Pantai Kasap

Pantai Kasap
Pantai Kasap @nto20_

(4.5/5 dari 10 Pengunjung) Baca ulasan

Alamat: Gumuharjo, Watukarung, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Pacitan adalah salah satu kota Kabupaten yang termasuk dalam Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Pacitan sudah terkenal dengan keindahan alamnya yang begitu mempesona dan banyak wisata-wisata terbaik di dalamnya.

Goa dan Pantai menjadi destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi di Pacitan, baik oleh wisatawan lokal maupun asing. Karena letak geografisnya yang berbatasan dengan Samudra Hindia, tak heran jika banyak sekali pantai-pantai cantik di  kota ini yang layak untuk dikunjungi.

Jika anda mencari wisata pantai yang masih sangat alami dan bahkan belum dikelola pemerintah setempat, cobalah kunjungi Pantai Kasap yang mempunyai keindahan alam yang cukup menakjubkan. 

Banyak orang yang berpendapat jika keindahan alam yang ada di Pantai Kasap sangat mirip dengan pantai di Raja Ampat yang populer dengan pulau-pulau kecil yang menyebar di tengah lautan. Kemiripan ini lah yang membuatnya sering disebut sebagai Raja Ampatnya Pacitan. 

Kondisi Pantai Kasap emmang masih sangat alami, sehingga suasananya sangat tenang dan bersih yang membuat siapapun akan betah berlama-lama di tempat ini.

Seperti halnya pantai-pantai selatan, karakteristik dari Pantai Kasap ini memiliki pasir pantai yang putih, bebatuan karang, serta ombak yang cukup besar. Meskipun garis pantai nya cukup sempit dan membentuk teluk berpasit melengkung serta diapit dengan tebing pada bagian kanan dan kirinya. 

Rute Menuju Pantai Kasap

Secara administratif, lokasi pantai Kasap berada di Dusun Ketro, Desa Watukarung, Kec. Pringkulu. Rute untuk menuju pantai Kasap dapat menggunakan jalur yang menuju Pantai Watu Karung.

Setelah sampai di gerbang Pantai Watu Karung, belok ke sebelah kiri. Berhati-hati;ah karena jalanan di daerah ini lumayan sempit, terutama bagi yang menggunakan kendaraan roda empat.

Selanjutnya tinggal ikuti terus jalan hingga menmeukan papan info yang menujukkan arah ke Pantai Kasap. Dan kemudian pengunjung bisa memarkirkan kendaraan di area parkir yang sudah disediakan. 

Harga Tiket Masuk Pantai Kasap

Biaya tiket masuk yang dibayarkan saat mengunjungi Pantai Kasap bisa dibayarkan sekali saat memasuki Pantai Watu Karung yaitu sekitar Rp 7.000/orang. 

Dan bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi, diwajibkan untuk membayar biaya parkir Rp 2.000/motor dan Rp 5.000/mobil. Cukup terjangkau bukan? Anda bisa menjadikan Pantai kasap sebagai liburan murah meriah dan menyenangkan.

Aktivitas Menarik Di Pantai Kasap

Saat mengunjungi Pantai Kasap, kebanyakan pengunjung akan bersantai di tepian pantai sambil merasaka angin laut yang semilir serta deburan ombak khas pantai selatan.

1. Penikmati Sunset

Jika ingin mencoba sensasi yang berbeda, pengunjung dapat mencoba menaiki bukit rerumputan hijau yang berada di bagian sisi kiri pantai. Pemandangan pantai dari atas ketinggian tentunya akan sangat menawan, terutama saat menjelang senja.

Pemandangan sunset yang terlihat dari bukit ini begitu indah sehingga sangat sayang jika tidak diabadikan dengan kamera kesayangan. Selain itu, pemandangan pulau-pulau kecil yang ada di sebelah barat juga bisa dinikmati saat mendaki tebing yang berada di Pantai Kasap. 

2. Naik Perahu Menyusuri Sungai Cokel

Dan selain itu, pengunjung juga dapat menyewa perahu dan menikmati pemandangan Sungai Cokel. Ada banyak perahu-perahu nelayan yang berada di sekitar lokasi yang dapat disewa dengan harga Rp 15.000 saja.

Nantinya wisatawan akan dibawa menelusuri Sungai Cokel yang langsung terhubung dengan pantai. Selain itu, jangan lupa untuk berfoto selfie dengan latar belakang pemandangan alamnya yang indah dan menawan. 

Tips Liburan Di Pantai Kasap

Jika anda berkeinginan untuk berlibur di Pantai Kasap, berikut ini beberapa tips yang perlu anda ketahui:

  • Pantai kasap mempunyai ombak yang cukup besar, sehingga pengunjung yang sedang berlibur di pantai diharapkan untuk berhati hati saat bermain di pinggir pantai. Selalu waspada saat ombak laut datang secara tiba-tiba sehingga tidak menyebabkan resiko apapun yang tidak diinginkan
  • Perlu diperhatikan saat ingin menaiki perbukitan dan bebatuan karang yang ada di pantai Kasap. Dikarenakan kondisi karang yang licin dan terjal karena banyaknya tumbuhan lumut. jangan sampai anda terpeleset atau terjatuh karena tidak berhati hati
  • Jika sudah membayar tiket masuk di gerbang wisata Pantai Watu Karung, maka pengunjung juga dapat mengelilingi pantai-pantai lainnya seperti Pantai Sraru, pantai Seruni, dan Pantai Watu Karung. 
BAGIKAN

10 Ulasan dari pengunjung

  1. Raja Ampat Pacitan. Pemandangan gugusan karang di pantai Kasap menyerupai Raja Ampat Papua. Di Pantai ini juga sering digunakan untuk camping, dengan fasilitas mck yang tidak terlalu jauh dari lokasi camping.

  2. salah satu pantai terbaik di Kabupaten Pacitan
    Anda dapat menggunakan kayak / perahu untuk menyusuri sungai ke muara kemudian melanjutkan ke tengah laut untuk merasakan angin laut dan ombak hanya dengan 25K. pengalaman yang sangat menyenangkan.

    ada bukit dekat pantai ini, Anda bisa melihat ombak melawan karang dan bukit. pemandangan indah dari tempat ini. orang-orang biasanya menyebut pantai ini sebagai Raja Ampat dari Pacitan karena pemandangannya.

    Tempat ini tidak cukup jauh dari Pantai Watukarung. Anda dapat mengunjungi pantai lain di wilayah ini.

  3. Bagus pemandangannya tp sekarang kotor mungkin karena banjir yg menimpa pacitan kemarin..untuk warung makan banyak sekali tinggal pilih dekat pantai😆

  4. Pantai kasap bisa dikatakan rajaampatnya pacitan, saya sarankan kesana saat musim penghujan karena bukit2nya sedang berwarna hijau dan nampak indah

  5. Terletak berdekatan dengan pantai Watukarung, bagi mereka yang ingin menjelajahi lebih dari 1 pantai dalam sehari, Anda dapat mencoba pantai di lokasi ini. Jika ingin bermalam, Anda bisa menginap di Pantai Watukarung, yang fasilitasnya dilengkapi dengan penginapan

  6. Pantai yang menyenangkan dengan pemandangan pulau-pulau kecil yang terlihat dari ketinggian bukit. Terdapat pedestrian yang cukup nyaman yakni berupa makadam, pedestrian ini menghubungkan bukit dan pantai kecil dibalik bukit. Pantai disini berlapasir putih dengan bentuk teluk teluk kecil yang dipisahkan bukit-bukit. Di tepi kaki bukit terdapat warung makan yang bergaya alami, tidak norak sehingga tidak terlalu merusak visual. Sayang banget ada lampu pju berdaya panel surya yang tidak enak dipandang. Area parkir cukup luas dan tidak berada Di tepi pantai dan banyak warung dan kios di sekitar area parkir ini. Bisa berwisata menaiki perahu dengan biaya 20 ribu per orang. Pantai ini tidak jauh dari sungai maron Dan pantai klayar, jadi cukup mudah dijangkau.

  7. Tempatnya bagus tiket masuk tdk ada krn sudah include dr klayar. Cm sayangnya diatas mau lihat viuwnya raja empat panas,tdk ad tempat teduh.jd yg mau naik kesana siap2 bawa air mnm dan payung dan parkirnya termasuk mahal.saya kena 10rb

  8. Pantai yang indah, kalau untuk berfoto sangat indah tetapi jika berenang tidak memungkinkan karena ombak yang besar dan banyak batu karang yg tajam.

  9. Best beach yang menurutku sih wajib banget dikunjungi kalau ke Pacitan
    Jadi ini itu satu kompleks gitu pantainya
    dengan tiket masuk yang cuma Rp.5.000 kalian udah bisa dapet 2 pantai yaitu pantai watu karung dan juga raja ampatnya pacitan yaitu pantai kasap
    selain itu di bawahnya pantai kasap kalian bisa juga bagi pecinta sungai untuk cobain ke sungai congkel kalau ga salah namanya
    nah sungai itu emang khusus wisata
    jadi sungainya bersih dan hijau gitu airnya,instagramable banget deh untuk foto-foto
    Pantai kasapnya sendiri bagus banget dan tempatnya sih lumayan bersih,bukit untuk melihat raja ampat nya pacitan dari atas juga bersih kok
    selain itu kalian gausa khawatir krn disana fasilitas umum sudah lengkap mulai mushola,kamarmandi,dan juga warung makan
    Tapi untuk musholanya gaada tempat wudhunya jadi kalian yang beragama Muslim kalau mau ibadah wudhunya ke toilet umum bisanya 🙁
    Terus kalau kalian berkunjung ga di hari libur sih bagus banget untuk menikmati pantai sepuasnya tp sayang disini kalian gabisa berenang karena ombaknya besar, kalau bukan weekend juga gabisa nih nikmati sungai dengan naik perahu krn petugasnya gaada
    oiya untuk naik perahu kalian di bandrol Rp.20.000 untuk sekali jalan
    Sangat cocok untuk kalian orang jawa yang ingin menikmati raja ampat tapi ga perlu ke rajaampat asli nah Pantai Kasap ini rekomendasi yang tepat banget
    Selamat Berlibur

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here