Pantai Rambak

Parit Padang, Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung

(4.8/5 dari 11 Pengunjung) Baca ulasan

Jika sedang berada di Kepulauan Bangka Belitung, jangan lupa singgah ke Sungai Liat untuk mengunjungi Pantai Rambak, pantai berpasir putih halus dengan batuan granit beragram ukuran, dan ombaknya juga tidak terlalu besar.

Selain memiliki pemandangan yang indah, pantai ini juga memiliki area yang cukup luas, bagian pinggir pantai banyak pepohonan yang rimbun, dan untuk tempat istirahat ada juga pondok-pondok. Bisa jadi tempat yang cocok untuk liburan bersama keluarga

Pantai ini menghadap timur, jadi cocok untuk menikmati pemandangan sunrise dengan jelas. Meski begitu pemandangan sore hari di pantai ini juga pun sangat indah.

Untuk yang berencana akan berkunjung ke Pantai Rambak, maka tidak ada salahnya membaca ulasan di bawah ini sebagai bahan referensi, juga ada beberapa informasi menarik dan tips berkunjung ke pantai ini.

Deskripsi Pantai Rambak

Foto Pemandangan Pantai Rambak
Pemandangan bibir pantai / Ruli JokoPurwanto

Pantai Rambak merupakan salah satu pantai di Kepulauan Bangka Belitung yang memiliki pemandangan yang sangat indah hasil gabungan dari bibir pantai berpasir putih, deretan batu granit dan air laut yang biru. Bagian pinggir pantainya terdapat pepohonan yang cukup rimbun.

Berdasarkan penelitian, batu granit yang ada di Kepulauan Bangka Belitung sebenarnya bagian dari batuan dasar Indonesia bagian barat yang disebut Batolit, perkiraan umurnya sekitar 65-200 juta tahun. Dan ternyata sebarannya bukan hanya ada di Bangka Belitung saja, tapi juga ada di Kepulauan Riau hingga Malaysia.

Oh iya, meski sekilas pantai ini memiliki dataran yang landai, namun pantai ini memiliki kontur yang menyerupai wajan yang cekung ke dalam, jadi harus berhati-hati jika berenang di pantai ini, jangan sampai terlalu ke tengah, khususnya jika tidak bisa berenang.

Ada beberapa batu besar di Pantai Rambak
Batu besar di bibir Pantai Rambak / Eddy Irawan

Meski belum dikelola secara profesional, namun pantai ini sudah memiliki fasilitas pendukung untuk kenyamanan pengunjungnya seperti tempat parkir, toilet, tempat bilas sederhana, penjaga pos, warung, dan pondok.

Saat libur panjangan seperti lebaran dan tahun baru pantai ini banyak dikunjungi wisatawan lokal dari berbagai daerah, biasanya cukup membludak, namun di hari-hari biasa pantai ini minim pengunjung.

Rute Menuju Lokasi

Lokasi Pantai Rambak berada di Kecamatan Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, kurang lebih 10 KM dari pusat kota. Jika dari Bandar Udara Depati Amir sekitar 41 KM, jika menggunakan mobil perlu waktu 53 menit.

Untuk wisatawan yang berasal dari luar pulau dan menggunakan jalur udara, maka dari Bandar Udara bisa langsung dilanjutkan dengan menumpangi taksi atau jasa travel menuju Pantai Rambak.

Untuk wisatawan lokal yang akan berkunjung ke tempat wisata ini bisa dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Untuk akses jalan menuju lokasi kini sudah bagus.

Harga Tiket Masuk

Wistawan yang berkunjung ke pantai ini akan dimintai biaya retribusi saat melewati pitu masuk, biaya tiket masuk Pantai Rambak adalah Rp3.000 per orang.

TiketHarga
DewasaRp3.000
MobilRp10.000 s/d Rp20.000
*HTM di atas bisa berubah di kemudian hari

Biaya tiket masuk ke pantai ini kadang dihitung per satu kendaraan, tarifnya Rp10.000 s/d Rp20.000 tergantung ukuran dan jumlah pesertanya.

Selain biaya tiket masuk, pengunjung juga perlu merogoh kocek jika ingin menggunakan pondok di pinggir pantai untuk tempat berkumpul mulai Rp50.000 s/d Rp100.000, pondokan paling besar bisa menampung hingga 10 orang.

Hal Menarik

Selain pasir putih, tumpukan batu dan air laut yang jernir, Pantai Rambak juga memiliki beberapa hal menarik yang bisa dinikmati atau dilakukan pengunjung. Berikut diantaranya:

Berenang

Berenang di Pantai Rambak
Berenang / nur_sylawati

Kegiatan yang paling umum dilakukan ketika liburan ke pantai yaitu berenang karena paling mudah dilakukan. Nah, di pantai ini juga pengunjung bisa berenang. Hal ini karena air lautnya yang jernih dan ombaknya tidak terlalu besar.

Namun untuk yang tidak memiliki pengalaman berenang di pantai tetap jaga jarak, jangan sampai terlalu tengah karena kontur dasar lautnya menyerupai wajan yang cekung ke dalam. Khususnya untuk anak-anak harus tetap dalam pengawasan orang tua.

Bermain Pasir

Selain berenang, di pantai ini juga pengunjung bisa bermain pasir, hal ini karena bibir Pantai Rambak juga memiliki pasir yang halus dan bisa untuk membuat berbagai bentuk bangunan atau karakter tertentu. Biasanya anak-anak menyukai kegiatan ini.

Untuk itu, ketika akan berkunjung pantai ini jangan lupa membawa perlengkapan untuk bermain pasir, terlebih jika liburan bersama anak-anak.

Piknik Bersama Keluarga

Banyak pengunjung pantai ini datang bersama rombongan, khususnya rombongan keluarga untuk sekedar berkumpul dan makan-makan. Hal ini karena area pantai ini cukup luas dan bisa menampung banyak wisatawan.

Untuk rombongan besar umumnya tidak menyewa pondok karena tidak akan cukup, biasanya membawa tikar atau alas yang besar, duduk lesehan, dan makan bersama.

Camping

Meski jarang yang melakukannya, namun pantai ini cocok untuk camping terlebih karena memiliki bibir pantai yang lebar. Sebelum mendirikan tenda sebaiknya izin terlebih dahulu ke pihak pengelola ya.

Untuk mendirikan tenda sebaiknya memiliki area yang datar, pastikan jaraknya tidak terlalu dekat dengan air laut untuk menghindari air pasang, dan jika membuat api unggun pastikan di area yang lapang.

Menikmati Sunrise

Pemandangan matahari terbit di Pantai Rambak
Pemandangan saat matahari terbit / Lena Chang

Letak Pantai Rambak menghadap ke arah timur, membuat pantai ini jadi tempat yang cocok untuk menikmati pemandangan matahari terbit.

Untuk menikmati sunrise di pantai ini maka bisa datang di waktu fajar. Jika berasal dari jauh maka bisa bermalam di penginapan terdekat atau bisa juga camping.

Sunset di Pantai Rambak
Suasana pantai yang tenang / Indah Dutpurnama

Swafoto

Pemandangan Pantai Rambak pada siang hari
Perpaduan langit biru dan pasir putih yang memukau

Saat berkunjung ke pantai ini jangan sampai lupa untuk mengabadikan keindahan alamnya dalam sebuah foto untuk kemudian mengunggahnya ke media sosial. Ada banyak sudut dengan latar belakang yang Instagramabel.

Semisal bisa ambil foto dengan latar belakang air laut yang biru atau bisa juga dekat tumbukan batu granit. Selanjutnya untuk hasil maksimal tinggal sesuaikan dengan inginan.

Menikmati Hidangan Seafood

Di sekitar pantai juga terdapat warung yang menyediakan berbagai hidangan khas laut dan pengunjung bisa menyantapnya sambil menikmati pemandangan pantai yang indah.

Hidangan yang jadi favorite pengunjung yaitu ikan dan cumi bakar yang dipadukan dengan sambal goreng atau sambal kecap. Akan lebih nikmat jika memesan kelapa hijau muda untuk minumnya.

Tips Berkunjung ke Pantai Rambak

Untuk yang berencana akan berkunjung ke Pantai Rambak ada baiknya membaca beberapa tips berikut agar bisa liburannya bisa menyenangkan.

  • Untuk mendapatkan pemandangan yang maksimal maka bisa berkunjung di bulan-bulan musim kemarau seperti bulan Juni s/d Agustus.
  • Sebelum pergi berkunjung ada baiknya pantau terlebih dahulu perkiraan cuaca, berkunjung ke pantai di musim hujan tidak direkomendasikan.
  • Jika ingin mendapat suasana lebih tenang maka bisa berkunjung di hari biasa seperti hari Senin s/d Jumat, di akhir pekan biasanya cukup ramai.
  • Tidak disarankan untuk berenang terlalu tengah jika tidak memiliki pengalaman berenang di laut dan hindari berenang saat ombak besar.
  • Jika berkunjung di siang hari jangan lupa menggunakan tabir surya dan penutup kepala karena terik sinar matahari cukup menyengat.
  • Jangan lupa membawa peralatan renang dan main pasir jika liburan membawa anak-anak.
  • Membawa uang tunai dalam jumlah yang cukup, karena lokasinya jauh dari ATM atau mini market.
  • Tidak membuang sampah sembarangan, karena selain merusak alam juga merusak pemandangan.

Kekurangan Pantai Rambak

Setiap tempat wisata tentu saja memiliki kekurangan, terlebih jika pantai masih kelola oleh swadaya masyarakat. Nah, pantai ini juga memiliki kekurangan dalam hal pengelolaan, fasilitas, dan keamanan.

Itulah ulasan terkait Pantai Rambak, Sungai Liat, Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Jika terdapat informasi yang keliru dan punya pengalaman berbeda ketika berkunjung ke pantai ini maka bisa kirim ulasannya di bawah ini.

11 Ulasan dari pengunjung

  1. Pantai yg tidak jauh sebenarnya, hanya tidak banyak yg kesana sehingga agak sepi.

    Seperti pantai2 lainnya di sekitar sungailiat ada batu besarnya, pasirnya bersih, bagus buat foto2. Kalau datangnya fajar bisa nunggu sunrise.

    Ongkos masuk 3.000 per org. Parkir kendaraan tdk dihitung. Disini tersedia pondok (50.000-100.000) kalau mau sewa, bisa sewa pemanggang 20.000. Ada yg jual seafood, ikan bakar, cumi bakar, dll. WC dan tempat bilas jg ada walau sederhana.

  2. Sudah lumayan bagus untuk spot santai dipantai, terdapat musola dan wc umum serta pondokan untuk kumpul kelurga.
    Saran saya, sangat rekomendasi untuk bakar2 ikan dan jagung di sini,, trus bgini saja, agar tidak terlalu ramai pengunjung,..jika ramai pengunjung susah untuk foto sendiri.. Coba untuk sediakan sarana untuk pasangan baru.. Contoh nya sarana villa dengan harga terjangkau, tidak seperti pantai di dekat situ, agar bisa pre-wedding atau bulan madu..

  3. Saya mengunjungi Pantai Rambak pada Selasa sore, dan suasananya sepi. Saya suka itu. Tidak banyak orang di sana, suka pantai pribadi. Airnya jernih. Bagus untuk berenang. Ada beberapa bebatuan besar dan bagus untuk spot foto. Tiket masuknya Rp3.000 / orang. Direkomendasikan.

  4. Pantai Rambak ini termasuk pantai yg tak dikelola namun untuk keindahannya ga perlu dikhawatirkan lagi deh, disini juga banyak bebatuan yg besar serta birunya air dan juga tingginya gelombang air laut/ombak yg membuat pantai ini sangat indah, bisa berenang juga tanpa khawatir terbawa arus ombak karena ada batu yg mengahalanginya, fasilitasnya pun memadai seperti kran untuk bilasan, wc maupun musholla serta pedagang mie dan kelapa muda juga ada😉

  5. Banyak bebatuan bagus.. air jernih.. cocok untuk berfoto.. karcis masuk 10 ribu untuk mobil.. ada tempat mandi dan toilet.. bisa sewa pondok dan pemanggang.. ada jual kelapa muda, snack dan minuman..

  6. Pantai yang bagus dengan pasir putih dan umang2 yang banyak, serta bebatuan besar dipinggir pantai, banyak juga batu karang putih dan kerang besar dipasir untuk aquarium🤭.ombak pantai ini tergolong besar dan kadang2 bisa ganas. Jika dilarang oleh pemandu pantai maka tidak boleh berenang berarti ombak lagi besar, mitos jika ada yang ngotot masih berenang maka akan menemui ajalnya, saat disana ucapan kita dijaga tidak boleh sombong.atau bicara tidak senonoh. Jika anda ke arah batu2 besar yang setengah tenggelam di air, harap hati2 sebab dibawah bebatuan itu bisa ada ular air yang besar. Saya pernah kearah bebatuan besar itu dengan menijak2 batu2 itu , terasa ada yang licin agak lembut dan bergerak, tapi rasanya agak besar, saya takut sekali ihh …seram, asal ingat itu. sebab bebatuan itu sudah puluhan tahun disana. kami berenang agak dipinggir sebab hentakan ombak sangat kuat. Tetapi dari semua itu,,,, sangatlah menyenangkan dipantai itu. Rindu rasanya ingin kembali kesana memandang indahnya batu2 besar nan indah🤔❤️

  7. Pantai yang sangat indah, terletak di kota Sungailiat Bangka Belitung. Jarak dari Bandara Pangkalpinang ke lokasi sekitar 45 menit. Hamparan pasir putih yang luar, air yang bening, batu batu yang sangat besar membuat pantai ini menjadi magnet bagi para traveller

  8. Pantai alami dengan ciri khas batu batuan besar di garis pantai. Air lautnya jernih. Biaya masuk satu mobil plus penumpang hanya 20K. Tersedia pondokan yg disewakan dgn harga 100K utk pondokan besar yg dpt digunakan hingga 10 org.

  9. View nya bagus, Ombaknya tidak terlalu besar, kita bisa berenang tp harus tetap hati2. Akses menuju pantai rambak bisa goggling di goggle maps. sebaiknya pergi di hari kerja agar tidak terlalu ramai.

  10. Pantainya bagus, bersih, pas ke sana hari biasa, jadi gak ramai sama sekali. Bisa sewa pondok dan ada air bilas setelah main air laut. Ombaknya seru banget, anak2 bisa main, tapi tetep harus dgn pengawasan orangtua ya..

  11. Pantainya bagus, cukup luas dan banyak bebatuan besar yg bisa dijadikan tempat bersantai dan foto, hanya saja pengelolaannya masih kurang, dari segi fasilitas dan keamanan masih belum di kelola dengan baik. Semoga pemda mengelolanya dengan lebih baik lagi karena pantainya bagus buat tujuan wisata keluarga.

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here