Pantai Bilasayak

Mertak, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. 83753

Pantai Bilasayak
Google Maps / Je Ha

(4.9/5 dari 11 Pengunjung) Baca ulasan

Jika sedang liburan ke Lombok Tengah, coba untuk mengujungi Pantai Bilasayak, yaitu pantai perawan yang masih jarang dikungi wisatawan. Keunggulannya ada pada pemandangan yang sangat indah.

Posisi Pantai Bilasayak diapit oleh perbukitan berbatu. Ada satu spot yang paling menonjol di tempat ini adalah satu karang yang berada di tengah lautan.

Perlu diketahui, bahwa pantai ini masuk kawasan Taman Nasional Gunung Tunak, tepatnya di Mertak, Pujut Nusa Tenggara Barat dan berada di sebelah timur Pantai Bumbang.

Setelah pembangunan fasilitas jalan sudah diperbaiki di tahun 2017, jumlah wisatawan yang menyambangi tempat ini di akhir pekan mulai ada peningkatan.

Keindahan Pantai Bilasayak

Keindahan Pantai Bilasayak
Google Maps / Kinga Golik

Sekilas Pantai Bilasayak tidak ada bedanya dengan pantai kebanyakan di NTB. Seperti penorama cantik dan air laut jernih berwarna kebiruan. Tapi saat dicermati lagi, pantai ini memiliki menyimpan banyak hal menarik.

Salah satu keindahan yang ada di Pantai Bilasayak yaitu deburan ombak yang menggulung seolah menyapa pasir yang berada di bibir pantai yang pada saat tertentu berwarna jingga karena mendapat pantulan sinar matahari.

Untuk pemandangan yang lebih indah, pengunjungi bisa bergeser sedikit ke arah timur menaiki bukit. Dari bukit kita bisa melihat pemandangan laut lepas dari ketinggian.

Harga Tiket Masuk

Saat melewati gerbang masuk, pengunjung akan diminta untuk membayar tiket masuk. Cukup membayar satu kali, pengunjung bisa menikmati semua keindahan pantai ini sepuasnya.

Tiket MasukHarga
Wisatawan DomestikRp15.000
Wisatawan AsingRp100.000
Tarif Masuk MobilRp10.000
Tarif Masuk MotorRp5.000

Rute Menuju Lokasi

Untuk sampai ke tempat ini tidak begitu sulit. Kawasan Pantai Bilasayak secara administratif berada di Dusun Teakar-akar, Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB.

Waktu tempuh dari Bandara Internasional Lombok hanya 20 menit jika menggunakan mobil atau sepeda motor. Lebih tepatnya hanya berjarak 15 Kilo meter dari Pantai Kuta.

Jika berangkat dari Mataram atau Senggigi, bisa langsung ke arah Praya, dilanjutkan ke Kuta lalu Desa Merta dan Tunak. Jaraknya kurang lebih 85 KM atau sekitar 2,5 jam perjalanan.

Hal Menarik

Ada beberapa hal menarik yang menjadi daya tarik Pantai Bilasayak yang jadi pembeda dengan pantai lainnya. Seperti:

Pantai Seperti Milik Sendiri

Karena lokasinya berada di Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok yang bisa dibilang tempat yang terpencil dan agak sulit dijangkau, menjadikan pantai ini lebih perawan karena masih jarang dikunjungi.

Apalagi jika kita mengunjungi pantai ini di hari biasa, maka wisatawan yang berkunjung bisa dihitung dengan jari. Pengunjung bisa leluasa menikmati pemandangan yang ada.

Alam yang Masih Asri

Alam Pantai Bilasaya
Google Maps / Mursalim Salim

Pantai Bilasayak mulai banyak dikunjungi wistawan sejak tahun 2014. Dengan area seluas 1.214.91 hektar banyak hal menarik yang ditawarkan tempat ini, salah satunya banyak aneka satwa, terutama burung.

Dengan kondisi alam yang masih asri, pengunjung bisa bemain-main di pantai yang masih bersih bebas dari sampah. Saat menaiki tebing, sepanjang perjalanan kita akan menjumpai pepohonan.

Pemandangan Tebuka dari Tebing

Pemandangan Pantai Bilasayak
Google Maps / Rohit Sarang

Ini salah satu hal menarik dari Pantai Bilasayak, pengunjung bisa menikmati pemdangan dari tempat terbuka dari atas tebing.

Setelah bermain-main di bibir pantai, bisa dilanjutkan dengan jalan kaki menuju bukit yang berada di sebelah kiri pantai. Seteleh sampai di area terbuka, kita bisa melihat pemandangan indah lautan lepas,

Dari atas bukit juga pengunjung bisa melihat batu karang yang mirip dengan satu batu di 12 Apostles. Di tempat ini pengunjung wajib berswafoto dengan beragam gaya.

Menaiki Mercusuar

Mercusuar Pantai Bilasayak
Google Maps / Rohit Sarang

Untuk yang punya nyali, sebaiknya untuk mencoba menaiki mercusuar setinggi 20 Meteran. Meski sudah berkarat, namun kuat dan kokoh untuk dinaiki.

Dari puncang mercusuar ini pengunjung bisa menikmati pemandangan yang lebih indah. Bisa melihat ke segala arah. Meski begitu, saat menaikinya harus berhati-hati, karena anginnya cukup kencang.

Pasir Terapi Untuk Penyembuhan

Hal menarik lainnya yaitu pasir Pantai Bilasayak ini dipercaya memiliki khasiat yang bisa menyembuhkan penyakit. Banyak wisatawan yang sudah mencoba melakukan terapi di pantai ini dengan mandi pasir.

Beberapa wisatawan sudah ada yang merasakan hasilnya, yaitu penyakit meraka sembuh setelah melakukan terapi di pantai ini. Selain bisa menikmati keindahan pantai yang indah, juga penyakit bisa sembuh.

Penyakit apa saja yang bisa di terapi di pantai ini? Tidak lain dan tidak bukan yaitu rematik dan stroke. Beberapa riset ada yang menjelaskan bahwa pasir laut bisa digunakan sebagai terapi penyakit tersebut.

SUMBERmytrip.co.id, travel.tribunnews.com, travel.detik.com
BAGIKAN

11 Ulasan dari pengunjung

  1. Pantai diselatan lombok,tepatnya di daerah gunung tunak kecamatan pujut,lombok tengah,merupakan kawasan konservasi yg bersinergi dengan penangkaran rusa,kupu kupu,dan burung khas Lombok.

  2. Pantainya keren, masih sepi pengunjung, perjalanan menuju pantai bilasayak melewati bukit tunak, dari bukit tunak bayar retribusi 5000 per orang sampai dari pintu masuk ke bukit berjarak 3km, dari bukit ke taman bilasayak berjarak 2,7km, perjalanan nya ada yg sebagian belum diaspal dan melewati rimbunan tanaman yg kering, tapi terbayar dengan keindahan pantai ini

  3. Tempat yg belum terjamah oleh tangan” kotor πŸ™‚

  4. Pantai nya tersembunyi…menuju kesini sekitar 2km dari wisata gunung tunak jalan nya jelek belum aspal sepi banget .tapi pas sampe pantai nya wow banget Top….

  5. Pantai sepi dgn akses jalan tanah. Pantainya bagus, ombak kecil namun banyak karang di air. Warung/resto/tempat berteduh tdk ada

  6. Pantai pasir putih dan dan di kelilingi tebing yang indah

  7. Pantai yg Sangat indah dan memukau. Berpasir ke orange an dan diapit dua buah tebing yg terlihat sungguh indahπŸ€™πŸ€™πŸ€™

  8. Pantai ini berada didalam kawasan Taman Wisata Alam Gunung Tunak, tempatnya keren banget viewnya lansung menghadap ke Samudra Hindia. Struktur bebatuan disini juga sangat menarik, mirip dengan Raja Ampat dan warna air terlihat biru banget. Yang paling saya suka disini ada semacam air terjun yang tercipta dari hempasan ombak dan ada juga meriam air yang sangat indah.

  9. Pantai yg sangat indah dan masih alami,tp masih belum dikelola secara maksimal

  10. Pantainya sangat bersih dgn keindahan tebing yang eksotis di sekelilingnya, segera akan dilengkapi fasilitas villa dan restaurant

  11. Warna biru mudu airnya indah banget, kek rupa eskrim πŸ™ˆ, ini juga tempat rekomen, jarang sampah kecuali di bagian atas pantainya, i mean, di tempat2 sekitar berugak masih banyak sampah, tapi pantainya pure bersih, gak kaya gugusan tanjung aan yang banyak rumput laut, disini sama sekali gak ada rumput laut jadi keliatan bersih banget

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here