Pantai Karang Beureum

Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak, Banten 42393

(4.8/5 dari 14 Pengunjung) Baca ulasan

Another hidden gems di Sawarna salah satunya Pantai Karang Beureum, lokasinya tersembunyi, dan hanya bisa diakses dengan jalan kaki atau kendaraan roda dua saja. Berada di sebelah barak Pantai Legon Pari.

Yang menjadi keunggulan dari pantai ini adalah pemandangan langit di pagi harinya. Sunrise di Pantai Karang Beureum ini sangat indah. Biasanya wisatawan akan datang ke pantai ini di pagi hari sekitar jam 5.30 WIB. Tidak jarang juga ada wisatawan yang mendirikan tenda di sekitar pinggiran pantai.

Kondisi pantai ini banyak di penuhi dengan batuan karang, dan ada karang yang membentuk seperti benteng, letaknya sekitar 50 meter dari bibir pantai, karang inilah yang memecah dan menghalangi ombak sampai ke daratan.

Wisatawan juga bisa berjalan ke tengah laut dengan berjalan kaki di atas batuan karang yang tidak terendam oleh air laut. Pantai ini relatif aman untuk tempat bermain air, namun harus berhati-hati dengan batuan karang yang terendam air, selain licin juga ada yang tajam.

Alasan pantai ini diberi nama ‘Karang Beureum’ karena dari banyaknya tumpukan batuan karang di pantai ini, terdapat satu batu karang yang memiliki warna ke merahan.

Deskripsi Pantai Karang Beureum

Foto Pantai Karang Beureum saat sunrise
Foto Pantai Karang Beureum saat sunrise / @edwinnayaga

Pantai Karang Beureum merupakan salah tempat terbaik untuk menikmati matahari terbit (sunrise), tidak jarang wisatawan datang ke pantai ini dari pagi buta, bahkan ada yang sampai bermalam dengan mendirikan tenda.

Pantai ini memang tidak cocok digunakan untuk berenang, pasirnya pun hanya sedikit dan cenderung kasar, areanya lebih banyak didominasi oleh batuan karang, mirip dengan Pantai Tanjung Layar.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke pantai ini yaitu pada pagi hari sebelum matahari terbit, akan lebih baik jika mengunjungi di bulan-bulan musim kemarau seperti di bulan Agustus.

Kondisi alam pantai ini didominasi oleh batuan karang, saat air laut surut pengunjung bisa dengan mudah melihat biota laut seperti kelomang, ikan karang, hingga tanaman laut.

Rute Menuju Lokasi

Rute menuju pantai ini jika dari luar daerah, maka rutenya hampir sama dengan rute menuju Sawarna, karena Pantai Karang Beureum merupakan salah satu Pantai Sawarna.

Untuk jalan masuknya sendiri hampir sama dengan jalan masuk menuju Pantai Legon Pari. Dari jalan utama desa, bisa ditempuh dengan jalan kaki sekitar 45 menit dan jika menggunakan motor bisa lebih cepat, sekitar 15 menit.

Berikut adalah rute yang bisa digunakan untuk sampai ke Pantai Karang Beureum.

Dari Jakarta

Jika titik keberangkatan dimulai dari Ibu Kota Jakarta, maka ada dua pilihan jalur yang bisa dipilih, yaitu melalui jalur Timur(Bogor) dan Jalur Barat(Serang, Tangkasbitung dan Cilegon).

Jalur Timur

Jika dari Jakarta menggunakan jalur timur, maka akan melewati Bogor, waktu tempuh lewat jalur ini memang lebih dekat, namun kondisi jalannya banyak pengkolan dan naik turun jika melewati jalan Cikidang.

Berikut beberapa pilihan rute menuju Sawarna jika lewat jalur timur.

  • Jakarta ⇒ Ciawi, Bogor ⇒ Cibadak ⇒ Pelabuhan Ratu ⇒ Cisolok ⇒ Sawarna
  • Jakarta ⇒ Ciawi, Bogor ⇒ Cikidang ⇒ Pelabuhan Ratu ⇒ Cisolok ⇒ Sawarna
  • Jakarta ⇒ Bogor ⇒ Cijeruk ⇒ Cikidang/Cibadak ⇒ Pelabuhan Ratu ⇒ Cisolok ⇒ Sawarna

Jalur Barat

Dari Jakarta jika menggunakan jalur barat waktu tempuh akan sedikit lebih lama, namun untuk kondisi jalannya terbilang bagus, jalan sudah di cor dan tidak banyak jalan tanjakan atau belokan.

Berikut beberapa pilihan rute yang bisa digunakan jika menggunakan jalur barat dari Jakarta.

  • Jakarta ⇒ Serang ⇒ Pandeglang ⇒ Saketi ⇒ Malingping ⇒ Bayah ⇒ Sawarna
  • Jakarta ⇒ Rangkasbitung ⇒ Gunung Kencana ⇒ Malingping ⇒ Bayah ⇒ Sawarna
  • Jakarta ⇒ Cilegon ⇒ Anyer ⇒ Labuan ⇒ Malingping ⇒ Bayah ⇒ Sawarna

Dari Bandung

Untuk wisatawan yang akan pergi ke Sawarna dari Bandung, maka rute berikut adalah rute yang umum digunakan.

  • Bandung ⇒ Cianjur ⇒ Sukabumi ⇒ Cibadak ⇒ Pelabuhan Ratu ⇒ Cisolok – Sawarna

Jika Menggunakan Transportasi Umum

Sebelum memutuskan menggunakan transportasi umum untuk pergi ke Sawarna, perlu diketahui bahwa jarak dari Jakarta ke Sawarna sekitar 230 KM dengan waktu tempuh sekitar 8-9 jam jika menggunakan kendaraan umum.

Jika menggunakan transportasi umum menggunakan jalur timur, bisa menggunakan KRL dari Jakarta ke Stasitun Bogor, dilanjutkan dengan naik angkot ke Terminal Baranangsiang, dari sini bisa dilanjutkan menggunakan bus menuju Pelabuhanratu, sampai di terminal pelabuhan ratu bisa menggunakan ELP(mini bus) menuju Sawarna/Bayah.

Namun, bisa juga menggunakan jalur barat, dimulai dengan menggunakan KRL menuju Stasiun Rangkasbitung, dari sini bisa dilanjutkan dengan naik angkot menuju terminal, kemudian naik bus jurusan Bayah, dari terminal Bayah bisa dilanjutkan dengan naik ojek ke Sawarna.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk pantai ini adalah Rp5.000,-/orang, biaya ini sudah termasuk tiket masuk Pantai Legon Pari dan Pantai Karang Taraje. Jadi cukup bayar 1 kali untuk mengunjungi tiga tempat. Biaya tersebut tidak sebanding dengan pengalaman yang di peroleh, karena pemandangan di tempat ini sangat indah.

Hal Menarik

Banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan ketika menyambangi Pantai Karang Beureum. Namun akan lebih seru jika liburan ke tempat ini bersama keluarga atau teman.

Berikut aktivitas menarik yang bisa dilakukan di pantai ini.

Memancing

Banyak masyarakat setempat menjadikan pantai ini sebagai tempat untuk memancing berbagai jenis ikan laut. Maka tidak ada salahnya mempersiapkan alat pancing ketika akan berkunjung ke Pantai Karang Beureum.

Kondisi pantai ini sangat strategis dijadikan tempat memancing, karena di bagian tengah pantai terdapat batuan karang yang membentuk benteng yang mencegah air laut sampai ke daratan.

Jadi untuk sampai ke tengah laut bisa dilewati dengan berjalan kaki di atas susunan batuan karang. Dan dari di atas batuan karang kita bisa memancing dengan posisi duduk.

Bermain Ayunan

Di pinggiran pantai ini terdapat ayunan yang berada di samping pohon yang rindang. Sambil menikmati pemandangan yang indah dibarengi angin sepoi-sepoi.

Namun sayang, jumlah ayunan di pantai ini hanya ada satu. Lokasi keberadaan ayunan ini merupakan spot paling tepat untuk menikmati pemandangan di pantai ini. Ada tempat duduk juga yang menghadap ke pantai.

Melakukan Swafoto

Spot Foto di Pantai Karang Beureum
Spot Foto di Pantai Karang Beureum @narulita_maharani

Pemandangan indah di pantai ini cocok dijadikan tempat untuk berswafoto, dengan sudut pengambilan foto yang tepat akan menghasilkan foto yang instagramable.

Tempat ini juga sering dijadikan spot pengambilan foto para fotografer. Kadang juga dijadikan tempat untuk pengambilan foto prewedding.

Camping

Tidak sedikit wisatawan, khususnya anak muda yang menjadikan pantai ini sebagai tempat untuk mendirikan tenda yang menghadap langsung ke arah pantai.

Suasana camping bersama teman di pantai ditemani api unggun yang menyala merupakan pengalaman seru yang tidak akan terlupakan.

Menikmati Pemandangan Sunrise

Sunset Pantai Karang Beureum
Sunset Pantai Karang Beureum @indah_ps3

Dengan melakukan camping di pantai ini, wisatawan bisa menikmati pemandangan indah langit pagi di pantai ini dengan leluasa, tinggal keluar tenda dan memandangi langit sunrise.

Banyak wisatawan yang mengaku takjub dengan pemandangan sunrise di pantai Karang Beureum. Matahari terbit dari balik pegunungan dan memantulkan cahayanya ke lautan.

Tips Berkunjung ke Pantai Karang Beureum

Agar liburan ke pantai ini bisa berjalan lancar, maka tidak ada salahnya untuk membaca beberapa tips berikut.

  • Berkunjunglah di bulan-bulan musim kemarau seperti bulan Agustus, dan pastikan cek terlebih dahulu perkiraan cuaca. Karena cuaca menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi keingindahan pantai.
  • Disarankan menggunakan kendaraan motor untuk memudahkan mengakses lokasi, jika menggunakan mobil harus naik ojek atau sewa motor. Jika jalan kaki cukup jauh dari pintu masuk.
  • Jangan lupa membawa uang tunai yang cukup, lokasinya jauh dari ATM atau mini market.
  • Agar pantai ini tetap asri dan lestari maka jangan membuang sampah sembarangan, yang kita hasilkan adalah tanggung jawab kita sendiri.

Kekurangan Pantai Karang Beureum

Karena lokasinya terpencil dan hanya sedikit wisatawan yang berkunjung maka pantai ini kurang mendapat perhatian dari pemerintah desa atau pihak pengelola.

  • Akses jalan yang di tembok sampai ulasan ini dibuat hanya sampai ke pantai Pantai Legon Pari, akses jalan ke pantai ini hanya jalan setapak yang kadang becek jika di musim hujan.
  • Tidak ada fasilitas kamar mandi umum, ini akan menyulitkan ketika ingin buang air besar atau saat ingin bilas.
  • Fasilitas pendukung seperti tempat duduk dll masih terbatas.

Itulah ulasan terkait Pantai Karang Beureum, Sawarna. Jika terdapat informasi yang salah dan punya pengalaman yang berbeda saat mengunjungi pantai ini maka bisa kirim ulasan di bawah ini.

14 Ulasan dari pengunjung

  1. Aman bermain disini karena ditengah laut terdapat sederetan batu karang yang menahan ombak. Ombak yang tertahan tersebut membentuk air terjun mini disepanjang karang.Karang dipantai ini berwarna merah tua atau Beureum bahasa Sundanya.

  2. Spot sunrise yang luar biasa indah. Hanya bisa dicapai dengan ojeg. Walaupun sudah berpengalaman bawa sepeda motor, sebaiknya tetap naik ojeg setempat, karena treknya cukup berbahaya bagi yang tidak terbiasa, apalagi di musim hujan. Ada karang besar yang jika dihantam ombak, akan terlihat seperti air terjun. Karang yang kita injak membentuk alur-alur geometris yang sangat indah saat terkena sinar matahari. Love it!

  3. Perjalanan menuju pantai ini tidak bisa dilalui kendaraan mobil karena melewati gang perumahan, jembatan kecil dan jalan yang sempit. Ciri khas dinding karang yang terdapat batu diatasnya berwarna kemerahan yang merupakan ikon Pantai Karang Bereum, pantai ini berdampingan dengan Pantai Legon Sari dan Pantai Karang Taraje.

  4. Pantai yang sangat indah dan menjadi ciri khas dari pantai2 yg ada di wilayah sawarna. Terdapat batu karang yg jika terkena deburan ombak akan terlihat seperti air terjun

  5. Jangan pernah meragukan penciptaan Tuhan. Pantai Karang Bereum atau Coral Reef Beach adalah pantai karang yang indah. Waktu itu tiba di pagi hari sehingga kita bisa berjalan ke tengah pantai. Terletak garis pantai dengan karang taraje dan legon pari. Di sini kita bisa menikmati deburan ombak di jajaran karang.

  6. Pantainya keren. Tapi akses menuju pantainya masih sempit dgn lebar sekitar 1 meter dgn jalan coran n paving blok. Msh sepi n tak ada listrik, hanya beberapa warung saja yg menggunakan genset.
    (Mungkin sebaian orang tempat yg beginilah yg dicari hihi ?)
    Semoga dlm waktu dekat pemda bisa memaksimalkan tempat wisata tersebut.
    Satu kata.. MANTAP

  7. Masih satu kawasan sama pantai legon pari dan karang taraje,kalo ke legon pari skalian k sini aja.view nya bagus.dari sudut sana kita bisa lihat keindahan pantai legon pari dan karang taraje.tempat makan juga banyak tapi hanya bisa di lalui oleh motor atau berjalan kaki.pokok nya kawasan wisata sini toop deh

  8. Pantai yang menjadi spot sunrise jadi baiknya datang sebelum matahari muncul ya. Sepengalaman aku, matahari mulai muncul dari balik bukit sekitar jam setengah 7 pagi. Cantik banget! Tipe pantai berkarang namun karangnya bukan yang tipe karang tajem jadi masih nyaman untuk dipijak. Akses ke pantainya hanya bisa dilalui kenadaraan roda dua atau berjalan kaki. Bisa terlihat juga perahu-perahu nelayan yang bersandar ke sisi pantai. Ah keren banget lah pokoknya.

  9. Karang beurem (sunda) jika di bahasa indonesia kan artinya merah dan bahasa inggrisnya Red.

    Mengapa dinamakan karang merah karna di ujung karang terdapat batuan berwarna merah. Batuan tersebut terhempas ombak dan batuan atau karang tersebut sampai ke pinggir pantai. Ketika itu saya menemukan batuan merahnya.

    Dipantai ini anda dapat melihat berbagai biota laut, mulai dari kelomang, ikan kecil, bahkan sampai ikan hias jika anda beruntung.

    Waktu yang tepat mendatangi tempat ini yaitu sebelum matahari terbit sampai matahari terbit sekitar 05.30 – 08.00 tempat ini sering disebut sebagai sunrise point. Karna anda dapat melihat matahari terbit dengan indah.

    Dan ketika anda melihat matahari, anda juga akan melihat kapal nelayan lalu lalang pulang melaut. Dan beberapa nelayan lainnya mencari ikan dengan naik ban dan menggunakan jaring.

    Senang rasanya melihat matahari terbit sambil melihat aktifitas warga sekitar. Pengalaman yang luar biasa..
    Oh ya pantai ini masih jarang dikunjungi wisatawan, jadi masih asri…

  10. Lokasi sepi, pemandangan bagus,tidak bisa mandi.Akses sudah bagus,bagi yang jalan kaki agak lumayan jauh ke lokasi ini,sktr 1,5 km dr jl raya.lebih enak naik motor

  11. Pantai yang memiliki ciri khas batu karang bagus dan suasana yang sunyi enak untuk bersantai .. Pantai nya bagus , aksesnya hanya bisa di lalui kendaraan sepeda motor saja

  12. area yg cukup berangin, tapi keren banget apalagi di sekitar pantainya berpasir karang, ombangknya gede jadi jangan nyoba nyemplung di deket karang, ntar kecipratan dan teles

  13. Pantai nyaaa biruu dan jernih,pasirnya putih tanpa sampah,tempat batu karang lumayan jauh kalo jalan kaki dari pantai,dan tempatnya jarang orang tau

  14. Tempatnya masih bersih, alami, terjaga, aksesnya hanya bisa dilalui oleh motor, disarankan datangnya pagi dan di bulan agustus

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here