Pantai Modangan

Pantai Modangan
Pantai Modangan @d_4_v_1_d_d0hc

(4.7/5 dari 18 Pengunjung) Baca ulasan

Alamat: Sumberrejo, Sumberoto, Donomulyo, Malang, Jawa Timur 65167

Malang memang telah populer sebagai surganya wisata. Ada banyak tempat-tempat wisata menarik yang bisa anda kunjungi untuk menghabiskan akhir pekan atau hari libur.

Salah satunya yang terkenal adalah Pantai Modangan yang berada di Kec. Donomulyo, Kabupaten Malang. Mungkin bagi beberapa orang, Pantai Modangan masih sangat asing didengar karena memang pantai ini belum terlalu populer dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Malang.

Hal ini dikarenakan lokasi pantai Modangan yang tersembunyi serta akses nya yang memang sulit dilalui. Meskipun begitu, pesona dan keindahan pantai Modangan tidak akan membuat kecewa saat tiba di tempat tersebut. 

Hamparan pasir pantainya yang putih dan kondisi pantai yang masih sangat alami serta tenang membuat Pantai Modangan ini sangat nyaman untuk tempat berlibur.

Apalagi bagi yang ingin melepaskan diri dari kejenuhan dan keramaian. Keindahan pemandangan lautnya yang dipadukan dengan tebing-tebing karang yang tinggi membuat siapapun akan betah berlama-lama di tempat ini. Nuansananya yang begitu inah bahkan sering disandingkan dengan Pantai Dreamland yang ada di Bali. 

Rute Menuju Pantai Modangan

Pantai Modangan sebenarnya sangat mudah ditemukan, hanya saja akses untuk menuju pantai ini terbilang cukup jauh serta dengan medan yang cukup sulit.

Untuk bisa sampai di lokasi wisata, pengunjung bahkan harus melewati kebun warga hingga menyebrangi sungai. Ada 2 rute alternatif yang bisa digunakan untuk menuju Pantai Modangan, antara lain:

Arah Dari Blitar

Jika titik keberangkatan dimulai dari Kota Bitar, maka rute yang dapat ditempuh adalah menuju Kecamatan Wates. Sesampainya disana, anda bisa menemukan perempatan Pasar Binangun. Dari sana ambil arah kanan dan lanjutkan perjalanan hingga di pasar Wates.

Dari perempatan pasar, belok ke kanan sampai menjumpai pertigaan yang berada di ujung jalan Desa Tugu Rejo. Kemudian belok ke kiri dan dari pertigaan belok lagi ke kanan. Kemudian ikuti terus rute tersebut hingga sampai di Pantai Modangan. 

Arah Dari Malang

Sedangkan jika titik keberangkatan dari kota Malang, silahkan lanjutkan perjalanan hingga menuju Kepanjen. Sesampainya disana, lanjutkan perjalanan menuju Bendungan Sengguruh hingga nantinya sampai di pertigaan pagak.

Setelah itu, anda dapat mencari rute menuju Donomulyo dan kemudian lanjutkan perjalanan hingga ke Wates. Perjalanan yang akan anda lalui mungkin masih beraspal mulus hingga sampai di daerah tersebut. Namun sesampainya di kilometer kedua, sebelum memasuki daerah Desa Sumberoto akan banyak jalanan yang berlubang. Berhati hatilah ketika berada disana.

Harga Tiket Masuk Pantai Modangan

Untuk harga tiket masuk menikmati wisata Pantai Modangan cukup terjangkau, pengunjung yang datang hanya dibebankan tiket masuk Rp 5.000/orang. Dan jika membawa kendaraan pribadi, pengunjung perlu menambah Rp 2.000/motor.

Ditambah lagi jika pengunjung ingin berfoto ria, perlu menambah Rp 5.000 untuk per spot foto. 

Aktivitas Menarik Di Pantai Modangan

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan ketika mengunjungi pantai ini, namun wisatawan tidak disarankan untuk berenang, karena arus dan ombaknya cukup besar, jadi tidak cukup aman untuk berenang.

Wisatawan bisa melakukan berbagai kegiatan berikut ketika berlibur ke pantai Mondangan.

1. Spot Foto Gardu Pandang yang Anti Mainstream

Beberapa tahun belakangan, pantai Modangan kini kian semakin populer dan hits di media sosial. Faktor utamanya tak lain dikarenakan kehadiran gardu padnang nya yang anti mainstream.

Sama seperti wista-wisata hits lainnya, Pantai Modangan juga difasilitasi dengan gardu pandang dengan bentuk “I Love You”. Namun gardu pandang yang ada di pantai ini begitu menarik karena berlatar belakang garis pantai nya yang putih dan dikelilingi pepohonan hijau di sekitarnya.

Pemandangan nya yang indah ini jangan sampai dilewatkan sebagai spot selfie terbaik. 

2. Paralayang

Paralayang di Pantai Modangan
Paralayang di Pantai Modangan @disparbudkabmalang

Ingin menikmati Pantai Modangan dengan cara yang berbeda? Cobalah untuk menikmati wisata paralayang. Gardu pandang yang ada di Bukit Waung dekat Pantai Modangan ini tak hanya dapat dijadikan spot selfie atupun menikmati pemandangan pantai dari atas ketinggian.

Namun pengunjung dapat emncoba paralayang yang seru dan menantang adrenalin.  Serunya paralayang yang ada di pantai ini berbeda dengan wisata paralayang lainnya. Pengunjung akan berayun di angkasa sambil ditemani dengan angin pantai serta aroma laut yang segar. belum lagi dengan pemandangan cakrawala nya yang begitu mempesona.

3. Menikmati Pemandangan Senja Yang Sempurna

Sunset Pantai Modangan
Sunset Pantai Modangan @xekhsan

Aktivitas lainnya yang tak boleh terlewatkan saat berada di Pantai odangan adalah menikmati pemandangan senja nya yang begitu mempesona. Senja yang ada di Pantai Modangan bisa dilihat dari atas Bukit Waung dengan pemandangannya yang begitu luar biasa.

Anda akan takjub dengan keindahannya semburat lembayung nya yang sangat menawan. Sanga indah jika dinikmati bersama dengan orang-orang tersayang. 

4. Camping

Camping di Pantai Modangan
Camping di Pantai Modangan @albert0_3rrik

Selain aktivitas diatas, pantai ini juga bisa dijadikan tempat camping. Wisatawan bisa memilih spot yang diinginkan, bisa mendirikan tenda di sekitar pantai, atau bisa mendikiran di perbukitan Pantai Modangan. Namun banyak wisatawan yang melakukan camping diatas, karena bisa menikmati pemandangan yang indah ke laut lepas dari ketinggian.

Keindahan Pantai Modangan Yang Mempesona

Pantai Modangan merupakan pantai dengan pemandangan yang begitu indah serta kondisinya yang masih sangat alami. Hal ini karena pantai Modangan masih jarang didatangi wisatawan.

Pasir nya yang berwarna putih dan lembut sama sekali tidak ditemukan hamburan sampah. Ditambah lagi dengan deburan ombak yang cukup besar menghantam tebing-tebing bebatuan karang yang semakin membuat pantai Modangan terlihat indah dan eksotis. 

18 Ulasan

  1. Pantai cantik, berpasir putih. Namun sayang kesadaran pengunjung nya kurang di tingkatkan, banyak sampah berserakan. Mungkin kalau anda hendak kesini tolong jangan tinggalkan sampah nya, bawalah pulang kembali sampah anda. Siapkan kantung untuk membawa pulang kembali, demi kelestarian alam dan kenyamanan bersama.

    Dengan pemandangan yang mempesona, biaya masuk yang tak seberapa dibanding pengalaman ‘unik’ yang didapat. Jika beruntung anda dapat melihat atlet yang sedang berlatih paralayang, namun dibawahnya laut, bukan rumah penduduk atau ladang. begitu memanjakan mata.

    Ada beberapa spot untuk berswafoto beberapa berbayar yang bisa kita lihat di foto ada gambar anak panah dan tulisan “kasir selvi” (yang harusnya pake f) wkwkw. Rekomen! Selamat liburan!

  2. Pantai yang indah, bersih dan juga murah, mungkin karena banyak.orang yang belum mengetahui keberadaan pantai modangan ini, pantai ini juga terletak paling ujung dari malang Selatan sehingga hanya beberapa orang saja dan desa sekitar yang mengunjungi daerah pantai ini, disitu juga terdapat paralayang dengan harga yang cukup standar, untuk mencapai pantai modangan ini juga harus melewati jalan yang curam dan terjal, jadi jangan saat setelah hujan karena licin, ada 2 jalan yang dapat dipilih untuk mencapainya. dan hasilnya juga tidak mengecewakan kok.

  3. Pantainya masih alami, begitu juga dengan jalurnya. Mungkin pemerintah setempat atau warga lokal bisa mengembangkan untuk menjadi desa wisata yang terpadu sehingga bisa meningkatkan pendapatan wargac

  4. Tempat terbaik untuk refreshing, tiket murah, tempat masih alami, sepi pengunjung dihari biasa. Walaupun penuh perjuangan untuk ke pantai modangan, tapi akan terbalas dengan keindahan pantainya.
    Dan, jangan lupa untuk menyapa warga disekitar.. #salamlestari

  5. Pantai yg masih asri dan bersih pemandangan yg bagus dgn garis pantai yg panjang…angin kencang sekali dan akses menuju pantai sejauh 2.5 km hancur jalannya….tidak disarankan mobil groundclearen rendah.

  6. Pantainya bagusssssss. Akses jalannya cukup baik dan mudah diakses. Spot foto nggk buat bingung banyak penjual makanan minuman. Ada ojek untuk turun dari paralayang sampe ke pantai atau sebaliknya, per orang 15 rb. Kesana dehh nggk rugi kok 😎😎

  7. Pantainya masih sepi dan asri. Tapi ombaknya besar jadi tidak bagus buat berenang. Jika ingin berenang, bisa di air payaunya. Belum ada fasilitas umum dan warung, jadi disarankan bawa bekal. Pantainya biasa dijadikan tempat bermain paralayang.

  8. Setelah jalan aspal cor berakhir… disinalah petualangan baru dimulai. Apalagi jika habis hujan dijamin kita akan cross atau ber offroad ria…ampun pokoknya. Saat itu kita ambil yang kepantai dulu. Tapi jika anda tidak mampu berkendara dimedan yang sulit saat mendekati pantai, jangan khawatir. Disitu akan ada para penyedia jasa joky khusus motor dengan ongkos seikhlasnya… dan kita tinggal jalan saja. Sesampainya di pantai kita bisa bermain sepuasnya terutama di muara sungai yang langsung terhubung ke laut. Sayang kurang tempat yang agak teduh saat panas.

  9. Sepi . Tempatnya cocok buat para travellers lepas. Jika kalian kesini mending nginep deh. Soalnya kalo dari surabaya g enak kalo g nginep dipantai wkwkwkwk. Ini ada di dekat perbatasan malang blitar . Kalo kalian kesini harus poto dulu disebuah desa yang ada tugunya perbatasan. Warga nya disana ramah tamah. Harus kesini lah para pantailers … good job

  10. Pantainya sangat bersih bebas dari sampah,pasirnya sangat halus dan ombaknya cukup besar & tidak diperbolehkan mandi karena hal tersebut. Sangat seperti pantai pribadi. Namun akses jalan masih sangat sulit & membutuhkan adrenalin. Bagi pecinta trail atau off-road bisa mencoba adrenalin menuju pantai ini

  11. Pantai yg masih alami… Terdapat beberapa spot foto… Kalo di atas jam 12 ombak mulai lumayan tinggi… Kalo pagi sih masih bisa buat berenang… Siip deh pokoknya… Ada paralayangnya juga loh… Bayangin aja.. Betapa indahnya..c

  12. Untuk paralayangnya, modangan benar-benar tidak mengecewakan. Namun, untuk akses menuju pantainya sangatlah sulit dan lebih baik menggunakan motor karena lumayan jauh dari paralayang. Pantai modangan ini menjadi pantai yang sangat bersih dibandingkan pantai pantai lain yang pernah saya kunjungi, mungkin karena akses menuju pantainya sendiri memang sangat sulit.

  13. Di dekat pantai mondangan ini terdapat bukit yaitu bukit waung, bukit waung pantai mondangan ini sangat cocok untuk di jadikan spot foto bersama pasangan, tempat nya yang sejuk dan indah di mata juga terdapat spot foto berlatar love di dekat pantai mondangan..

  14. Sangat bagus & tidak menyesal kesini. Dengan medan yg sangat menantang membuat sy pengen datang lagi. Pemandangan yg sangat indah dari atas sambil menikmati paralayang & keindangan pantai modangan. It’s very amazing place 😍😍 and very recommended for you guys 👍

  15. Pantainya bagus dengan pasir yang luas dan karakter karang yang unik. Bergaris khas dan kering, tidak licin. Sayang akses sepanjang lbh dari 3 km masih berupa jalan batu / makadam dan tanah kebun yg sebagian juga rusak. Ada jalan mutar lewat paralayang yg “lumayan” baik, berupa jalan plester, tapi curam dan sempit, cukup untuk satu motor. Sehingga jika simpangan harus ada yang ngalah minggir.

  16. Awal tahun ke pantainya jalan masih rusak parah. Batu” + lumpur. jalan makin rusak kalau habis hujan. tapi masih bisa kok dilewatin matic. kalau memang kondisunya rame/weekend bakal dibantu sama orang setempat yang jaga. cuma bayar parkir motor. Ada kamar mandi dan musolla.

  17. Pantainya bagus murah dan cocok buat mencari ketenangan ,tapi sayanganya akses kesana masih alami jadi kalau kalian mau kesini siap in mental dan tenaga ,sama satu lagi kalau pasang jangan berenang karena bahaya ombak ganas

  18. Tempat yang sangat indah,pemandangan dari bukit paralayang sangat menakjubkan,ditambah dengan akses jalan yang cukup baik untuk menuju bukit,walaupun untuk menuju pantainya masih belum begitu bagus,tapi sangat dianjurkan untuk berlibur disini,karena masih belum begitu banyak pengunjung,sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga ataupun teman-teman

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here