Pantai Bingin

Desa Pecatu, Kuta Selatan, Badung, Bali.

Pantai Bingin
Pantai Bingin / 素潜り屋バリ

(4.8/5 dari 8 Pengunjung) Baca ulasan

Bali merupakan sebuah pulau impian bagi para wisatawan, mempunyai segudang daftar tempat wisata khususnya pantai yang begitu mempesona, sehingga keindahaanya pun terkenal hingga ke penjuru dunia, salah satu nya adalah Pantai Bingin yang merupakan sebuah surga tersembunyi di pulau Bali. Karena memang jika dibandingkan dengan pantai Kuta atau Pantai Nusa Dua, nama pantai ini masih belum diketahui banyak wisatawan.

Selain letak pantainya yang lumayan jauh dari area perkotaan, medan jalan yang terjal dan berliku seakan menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi wisatawan untuk menjangkau lokasi Pantai Bingin ini. Namun sesampainya disini, rasa lelah dan pusing akan terbayar lunas dengan panorama pantai dan laut yang begitu memanjakan mata. Pantai yang terbilang masih sepi pengunjung sangat cocok sekali bagi wisatawan yang mencari ketenangan lahir dan batin.

Yang menjadi ikonis dari pantai ini yaitu terdapat tebing batu kapur dan beberapa karang cukup besar di sekitarnya, juga dihiasi dengan jejeran bangunan Vila mewah di belakangnya, membuat pantai ini semakin estetik dari segi keindahannya.

Nah, jika tertarik berkunjung kesini, maka tidak ada salahnya meluangkan waktu sebentar untuk menyimak beberapa ulasan dan informasi lainnya mengenai Pantai Bingin ini.

Deskripsi Pantai Bingin

Sebelum memasuki area Pantai Bingin, pengunjung harus berjalan kaki terlebih dahulu melewati puluhan anak tangga dan gang-gang sempit dengan bangunan vila mewah di sampingnya, karena untuk kendaraan sendiri tidak bisa masuk sampai ke dekat bibir pantai. Capek! Itu sudah pasti, inilah sebabnya pantai ini disebut sebagai surga tersembunyi di Bali, karena membutuhkan perjuangan ekstra untuk menikmati keindahannya.

Pantai Bingin secara administrasi berada di Desa Pecatu, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Akses menuju lokasinya sendiri cukup akan menyulitkan wisatawan, untuk mempermudah menuju pantai ini lebih disarankan agar menggunakan maps Google, Waze, dan aplikasi penunjuk arah lainnya, atau setidaknya bertanya kepada masyarakat setempat disana.

Pantai yang juga dekat dengan Pantai Padang Padang dan Pantai Dreamland ini memiliki cangkupan pantai yang cukup luas. Terdapat pasir putih yang sangat bersih, kondisi ombak yang besar, dan batuan karang baik di dalam air laut maupun di sekitar area pantai. Sehingga ketika laut sedang surut, disini pengunjung bisa melakukan snorkeling menikmati pemandangan di dasar laut yang lumayan dangkal.

Uniknya lagi, pantai ini dibentengi oleh tebing batu kapur dengan tumbuhan hijau yang hidup di atasnya, menghadirkan pesona alam yang berbeda. Sehingga siapapun yang berkunjung ke Pantai Bingin akan takjub dengan pemandangannya yang begitu eksotis ini.

Rute Menuju Lokasi

Meskipun akses menuju lokasi Pantai Bingin tidak semudah menuju pantai lainnya di Bali, namun hal ini bukanlah sebuah masalah besar bagi wisatawan yang ingin mencari tempat wisata pantai dengan udara segar, sepi pengunjung, juga tentunya keindahan pantai yang akan membuat betah berlama-lama disini.

Dan berikut ini adalah beberapa rute yang bisa digunakan untuk menuju lokasi pantai, jika berangkat dari kota-kota besar di Bali, yaitu :

Dari Bandara Internasional Ngurah Rai

Jika saat berkunjung ke Pulau Bali melalui jalur udara dan menjadikan Bandara Ngurah Rai sebagai titik pertama perjalanan, pertama Ikuti Jl. Airport Ngurah Rai kemudian Ambil Jl. Bypass Ngurah Rai – Jl. Raya Uluwatu, dan Jl. Labuansait ke Jl. Tj. Simah.

Setelah sampai di ujung Jl. Tj. Simah tandanya sudah dekan dengan tujuan. Carilah tempat parkir kendaraan paling dekat ke lokasi pantai kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki sampai menuju Pantai Bingin. Estimasi waktu perjalanan sekitar 35 menit dengan menempuh jarak 19,3 KM.

Dari Kota Denpasar

Dari kota Denpasar sendiri bisa ditempuh dengan jarak 29,5 KM dengan waktu perjalanan sekitar 40-60 menit. dengan melaui rute Jl. Teuku Umar. Ambil Jl. Imam Bonjol, –  Jl. Sunset Road, – Jl. Bypass Ngurah Rai, Jl. Raya Uluwatu, menuju Jl. Labuansait ke Jl. Tj. Simah. Dilanjutkan perjalanan kaki menuju Pantai Bingin.

Untuk yang menggunakan kendaraan mobil, bisa juga menggunakan alternatif jalan Tol dengan memulai perjalanan melalui Jl. Raya Sesetan ke Jl. Raya Pelabuhan Benoa – Jl. Nusa Dua – Bandara Ngurah Rai – Benoa masuk ke Toll Road/Mandara Toll Road keluar menuju Jl. Bypass Ngurah Rai menuju Jl. Labuansait ke Jl. Tj. Simah.

Dari Nusa Dua Bali

Ambil arah selatan menuju Jl. Bypass Ngurah Rai, ke Jl. Raya Uluwatu dan Jl. Labuansait barulah ambil Jl. Tj. Simah. Setelah itu seperti biasa dilanjutkan dengan perjalanan kaki dengan melewati anak tangga dan gang sempit untuk bisa tiba di Pantai Bingin.

Ada beberapa pilihan transportasi yang bisa digunakan seperti ojeg atau taxi online, sewa kendaraan motor dan mobil, atau bisa juga ikut tour wisata yang banyak tersedia di Bali.

Harga Tiket Masuk

Agar bisa masuk dan menikmati pemandangan pantai Bingin pengunjung tidak akan dikenakan tarif perorangan alias gratis. Namun cukup menyediakan uang receh saja untuk keperluan bayar tiket parkir kendaraan, yaitu :

Jenis KendaraanHarga
Sepeda MotorRp2.000
MobilRp5.000
*Harga Tiket kendaraan bisa berubah sewaktu-waktu.

Hal Menarik

Lalu apa saja sih hal menarik atau aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Bingin ini ? Temukanlah jawabannya dengan mengunjunginya langsung, atau setidaknya melihat beberapa rangkumannya di bawah ini :

Surfing

Ketika ombak laut pasang, pengunjung akan menjumpai beberapa turis asing sedang duduk di atas hamparan pasir putih sambil mengamati atau mencari ombak besar untuk melakukan olahraga air yang memicu adrenalin ini. Ya! Surfing merupakan sebuah tujuan utama bagi sebagian wisatawan asing yang lagi berlibur ke Bali.

Jika belum pernah mencoba dan ingin belajar menaklukan gulungan ombak laut dengan menggunakan sebuah papan selancar, disini pengujung akan diajarkan mulai dari nol hingga ke teknik yang paling sulit tentunya dipandu oleh yang berpengalaman. Tidak membawa papan selancar dari rumah? Tenang di sini juga sudah tersedia papan selancar yang bisa disewa.

Berenang

Apabila belum cukup nyali untuk melakukan Surfing, jangan berkecil hati, masih ada aktivitas lain yang bisa dilakukan di pantai ini yang tidak kalah serunya.

Berenang di saat ombak sedang surut misalnya, hamparan karang di dasar laut yang dangkal akan membentuk seperti kolam-kolam kecil, sehingga cukup aman jika hendak berenang disini.

Jangan lupa untuk meakukan Snorkeling juga ya, mengamati dan berkenalan dengan fauna di bawah laut yang akan menambah pengalaman liburan semakin paripurna.

Berjemur

bingin beach uluwatu

Meski yang biasa berjemur di pantai ini kebanyakan wisatawan mancanegara, namun untuk wisatawan domestik yang ingin menghitamkan kulit bisa mencoba berjemur di pantai. Tinggal pilih area yang tidak terlalu ramai, di area pasir putih atau batu karang yang menghampar.

Bersantai di Pantai

pantai bingin pecatu
Menikmati pemandangan di salah satu cafe Pantai Bingin / Gromicko

Duduk santai hingga merebahkan badan di atas pasir putih, menghirup udara segar, ditemani alunan suara alam seperti gemuruh ombak yang menepi, menjadikan self healing tersendiri bagi sebagian wisatawan yang dipercaya bisa menyegarkan pikiran. Tersedia juga bebera cafe dengan konsep nongkrong di pantai yang menyediakan beramacam makanan dan minuman.

Swafoto

Di pantai ini terdapat banyak spot foto bagus yang akan menambah like ketika diunggah ke media sosial. Tentunya ini dikarenakan kondisi pantainya yang masih terjaga kealamian dan kebersihannya, bangunan vila mewah yang tersusun rapi di belakangnya juga tebing-tebing batu kapur yang menjadikan pantai ini terlihat sangat mewah dan berkelas untuk berswa foto bersama keluarga, sahabat, ataupun besama pasangan.

Banyak titik dengan latar yang indah untuk menghasilkan foto yang instagramable, pilih sesuai keinginan dan gunakan kreativitas untuk hasil yang maksimal.

Menikmati Sunset

Sunset di Pantai Bingin Bali
Pemandangan Sunset / Harri Bennett

Selain tempat berburu ombak bagi para peselancar, Pantai Bingin juga selalu dijadikan sebagai spot berburu sunset ketika cuaca sedang bagus di sore hari menjelang malam.

Selain karena letak pantainya sendiri yang menghadap langsung ke arah barat, di pantai ini pengunjung bisa menyaksikan sebuah proses perpindahan waktu di hampir setiap sudut lokasi pantai, dengan pemandangan matahari yang seakan tenggelam di lautan.

Tips Berkunjung ke Pantai Bingin

Pergilah berlibur dengan persiapan yang matang, agar momen liburan semakin terasa seru dan menyenangkan. Lalu apa saja yang mesti dipersiapkan? Berikut ini adalah panduan atau tips berkunjung ke Pantai Bingin, yaitu :

  • Berkunjung ketika cuaca sedang cerah tepatnya di musim kemarau, di musim hujan pemandangan pantai tidak seindah saat kemarau. Untuk itu sebaiknya cek terlebih dahulu perkiraan cuaca sebelum pergi berlibur ke pantai.
  • Jika ingin mendapatkan suasana yang tenang maka berkunjunglah di hari biasa atau low season.
  • Tidak membuang sampah sembarangan, kondisi pantai cukup bersih dari sampah dan membuang sampah sembarangan merupakan perbuatan buruk yang bisa merusat keindahan pantai.

Kekurangan Pantai Bingin

Kekurangan Pantai Bingin sebenarnya yang menjadikannya menjadi pantai mempesona yang tersembunyi. Yaitu jauh dari tempat parkir, untuk sampai ke pantai ini pengunjung harus jalan kaki melewati jalan gang kecil dan harus menapaki banyak anak tangga.

Demikian ulasan terkait tempat wisata Pantai Bingin, jika terdapat informasi yang keliru dan punya pengalaman yang berbeda saat mengunjungi pantai ini bisa kirim ulasannya di bawah ini ya!

BAGIKAN

8 Ulasan dari pengunjung

  1. Mantul banget pemandangannya, air yang jernih memanjakan diri buat santai dipinggir pantai. Pemandangan yang elok dan eksotis cocok banget buat liburan keluarga di tiap akhir pekan dengan membawa tikar buat senderan menikmati ombak yang indah dan tenang. Sehingga aman untuk berlibur sendiri ataupun bersama rekan kerja.

  2. Masih sepi, kebanyakan turis mancanegara. Kurang populer bagi wisatawan lokal. Padahal tempatnya bagus. Sedikit bingung untuk aksesnya krn masuk gang kecil dan turun tangga. Banyak caffe yg blm jadi, ada penginapan nya juga

  3. Salah satu alasan yang membuat pantai ini masih tersembunyi karena wisatawan yang pertama kali berkunjung ke pantai ini pasti akan kebingungan untuk mencari letak lokasinya.

    Lokasi dari jalan pantai Bingin Pecatu Bali, memang jarang sekali diketahui oleh masyarakat umum, karena jarak dari tempat parkir untuk menuju bibir pantai Bingin Pecatu Bali memerlukan stamina ekstra.

    Hal ini dikarenakan jalan yang akan ditempuh untuk menuju pantai ini berupa menuruni anak tangga dan gang – gang sempit, serta akses jalan sangatlah terjal serta berliku.

    Hal ini juga yang menyebabkan pantai ini jarang sekali dikunjungi oleh orang lokal dan wisatawan domestik. Kebanyakan dari para pengunjung pantai Bingin Bali adalah wisatawan asing yang menyukai olahraga surfing.

    Karena kebiasaan dari wisatawan asing berjalan kaki, jadi tidak menjadi halangan bagi wisatawan asing untuk mencapai lokasi pantai ini sambil membawa papan surfing.

  4. Cocok buat surfing soalnya ombaknya galak hihi. Indah banget, banyak anjing lucu, terus banyak cafe juga. Cafenya lucu2. Kalo mau ke sini harus lewat tangga yang banyak banget.. Tapi sepadan sama pemandangan yang didapat.

  5. Another hidden gems di uluwatu. Tempat parkir cukup luas bisa parkir mobil juga tetapi terletak cukup jauh dari pantai. Dan kita harus berjalan sekitar 10 menit untuk sampai kepantai. Melewati gang kecil cukup sempit. Akses jalan ke pantai bagus, Kita harus menuruni cukup banyak anak tangga hingga bisa sampai kepantai. Tidak ada pemungutan biaya masuk pantai ataupun parkir. Untuk view pantai cukup mewah. Ada spot poto batu besar dipinggir pantai. Terdapat juga restaurant disekitar pantai. Cocok untuk ngechill sambil sunsetan. Enjoy guys

  6. Bali ya pasti identik dengan pantai.
    Cari pantai untuk berjemur atau sekedar menghabiskan waktu di cafe pinggir pantai, bisa di sini guys.
    Dan pantai nya pun juga bersih dan pasir pantai nya putih, jadi keren banget deh.
    Oia utk menuju pantai nya jalan nya agak sempit ya, heheh.
    Jadi harus jalan kaki sedikit.

  7. Pantai nya bagus bgt(gada pantai yg ga bagus di bali sih lol). Tempatnya emang agak jauh di uluwatu, dan akses utk turun ke pantai sudah ada dg tangga. Tp ada baiknya pas main ke pantai ini pas lg stamina lg ok krm naik turun tangga utk sampai ke pantai lumayan banyak dan tinggi2 anak tangga nya.

    Ga di rekomendasiin jg yg bawa anak kecil atau pun org tua krn akses tangga nya. Saya pulang dr sini berujung sakit seluruh badan pegal2 krn mgkn jarang olahrga, lol.

    Tp semua terbayarkan dg sunset yg indaaah bgt.

  8. Pantai bingin terletak di daerah Pecatu Bali, walaupun tempatnya agak tersembunyi, tapi pantai ini banyak dicari oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara, karena view2 nya yg indah serta penampilannya yg unik serta memanjakan mata, bagi anda yg ingin bersantai rilex di sini lah tempatnya

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here