginap di area pantai maka pengunjung bisa keluar masuk tanpa harus membayar lagi.

Hal Menarik

Sebagai tempat wisata, Pantai Madasari memiliki beberapa hal menarik yang bisa pengunjung nikmati atau lakukan, yaitu:

Pulau Karang Kecil

pantai madasari foto
Pulau Karang / Ganjar Nugraha

Salah satu pembeda Pantai Madasari dengan Pantai Pangandaran lainnya itu terdapat pulau-pulau karang berukuran kecil di lepas pantainya. Ombak berukuran besar dari tengah yang menuju ke tepian sebagian akan pecah saat menabrak pulau batu karang tersebut.

Pemandangan ombak besar menabrak karang bisa jadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Pemandangan pantai ini akan lebih indah jika dilihat dari ketinggian menggunakan drone.

Di sekitar pantai ini terdapat beberapa pulau kecil, setiap pulau karang tersebut memiliki nama. Pulau-pulau tersebut yaitu Pulau Kalapa Satangkal, Pulau Gedogan, Pulau Batuleuit, Pulau Duduk, Pulau Sodong Gede, Pulau Karang Tambaga, Pulau Karang Seugeuh, Pulau Manggar, Pulau Legok Bancet, Pulau Bale Kambang dan Pulau Cangkore.

Bermain Pasir

Bermain pasir merupakan salah satu kegiatan seru yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke pantai, khususnya anak-anak sangat menyukainya.

Meski memiliki pasir pantai yang berwarna hitam, namun pasirnya bisa untuk bermain pasir, membuat berbagai bentuk dari pasir, seperti membuat hewan atau bangunan.

Untuk bermain pasir, pastikan memilih area bibir pantai dengan pasir yang melimpah dan minim bebatuan. Untuk membuat berbagai bentuk dari pasir, maka bisa gunakan pasir yang basah agar lebih tahan lama saat dibentuk.

Berkemah

camping di pantai madasari
Camping / Iwan dbrow / Aldi Rifaldi / Al โ€œACONโ€ Marson / DSEVEN vlog

Camping atau berkemah merupakan kegiatan yang paling umum dilakukan pengunjung Pantai Madasari. Ada yang memilih mendirikan tenda percis depan pantai dan di bumi perkemahan (camping ground) yang terkelola yang jauh lebih bersih.

Pengunjung yang akan berkemah dengan membawa tenda sendiri dari rumah, maka hanya perlu sewa lapak sebesar Rp25.000 ribu per tenda. Atau bisa juga ambil paket camping mulai Rp150.000 per tenda untuk 4-5 orang, sudah termasuk lampu dan tenda siap isi.

Namun untuk yang berkemah di area bumi perkemahan tidak bisa sembarangan membuat api unggun. Juga akan sedikit kesulitan saat memasak, karena lokasi tempat masaknya agak sedikit jauh dari tenda.

Secara keseluruhan pantai ini sangat cocok untuk acara camping, baik itu camping sendirian, bersama teman, ataupun keluarga.

Menikmati Hidangan Seafood

pantai madasari cimerak jawa barat
Lobster Bakar / Ricky Saputra / Ardo Victora / Ronald Novianus

Para pengunjung bisa dengan mudah menikmati berbagai hidangan seafood, rumah makan lesehan bahari bisa ditemukan di sepanjang jalan raya Pantai Madasari.

Menikmati berbagai hidangan seafood lesehan dengan alas tikar, menghadap langsung ke pantai dengan suara debuaran ombak. Ikan bakar, lobster, dan udang merupakan yang paling banyak pengunjung gemari.

Menikmati Pemandangan Sunrise

Sunrise Pantai Madasari
Sunrise / Endra Setiawan / Sandi Pajriandi / Samuel Chanel

Sayangnya pemandangan matahari tenggelam di pantai kurang maksimal. Akan tetapi, pemandangan matahari terbitnya sangat indah, terlebih pada saat cuaca sedang cerah.

Suasana pedesaan yang indah dan pantai yang masih asri akan melengkapi betapa indahnya pemandangan saat metahari terbit di pantai.

Mancing Ikan Laut

Mancing di Pantai Madasari
Mancing / Dadi Sudrajat

Untuk yang hobi mancing maka sebaiknya membawa perlengkapan mancing ketika akan berkunjung ke Pantai Madasari, ada beberapa titik untuk mencing ikan laut. Jangan khawatir, pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya lagi jika akan mancing.

Lokasi mencing di pantai ini bisa di pinggiran bibir pantai atau bisa juga dekat batu karang. Untuk mancing ikan laut maka bisa menggunakan umpan udang, cumi, atau ikan kecil yang sudah dipotong kecil-kecil.

Rekomendasi titik tempat mancing di Pantai Madasari yaitu dekat muara sungai Pandan Nyampay. Juga bisa di pulau karang Kalapa Satangkal dan Karang Seugeuh, untuk sampai ke lokasi perlu menyeberang saat air laut surut sejauh 50-100 meter dari bibir pantai.

Ikan Karang dan Biota Laut

Hal menarik lainnya yaitu pengunjung bisa melihat ikan-ikan kecil dan berbagai biota di antara batuan karang. Untuk melihatnya bisa dilakukan pada saat air laut surut, bisa pada waktu pagi hari atau sore hari.

Saat melihat ikan di antara baturan karang, pastikan menggunakan alas kaki untuk menghindari cedera. Juga perhatikan kondisi ombaknya dan anak-anak harus tetap dalam pantauan orang tua.

Spot Foto Instagramable

Ada banyak lokasi yang bisa jadi latar belakang saat berfoto yang terbilang menarik dan instagramable, salah satunya di area yang banyak ditumbuhi rumput dekat sisi bibir pantainya.

Pemandangan bagus juga bisa wisatawan jumpai dengan menyambangi pulau-pulau karang, pemandangan dari atas lebih menakjubkan. Jika mengambil foto dari atas, maka bisa mengambil banyak sisi dari pantai ini. Namun perlu kehati-hatian, karena track-nya bebatuan.

Area yang memiliki pemandangan yang indah untuk foto-foto yaitu di sekitar Blok Singkil, Blog Karang Seugeuh, Blok Area Camping, Blok Seubrotan, dan Blok Muara.

Selain hanya sekedar swafoto, pantai ini juga cocok untuk prewedding karena banyak spot fotonya. Untuk lokasi foto prewedding bisa menyesuaikan dengan tema.

Tips Berkunjung ke Pantai Madasar

Agar liburan ke Pantai Madasari bisa berjalan dengan lancar, maka tidak ada salahnya untuk menyimak beberapa tips berikut:

  • Periksa terlebih dahulu perkiraan cuaca sebelum berangkat, cuaca buruk bisa memberi pengalaman yang kurang menyenangkan, terlebih jika pergi berwisata ke tempat terbuka seperti pantai.
  • Berkunjunglah di bulan-bulan musim kemarau untuk pemandangan pantai yang indah.
  • Jika ingin merasakan suasana pantai yang lebih tenang dan sepi maka bisa berkunjung di hari biasa.
  • Karena lokasinya yang cukup jauh, sebaiknya cek terlebih dahulu bahan bakar kendaraan, jangan sampai kehabisan.
  • Membawa uang tunai dengan jumlah yang cukup, lokasi ATM cukup jauh dari sini, berbagai transaksi seperti membeli makanan dan miniman menggunakan uang tunai.
  • Jika pergi liburan bersama anak-anak jangan lupa untuk membawa perlengkapan untuk bermain pasir.
  • Agar kondisi alam pantai ini tetap asri maka jangan buang sampah sembarangan, jika tidak ada tempat sampah maka bisa membawanya ke rumah.
  • Jika akan berkunjung di musim liburan, maka sebaiknya melakukan perencanaan jauh-jauh hari dengan melakukan reservasi penginapan atau camp agar tidak perlu repot cari tempat.
  • Untuk yang camping jika memerlukan listrik, maka bisa menyambung ke warung-warung sekitar sekitar pantai.

Kekurangan Pantai Madasari

Sama dengan wisata pantai pada umumnya, Pantai Madasari memiliki kekurangan yang patut diketahui wisatawan yang akan berkunjung.

  • Arus ombaknya cukup besar jadi tidak cocok jadi tempat berenang, khususnya anak-anak. Jika ingin bermain air, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu kondisi ombaknya.
  • Jaringan seluler cukup buruk untuk beberapa operator, bahkan bisa sampai tidak ada sinyal sama sekali.
  • Jumlah tempat bermalam masih sedikit dengan fasilitas yang seadanya.
  • Beberapa pengunjung mengeluhkan kebersihan pantai yang kurang baik karena pengelolaan yang kurang maksimal.

Akomodasi Penginapan

Selain bisa menginap dengan mendirikan tenda dekat bibir pantai atau area camping, wisatawan juga bisa bermalam di penginapan berbentuk rumah dengan harga terjangkau. Lokasinya dekat pemukiman rumah warga.

BAGIKAN

44 Ulasan dari pengunjung

  1. Pantai Madasari salah satu pantai terindah di Pangandaran. Lokasinya di Jl. Pantai Wisata, Masawah Cimerak Pangandaran Jawa Barat. Jaraknya sekitar 2 jam perjalan kendaraan dari Pangandaran dan 1 jam dari Green Canyon. Fasilitas umum yang ada belum terlalu lengkap, tapi sepertinya dari waktu ke waktu terus berbenah. Di antar fasilitas yg sudah tersedia adalah: Mushalla yg dilengkapi dgn beberapa WC/ toiletnya yang bisa digunakan sebagai tempat bilas setelah bermain air di bibir pantai. Beberapa penginapan yang cukup murah tapi lumayan enak untuk sekedar melepas lelah setelah beraktifitas seharian.

    Ombak yang besar dan teluk yang indah, garis pantai yang cukup panjang dengan keunikan masing masingnya melengkapi harmoni Pantai ini, Juga dengan adanya Batu ditengah laut yang akan membuat anda berdecak kagum. Suasananya masih sepi sehingga kita bisa puas dan rilex untuk mengeksplore setiap keindahannya.

    Tidak sulit untuk menuju Pantai ini hanya saja ada beberapa titik kerusakan jalan, namun itu tiada artinya karena akan terbayar dengan keindahan Pantai Madasari ini. Pantai ini merupakan salah satu lokasi terbaik untuk menikmati indahnya sunrise di pagi hari. Pantai ini juga cocok untuk arena camping ( tersedia tenda sewaan), gathering atau kumpul kumpul komunitas. Atau bisa juga hanya sekedar menikmati keindahan alamnha bersama orang tercinta. Coba sahabat bayangkan, menikmati secangkir kopi sambil duduk duduk santai di pinggiran pantai atau di warung warung yg berjejer rapih di seberang jalan yang menghadap ke pantai akan membuat suasana liburan kita terasa nikmat. Bisa juga sambil menikmati Ikan bakar ditemani keluarga atau kekasih tercinta ditambah desiran ombak dan semilir angin pantai.

  2. Jika ke batukaras, wajib mampir kesini, terutama bagi yang ingin koleksi foto2 instagramable. Kontur pantai yang banyak dihiasi batu karang sangat memanjakan mata. Jalan ke area pantai sudah bagus, rutenya dari pangandaran sama spti ke batukaras. Saat jembatan melewati greencanyon, akan ada persimpangan, kiri ke batukaras, kanan ke madasari. Pada rute ini kita akan melewati arena Pacuan Kuda Jawa Barat yg digunakan saat PON XIX 2016 lalu.

    Disarankan, pada pagi hari jam 5-7, pemandangan pantai sambil menunggu matahari terbit sangat2 indah. Kita bisa menyewa tikar utk duduk2 di area pantai di bawah rimbun pohon kelapa. Minum kelapa muda menambah nikmatnya suasana disini. Teraedia toilet dan mushola. Tidak mewah, namun cukup utk melayani wisatawan yg datang.
    NOTE: bukan tempat berenang

  3. Disekeliling objek ditumbuhi pepohonan hijau dengan hamparan dataran, serta didalamnya terdapat jalan setapak yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki menuju objek wisata pantai Batukaras. Terletak di desa Masawah Kecamatan Cimerak +20 km Dari Green Canyon ke arah selatan, dapat dijangkau dengan berbagai jenis kendaraan atau sekitar 40 km dari Pantai Pangandaran.

    Pantai ini menyajikan panorama alam yang spesifik dengan pulau-pulau kecilnya berpadu dengan hijaunya datan masawah, dan dihiasi pula oleh batu-batu karang yang unik , dengan pantainya yang landai.

  4. Pantai Madasari, terletak di jalan Wisata, Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran. Pantai ini berhadapan langsung dengan samudra hindia, jadi ombaknya besar yang merupaka ciri khas ombak pantai selatan jawa. Madasari , berasal dari kata Madang Nyari, oh … ya mada artinya makanan, sari artinya rasa, secara keseluruhan berarti makanan yang enak. Dari Pangandaran kira-kira berjarak 20 Km ke arah barat, melewati tempat wisata PantaiBatu Hiu dan Green Canyon. Tiket pejalan kaki 2,5rb, motor 7rb, mobil 25rb, bus kecil 110rb, bus besar 160rb. Disini tersedia mushola, area parkir dan toilet umum, juga bisa nge-camp di fasilitas camping ground. Pantai ini sampai saat ini masih jarang dikunjungi, jadi untuk menyepi dan menenangkan diri, tempat pas.. Pantai ini mempunyai 11 pulau kecil, yang tenar adalah pulau Batuleuit, yang jadi icon pantai ini.

  5. Letaknya yang cukup jauh, kira kira 1 jam 20 menit dari Pangandaran, membuat pantai ini tidak ramai. Pemandangan yg disajikan sungguh luar biasa indah.
    Di sini tidak bisa berenang, ombak ya besar dan banyak Karang. Karenanya di warung makan, hidangan favorit adalah lobster dan udang.
    Dari pantai ini kita bisa melihat indahnya matahari terbit. Dan saat malam bulan purnama, kita bisa melihat bulan yang terasa begitu besar, jaraknya serasa dekat

  6. Pantai yg cocok buat healing krn ga terlalu rame.Harga jajanannya jg ga mahalยฒ.cocok bgt sih buat piknik pinggir pantai sekalian camping jg seru sm keluarga. Sewa tenda+lapak jg murmer. Toilet,mushola udah banyak. Penginapan jg udah ada.. recommended buat liburan murah meriah,ga bikin jebol ๐Ÿ˜๐Ÿ‘๐Ÿป

  7. hidden gem yg sangat bagus.pantai yg masih sangat terjaga.kebersihan nya.serta makanan nya juga murah dan terjangkau.penjual nya ramah 2.serta enak nya disini parkir nya resmi, kemarin kami ber 6 hanya bayar 30 rb karna dihitung permobil saja.karna kami menginap diarea sini jadi kami hanya sekali bayar untuk mondar mandir pintu masuk gratis

  8. Saya pergi ke tempat ini minggu lalu. Dan ini sudah kedua kalinya bagiku.
    Banyak orang yang belum mengetahui tempat ini karena mereka langsung menuju Pantai Pangandaran. Pantai Madasari tempat yang bagus untuk bersantai, suara ombak sangat jernih. Di Madasari Anda dapat menemukan tempat untuk berkemah, makan lobster, seafood dan bermain pasir. Sayangnya Anda tidak dapat melihat matahari terbenam di tempat ini, karena arah yang berbeda. Tetapi!! Anda dapat melihat matahari terbit, sangat indah di sini matahari terbit yang sempurna..

    Untuk makan seafood kamu bisa menemukan banyak tempat hampir di pantai madasi, saya merekomendasikan yang saya suka adalah Rumah Makan Lesehan Bahari.

  9. Saya sudah 2x acara motocamp ke tempat ini, tempatnya bersih fan view nya jg sangat indah bgt. Di tempat bumi perkemahan nya jauh obih bersih lg, dgn rumput hijau nya, disana saya selalu berkemah.
    Untuk tiket masuk nya cuma 7k aja, dan untuk sewa lapak buat yg suka camping cuma 25k aja.

  10. Saya dapat mengatakan bahwa itu adalah pengalaman yang sangat menyegarkan. Pikiranku benar-benar tenang mendengar suara ombak yang menenangkan seperti biasa. Meskipun ada beberapa sampah yang terlihat di tepi pantai. Ada juga tempat bagi Anda untuk beristirahat jika cuaca agak terlalu panas untuk Anda.

  11. Untuk sampai di madasari cukup memakan waktu sebaiknya cek bensin jgn sampe kehabisan..akses jalan bagus hanya tidak ada sinyal..warga sekitar banyak yg menyediakan penyewaan rumah dgn harga terjangkau

  12. Pantai di barat Pangandaran yang masih sangat asri. Pemandangannya indah. Belum terlalu ramai pengunjung sehingga kita dapat menikmati keindahannya dengan lebih nyaman. Akses menuju lokasi baik. Tiket masuk murah. Recomended sebagai lokasi healing karena disini juga terdapat camp area.

  13. Lokasinya dari jl. Raya cukup jauh kurang lebih 20mnt ke pantainya.
    Jalannya melewati hutan, kiri kanan jalan pepohonan. Kalau malam serem juga gelap tidak ada lampu, tapi sudah banyak juga rumah warga hanya jaraknya sedikit berjauhan.
    Banyak yang berkemah dekat pantai.

    Pantainya indah masih asri karena belum terlalu terkenal seperti pantai lainya.

    Bayar tiket 9rb (Tiket + parkir)

  14. Pantai Madasari laut selatan Pulau Jawa, asik buat camper van loh gaes, dengan rumput yg terawat, enak buat mendirikan tenda berdampingan dengan mobil. Ada pulau kecil tidak jauh dari bibir pantai cukup kita lewati saat air tidak pasang. Dan yang pasti pemandangannya sangat indah. Listrik bisa kita minta sambungkan dengan warung-warung di sekitar pantai dan Toilet pun ada ditanyakan tempat. Nyaman deh buat bersantai ria.

  15. Objek wisata pantai yg cukup bagus pemandangannya, terletak di pantai selatan Tasikmalaya

  16. Pantai Madasari merupakan pantai utama di kec Cimerak, kecamatan pesisir paling barat di kab Pangandaran.

    Pantai di kawasan Madasari memiliki karang-karang berlatar pulau-pulau karang kecil di lepas pantainya, semakin keren dengan debur ombaknya

  17. Pantai Madasari adalah salah satu Pantai yang terkenal di Kabupaten Pangandaran Jawa Barat, namun akses untuk mencapai lokasi ini terbilang cukup jauh dari pusat kota Pangandaran. Tapi tidak akan menyesal dengan perjalanan yang jauh dan harga tiket serta fasilitas yang ada. Terdapat spot kamping yang bagus, fasilitas yang lainnya kumplit juga dan bisa untuk memancing. Pokonya rekomendasi untuk para traveler yang ingin merasakan sensai pantai yang masih asri

  18. Walau belum terexplor secara menyeluruh karena ada kegiatan… Keindahan pantai Madasari membuat takjub bagi setiap pengunjung… Suatu saat nanti harus kesana lagi…

  19. Pantainya indah & kebetulan sedang sepi karna bukan hari libur, lebih puas kl mau nikmatin pantai di daerah sini dan makanan nya pun fresh & sangat enak, Bintang 5 ga cukup untuk pantai madasari ๐Ÿ˜

  20. Menyenangkan berada di tempat ini…seolah olah ada di waktu lampau..hehe, harga makanan minuman terjangkau, tiket pun masuk akal…

    Harga penginapan terjangkau Rp 500.000 pake AC, muat banyakan..
    Ada Air Galonnya
    Yang non AC rp350rb saja.

    Cocok buat yg sedang Turing dgn low budget.

  21. Dri pangandaran sekitar 1jam,,akses jalan untuk mobil bagus,,sayang nya kurang di kelola,,pmbak terlalu besar untuk berenang tp untuk camp bagus bisa sewa 150rb/tenda isi 4-5 org..warung toilet banyak,,harga terjangkau,,tiket masuk mobil kecil 30rb di weekend

  22. View di pantai ini sebenarnya bagus, tapi sayang kita kesana pas cuacanya mendung. Ombaknya cukup besar jadi ga cocok untuk bermain di pantai bersama anak-anak. Pantai nya belum terlalu rame, tapi sudah ada beberapa kios yang jualan makanan.

  23. Terletak di tempat yang hampir terpencil, bebatuan yang menakjubkan & pemandangan indah ada di sini. Perhatikan bahwa garis pantai ini tidak aman untuk aktivitas air sederhana karena pasang surut yang kuat di sekitarnya.

  24. Tempatnya bagus tapi sayang banyak sampah berserakan. Semoga masyarakat sekitar yg mencari nafkah disana bisa memperhatikan kebersihannya juga untuk lebih menarik wisatawan lagi.

  25. Pantai nya bagus, jalan nya juga mulus, kalau cari tempat yg agak sepi untuk menikmati pantai, bisa banget disini. Bisa buat camping, cukup murah untuk sewa tempat campingnya. Tenda bisa bawa sendiri atau sewa ke warung didepannya. Harga makanan dsini cukup terjangkau. Terdapat beberapa sisi pantai dengan nama yg berbeda yg bs dieksplor, masih disekitar pantai madasari. Penginapan ada beberapa dgn fasilitas seadanya tp cukup koq. Oh iya kelapa muda nya mantap, bentukny kecil tp airny manis agak bersoda๐Ÿ‘
    Ngga nyesel kesini

  26. Ada jalan baru dari pantai Batukaras menuju pantai Madasari yang lebih cepat, dengan view pantai yang indah tapi jalan nya naik turun dan berkelok jadi harus hati-hati

  27. Salah satu stop point dr roadtrip kami, pantai Madasari. Lokasinya enak banget, kami mendirikian tenda untuk beristirahat semalam di sini sebelum melanjutkan roadtrip kami.
    Sampai lokasi sore hari, aku pesan makan di warung sekitar. Yap! Ikan bakar, nasi dan es degan/kelapa muda masya Allah fresh bgt ikan bakarnya, perpaduan ikan bakar dan sambal nya mantap ๐Ÿ‘๐Ÿผ bisa request diantar ke tenda. Dengan total 80-90k (lupa pastinya brp) utk makan ber2 itu worth it banget!! Habis makan.. sunset an dong cakep beneeerrr masya Allah..

    Disekitar warungโ€ juga ada WC dan kamar mandi yg bersiiihh dan selalu terjaga kebersihannya. Oiya pagi nya kmi ditarik retribusi tenda 25rb.

  28. Ada warung tropical, makan lobster disana makanan enak, pantai karena sepi jadi masih bersih dan nyaman, laut nya biru, nggak coklat.

    Pantai di ujung barat Pangandaran ini merupakan salah satu pantai indah tersembunyi yang kini mulai ramai dikunjungi.

    Pantai Madasari terletak di Desa Masawah Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran.

    Pantai Madasari Cimerak Pangandaran adalah pantai indah di Jawa Barat yang sayang untuk dilewatkan.

  29. Cocok buat nge camp atau buat yang suka ketenangan, karna kalo pantai sebelah suka aga penuh , cuman minus nya ini sampah nya bnyk bgt pdhal di gerbang awal di pungut biaya tapi ini fasilitas nya tidak di rawat , tidak terlalu di rekomendasikan berenang karena arus gede , pilihan penginapan juga sedikit , aga jauh buat di tempuh tapi bolee di coba

  30. Pantai yang menyajikan suasana laut lepas dengan pulau-pulau karang kecil disekitarnya. Lautnya yang biru, hembusan angin sejuk, ada camping ground, toilet umum, pohon-pohon rindang untuk sekedar duduk-duduk menikmati suasana, juga makanan seafood yang dijual oleh pedagang sekitar, membuat tempat wisata ini cukup lengkap. Kekurangannya hanya tidak boleh berenang, tapi jika sekedar bermain air, anak-anak juga bebas bermain dengan aman asal tetap di awasi. Lokasi cukup jauh dari jalan utama, tapi bisa di akses dengan kendaraan roda 4 maupun 2. Sinyal bagus. Disekitar pantai ini masih banyak pantai-pantai lain yang cukup perawan dan misterius..

  31. Pantai yang letaknya paling ujung di Kabupaten Pangandaran. Cocok buat yg suka suasana pantai yg masih asri dan tenang. Karena belum terlalu ramai seperti Pantai Pangandaran dan Batukaras. Tersedia spot buat camping dan campervan juga. Tenda, listrik juga bisa sewa. Selain itu ada juga beberapa pemginapan, villa, homestay dengan harga variatif. Harga makanan dan minuman juga masih terjangkau(di luar seafood). Sekarang udah ada jalan baru yang bisa tembus ke Pantai Batukaras. Sementara ini cukup bayar tiket 1 kali di Madasari ataupun Batukaras sudah bisa akses dua pantai ini.

  32. Pantai ini direkomendasikan oleh banyak warga lokal sebagai Bali-nya Pangandaran, sehingga kami punya ekspektasi tinggi sebelum datang ke tempat ini.
    Lokasinya terletak cukup jauh dari Pantai Pangandaran, sekitar satu jam perjalanan.

    Untuk mencapai lokasi, kita harus berkendara sekitar setengah jam dari jalan besar melalui jalan kampung yang berkelok-kelok. Perlu kemampuan menyetir yang baik untuk bisa sampai di sini.

    Kami datang bertiga menggunakan mobil pribadi sekitar pukul 10.00 WIB pada hari kerja. Di pintu masuk, kami membayar Rp30.000,00 untuk kunjungan kami.

    Ekspektasi yang tinggi terhadap tempat ini tidak terpenuhi. Pemandangan yang indah tertutup oleh pantai yang kotor. Karena berkunjung pada hari kerja, tempat ini sangat sepi, sehingga nilai plus dari kunjungan kami adalah ketenangan.
    Luas pantai cukup kecil. Bila berkunjung pada akhir pekan, terbayang kepadatan pengunjung di area yang sempit, serta jumlah sampah yang ada.

    Keunikan dari pantai ini adalah area berkemah. Meski datang pada hari kerja, tampak ada beberapa mobil dan tenda kemah yang terpasang.

    Nilai plus lain di sini adalah adanya restoran makanan laut seperti lobster, udang, dan ikan yang katanya direkomendasikan. Kami tidak makan di sini karena datang cukup pagi. Pantai ini juga belum terlalu dikomersialisasi seperti Pangandaran, yang di setiap sudut ada penjual dan bahkan untuk duduk pun perlu menyewa tikar.

  33. Sangat cocok untuk yang mau camping sambil menikmati suasana pantai yang asri, bonus sunrise dan sunset yang sangat indah

  34. Salah satu obyek wisata yg ada di kab.pangandaraan selain pantai pangandaraan ,pantai krapyak,pantai batu hiu,pantai batu karas yaitu pantai madasari.Banyak terdapat spot foto yg bagus dan keren abis,buat yg suka camping.Disini disediakan tenda” buat wisatawan yg ingin nyobain sensasi camping di dekat pantai.

  35. Pantai madasari lebih privasi, cocok untuk camping keluarga karena homestay tidak terlalu banyak. Banyak yg bawa tenda atau bisa sewa. Biaya camp 25rb. Mushola, kamae mandi dekat 2rb- 5rb, colokan sewa 30rb sampai ke tempat camp. Khas disini lobster bakar perkilo 300-600rb. Seafood relatif 1/2kg 75rb-100rb. Mie ayam mantap cuma 12rb. Kang jajanan banyak di area. Suasana sejuk bersih dan pemandangan sangat bagus, untuk foto2 luas

  36. Datang tgl 1 Feb 2023, akses masuk dari jl Raya menuju Ke area pantai sangat bagus hanya saja akses jalan nya kecil, aga pas”an klo di lalui 2 mobil dari arah berlawanan.
    Tiket masuk nya tidak terlalu mahal dan karan datang di hari kerja jadi serasa pantai private karna sepi.

    Terdapat banyak warung di dekat area pantai, hanya saja karna sepinjadi warung nya tidak buka 24 jam tapi klo ramai menurut info dari penjaga warung bisa buka 24 jam, terdapat banyak wc umum dan rata” buka 24 jam. Jika ada rencana kemping di area pantai agar tidak bayar terus menerus tiap.masuk toilet tinggal bilang ke penjaga toilet jadi hanya bayar 10rb /org sampai pulang.

    Terkait kebersihan area pantai sudah terdapat banyak tempat sampah yg di sediakan oleh pengelola hanya saja masih banyak oknum pengunjung yang membuang sampah sembarangan terutama di are pasir pantai. Meskipun terdapat petugas untuk membersihkan sampah tapi jumlah petugas yang terlkhat hanya 1 org saja untuk membersihkan area pantai yang cukup luas.

    Untuk segi keamanan sangat bagus, meskipun kemping di hari kerja dan pantai nya sepi tapi overall aman.

  37. Camping ground dengan view pantai, keren banget, rapi, bersih, keren pokonya, cuman sayang untuk fasilitas mushola dan air untuk umum kurang, tiket masuk murah 7500/orang plus parkir mobil 5000, hanya saja tiba tiba ada orang yang minta uang 25000 dengan alasan biaya tempat camping, tidak ada pemberitahuan dari pihak pengelola akan di tarik biaya tambahan, yang meminta uang juga tidak memakai seragam. Tolong ditindak dengan bijak demi kenyamanan bersama

  38. Tiket murah, tp terpisah dengan retribusi tenda jd jatohnya mahal kalo bwt nge camp d sni, /tenda 25.000,- ada penyewaan lampu bwt penerangan, pantai sedikit kotor d pinggiranya, btw ini pertama kali gw kunjungin pantai ini, masukan bwt pengelola, bikin retribusi 1 pintu aja biar tidak terkesan ada pungutan liar pagi pagi meski ada tiket nya, pengunung tidak akan keberatan membayar asalkan tempat yg d kunjungi sesuai dngan harapan mereka, fasilitas umum ok.

  39. Pantainya bagus banget, sekitar sejam perjalanan dr pangandaran, banyak karang2 kaya pulau gitu jd difoto bagus, pas cuaca lagi cerah, akses kesana pas brangkat lewat cimerak agak sempit jalannya pas pulangnya lewat arah batu karas agak extrem jalannya tapi pemandangannya indah, bisa buat ngecamp, banyak yg jual makanan, toilet2 umumnya juga bersih, makan seafood jg terjangkau harganya, pokonya bagus ga nyesel jauh2 kesana

  40. Pantainya bersih, belum ramai, pemandangannya indah banget, harga terjangkau. 1 Jam dari pangandaran melewati pesawahan yang indah banget, kayak ada di film film. akses jalan dari pangandaran juga bagus meski sempit dan lumayan menakutkan, disarankan jalan pagi atau jangan sampai kemaleman. Ini salah satu tempat yang bagus bila ingin menikmati pantai asri disekitaran pangandaran.

  41. Salah satu hidden gemnya pangandaran nih,
    Salah satu pantai yang sangat di rekomendasi kan untuk temen-temen semua,
    Untuk sekarang ada jalur baru dari pantai batukaras lebih cepat dan jalnanyanyapun bagus karena baru-baru di buat, je rangat nyaman untuk di lewati.
    Tp tetep yang kalian juga harus berhati-hati dalam berkendara.
    Pantai madasari juga sangat cocok untuk camp dan buat event gathering outdoor.
    Meskipun sangat tidak di anjurkan untuk berenang karena ombak pantainya besar kalo mau berenang direkomendasikan di pantai Baru karas atau Pangandaran.
    So buruan tunggu apa lagi.
    Let’s Go berkunjung ke pantai Madasari.

  42. Impian dari lama pengen camp disini tercapai juga! ๐Ÿ˜š๐Ÿคฉ

    Tiket masuknya 30 ribu untuk satu mobil, sudah termasuk semuanya bebas jelajahi Madasari kemanapunnnn. Karena aku kesini hari jumat, spot sunrise kosong dan aku ala ala campervan di sini.

    Ada banyak pilihan lokasi untuk camping dan aku pilih di spot sunrise. Di lokasi camping sunrise ini tempatnya bersih, ada mushola dan WC umum, abah yang jaga di depan baik banget, cas HP ditarif 5 ribu sampe full, jual kayu bakar, sediain alat camping juga dan ada makanan berat.

    Biaya camp nya 20-25 rb, tepatnya aku lupa. Setiap pagi ada yang nyamperin ke tenda-tenda untuk minta biaya lapaknya.

    Cuma sayangnya, kesini pas lagi musim hujan dan yaaaa no sunrise hehe sedih ๐Ÿ™
    Malah malemnya hujan badai, kawasan camping spot ini sepi, cuma ada mobil aku, gak ada orang. Alhamdulillah pas reda sekitar jam 9 malem, ada beberapa orang yang camp juga di samping mobil jadi gak terlalu sepi dan tertolong penerangan nya.

    Aku masih pengen dateng lagi ke sini dan camping lagiiiii. Tapi syaratnya harus memperhatikan cuaca dan harus dapat golden sunrise di sini. Semoga ada rezeki bisa kesini lagi.

  43. Hiddem gemnya pangandaran nya, pantai yg tidak terlalu ramai, dikelilingi oleh karang karang, disini kita bisa lihat sunrise dan sunset. Enaknya kesini sambil camping langsung menghadap ke pantai, bangun tidur bisa langsung main di pantainya..
    Untuk makan tidak usaha khawatir karena sudah banyak warung makan, bisa sekalian pesan ikan laut/seafood yg masih segar.

    Ke madasari bisa lebih dekat via jalan baru lewat pantai batu karas, jalannya mulus dan pemandangannya keren abis..

    Kekurangan hanya toliet, kalo pagi2 antri. Kedepannya lebih tambah lagi untk fasilitas umumnya terutama toilet.

    Tiket motor 9ribu
    Tiket tenda 25ribu(pagi2 nanti ada bapak2 keliling ke tiap tenda narik iuran)

  44. Pantainya menarik, baru pertama kali dikunjungi. Lokasinya 50.menit dari pantai barat Pangandaran dengan mobil, tidak jauh dari pantai batu Karas. Ada akses jalan baru dari pantai batu Karas menuju pantai madasari. Lokasinya sedang populer, karena sepanjang perairan pantai terdapat batu karang yg membentuk pulau2 kecil, sehingga menjadi pemandangan yg menarik. Kebetulan datangnya siang agak sore dan cuaca cukup cerah walaupun berawan. Bagi pemburu sunset, pantai ini bisa jadii sangat

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here