Pantai Iboih

Pantai Iboih
Pantai Iboih @ajnurjaya

(4.9/5 dari 7 Pengunjung) Baca ulasan

Alamat: Pantai Iboih, Iboih, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh

Jika berbicara tentang Pulau Weh, banyak orang yang mengenalnya sebagai pulau terujung di Indonesia. Namun selain itu, Pulau Weh juga sebenarnya memiliki pesona tersendiri yang membuatnya menjadi wisata yang layak untuk dikunjungi.

Banyak wisatawan yang datang ke Pulau Weh untuk menuju Iboih. Iboih sebenarnya merupakan sebuah patai yang ada di Pulau Weh. Pantai Iboih mempunyai pemandangan alamnya yang memukau serta air lautnya yang begitu jernih. 

Pantai Iboih atau yang dikenal juga sebagai Teupin Layeu berada di seberang barat Pulau Weh. Lokasinya yang langsung menghadap ke Samudera Hindia, sehingga terbuka untuk siapapun yang ingin datang.
Sebenarnya pantai Iboih  merupakan pelabuhan yang digunakan untuk menyeberang menuju Pulau Rubiah.

Meskipun sebuah pelabuhan, akan tetapi keindahannya patut untuk dikagumi. Air lautnya yang sangat jernih dengan gradasi yang berwarna hijau kebiruan membuat siapapun yang memandangan takjub dibuatkan.

Pesisir pantai dihiasi hamparan pasir yang putih dan bersih serta dikelilingi dengan hijaunya hutan yang masih sangat alami. Inilah mengapa banyak orang yang menjulukinya “a piece of heaven”

Rute Menuju Pantai Iboih

Titik keberangkatan bisa dimulai dari banda Aceh, wisatawan yang berasal dari luar daerah bisa menggunakan penerbangan menuju Banda Aceh. Dari sana, pergi lah menuju Pelabuhan Ulue-Lue.

Anda bisa menggunakan 2 pilihan, yaitu menggunakan speedboat atau kapal feri untuk menuju Sabang yang ada di Pulau Weh. Untuk sewa speedboat memakan tarif Rp 50.000 dengan waktu tempuh 45 menit. Jika menggunakan kapal feri, pengunjung bisa membayar tiket sebesar Rp 20.000 dengan waktu tempuh 2 jam.

Ketika memasuki Pulau Weh, wisatawan bisa menaiki bemo atau minibus menuju Iboih kurang lebih skeitar 40 menit. Selama perjalanan, akan terlihat pemandangan pedesaan yang indah serta perbukitan hijau yang membuat perjalanan semakin berkesan. 

Harga Tiket Masuk Pantai Iboih

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Pantai Iboih merupakan pelabuhan persinggahan menuju Pantai Rubiah. Sehingga pantai ini buka setiap hari dan wisatawan bisa bebas berkunjung kapanpun. Dan untuk tiket masuk, wisatawan yang datang sama sekali tidak dikenakan biaya apapun untuk menikmati segala keindahan yang ada di Pantai Iboih. 

Aktivitas Menarik Di Pantai Iboih

Ketika mengunjungi pantai ini, selain menikmati pemandangan yang indah wisatawan bisa melakukan banyak aktivitas seru. Berikut adalah beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai Iboih.

1. Menjelajahi Pantai Iboih

Salah satu aktivitas menarik yang bisa dilakukan wisatawan saat berkunjung ke Pantai Iboih adalah menjelajahi sekitaran pantai. Menjelajahi pantai yang memiliki kontur berbukit di bagian dalamnya yang dapat memberikan petualangan seru dan menyenangkan.

Sepanjang pantai, terdapat batu-batu besar dengan formasi batuannya yang semakin membuat pemandangan di Pantai Iboih menarik. Jangan lupakan untuk berfoto-foto saat berada di Pantai Iboih. 

Berjalan-jalan di pantai Iboih memberikan momen liburan yang damai dan mengesankan. Suasananya begitu sunyi, sangat cocok bagi wisatawan yang ingin jauh sementara dari pusat keramaian. 

2. Snorkeling

Snorkeling di Pantai Iboih
Snorkeling di Pantai Iboih @sucisafitrii

Snorkeling merupakan aktivitas favorit yang banyak dilakukan wisatawan ketika berkunjung ke Pantai Iboih. Menjelajahi dalamnya air laut yang biru dengan karang yang berada di sepanjang dasar laut membuat Pantai Iboih ini seperti akuarium besar yang berisikan berbagai macam biota-biota laut yang cantik. 

Atraksi lainnya yang lebih populer yaitu menyelam. Baik penyelam yang sudah profesional mauoun masih pemula banyak yang datang ke Pantai Iboih untk melihat langsung gunung berapi yang aktif dan berada di bawah perairan.

Gunung Berapi ini pernah meletus pada era Pleistosen yang kemudian memisahkan antara Pulau Weh dari Pulau Sumatera.  Ada banyak titik penyelaman yang ada di Pantai Iboih, tak heran jika tempat ini menjadi tempat penyelaman terbaik yang ada di Indonesia. Wisatawan yang datang bisa menuju spot Taman Laut Rubiah, Seulako Barat, Rubiah Utara yang memiiki perairan tenang. 

3. Menjelajah Hutan

Selain menikmati petualangan laut, Pantai Iboih juga memiliki wisata menjelajah hutan yang tidak kalah menarik. Didalam hutan ini ada banyak sekali spesies-spesies unik yang mendiaminya. Mulai dari reptil besar dan kecil, kawanan kelelelawar raksasa, babi hutan, dan masih banyak lainnya. 

Hutan Rekreasi Iboih ini tak jauh dari Taman Laut Rubiah. Luasnya mencapai 1.300 hektar dan termasuk kawasan cagar alam yang dilindungi. Hutan hijau ini begitu lebat dan padat, sehingga agak sulit bagi pengunjung yang ingin mengeksplor. Sehingga akan lebih baik jika menggunakan jasa pemandu untuk mengeksplor hutan. 

BAGIKAN

7 Ulasan dari pengunjung

  1. Pantai sangat indah. Pasir putih, dipadukan dengan air laut yang sangat biru dan bersih. Sangat menyenangkan berlibur ke pulau sabang. Ada banyak cottages di sekitar pantai iboih. Jika ingin menyelam silahkan menyebrang ke pulau rubiah. Dengan banyak fasilitas yg disediakan

  2. Pantai yang sangat indah, terletak di Ujung Pulau Sabang, menjadi daya tarik bagi wusatawan lokal dan asing, keindahan pantai iboih dengan pasir putihnya bikin ketagihan bagi yang sudah pernah menikmatinya

  3. Wah ini keren banget, pantau dengan air yang jernih, suasana yang sangat nyaman, penginapan yang cukup bervariatif dan kompetitif menjadi Pantai Iboih ini merupakan destiny wisata yang sangat rekomended banget buat temen-temen yang pengen liburan, suasana nyaman, alami dan menginspirasi Banget.

  4. tempat bersantai di ujung barat indonesia.ada byk penginapan di pantai iboih,tpi klo musim liburan biasanya penuh semua penginapannya..mau snorkling bisa sewa alat2nya.disepanjang pantai biasanya byk menyewakan alat snorklingnya sekaligus pemandu dan foto underwaternya jga bisa didptkan dipantai ini

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here