Pantai Banyu Anjlok

Pantai Banyu Anjlok
Pantai Banyu Anjlok @wulanabe

(4.6/5 dari 15 Pengunjung) Baca ulasan

Alamat: Lenggoksono, Purwodadi, Tirto Yudo, Malang, Jawa Timur 65182

Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, maka Pantai Banyu Anjlok berarti Pantai Air Jatuh. Nah, bisa dibayangkan bagaimana situasi di Pantai Banyu Anjlok kan? Karena memang ada air terjun yang bisa ditemukan di bibir pantai tersebut.

Walaupun ini merupakan salah satu tempat wisata yang “wow” namun masih sangat terjaga keasriannya. karena memang jauh dari tempat pemukiman penduduk. Pantai Banyu Anjlok adalah pantai yang terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Malang.

Pantai Banyu Anjlok adalah salah satu pantai yang menjadi icon salah satu pantai terbaik di Jawa Timur. Karena adanya air terjun di bibir pantai membuat pantai ini terlihat unik. Siapapun yang datang ke sana akan menikmati 2 jenis tempat wisata sekaligus.

Karena hal inilah mengapa pantai ini sangat ramai dikunjungi banyak wisatawan baik lokal maupun asing. Bahkan pantai ini memiliki ombak yang tidak terlalu bergelombang dan hamparan pasir yang bersih. Air pantai ini bersifat payau karena campuran dari air tawar dan air asin sekaligus.

Rute Menuju Pantai Banyu Anjlok

Berikut urutan rute yang bisa dijadikan panduan jika Anda merupakan wisatawan yang berasal dari luar kota Malang: Menuju Kepanjen dari arak pusat kota Malang kemudian lanjutkan ke Lumajang, ambil rute ke kanan di pertigaan Tirtoyudo dan Setelah sampai di papan petunjuk arah untuk Pantai Wediawu dan Pantai Lenggoksono maka lanjutkan dengan membayar tiket masuk. 

Untuk bisa sampai ke Pantai Banyu Anjlok akan ada beberapa pilihan yaitu :

  • Melakukan perjalanan dengan berjalan kaki : Ini bagi Anda yang suka menikmati perjalanan hingga bisa melakukan olahraga ringan. Anda akan berjalan selama kurang lebih 1 jam, karena jarak tempuh yang lumayan jauh.
  • Ojek : Di sana akan ada beberapa penduduk desa yang menyediakan peralatan ojek yang bisa digunakan para wisatawan yang tidak ingin berjalan kaki.
  • Menggunakan Perahu : Jika Anda datang bersama rombongan wisatawan menggunakan mobil maka ini adalah pilihan yang tepat. Karena akses kesana tidak memungkinkan untuk menggunakan kendaraan beroda 4.

Harga Tiket Masuk

Jika ingin mengunjungi Pantai Banyu Anjlok memang ada sejumlah harga tiket masuk yang diperuntukan bagi para wisatawan. Berikut rincian biaya yang dikenakan ketika memasuki kawasan Banyu Anjlok :

  • Di wajibkan membayar tiket masuk Pantai Banyu Anjlok sebanyak Rp. 5.000
  • Biaya parkir sepeda motor : Rp. 5.000
  • Biaya parkir mobil : Rp. 5.000
  • Sedangkan untuk Anda yang menggunakan ojek maka akan membayar Rp. 25.000 yang akan membawa wisatawan dari Pantai Lenggoksono ke Pantai Banyu Anjlok.
  • Membayar Rp. 400.000 jika menggunakan layanan perahu dengan maksimal penampungan 8 penumpang. namun, para wisatawan nantinya bisa menikmati keindahan 3 pantai sekaligus jika menggunakan perahu.

Objek Wisata Pantai Banyu Anjlok

Tidak kalah dengan banyak pantai terkemuka lainnya, Pantai Banyu Anjlok akan menawarkan banyak objek wisata yang menarik, yaitu :

Berendam Di Kolam

Salah satu objek wisata yang menyenangkan di Pantai Banyu Anjlok adalah kolam di atas air terjung yang bisa digunakan sebagai tempat untuk berendam. Nantinya air dari dalam kolam ini yang akan jatuh ke bebeatuan dibawah dan mengalir ke bibir pantai. Sebelum memasuki daerah air pantai, ada banyak wisatawan yang bermain terlebih dahulu di sini.

Air terjun

Seperti namanya, Pantai ini memiliki air terjun di bagian bibir pantai. jadi Anda bisa menikmati objek wisata yang menyenangkan yang satu ini. Bagi yang sangat suka berrendam dan bermain lama-lama di dalam air tawar yang berasal dari air terjun yang dingin tersebut, sangat disarankan datang dan berkunjung ke Pantai Banyu Anjlok.

Goa Sarang Dompet

Bahkan ada objek wisata berupa sebuah gua yang dinamai Goa Sarang Dompet di area Pantai Banyu Anjlok ini. jadi Anda tidak hanya bisa menikmati keindahan pantai beserta air terjunnya saja, lho!

Memancing

Sangat menggemari olah raga memancing? Ini adalah tempat yang bagus dan cocok bagi pemancing untuk mendapatkan banyak ikan dengan menikmati pemandangan menarik. Bahkan Pantai Banyu Anjlok ini sangat dikenal dengan banyaknya hasil pancingan yang berupa ikan dan juga cakalang seta cumi-cumi.

Menangkap lobster

Di daerah Pantai Banyu Anjlok ini ada daerah penangkaran Lobster. jadi bagi Anda yang ingin melakukan penangkapan lobster bisa melakukannya di sini. Ini pastinya akan menjadi momen yang menyenangkan selain hanya melakukan aktifitas memancing biasa.

Penginapan Di Banyu Anjlok

Pantai ini juga menyediakan tempat penginapan atau homestay yang sangat bagus dan nyaman. Selain penginapan, Anda juga bisa menggunakan rumah warga sebagai alternatif untuk mendapatkan penginapan yang lebih murah dan bisa menikmati pemandangan Pantai selama beberapa hari kedepan.

Nah, demikianlah hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Banyu Anjlok. Ada beragam kegiatan menyenangkan yang akan memberikan kenangan yang tak terlupakan. Jadi tunggu apa lagi? Yuk jelajahi Pantai Banyu Anjlok!

BAGIKAN

15 Ulasan dari pengunjung

  1. Bagus, pake banget. Pertama kali kesini dan pengen lagi kesini, kudu naik sampan yg bayar cuma 50k perorang, akan diantar ke 4 tujuan berbeda. Sak puasmu lah jalan2 dimari. Puas maen air asin, bilas air tawar, main air asin lagi bilas lagi. Pulang dr sini demamπŸ˜‚

  2. Pantai yang berada di selatan kabupaten malang, butuh waktu 3-4 jam dari pusat kota malang menuju pantai ini. Pantai yang indah dan bersih, kita juga bisa sewa perahu untuk menuju air terjun air tawar yang berada di pantai seberang.

  3. Pengen menikmati air terjun sekaligus keindahan pantai? Bisa banget. Di tempat ini menyajikan wisata alam air terjun dipinggir laut. Penasaran? Langsung aja kesini. Untuk menuju tempat ini, bisa melewati jalur darat atau laut. Untuk jalur darat, pengunjung diharuskan tracking sekitar kurang lebih 5km (cocok untuk pecinta tracking), namun jika anda tidak terlalu suka jalan jauh, saya sarankan untuk lewat jalur laut saja kesini, tinggal menyewa perahu sampailah ditempat bagus ini. Tp untuk yg jalur laut, juga cukup menantang loh, sebab ombaknya lumayan besar jd kalo belum terbiasa naik perahu bisa mual. View tempat ini bagus sekali.

  4. air terjun yg langsung ke pantai, keren adem, bersih, airnya air tawar, klo mau naik ke atas ada lagunanya, bisa buat berendem dan berenang, sebaiknya pake pelampung buat jaga2 apalagi klo yg ngk bisa berenang, soalnya lumayan dalem

  5. Banyu anjlok merupakan salah satu pantai yang unik di malang selatan, terletak di daerah legoksono, purwodadi, tirtoyudo. Di Pantai ini ada sebuah air terjun yang jatuh nya langsung di bibir pantai.. sehingga suasana menjadi sangat indah dan unik,

  6. Bagus,,cuma perjalanan menuju banyu anjlok ini melelahkan, kalau mau kesini jangan pakai motor Matic, soalnya jalannya curam dan berkelok, dan jangan datang di musim kemarau, karena gelombang besar jadi ga bisa menggunakan perahu ke banyu anjlok harus nyewa ojek (harga nyewa ojek 50rb/org) atau jalan kaki tapi cukup jauh,

  7. Pantai banyu anjlok ini masih satu lokasi dengan pantai lenggoksono. Pantai ini sangat cocok untuk berselfi ria karena spotnya ok banget. Untuk bisa ke pantai ini, kita harus menggunakan jasa perahu dengan harga per orang dan juga harga rombongan. Jadi kalau pergi ke pantai lenggoksono jangan sampai melewatkan pantai banyu anjlok juga.

  8. Banyu anjlok adalah tempat pertama yg sangat unik menurut saya. Saat pertama kesana saya sungguh takjub dengan keindahan alam tuhan ini. Sebuah air terjun yang mengalir langsung ke pantai. Perjalan menuju lokasi ada dua akses naik perahu dan motor. Jika naik motor perjalanan sangat memacu adrenalin karena jalan sedikit extrim.

  9. Mix antara pantai dan waterfall πŸ™‚
    .
    Ini baru kali pertama saya datengin pantai yang ketemu langsung dengan air terjun.
    .
    Track menuju ke pantai banyu anjlok ini sulit sih menurutku. Ke.arin kita pakai motor ngelanjutin perjalanan dari pantai lenggoksono langsung ke pantai banyu anjlok ini. Kita harus ngelewatin bukit yang kanan kirinya extreme banget. Ngeliat jurang kanan kiri bikin makin deg degan hati ini πŸ™
    .
    Sebenernya kalau mau aman sih kalian ngga perlu ngetrack bukit pake motor ginian. Kalian bisa langsung naik perahu dari pantai lenggoksono nya langsung ke pantai banyu anjlok. Cuma karena kita yang minim budget dan emang pingin sok sokan jelajah alam gitu. Akhirnya tetep aja kita lanjut ngetrack bukit tadi.
    Ini extreme banget sih menurutku dibanding tracking ke pantai Sempu, tiga warna Gatra dll. Soalnya bener bener jalan setapak ya g kita paksa pakai motor bisa masuk. Akhirnya ada motor dari rombongan kami sampe rem depannya blong
    .
    Oh ya, dibalik jalur tracking yang extreme banget itu. Tetep aja pantai dan air terjunnya seketika jadi obat ilangin kesel dan capek.
    Kalian bakalan disuguhi pemandangan laut yang biru tenang sembari berendam di air tawar dibawah air terjun. Dibawah air terjun tersedia kolam alami yang jernih banget airnya. Cuma emang dalam sih, jadi kalau kalian ngga bisa berenang sangat tidak disarankan. Tapi kalau kalian jago berenang ini asik banget sumpah !!
    .
    Kalian langsung bisa turun ke pantainya dari tempat waterfall lewatin tangga yang licin. Tapi ngga perlu khawatir kok, ada tali tambangnya yang sangat membantu kalian buat turun dengan aman tanpa terpeleset *semoga πŸ™‚
    .
    Selamat menikmati fasilitas dari Allah, jangan lupa untuk tetep sholat ya meskipun lagi liburan di pantai daaaan tetap jaga kebersihan dan keasrian alam.
    Happy holiday guys πŸ™‚

  10. View yang Masya Allah indah..pertemuan air tawar yg langsung dari air terjun dengan air laut yg menakjubkan..pantainya sepi..poto able banget lah..bisa di tempuh dengan japan kaki menyusuri hutan dan bukit, atau naik motor atau dengan perahu nelayan..

  11. Pantai banyu anjlok adalah salah satu Destinasi wisata favorit di Malang Selatan, karena memiliki keindahan yang unik serta ada yang menjadi daya tarik wisatawan, yaitu air terjun berpadu dengan ombak pantai. Sejarah pantai banyu anjlok artinya dalam bahasa Indonesia adalah Air jatuh, karena disana ada fenomena air tawar yang membentuk air terjun langsung jatuh ke bibir pantai, ada juga Goa Sarang Dompet yang terletak didekat pantai banyu anjlok.

  12. Di sini anda bisa renang di atas air terjun. Air terjun yang jatuh langsung mengalir ke laut. sangat indah sekali. Airnya terjunnya sangat dingin. Karena air jatuh dari bukti tinggi itu dinamai pantai banyo anjlok.

  13. Tempat yg lumayan nyaman, cocok untuk keluarga, kerja, dan santai. Keamanan cukup, kebersihan cukup, keluasan area juga cukup. Disekitar juga banyak kuliner,

  14. Pemandangan pantainya sangat bagus dan indah, cuma akses perjalanan sangat sulit kalau lewat jalur darat dan kalau lewat laut bisa dari lenggaksono cuma di batasi waktunya sama tour guidenya. Kalau jalur darat hanya bisa dengan motor dan jalannya sangat sempit dan rusak parah.

  15. Tempatnya asik masih alami. Dan semoga saja tetep alami sehingga tidak tercemar oleh sampah sampah dari pengunjung yg tidak bertanggung jawab. Untuk ke lokasi banyu anjlok harus memesan perahu dengan minimal penumpang 8. Ada beberapa spot,rumah apung,banyu anjlok,pantai bolu bolu dan tempat untuk diving.

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here