Pantai Muara Bungin

Muara bungin rt.01/01, Pantai Bakti, Kec. Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat 17730

(4.4/5 dari 16 Pengunjung) Baca ulasan

Pantai Muara Bungin merupakan salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi bagi Anda yang ingin menikmati keindahan pantai dengan suasana yang tenang di Bekasi, jumlah pengunjungnya masih sedikit karena belum terlalu terkenal.

Keunggulan dari pantai ini yaitu pemandangannya yang bagus, memiliki hamparan pasir yang luas dan garis pantainya yang panjang. Akan lebih indah pemandangannya di sore hari, karena air laut sedang surut.

Belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaan pantai ini, khususnya warga Bekasi sendiri. Kebanyakan wisatawan lokal memiliki pergi liburan ke Pantai Tanjung Pakis yang lokasinya tidak jauh dari Pantai Muara Bungin.

Memiliki bibir pantai yang panjang dan hutan mangrove menjadi ciri khas dari pantai ini. Nah, yang tertarik dan berencana akan berkunjung ke Pantai Muara Bungin maka bisa baca ulasannya di bawah ini.

Deskripsi Pantai Muara Bungin

pantai muara bungin bekasi
Bibir Pantai Muara Bungin / Putro Asta Nagara

Memiliki ombak yang tenang dan pasir hitam yang lembut, Pantai Muara Bungin bisa jadi tempat untuk menengkan diri. Air lautnya yang berwarna cokelat kebiruan. Sudah ada beberapa fasilitas seperti warung-warung makanan, toko oleh-oleh, toilet, dan gazebo.

Namun, bahwa Pantai Muara Bungin memiliki sejarah tragis yang membekas dalam ingatan masyarakat Bekasi. Lokasi pantai ini dekat dengan lokasi jatuhnya pesawat Lion Air pada tahun 2018. Juga pernah menjadi daerah yang terdampak tumpahnya minyak dari kapal pertamina.

Meski begitu, Pantai Muara Bungin masih tetap menjadi destinasi wisata bahari yang layak dikunjungi. Fasilitas seperti saung, ayunan, dan taman mangrove yang indah jadi daya tarik tersendiri.

Pantai yang berlokasi di Kecamatan Muaragembong ini memiliki keindahan alam yang memukau. Terletak di pesisir Bekasi, pantai ini memiliki pasir yang lembut dan air laut berwarna kecokelatan. Lokasinya berdekatan dengan Pantai Muara Gembong dan Muara Beting.

Jumlah pengunjung pantai ini masih sedikit, terlebih sejak bencana banjir rob pada tahun 2019. Kondisi dan fasilitas di Pantai Muara Bungin masih belum sepenuhnya pulih. Padahal, pantai ini merupakan destinasi yang sangat ideal bagi ingin menikmati suasana pantai yang tenang.

Di pantai ini pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas seperti bermain air, bersantai di gazebo, atau menikmati makanan laut yang disajikan di warung-warung sekitar pantai.

Pantai ini juga jadi lokasi yang cukup populer untuk melakukan berbagai aktivitas perikanan. Banyak nelayan yang mancing di sekitar pantai ini. Pengunjung juga bisa membeli ikan segar dari nelayan langsung.

Rimbunan pohon mangrove di pesisir pantai juga menambah keindahan panorama pantai ini. Angin laut yang berhembus menerpa pohon mangrove menciptakan suasana yang tenang dan damai.

Ketika air laut surut, hamparan pasir yang luas akan terbentang dengan jelas. Ini menjadi kesempatan yang baik bagi para pengunjung untuk melakukan berbagai aktivitas outdoor, seperti berolahraga atau bermain bola.

Tidak hanya itu, saat air laut surut, beberapa kapal nelayan juga akan terlihat kandas di tepian pantai. Suasana yang tercipta membuat pemandangan pantai semakin dramatis dan memukau. Begitu indah dan menawan, seolah-olah sebuah lukisan yang tercipta dengan sendirinya.

Di pantai ini sudah memiliki toilet yang berfungsi sebagai kamar mandi, warung-warung makanan dan minuman yang tersebar di sepanjang pantai, serta tempat sampah yang terdapat di setiap titik. Protokol kesehatan juga diutamakan dengan adanya tempat cuci tangan lengkap dengan sabunnya dan himbauan untuk menggunakan masker.

Bagian lain yang menarik dari Pantai Muara Bungin adalah banyaknya cangkang kerang dan kepiting. Pantai ini memang tidak memiliki pasir putih dan air jernih seperti pantai-pantai lain, namun keunikan dan keindahannya tak kalah dari pantai lain.

Rute Menuju Lokasi

Terletak sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Bekasi, perjalanan menuju Pantai Muara Bungin dapat dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum.

Namun menggunakan kendaraan pribadi lebih dianjurkan karena belum ada angkutan umum yang sampai ke pantainya.Jika berangkat dari Kota Bekasi dan sekitarnya maka bisa menggunakan rute berikut(melewati jalan tol):

  • Ambil Jl. Niaga Raya dan Jl. Kemang Pratama Raya ke Jl. Raya Pekayon di Pekayon Jaya (5 mnt/1,2 km)
  • Mengemudi melalui Jl. Tol Jakarta – Cikampek dan Jl. Tol Cibitung – Cilincing ke Kabupaten Bekasi (36 mnt/30,1 km)
  • Ambil Jl. Kp. Pengarengan, Jl. Gombang, dan Jl. Raya Sukakerta ke Jl. Cabang Pulo Bambu di Sukaindah (30 mnt/13,8 km)
  • Mengemudi dari Jl. Raya Batujaya dan Jl. Raya Pakisjaya ke Tanjungmekar (42 mnt/24,0 km)
  • Mengemudi ke tujuan Anda di Pantai Bakti (19 mnt/6,7 km)

Dalam perjalanan menuju lokasi akan disuguhi pemandangan yang indah, seperti hamparan sawah hijau yang membentang di sisi kiri dan kanan jalan.

Namun, sayangnya 1 kilometer menuju pantai jalannya maish terjal karena permukaan jalan masih menggunakan conblock yang beberapa bagiannya sudah hancur. Oleh karena itu, harus ekstra hati-hati ketika berkendara.

Meskipun perjalanan menuju lokasi membutuhkan waktu yang lama, semua akan terbayar setelah sampai di bibir pantai. Pantai ini memiliki pasir hitam dengan air ombak yang tenang dan hamparan pohon mangrove yang indah, membuat Pantai Muara Bungin menjadi salah satu destinasi wisata bahari yang layak dikunjungi.

Jam Buka Pantai

Pantai Muara Bungin buka 24 jam sehari, sehingga wisatawan dapat menikmati keindahan pantai ini kapan saja yang mereka inginkan.

Harga Tiket Masuk

Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Muara Bungin tidak akan dimintai biaya tiket masuk. Meskipun begitu, ada kemungkinan bahwa saat sudah sangat ramai, ada petugas parkir yang menjaga lokasi dan meminta uang parkir. Namun, harganya tidak terlalu mahal, hanya sekitar Rp2.000 – Rp5.000-an.

Ini adalah hal yang menguntungkan bagi pengunjung yang ingin menikmati indahnya pemandangan pantai dan tidak ingin dipusingkan dengan biaya tiket masuk yang mahal. Tinggal membawa peralatan mandi dan bermain air dengan bebas tanpa perlu khawatir dengan biaya tambahan.

Dengan harga parkir yang terjangkau, pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang indah dan menyegarkan pikiran tanpa harus memikirkan biaya yang besar.

Hal Menarik

Selain memiliki daya tarik pemandangan yang indah, Pantai Muara Bungin juga memiliki hal atau kegiatan menarik, yaitu:

Memancing Ikan

Mancing di Pantai Muara Bungin
Mancing ikan laut / Nur Akbar

Berlibur ke pantai tidak hanya sekedar menikmati pemandangan indah alamnya saja, tetapi juga bisa menjadi kesempatan untuk mencoba kegiatan memancing ikan. Bagi yang menyukai memancing, bisa mencoba lempar kail di bibir pantai atau bisa memancing di muara.

Nelayan setempat pasti akan bersedia membantu memberikan petunjuk lokasi mancing yang banyak ikannya. Jika ingin lebih praktis maka bisa meminta bantuan nelayan untuk mengantar ke lokasi dengan perahu. Tentunya harus membayar sejumlah biaya untuk jasa nelayan tersebut.

Jika berencana akan mancing jangan lupa membawa perlengkapan memancing yang lengkap dan siapkan umpan yang tepat. Banyak nelayan setempat yang menyarankan untuk menggunakan umpan udang hidup saat memancing di pinggir pantai atau muara. Umpan ini sangat memikat ikan dan bisa dapat ikan banyak nantinya.

Pengalaman memancing akan sangat menyenangkan dan memberikan kesan tersendiri bagi para pecinta mancing mania. Jangan ragu untuk mancing, karena memancing ikan akan menambah keseruan liburanmu dan membuatmu semakin dekat dengan alam.

Bermain Pasir

Meski pantai ini memiliki pasir berwarna hitam atau cokelat namun bukan berarti tidak bisa bermain pasir, tinggal pilih lokasi bibir pantai yang berpasir dan bersih dari sampah atau berbatuan.

Anak-anak akan menyukai kegiatan bermain pasir, untuk itu jangan lupa membawa perlengkapan bermain pasir dari rumah karena di pantai ini belum ada yang menjualnya.

Saat bermain di pantai, kita bisa membuat benteng pasir, membuat patung-patung kecil, atau bahkan membuat miniatur taman bermain pasir. Jika bersama teman atau keluarga, bisa juga membuat pertandingan membuat patung pasir yang paling unik dan menarik.

Ketika bermain pasir, jangan lupa untuk membawa tas sampah untuk membuang sampah. Ini penting untuk mempertahankan kebersihan dan keindahan pantai.

Sebagai tambahan, jangan lupa untuk membawa sunblock dan memakainya secara berkala agar terhindar dari efek buruk sinar matahari.

Permainan bermain pasir memang sangat menyenangkan bagi anak-anak. Mereka dapat berkreasi dan berimajinasi tanpa batas. Serta juga membuat mereka semakin dekat dengan alam dan lingkungan. Jadi, jangan lupa membawa perlengkapan bermain pasir dan mencari lokasi yang tepat untuk bermain pasir saat berkunjung ke pantai.

Berenang atau Bermain Air

Bermain air di Muara Bungin
Anak-anak berenang / Arip Pin

Pantai Muara Bungin memang terkenal dengan warna air laut yang kecokelatan, namun hal itu tidak menjadi halangan bagi pengunjung untuk berenang atau bermain air. Berenang dan bermain air bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan.

Namun, penting untuk memilih lokasi yang aman untuk berenang. Ada beberapa lokasi yang direkomendasikan oleh pihak pengelola pantai untuk berenang dan bermain air. Jika tidak yakin tentang kondisi air, bisa berkonsultasi dengan petugas pantai atau informasi dari pengunjung lain yang lebih berpengalaman.

Untuk orang tua yang membawa anak-anak, sangat penting untuk memantau anak-anak saat berenang. Jangan pernah membiarkan mereka berenang sendiri tanpa pengawasan. Dalam hal apapun, keselamatan anak-anak harus menjadi prioritas utama.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, berenang dan bermain air di Pantai Muara Bungin dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan dan menyegarkan.

Menikmati Ikan Laut Bakar

Ikan Bakar Pantai Muara Bungin
Membakar dan menikmati ikan bakar / herry patmono / Fauzi Kasimov

Selain menyuguhkan pemandangan pantai yang indah, ada satu yang tidak boleh terlewatkan saat berkunjung ke Pantai Muara Bungin, yaitu menikmati ikan laut bakar.

Ikan laut yang disajikan adalah hasil tangkapan nelayan setempat, pengunjung bisa memilih ikan yang disajikan, bisa pilih yang segar dan berkualitas. Ada berbagai jenis ikan yang tersedia, mulai dari ikan tuna hingga cumi-cumi. Harganya pun cukup terjangkau, cocok bagi yang ingin menikmati makan siang atau makan malam yang murah meriah.

Pengunjung bisa pesan ikan bakar dengan nasi, sambal, dan lalapan. Ini membuat pengalaman makan yang lebih nikmat dan beragam. Selain itu, menikmati ikan bakar sambil menikmati pemandangan pantai yang indah membuat pengalaman makan menjadi semakin spesial.

Jika ingin menikmati ikan laut bakar, ada banyak warung makan yang menyediakannya. Nikmati makan siang atau makan malam yang menyenangkan bersama teman atau keluarga sambil menikmati pemandangan pantai yang indah.

Camping di Pinggir Pantai

Menikmati suasana pantai dengan berkemah tentu menjadi pilihan yang menyenangkan. Pinggir pantai menawarkan suasana yang tenang dan damai serta pemandangan yang indah.

Tapi, sebelum memulai kegiatan camping, pastikan untuk meminta izin kepada penjaga atau pihak pengelola pantai. Hal ini penting dilakukan agar tidak mengganggu kenyamanan pengunjung lain dan melanggar aturan yang berlaku.

Bawa perlengkapan camping seperti tenda, sleeping bag, matras, dan alat masak. Setelah mendapatkan izin, tentukan lokasi yang nyaman untuk mendirikan tenda.

Pilih lokasi yang strategis agar bisa menikmati pemandangan pantai dan angin laut yang sejuk. Jangan lupa untuk membuat api unggun agar bisa memasak makan malam dan menjaga suhu tubuh saat malam hari.

Nikmati suasana pantai dengan berkemah dan menikmati suasana malam dengan melihat bintang-bintang yang indah. Ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan dan akan menambah kenangan indah saat berlibur di pinggir pantai.

Bermain Ayunan di Pinggir Pantai

Mainan ayunan di Muara Bungin
Mainan ayunan / Fauzi Kasimov

Di pantai ini, pengunjung bisa menikmati suasana alam yang masih asri dan sejuk, serta bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan. Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan di sini adalah main ayunan.

Di bibir pantai terdapat beberapa ayunan yang dibuat khusus untuk pengunjung. Beberapa ayunan dibuat dengan bahan yang kokoh dan aman digunakan. Meski begitu, ada juga beberapa ayunan yang rusak dan tidak layak digunakan. Untuk itu pilih ayunan yang aman sebelum menggunakannya.

Untuk bisa main ayunan dengan aman, pastikan bahwa ayunan yang dipilih memiliki tali yang kuat dan bahan yang kokoh. Juga, pastikan bahwa ayunan tersebut tidak memiliki bagian yang bengkok atau terkelupas, sehingga tidak akan menimbulkan risiko kecelakaan.

Hutan Mangrove

Mangrove Muara Bungin
Mangrove Muara Bungin / Syaiful BS

Hutan mangrove adalah salah satu yang akan dijumpai saat berkunjung ke Pantai Muara Bungin. Terletak di pinggir pantai, hutan mangrove memiliki tugas utama untuk menahan abrasi dan membantu menjaga stabilitas garis pantai, juga menjadi habitat bagi berbagai jenis hewan dan tumbuhan, seperti burung, ikan, dan tumbuhan mangrove yang khas.

Berkunjung ke hutan mangrove pengunjung bisa menikmati pemandangan alam yang indah dan mempelajari bagaimana hutan mangrove memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan. Jika beruntung, pengunjung juga dapat melihat spesies hewan langka yang hidup di dalam hutan mangrove.

Namun, harus diingat bahwa hutan mangrove sangat rawan terhadap kerusakan. Oleh karena itu, sangat penting bagi pengunjung untuk melestarikan hutan mangrove dengan cara tidak merusak ekosistem dan memastikan bahwa sampah tidak dibuang ke dalam hutan mangrove.

Dengan menjaga ekosistem hutan mangrove, kita dapat memastikan bahwa generasi mendatang dapat menikmati pemandangan alam yang indah dan mengapresiasi peran penting hutan mangrove dalam lingkungan.

Menikmati Pemandangan Sunset

Sunset Pantai Muara Bungin
Pemandangan Sunset / Feiyaz Waiba

Terletak di ujung selatan pulau Jawa, pantai ini menawarkan pemandangan indah sunset yang memukau. Meski akses jalannya kurang memadai dan fasilitas yang belum lengkap, namun keindahan sunsetnya membuat semua rintangan terlupakan.

Setiap sore, wisatawan datang untuk menikmati indahnya matahari terbenam. Untuk menikmati pemandangan sunset, bisa di bibir pantai atau tempat duduk dekat warung yang menghadap ke laut. Bisa juga membawa tikar, selimut, atau bahkan matras untuk duduk dan bersantai menikmati indahnya sunset.

Berbaur dengan suara ombak yang menenangkan, pemandangan matahari terbenam membuat segala kepenatan dan stres terhapus. Saat sunset pengunjung bisa memfoto pemandangan dan mengabadikannya sebagai kenangan indah.

Tips Berkunjung ke Pantai Muara Bungin

Agar kunjungan ke pantai ini bisa berjalan dengan lancar dan memberi kesan menyenangkan, maka tidak ada salahnya untuk menyimak beberapa tips berikut:

  • Agar mendapatkan pemandangan yang indah, maka sebaiknya berkunjung di musim kemarau seperti bulan Juni-Agustus.
  • Perhatikan kondisi cuaca sebelum berangkat, saat hujan kondisi pantai cukup buruk karena lokasinya dekat muara.
  • Jika ingin mendapatkan suasana yang sepi dan minim pengunjung maka bisa berkunjung di hari biasa, di akhir pekan biasanya banyak wisatawan lokal.
  • Jika berencana akan memancing ikan di muara sebaiknya minta batuan kepada nelayan setempat untuk diantar ke lokasi yang banyak ikannya.
  • Jangan lupa membawa uang tunai yang cukup karena lokasinya jauh dari mini market atau ATM.
  • Tidak membuang sampah sembarangan, lebih disarankan untuk membawa pulang sampah pribadi.
  • Jangan lupa membawa tabir surya dan penutup kepala, sinar matahari cukup menyengat pada siang hari.

Kekurangan Pantai Muara Bungin

Walau memiliki keindahan yang memukau, Pantai Muara Bungin masih memiliki banyak kekurangan. Akses jalan yang kurang baik dan fasilitas yang masih kurang membuat pantai ini belum terlalu terkenal.

Sayangnya masih banyak yang belum mengetahui pantai ini karena kurangnya sosialisasi dari pihak pengelola. Dengan memperbaiki akses jalan dan meningkatkan fasilitas serta memaksimalkan sosialisasi, pantai ini bisa menjadi salah satu tujuan wisata yang sangat layak dikunjungi.

Demikian ulasan mengenai Pantai Muara Bungin, Bekasi, Jawa Barat. Jika terdapat informasi yang keliru dan punya pengalaman yang berbeda saat berkunjung ke pantai ini maka bisa kirim ulasannya di bawah ini ya!

16 Ulasan dari pengunjung

  1. Pantai Bungin atau Pantai Muara Bungin
    .
    Saat saya kunjungi pada November ;
    Dari SD Pantai Bakti 02, kira2 perjalanan 10-15 menit tiba di pantai Muara Bungin Bekasi. Lokasi daratan ini, hanya terpisah dari “teluk” kecil kira2 20-30 meter disebrangnya sudah masuk wilayah karawang
    .
    Pantai ini adalah pantai terdekat dengan lokasi jatuhnya pesawat Lion Air yg terjadi oktober thn 2018 lalu, dan saat ini di pantai tsb juga merupakan daerah yg terdampak paparan minyak tumpah dari kapal pertamina
    1. suasana lumayan panas, disarankan utk antisipasi cuaca, bawa payung dan sunblok
    2. akses jalan ke lokasi masih di cor satu sisi, mungkin saat ini sudah rampung dua ruas, namun saat itu belum sampai hingga titik dekat pantai
    3. fasilitas memang masih terbatas karena masih perlu bertahap dilakukan pembangunannya
    4. sudah ada toilet, beberapa tempat istirahat di bawah pohon
    5. warung penjual makanan dan minuman
    6. pasirnya masih bersih, kalaupun ada sampah yang terbawa arus laut, tidak terlalu merusak suasana pantai

    Masih perlu keterlibatan berbagai pihak baik pemerintah maupun swasta untuk memaksimalkan fasilitas yang ada dan menghidupkan perekonomian masyarakat sekitar, baik berupa infrastruktur akses dan fasilitas wisata
    .
    Jika info ini bermanfaat, jgn luka tekan like yah 🙂

    Akun IG @Bem_Wiezhanarcho
    #Berbagi #Kontributor_Google
    #Mydaymyadventure #Indonesia #Viral #Inspirasi #Tulisapahariini #semangat

  2. Pas dan Bagus dengan suasana pantai yang alami, Bangga jadi Orang Bekasi yg mempunyai Destinasi Wisata Pantai di Utara Bekasi. Yg belum berkunjung silahkan di mengunjungi ke Pantai Muarabungin…

  3. Salah satu pantai yang sedang dikembangkan di Ujung Bekasi. Namanya Pantai Muara Bungin, Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi.

    Masih asri dan fasilitasnya cukup lengkap

  4. Bagi yang mau kesini jangan kaget kalau tidak sesuai ekspektasi.
    Kondisi saat ini (Des 2021) pantai sudah kotor sekali, ayunan juga banyak yang roboh dan warung banyak yang tutup.
    Konsep wisata pantai disini sebenarnya sudah cukup bagus, tetapi memang tidak bisa dipaksakan apabila kondisi pantai sudah kotor oleh sampah kiriman laut, pantainya sudah berlumpur warna coklat.
    Tempat bilas tersedia dan ketika kesini hanya 2 warung saja yang buka.
    Akses menuju ke pantai ini mudah sebenarnya, tetapi tidak direkomendasikan untuk kendaraan roda 4, sekitar 200 m menuju lokasi jalan sudah tidak cor semen lagi (tanah dan batu).
    By the way saya kesini jam 5 sore 😁

  5. Tempatnya masih asri dan tenang fasilitas toilet sudah lengkap.Tidak ada tarif tiket,Saya pernah bermalam di pantai ini.

  6. Bekasi punya pantai yg lumayan bersih, sayang belum tertata Dan di kelola serious, akses jalan sebelum masuk area masih belum mulus, akses mobil masih terbatas karena sempit menuju lokasi

  7. Pantai utara GRATIS yang lumayan untuk sekedar melepas penat dan mengajak anak2 bermain pasir pantai,
    Untuk akses jalan utama sudah cor beton hanya saja masih menyisakan sekitar 500 m jalan masih berbatu menuju area pantai.
    Terdapat warung2 di pinggir pantai yg menyediakan jajanan2 dengan harga stardart.
    Hanya perlu pembenahan jika ingin di jadikan sebagai sektor wisata.

  8. Pasir pantai nya cukup luas, ga berani berenang karna ada batu disekitar pantai, akses jalan awalnya sudah dicor, cuma 1,5 km mau nyampe masih bebatuan, melewati perkampungan nelayan, pedagang masih sedikit, belom ada wahana permainan anak,semoga ke depan bisa jadi lebih baik n jadi favorit keluarga

  9. Yg saya rasakan saat berada d pantai pemandangan , aroma laut , suara ombak, atau hal yang dapat dirasakan saat berada d pantai sejuk dn indah d pandang

  10. Gak nyangka ya ternyata di Bekasi ada pantai tersembunyi nya… Tempatnya masih asri dan pemandangan nya indah, cocok buat honeymoon juga 🤭🤭… Aku masukin kedalam list ku nantilah

  11. Mobil motor bisa langsung masuk sampai depan bibir pantai
    Tanpa nyebrang nyebrang pakai perahu
    Warganya ramah ramah
    Fasilitas lumayan lengkap
    Mck ada
    Warung dengan gubuk gubuk yg sedernaha
    Ayunan tempat duduk
    Angin nya lumayan kencang
    Pasir putih kecoklatan

  12. Pantainya indah, debur ombak dan angin sepoy-sepoy sejuk. Datanglah sore hari untuk menikmati sunres yang menakjubkan

  13. Pantainya masih asri karena masih dalam proses pengembangan jadi tidak begitu banyak pengunjung..dilengkapi fasilitas tolilet umum

  14. Ada mangrove, bersih terawat.
    Lumayan buat tempat refreshing dan hangout bareng pasangan

  15. Tempatnya bagus indah dan kaya akan pohon bakau dan mangrove cocok untuk bersantai dan melepas lelah serta bisa dijangkau untuk semua jenis kendaraan

  16. Pantai yg terbilang bersih dan cocok untuk berlibur. Selain itu juga ombak yang tidak terlalu besar sehingga sangat aman buat anak anak

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here