Pantai Cibuaya

Pantai Cibuaya
Pantai Cibuaya @azamefan

(4.5/5 dari 25 Pengunjung) Baca ulasan

Alamat: Ujung Genteng, Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat 4317

Pantai Cibuaya merupakan pantai yang terletak di wilayah bagian selatan Sukabumi, Jawa Barat. Pantai ini ada di daerah Surade, dekat dengan Pantai Ujung Genteng.

Pantai ini menawarkan keindahan alam pasir putih bagi para pengunjungnya. Lokasinya juga tidak terlalu dipadati oleh wisatawan sehingga pengunjung dapat berlibur dengan lebih tenang.

Pantai Cibuaya Ujung Genteng memiliki lingkungan yang masih asri

Rute Menuju Pantai Cibuaya

Lokasi Pantai Cibuaya terletak di jalan raya Ujung Genteng desa Purwasedar, Ciracap, Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Pengunjung dapat pergi menggunakan kendaraan pribadi menuju Sukabumi, dilanjutkan dengan berkendara ke arah Surade.

Perjalanan dari Jakarta dapat ditempuh dalam waktu sekitar enam jam perjalanan. Sedangkan perjalanan dari kota Bandung dapat ditempuh dalam waktu sekitar empat jam perjalanan.

Perjalanan menggunakan mobil memang lebih lama dibandingkan dengan menggunakan motor. Pengunjung juga harus berhati-hati dalam berkendara karena jalanan yang berliku, menanjak, serta tidak beraspal di beberapa bagian.

Namun pemandangan yang tersedia sepanjang perjalanan juga sangat indah dan menarik sehingga pengunjung tidak akan bosan sepanjang perjalanan.

Apabila menggunakan transportasi umum, pengunjung dapat menaiki bus tujuan Sukabumi. Alternatif transportasi lain yaitu menggunakan kereta lokal dari Stasiun Bogor atau Bandung. Dari terminal Lembursitu Sukabumi perjalanan dapat dilanjutkan menggunakan angkutan umum ke arah Surade.

Jika ingin mengunjungi pantai-pantai lain di daerah Ujung Genteng, pengunjung lebih baik menggunakan kendaraan pribadi karena lokasi antar pantai yang cukup berjauhan dengan medan yang sulit.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Cibuaya

pantai cibuaya sukabumi
Pemandangan Pantai Cibuaya Sukabumi @arie.andrianaridwan

Berikut adalah beberapa aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung di pantai Cibuaya:

1. Menikmati pemandangan matahari terbit dan matahari terbenam

Menurut orang-orang yang pernah berkunjung ke pantai Cibuaya, pantai tersebut memiliki pemandangan matahari terbenam yang sangat indah.

Pengunjung yang menginap juga dapat menikmati pemandangan matahari terbit dari pinggir pantai. Warna jingga keemasan matahari terbit dan terbenam memang menjadi pemandangan ikonik yang sayang untuk dilewatkan.

Tiduran di pinggir pantai Cibuaya saja sudah dapat membuat badan dan pikiran pengunjung lebih rileks. Pengunjung dapat memejamkan mata sambil menikmati suara alam berupa deburan ombak dan cuitan burung yang melintas. Setelah mengunjungi pantai, pada malam hari kualitas tidur pengunjung juga lebih baik dan lebih nyenyak.

2. Bermain air di pinggir laut

Mengunjungi pantai tidak lengkap rasanya jika tidak bermain air dan berenang di pinggir laut. Namun pengunjung yang ingin berenang di pantai Cibuaya harus berhati-hati.

Pantai ini tidak memiliki tebing ombak yang dapat menahan deburan ombak, sehingga ombak yang sampai ke pantai kadang cukup besar. Di beberapa wilayah bahkan terdapat rambu-rambu dilarang berenang.

Pengunjung yang ingin berenang memang sebaiknya memperhatikan kondisi ombak dan rambu-rambu yang mungkin ada di sekitarnya. Keselamatan merupakan hal yang utama, jangan sampai karena berlibur pengunjung malah menjadi celaka.

3. Menyantap ikan bakar yang baru ditangkap oleh nelayan

Sambil menikmati pemandangan pantai, pengunjung dapat menyantap ikan bakar. Terutama perut manusia juga lebih mudah lapar setelah aktivitas berat seperti berenang. Di sepanjang garis pantai ini memang terdapat banyak nelayan yang menawarkan ikan segar yang baru ditangkap dengan harga yang cukup murah.

Beberapa ikan yang ditangkap nelayan di daerah ini diantaranya ikan kakap merah, ikan kerapu, gigi anjing, kuwe, atau ekor kuning. Per ikat ikan ini dijual dengan harga 30 hingga 50 ribu rupiah. Satu ikat terdiri dari dua hingga tiga ikan berukuran sedang.

Warung sekitar pantai banyak yang menawarkan jasa untuk membakarkan ikan ini. Jika pengunjung tidak dapat menemukan nelayan yang menjajakan ikan, warung-warung ini juga menjajakan menu ikan bakar dengan harga yang cukup terjangkau. Harganya bervariasi tergantung kepada ukuran dan jenis ikan yang dipilih.

Sejarah pantai Cibuaya

Nama pantai Cibuaya terdengar seperti nama-nama daerah di Sunda dengan imbuhan “ci”. Jaman dahulu, banyak buaya yang berkeliaran dengan bebas di wilayah pantai sehingga pantai ini dinamakan pantai Cibuaya. Kini, muara berisi buaya tersebut sudah tidak ada sehingga pengunjung dapat bermain dengan bebas di wilayah pantai.

Fasilitas di Pantai Cibuaya

Seperti obyek wisata bahari lainnya, pantai Cibuaya memiliki fasilitas yang cukup lengkap bagi para pengunjungnya. Fasilitasnya yaitu mencakup tempat parkir yang aman dan cukup luas, kamar mandi, tempat ibadah atau musholla, penginapan, dan beberapa warung penjual makanan.

Penginapan di Pantai Cibuaya

Penginapan Pantai Cibuaya Ujung Genteng memiliki tarif per malam yang cukup terjangkau. Dengan mulai dari Rp 100.000,00 per malam pengunjung dapat menginap di penginapan sekitar pantai.

Untuk pengunjung keluarga terdapat pula bungalow yang terdiri dari dua kamar dengan biaya sewa Rp 500.000,00 per malamnya. Pada waktu-waktu ramai seperti malam tahun baru sebaiknya pengunjung memesan penginapan dari jauh-jauh hari agar tidak kehabisan kama

BAGIKAN

25 Ulasan dari pengunjung

  1. Kalo mau datang lebih baik dr rumah malam jadi sampai pagi dan masih menikmati deburan ombak pagi. Kalo sudah siang hanya panas dan karang saja krn air laut sudah surut.

  2. pantai cibuaya pantai pasir putih dan banyak terumbu karangnya.. airnya jernih banget ampe malem ajah kelitan ke bawah lautnya.. untuk kebersihan mungkin harus di galakan lahih untuk kelestarian dan keindahan pantai juga..
    biaya masuk / mobil : 25.000
    biaya kebersihan (kemping di pantai) : 10.000
    mck : 5.000

  3. Teluk kecil tapi mempesona, hamparan pantai yang landai, ombang riak kecil, airnya jernih. Kalo beruntung kamu bisa lihat ikan dan penghuni laut pantai nya.. Penasarankan… Langsung aja letsgow kan gan

  4. Pantai nya sedap, penginapan oke, makanannya pas. Tapi harap kalo anda kesini bawa uang cash soalnya tidak ada mesin ATM di sepanjang pantai ini. Serta penginapan resto tidak memakai mata uang digital.

  5. Pantainya bersih dan cukup aman untuk berenang anak2 dan orang tua, tanda2 peringatan dan penjagaannya juga cukup bagus sehingga jika ada yg berenang ke tengah atau ombak sedang pasang peringatan langsung diarahkan kepengunjung sehingga bisa mencegah hal2 yg tidak diinginkan

  6. Pantai nya lumayan bagus cuman kurang kesadaran pengunjung dan pengelola nya untuk memperhatikan sampah di pinggir pantai. Emang gak banyak tapi kalau di biarkan ke indahan nya pun lama kelamaan akan hilang.
    Jalan nya pun kurang memadai untuk pemotor

  7. Pasir putih, batu karang, penginapan banyak dari yg biasa sampai yg bagus, makanan enak.. cuaca pantai udah tau kan ya panas mau siang atau malam.. have a nice trip dears 😊😊😊😊

  8. Salah satu Pantai di sekitaran Ujung Genteng yang cukup ramai didatangi dan mempunyai panorama yang bagus untuk di nikmati. Di sekitar pantai banyak terdapat penginapan dan tempat makan yang bisa dinikmati oleh pengunjung.

  9. Tempatnya masih asri, airnya bening, pasirnya putih, pantainya bersih dan terdapat banyak penginapan murah. Kisaran harga 150rb ke atas. Lokasi penginapan dekat dengan pantai. Banyak warung makanan.

  10. Pantainya masih bersih, waktu itu saya kesini bawa tenda dan alhamdulillah masih banyak tempat tempat kosong di pinggir pantai yang cocok buat pembangunan tenda. Pantai masih bersih dan kalo ada sampah juga sampahnya hanya di titik titik tertentu, jadi ga berserakan gitu loh. Dan waktu itu Sunsetnya wooh gan mantap pokoknyaaa seakan akan alam sekitar tuh menyambut saya dan menyuguhkan keindahan yang bikin saya dan teman saya saking terkagum kagumnya jadi hanya bisa diam dan membatu.

  11. Pantai berpasir putih dan hamparan karang yang memisahkan pasir pantai dan deburan ombak ..

    Deburan ombak yg manghantam karang, menjadikan pantai ini tidak cocok untuk berenang ..

    Di bagian darat tersedia tempat parkir kendaraan roda 4 yang cukup luas. Deretan warung makanan dan minuman siap melayani para wisatawan..

  12. Pantainya bersih,pasirnya lebih bersih dibanding ujung genteng,krn warga sekitar kesadaran lingkunganya tinggi,pasir ga seputih di ujung genteng,relatif tenang pantainya,ombaknya kecil,ada sungai kecil dipantai ini,byk kepiting2 dan ikan2 kecil bersembunyi disungai2nya,warga lokal tangkap ikan dan bersandar disini,jd sembari nikmatin pantai,bisa lsg pesen seafood segar diwarung sekitar pantai…pepohonan lebih rindang,jd overal pantai ini sangat nyaman buat hangout brsama teman2…disini bisa camping jg walopun rame…kamar mandi bilas banyak,warung byk,penginapan byk,bagus sih…

  13. Pantainya paling cocok ini untuk berenang..
    Ada bagian bibir pantai yg dipisahkan oleh ‘daratan’ di tengah lautnya sehingga air nya tenang ga ada ombak, jadi mirip kolam renang raksasa..

    Di sini pasirnya bukan jenis pasir halus, tapi tumpukan kerikil karang dan berbagai relik cangkang hewan laut..
    Pokoknya recommended buat wisatawan..

    Penjual makanan keliling jg byk yg berjualan di pinggir pantai..

  14. Tempat nya bagus, air nya jernih, terumbu karang keliatan, ombak nya juga kecil cocok buat berenang, tempat nya bersih pasir pantai nya putih, sunset nya juga sangat indah, cuma belum banyak yang jual makanan, kalo ke wc jauh juga

  15. Touring naik motor dari Jakarta – Pantai Ujung Genteng Cibuaya terbayarkan dengan pasir putih yg indah dan deburan ombak yang menenangkan.. Sayang sekali pantai ini gak bisa digunakan untuk berenang dikarenakan arus ombaknya yang begitu besar

  16. pasir putih, untuk akses bisa tanya2 k warga sekitar, krna mnjuju pantai ini saya naik bukit dan ada muara jg, jika di atas bukit memang panas tp jika turun dekat laut tidak akan trasa panas nya. recomended!!

  17. Bagus buat renang anak2 kecil sama dewasa tapi hati2 kalo gelombang pasang jangan terlalu jauh bermain airnya. Lahan parkir luas ada toilet juga bayar 2000 ada yg jualan kaos sama suvenir pantai banyak yang jualan makanan juga minuman ringan harga terjangkau beda sedikit antara 500 smpai 1000 rupiah. Kadang ada yg jualan keliling juga view pantai bagus bisa langsung lihat ombak nya dan juga bisa lihat matahari tenggelam. Penginapan juga dekat sama pantai harga variasi tinggal pintar kita tawar harga sama penduduk sekitar. Bisa juga kita booking biar gak ribet. Penginapan akan ramai pas hari libur sama tahun baru. Bisa juga kita bawa tenda dome buat inap di alam terbuka.perjalanannya lumyan kalo bawa motor harus pakai masker

  18. Tempat rekresi berwisata yg bikin hati dan rasa nyaman kita mood kita mantull, ajibb pokonya buat kalian yg mau holiyey. Pantai CIBUAYA UJUNG GENTENG. cuma nanti lebih berhati hati saat berkendara dikarenakan jalan menuju tempat ini berkulak kelor bagaikan ular, apa lg dimalam hari kurangi berkendara dimalam hari ..mmm

  19. Tempatnya bagus dideket ujung genteng , awalnya saya ingin mencari pantai ujung genteng karna berputar susah nyari tempat nya jadi saya ke pantai cibuaya . Disana banyak tempat peristirahatan disana seperti villa , saung , tempatnya ramai hanya saja ketika pantai sedang surut kerang kerang dan bebatuan sangat tajam untuk kaki bila tidak memakai sendal atau sepatu , dapat menginap jika ingin membawa tenda , bisa memancing ikan juga , dan langsung membakarnya . Perjalananya sangat jauh saya tempuh karena saya dari Depok menuju ke Sukabumi saya menempuh waktu dan jarak sekitar 8 jam , berangkat jam 9 siang sampai sekitar jam 3 , saya hanya bermain disana selama 3 sampai 4 jam saja, hanya ingin menikmati sunset saja . Disana sangat ramai ada yang sedang mencari ikan tidak lama setelah jam 7 malam saya mulai bergegas mandi dan rombongan , saya ber 7 orang rame rame yahh galupa kita mandii terus kita menuju pulang ke Depok , selama perjalanan saya hanya tertidur pulas .

  20. Pantai yang cukup bagus. Dengan pasir putih (mostly karang putih) ombak yang tidak terlalu tinggi. Cukup aman untuk bermain di pinggir pantai walaupun tidak dianjurkan untuk berenang. Sunset cukup bagus disini, hanya saja warung tidak ada model “bale” spt di sawarna. Penginapan banyaaakkkkkk dari ujung – ujung tersedia dengan beragam harga dan fasilitas tak lupa terdapat penangkaran penyu di ujung pantai ini yang dapat di kunjungi. Masyarakat sangat welcome kpd turis dan ikut menjaga keamanan sekitar, HTM hanya pada retribusi ujung genteng yang cukup 8rb saja untuk satu motor. Tapi kadang jika musim liburan datang masuk cibuaya dikenakan biaya lg 5rb (2 tahun lalu). Overall good.

    Review diatas saya sptnya merasakkan pantai pada saat libur panjang yang sangat ramai. Saran saya datang pada hari normal atau weekend biasa, insyaallah lebih indah.

  21. Perjuangan banget untuk sampe sini jalanannya berliku2 nanjak turunan ada jalan yg di tutup jd harus muter balik yg jalannya cuman 1 mobil dan kurang bagus, jalan dari kramat jati jam 2 dini hari sampe sini jam 10 pagi 3x berhenti. Pas sampe sini kebayar ngeliat pantainya.

  22. Objek wisata yang sangat bagus di ujung genteng, pantaimya bersih,dekat dengan penginapan juga, ada karangnya, ada pasirnya juga, untuk mandi sangat bahlgus, bisa lihat sunsetbdan sunrise, pemandamgannyabsangat recommended untuk dikunjungi

  23. Saya kasih bintang 2 karena pantai Cibuaya di tahun 2019 ini tak seindah di tahun 2012.. di tahun 2019 ini agak sumraut menurut ku,sumpek padat gituh, Penataan untuk tempat penginapannya kurang cocok di bibir pantai arah kiri, Padahal mungkin di arah sebelah kanan masih byk ruang. Bangunan Penginapan villa di bibir pantai Hingga menghalangi pemandangan view spot pengunjung yang pas datang mau arah ke Cibuaya ini. Berbeda sekali dengan pantai cibuaya di tahu 2012, belum ada bangunan penginapan di bibir pantai yang menghalangi pemandan view.

    Dulu belum ada bangunan di bibir pantai hingga spot-nya indah banget terlihat luas gak sumraut gak sumpek, tapi aku suka sekali untuk air laut nyah masih seperti dulu bening karang karangnya putih menghiasi bibir pantai. Lumayan juga pantainya bersih terawat.
    Cibuaya di tahun 2012 wowww banget pantai terlihat luas langit laut biru bening menarik sekali, jadi masyaallah pantai ini d th 2012 indahnya luar biasa. Sampai sekarang aku masih belum bisa melupakan keindahan alamnya.. lautnya yang jernih karang karangnya ombaknya yang aman sekali untuk berenang anak-anak. Sampai sekarang air lautnya masih bening masih seperti dulu. Tapi Cibuaya untuk di tahun 2019 aku tidak suka sumraut sumpek padat karena bangunan penginapannya di bibir pantai sebelah kiri. Di tata lagi supaya rapih donk.. sayngg bangrt pantai seindah ini jadi tak seindah dulu lagi…

  24. Masih alami, pantainya bersih dan luas bisa buat main pasir. Ombak nya besar cocok untuk main surfing. Banyak bule juga yang main surfing disini. Tidak jauh dari pantai cibiaya ada penangkaran penyu. Kalaw sedang musim menetas kita bisa ikut melepas anak penyu ke laut sore hari. Penginapan banyak dan harga relatif masih murah

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here