Pantai Palangpang

Pantai Palangpang
Pantai Palangpang @irfanmusaddad

(4.2/5 dari 35 Pengunjung) Baca ulasan

Alamat: Samudra Hindia, Ciemas, Ciwaru, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat 43177

Pantai Palangpang merupakan salah satu wisata pantai di Kabupaten Sukabumi, tepatnya berada di kawasan Geopark Ciletuh. Pantai ini juga berada di jalan masuk Geopark Ciletuh, jadi sebelum mengunjungi tempat wisata yang lainnya, ada baiknya berkunjung ke pantai ini terlebih dahulu.

Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang cukup panjang, jadi sangat cocok dijadikan tempat untuk melaksanakan berbagai acara besar, seperti festival musik, festival budaya, dan berbagai acara sekala besar lainnya.

Tidak hanya itu, pantai ini juga sering digunakan sebagai tempat pendaratan olahraga paralayang. Bahkan di tahun sebelumnya sepat diadakan event paralayang ditempat ini, acaranya cukup meriah.

Di pantai ini juga terdapat dua sungai, yaitu Sungai Ciletuh dan Cimarinjung , kedua sungai inilah yang mempengaruhi warna air laut di pantai ini, jika musim hujan tiba, warna air laut menjadi kecoklatan.

Rute Menuju Pantai Palangpang

Pantai Palangpang berada di Desa Ciwaru, yang masuk wilayah Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf sebelumnya, pantai ini berada di area geopark.

Dari pusat Kota Sukabumi ke pantai ini memerlukan waktu kurang lebih 3 jam jika menggunakan jalan Cikidang, dan 2,5 jam jika menggunakan jalan nasional yang melwati Cimanggu.

Untuk mengunjungi pantai ini sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi, soalnya untuk kendaraan umum masih minim yang melewati jalur ini. Untuk memudahkan perjalanan ke pantai ini, bisa menggunakan bantuan aplikasi petunjuk arah seperti Google Map dan Waze.

Harga Tiket Masuk Pantai Palangpang

Untuk menikmati keindahan alam yang ditawarkan Pantai Palangpang, wisatawan diharuskan membayar Rp 5.000,- perorang. Dengan tiket masuk yang terbilang murah, wisatawan bisa menikmati pemandangan yang indah.

Oh iya, di pantai ini juga terdapat landmark ciletuh, ini yang membuat pantai ini wajib dikunjungi ketika liburan ke Geopark Ciletuh. Di tunggu ini juga wisatawan bisa berswafoto, sebagai tanda bahwa pernah liburan ke tempat ini.

Aktivitas di Pantai Palangpang

Sama hal ketika mengunjungi pantai pada umumnya, di pantai ini juga ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan. Umumnya wisatawan yang mengunjungi pantai ini hanya sekedar menikmati pemandangan pantai, khususnya di sore hari.

Namun di pantai ini juga wisatawan bisa melakukan aktivitas lainnya seperti:

1. Berenang dan Bermain Pasir

Pada saat cuaca sedang bagus, pantai ini memiliki air laut yang cukup bersih untuk digunakan berenang. Ombak di pantai ini juga tidak terlalu besar, sehingga aman untuk anak-anak. Namun untuk anak-anak harus tetap dalam pengawasan orang tua.

Namun sangat tidak disarankan berenang ketika musim hujan datang, air laut di pantai ini akan berwarna kecoklatan dan kotor.

Di pinggiran pantainya, wisatawan juga bisa bermain pasir. Pasir di pantai ini terbilang padat, jadi bisa digunakan untuk membentuk berbagai bentuk, seperti miniatur istana.

2. Menikmati Pemandangan dan Langit Sunset

Sunset di Pantai Palangpang
Sunset di Pantai Palangpang @firman_oq

Sejauh mata memandangan hamparan pesisir pantai dan air laut yang panjang membuat kita merasa kagum akan keindahan alam yang terdapat di pantai ini.

Namun jika diamati dengan seksama, ada pemandangan menarik di pantai ini. Tidak jauh dari pantai ini terdapat sebuah air terjun yang memiliki aliran air yang cukup deras, namanya Curug Cimaringun, air terjun ini merupakan salah satu tempat wisata andalan di Geopark.

Pemandangan sore hari di pantai ini cukup indah, wisatawan bisa menikmati langit sunset di pantai ini. Biasanya pada sore hari banyak wisatawan lokal dari kalangan anak muda yang berkunjung untuk hanya sekedar nongkrong atau menikmati sunset bersama pasangan.

3. Mengunjungi Curug Cimarinjung

Selain melihat pemandangan Curug Cimarinjung dari kejauhan, wisatawan juga bisa mengunjunginya langsung dari Pantai Palangpang. Karena jaraknya tidak jauh, curug ini bisa ditempuh beberapa menit saja.

Mengunjungi Curug Cimarinjung dari pantai ini merupakan rencana yang tepat, karena selain lebih dekat, juga akan puas dengan pemandangan alam yang dijumpai.

4. Memancing

Untuk wisatawan yang memiliki hobi memancing, pantai ini merupakan tempat yang tepat untuk memancing berbagai ikan laut. Wisatawan juga bisa mengunjungi beberapa pulau kecil, yaitu tempat yang tepat untuk memancing banyak ikan. Untuk sampai ke pulau-pulau ini bisa dengan menyewa perahu nelayan.

Dua pulau kecil yang terkenal diantaranya adalah Pulau Mandra dan Pulau Kunti. Pulau mandra ini memiliki ukuran yang kecil, dan hanya terdiri dari batuan karang. Namun pulai ini merupakan tempat yang strategis untuk kegiatan memancing ikan.

5. Bermain Water Sport

Ditempat ini juga terdapat beberapa permainan water sport, salah satunya Banana Boat. Permainan ini cocok untuk cocok untuk menguji adrenalin. Untuk mencobanya diharuskan dengan beberapa peserta, dan harus membayar sejumlah uang.

6. Camping di Pantai

Camping di Pantai Palangpang
Camping di Pantai Palangpang @putrrieka

Untuk wisatawan yang akan bermalam di pantai ini, selain bisa bermalam di penginapan sekitar Pantai Palangpang, juga bisa mendirikan tenda di sekitaran pantai.

Umumnya wisatawan dari kalangan anak muda yang sering camping di pantai yang berasal dari luar daerah.

BAGIKAN

35 Ulasan dari pengunjung

  1. Pantai palangpang merupakan titik koordinat di kawasan geopark ciletuh palabuhanratu yang terletak di kecamatan ciemas salah satu kecamatan paling selatan di antara 8 kecamatan yg masuk di seluruh wilayah Geopark ciletuh palabuhanratu….

  2. Semoga kebersihan nya bisa lebih dijaga baik oleh pihak pengelola, penduduk setempat terutama pengunjung-pengunjung nya. Sayang sekali di pantai ini banyak sekali sampah berserakan. Belum lengkap rasanya kalo liburan ke geopark ciletuh gak mampir dulu ke pantai “milo” ini.

  3. Untuk pantai sebenernya biasa aja. Sesuai namanya. Ciletuh yg berarti air keruh. Airnya keruh. Dan pasir pantainya berwarna coklat.
    Daya tarik utama pantai ini adalah bentuknya yg aphitheater alami.
    Saat saya datang kesini di hari kerja. Pantainya sepi dan tenang. Very relaxing.
    Untuk makan di tempat ini ada banyak warung. Tp hati2 dengan harganya. Lebih baik tanya sebelum beli. Karena saya kemarin kena “getok harga”. Walaupun gak heboh2 banget harganya.
    Jika mau ke minimarket dari tempat ini cukup jauh. Sekitar 8km.

  4. Nah di pantai ini kita bisa berfoto dengan background tulisan ‘Geopark Ciletuh’.

    Pantainya bersih, masih sepi untuk saat ini, landai, ombaknya kalem. Belum banyak pohon untuk berteduh, ada pohon pun masih pada kecil-kecil dengan jarak yang teratur. Mungkin emang sengaja ditanam saat membangun kawasan ini ya..

    Warung makanan juga banyak. Musola ada di dekat loket masuk yang ga jelas gerbang dan bayarannya haha..

    Biasanya, kalau memotret pantai atau laut lalu nampak bukit itu adalah pulau di seberang. Tapi untuk di Pantai Palangpang ini, bukit itu tebing terusan dari pantai ini.

    Ya Allah, bolehkah aku membayangkan bagaimana keadaan puluhan juta tahun lalu saat Kau meluangkan waktuMu untuk membuat Maha Karya ini?

    Tekstur tebing ini tidak tertangkap dengan baik oleh kamera HP. Mungkin karena objek terlalu jauh.

    Jadi, coba yuk ke sini untuk membuktikan kalau Indonesia itu indah..

  5. Bagi anda yang ingin belibur tempat ini menawarkan banyak tempat liburan yang indah,tapi sayang saya lebih suka geopark yang dulu karena masih asri dibanding yang sekarang.

  6. Perjalanany Lumayan melelahkan sih kl di tempuh dari jakarta. Tp bgtu smpai.. lelah pun jd hilang, terobati oleh indahny pemandangan dan sentuhan ombak laut.. pkony seru dah…πŸ‘πŸ‘πŸ‘

  7. Pantai di kawasan Geopark Ciletuh. Banyak tempat makan dan tempat parkir di sini. Good place to enjoy sunset. Sayang kebersihannya kurang dijaga dan susah utk cari toilet di sini.

  8. Menuju ke pantai palangpang harus ekstra hati-hati jalanan menurun dan tikungan tajam…ada pasar ikan sarana dan prasarana masih belum optimal

  9. kalo pagi si lumayan bagus, engga keliatan kotor karna masih gelap, air nya keruh karna pasirnya coklat, dan yang sangat si sayangkan di tempat ini adalah banyaknya sampah yang berserakan, kurangnya perhatian, tidak adanya pengelola, padahal prospek di tempat ini bagus kalo di jaga seutuhnya.

    wisata pantai sekalian pergi ke curugπŸ‘πŸ»
    semoga kedepanya tempat wisata ini bisa berubah menjadi asri lagiπŸ™πŸ»

  10. Karna ada dua muara sungai yang terhubung sama pantai palangpang airnya jadi berwarna kecoklatan karna bercampur sama lumpur sungai, ombaknya tidak terlalu kencang bisa untuk bermain main diair

  11. Sebuah tanjung pntai yang sangan mengesankan bagi saya, saya betah berlama” di pantai ini sambil menikmati suasana sunset, dan di pantai ini ombak tidak begitu besar

  12. Akses dari pelabuhan ratu lumayan jauh, kurang lebih 2 jam pake motor. Jalan sudah bagus, mulus. Pantai keren, sayang di pasirnya banyak sampah berserakan, terus minim tempat berteduh di pinggir pantainya. Fasilitas umum seperti toilet pun masih minim

  13. Tempat wisata yg indah untuk keluarga. Tempat parkir luas, masjid, home stay, jalan mulus, hanya saja toilet sedikit jauh, dan tempat sampah tapi masih banyak sampah yg berserakan di area parkiran dan pantai. Saya sarankan bagi yg mau berkunjung ke sini jangan buang sampah sembaran karena dapat merusak keindahan pantai itu sendiri

  14. Tempatnya bagus, pantainya pasirnya luas dan boleh dimasuki motor sampai bibir pantai.
    Waktu masuk dikenakan tarif 5K/motor.
    Tapi bisa juga gratis kalau masuknya malam hari

  15. Dtg kesini pas musim hujan, sekitar Desember ya ga kebagian matahari dong, tahun 2016 lalu belum ada jalan tembusan dari loji, kalau mau ke puncak darma mesti merangkak naik & Curug cimarinjung pun belum ada pagar yang layak, muara ke pantai palangpang pun terlihat coklat airnya akibat hujan semalaman, tapi tetap excited, ga kebayang sekarang pantai palangpang dan sekitarnya, ingin kesana lagi

  16. Pantai yang terletak di Geopark Ciletuh. Ombaknya tenang, namun sayangnya airnya keruh dan banyak sampah berserakan. Dari pantai ini terlihat deretan tebing yang menjulang tinggi. Terlihat pula beberapa air terjun dari pantai ini. Paling cocok berkunjung ke sini saat pagi atau sore hari

  17. Pantai luas cocok untuk camping,hanya saja sampah kayu dari laut ke pantai lumayan banyak,lumayan untuk buat api unggun.πŸ˜†

  18. icon “geopark ciletuh”, pantai teluk d selatan jawa barat, sangat lapang dg tekstur pasir cukup halus berwarna kecoklatan (muara bbrp sungai), sore saat tepat : sunset & tdk terik, tersedia masjid – homestay – toilet, kelestarian & kebersihan alam sangat mendesak, utk wisata keluarga saran destinasi bukit panenjoan – curug sodong – curug cimarinjung – pantai palangpang (krn akses mudah, ramah keluarga, goodview, cukupseharian), destinasi lainnya d geopark ciletuh? pastinya lebih amazing, fisik + mental + trampil mengemudi siap? ayo tracking.. jelajah seluruh tantangan bentang alam geopark ciletuh (darma-awang-pasirputih-kunti-batupurba-lainnya)

  19. Pantai yang sangat bermasyarakat yang ada di Sukabumi, pantai ini ada di geopark ciletuh. Saat mengunjungi pantai ini anda dapat mengunjungi juga puncak darma dan museum geopark ciletuh

  20. tujuan gw mancing di pulau kunti nyebrang dri palangpang,pantai bgus,air terjun ok..tp sayang byk sampah,bahkan wkt lewat puncak darma gw liat ada salah satu prasti batu catur yang di bikin patok parkir..bner2 sangat di sayangkan!lama2 kya pantai2 lain nya di sukabumi,awalnya bagus tapi lama2 hilang indah nya gara gara sampah,mohon dinas terkait kelola tmpat ini sebaikbaiknya

  21. sebaiknya jangan mandi atau berenang di pantainya karena air curuq cipamikis yg bermuara ke sini sangat keruh. mungkin karena diatasnya ada penambangan emas. wah bahaya kayaknya . disini. semoga tidak terjadi kasus di buyat manado

  22. Pantainya terbagi dua Karena terpisahkan Oleh muara sungai, Yang satu berwarna coklat Dan satu lagi tidak. Hampir tidak Ada ombak jadi sangat cocok untuk anak anak. Juga baik untuk destinasi touring. Fasilitas penginapan Masih minim, namun penyedia penginapan sangat baik Dan ramah, jadi ketika penuh mereka Akan menawarkan tenda atau menginap Di rumah utama. Satu hal Yang paling unik, Di area ini tidak Ada minuman keras Yang biasa nya identik dengan wisata pantai.

  23. Perjalanan menuju pantai lumayan bikin mabok, naik turun dan tikungan tajam.. tp jgn khawatir banyak penginapan disana, cuma sayang kurang bersih pantai nya.. sudah dr sini jgn lupa ke vihara kwan im, depan nya pantai loji, dan banyak obyek wisata lain disekitar.

  24. Tempatnya bagus, tetapi ketika saya ke sana banyak sampah plastik dan sampah dari pohon tumbang, mungkin karena terbawa arus dari sungai ketika hujan. Tetapi harusnya sudah dibersihkan kembali.

  25. Pantai nya uniiik. Perpaduan air sungai yg coklat merah ketemua air pantai selatan jawa. Ombaknya mantabh suasanya okeh banget tinggal diriin twnda jadi deh. Sayang musti sering2 dibersihin. Atau bikin tempat sampah gede biar kagak sembarangan buang. Pokoknya buat nyari tempat anti mainstream cucok dah. Penginapan juga banyak

  26. Inilah semua tujuan baru destinasi wisata jawa barat, khususnya di kabupaten sukabumi, selatan pulau jawa ini, dengan pemandangan yang begitu indah, dikelilingi tebing tebing dan wisata alam yang sangat indah nan alami, jalur menuju kesana lumayan jauh karena harus memutar, tapi asyik sekali.

  27. Pantainya indah dengan dikelilingi bukit hijau nan asri tapi sayangnya sampah everywhere, please ya pengunjung mari jaga keindahan lingkungan tempat wisata kita minimal jaga kebersihan, karena kurang keren saja mau berfoto di pantai tapi yang kelihatan sampah plastik dan botol minuman berserakan, jadilah pengunjung yang bertanggung jawab

  28. menikmati pantai palangpang, udaranya masih alami, bikin adem dan tenang, banyak pengunjung berbondong2 datang kemari dari segala penjuru. saran untuk pengunjung tolong donk sampahnya jgn d buang sembarangan, menggangu keindahan alam.

  29. Pertama kesini taun 2015 masih sangat asri dan bersih. Masih banyak biota laut yang bisa ditemui. Walaupun jalannya masih sulit dilewati kalau pakai motor. Tapi terbayar ketika sampai sana.
    2016 balik lagi kesini totally disappointed. Sampah dimanamana, pantai yang sudah kotor, dan banyak lagi kekecewaan yang didapat walaupun jalan menuju kesana sudah jauh lebih bagus.
    Kepada pengelola dan pengunjung harap lebih bisa menjaga keindahan alam disini dengan cara paling sederhana, jangan buang sampah sembarangan.

  30. Pokoknya jangan ngaku orang sukabumi kalau belum pernah kesini…ada lebih dari 5 air terjun yg bisa kita kunjungi, pantai indah yg dipagar gunung karang. Kita bisa liat keindahan pemandangan sekitar melalui bukit panenjoan, panyawangan dan puncak darma.

  31. Tempatnya bagus, akses jallan juga bagus. Hanya saja pengunjung masih kurang disiplin dalam hal membuang sampah…dan pengendara motor masih parrkir disekitar tulisan GEOPARK CILETUH

  32. Pantai Palangpang, terdiri dari material pasir yang hampir sama dengan pantai pelabuhanratu. Berbeda dengan pantai di ujung genteng yang berpasir putih. Berpasir cokelat ke abu abuan dengan sedikit gemerlap bijih besi. Anda bisa nonton balapan motor disini, bila memang sedang ada Race Event. Tanya penduduk lokal untuk info balapan lebih detail nya.

  33. Meskipun jauh perjalan saya dr sawangan sampai k sini.alhamdulilah terbayar oleh pemandangan sepanjang perjalannya.terima kasih untuk warga ciwaru yg baik hati

  34. Pantai nya blm begitu ramai cukup tenang…
    Perkampungannya luar biasa alami bngt…
    Ada beberapa wisata curug yg bisa dikunjungi selain ke pantai ini.

  35. Pantai indah yang membentang luas dan dengan deburan ombak yang menawan menawarkan keindahan yang sayang jika hanya sebentar . Pemandangan sekeliling hutan dan hijaunya alam yang mendominasi wilayah ini , membuat hati kita terasa terpaut dengan alam .

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here