Pantai Tanjung Pasir

Pantai Tanjung Pasir
Pantai Tanjung Pasir

(3.7/5 dari 17 Pengunjung) Baca ulasan

Alamat: Tj. Pasir, Teluknaga, Tangerang, Banten 15510

Mendekati suasana liburan sekolah sekaligus liburan Natal dan Tahun Baru, tentunya wisatawan sekalian sudah harus menyusun rencana perjalanan liburan. Salah satu destinasi liburan yang tidak pernah akan sepi saat liburan adalah pantai. Selain murah meriah,wisata ke pantai juga dipercaya akan membantu menghilangkan penat.

Seperti yang kita tahu bahwa Indonesia adalah sebuah negara kepulauan terbesar di dunia? Bila dilihat dari citra satelit jumlah pulau yang masuk ke dalam wilayah negara kita adalah sebanyak 18 ribu pulau lebih. Dengan baru 9000-an pulau yang sudah bernama, sisanya masih belum dinamai.  Negara kita memiliki garis pantai sepanjang lebih dari 81.000 km.

Dengan garis pantai sepanjangini tentu saja, hampir seluruh provinsi di Indonesia akan mempunyai wisata pantai yang diandalkan. Tidak terkecuali dengan provinsi Banten, tepatnya di Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, ada sebuah pantai yang wajib wisatawan kunjungi. Nama pantai yang kerap menjadi tempat wisata warga Tangerang ini adalah Pantai Tanjung Pasir.

Di Pantai Tanjung Pasir ini, wisatawan akan disuguhkan pemandangan yang mempesona berupa jejeran pulau-pulau dari kepulauan seribu. Dengan hamparan pasir putih yang luas, dan banyaknya pohon teduh yang tumbuh subur, membuat wisatawan pastinya betah berlama-lama di pantai ini.

Rute Menuju Pantai Tanjung Pasir

Untuk menuju Pantai Tanjung Pasir ini cukup mudah. Karena letaknya yang hanya berjarak 5 km dari BandaraSoekarno Hatta, menjadikan pantai ini adalah pilihan yang tepat untuk wisatawan yang berasal dari Jakarta.  Dari Bandara Soekarno Hatta, wisatawan akan memulai perjalanannya dengan keluar dari pintu belakang, atau yang biasa disebut orang dengan pintu M1.

Setelah itu wisatawan hanya tinggal melanjutkan perjalanan ke arah utara sejauh 5 km. Wisatawan tidak perlu khawatir akan tersesat, karena penunjuk jalan menuju pantai ini terpampang jelas sepanjang perjalanan. Selain melewati Bandara, wisatawan bisa melewati jalan lain yaitu melalui jalan tembus dari Kapuk. Atau bisa juga melewati pasar Cengkareng, dengan kondisi jalan yang sama mulusnya.

Bila wisatawan berkendara dariarah Tangerang kota, wisatawan hanya akan menempuh jarak 25 km untuk sampai kePantai Tanjung Pasir. Dengan jaraknya yang dekat dengan bandara, maka wisatawan akan sering melihat banyak pesawat take off dan landing.  

Hal unik dari pantai ini adalah Pantai Tanjung Pasit tidak dikelola oleh dinas pariwisata atau pemerintahan daerah setempat, tapi dikelola oleh TNI Angkatan Laut. Karenanya ketika wisatawan memasuki kawasan Pantai Tanjung Pasir, wisatawan akan menemukan tulisan Posal TNI AL.

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Pasir

Sama seperti tiket masuk padakebanyakan pantai lainnya, harga tiket masuk Pantai Tanjung Pasir cukup terjangkau. Wisatawan hanya perlu merogoh kocek Rp. 15.000 saja untuk satu orang pengunjung. Cukup murah dan terjangkau untuk pantai yang memiliki banyak fasilitas di dalamnya. Wisatawan tidak akan sulit menemukan wc umum, musholla dan bermacam warung yang menjajakan berbagai makanan.

Bila wisatawan membawa kendaraan sendiri, tarif yang dikenakan untuk biaya parkir di pantai ini memang terbilang cukup mahal. Wisatawan harus merogoh uang senilai Rp. 10.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp. 20.000 untuk kendaraan roda empat. Namun, kenyamanan tempat parkir memang masih harus dibenahi.  Karena dengan tarifnya yang cukup mahal, kondisi lapangan parkir terlihat terlalu apa adanya.

Aktivitas di Pantai Tanjung Pasir

Dengan jaraknya yang cukup dekat dari pusat kota, maka tidak mengherankan pantai ini ramai dikunjungi banyak pengunjung. Pantai yang dibuka selama 24 jam ini, baik saat pagi harimaupun sore hari selalu ramai.

Biasanya para pengunjung akan memanfaatkan pantai ini untuk berolah raga dikala pagi, atau menikmati sunset yang indah saat sore hari. Berikut ini adalah berbagai aktivitas yang bisa wisatawan lakukan di Pantai Tanjung Pasir.

1. Menikmati pemandangan alam

Mengunjungi wisata alamseperti pantai tentunya diharapkan akan membuat wisatawan bisa melepaskan sejenak beban pikiran dan kepenatan. Memandang laut dan menghirup udara laut dipercaya akan memberikan kesegaran bagi para wisatawan.

Wisatawan juga bisa memanfaatkan fasilitas hotel yang ada didekat pantai, untuk lebih memaksimalkan pengalaman menikmati keindahan Pantai Tanjung Pasir.

Wisatawan bisa melakukan reservasi di Tanjung Pasir Resort bila ingin menginap. Dengan tarif yang terjangkau hanya sekitar Rp. 550.000 pada saat weekend dipastikan akan memanjakan wisatawan dengan keindahan pantai. 

Selain itu, resort ini juga memiliki fasilitas memancing yang hasil pancingannya bisa langsung di olah menjadi hidangan yang sedap dan menggugah selera.

2. Bermain di pantai sepuasnya

Pantai Tanjung Pasir memiliki bibir pantai yang cukup luas yang memungkinkan wisatawan bebas bermain dipantai. Wisatawan bisa bermain pasir di pasirnya yang putih, membuat istana-istana pasir bersama anak-anak. 

Atau bila ingin bermain air, ombaknya yang tidak terlalu besar memungkinkan wisatawan untuk bebas bermain air disekitar pantai.

Wisatawan juga bisa bermain wahana watersport yang tersedia di pantai ini seperti banana boat. Wisatawan akan diajak berkendara diatas sebuah perahu berbentuk pisang besar sampai ketengah laut, lalu setelah sampai di tengah laut perahu akan ditegulingkan. Tentunya adrenalin yang dirasakan akan sangat menegangkan. Wisatawan tidak perlu khawatir tenggelam karena akan ada crew yang akan mengawasi sepanjang perjalanan.

3. Menyeberang ke Pulau Untung Jawa

Bila wisatawan ingin melanjutkan pelesir ke Pulau Untung Jawa, maka wisatawan bisa menggunakan perahu dari Pantai Tanjung Pasir untuk menuju kesana.

Wisatawan bisa menyewa perahu-perahu milik nelayan setempat untuk kemudian berangkat ke pulau yang merupakan bagian dari kepulauan seribu tersebut. Dengan tarif sewa perahu sekitar Rp. 20.000 – 50.000 per orang, tergantung negosiasi.

Pulau Untung Jawa terkenal dengan pantainya yang indah berpasir putih dan lautnya yang berwarna biru, Pastinya akan semakin memanjakan mata wisatawan. Namun ada baiknya bila hendak ke Pulau Untung Jawa, jangan berpergian terlalu sore, karena ombaknya akan lebih tinggi.

4. Wisata kuliner

Dengan banyaknya warung makan yang menjajakan hidangan khas laut, wisatawan tidak harus repot membawa makanan dari rumah. Semua hidangan laut yang ada di Pantai Tanjung Pasir dijamin segar karena baru saja ditangkap nelayan.

Wisatawan bisa menyesuaikan menu dengan budget yang dimiliki, karena segala harga tersedia disini. Ada baiknya bertanya harga dahulu sebelum memesan untuk menghindari ketidak sesuaian harga nantinya.

Bagaimana? Pastinya wisatawan sudah tidak sabar untuk berwisata ke Pantai Tanjung Pasir, bukan? Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari ibukota pastinya bisa menjadi pilihan wisatawan yang menginginkan berwisata namun tidak menguras banyak biaya.

Jangan lupa berikan komentar pada kolom dibawah bila wisatawan memiliki pengalaman berwisata ke Pantai Tanjung Pasir. Selamat berlibur.

BAGIKAN

17 Ulasan dari pengunjung

  1. Pantainya sih bagus, cuman tempat buwat istirahatnya/warung” pinggir pantai kurang nyaman! “kenapa ada sewa bale segala di hitung per bale pula harganya”.. Per bale seharga Rp.20.000 sampai Rp.25.000 Kecuali nggak beli makanan di tempatnya wajar! Kalau sewa tiker sih udah umum..

  2. Pantainya sangat kotor, parkir mahal sekali, pantai ini sepertinya cuma dermaga buat nyebrang ke pulau2 kecil. Foto2 bagus yg ada di internet sepertinya foto pantai di pulau kecil tsb.

    Ulasan detail
    1. Akses : dari tangerang kota lewat belakang soetta atau dari jkt lewat kamal muara akses cukup bagus, jalan 80% sudah mulus, hanya saja kalo dari arah jkt banyak truk karena daerah pabrik. Overall akses bagus & banyak papan penunjuk arah

    2. Parkir : motor 20rb, mobil gak tau. Mahal sekali

    3. Biaya masuk : ada biaya tambahan 5rb kalau mau ke pantai yg sepi, tapi tetap kotor

    4. Fasilitas & sinyal : ada 2 musholla, toilet umum sulit dicari, ada ojek, tempat makan & nongkrong dgn harga selayaknya tempat wisata (cukup mahal), sinyal tri & xl ada 4g

    5. Penyebrangan : bisa ke pulau lain naik kapal motor, biaya 25rb

    6. Penduduk sekitar : cukup ramah, friendly, & informatif

  3. Pantainya masih kotor, sayang banget seharusnya para pengunjung lebih bisa jaga kebersihan dan termasuk penduduk disana juga agar lebih menjaga kebersihannya agar menarik pengunjung untuk datang kembali.

  4. Tadi banyak sampah BANGET sama banyak bgt ubur2 nya deket bibir pantai,jd gabisa buat berendem jg,kata org disitu abis banjir jd sampanhnua banyakk,kmrn2 sebulan atau dua bukan yg lalu pantainya bagusss ko gabanyak sampah+ubur2 nya jg gada dideket bibir pantai ;))
    Buat harga bilas mandi start idr 3k-10k per ember… Buat biaya masuk 10k satu orang (kalo naik mobil) kalo yg lainnya gatau deh,buat makanan jg enak start 70-275k gt

  5. Pantainya sih enak,,, yg gak enak itu toiletnya. Tarif toiletnya 5rb/ember kecil buat mandi. Mana cukup mandi seember kecil, habis kotor2an main pasir.😪😪

  6. Pantai ny bagus sepi hanya saja karena kurang pengelolaan yg lebih baik utk para pengunjung di pantai, lebih banyak fasilitas utk yg menyebrang ke pulau seribu

  7. Pantai ini banyak di kunjungi pemancing. Karena di situ banyak berdiri puluhan mungkin samapi ratusan bagan bagan sebagai spot tempat memancing. Dari pinggiran pantai sampai agak tengah laut

  8. Tempatnya luas tp masih banyak sampah dipinggir pantai… Pengelola harus lebih memperhatikan kebersiahan dilingkungan pantai agar para wisata lebih nyaman… Semoga semakin ramai… 👍👍

  9. Tempat ini banyak kenangan bersama mantan. Dan kalau mau ke pulau untung jawa ya harus kesini dulu, pernah dijadikan lokasi shooting mermaid in love. Pasirnya putih kaya di bali tapi air lautnya tidak bening kaya disawarna

  10. menurutku tempat ini adalah objek wisata yg bagus tapi kekurangan nya adalah banyak sampah berserakan membuat pantai ini kurang indah.. lebih harus diperhatikan untuk kebersihan nya..

  11. Enak aja buat ngilangin penat kerja dr senen sampe sabtu minggu jelong” ketanjung pasir,,, plong,,, walaupun tempatnya sekarang panas sm airnya kotor klo berenang kulit berasa gatel,,, sdh tercemar ,, banyak ubur” yg mati,,,

  12. Emang paling demen kalo maen kepantai..
    Lokasi nya yang gak jauh dari ibu kota.
    Cocok buat liburan bareng temen atau keluarga. Makan nya murah enak penginapan standar sesuai dengan harganya yang ekonomis.

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here