Pantai Cikembang

2CM7+FQ9, Pasir Baru, Pelabuhan Ratu, Pasir Baru, Kec. Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat 43366

(4.4/5 dari 16 Pengunjung) Baca ulasan

Jika sedang berkunjung ke Pelabuhanratu saat libur panjang dan mencari lokasi pantai yang sepi dari pengunjung maka bisa coba menyambangi Pantai Cikembang, wisata pantai dengan kondisi alam yang masih asri.

Lokasinya terpencil dan berada di wilayah perbatasan provinsi Jawa BaratBanten menjadikan pantai ini jarang terjamah wisatawan luar kota. Biasanya meski di libur panjang pantai ini tetap tidak terlalu ramai.

Kondisi alamnya masih alami dengan udara yang bersih, dan angin sejuk membuat betah siapa saja yang berkunjung. Memiliki suasana yang sepi dan alam yang masih asri membuat pantai ini cocok jadi tempat untuk lari dari keramaian berasama keluarga atau teman.

Bibir pantainya cukup landai dan batuan dengan berbagai ukuran mendominasi setiap tepi pantainya. Memiliki pasir namun jumlahnya sedikit dan berwarna hitam.

Pantai ini sudah lama jadi tempat tempat wisata dan bisa dikunjungi wisatawan tapi masih sepi dari pengunjung karena akses jalan menuju lokasi belum terlalu bagus. Nah, jika berencana akan berkunjung ke pantai ini bisa simak ulasannya di bawah ini.

Deskripsi Pantai Cikembang

Pantai Cikembang Pelabuhan ratu
Pemandangan dari atas bukit / Dewi Mayang Sari

Pantai Cikembang merupakan salah satu Pantai Pelabuhanratu yang lokasinya cukup terpencil dan masih minim pengunjung. Memiliki bibir pantai yang dipenuhi oleh batuan dengan beragam ukuran. Menariknya di waktu tertentu bibir pantai bisa dipenuhi oleh pasir berwana kehitaman.

Salah satu hal yang menarik dari pantai ini salah satunya terdapat kampung nelayan, itu sebabnya di tepi pantainya banyak dijumpai perahu nelayan, pengunjung juga akan sering menjumpai aktivitas nelayan setempat seperti ketika akan berangkat atau pulang dari melaut.

Karena kondisi alamnya yang masih asri membuat Pantai Cikembang memiliki udara yang sejuk, sebagian bibir pantai banyak ditumbuhi berbagai jenis pohon khas pantai. Di bagian belakang juga ada bukit tinggi yang menambah keindahan,

Untuk tempat nongkrong juga tersedia warung-warung kecil yang lokasinya tidak jauh dari bibir pantai, beberapa warung juga menyediakan saung-saung yang menghadap langsung ke laut. Selain itu, fasilitas pendukung seperti toilet hingga musala sudah tersedia.

Di beberapa titik, bibir pantainya memiliki pasir hitam. Memiliki area dengan ombak besar dan juga area ombak yang tenang tanpa robekan yang aman untuk perenang pemula, tapi air laut tidak biru dan sering berwarna kecokelatan.

Tepat di belakang Pantai Cikembang terdapat tebing tinggi yang ditumbuhi berbagai jenis tumbuhan, tapi jika dilihat dari dekat maka akan nampak bahwa tebing tinggi tersebut merupakan bukit batuan.

Pemandangan di pantai ini merupakan perpaduan dari bukit menjulang tinggi dengan berbagai pepohonan di atasnya dan hamparan laut lepas yang memanjakan pantai. Pantai tersembunyi ini juga masuk dalam kawasan Geopark Ciletuh Pelabuhanratu loh.

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung saat berkunjung ke pantai ini, salah satunya berfoto dengan berbagai latar belakang yang indah. Beberapa spot foto juga telah dibuat seperti spot foto berbentuk love dan perahu yang dibuat khusus untuk pengunjung.

Dan terkait tempat bermalam, di sekitar pantai juga sudah ada beberapa penginapan dari yang sederhana dengan harga terjangkau dan penginapan yang terlebilang bagus. Selain di penginpan, pengunjung juga bisa mendirikan tenda untuk tempat bermalam.

Rute Menuju Lokasi

Pantai Cikembang berada di kecamatan Cisolok, kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Kini jalan masuk menuju Pantai Cikembang tengah dalam pembangunan, jalan diperlebar agar muda di akses oleh berbagai jenis kendaraan. Namun meski begitu jalannya masih jalan tanah, belum diaspal.

Jika menggunakan aplikasi Googl Map, jarak dari pusat kecamatan Pelabuhanratu ke Pantai Cikembang sekitar 20 Kilometer. Sedangkan jika dari kecamatan Cilograng sekitar 17 Kilometer. Posisinya di antara Pantai Karang Haji dan Pantai Muara Cibareno.

Ada dua pintu masuk untuk sampai ke lokasi Pantai Cikembang, pertama dari arah Pelabuhanratu bisa lewat Jl. Raya Cibangban, setelah Sekolah Dasar akan ada tanjakan, posisi pintu masuknya di sebelah kiri jalan. Kedua lewat Jl. Nasional III, Pasir Baru, jalan masuknya dekat Lapangan Sepak Bola Pasir Baru Cisolok.

Jika sulit menemukan jalan manuk menu Pantai Cikembang maka jika sudah sampai daerah Cisolok bisa tanya penduduk sekitar yang dijumpai di jalan.

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk ke Pantai Cikembang Sukabumi ini pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang. Biasanya tiket masuk akan diminta saat memasuki pintu masuk. Namun di hari biasa pengunjung bisa masuk bebas tanpa harus bayar.

Tiket MasukHarga
DewasaRp5.000
Anak-anakGratis
*Harga tiket masuk Pantai Cikembang bisa berubah

Selain tiket masuk, pengunjung juga perlu menyiapkan dana untuk biaya parkir, biaya menggunakan toilet atau kamar mandi.

Hal Menarik

Pantai yang berlokasi di bawah Puncak Habibie ini memiliki pemandangan yang indah, pantai yang masih asri, dan memiliki beberapa hal menarik yang bisa temukan atau dilakukan pengunjung. Yaitu:

Berenang

Berenang di Pantai Cikembang
Berenang di bibir pantai / Asep hermawan

Tak hanya keindahan pantainya yang memukau, namun pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas salah satunya berenang di laut. Pastikan untuk selalu berenang di area yang aman, jangan berenang terlalu jauh dari pantai atau keluar dari batas yang ditentukan.

Sebelum memutuskan akan berenang sebaiknya perhatikan kondisi cuaca dan arus laut. Berenang di laut dengan arus yang kuat atau saat cuaca buruk sangat berbahaya, bahkan bagi perenang yang berpengalaman. Selalu perhatikan peringatan cuaca dan arus laut sebelum berenang di laut.

Sebaiknya jangan berenang sendirian. Selalu ajak teman atau minta pengawasan dari penjaga pantai jika ada untuk menjaga keselematan selama berenang.

Untuk anak-anak sebaiknya berenang hanya di bagian tepi pantainya saja atau bisa juga di muara sungainya. Dan yang terping anak-anak harus tetap dalam pantauan orang tua saat berenang.

Bermain Pasir

Bermain Pasir di Pantai Cikembang
Bermain Pasir / Bayu Indria Widiatmoko

Meski bibir pantainya didominasi oleh batuan, namun bukan berarti pantai ini tidak memiliki pasir. Untuk menemukan lokasi berpasir, pengunjung dapat mencarinya dekat muara sungai di bibir Pantai Cikembang.

Bermain pasir di pantai memang menjadi kegiatan yang menyenangkan, terutama bagi anak-anak. Selain itu, bermain pasir juga dapat menjadi aktivitas yang menenangkan bagi orang dewasa. Pengunjung dapat membuat berbagai macam bentuk dari pasir, mulai dari bangunan, hewan, hingga patung manusia.

Untuk itu, jika akan berkunjung ke Pantai Cikembang bersama anak-anak jangan lupa untuk membawa perlengkapan untuk bermain pasir seperti sekop dan ember bisa digunakan untuk menggali pasir dan membuat bangunan pasir, seperti benteng, kastil, atau rumah-rumahan.

Melihat Aktivitas Nelayan

Nelayan Pantai Cikembang
Aktivitas nelayan pulang dari melaut / Indra 13

Selain itu pengunjung juga dapat menyaksikan aktivitas para nelayan yang beraktifitas di sekitar pantai. Para nelayan di pantai ini terkenal dengan hasil tangkapan ikan yang ukurannya sangat besar dan seringkali membuat pengunjung terkagum-kagum.

Pengunjung dapat melihat nelayan yang sedang pulang melaut dengan perahu mereka penuh dengan ikan hasil tangkapan. Di lain waktu pengunjung juga dapat menyaksikan nelayan yang sedang bersiap-siap berangkat melaut untuk mencari ikan.

Selain itu, tidak jauh dari pantai terdapat tempat pelelangan ikan dimana para nelayan menjual hasil tangkapan mereka. Pengunjung dapat membeli ikan segar dengan harga terjangkau untuk bisa langsung dibakar atau dibawa pulang.

Beberapa jenis ikan hasil tangkapan nelayan berupa ikan tuna, ikan tongkol, ikan layur, ikan kerapu, dan ikan kakap. Beberapa ikan ada yang berukuran besar dan memiliki rasa yang sangat enak.

Waktu terbaik untuk membeli ikan segar yaitu pada pagi hari setelah para nelayan kembali dari melaut. Pada waktu ini, ikan-ikan hasil tangkapan baru masih segar dan belum terlalu lama ditangkap.

Selain itu, pengunjung juga dapat membeli ikan segar langsung dari para nelayan ketika mereka baru saja tiba dari melaut. Hal ini juga dapat memberikan pengalaman yang unik dan menarik bagi para pengunjung yang tertarik dengan kegiatan nelayan.

Menyusun Batu

Menyusun Batu di bibir Pantai Cikembang
Menyusun batu di bibir pantai / Dewi Mayang Sari

Bibir pantai ini juga memiliki banyak bebatuan dengan berbagai ukuran dan aktivitas menyusun batu menjadi kegiatan yang sering dilakukan pengunjung pantai ini.

Banyak pengunjung yang berlomba-lomba untuk menumpuk batu dengan teman-teman atau keluarganya, siapa yang berhasil membaut susunan batu paling tinggi dan kuat dia yang menang.

Menyusun batu juga bisa menjadi sebuah cara untuk menikmati pantai dengan cara yang berbeda. Dengan fokus pada aktivitas ini, pengunjung bisa menikmati suasana pantai yang tenang dan sejuk. Aktivitas ini biasanya dilakukan pada pagi atau sore hari untuk menghindari teriknya sinar matahari.

Namun, seiring dengan semakin populernya aktivitas ini, para pengunjung juga harus tetap memperhatikan keselamatan. Pastikan untuk tidak menyusun batu di area yang rawan longsor atau dekat dengan pantai yang berbahaya. Selain itu, pastikan juga untuk tidak merusak lingkungan sekitar dan tetap menjaga kebersihan pantai.

Menikmati Ikan Bakar

Menikmati ikan bakar segar hasil tangkapan nelayan jadi kegiatan yang tidak boleh dilewatkan. Di sekitar pantai terdapat tempat jual ikan segar langsung dari nelayan yang baru pulang melaut. Selain itu, ada saung-saung di pinggir pantai untuk makan dengan pemandangan yang indah.

Pengunjung bisa memilih jenis ikan yang ingin dibakar dengan harga yang terjangkau. Ikan yang tersedia pun bervariasi tergantung musim, terdapat beberapa jenis ikan laut seperti ikan tenggiri, kerapu, pari, dan masih banyak lagi.

Salah satu tempat yang tepat untuk membeli ikan segar adalah di pelelangan ikan. Di sana, kita bisa membeli ikan langsung dari nelayan yang baru saja menangkap ikan, sehingga ikan yang dibeli pun terjamin kesegarannya.

Setelah memilih ikan yang diinginkan, kemudian bisa langsung dibakar atau digoreng dan disajikan bersama nasi dan sambal kecap. Menikmatinya bisa sambil melihat pemandangan pantai.

Membeli Lobster Segar

Saat pagi hari, sebelum lobster dijual ke pasar, pengunjung bisa membeli lobster langsung dari nelayan. Harga lobster yang ditawarkan oleh nelayan lokal lebih terjangkau dibandingkan dengan harga di pasar atau restoran seafood loh.

Selain itu, dengan membeli langsung dari nelayan lokal, pengunjung dapat memastikan bahwa lobster yang dibeli benar-benar segar dan masih hidup. Nelayan lokal biasanya menyimpan lobster dalam wadah yang diberi air untuk menjaga kelembapan dan kualitas lobster tersebut.

Setelah membeli lobster segar dari nelayan lokal, pengunjung bisa langsung menikmatinya dengan cara dibakar atau bisa juga dibawa pulang. Di rumah bisa dimasak jadi lobster bakar, lobster saus mentega, atau lobster goreng tepung.

Dengan membeli lobster segar dari nelayan lokal, selain mendapatkan harga yang lebih terjangkau, pengunjung juga dapat mendukung nelayan lokal dan ekonomi lokal.

Menikmati Pemandangan Sunset dan Sunrise

Sunset Pantai Cikembang
Pemandangan langit pagi saat matahari mulai terbit / Rian Darmawan

Untuk pengunjung yang ingin menikmati keindahan sunset di Pantai Cikembang, disarankan untuk berkunjung ke pantai ini sekitar jam 4 sore. Langit akan tampak berwarna keemasan saat matahari mulai tenggelam ke arah barat. Namun, selalu perhatikan cuaca dan perkiraan waktu matahari terbenam agar tidak kecewa jika cuaca buruk atau terlambat datang.

Sedangkan untuk menikmati sunrise, pengunjung disarankan untuk datang ke pantai sekitar pukul 5 pagi. Pemandangan sunrise di Pantai Cikembang juga tak kalah indahnya dengan sunset. Pengunjung dapat menyaksikan awan-awan yang berwarna keemasan atau merah muda yang membentang di sekitar matahari ketika matahari mulai terbit dari balik gunung.

Menikmati pemandangan matahari terbit atau terbenam di Pantai Cikembang bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi para pengunjung. Namun, perlu diingat bahwa cuaca dan waktu matahari sangat berpengaruh terhadap pemandangan yang akan dilihat. Selain itu, pastikan juga untuk membawa peralatan yang dibutuhkan seperti kamera atau smartphone agar dapat mengabadikan momen yang indah tersebut.

Camping Pinggir Pantai

Camping di Pantai Cikembang
Camping di pinggir pantai saat malam bisa membuat api unggun / imam santosa

Camping di pinggir pantai bisa jadi aktivitas menyenangkan, terlebih bagi para pecinta alam. Di beberapa titik Pantai Cikembang pengunjung bisa mendirikan tenda untuk sekedar jadi tempat isterihat atau tempat bermalam.

Pantai ini menawarkan suasana yang tenang, dengan bibir pantai yang dipenuhi bebatuan dan deburan ombak yang kencang. Cocok untuk yang ingin merasakan suasana malam yang dekat dengan pantai.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum camping di pinggir pantai. Pertama, pastikan untuk membawa perlengkapan camping yang cukup, seperti tenda, sleeping bag, dan matras. Selain itu, pastikan untuk membawa perlengkapan makan dan minum yang cukup, serta obat-obatan jika diperlukan.

Sebelum memulai camping, pastikan untuk memperhatikan cuaca. Jangan camping pada saat cuaca buruk, karena bisa mengganggu kenyamanan dan keselamatan.

Namun, perlu diingat bahwa camping di pantai juga memiliki risiko. Salah satunya adalah pasang surut air laut yang bisa meningkatkan ketinggian air dan merendam tenda. Jadi, pastikan untuk memilih lokasi camping yang aman dan lebih tinggi dari permukaan air laut.

Jembatan Gantung Muara Sungai

Jembatan Gantung Pantai Cikembang
Jembatan gantung di atas muara / Dede Eko S

Di bagian ujung pantai ini terdapat sebuah muara sungai yang tidak terlalu lebar, tepat di atasnya terdapat jembatan gantung untuk menyeberangi muara jika ingin pergi ke ujung pantai.

Jembatan Gantung Muara Sungai tersebut sebenarnya properti dari Ketapang Resort, sebuah hotel bintang 4 yang lokasinya tepat dekat bibir Pantai Cikembang. Meski begitu, jembatan tersebut bisa dilewati siapa saja, termasuk pengunjung juga bisa mengambil foto di jembatan tersebut.

Pemandangan Puncak Pasir Randu

Pantai Cikembang Sukabumi
Pemandangan Pantai Cikembang Sukabumi dari ketinggian / Dede Eko S.

Sebelum memasuki kawasan pantai, pengunjung akan disuguhkan pemandangan indah dari Puncak Pasir Randu, bisa melihat pemandangan laut lepas dari atas ketinggian, ini jadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Dari puncak Pasir Randu, pengunjung juga dapat dengan mudah memotret keindahan alam yang menakjubkan dengan latar belakang bukit yang hijau dan pepohonan yang rimbun. Pemandangan ini sangat cocok digunakan sebagai latar belakang untuk selfie atau foto kenangan yang tak terlupakan.

Puncak Pasir Randu bisa jadi tempat yang ideal bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam dan pemandangan yang menakjubkan. Juga ada spot foto berbentuk love dan perahu yang dibuat khusus untuk pengunjung.

Surfing

Surfing Pantai Cikembang
Peselancar lokal sedang berselancar / s s

Pantai Cikembang, memiliki banyak daya tarik bagi para peselancar lokal dan mancanegara. Salah satu olahraga yang populer di pantai ini adalah selancar atau surfing. Ombak di pantai ini tidak selalu besar, namun cocok bagi pemula yang ingin mencoba olahraga ini.

Meski surfing terlihat mudah, namun olahraga ini cukup ekstrem dan berbahaya jika tidak dilakukan dengan benar. Oleh karena itu, bagi para pemula yang belum berpengalaman sebaiknya menggunakan instruktur untuk memandu dan memberikan instruksi yang tepa.

Instruktur dapat membantu para pemula memahami teknik-teknik dasar surfing, seperti cara berdiri di atas papan selancar, cara memposisikan tubuh, dan bagaimana mengatasi ombak.

Selain itu, instruktur juga bisa memberikan saran dan tips untuk memilih papan selancar yang tepat untuk pemula. Instruktur juga akan memperhatikan kondisi cuaca dan ombak yang cocok untuk pemula, sehingga pemula dapat berlatih dengan aman dan nyaman.

Misteri Kapal Karam

Kapal Karam di Pantai Cikembang
Penampakan citra satekit kapal karam

Sebuah tangkapan layar citra satelit Google Maps sempat viral di media sosial pada tahun 2020 silam. Foto-foto yang terlihat dalam tangkapan layar tersebut diduga sebagai kapal karam yang terletak tak jauh dari Pantai Cikembang.

Menurut keterangan saksi, foto kapal karam tersebut pertama kali ditemukan oleh nelayan yang hendak memancing di laut selatan Sukabumi. Mereka menggunakan aplikasi Google Maps untuk mencari lokasi memancing yang strategis.

Penemuan kapal karam tersebut menjadi berita viral di media sosial. Sejumlah warganet pun memberikan komentar tentang penemuan ini dan ada yang mengatakan bahwa kapal karam tersebut mungkin sudah lama tenggelam di laut.

Kemudian, dilansir dari detikcom, Manajer Administrasi PT Indonesia Power UJP Palabuhanratu, Irwanto, menduga jika gambar dalam citra satelit Google yang tertumpuk dengan tangkapan gambar satelit tahun sebelumnya sehingga terlihat seperti kapal karam.

Mencoba Flying Fox

Masyarakat setempat telah membangun flying fox dengan panjang 70 meter dan ketinggian 12 meter di Pantai Cikembang. Wahana ini msaih dalam tahap percobaan dan direncanakan akan dibuka untuk umum pada awal tahun depan.

Menara yang digunakan untuk alas pacu flying fox dibuat di pohon jaran setinggi 10 meter yang dibuat mirip rumah pohon. Kawat sling baja yang digunakan untuk meluncur memiliki panjang 75 meter dan titik mendarat di air melintasi pasir Pantai Cikembang.

Suminta, salah satu orang yang terlibat dalam pembangunan flying fox, menyatakan bahwa wahana ini sangat aman dan memiliki perlengkapan yang memenuhi standar keselamatan. Meskipun demikian, keselamatan tetap menjadi prioritas utama dan selalu diawasi dengan ketat, terutama dalam hal perlengkapan yang digunakan saat bermain flying fox. Kondisi cuaca juga menjadi faktor penting yang harus dipertimbangkan sebelum bermain.

Berbeda dengan flying fox pada umumnya, pengguna flying fox di Pantai Cikembang akan merasakan hempasan angin laut yang langsung terasa saat meluncur. Selain itu, meluncur di atas kawat sling baja sepanjang 75 meter dengan titik mendarat di air laut juga memberikan sensasi yang berbeda dan menarik. Di sana, pengunjung dapat menikmati pemandangan indah Pantai Cikembang dari ketinggian, sambil merasakan sensasi bermain di atas air dan melintasi ombak.

Terdapat Goa Karang

Goa karang di Pantai Cikembang
Mulut goa karang yang bisa dimasuki manusia / Dianam Umak

Selain pantainya yang indah, pantai Cikembang juga memiliki banyak tempat yang menarik seperti goa karang yang terdapat di sekitar pantai.

Goa karang merupakan gua yang terbentuk dari batuan karang yang menghadap ke laut. Pemandangan yang diberikan oleh goa karang ini sangat eksotis dan menakjubkan. Goa karang ini memiliki beberapa celah dan terowongan yang bisa dijelajahi oleh pengunjung.

Tak hanya itu, di sekitar pantai Cikembang juga terdapat beberapa batuan karang yang tersebar yang dapat menjadi spot foto yang menakjubkan bagi para pengunjung.

Memancing Ikan Laut

Mancing di Pantai Cikembang
Mancing di bibir pantai / Dianam Umak

Untuk memancing di Pantai Cikembang, bisa pilih untuk memancing di pinggir pantai atau menyewa perahu nelayan yang ada di sekitar pantai.

Jika akan memancing di pinggir pantai, pastikan memilih tempat yang aman untuk melempar kail dan hindari tempat-tempat yang berbahaya. Oh iya jika tidak terbiasa memancing di laut, sebaiknya jangan memancing terlalu jauh ke tengah laut dan perhatikan kondisi cuaca dan arus laut.

Sementara, jika ingin memancing di tengah laut maka bisa menyewa perahu nelayan yang tersedia di sekitar pantai. Perahu nelayan ini biasanya dilengkapi dengan peralatan memancing seperti joran dan umpan ikan. Meski begitu, sebaiknya membawa perlatan mancing sendiri.

Untuk memancing di Pantai Cikembang, sebaiknya gunakan umpan yang sesuai dengan jenis ikan yang ingin diperoleh. Beberapa jenis umpan yang umum digunakan yaitu umpan udang, umpan kepiting, dan umpan ikan kecil. Selain itu, pastikan juga untuk memperhatikan teknik memancing yang benar seperti memperhatikan gerakan air dan mengikuti aliran air agar umpan terlihat lebih alami.

Terakhir, untuk memaksimalkan hasil tangkapan ikan, disarankan untuk memancing pada pagi atau sore hari karena pada saat itulah ikan cenderung lebih aktif. Selain itu, pastikan juga untuk membawa perlengkapan seperti peralatan pancing, tas, dan air minum dalam jumlah yang cukup.

Akomodasi Penginapan

Untuk pengunjung yang berencana akan bermalam di Pantai Cikembang jangan khawatir, selain bisa camping di pinggir pantai juga menginap di penginapan yang ada di sekitar.

Jika ingin bermalam di penginapan dengan fasilitas lengkap, maka bisa coba bermalam di hotel bintang 4 yang lokasinya tepat di bibir Pantai Cikembang yaitu Ketapang Resort, tersedia berbagai jenis kamar dengan berbagai ukuran. Untuk harga per malamnya mulai Rp750.000.

Sedangkan jika ingin yang lebih murah maka bisa coba bermalam di penginapan sederhana milik warga setempat dengan fasilitas yang tidak terlalu lengkap. Harganya mulai Rp300.000, harga tergantung fasilitas dan ukuran kamar.

Tips Berkunjung ke Pantai Cikembang

Agar kunjungan ke Pantai Cikembang memberi kesan menyenangkan, maka bisa simak beberapa tips berikut:

  • Pastikan kendaraan dalam keadaan prima, karena akses jalan menuju lokasi pantai lumayan menantang.
  • Jika ingin mendapatkan pemandangan pantai yang maksimal maka bisa berkunjung di musim kemarau seperti pada bulan Juni – Agustus.
  • Jika ingin merasakan suana pantai yang tenang dengan jumlah pengunjung yang lebih sedikit maka bisa berkunjung di hari biasa.
  • Jika berkunjung di hari biasa maka sebaiknya membeli makanan dan minuman di perjalanan, di hari biasa warung-warung di sekitar pantai sering tutup.
  • Tidak berenang terlalu tengah, jangan berenang sendirian tanpa kawan, sebelum berenang pastikan kondisi arus dan ombak.
  • Membawa uang tunai dalam jumlah yang cukup, lokasi pantai jauh dari mini market dan ATM.
  • Tidak membuang sampah sembarangan untuk menjaga kelestarian alam. Akan lebih baik jika membawa pulang sampah pribadi.

Kekurangan Pantai Cikembang

Sebagai wisata pantai yang memiliki cakupan area yang cukup luas dan belum terkelola dengan baik, Pantai Cikembang tentu memiliki beberapa kekurangam seperti fasilitas pendukung yang belum memadai dan akses jalan dari pintu masuk menuju lokasi belum diaspal.

Demikian ulasan menganai Pantai Cikembang, Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat. Jika terdapat informasi yang keliru dan memiliki pengalaman yang berbeda saat mengunjungi pantai ini maka bisa kirim ulasannya di bawah ini ya!

16 Ulasan dari pengunjung

  1. Pantai ini tidak terkenal dan tidak ramai dikunjungi wisatawan, hanya penduduk lokal yang datang ke sini. Pantai ini berpasir hitam dan memiliki area dengan ombak besar serta area yang tenang dan aman bagi pemula yang ingin berenang karena tidak ada arus yang kuat. Namun, airnya tidak biru dan jernih. Di pantai ini terdapat penjual batu marmer (lokal), sehingga pantai ini penuh dengan batu marmer dan beberapa perahu di tepi pantai. Pantai ini dapat diakses dengan mobil dan sepeda motor.

  2. Sebuah pantai indah dengan bebatuan. Pantai ini merupakan salah satu tujuan para peselancar lokal dan internasional. Namun, jalannya cukup bergelombang dan licin karena tanah yang kering. Hal ini membuat pengunjung yang menggunakan mobil dengan empat roda menjadi sulit. Terdapat beberapa warung makan di sekitar pantai, namun pilihan makanannya terbatas. Sayangnya, karena pantai ini sulit diakses, pengunjung sering meninggalkan sampah di sana. 🙁

  3. Cocok buat berfoto-foto dengan view atas pantai berbentuk love dan bisa foto di perahu buatan khusu pengunjung , parkiran aman dan cocok juga buat nge camp

  4. Pantai dan pemandangannya indah.. untuk pengunjung atau wisatawan diharapkan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak berperilaku yang akan merusak ke asrian dan ke indahan tempat ini.

  5. Pantainya bersih cman terlalu banyak bangkai kapal nyaa tempat penginapanya juga kurang , jalan nya jugaa cukup bahaya bagi pengungjung soalnya tanjakan dan bebatuan

  6. Sepi dan alami… jalan masi tahap pembangunan, hati” ya, ada bbrapa tmpat makan dan ngopi sepanjang pesisir pantai.. cakep buat foto..buktinya nih

  7. Pantainya indah dengan hamparan batu kali sepanjang pesisirnya. Terdapat tebing yang tak kalah indahnya. Serta disajikan pemandangan yang luar biasa, yakni bisa menyaksikan para nelayan dengan hasil tangkapan ikan yang ukurannya sangat besar.

  8. Pantai yang bisa disebut terlupakan, kenapa, karena banyak destinasi yg baru diluaran sana, Saya sendiri malah baru tahu ada nya pantai cikembang ini. ternyata memang sangat indah, Masih asri dan bnr bersih.sangat puas berkunjung kesini.

  9. terdapat tempat jual ikan, langsung dari nelayan yg pulang melaut. tersedia juga bale bale dipinggir pantai.
    kita bisa minta tolong bakarin atau gorengin ikan dan kita disediakan nasi & sambal kecap.

  10. Sering banget berkunjung ke tempat wisata ini, tempatnya nyaman..
    Belum terlalu banyak pengunjung seperti pantai pelabuhan ratu, mungkin masih banyak yang belum tau lokasi ini..
    Air lautnya jernih, ombaknya juga kecil, aman untuk keluarga yang bawa anak kecil.
    Penginapannya sederhana dan murah harganya
    Harga Jajanan disini juga murah sangat bermasyarakat.
    Terima kasih sudah melihat kontribusi lokasi dan foto2 kami… 🙏🏽😁

  11. Sejuk , Tidak banyak wisatawan membludak jadi adem sepi tenang.

  12. Bagi pemancing maniak cocok banget nie tempat buat di kunjungi, deburan ombak yang saling kejar memberi sensasi extrem saat anda mancing, selain itu juga tempat ini berada di bawah villa habibie, gak jauh dari tempat ini ada pantai karang haji dan pantai cibangban

  13. Pertama ke Pelabuhan Ratu semua parkiran penuh! Parkiran pantai Karang Hawu, parkiran pantai Citepus, dan pantai lainnya. Maklum, saya ke sana beberapa minggu habis lebaran idul fitri.

    Setelah saya menyisir jalan cukup jauh, siapa tau ‘kan ada parkiran pantai yang kosong gitu. Sampai saya menyisir jalan hingga jam sebelas siang, gila! Jalan lagi panas-panasnya akhirnya break dulu di suatu saung. Dan akhirnya saya diberi tahu pantai yang kosong oleh seorang bapak yang ramah. Ya gak salah lagi, Pantai Cikembang. Saya pun diberi tahu arah jalannya. Sampailah di Pantai Cikembang dengan akses menuju pantai cukup jauh lagi dari jalan raya. Jalan menuju pantai belum di aspal!

    Hingga akhirnya terbayar oleh keindahan Pantai Cikembang. Saya sekeluarga ke sana beberapa minggu habis lebaran, tapi di pantai ini minim pengunjung. Jauh dari kata ramai. Meskipun ke sana mau dzuhur, tapi saya menyempatkan melihat pantai dahulu. Senangnya, di sana minim pengunjung! ❤

    Di sana banyak tersedia warung di pinggir pantai. Ada juga fasilitas wc dekat pantai yang cukup baik hanya bayar Rp. 5000,-
    Warganya ramah-ramah. Ada fasilitas musholla juga. Banyak kerikil batu di sebagian pinggir pantai, aesthetic! Pemandangan kiri kanan itu pantai dan tebing hijau.

    Dear, Pantai Cikembang. Mungkin lain kali saya akan bawa novel dan akan datang pagi buta menikmati sunyinya suara bising dan hanya akan mendengar deburan ombak yang menyegarkan.

  14. Pantainya turun ke bawah deru ombaknya lumyan sedang dan tebing2nya juga bagus berbatu, pasir pantainya pun sdikit menurut pengalaman saya wktu berkunjung ke pantai ini.

  15. Pantai yang mempunyai banyak daya tarik tersendiri bagi pengunjung, selain tentang keindahan alamnya juga banyak spot menarik lainnya.

  16. Pantai Cikembang adalah salah satu pantai yang terdapat di pelabuhan ratu.

    Pantai cikembang ini tak nampak jelas dari jalan raya. Untuk memasuki area ini kita masuk melalui sebuah gerbang di tepi jalan. Yang merupakan akses masuk ke pantai cikembang.

    Setelah melalui gerbang tersebut kita terus maju melalui jalan yang sempit dan turun ke arah pantai.

    Untuk pantai cikembang kita tidak akan menemukan banyak pasir disekitar bibir pantai. Melainkan banyaknya batu-batu yang beraneka ragam ukurannya.

    Konon batu-batu tersebut dijadikan sebagai media untuk bahan bangunan. Dan bagi tersebut tak pernah ada habisnya.

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here