Pantai Banyu Meneng

Kandangmerak, Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65179

(4.8/5 dari 9 Pengunjung) Baca ulasan

Pantai Banyu Meneng di Malang adalah destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih, ombak yang tenang, dan aman untuk anak-anak bermain air atau berenang. Keberadaan pohon waru laut membuat pantai ini teduh dan nyaman untuk bermain.

Dengan membayar satu tiket masuk, pengunjung dapat mengunjungi tiga pantai sekaligus, yaitu Pantai Banyu Meneng, Pantai Ngentup, dan Pantai Selok. Cocok untuk liburan bersama keluarga dan si kecil.

Pantai Banyu Meneng menjadi favorit pengunjung karena di antara dua pantai sebelahnya, pantai ini paling aman untuk anak-anak berenang. Meski bibir pantainya banyak dedaunan kering dan air laut agak kotor, tetapi pasir yang dekat dengan pantai sangat bersih.

Pantai ini memiliki beberapa warung yang menyediakan makanan dan minuman lengkap dengan toilet dan musholla. Hampir tidak ada sampah manusia, batu karang yang tajam-tajam, dan sampah daun serta ranting juga sangat sedikit di pantai ini.

Keindahan pantai ini sangat memanjakan mata dan suasana alaminya membuat pengunjung merasa rileks saat berjalan menyusuri pantai yang cekung dan berpasir putih. Pantai Banyu Meneng adalah destinasi wisata yang cocok bagi mereka yang mencari pantai yang bersih, alami, dan jauh dari perkampungan desa.

Deskripsi Pantai Banyu Meneng

pantai banyu meneng malang
Di sekitaran tepi pantainya banyak pepohonan yang cukup rindang / Putri F Windiningtyas

Pantai Banyu Meneng, Malang adalah destinasi wisata yang menarik dengan kondisi pantai yang tenang dan damai. Karena pantai ini berada di sebuah teluk, sehingga ombak lepas terhalang oleh bukit karang.

Jika mengunjungi Pantai Banyu Meneng hari ini maka akan nampak perbedaannya, sekarang pantai ini sudah memiliki fasilitas yang lengkap, seperti tempat mandi dan bilas serta MCK dengan air bersih. Selain itu, di sini juga tersedia persewaan ban, tikar, dan tenda.

Pantai Banyu Meneng sangat cocok jika membawa anak-anak untuk berenang dan bermain air. Pantainya dangkal sampai kedalaman 140 cm dan sangat nyaman untuk belajar berenang. Namun, perlu diingat bahwa tidak ada lifeguard di pantai ini.

Pantai Banyu Meneng memiliki batu karang yang cantik, pasir putih, serta biota laut yang hidup di karang. Pesisir pantainya paling enak dipijak dibanding pantai Selok/Ngentup, lebih stabil. Banyak orang kemah di sini.

Air lautnya nampak kecokelatan dari kejauhan, namun aslinya jernih. Kotornya disebabkan oleh dedaunan dan ranting pohon yang jatuh ke air. Meski tidak ada yang jual kuliner ikan bakar dan seafood di pantai ini, namun fasilitasnya sangat lengkap, mulai dari warung, MCK, hingga tempat ibadah.

Pantai Banyu Meneng terletak di selatan Pantai Balaikambang dan kini sudah dilengkapi dengan fasilitas toilet dan WiFi berbayar untuk pengunjung yang ingin tetap terhubung dengan dunia luar.

Pantai ini sangat ramai pada akhir pekan, bahkan bisa seperti kolam renang pengunjungnya. Namun, pada hari biasa, pantai ini bisa menjadi pantai pribadi yang tenang dan nyaman. Tersedia juga tempat parkir yang luas di sini.

Pantai Banyu Meneng adalah destinasi wisata yang bagus untuk berlibur dengan keluarga atau teman-teman. Selain aktivitas renang dan bermain air, aktivitas swafoto di pantai ini juga sangat asik dengan panorama pantai yang indah serta panorama ketika sunrise maupun sunset yang mengagumkan.

Legenda Pantai Banyu Meneng

Pantai Banyu Meneng di Malang memiliki legenda yang menarik tentang sejarah penyebaran agama Islam di Indonesia.

Menurut legenda, agama Islam disebarkan oleh 9 Wali Songo dengan kitab suci Tafsir. Dalam perjalanan selama 8 tahun, para wali menemukan pantai yang diberi nama Banyu Meneng karena air dan ombaknya yang tenang.

Para wali juga menemukan Sumber Ngentup di dekat pantai Banyu Meneng. Sunan Geseng ingin bertapa dan mencari air di sumber itu, tetapi disengat oleh kumbang ali-ali. Tempat itu kemudian dinamakan Sumber Ngentup yang berarti “disengat”.

Di pantai Banyu Meneng, para wali melakukan ritual berdiam diri (Jumeneng) dan tinggal di sekitar pantai untuk beberapa saat. Sunan Geseng meninggalkan rangka pisaunya (Eklek atau Selok) di suatu tempat di pantai Banyu Meneng yang sekarang dikenal dengan nama Selok.

Pantai Banyu Meneng, bersama dengan Pantai Ngentup dan Selok, kemudian dibuka sebagai wisata pada tahun 2014. Legenda pantai Banyu Meneng menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk mengunjungi pantai yang tenang dan damai ini.

Rute Menuju Lokasi

Pantai Banyu Meneng terletak 5 kilometer ke arah timur dari Pantai Balekambang dan bersebelahan dengan Pantai Kondang Merak dan Pantai Ngentup. Meskipun jalannya sudah cukup baik, jalan menuju pantainya masih berbatu sehingga harus tetap berhati-hati saat melintasinya.

Jalan menuju Pantai Banyu Meneng masih berupa jalan makadam bebatuan dan cukup sulit di lalui, terutama saat musim hujan. Lokasi pantai ini berada sekitar 1-2 km ke arah selatan dari Jalur Lintas Selatan (JLS) Malang-Blitar.

Pantai Banyu Meneng berlokasi di Desa Bandungrejo, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur, sekitar 100 meter dari Pantai Kondang Merak.

Rute menuju Pantai Banyu Meneng sama dengan rute menuju Pantai Kondang Merak. Dari pertigaan Pantai Balekambang, belok kanan sejauh 30 menit kemudian belok kiri, dan pengunjung akan sampai di Pantai Banyu Meneng.

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk ke wisata Pantai Banyu Meneng pengunjung perlu membayar tiket masuk(retribusi). Cukup membayar satu tiket masuk bisa mengunjungi 3 pantai sekaligus yaitu Pantai Banyu Menang, Pantai Selok, dan Pantai Ngentup.

Harga tiket masuk Pantai Banyu Meneng

Tiket MasukHarga
DewasaRp10.000-12.000
Parkir MotorRp5.000
Parkir MobilRp10.000
*Harga tiket masuk di atas bisa berubah di kemudian hari

Selain itu, pengunjung juga harus membayar Rp3.000 untuk menggunakan kamar mandi atau toilet.

Hal Menarik dari Pantai Banyu Meneng

Meski pengelolaan Pantai Banyu Meneng belum maksimal, namun bukan berarti pantai ini tidak memiliki hal menarik. Berikut beberapa hal menarik yang bisa pengunjung lakukan atau temukan saat berkunjung ke pantai ini.

Memiliki Pemandangan yang Indah

Pantai Banyu Meneng memiliki pemandangan yang indah dengan hamparan pasir putih yang menyegarkan mata. Pantai ini terkesan sangat alami karena belum banyak dikunjungi wisatawan. Berbeda dengan pantai lain di Malang yang sudah terlalu familiar di kalangan masyarakat seperti Pantai Nganteb, Pantai Licin, dan Pantai Sendang Biru.

Meski tidak sepopuler beberapa pantai tersebut, keindahan Pantai Banyu Meneng semakin dikenal banyak orang setelah foto-fotonya banyak diunggah di media sosial. Kebersihan lingkungan pantai juga terjaga, tampak enak dipandang. Daya tarik pantai ini bagi netizen yang hobi berswafoto semakin meningkat, sehingga pantai ini digadang-gadang nantinya menjadi salah satu pantai terpopuler di Malang.

Pantai Banyu Meneng memiliki garis pantai yang tidak terlalu panjang, dan di sekelilingnya terdapat banyak hutan bakau yang rindang. Panorama pantai ini membuat nyaman memandang, dengan panorama laut biru berpadu dengan birunya langit tampak sangat mempesona.

Di tepi pantai terdapat pasir putih yang lembut sehingga nyaman digunakan untuk jalan-jalan, lari-larian, dan bermain pasir buat anak-anak. Pantai Banyu Meneng adalah tempat yang cocok untuk bersantai dan menikmati keindahan alam yang masih alami.

Berenang

berenang di pantai banyu meneng malang
Berenang / Roikhatul Warodah

Pantai Banyu Meneng memiliki ombak yang tidak begitu besar, sehingga cocok untuk anak-anak bermain air di pantai. Namun, meski ombak tenang, anak-anak harus tetap diawasi karena kadang datang ombak cukup besar bagi anak-anak usia TK dan SD. Untuk anak SMP ke atas, pantai ini relatif aman untuk berenang.

Air laut di pesisir pantai terlihat keruh mungkin karena daun berguguran. Untuk menikmati air yang lebih jernih bisa menjauh sedikit dari bibir pantai.

Meskipun air lautnya relatif tenang, pengunjung tetap harus berhati-hati saat berenang di pantai. Selalu perhatikan kondisi ombak dan jangan berenang terlalu jauh dari bibir pantai.

Bermain Pasir

Bermain pasir Pantai Banyu Meneng
Bermain pasir / Sakti Utami

Pantai Banyu Meneng memiliki pasir putih yang lembut dan bersih, sehingga nyaman digunakan untuk berjalan-jalan, lari-larian, dan bermain pasir bagi anak-anak.

Pasir yang dekat dengan pantai sangat bersih dan pasir yang putih serta lembut cocok untuk wisata keluarga terutama untuk anak-anak yang suka bermain.

Untuk itu jika liburan bersama anak-anak maka jangan lupa membawa perlengkapan bermain pasir seperti ember, sekop, dan baskom kecil.

Camping Pinggir Pantai

Camping di Banyu Meneng
Pengunjung bisa mendirikan tenda di pinggir pantai / Mukson Adi

Pantai Banyu Meneng cocok sebagai tempat kemping di akhir pekan karena memiliki area luas dan teduh dengan banyak pohon di sekitar pantai. Selain itu, areanya cukup bersih dan banyak warung di sekitar pantai yang menyediakan makanan dan jasa sewa tenda.

Jika ingin berkemah di Pantai Banyu Meneng sebaiknya pilih area perkemahan yang aman dan jangan memasang tenda terlalu dekat dengan bibir pantai. Juga bawa peralatan berkemah seperti tenda, matras, sleeping bag, dan lampu senter. Terakhir, pastikan untuk membawa makanan dan minuman yang cukup serta membawa kantong sampah untuk membuang sampah pada tempatnya.

Namun, saat berkemah di Pantai Banyu Meneng, pengunjung harus memperhatikan kebersihan pantai dan area perkemahan. Jangan meninggalkan sampah di pantai dan pastikan untuk membuang sampah pada tempatnya.

Selain itu, wilayah pantai ini merupakan salah satu wilayah konservasi lutung jawa, sehingga menjaga kelestarian lingkungan dan satwa liar di sekitar pantai menjadi tanggung jawab bersama.

Banyak Pepohonan Rindang

Bibir Pantai Banyu Meneng Sekarang Hari ini
Banyak pepohonan yang rindang di bibir pantainya / Rendy Zesario

Pantai Banyu Meneng memiliki keindahan tersendiri dengan banyaknya pepohonan rindang di bibir pantai. Pengunjung dapat menikmati indahnya pantai di bawah rindangnya pepohonan yang memberikan keteduhan dan kesejukan saat berada di pantai.

Pepohonan yang rindang di pinggir pantai membuat pantai Banyu Meneng terasa sejuk dan nyaman untuk berada di sana. Selain itu, pepohonan rindang juga memberikan tempat berteduh yang nyaman saat cuaca sedang panas. Pengunjung dapat bersantai di bawah pohon sambil menikmati pemandangan pantai yang indah.

Dengan banyaknya pepohonan yang rindang di pinggir pantai, Pantai Banyu Meneng menjadi salah satu tempat wisata yang ideal untuk berkunjung. Selain menikmati keindahan pantai, pengunjung juga dapat bersantai di bawah rindangnya pepohonan dan menikmati keteduhan yang diberikan.

Menikmati Pemandangan Sunrise

Sunrise Pantai Banyu Meneng
Pemandangan sunrise yang indah / jessica jordanius

Pantai Banyu Meneng bisa jadi alternatif untuk menikmati pemandangan sunrise yang memukau. Sebaiknya datang waktu shubuh untuk menyaksikan keindahan matahari terbit dari spot sunrise yang tersedia di pantai ini.

Pengunjung dapat bersantai di pantai ini, menikmati keindahan sunrise sambil merasakan suasana pantai yang tenang dan damai. Pantai Banyu Meneng juga terasa seperti pantai pribadi jika berkunjung di pagi hari di hari biasa karena cukup sepi, cocok untuk bersantai.

Dengan keindahan pemandangan sunrise yang memukau, Pantai Banyu Meneng menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan.

Saat Surut Bisa Melihat Biota Laut

Biota Luat Banyu Meneng
Biota Luatnya akan nampak saat air laut surut / Arei Laxmie

Pantai Banyu Meneng menyimpan keindahan alam yang luar biasa saat surut, pengunjung dapat melihat biota laut seperti baby lobster, keong laut, dan satwa laut lainnya. Terumbu karangnya yang terlihat luas dan jauh.

Selain biota laut, pengunjung juga dapat melihat ikan-ikan hias yang menjadi salah satu daya tarik pantai ini. Pemandangan yang indah dapat ditemukan disekitar pantai dan pengunjung dapat mengeksplorasi keindahan alam yang tersedia di pantai ini.

Memiliki Banyak Spot Foto Menarik

Spot foto Pantai Banyu Meneng
Banyak spot foto bagus / Kharin Akabel

Pantai Banyu Meneng bukan hanya menawarkan keindahan alam yang memukau, tetapi juga mempunyai banyak spot foto menarik yang cocok untuk diabadikan. Bukit karang yang terletak di sebelah barat pantai bisa menjadi spot foto yang menarik. Tak jarang, pengunjung memanfaatkannya sebagai lokasi prewedding dengan background pantai yang indah serta pasir putih yang bersih.

Salah satu tempat favorit untuk berfoto di Pantai Banyu Meneng adalah landmark pantai yang berupa tugu bertuliskan “Banyu Meneng”. Selain itu, pantai ini juga menyimpan banyak spot foto menarik lainnya seperti hamparan pasir putih yang bersih, dan pemandangan sunset yang memukau.

Dengan banyaknya spot foto menarik yang tersedia, pengunjung dapat mengabadikan momen liburan mereka sambil menikmati keindahan alam yang ditawarkan Pantai Banyu Meneng.

Tips Berkunjung ke Pantai Banyu Meneng

Agar kunjungan ke Pantai Banyu Meneng bisa berjalan lancar dan memberi kesan menyenangkan, maka tidak ada salahnya untuk menyimak beberapa tips berikut.

  • Untuk kawasan wisata, harga makanannya relatif cukup murah. Misalkan saja satu porsi pecel laut telur mata sapi harganya mulai Rp10.000. Meski begitu, sebelum membeli makanan dan minuman sebaiknya tanya harga terlebih dahulu ya.
  • Jalan masuknya sebagian masih berbatu dan cukup licin saat hujan. Jadi harus hati-hati saat melewati jalan masuknya, terlebih untuk yang menggunakan motor.
  • Untuk yang membawa motor dan boncengan, sebaiknya saat melewati jalan berbatu penumpangnya lebih baik turun dulu, karena beresiko bisa jatuh.
  • Jika ingin merasakan suasana pantai yang lebih tenang dan sedikit pengunjung maka bisa berkunjung di hari biasa. Jika berkunjung saat liburan atau lebaran maka sebaiknya datang agak pagi.
  • Untuk mendapat pemandangan yang maksimal maka bisa berkunjung di musim kemarau. Juga periksa terlebih dahulu perkiraan cuaca sebelum berangkat.
  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai Banyu Meneng yaitu pada pagi hari di bawah jam 9.00 dan sore hari di atas jam 16.00.
  • Sebaiknya membawa uang tunai dalam jumlah yang cukup karena di lokasi tidak tersedia ATM ataupun pembayaran non tunai.
  • Mari membuang sampah pada tempatnya untuk menjaga kelestarian alam. Membawa sampah pulang akan lebih baik.

Kekurangan Pantai Banyu Meneng

Kekurangan Pantai Banyu Meneng yang sering pengunjung keluhkan terkait banyaknya sampah yang berserakan, hal ini karena banyak pengunjung yang tidak sadar akan kebersihan, masih banyak yang membuang sampah sembarangan.

Demikian ulasan Pantai Banyu Meneng, Kandangmerak, Sumberbening, Bantur, Malang, Jawa Timur. Jika terdapat informasi yang keliru atau memiliki pengalaman yang berbeda saat berkunjung ke pantai ini bisa kirim ulasannya di bawah ini ya!

9 Ulasan dari pengunjung

  1. Menikmati libur lebaran dan kerja yang tersisa 2 hari akhirnya berangkat ke sini karena pingin banget ke pantai … Planning ya mau ke Pantai Tiga Warna eh ternyata jajaran pantai tersebut tutup ( harus cek/cari info dulu daripada zonk) . Akhirnya memutuskan kesini , start dari Surabaya jam 05.30 sampai disana sekitar 10.15 ya lumayan pegel di jalan dan duarrr rame banget tp gapapa namanya juga berlibur.
    Naik sepeda motor & 2 orang tiketnya semua nya 15.000 lumayan banget dapet 3 pantai ( Banyu Meneng , Selok , Kondang Merak )
    Parkirnya cukup banyak kok untuk mobil dan motor , ada banyak warung jg yang menyediakan kamar mandi/toilet buat ganti baju … Dan menurutku ke 2 warung td harga makanan&minuman yang dijual cukup wajar (biasa holiday season naik banget)
    Bisa berkemah juga ternyata disini guys.
    Akses jalan masih dalam tahap perbaikan jadi belum bagus-bagus banget harus sabar ….

  2. Di sekitar Pantai Banyu Meneng banyak pantai-pantai lain yang berdekatan. Pemandangannya bagus banget dan relatif enggak rame. Lewat JLS jalannya mulus banget. Ada warung di sekitar pantai, menyediakan toilet juga. Harga makanan di sekitar pantai tidak terlalu mahal. Kalo pas surut airnya bening banget kelihatan karangnya.

  3. Pantai laut selatan berpasir putih yang berombak tenang, aman untuk anak anak bermain air. Banyak pohon Waru laut, pantai jadi teduh bikin betah bermain, tapi air laut jadi agak kotor banyak dedaunan. Saat liburan atau lebaran ramai pengunjung, disarankan berangkat agak pagi. Enak buat camping. Disarankan melalui akses jalan selain Bantur karena akses jalan sangat tidak manusiawi , membuat emosi dan hipertensi..

  4. ●Dari akses masuk setelah jalur lintas selatan sudah bagus, sdh beraspal. Hanya saja sebelum loket kondang merak belok kanan (akses yang ke pantai banyu meneng masih makadam)
    ●Plang tulisan pantai banyu meneng yang di depan sudah usang (yg di pinggir jalan lintas selatan) hampir gk kelihat, hampir aja bablas, ternyata 1akses dgn pantai kondang merak, jangan kalah pamor dengan pantai kondang merak dong.
    ●Tiket masuk 10rb per orang, parkir motor 5rb. Sdh bs masuk 3 pantai ya. Yaitu pantai ngentup, pantai banyu meneng, pantai selok.
    ●Ombak sangat tenang di pantai ngentup dan pantai banyu meneng, kalau di pantai selok ombaknya gede dan suasana panas.
    Saran saya utk bocil2 renangnya di pantai banyu meneng & pantai selok aja sih.
    ●untuk kawasan wisata, harga makanan relatif murah ya. 1porsi nasi pecel lauk telur mata sapi harga cuma 10rb aja. Tapi sebaiknya kalau mau beli makan & minum tanya harga aja dulu.
    Puas banget deh pokoknya

  5. Pantainya luas, bagus dan airnya tenang sehingga sangat recommended untuk anak kecil.
    Di sekitar lokasi ada ada 4 pantai yang berdekatan.
    Hanya saja akses untuk menuju pantai masih kurang memadai sehingga membuat wisatawan agak malas menuju kawasan pariwisata sekitar.

  6. Pantai Selatan yg berada di jalur sebelah kanan Pantai Balaikambang.
    Jalannya sudah lumayan baik, namun jalan menuju Pantai Banyu Meneng masih berbatu sehingga harus tetap berhati-hati.
    Pantai ini dekat dengan Pantai Kondang Merak dan Pantai Ngentup.

    Ada tempat untuk perkemahan, sayang bgt banyak sekali sampah.
    Alangkah baiknya tetap menjaga kebersihan saat adanya perkemahan.

    Namun, pasir yg dekat dgn pantai sangat bersih.
    Ombaknya tidak ganas, sehingga bisa bermain air (harus berhati-hati dan perlu pengawasan untuk anak-anak).

    Di lokasi juga ada beberapa warung lengkap dengan toilet dan musholla.
    Semua harga juga sangat terjangkau.

  7. Air lautnya di pesisir pantai terlihat keruh mungkin karna daun berguguran tp kalo berenang menjauh dikit dari bibir pantai airnya sudah jernih. Rame pengunjung karna paling aman buat anak2 renang diantara 2 pantai sebelahnya. Pesisir pantainya paling enak dipijak dibanding pantai selok/ ngentup, lebih stabil. Banyak orang kemah. Paling banyak sampah berserakan karna orang pergi tnpa membawa sampahnya 😭 tolong dong apa susahnya datang bersih pergi bersih gitu lo. Jaga baik2 wisata alami murah meriah ini 🙏

  8. Cari pantai selatan Malang yang bisa jadi tempat asik untuk main air sama anak? Banyu Meneng jawabannya. Ombak tidak sampai ke tepi pantai saat siang hari karena pantai terletak di Teluk dan terhalang karang.

    HTM 10rb/orang untuk 3 pantai (Ngentup, Banyu Meneng, Selok) jika masuk pakai kendaraan. Bisa juga gratis, jika jalan kaki dari Kondang Merak.

    Beberapa bagian pasir pantainya tajam karena banyak pecahan karang dan banyak bintang ular di pinggiran karang-karang yang basah.

  9. Kemarin habis ngecamp di pantai banyu meneng. tempat nya bagus. air lautnya tenang. cocok buat anda yang berlibur dengan keluarga ataupun teman teman. tersedia warung, kamar mandi, mushola. tempat parkir luas. sayangnya kemarin pas ngecamp ketika malam ada orang yang membawa sound di nyalakan sampe pagi. saya sampai susah tidur. mohon lah pengertian nya agar menyalakan sound tidak terlalu keras dan tau waktunya orang ketika istirahat. maaf jika ada salah kata. semoga liburan anda menyenangkan 😊.

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here