Pantai Tapak Gajah

Pantai Tapak Gajah

(4.3/5 dari 4 Pengunjung) Baca ulasan

Alamat: Ie Meulee, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh 24411

Pantai Tapak Gajah merupakan salah satu pantai yang berada di Sukajaya, Kota Sabang, Aceh. Memiliki suasana pantai yang tenang dan pemandangan yang menakjubkan.

Pantai ini sebaiknya menjadi salah satu tempat wisata yang masuk dalam daftar tempat yang harus dikunjungi pada saat liburan ke Sabang City. Pantai ini berada di Desa Ie Meulee, tepatnya berada di Pulau Weh. Pantai yang memiliki pemandangan alam yang menakjubkan.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di pantai ini, seperti snorkeling, fotografi, memancing dan berbagai aktivitas lainnya. Nama “Tapak Gajah” sendiri memiliki arti ‘Jejak Gajah’, menurut cerita warga setempat, bahwa di tempat ini terdapat prasasti yang memiliki bentuk menyerupai kaki gajah.

Suasana Pantai Tapak Gajah terbilang tenang karena masih sedikit wisatawan yang mengunjungi pantai ini, khususnya untuk hari-hari biasa. Pemandangan pantai ini masih asri dan menakjubkan. Perpaduan pasir pantai berwarna putih dengan pepohonan kelapa semakin menambah keindahan pantai ini.

Rute Menuju Pantai Tapak Gajah

Untuk rute menuju Pantai Tapak Gajah jika dari Kota Sabang bisa diakses dengan perjalanan selama 5 menit, karena jaraknya cukup dekat, yaitu sekitar 1.5 km.

Wisatawan bisa dengan mudah mengakses lokasi pantai ini meski tanpa bantuan Google Map. Untuk rute yang paling banyak digunakan adalah Jalan Tengku Cik Ditiro.

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk Pantai Tapak Gajah sejauh ini belum ada tarif khusus, wisatawan bisa mengunjungi pantai ini tanpa dikenakan biaya. Wisatawan hanya akan dikenakan biaya parkir kendaraan.

Aktivitas di Pantai Tapak Gajah

Setelah mengetahui beberapa hal tentang pantai ini, kini saatnya mengetahui beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di wisata pantai ini.

1. Snorkeling

Saat akan liburan ke Pantai Tapak Gajah, ada baik membawa beberapa peralatan untuk snorkeling dan diving. Pantai ini memiliki pemandangan bawah laut yang sangt indah, jadi sayang sekali jika dilewatkan. Namun, kalau pun tidak membawa pelatannya, wisatawan bisa menyewanya.

Sekitaran pantai ada beberapa tempat penyewaan peralatan seperti pakaian renang, tabung oksigen, pelampun dll.

Pada saat melakukan snorkeling atau menyelam, wisatawan bisa menggunakan kamera tahan air untuk menangkap beberapa gambar pemandangan bawah laut, seperti karang dan ikan hias.

2. Berenang

Pantai ini juga bisa digunakan untuk berenang, pilih area yang bebas dari batuan karang. Kondisi ombak di pantai ini juga cukup bersahabat, jadi aman untuk berenang. Untuk anak-anak tetap harus dalam pengawasan orang tua pada saat berenang.

3. Menikmati Sunset

Pantai ini juga memiliki pemadangan langit sore hari yang indah, khususnya pada saat cuaca sedang bagus. Biasanya pada sore hari akan banyak wisatawan lokal yang berada di pinggiran pantai untuk menikmati indahnya sunset di pantai ini.

4 Ulasan

  1. Pantai indah dengan pasir putih, karena ada pembatas pantai jadi ombak nya aman untuk anak-anak, sayang waktu kesana agak kotor, walaupun ada tempat sampah disana. Semoga yang berkunjung ke pantai dimana pun bisa menjaga kebersihan pantai.
    Pantai indah tanpa sampah 😊

  2. Dua puluh tahun yang lalu pantai ini ramai dikunjungi warga, tapi kini sepi dan bahkan jalan aksesnya pun sudah ditutup

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here