Pantai Greweng

Pantai Greweng
Pantai Greweng @mldyasa

(4.9/5 dari 14 Pengunjung) Baca ulasan

Alamat: Jl. Pendowo, Pendowo, Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55883

Kabupaten Gunung Kidul memang terkenal menjadi surganya wisata pantai yang ada di kota Jogja. Di daerah ini ada banyak sekali wisata-wisata pantai terbaiknya yang sudah cukup terkenal, seperti Pantai Baron, Pantai Indrayanti, dan masih banyak lainnya.

Namun ada jula wisata pantai yang masih baru dan belum diketahui banyak orang seperti Pantai Greweng. Pantai ini masih sangat asing di kalangan wisatawan karena memang belum begitu populer.

Pantai Greweng ini mempunyai bentuk yang hampir seperti Pantai Baron, karena diapit 2 bukit karst yang besar di sampingnya. Hanya saja bedanya, Pantai Greweng dihiasi dengan pasir pantai yang putih berbeda dengan Pantai Baron yang mempunyai pasir berwarna hitam.

Pantai Greweing merupakan salah satu pantai kecil yang memiliki garis pantai yang bahkan tidak sampai 1 km.

Pantai yang juga dikenal dengan Pulutan ini juga mempunyai ombak yang tidak terlalu besar, sehingga sangat cocok untuk bermain dan berenang.

Rute Menuju Pantai Greweng

Pantai Greweg berada di Desa Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, Yogyakarta. Untuk mencapai pantai ini dari kota Jogja, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

Ada dua rute efektif yang bisa digunakan wisatawan yang ingin berkunjung ke Pantai Greweng, yaitu:

1. Melalui Piyungan

Untuk rute pertama, anda bisa mengambil rute melalui Piyungan Patuk – Gading – Pertigaan Mulo. Dari sana ambil arah menuju Tepus dan kemudian ambil arah ke kiri menuju Ndakbong – Purwodadi – Balong-Jepitu – Wediombo dan kemudian ambil arah ke kiri menuju Pantai Jungwok dan nantinya anda bisa melanjutkan jalan hingga menuju arah Pantai Greweng.

2. Melalui Wonosari

Piyungan-Patuk-Sambipitu-Gading-Wonosari – Semanu – Pasar Munggi – Cuwelo – Giri Panggung – Cikal – Ngawar – awa- Balong kemudian ambil arah kiri menuju Jepitu dan kemudian ambil arah menuju pantai Wediombo-Pantai Jungwok dan nantinya anda akan sampai di Pantai Greweng

Dua rute diatas bisa dijadikan pilihan untuk mengunjungi Pantai Greweng dengan mudah.

Meskipun lokasi nya agak sulit ditempuh dan jaraknya yang agak jauh, namun tidak membuat wisatawan yang datang merasa kecewa dengan keindahan yang ada di Pantai Greweng ini.

Lokasi pantai Greweng sebenarnya berada di balik sisi bukit Pantai Jungwok, untuk itu bagi pengunjung yang datang harus menempuh jalan setapah sekitar 20 menitan untuk bisa sampai di Pantai Greweng.

Meskipun lelah, sesampainya di pantai pengunjung akan disambut dengan pemandangan alamnya yang indah, pepohonan hijau yang masih alami, serta hawa peguungan yang sejuk.

Harga Tiket Masuk Pantai Greweng

Pantai yang buka 24 jam ini bisa dinikmati hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 dan untuk biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua.

Aktivitas Menarik di Pantai Greweng

Ada beberapa aktvitas yang bisa dilakukan ketika mengunjungi pantai ini.

1. Spot Memancing

Bagi anda yang hobi memancing, maka pantai Greweng bisa menjadi tempat liburan yang terbaik. Tak hanya digunakan sebagai tempat wisata, Pantai Greweng mempunyai spot untuk memancing yang ada di bukit karang.

Banyak orang yang meyakini jika di daerah bukit karang ini menghasilkan banyak ikan-ikan laut. Namun karena tak ada tempat persewaan alat-alat pancing di Pantai Greweng, maka pengunjung harys membawa alat pancing masing-masing.

Bagi anda yang hobi memancing, maka pantai Greweng bisa menjadi tempat liburan yang terbaik. Tak hanya digunakan sebagai tempat wisata, Pantai Greweng mempunyai spot untuk memancing yang ada di bukit karang.

Banyak orang yang meyakini jika di daerah bukit karang ini menghasilkan banyak ikan-ikan laut. Namun karena tak ada tempat persewaan alat-alat pancing di Pantai Greweng, maka pengunjung harys membawa alat pancing masing-masing.

2. Camping

Camping Pantai Greweng
Camping Pantai Greweng @arikris__

Aktivitas camping di pantai menjadi salah stau hal menyenangkan yang harus dicoba bersama dengan teman-teman. Apalagi lokasi pantai yang masih sagat alami dan belum ramai dikunjungi wisatawan menjadikannya sebagai salah satu tempat terbaik untuk camping.

Pantai ini mempunyai padang pasir putih yang cukup luas dan sangat bersih. Camping di Pantai Greweng menjadi salah satu cara yang tepat menikmati pantai cantik ini sambil menyalakan api unggun.

Dan di saat pagi hari, anda juga bisa menyaksikan pemandangan sunset yang begitu cantik dan mempesona, menambah Keindahan yang ada di Pantai Greweng.

Jika pengunjung ingin membuat api unggun, pengunjung bisa membeli kayu sekitar Rp 10.000 di warga yang berada di sekitar pantai.

3. Menikmati Sunset

Sunset Pantai Greweng
Sunset Pantai Greweng @ava_sheila

Tak hanya menikmati keindahan matahari pagi saja, pengunjung yang tidak bisa camping atau datang pagi-pagi untuk menikmati sunrises bisa mencoba menikmati keindahan pantai Greweng saat momen matahari terbenam.

Sunset yang ada di Pantai Greweng begitu mempesona, perpaduan antara bukit-bukit yang mengelilingi pantai membuat suasananya begitu menawan. Anda bisa duduk santai di pinggir pantai sambil menunggu matahari terbenam.

Fasilitas Di Pantai Greweng

Saat ini fasilitas yang ada di pantai Greweng memang belum begitu lengkap, namun seiring dengan berjalannya waktu akan ada penambahan fasilitas sedikit demi sedikit.

Hingga kini sudah tersedia toilet khusus bagi pengunjung yang datang maupun ingin berkemah. Selain itu terdapat beberapa warung kopi yang berada di kawasan pantai yang menawarkan beberapa makanan ringan dan minuman untuk mengganjal perut.

Nah itu tadi informasi seputar Pantai Greweng yang bisa anda ketahui saat ingin mengunjungi wisata pantai ini. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk anda.

BAGIKAN

14 Ulasan dari pengunjung

  1. Jalan menuju pantai greweng lumayan jauh dari parkiran,tracking kurang lebih 10-15 menit dengan medan jalan setapak dan tidak rata, tapi pantai nya supeer, masih bersih dan sepi
    oh ya jangan sampai salah kostum ya kalau kesini ,pastikan memakai sandal atau sepatu yang tidak bikin lecet kaki .

  2. Pantai ini hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Siapkan stamina untuk menempuh trek dengan pemandangan sawah dan bukit membentang, juga bebatuan yang indah. Sampai disana akan disuguhi tanaman hijau, sungai kecil dan pantai. Banyak yang menjadikan tempat ini untuk mendirikan camp. Ombak yang keras dan karang pun menghiasi tepian pantainya.

  3. Mengunjungi pantai greweng di tahun 2014. Kendaraan titip di parkiran pantai Wediombo. Jalan kaki(tracking) sekitar sejam, melewati bukit berbatu yang cukup tajam, sendal saya sampai rusak. Dan tiba dipantai hanya ada 4 pengunjung. Belum ada retribusi apapun waktu itu. Tidak ada sinyal ponsel disini. Pastikan anda bawa bekal minum dan makanan yg cukup jika ingin kesini

  4. Keindahan alam pantai ini sangat luar biasa. pasir putih yang menawan ditambah dengan berbagai keindahan alam yang ditunjukkan di pantai ini. Wisatawan dapat memanjangkan dirinya dengan bermain-main air sepuasnya dan menikmati hamparan pasir putih yang sangat luar biasa indah. meskipun akses jalan menuju ke lokasi tersebut belum cukup baik tetapi wisatawan tetap bisa menuju ke lokasi tersebut.

  5. Pantai indah, ada 2 bukit karang di kanan dan kiri pantai, juga ada sungai kecil dengan air payau. Ada juga gua kecil yang terbentuk dari karang. Terdapat banyak warung di sepanjang perjalanan dan juga di pantai. Fasilitas seperti kamar mandi dan tempat sholat atau mushola juga tersedia. Perjalanan dari tempat parkir ke pantai lumayan jauh, harus naik turun bukit terlebih dahulu. Perjalanan jadi lebih berat saat hujan/setelah hujan karena jalanan jadi berlumpur. Tapi sebanding dengan pemandangan yang didapat di pantainya. Cocok untuk camping atau berkemah di pinggir pantai.

  6. Tempatnya masih asri buat ngecamp. Yang lebih serunya juga dan bikin puas adalah track ke pantai menantang karna memasuki persawahan dan perkebunan dengan pohon-pohon dan batu-batu besar. Bahkan ketika perjalanan anda juga bisa bertemu monyet-monyet liar. Pantainya bagus minusnya cuma ga bisa mandi di pantainya, basah-basahan doang aja. Tapi buat spot foto-foto bareng teman, sahabat, teman tapi mesra, pacar, mantan pacar, mantan gebetan, gebetan, selingkuhan, pacar orang, pacar teman, musuh dan lain sebagainya tetap bagus. Dan jangan lupa jaga kebersihan ya gais, Cintai lingkungan Cintai Indonesia.

  7. Pantai yang sangat pas untuk beach camp! Walaupun tempatnya cukup sulit untuk dijangkau. Memerlukan waktu 30 menit – 1 jam untuk sampai ke pantainya dengan melewati sawah, bukit, dan turunan yang cukup terjal. Jadi persiapkan alas kaki yang mumpuni ya. Tapi perjuangannya akan terbayar ketika sudah mencapai pantainya, rasanya seperti privat beach karena saking sepinya. Tenang saja untuk fasilitas ada warung, kamar mandi, dan api unggun.

    Tidak di sarankan ke pantai ini pada musim hujan karena medan pasti akan sangat sulit untuk dilalui mengingat terdiri dari jurang, yang pastinya akan licin ketika musim hujan. Selain itu, ombak yang tinggi juga menghatui wisatawan ketika dimusim hujan.

    Pengalamanku, tenda-tenda yang sudah berdiri terhempas begitu saja oleh ombak karena saat itu ombak lagi tinggi-tingginya. Tapi langit malamnya sangat indah! Milky Way Galaxy seems so real!

  8. Pemandangannya indah bgt,setelah melewati perjalan yang lama dan jalan kaki melewati bebatuan menuju pantainya akhirnya terbayarkan semuanya dengan keindahan pantai yang masih asri belum banyak sampah

  9. Pantainya asik. Rekomen buat camping. Kalau ke greweng jangan lupa untuk naik ke bukit di sebelahnya. Ntar bisa nyebrang ke Pulau Kalong. Pantai greweng ini pasirnya putih. Nggak terlalu luas tapi asik. Medan agak susah sih. Tapi puas lah sampe kemari. Di dekat pante juga udah ada penjual misal ga bawa bekal

  10. Tempatnya bagus banget. Cocok buat camp, pasirnya ngak kasar, ada toilet sama warung juga, tapi jaringan agak susah. Dan butuh perjuangan jalan ke pantainya karena tidak bisa di akses kendaraan jadi harus berjalan ±1,5km untuk sampai ke pantainya, medannya juga agak ekstrim dikit.

  11. Sepaket sama pantai sedahan, kalong, dan sinden… cukup bagus tapi lebih pas untuk yang suka nge camp di pantai. Agak kecewa karena jarak yang harus ditempuh lumayan jauh untuk bisa ke pantai ini namun se tibanya di lokasi kurang memuaskan. Cuma singgah sebentar sih disana dan cuma ngambil sedikit moment disana. 7.5/ 10

  12. Pantai nya masih sangat alami dan bersih cocok banget buat yang mau camp tapi saran saya harus membawa alat penerangan karna kalau malam sangat gelap dan tidak ada penerangan sama sekali oiya kalau mau mendirikan tenda jaraknya yang jauh karna kalau malam hari air nya pasang

  13. Lagi – lagi gunung kidul punya surga pantai, ya ini pantai ngreweng, tempatnya yg terpencil jadi’in pantai ini privat banget gitu.., buat yang suka video ato photo pake drone, tempat ini bisa jadi’in salah satu object explore kamu.. topp banget pokoknya

  14. Pantai yang indah, cocok sekali untuk menikmati sunset. Cocok untuk camping.
    Sudah ada warung dan toilet.
    Terdapat sungai kecil yg mengalir menuju pantai.
    Namun untuk menuju kesana musti jalan kaki sekitar 30 menit dan jalannya masih terjal. Utk pecinta treking dan adventure sangat cocok.

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here