Pantai Balekambang

Pantai Balekambang
Pantai Balekambang @jasonjonathansiby

(4.6/5 dari 20 Pengunjung) Baca ulasan

Alamat: Jalan Balekambang, Balaikambang, Srigonco, Bantur, Malang, Jawa Timur 65179, Indonesia

Pantai Balekambang ini merupakan salah satu pantai yang sedang ngehits di Malang. Bahkan ini dijadikan perumpamaan akan “tanah Lot” nya Malang. Karena pemadangan yang sangat indah yang disamakan dengan Tanah Lot  wisata di Bali. Tidak mengherankan mengapa pantai ini menjadi salah satu pantai yang kerap dikunjungi para wisatawan.

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati keindahan panorama pantai ini hanya diperlukan membayar sebesar Rp. 10.000. Ini tentunya harga yang lumayan murah jika dibandingkan dengan kepopuleran Pantai Balekambang, Malang ini.

Rute Menuju Pantai Balekambang

Pantai Balekambang adalah pantai di kota Malang yang berada di Desa Sringoco. Pantai ini adalah kawasan wisata yang berada di Selatan pusat kota Malang sejarak 60 km dari pusat kota.

Anda akan mendapati akses jalan yang mudah dilewati, aspal yang mulus namun memiliki banyak belokan tajam yang harus membuat para sopir berkemudi dengan hati-hati.

Peta lokasi Pantai Balekambang bisa dengan mudah didapat melalui aplikasi Google Map atau Waze.

Objek Wisata

Setelah Anda mengikuti rute dan alur yang benar maka Anda akan menemukan Pantai Balekambang yang menyajikan banyak sekali objek wisata yang menarik.

Bermain Air

Ini merupakan kegiatan yang akan dilakukan oleh siapapun yang berkunjung ke pantai ini. Bagaimana tidak, hamparan pasir putih dan birunya air akan membuat siapapun tertarik untuk langsung memainkan air di tepi pantai.

Menyusuri Pantai

Hal menyenangkan lainnya yang bisa dilakukan di pantai ini adalah perjalanan menyusuri pantai dengan menikmati indahnya pemandangan, belaian ombak yang tenang dan usapan lembut sang angin. Pantai Balekambang ini memiliki garis pantai yang lumayan panjang, hingga menyenangkan untuk ditelusuri bersama seseorang maupun teman-teman dan keluarga.

Meniti Jembatan

Anda harus mengetahui bahwasanya pantai ini memiliki keunikan tersendiri yakni adanya 3 pantai karang lepas. Ada 3 pulau yang bisa dinikmati sekaligus jika mengunjungi Pantai Balekambang ini, yakni pulau Wisanggeni, Hanoman dan Ismoyo.

Untuk mencapai daerah pulau Hanoman, maka wisatawan bisa menggunakan fasilitas yang ada atau berjalan kaki ke sana. Jika hendak mengunjungi pulau karang tersebut, maka telah disediakan jembatan yang akan menjadi penghubung keduanya.

Pesona Pantai

Pemandangan Pantai Balekambang
Pemandangan Pantai Balekambang @pringgondanipenangsang

Ada banyak sekali hal yang membuat seorang wisatawan ingin mengunjungi ataupun berkunjung ulang ke sebuah tempat wisata seperti Pantai Balekumbang ini. Salah satunya adalah keindahan pantai yang membuat siapapun menjadi takjub. Ini akan menjadi momen yang tak tergantikan.

Flying Fox

Pantai Balekambang juga merupakan sebuah tempat wisata yang menyajikan objek wisata menegangkan dan seru yakni flying fox. Ini merupakan wahana seru yang akan membuat siapa saja menjadi lebih terpacu dan bersemangat. Hanya saja wahana yang satu ini tidak tersedia setiap hari, hanya ada pada weekend alias sabtu dan minggu.

Bersantai Dihamparan pasir

Bersantai merupakan kegiatan “wajib” yang dilakukan oleh para pengunjung pantai. Apalagi jika bersantai dan bermain dengan hamparan pasir putih yang terpamapang di sepanjang bibir pantai ini. Wah, pastinya ini akan menjadi hal yang ditunggu-tunggu demi melepaskan sejenak rasa lelah dan penat akibat rutinitas harian dan beragam permasalahan.

Sunset Pantai Balekambang
Sunset Pantai Balekambang @ismahanchrnns

Sunset? Ya, pemandangan indah yang disajikan oleh matahari yang terbenam menjadi salah satu alasan mengapa seseorang mengunjungi sebuah pantai. Indahnya pemandangan dikala sunset memang akan memukau banyak mata yang memandangnya. Bahkan ini bisa menjadi hal romantis yang bisa dilakukan bersama pasangan, lho! Apalagi jika sedang merayakan sebuah perayaan spesial.

Menikmati Sunrise

Tidak hanya pemandangan matahari tenggelam yang seering diburu para wisatawan. Sunrise alias matahari terbit juga merupakan sebuah pemandangan indah yang tiada duanya jika dinikmati disebuah pantai. Apalagi dengan keheningan, keindahan bibir pantai ini, pastinya akan memberikan kenangan yang tak terlupakan. Biasanya para pengunjung yang ingin menikmati sunrise akan bermalam di sana.

Camping, Menikmati Sepanjang Malam

Nah, melakukan acara berkemah di sepanjang bibir pantai atau camping adalah pilihan terbaik bagi yang ingin mengejar sunrise atau menghabiskan malam yang tenang di sana. Kebanyak kan? Bagaimana indahnya jika bisa menghabiskan malam dengan keluarga maupun pasangan di pantai? Anda bisa mendengarkan nyanyian debur ombak, bermain dengan api unggun dan tentunya menikmati hamparan pasir pantai.

Selfie

Rugi dong, ya kalau pergi kesebuah tempat yang memiliki keindahan panorama yang tiada dua namun tidak mengabadikannya? Nah, biasanya kegiatan hunting foto dan berselfie ria akan selalu dilakukan siapapun yang mengunjungi pantai ini. Bibir pantai yang panjang seakan tanpa batas ini menjadi hal yang favorit dikalangan pengunjung dan penikmat fotograpi. Ya, siapapun akan berdecak kagum akan keasrian dan panorama indah yang dimiliki oleh Pantai Balekambang.

Nah, demikianlah semua kegiatan yang biasanya dilakukan oleh para penjelajah pantai di Pantai Balekambang ini. tertarik untuk melakukan kegiatan yang sama? Yuk mulai isi waktu liburan dengan mengatur jadwal untuk mengunjungi pantai indah yang satu ini.

Mitos Pantai Balekambang

Cerita misteri Pantai Balekambang Malang yang banyak beredar di masyarakat adalah mengenai mitos bahwa pasangan yang belum menikah(pacaran) yang berkunjung ke pantai ini akan segera berakhir hubungannya(tidak akan langgeng).

Selain itu ada mitos tentang air yang berada di Pantai Balekembang memiliki kasiat untuk awet muda, makanya tidak sedikit wisatawan yang melakukan ritual mengusapkan air ke wajah mereka pada saat mengunjungi pantai ini.

BAGIKAN

20 Ulasan dari pengunjung

  1. pengelolaan tempat parkir minus banget. masih byk yg parkir sembarangan.. pantai nya cukup bersih.. tidak terlalu byk sampah2 bertebaran.. tong sampah perlu di tempatkan di banyak tempat supaya tidak banyak yg buang sampah sembarangan. yg perlu ditingkatkan cuma layanan parkir aja .. kalau bisa buat fasilitas kamar mandi dan mushola yang cukup memadai..

  2. Pemandangannya sangat indah, meskipun berulang kali saya datang kesana t pernah bosan,akses jln menuju kesana juga mudah, pengunjung tdk pernah sepi, selalu ramai, tempat parkir langsung dipinggir pantai jadi kita tdak repot2 bawa barang, banyak juga penjual kerajinan dri kerang hasil daur ulang, seperti souvenir, kelambu dll, penjual pakaian juga banyak,, makanan dsana juga murah dijamin kantong ngak bolong deh, tiket masuk 15 rb, anak balita gratis,wisata yg patut dilestarikan dan dijaga..

  3. Termasuk destinasi pantai tertua di Malang. Berada di Jalan Lintas Selatan Jatim yg ditempih skitar 2jam berkendara dg roda empat. Semua jenis kendaraan dapat mencapai tempat ini dengan sangat mudah. Bahkan dg bis pun bs.

    Terdapat lbanyak penginapan di lokasi ini. Warung makan dan ragam souvenir pun dpt dg mudah dijumpai. Sinyal komunikasipun terbilang lancar disini.

    Perhatikan jadual pasang surut jika ingin bermain2 air, dan tetap jaga keselamatan dan keamanan karena pantai ini tetap pantai selatan jawa (samudera indonesia)

  4. Wisata Pantai dengan pasir putih yang panjang. Ombak Samudera Indonesia yang besar menambah keunikan pantai ini… meski tidak bisa berenang hingga agak jauh ke laut karena kedalaman dan ombak, justru menarik atraksi menunggu ombak besar di tepi pantai.. neski harus tetap hati hati, khususnya bagi yang membawa anak agar tidak terseret ombak

    Tahun 2019 harga tiket IDR 16K per orang. Tempat parkir, mandi air tawar, musholla, tempat makan dan toko oleh oleh baju bale kambang banyak disediakan.

  5. akses melewati pedesaan dengan tikungan tajam..ada sebagian jalan yg rusak..parkir kendaraan cukup luas…terdapat penjual makanan souvenir..

  6. Pros:
    Pantai paling dekat bila anda dari Malang via Gondanglegi. Akses jalan sudah cukup bagus (full aspal) menuju pantainya. Parkir di pantainya juga sangat mudah mengingat pantai ini adalah pantai yg memanjang (tidak membentuk teluk).

    Cons:
    Pantai ini cukup berdebu, mungkin karena ukuran butiran pasir di pantai ini cukup kecil sehingga mudah terbawa angin yang cukup besar di pantai selatan. Untuk akses ke pulau yg ada Pura nya, parkir cukup sulit apalagi saat peak season, jadi lebih baik bawa kendaraan roda 2 bila tidak ingin macet macetan disitu.

  7. Pantai Balekambang terletak di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Malang. Pantai ini termasuk pantai di Malang yang mudah dijangkau karena akses jalannya lumayan mulus dan mudah untuk dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. antai Balekambang memiliki HTM yang tergolong murah, kemarin kami hanya mengeluarkan uang Rp. 10.000,- untuk parkir dan tiket masuk bermalam di Balekambang.

  8. HTM 15ribu per orang informasinya. Cuman pas kami kesana kemarin kebetulan naik mobil bersama keluarga dihitung 5 org dewasa bayarnya 85ribu. Yang menarik dari pantai balekambang adalah karang besar yang terdapat pura diatasnya. Mirip yang lot nya Bali cuma ada nya di Malang. Memang diantara pantai-pantai yang ada di JLS (Jalur Pantai Selatan) Balekambang termasuk yang paling hits, dikarenakan lebih dulu populer dan sering digunakan untuk event2 kabupaten. Pas masuk kedalam ramai sekali orang berkunjung. Bahkan ada yg bawa truk dengan salon musik yang berukuran cukup besar. Untuk fasilitas yang ada meliputi warung makan sederhana dengan menu ringan mie, pop mie, minuman2 sachet. Kamar mandi yang kadang airnya sedikit. Tempat sholat. Sayang nya tidak ada mushola dipantai ini jadi bila mau sholat harus bergantian sebab tempat solat yg disediakan cukup sempit. Juga banyak toko merchandise seperti kaos balekambang, gelang, kalung dll. Lebih banyak dibandingkan pantai lain. Yang masih kurang mungkin masalah kebersihan. Banyak sekali sampah berhamburan disudut2 pantai. Para pengunjung seakan tidak peduli dengan lingkungan. Hal ini juga sebenarnya disebabkan karena kurangnya tempat sampah yg disediakan oleh pengelola. Pengunjung ogah ambil pusing akhirnya buang sembarangan. Untuk fasilitas lain yang cukup menarik adalah wahana flying fox yang biaya per orangnya 30ribu. Bonus foto langsung bisa dikirim di HP. Untuk pedagang kaki 5 juga sakabrek mulai dari cilok, ice cream, es puter, layangan, pesawat2an, sewa ban, dll. Yang perlu diketahui adalah ombak laut yang ganas. Tidak diperbolehkan berenang di laut lepas karena memang cukup berbahaya. Hanya saja dibalik karang didekat jembatan ada sedikit lekukan pantai yg cukup aman untuk anak bermain air. Sementara itu dulu info seputar balekambang. Info yang lain diupdate dilain waktu..

  9. Bagus, bersih, nyaman… Fisilitas juga sudah memadai.. Cocok banget buat jalan sendiri sendiri atau rame rame… Bnyak tmpat makan di area pantai, jadi ga bingung kalo tiba tiba habis berenang kelaparan😁… Banyak yg jual baju juga, kalo habis berenang taunya lupa bawa baju ganti.. Bisa tinggal beli di deket deket tmpat parkir…

  10. Pantai ini emang bagus banget.ombaknya tenang.perjalanan dari kota kepanjen cukup 1jam aja
    Tapi kalau lewat pagak hanya 25menit.tapi ya gitu kalau lewat pagak.jalannya agak jelek
    Tapi pantai ini emang the best😍ingin rasanya kembali lagi kesitu

  11. Pantainya bersih… Air lautnya jernih… Pasirnya putih… Jalan akses ke pantai dari kota Malang, beraspal… Meskipun di beberapa titik jalannya menyempit sehingga harus gantian dengan mobil yg dari arah berlawanan… Di pinggir pantai ada kios pedagang makanan dan baju… Recommended untuk dikunjungi….

  12. Pantainya bagus. Datang ke sini serasa datang ke tanah lot. Terdapat 2 pure yang terletak di bukit pantai. Terhubung secara langsung. Mangkanya kadang pantai ini ramai oleh rombongan orangw Hindu yang hendak ke pure. View ya bagus. Namun, untuk sampai disini kamu harus melewati jalan tikungan . pantainya radak jauh dan plosok di kabupaten Malang. Masalah tiket nih agak mengejutkan ya… Ternyata harganya lumayan mahal. Aku kemaren kesana kira2 habis 32. Ada tempat parkir yang didepan. Tapi itu sebenarnya g guna, karena pengunjung bisa membawa kendaraan dimanapun di area pantai. Dan itu g bayar. Jadi jangan Sampek kecolongan ya guys.

  13. Disini ombaknya tidak terlalu besar jadi enak kalau mau main air, ada pura juga, kalau camp disini juga aman, makan ikan bakar malah tambah mantap, area luas, kamar mandi gak susah di cari, recommanded sekali kalau sama keluarga, karena akses jalan menuju lokasi aman dan beraspal.

  14. Perjalanan dari pusat kota cukup memakan 1.5Jam, melewati bukit-bukit, sejauh ini bagus pantainya untuk berkunjung bersama keluarga, tiket masuk hanya 15K, cocok banget buat menghabiskan waktu akhir pekan. Sayang sekali saya masih melihat sampah plastik berserakan, buat anda yang ingin berkunjung, saya harap bisa menjaga lingkungan tersebut dan membawa kembali sampah yang anda bawa. Terima kasih

  15. Awalnya mau ke pantai Batu Bengkung tapj jadinya kesini karena lebih dekat. Akses menuju kesini lewat jalan besar dua arah beraspal jadi aman cm jalannya naik turun berkelak kelok kalau malam minim penerangan. Bayar masuk 15rb/org, parkir mobil 10rb. toilet banyak, ada yang bagus bersih bayar 3rb. kesini sore hari jam 3 sudah surut menuju ke ombak jauh melewati karang-karang. ada pura dan jembatan seperti di tanah lot tapi puranya ditutup lihat dari luar saja. banyak toko suvenir dan jual minuman. buka 24jam bisa menginap disini. pantai bersih. mobil jangan parkir di pasir2 krn susah keluar.

  16. Pantai terjauh yang pernah aku kunjungi. Meskipun akhirnya terbayar dengan indahnya pantai, cm kalau udh masa liburan, macetnya bener² bikin lelah. Kurang sebandinglah kalau menurut aku. Apalagi kalau di tengah prjalanan ke pantai ada kendaraan mogok. Alhasil tambah super duper lama. But, dari semua, syuka sekali sama tempat ini ❤️

  17. Pertama kali dateng kesini bulan februari kemarin guys, tempatnya ternyata keren, harga tiket masuknya 15k per orang parkir mobil 10k bebas pilih tempat, ada banyak stan penjual makanan dan minuman disini, tempatnya masih asri dan nyaman, ada pura juga, banyak spot foto yang disediain pengelola kek ayunan, hiasan dari kayu, hiasan i love you, dll
    pantainya lumayan bersih, cocok untuk liburan bareng keluarga, ataupun sekedar jalan-jalan doang

  18. Pantai balaikambang. Salah satu pantai di kota malang.. pantai yang begitu indah dan cocok untuk destinasi liburan keluarga atau sekedar traveling bareng temen” nongkrong.
    Fasilitas lengkap.. tiket masuk murah.. pasir putih dan ombak yg begitu indah..

    Selamat berwisata….

  19. Salah satu rekomendasi pantai yang harus anda kunjungi jika ke Malang, jarak tempuh pantai ini dari kota memang cukup jauh, tapi lelah kita di perjalanan akan terbayar jika sampai dan terhipnotis oleh keindahan alam yang ada disini. Banyak spot foto yang bisa kalian nikmati, dan menambah stok foto profil kalian.

  20. Pantainya luas, biru, pasirnya putih… Lumayan bersih. Hanya memang tetap harus dijaga kebersihannya, beberapa mulai buang sampah sembarangan.

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here