Pantai Tanjung Pakis

24HG+VQ5, Tanjungpakis, Kec. Pakisjaya, Karawang, Jawa Barat 41355

(4/5 dari 25 Pengunjung) Baca ulasan

Untuk yang sedang berada di sekitaran Karawang-Bekasi dan ingin pergi liburan ke wisata pantai yang cocok untuk keluarga maka bisa coba kunjungi Pantai Tanjung Pakis, memiliki bibir pantai yang luas, berpasir, dan ombaknya kecil.

Kondisi pantai Pantai Tanjung Pakis mirip dengan Pantai Muara Bungin karena lokasinya masih berdekatan. Pantainya sama-sama landai, memiliki pasir pantai berwarna cokelat kehitaman, dan ombaknya sama-sama kecil aman untuk anak-anak.

Pantai ini sempat viral pada 29 Oktber 2018 silam, karena jadi lokasi kejadian jatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP yang diliput berbagai media. Banyak yang berkunjung untuk melihat sisa puing dari badan pesawat yang jatuh tersebut.

Kini akses jalan menuju pantai sudah bagus dan beberapa fasilitas tengah dalam pembangunan. Nah, jika berencana akan berkunjung sebaiknya simak ulasannya di bawah ini.

Deskripsi Pantai Tanjung Pakis

tanjung pakis beach
Memiliki bibir pantai dengan pasir berwarna hitam / Yohanes Gunawan

Pantai Tanjung Pakis merupakan wisata pantai yang berada di Kabupaten Karawang, Jawa Barat tepatnya berada di Desa Tanjung Pakis. Jika dari pusat kabupaten jaraknya sekitar 68 kilometer, dan sekitar 22 kilometer dari area Situs Batujaya.

Memiliki area pantai sepanjang 7 kilometer dan luas sekitar 350 hektare meliputi wilayah Bungin, Karangjawa, hingga Pakis I. Memiliki bibir pantai yang landai, lebar dengan pasir yang lembut sehingga cocok untuk berbagai aktivitas.

Sama seperti pantai Utara Jawa pada umumnya, Pantai Tanjung Pakis memiliki ombak yang kecil dengan pasir berwana cokelat kehitaman. Namun di beberapa area bibir pantainya pasir bercampur dengan kulit kerang.

Sebagian besar penduduk sekitar bekerja sebagai nelayan dan pemilik tambak ikan, itu sebabnya saat di perjalanan masuk akan banyak menjumpai kolam tambak ikan bandeng. Kuliner khasnya juga ikan bandeng bakarnya yang enak.

Untuk berwisata ke Pantai Tanjung Pakis, pengunjung akan dimintai biaya tiket masuk saat memasuki area wisata, meski begitu harga tiket masuknya cukup terjangkau.

Banyak pengunjung yang berkunjung ke pantai ini pada akhir pekan untuk menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga. Bagi yang ingin mencicipi kuliner lokal, berbagai jenis ikan bakar tersedia di pinggir pantai. Banyak warung makan yang berjejer di sekitar pesisir pantainya.

Selain bisa menikmati pemandangan pantai dari bibir pantai, pengunjung bisa menyewa perahu untuk menikmati panorama pantai dari tengah laut. Di pantai ini juga terdapat jembatan dermaga, sarana outbound, banana boat, warung makan, toilet, hingga penginapan.

Pantai ini memiliki pasir halus di beberapa titik dan membuat kaki merasa nyaman saat berjalan-jalan di atasnya. Hamparan pasir yang luas dan tidak terganggu oleh batuan karang membuat pantai ini menjadi arena bermain yang aman dan nyaman bagi pengunjung.

Rute Menuju Lokasi

Untuk yang berangkat dari arah Cibitung dan sekitarnya, ada 3 cara untuk sampai ke pantai ini:

  • Melalui Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi.
  • Melalui jalan underpass sebelum masuk Tol Karang Barat.
  • Melalui jalur Bekasi, meskipun kondisi jalan sedikit menantang.

Lokasi pantai ini berada tidak jauh dari Pelabuhan Tj. Priok. Namun, tidak ada jalan yang langsung menuju pantai. Jadi harus melewati kabupaten Bekasi atau datang dari arah Rengasdengklok.

Jalan menuju lokasi tersebut cukup untuk dilalui oleh dua mobil kecil saat berpapasan. Namun, jika truk berpapasan, harus memperlambat kecepatan dan bersiap untuk menurunkan kecepatan.

Sepanjang jalan akan melihat pemandangan sawah yang luas dan terdapat sungai yang harus diwaspadai oleh pengendara khususnya pengendara dengan kendaraan roda 4. Jarak antara jalan dan sungai hanya sekitar 1-2 meter dan jika air sungai sedang naik bisa hampir tinggi jalan.

Akses menuju pantai dari arah Rengasdengklok cukup bagus, namun jalan 200 meter sebelum sampai bibir pantai jalannya cukup rusak dan masih jalan tanah, perlu perhatian ekstra dalam berkendara.

Jam Buka Pantai

Pantai ini memiliki jam operasional yang sangat mengakomodasi wisatawan, karena pantai ini buka selama 24 jam. Baik pagi, siang, atau malam, pengunjung tetap dapat menikmati keindahan pantai dan berbagai aktivitas menyenangkan. Wisatawan dapat berenang, bersantai, atau menikmati pemandangan matahari terbit atau terbenam.

Dengan jam buka 24 jam, pantai ini menjadi pilihan yang sempurna bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana pantai tanpa terikat waktu. Pengunjung dapat menyesuaikan jadwal sesuai dengan keinginan dan kenyamanan sendiri. Pantai ini siap untuk menyambut wisatawan setiap saat dan memastikan pengalaman yang menyenangkan dan tak terlupakan bagi setiap pengunjung.

Harga Tiket Masuk

Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Tanjung Pakis akan dimintai biaya tiket masuk saat memasuki area pantai. Namun biaya tiket masuk dan parkir di bayar terpisah.

Jenis BiayaHarga (Rp)
Tiket Masuk per Orang10.000
Biaya Parkir Motor5.000
Biaya Parkir Mobil10.000
*Pungutan Kebersihan5.000
*Pengungutan Keamanan5.000
*Toilet3.000
*Harga tiket masuk ke Pantai Pakis bisa berubah dikemudian hari

Selain tiket masuk, pengunjung juga perlu membayar lagi saat akan menggunakan toilet untuk bilas atau ganti baju. Beberapa tamu juga ada yang dimintai pungutan kebersihan dan keamanan meski beberapa sumber juga mengatakan bahwa itu pungutan liar.

Hal Menarik

Salah satu hal yang menarik dari pantai ini yaitu memiliki bibir pantai yang panjang dan luas dengan hamparan pasir yang cukup halus. Selain itu Pantai Tanjung Pakis juga memiliki hal menarik lainnya, yaitu:

Berenang atau Bermain Air

berenang di tanjung pakis karawang
Berenang dan bermain air / Roblox

Pantai Tanjung Pakis jadi destinasi yang cocok untuk liburan bersama keluarga, khususnya untuk orang dewasa atau anak-anak yang suka bermain di pantai. Pantai ini memiliki bibir pantai yang landai dengan penanda jarak aman untuk berenang, namun anak-anak tetap perlu pengawasan karena terkadang ombaknya cukup kuat.

Khusus untuk orang dewasa jika ingin berenang dengan air laut yang jernih bisa berenang di area tengah, sekitar 30-100 meter dari bibir pantai. Ombak pantai ini relatif kecil dan pantai cukup landai sehingga aman untuk bermain dan bermain air sepuasnya.

Selain itu, bisa juga sewa ban atau pelampung yang bisa digunakan oleh anak-anak yang ingin berenang. Sehingga, orangtua tidak perlu khawatir anak-anaknya tidak aman saat bermain air. Kondisi pantai yang tenang juga membuat Pantai Tanjung Pakis sangat cocok dan aman bagi anak-anak untuk berenang dan bermain air sepuasnya.

Bermain Pasir

bermain pasir di tanjung pakis
Bermain Pasir di bibir pantai / muhamad Nurdin

Tidak hanya berenang atau bermain pasir, pengunjung juga bisa coba bermain pasir. Bibir Pantai Tanjung Pakis memiliki pasir berwarna cokelat kehitaman dengan tekstur yang lembut, pengunjung bisa menggali, membentuk, dan menciptakan bentuk-bentuk unik dari pasir.

Di pantai ini pengunjung bisa merasakan lembutnya pasir di bawah telapak kaki saat berjalan, atau bahkan membuat kastil pasir yang indah. Jika berencana akan bermain pasir sebaiknya membawa peralatan untuk bermain pasir seperti sekop, ember, dll.

Selain itu, bermain pasir di pantai juga bisa menjadi aktivitas yang mengasyikkan dan edukatif bagi anak-anak. Mereka bisa menggali dan belajar tentang berbagai jenis bahan yang ada di dalam pasir, seperti kerang dan batu kecil yang tersembunyi.

Naik Banana Boat

Di Pantai Tanjung Pakis, wisatawan bisa menyewa banana boat, namun perlu rombongan ya. Banana boat di sini disewakan dengan harga yang terjangkau, sekitar Rp 50.000 – Rp 100.000 per orang, tergantung dari durasi.

Kapal penarik akan menarik banana boat ke atas ombak dan membuat pengalaman yang sangat mengasyikkan dan menegangkan. Saat dipacu dengan cepat, peserta akan merasakan adrenalin yang tinggi ketika berusaha untuk menyeimbangkan diri dan menikmati setiap terpaan ombak.

Namun, penting untuk diingat bahwa permainan ini juga memiliki risiko, seperti terjatuh atau kecelakaan saat menghadapi ombak yang besar. Oleh karena itu, para pengunjung harus memperhatikan instruksi dari pemandu sebelum memulai permainan dan selalu memakai alat keselamatan seperti jaket pelampung.

Meski begitu, naik banana boat di Pantai Tanjung Pakis bisa jadi pengalaman yang menyenangkan dan patut dicoba, terutama bagi yang menyukai olahraga air dan mencari sensasi yang menyenangkan sekalgus menegangkan.

Naik Perahu Nelayan

Perahu nelayan yang biasanya digunakan oleh para nelayan untuk menangkap ikan di Pantai Tanjung Pakis dijadikan sebagai sarana transportasi wisata yang dapat digunakan oleh para wisatawan untuk menikmati keindahan pantai dan lautnya.

Dengan naik perahu nelayan, pengunjung bisa menikmati panorama pantai yang mempesona dari sudut yang berbeda. Selain itu, juga dapat merasakan sensasi berlayar di atas perairan laut yang tenang dan menikmati angin sepoi-sepoi yang menyegarkan.

Biaya untuk dibawa mengelilingi area laut sekitar cukup terjangkau, hanya perlu membayar sekitar 50 ribu rupiah, pengunjung sudah bisa menikmati sensasi naik perahu nelayan selama 30-45 menit. Selain itu, pengunjung juga bisa berinteraksi dengan para nelayan setempat dan mengetahui lebih banyak mengenai kehidupan di laut.

Namun, sebelum naik perahu nelayan, pengunjung perlu memperhatikan keselamatan diri dengan menggunakan jaket pelampung yang disediakan oleh para nelayan. Selain itu, pengunjung juga perlu mengikuti instruksi dari para nelayan mengenai tata cara naik dan turun dari perahu.

Penyewaan Perahu Karet

pantai wisata tanjung pakis
Perahu karet di Pantai Wisata Tanjung Pakis / Rina Riwayati

Untuk menambah keseruan, pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan menyenangkan seperti menyewa pelampung atau perahu karet mini yang digunakan oleh anak-anak ataupun dewasa. Naik perahu karet dan menerjang ombak akan memberikan pengalaman yang seru.

Tidak hanya menyenangkan, kegiatan ini juga memberikan pengalaman baru yang menyenangkan bagi mereka yang menggunakannya. Namun, perlu diingat untuk selalu mematuhi aturan keselamatan saat menaiki perahu karet dan jika tidak berenang sebaiknya menggunakan pelampung juga.

Oleh-Oleh Ikan Asin

Ikan Asin Pantai Tanjung Pakis
Penjual ikan asin / Tri Widiastuti

Ketika berkunjung ke Pantai Tanjung Pakis, tak hanya bisa menikmati indahnya panorama laut, tapi juga bisa membeli oleh-oleh ikan asin loh. Di sepanjang jalan menuju pantai, terdapat banyak penjual ikan asin dan ikan segar. Beberapa di antaranya bahkan menjajakan ikan asin dengan cara keliling.

Seperti yang diungkapkan oleh salah seorang pengunjung, banyak ibu-ibu yang menjual ikan asin keliling dengan harga yang cukup terjangkau dan bisa ditawar. Ikan asin yang dijual masih segar dan bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga atau teman.

Harganya pun cukup murah, sekitar Rp10.000 hingga Rp20.000 untuk 5 ikan asin segar. Dengan membeli oleh-oleh ikan asin dari para penjual ini, selain mendapatkan makanan yang enak juga bisa membantu memperoleh penghasilan untuk para penjual ikan asin.

Menikmati Ikan Bakar

Ikan bakar tanjungpakis
Menikmati ikan bakar di pinggir pantai / Muhammad Irfai / alvinando pungky debby zitara

Selain ikan asin yang menjadi oleh-oleh khas dari tempat ini, berbagai jnis ikan bakar juga tersedia di pinggir pantai. Tersedia banyak warung makan di sekitar pesisir pantai yang menyediakan berbagai hidangan seafood, sehingga membuat pengunjung bisa leluasa memilih warung makan sesuai selera dan budget.

Pengunjung bisa menikmati ikan bakar yang telah disajikan di warung dengan harga sekitar 90 ribu untuk dua porsi. Tapi, jika ingin lebih menikmati pengalaman dan ingin lebih berhemat, juga bisa membeli ikan segar dan membakarnya sendiri di tempat yang telah disediakan.

Oh iya, sebelum memesan ikan bakar, pastikan untuk memeriksa ikan terlebih dahulu agar tidak mendapatkan ikan yang sudah tidak segar. Selain itu, harga ikan bakar di sini bisa ditawar, jadi jangan takut untuk mencoba menawar harga yang lebih murah.

Tambak Budidaya Ikan Bandeng

tanjung pakis hari ini
Tambak Tanjung Pakis hari ini / Suryo Endropriyanto

Tidak hanya menawarkan pemandangan, pantai ini juga memiliki daya tarik yang unik yaitu serentetan tambak budidaya ikan bandeng yang bisa dijumpai di sepanjang jalan menuju lokasi pantai.

Wisatawan yang berkunjung akan disuguhkan pemandangan serentetan tambak budidaya ikan bandeng di sebelah kanan dan kiri jalan. Tambak budidaya ikan bandeng di pantai ini terkenal sebagai yang terbesar di Kabupaten Karawang loh. Pengunjung juga bisa melihat langsung proses budidaya ikan bandeng.

Di sini, para wisatawan bisa belajar dan mengetahui lebih dalam tentang teknik budidaya ikan bandeng, mulai dari pemberian pakan hingga teknik pengolahan air yang tepat. Selain itu, wisatawan juga dapat membeli ikan bandeng segar langsung dari tambak.

Keberadaan tambak budidaya ikan bandeng di Pantai Tanjung Pakis jadi salah satu daya tarik wisata. Selain menawarkan keindahan pantai yang memukau, para wisatawan juga dapat menikmati pengalaman melihat langsung proses budidaya ikan bandeng yang modern dan berkualitas.

Ubur-Ubur di Bibir Pantai

Ubur ubur Pantai Tanjung Pakis
Penampakan ubur ubur di bibir Pantai Tanjung Pakis / syaza

Pada waktu-waktu tertentu, terutama pada pagi hari, pengunjung Pantai Tanjung Pakis seringkali menjumpai keberadaan ubur-ubur. Kendati ubur-ubur dapat menarik perhatian, terutama bagi anak-anak, perlu diingat bahwa pengunjung harus berhati-hati agar tidak bersentuhan langsung dengan kulit.

Beberapa efek sengatan ubur-ubur yang umum dialami adalah sensasi terbakar dan gatal-gatal pada kulit, kesemutan atau mati rasa di area yang tersengat, serta kulit di area tersebut dapat berubah warna menjadi merah atau ungu.

Ubur-ubur menyengat tubuh dengan cara yang unik. Dalam beberapa detik, kulit terasa panas dan pedih, serta memberikan reaksi kemerahan di sekitar sengatan. Beruntungnya, sebagian besar jenis ubur-ubur tidak mematikan, dan sengatan dapat disembuhkan dalam waktu relatif cepat.

Upacara Melasti Umat Hindu

Upacara Melasti di Pantai Tanjung Pakis
Upacara Melasti di Pantai Tanjung Pakis / Fitria Salpiana

Peringatan Hari Raya Nyepi tahun lalu jatuh pada tanggal 3 Maret 2022. Upacara Melasti di Pantai Tanjung Pakis merupakan rangkaian awal dari Hari Raya Nyepi yang memiliki makna yang sangat dalam bagi umat Hindu sebagai bentuk penyesucian diri dari perbuatan buruk di masa lalu.

Acara Melasti yang diadakan oleh umat Hindu di Bekasi menjadi salah satu perayaan keagamaan yang menarik perhatian masyarakat. Tidak hanya melarung sesaji dan melakukan berbagai ritual, tetapi upacara Melasti juga dihadiri oleh sejumlah pengunjung yang datang untuk menyaksikan kegiatan keagamaan tersebut.

Melalui upacara Melasti, umat Hindu di Bekasi ingin menunjukkan betapa pentingnya menjaga kesucian diri dan memohon ampunan atas perbuatan buruk di masa lalu. Acara ini juga menjadi ajang silaturahmi antara umat Hindu di Bekasi dan masyarakat luas.

Selain itu, upacara Melasti juga mengajarkan umat Hindu tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Dalam larung sesaji, umat Hindu melepas sesuatu yang telah tidak diperlukan dan merawat lingkungan sekitar.

Dalam upacara Melasti, sejumlah sesaji diarak dari pura menuju pantai untuk dilarungkan ke laut. Umat Hindu melakukan sejumlah ritual seperti Percik Tirta dan tarian, serta membawa alat musik seperti kenong dan gong untuk mengiringi upacara keagamaan tersebut.

Larung sesaji dalam upacara Melasti merupakan bentuk pembersihan diri dari enam sifat buruk manusia, yaitu kama atau nafsu biologis, rakus, kemarahan, mada atau kemabukan, kebinggungan, dan sifat iri hati. Dengan ritual Melasti ini, umat Hindu di Bekasi berharap telah suci, dan siap menyongsong Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka dengan hati yang bersih.

Menikmati Pemandangan Sunset

Sunset Pantai Tanjung Pakis
Pemandangan Sunset / Robby Rubianto

Menikmati pemandangan sunset merupakan kegiatan yang menyenangkan dan dapat memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Pemandangan matahari terbenam di Pantai Tanjung Pakis sangat indah, khususnya pada saat langit sedang cerah dan cuaca bagus.

Pilihlah waktu yang tepat untuk menikmati langit sunset. Pilih waktu sekitar 30 menit sebelum matahari benar-benar terbenam. Hal ini akan memberikan waktu yang cukup untuk menikmati perubahan warna langit dari kuning ke merah dan jingga. Pastikan juga bahwa cuaca cerah dan tidak ada awan yang menghalangi pemandangan matahari terbenam.

Pilihlah tempat yang tepat untuk menikmati pemandangan sunset. Pilihlah lokasi yang memiliki pemandangan yang terbuka dan tidak terhalang oleh pohon atau bangunan saung/warung.

Camping di Pinggir Pantai

Camping di Pantai Tanjung Pakis

Selain bisa bermalam di penginapan yang ada di sekitar Pantai Tanjung Pakis, pengunjung juga bisa mendirikan tenda di sekitar pinggir pantai, bisa untuk sekadar jadi tempat istirahat atau bermalam.

Camping di pinggir pantai bisa jadi kegiatan yang menyenangkan dan mengasyikkan, terutama bagi yang menyukai kegiatan di alam dan ingin menikmati pemandangan yang indah. Namun, sebelum melakukan camping di pinggir pantai, perlu persiapan dan perencanaan yang matang loh.

Sebelum camping di pinggir Pantai Tanjung Pakis, pastikan telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Pastikan tenda, matras, peralatan masak, makanan, dan minuman telah siap dan dalam kondisi baik. Pastikan juga membawa perlengkapan kebersihan seperti sabun, sikat gigi, dan jika hand sanitizer.

Pilihlah lokasi camping yang tepat di pinggir pantai yang diizinkan untuk camping, sebelumnya bisa tanya ke penjaga pantai ya!. Pastikan juga bahwa lokasi camping tersebut aman dari bahaya pasang surut, terutama jika ingin mendirikan tenda percis di tepi pantai. Pertimbangkan juga akses ke sumber air, sanitasi, tempat sampah dan toilet umum.

Oh iya, pilihlah tenda yang memiliki kualitas yang baik dan kuat menahan angin pantai. Bawalah matras atau sleeping bag untuk kenyamanan tidur. Pastikan juga bahwa peralatan masak dan makanan. Jangan lupa untuk membawa senter atau lampu yang cukup terang dan baterai cadangan.

Keselamatan merupakan hal yang penting dan utama saat camping di pinggir pantai. Pastikan telah mempelajari peraturan dan aturan keselamatan yang berlaku. Jangan pernah meninggalkan api unggun atau alat masak yang masih menyala tanpa pengawasan, terutama di dekat tenda.

Mancing Ikan Laut

Mancing di Pantai Tanjung Pakis
Mancing di Pantai Tanjung Pakis / yans thea / Agus Widodo

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Pantai Tanjung Pakis yaitu mancing iklan laut di pinggir pantainya. Terlebih untuk yang hobi mancing mania, maka jangan sampai lupa membawa perlengkapannya.

Sebelum memancing, pertama-tama, pastikan bahwa peralatan memancing dalam kondisi baik, termasuk pancing, kail, umpan, dan perlengkapan keselamatan seperti pelampung dan jaket pelampung. Jangan lupa juga untuk membawa air minum dan makanan ringan.

Pilihlah lokasi memancing yang tepat untuk memancing ikan laut, namun disarankan untuk memilih lokasi yang sepi dari pengunjung yang berenang atau bermain air. Atau juga sewa perahu untuk mancing di tengah laut.

Oh iya, sebagian besar ikan laut cenderung lebih aktif saat pasang surut, terutama pada saat air mulai naik. Pastikan juga untuk memilih waktu memancing yang tepat sesuai dengan jenis ikan yang ingin dipancing.

Terdapat berbagai teknik memancing yang bisa digunakan saat memancing ikan laut, seperti casting, trolling, jigging, dan bottom fishing. Pastikan memilih teknik yang paling sesuai dengan kondisi lingkungan dan jenis ikan yang ingin ditangkap.

Jangan lupa untuk memperhatikan reaksi umpan yang digunakan agar ikan tertarik dan segera mendekati kail. Beberapa pemancing lokal sering menggunakan umpan udang.

Selalu prioritaskan keselamatan saat memancing ikan laut. Pastikan memakai perlengkapan keselamatan seperti jaket pelampung dan pelampung, serta memperhatikan kondisi cuaca dan lingkungan sekitar sebelum memulai memancing.

Tips Berkunjung ke Pantai Tanjung Pakis

Agar kunjungan ke Pantai Tanjung Pakis berjalan lancar dan memberikan pengalaman yang menyenangkan maka tidak ada salahnya untuk menyimak beberapa tips berikut.

  • Sebaiknya berkunjung di musim kemarau seperti bulan Juni-Agustus untuk mendapatkan pemandangan yang maksimal, di musim hujan pemandangan pantai cukup kacau seperti air laut keruh dan banyak sampah.
  • Jika ingin merasakan suasana pantai yang tenang dan minim pengunjung maka bisa datang di hari biasa.
  • Jika tidak bisa berenang sebaiknya tidak berenang terlalu tengah, perhatikan tanda batas aman untuk berenang.
  • Membawa uang tunai dalam jumlah yang cukup karena lokasi Pantai Tanjung Pakis jauh dari mini market atau ATM.
  • Harus hati-hati saat bermain di pantai karena di beberapa titik terdapat cangkang kerang yang tajam dan ubur-ubur.
  • Tidak membuang sampah sembarangan untuk ikut serta dalam menjaga kelestarian pantai.

Kekurangan Pantai Tanjung Pakis

Sebagai tempat wisata yang belum terkelola dengan baik, Pantai Tanjung Pakis memiliki beberapa kekurangan yang semoga kedepannya bisa diperbaiki.

  • Terdapat banyak pungli, (uang kebersihan, uang keamanan, uang parkir).
  • Tidak ada tempat parkir khusus untuk pengunjung, untuk parkir pengunjung harus membeli sesuatu di warung dekat parkir kendaraan.
  • Bibir pantai terlalu banyak dipenuhi pedagang sehingga merusak pemandangan dan mengganggu kenyamanan pengunjung.
  • Sulit menemukan tempat sampah, salah satu penyebab pantai ini dipenuhi banyak sampah karena tidak adanya tempat untuk membuang sampah.

Demikian ulasan mengenai Pantai Tanjung Pakis, Pakisjaya, Karawang, Jawa Barat. Jika terdapat informasi yang keliru atau memiliki pengalaman yang berbeda saat berkunjung ke pantai ini maka bisa kirim ulasannya di bawah ini.

25 Ulasan dari pengunjung

  1. Lumayan buat wisata lokal karawang, hanya saja terdapat tulisan agar tidak membuang sampah sembarangan, namun tempat sampah itu sendiri sulit ditemukan.

  2. Pantai Tanjung Pakis sangat bagus view nya. Untuk santai berlibur bersama keluarga.
    Saat itu saya dan keluarga datang bersamaan dengan adanya acara Do’a untuk umat Hindu, yang di adakan setiap 1 tahun 1 kali.

    1. Pantai nya bersih, saya di bagian ujung pantai, dari pintu utama ke kanan lurus terus, jadi tidak begitu padat, dan sangat rekomen
    2. Pegawai semua nya ramah
    3. Pelayan dan yang punya warung semua ramah
    4. Harga semua menu standar sama aja dengan di luar, jd tidak perlu khawatir
    5. Banyak warung yang menjual makanan, minuman, jajanan, dan oleh-oleh, termasuk tenda untuk meneduh serta bersantai
    6. Untuk fasilitas ada toilet, kamar mandi, musholah, standar seperti pada umumnya tempat wisata
    7. Parkiran motor dan mobil bisa parkir di depan warung nya
    8. Ada pungutan kebersihan Rp. 5000, dan keamanan Rp. 5000
    9. Biaya pintu masuk Rp. 10.000 per-orang, mobil Rp.10.000
    10. Hiburan ada spot untuk berfoto, sewa ban bebek, serta sewa naik perahu

  3. Kalian tahu? Ternyata di Karawang ada pantainya dan aku baru tau itu setelah iseng-iseng search di Map. Akhirnya nemu pantai ini Tanjung Pakis, suasanya asik tiketnya juga murah.
    Kalian gausah bingung dan takut kelaperan disini, karena buanyakkkk banget yang jualan aneka macam makanan buat penunjang laper kalian…

  4. Kesini waktu lebaran penuh banget sama wisatawan, naik perahu 10rb/ orang, makanannya murah2, ada jembatannya juga, disediakan ban pelampung untuk berenang anak2 juga, banyak saung atau tempat makan juga disana kita bisa pesen menu makanan ikan2an, kalau mau bawa makan sendiri juga bisa, lumayan untuk liburan

  5. Kesan : saya lebih milih ke sini si daripada pantai Ancol. Walaupun pasirnya hitam, airnya keruh, tapi garis pantainya panjang.

    Biaya : saya kurang tau sebenernya karena ketika ke sini saya melihat ada beberapa penjaga tapi saya ga distop untuk bayar. Mungkin karna udah lewat dari jam 5 sore. Atau mungkin juga beneran gratis. Hehe

    Akses : Kalo dari arah Bekasi jalannya jelek. Tapi ketika masuk Karawang sampai lokasi, jalannya bagus. Cuma penerangannya masih kurang. Pastikan saja lampu kendaraan berfungsi baik.

    Makanan : seperti wisata pantai pada umumnya, menu yang ditawarkan sekitar makanan laut. Untuk harga relatif wajar. Saya minum kelapa utuh dengan harga Rp. 15.000

    Fasilitas : tersedia toilet umum.Banyak balai milik pedagang lokal untuk tempat santai bagi pengunjung

  6. Jalur ke pantai masih agak offroad sedikit… Pantainya nyaman, anak² seneng main aer… Org²nya ramah… Banyak tempat bilasnya… Tapiii masih agak kotor dikit di area bale² nya… Selama dsana kemarin nggak nemu tempat sampah disekitaran tempat ngaso😅😅 Tapi udah prepare pelastik sih dari rumah😄😄 …

  7. Lautnya masih cantik, masih indah dipandang, Bahkan banyak ubur² yg berenang sampe tepi pantai berarti airnya masih bagus dong.. Minusnya masih banyak sampah berserakan disekitar warung dan belum banyak disediakan tempat sampah

  8. Perdana kesini meskipun sudah viral sejak saya ABG. Karena penasaran bertahun-tahun tak kunjung kesini akhirnya saya berkesempatan kesini juga. Alhamdulillah syukah dengan suasana dan pantainya meskipun airnya coklat tapi ombaknya bagus. Sangat cocok dan aman untuk anak2 berenang dan bermain air sepuasnya karena pantainya luas dan area dangkalnya luas ombaknya pun terbilang tenang. Recomended banget kesini pas weekdays dan bukan musim liburan biar disini seperti milik sendiri. Juga bagus banget kesini menjelang sore biar dapet Sunset. Selamat berkunjung…
    lebih lengkapnya kunjungi YouTube Channel saya yaaa “maming D3” ada dokumentasi pas kami berkunjung kesini. Jangan lupa di Subscribe, like jika suka n boleh di koment terimaksih🙏🏻🙏🏻

  9. Kalau perjalanan tanpa mampir dari jatiasih sampai pantai ini kira2 butuh waktu 2 jam ya, ingat tanpa mampir, yaps pakai motor…. rekomendasi memang weekday sih, biar ga rame. lumayan untuk merasakan pantai selain ancol, misalnya bosen. sepanjang menuju pantai disuguhi pemandangan awah dan tambah nan indah… tiket masuk dan parkir jadi Rp25.000,00 dengan rincian satu org Rp10.000,00 dan parkir motor Rp5.000,00 … pas kesini kemarin sampai jam 13.30 wib airnya pasang dan weekend. sepertinya wajib balik lgi besok2…

  10. Jalan kelokasi jauh lebih bagus, mudah dijangkau walau pakai roda 4. Tiket masuk relatif murah 10rb/org. Lebih enak dikunjungi sore hari karena tidak terlalu panas. Tempat istirahat yang disediakan oleh pedagang juga enak. Kalou mau bermalam juga ada penginapan. Cocok untuk bersantai bersama keluarga

  11. Tempatnya lumayan buat keluarga,banyak saungnya dan banyak tersedia kuliner seafood.tapi penataanya masih kurang dan pungli agar bisa di tertibkan,agar pengunjung lebih nyaman

  12. Tempatnya nyaman dan gk terlalu rame…
    Ada beberapa bangunan yg tergerus karena bibir pantai yg semakin naik, saran aja kalo mau maen mending pas hari kerja jadi gak banyak pengunjung.
    Belom nyobain naek perahu buat mancing ke tengah, asik kayaknya…
    Oh ya jangan lupa pake sunblock biar gak gosong.
    Kapan2 rencana mau nginep biar bisa bakar2 ikan sendiri sama nikmati angin malam di pantai nya.

  13. Tempat yang paling asik nyantay dan nyaman di saung baso mang mista, lesehan nya banyak dan besar besar pas menghadap ke bibir pantay dan bisa luas langsung melihat panorama laut jawa

  14. Tempatnya lumayan bagus. Ombaknya kencang, kesini pas air pasang. Sudah disediakan tempat sampah (karung). Tapi banyak pengunjung yang buang sampah sembarangan. Tiket masuk 10k/orang, mobil 10k
    Untuk pengunjung tolong buang sampah pada tempatnya.

  15. Pantai di Kabupaten Karawang, berdekatan dengan Kabupaten Bekasi. Akses dari pusat kota agak jauh, tapi tetap layak untuk dikunjungi sebagai tempat wisata pantai. Banyak warung berikut toilet untuk mandi dan ganti baju.

  16. Pantai cukup bersih dibandingkan dengan pantai lainnya yang ada disekitar Karawang. Pasir hitam, airnya cukup jernih meskipun berwarna coklat, masih ada sampah yang berserakan di beberapa sudut pantai.

  17. Tempatnya oke buat healing warga karawang dan sekitarnya…tapi kalau dr Kota Bekasi atau Jakarta agak repot perjalanannya…. selain jauh, jalannya cukup menantang…

  18. Saya dan warga Bali baik yg tinggal di Bekasi maupun Cikarang mengadakan Bakti Sosial bersih2 dlm rangka persiapan pelaksanaan Melasti bulan Maret 2023. Sangat rekomen bagi para wisatawan yang ingin menikmati panasnya matahari.

  19. Pantai di Kabupaten Karawang, berdekatan dengan Kabupaten Bekasi. Akses dari pusat kota agak jauh, tapi tetap layak untuk dikunjungi sebagai tempat wisata pantai. Banyak warung berikut toilet untuk mandi dan ganti baju.

  20. Tidak terlalu istimewa tapi lumayan. Tahun 2014 saya pernah ke sini dipandu Google Maps, waktu itu sebagian besar jalannya belum diaspal dan untungnya pake motor. Lumayan jadi bisa tahu sisi paling utara Bekasi sekalian hunting foto dan test lensa baru wide angel Sigma For Nikon 10-20mm.

  21. Kalian tahu? Ternyata di Karawang ada pantainya dan aku baru tau itu setelah iseng-iseng search di Map. Akhirnya nemu pantai ini Tanjung Pakis, suasanya asik tiketnya juga murah.
    Kalian gausah bingung dan takut kelaperan disini, karena buanyakkkk banget yang jualan aneka macam makanan buat penunjang laper kalian…

  22. Untuk warga Bekasi, saya merekomendasikan wisata ke pantai yang dapat dicapai dalam waktu sekitar 1,5 jam perjalanan. Ombaknya relatif aman untuk anak-anak dan pantainya sangat luas yang dapat menyejukkan mata serta memberikan asupan Vitamin Sea. Selain itu, ukuran jajanan di sana juga kondusif dan tidak ada harga yang diluar batas wajar.

  23. Pantainya lumayan bagus, hanya saja jalan menuju ke sana belum bagus dan banyak pungutan untuk masuknya. Saran saya, sebaiknya cukup membayar tiket saja. Makanannya terlalu mahal sekarang. Hal ini dikarenakan saya sering pergi ke pantai ini.

  24. Baru ini main diwajibkan pesen makanan..
    Sipedagangnya sampe bilang “JANGAN DUDUK DI WARUNG KALO GAK MAU PESEN MAAH…”
    Laah terus mau duduk dimana sepanjang pantai bale semua…
    Di ancol ga harus beli makanan disitu😪

  25. Saya sudah 2 x ksini,untuk kebersihan kurang di jaga,sarana di tambah seperti WC sekaligus tempat sholat ga tau ya klau saya salah ga ada mushola ,yg ada bilik punya pedagang,jalan masuk nya belum di aspal,TPi mohon jgan buang sampah kelaut untuk pengunjung dan pedagang

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here