Pulau Kelagian Lunik

Gebang, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung

(4.9/5 dari 15 Pengunjung) Baca ulasan

Pulau Kelagian Lunik memiliki pasir yang halus dan putih, serta air laut yang memukau dengan dua warna biru dan hijau. Pulau ini biasanya jadi tempat transit ketika hendak berkunjung ke Pulau Pahawang, Lampung. Meski pulau kecil, namun pantainya berombak tenang dan sangat cocok untuk berenang.

Pulau ini cocok untuk liburan karena pasir putih mengelilingi pesisir pantainya dan airnya yang jernih membuat pengunjung betah bermain air atau sekadar duduk di bibir pantai sambil menikmati pemandangan yang indah.

Jika ingin bermain olahraga air seperti banana boat, fasilitas tersebut tersedia di sini. Terdapat beberapa bagian pantai yang terlindungi oleh tanaman bakau, dan minim warung yang menjual makanan dan minuman. Di pulau ini ada beberapa ayunan yang bisa digunakan untuk bermain atau bahkan untuk mengambil gambar.

Pantai depan pulau dihiasi pasir putih, sedangkan bagian belakang didominasi oleh bebatuan. Sekeliling pulau di kelilingi oleh bukit dan gunung yang menambah keindahan Pulau Kelagian Lunik. Jika akan berkunjung ke Pulau ini bisa simak ulasannya di bawah ini!

Deskripsi Pulau Kelagian Lunik

pulau kelagian kecil
Pemandangan Pulau Kelagian Lunik dari atas ketinggian / Fajar Notonegoro

Pulau Kelagian merupakan sebuah pulau yang terdiri dari dua bagian, yaitu Pulau Kelagian Besar dan Pulau Kelagian Kecil yang juga dikenal dengan sebutan Pulau Kelagian Lunik. Namun, Pulau Kelagian Besar biasanya digunakan untuk latihan militer oleh Tentara Angkatan Laut, sehingga pemerintah melarang orang untuk tinggal di pulau ini. Masyarakat setempat juga kerap menyebut Pulau Kelagian Besar dengan sebutan Pulau Marinir.

Meskipun demikian, Pulau Kelagian masih memiliki daya tarik yang tak bisa diabaikan. Seluruh pesisir pulau ini dikelilingi oleh pasir putih yang memikat, dan air lautnya yang sangat jernih memungkinkan kita untuk melihat dasar laut dari atas. Aktivitas snorkeling juga bisa dilakukan untuk melihat terumbu karang yang tumbuh subur di pantai ini, serta berbagai jenis biota laut yang membuat liburan kita semakin lengkap.

Pulau Kelagian Kecil atau Pulau Kelagian Lunik juga tak kalah menariknya. Meskipun ukurannya kecil, pulau ini indah baik di atas maupun di bawah lautnya. Di sekitarnya, kita dapat menemukan pantai berpasir putih yang lembut, sisi berkarang, serta hutan mangrove yang memikat. Snorkeling juga dapat dilakukan di sini karena banyaknya biota laut yang dapat ditemukan, termasuk penyu dan ular laut.

kelagian lunik
Warung di Kelagian Lunik / pis pis

Untuk kenyamanan kita, kini sudah tersedia warung di pulau ini yang menyediakan makanan, minuman, dan tempat bersantai. Di sana juga tersedia kamar mandi umum untuk membersihkan diri setelah beraktivitas di laut, namun air yang digunakan untuk mandi adalah air payau.

Pulau Kelagian Lunik dikelilingi teluk dan diapit oleh Pulau Pahawang dan Maitem. Di bagian utara terdapat pasir putih yang sedikit agak kasar, sementara di bagian selatan terdapat batu-batuan besar.

Pulau ini sangat indah dengan warna air laut yang mengalami degradasi dari hijau toska, biru, hingga pasir putih yang membuat betah berlama-lama di sini. Ombaknya tenang, pasirnya putih bersih, dan airnya jernih dengan latar belakang pulau-pulau di sekitarnya.

Pulau ini telah melalui uji kesesuaian kawasan wisata pantai dengan nilai rata-rata di atas 83%, sehingga layak untuk kategori wisata pantai.

Pulau ini menawarkan pemandangan yang indah dengan pantai yang panjang, indah, tenang, dan dangkal. Pasir putihnya sangat halus dan cocok untuk dijadikan tempat berlibur bersama keluarga, teman, ataupun pasangan.

Pengunjung dapat menikmati lautan dengan berenang, bermain banana boat, atau sekadar duduk di pinggir pantai sambil berfoto dengan latar air laut yang jernih dan pasir yang putih.

Meski demikian, pulau ini memiliki kekurangan fasilitas listrik yang memadai, di mana hanya terdapat genset sebagai sumber listrik alternatif yang dapat digunakan. Namun, kekurangan ini tidak mengurangi keindahan dan kenyamanan pulau ini.

Rute Menuju Lokasi

pulau kelagian dimana
Gapura selamat datang / pis pis

Pulau Kelagian adalah sebuah tempat wisata yang menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Meskipun berada di tempat yang cukup jauh dari pusat kota, namun tempat ini tetap menjadi destinasi yang menarik bagi para wisatawan. Lokasi Pulau Kelagian Lunik berada di Gerbang, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Untuk bisa sampai ke tempat ini, pengunjung harus menempuh perjalanan yang cukup panjang. Perjalanan dimulai dari Pelabuhan Ketapang, dan dilanjutkan dengan menyeberang lautan menggunakan perahu atau speed boat. Pengunjung juga dapat menyeberang dari dermaga 2 dekat Pantai Klara Lampung.

Setelah sampai di Pelabuhan Ketapang, pengunjung harus naik speed boat dengan jumlah penumpang maksimal 10 orang. Perahu ini akan mengantarkan pengunjung ke Pulau Kelagian Lunik, perjalananya sekitar 45 menit. Jika memilih untuk menyeberang dari dermaga 2 dekat Pantai Klara Lampung, waktu perjalanan yang dibutuhkan sekitar 50 menit.

Dalam rangkaian perjalanan menuju Pulau Kelagian Lunik, pengunjung juga dapat mengunjungi tempat-tempat wisata lainnya di sekitar lokasi. Misalnya Pantai Klara Lampung yang menawarkan pemandangan yang indah atau Taman Nasional Way Kambas yang merupakan tempat konservasi gajah liar.

Jam Buka Pulau

Pengunjung bisa mengunjungi dan menikmati pemandangan pulau ini kapan saja, tidak peralu khawatir soal waktu. Karena Pulau Kelagian tidak memberlakukan pembatasan waktu operasional. Pengunjung bisa bebas berkunjung ke pulau ini selama 24 jam.

Pulau ini juga buka setiap hari selama seminggu penuh dari hari Senin hingga Minggu. Jadi pengunjung bebas memilih hari apapun untuk mengunjungi Pulau Kelagian Lunik. Namun, jika ingin merasakan suasana pulau yang sepi maka bisa berkunjung di hari biasa.

Harga Tiket Masuk

Pengunjung yang liburan ke pantai ini akan diminta membayar tiket masuk oleh pengelola Pulau Kelagian. Meski tidak resmi, namun harga tiket masuknya cukup terjangkau, dan dana yang terkumpul digunakan untuk pemeliharaan pulau, khususnya dalam penanganan sampah.

Tiket MasukHarga
Per orangRp10.000
Per kapalRp50.000
*Harga tiket msuk Pulau Kelagian bisa berubah di kemudian hari. Ini belum termasuk biaya transportasi menuju lokasi

Selain biaya tiket masuk, mungkin informasi terkait makanan dan minuman di lokasi juga bisa memberi gambaran. Misalkan saja harga kepala muda tanpa es Rp10.000. Mie instan atau pop mie Rp15.000.

Untuk mencoba wahana banana dan donat boat mulai Rp35.000 per orang. Jika ingin menggunakan kamar mandi perlu membayar Rp5.000, buang air kecil Rp2.000.

Sedangkan untuk mencoba snorkeling, maka perlu menyewa alatnya seharga Rp50.000 per orang, sudah termasuk pelampung. Untuk foto di bawah air perlu membayar Rp250.000 bisa mengambil foto sepuasnya.

Untuk yang pergi liburan bersama rombongan maka bisa sewa perahu, speedboat, atau speed boat kayu. Harganya bisa nego, biasanya untuk ukuran kapal kapasitas 10 orang harganya mulai Rp400.000 untuk pulang pergi.

Namun jika pergi sendiri atau pasangan, maka sebaiknya ikut open trip saja, harga lebih hemat. Harga open trip per orang mulai Rp200.00 per orang sudah termasuk sewa kapal, guide, trip asik, foto bawah air, hingga makan siang.

Hal Menarik dari Pulau Kelagian Lunik

Sebagai tujuan wisata, tentu saja Pulau Kelagian Lunik memiliki beberapa hal menarik yang bisa dilakukan atau temui pengunjung. Berikut di antaranya:

Berenang

Pulau Kelagian Lunik, Lampung memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Salah satu kegiatan yang bisa pengunjung lakukan di pulau ini yaitu berenang. Selain memiliki ombak yang relalatif kecil, lautnya juga cukup dangkal. Anak-anak bisa aman berenang.

Air laut di sekitar Pulau Kelagian sangat jernih dan memiliki warna biru yang menakjubkan. Pengunjung bisa menikmati keindahan alam bawah laut di sekitar pulau sambil berenang. Terumbu karang dan ikan-ikan yang indah bisa dilihat dari dekat.

Pulau Kelagian memiliki beberapa spot berenang yang menarik. Salah satunya di pesisir pantai pasir putih yang bersih dan luas. Pengunjung bisa berenang di sini sambil menikmati pemandangan laut yang memukau.

Sebelum berenang pastikan kondisi cuaca baik dan air laut sedang tenang. Juga jangan lupa bawa perlengkapan berenang, seperti pakaian renang, kacamata renang, dan pelampung. Dan jangan berenang terlalu jauh dari pantai atau spot berenang yang aman.

Bermain Pasir

Bermain pasir di Pulau Kelagian Lampung
Bermain pasir / Paman302

Selain berenang, pengunjung juga bisa bermain pasir karena pulau ini memiliki bagian pesisir dengan pasir putih yang bertekstur lembut. Jadi sangat cocok untuk melakukan aktivitas bermain pasir, terlebih anak-anak akan menyukainya.

Pasir pantai di Pulau Kelagian sangat halus dan putih, sehingga terasa sangat nyaman saat bermain atau berjalan-jalan di atasnya.

Pantai di pulau ini memiliki pasir putih yang bersih dan butiran pasirnya sangat halus. Anak-anak betah bermain air di pantai ini, karena gradasi warna air lautnya indah sekali.

Snorkeling dan Diving

Snorkeling Pulau Kelagian
Snorkeling di titik yang memiliki terumbu karang yang indah / Muhamad Allan Serunting

Salah satu kegiatan yang tidak boleh terlewatkan saat berkunjung ke Pulau Kelagian Lunik yaitu snorkeling dan diving. Bisa jadi tempat pemanasan sebelum ke spot snorkeling utamanya. Pengunjung bisa menjumpai keindahan tersembunyai di balik pulau ini.

Dasar laut sekitar pulau memiliki banyak biota laut yang bisa dijumpai. Pengunjung yang melakukan snorkeling sering menjumpai penyu dan ular laut. Jika kurang puas, tour guide nantinya akan mengantar ke spot utama snorkeling yang berada di sekitar Pulau Pahawang.

Nantinya akan diajak ke spot yang memiliki keindahan laut yang menakjubkan, seperti keanekaragaman jenis terumbu karang dan keanekaragaman jenis ikan karang, bahkan ada ikan Nemo yang juga jadi daya tarik wisata.

Oh ya, saat snorkeling jangan hanya terpana oleh terumbu karang yang indah, namun juga harus berhati-hati, jangan sampai saat snorkeling menginjak karang secara langsung karena bisa merusaknya. Ikuti arahan dan petunjuk guide ketika melakukan snorkeling dan diving.

Mencoba Water Sport

banana dan doughnut boat kelagian lampung
Banana dan doughnut boat / Kay Sulthaan / kakak Zack

Selain dapat menikmati keindahan laut dan alam sekitar yang memukau, pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan, salah satunya mencoba water sport dengan menaiki banana boat dan doughnut boat, dengan harga mulai Rp35.000 per orang.

Dengan mencoba water sport tersebut bisa menambah keseruan pengunjung, terutama saat naik banana boat karena abang-abang yang mengoperasikannya sangat ramah dan menyenangkan.

Tidak perlu khawatir tentang keselamatan karena di pulau ini garis pantai cukup panjang dan kedalaman laut tidak terlalu dalam. Sehingga, pengunjung dapat menikmati wahana tersebut dengan nyaman dan aman.

Bermain Perahu Kano

Selain mencoba banana boat dan doughnut boat, untuk menikmati pemandangan alam sekitar pulau juga bisa dengan menaiki perahu kano. Di musim libur panjang, pengelola pulau biasanya akan menyewakan perahu kano kepada pengunjung.

Ombak yang tenang, air laut yang jernih, dan pemandangan perbukitan sekitar sambil menaiki perahu kano akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Selain itu bisa menjelajah setiap sudut pulau dengan mengelilinginya.

Pulau dan Pantai yang Masih Asri

pantai kelagian
Kondisi alam yang masih asri / Suci Cintya Dewi

Spot wisata satu ini menjadi daya tarik utama pengunjung yang datang ke Pulau Kelagian Lunik. Pantai Kelagian Lunik memiliki pasir putih halus yang sangat nyaman dipijak dengan kaki sekalipun tanpa alas.

Selain itu, pantai ini juga memiliki keindahan air yang masih sangat jernih berwarna biru kehijauan. Kamu bisa menyusuri pantai ini sampai ke ujung untuk menikmati keindahannya.

Pantai yang terletak di Lampung ini juga memiliki pepohonan hijau rindang. Adanya pepohonan yang tumbuh di area pantai bisa menjadikan suasana pantai Kelegian Lunik semakin asri.

Tak kalah dengan pesona keindahan Pantai Legian Lunik saat siang hari, ketika sore pantai ini juga sangat mempesona. Matahari tenggelam yang ada di Pantai Kelagian Lunik sudah tidak diragukan lagi keindahannya.

Kamu bisa menyaksikan keindahan langit biru berubah menjadi warna orange dengan matahari yang tenggelam dari balik samudera. Wisatawan bisa menikmati keindahan sunset dan sunrise di pantai ini setiap pagi dan sore hari sembari berfoto ria.

Ayunan di Tepi Pantai

ayunan di pantai kelagian
Ayunan di bibir Pantai Kelagian / Agus Sunaryo

Di tepi pantai Pantai Legian Lunik terdapat ayunan yang dapat digunakan untuk bermain atau bahkan mengambil gambar. Dengan mencobanya pengunjung bisa pengalaman yang menyenangkan.

Tinggal pilihlah salah satu ayunan yang tersedia. Namun sebelum menaikinya pastikan bahwa ayunan tersebut dalam kondisi yang baik dan aman untuk digunakan. Setelah naik ke atas ayunan dan mulai berayun. Rasakan angin sepoi-sepoi dan nikmati panorama indah pantai yang terbentang di depan mata.

Tak hanya untuk bermain, ayunan ini juga dapat digunakan untuk mengambil gambar yang Instagramable. Tinggal berpose dan ambil sadut yang tepat bisa di atas ayunan dan mintalah teman untuk mengambil foto. Pastikan untuk memilih angle yang terbaik untuk menangkap keindahan pantai.

Banyak Spot Swafoto Instagramable

Spot foto pulau kelagian bandar lampung
Spot foto yang memukan di bibir pantai Kelagian saat sunset / Agung “tongkito” Hadiyanto

Pulau ini memiliki banyak spot swafoto yang sangat cocok untuk dijadikan latar belakang foto, banyak sudut sudut-sudut yang sangat instagramable. Bagian barat pulau ini sangat indah dan cocok untuk foto prewedding atau jenis foto lainnya.

Gradasi warna laut yang mempesona serta jembatan pasir putih yang menghubungkan dua pulau kecil menjadi pemandangan yang menarik untuk difoto, terutama saat air laut sedang pasang surut. Selain itu, terdapat pula pemandangan kayu-kayu mati yang sangat asyik untuk dijadikan objek foto.

Meskipun pantai ini belum menyediakan spot foto resmi, namun banyak area yang sangat estetik untuk dijadikan latar belakang foto. Setiap sudut yang ada di Pulau Kelagian Lunik memiliki keindahan dan sisi estetika yang berbeda-beda.

Beberapa spot foto menarik yang bisa dikunjungi saat berada di pantai ini antara lain adalah foto di atas perahu. Banyak pengunjung yang mengabadikan momen indah di atas perahu penyeberangan dengan mengambil foto keindahan laut di kanan dan kiri.

Selain itu, momen sunrise dan sunset di pantai ini juga sangat menarik untuk difoto. Suasana senja jingga yang romantis akan menjadikan foto yang diambil semakin menarik dan instagramable. Tak ketinggalan, pengunjung juga dapat berfoto dengan duduk di antara batang pohon melengkung yang ada di pantai ini. Batang pohon melengkung ini merupakan salah satu spot foto yang sangat populer di kalangan pengunjung.

Menikmati Pemandangan Sunset

Sunset di pulau kelagian lunik
Pemandangan saat sunset tiba / Heru Yulindra

Pulau Kelagian besar dan kecil merupakan satu tempat wisata di Indonesia yang memiliki pemandangan matahari terbenam yang sangat memukau. Terletak di ujung selatan Pulau Sumatera, pulau ini menawarkan keindahan alam yang masih alami dan belum banyak terjamah.

sunset kelagian island
Gambar Pulau Kelagian Kecil saat matahari mulau tenggelam / Agung “tongkito” Hadiyanto

Saat matahari terbenam, langit di sekitar pulau akan berubah menjadi kanvas yang indah dengan warna-warna yang berbeda-beda. Mulai dari oranye, merah, hingga ungu, warna-warna tersebut dipadukan dengan awan-awan putih yang lembut dan perairan biru kehijauan yang tenang.

Jadi, untuk yang ingin menikmati pemandangan sunset yang indah, maka bisa coba berkunjung Pulau Kelagian Lunik. Sebaiknya datang di bulan-bulan kemarau seperti bulan Juni s/d Agustus, karena saat cuaca cerah pengunjung bisa melihat pemandangan matahari terbenam yang indah.

Camping di Pinggri Pantai

camping di pulau kelagian
Camping di pinggir pantai, saat membuka tenda langsung menghadap ke laut / Ahmad Igamo

Untuk yang berencana akan bermalam di Kelagian Kecil bisa dengan mendirikan tenda dekat bibir pantai, jadi saat bangun di pagi hari bisa langsung melihat pemandangan pantai yang indah. Camping di pulau ini bisa jadi pengalaman yang tak terlupakan.

Bagi yang ingin merasakan pengalaman camping, tersedia beberapa area yang dapat digunakan di pinggir pantai. Pengunjung dapat memilih untuk membawa tenda sendiri atau menyewa tenda yang tersedia di sekitar area camping.

Sebelum camping, pastikan untuk membawa perlengkapan yang cukup seperti tenda, matras, sleeping bag, dan peralatan makan. Selain itu, juga bawa pakaian yang sesuai dengan kondisi cuaca dan alas kaki yang nyaman.

Saat camping, pastikan juga untuk memperhatikan lingkungan sekitar. Jangan meninggalkan sampah sembarangan dan usahakan untuk meninggalkan area camping dalam keadaan bersih. Selain itu, patuhi aturan-aturan yang ada di area camping untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bersama.

Untuk menjaga keamanan selama camping, pastikan untuk membawa obat-obatan yang mungkin diperlukan dan peralatan penerangan yang memadai. Jangan lupa untuk mematikan api unggun dan menghindari memasak di dalam tenda untuk mencegah kebakaran.

Terdapat Pohon Mangrove

mangrove kelagian kecil lampung
Sisi pulau yang ditumbuhi tanaman mangrove / hartono theng

Selain ditumbuhi berbagai jenis tamanan khas pantai, di Pulau Kelagian Lunik juga terdapat pohon mangrove yang sengaja ditaman untuk menjaga kelestarian dan keindahan alam di pulau ini.

Selain memberikan keindahan visual, kehadiran pohon-pohon ini juga memiliki manfaat ekologis yang besar. Pohon mangrove dapat mengurangi dampak abrasi pantai dan membantu mengontrol erosi tanah, sehingga menjaga keberlangsungan ekosistem laut dan pantai.

Tips Berkunjung Pulau Kelagian Lunik

Agar kunjung ke Pulau Kelagian bisa berjalan lancar dan memberi kesan menyenangkan, maka bisa simak beberapa tips berikut.

  • Usahakan sampai lokasi pagi hari untuk mendapat suasana yang sepi sehingga enak untuk berfoto. Maka bisa berangkat jam 7.00 pagi jika dari Dermaga Ketapang.
  • Penjual makanan dan minuman masih minim, terlebih jika datang di hari biasa. Jadi jangan lupa bawa makanan saat berkunjung ke Pulau Kelagian, khususnya jika liburan bersama keluarga.
  • Untuk mendapat pemandangan alam yang maksimal, sebaiknya berkunjung di musim kemarau, tepatnya saat cuaca sedang cerah.
  • Untuk berjalan-jalan di sekitar pesisir pantai Pulau Kelagian sebaiknya menggunakan alas kaki. Karena ada banyak ikan beracun yang menyerupai karang kecil, jika terinjak dan melukai kaki bisa membuat demam panas dingin.
  • Saat berkunjung di siang hari pastikan menggunakan tabir surya / sunblock, karena di siang hari sinar matahari di pulau ini cukup terik.
  • Jika ingin menyeberang ke Pulau Kelagian dengan harga murah, maka bisa coba sewa kapal dari nelayan yang ada di samping dermaga.
  • Saat menyeberang ke pulau ini dengan perahu penumpak harus menggunakan pelampung, karena cukup berisiko sekali.
  • Jangan lupa membawa kacamata hitam dan topi untuk menghindari silau dari sinar matahari.
  • Sebaiknya membawa uang tunai dalam jumlah yang cukup, karena lokasi pulau terpencil, tidak ada ATM atau mini market.
  • Jangan lupa bawa perlengkapan snorkeling atau diving jika Anda ingin menikmati keindahan bawah laut di sekitar pulau.

Intinya, waktu terbaik untuk mengunjungi pulau ini yaitu pagi hari. Selain masih sepi pengunjung, juga ari laut sedang surut. Jika berkunjung dari pagi, bisa menikmati keindahan pulau seharian, bisa sampai sore sambil menanti terbenamnya matahari.

Oh iya, untuk yang membawa makanan dan minuman dari luar pulau, jangan lupa untuk membawa kembali sampah Anda dan membuangnya ke tempat sampah. Jangan membuang sampah sembarangan di pulau atau lautan. Mari jaga kelestarian alam.

Kekurangan Pulau Kelagian Lunik

Kekurangan dari Pulau Kelagian hanya pada fasilitas pendukung yang belum lengkap, jumlah pedagang yang masih minim, dan listerik yang masih mengandalkan genset.

Demikian ulasan mengenai Pulau Kelagian Lunik, Padang Cermin, Pesawaran, Lampung. Jika terdapat informasi keliru atau memiliki pengalaman yang berbeda saat berkunjung ke pulau ini maka bisa kirim ulasannya di bawah ini!

15 Ulasan dari pengunjung

  1. Pulau yang tidak berpenghuni ini cocok buat liburan anafa. Pasir putih mengelilingi pesisir pantainya, ditambah lagi airnya yang jernih jadi buat kalian mau berenan, main air atau sekedar duduk di samping pantai sambil menikmati pemandangan sangatlah worthy. Jika kalian ingin bermain sport air (banan boat) disini juga ada. Kemungkinan ada, jika hari” ketika ramai.

    Disini juga ada beberapa bagian pantai yang terlindungi oleh tanaman bakaunya, tidak terlalu banyak warung/ tempat yg menjual makanan dan minuman hanya beberapa saja. Dan ada beberapa ayunan yh bisa kalian pakai buat bermain atau bahkan buat mengambil gambar.

  2. Pulau ini gokil keren abis dan wajib untuk dikunjungi, bagus banget untuk foto foto pas waktu sunset. Pantainya bersih banget, airnya bening, dan kita bisa jalan sepanjang pantai hingga ke tengah karena cuma semata kaki airnya. Dijamin gak akan menyesal foto prewed atau grup disini.

  3. Pengalaman open trip feat nekat traveling terrrrbaiiikkkk. Di pulau ini banyak bgt spot foto yg bagus, ini akunya aja yg blm jago fotografi hahaha✌ indah banget pulaunyaaaa pemandangannya pol bener bener bikin fresh bakal lebih indah kalau sunset💙 selain pemandangan pasir putih dan air laut yg jernih, kita juga bisa olahraga air kayak snorkeling, banana boat, dll

  4. Jadi, ini kali pertama saya pergi ke Kelagian Lunik yang lokasinya berada di belakang Kelagian Besar. Untuk lokasinya, tidak jauh berbeda dengan Kelagian Besar. Sangat bagus! Ombaknya tenang, pasirnya putih bersih, dan airnya pun masih bersih. Sangat menggoda untuk pergi ke sana.

  5. Unik banget view nya.. super silau jd bawa kacamata dan topi. Pasir & pantai very kids friendly dan spot bagus buangeet buat foto2. Ga ada penjual makanan ya gaes disini jd sblm wisata mobile ke keluarga kepulauan Pahawang inget bawa makanan juga. Kalau ikut paket touring dapet siyh 1x makan. Tp pasti kurang krn cape jadi lapeerr.

  6. Pulaunya kecil tapi asik.
    Di bagian utara ada pasir putih yang sedikit agak kasar. Sementata bagian selatan pulau berupa batu batuan besar.

  7. Cocok untuk rekreasi, tetapi untuk datang kesini harus menyeberang menggunakan kapal. Penyeberangan bisa dilakukan didekat desa gayau, pulau ini juga disekitar pulau pulau terkenal seperti Pahawang. Pokoknya sangat pas untuk healing

  8. Keren…
    Pantai dan pasir putihnya yang paling bagus diantara pantai di pulau sekitar.
    Terdapat beberapa spot foto dan bisa menikmati banana-donat boat.

    Usahakan sampai di lokasi ini pagi hari, suasana masih sepi sehingga enak buat foto foto. Jadi usahakan berangkat dari dermaga Ketapang jam 7.

  9. Ga pernah bosan datang ke pulau Kelagian Kecil ini. Pulau mungil yang indah atas dan bawah lautnya.

    Lokasinya berada ei balik Kelagian Besar, atau di sebelah selatannya. Tidak terlalu jauh juga dari dermaga Ketapang.

    Pulau ini memiliki pantai berpasir putih yang lembut. Juga ada sisi berkarang dan pepohonan mangrove.

    Senang snorkeling di sekitarnya. Banyak biota laut yang bisa dijumpai. Beberapa kali ketemu penyu. Dan sering banget ketemu ular laut.

    Sekarang sudah ada warung di pulau ini. Bisa santai makan dan minum kopi.

    Recommded.

  10. Gak bohong, Pasir di pulau Kelagian Lunik halus dan putih, air laut yang memiliki dua warna yaitu biru dan hijau membuat kita bakalan kagum dengan apa yang sudah diciptakan-NYA. Masya Allah…
    Banyak juga spot untuk Swafoto yang instagramable.
    Pesan saya, Please siapapun yang berkunjung kesini jangan pernah buang sampah sembarangan. Sayang kan kalo laut dan pulau seindah ini harus tercemar oleh sampah-sampah yang berserakan di sekitar pantai.

  11. Pulau yang bagus, pasir yang putih bersih, air laut yang jernih, dan biasa untuk diving atau scuba serta sudah difasilitasi. Fasilitas villa banyak dan lumayan bagus, perahu nelayan juga banyak, namun listrik hanya on setengah hari saja. Persediaan air bersih atau untuk minum mencukupi.

  12. Pulau dengan pasir putih dengan air laut yg masih jernih. Ombak nya juga tenang dan msh bersih lingkungan. Kerenn

  13. Pantai pasir putih yg bersih. Butiran pasirnya sangat halus. Anak-anak jadi betah bermain air di pantainya. Gradasi warna air lautnya indah sekali.

    Bisa dicapai dengan perahu dari dermaga Ketapang

  14. tempat yg luar biasa indah, bersih dan Mantap!!!
    tersedia warung buat beli minum dan popmie, pantainya keren, airnya jernih dg background pulau2 sekitarnya, degradasi warna air laut dari hijau tosca, biru, dan pasir putih sangat eksotis dan bikin betah berlama2 disini.

  15. pantainya bagus, airnya jernih, pasirnya bersih

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here