Pantai Tawang

Sumurtimo, Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63572

(4.2/5 dari 10 Pengunjung) Baca ulasan

Untuk yang sedang berada di Pacitan, Jawa Timur dan ingin berkunjung ke pantai dengan ombak yang tenang, berpasir putih, dan sekaligus bisa bisa membeli ikan laut segar maka bisa berkunjung ke Pantai Tawang.

Sebenarnya tempat ini buka wisata pantai untuk dikhusus untuk wisatawan yang akan piknik, melaikan sebuah pelabuhan nelayan dan tempat pelelangan ikan. Meski begitu Pantai Tawang memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi wisatawan.

Pantai ini juga terkenal dengan sebutan Pantai Segoro Anakan. Alasan kenapa pantai ini memiliki ombak yang tenang karena lokasi berada di sebuah teluk yang menjorok ke daratan di balik dinding tebing, jadi arus ombaknya tidak langsung ke bibir pantainya.

Pantai dengan air laut yang jernih dan hampir tanpa ombak sangat menarik untuk dikunjungi. Nah, untuk yang penasaran, maka bisa simak ulasannya di bawah ini agar dapat gambaran sebelum mengunjunginya.

Deskripsi Pantai Tawang

Perahu nelayan pantai tawang pacitan
Perahu berbaris di bibir pantai yang tenang / Lukman Farid

Pantai Tawang adalah pantai nelayan yang indah dengan banyak kapal nelayan yang bersandar di pinggir pantai. Lokasinya dekat dengan tempat pelelangan ikan dan cocok untuk berfoto dengan kapal-kapal nelayan.

Pantainya mirip sebuah telaga karena kondisinya tenang dan hampir tanpa ombak. Terdapat banyak perahu nelayan dan kios ikan yang menjual ikan segar di pinggir pantai, cocok untuk refreshing dan berjarak sekitar 30 km dari kota Pacitan.

Memiliki area pantai yang cukup luas dengan pasir putih dan masih sangat sepi. Terdapat beberapa terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang dapat ditemukan di tempat ini, serta lokasinya yang cocok untuk bermain air dan berfoto sepuasnya.

Pantai Tawang terletak di sebuah teluk kecil sehingga arus air laut tidak begitu kuat dan ombaknya tidak terlalu besar. Di kawasan pantai ini juga sedang dikembangkan terumbu karang buatan.

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi, tak perlu bermasalah dengan parkir karena tersedia area yang cukup luas. Fasilitas lain seperti kamar mandi, musala, dan tempat beristirahat tersedia di Pantai Tawang.

Pantai Tawang adalah tempat yang cocok bagi yang ingin menikmati ikan laut segar. Pengunjung yang melewati Jalur Lintas Selatan (JLS) Pacitan – Trenggalek bisa coba singgah. Air laut di Pantai Tawang biru dan jernih, cocok untuk berenang dan menikmati keindahan pantai dengan anak kecil.

Namun, jangan lupa untuk menjaga kebersihan di tempat ini dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Rute Menuju Lokasi

Pantai Tawang berlokasi di Tempat Pelelangan Ikan(TPI) Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Jika dari pusat Kabupaten Pacitan (Alun Alun Pacitan) maka jaraknya sekitar 30 kilometer atau perlu waktu tembuh 48 menit perjalanan.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Pantai Tawang, akses masuk ke lokasi pantai ini terbilang mudah. Jika Anda datang dari arah Soge, akan melewati Pantai Tawang dan Bukit Puring sebelum tikungan, akan ada papan nama TPI Sidomulyo. Anda tinggal belok kanan dan masuk ke jalan desa tersebut yang hanya berjarak puluhan meter saja dari papan nama tersebut.

Sebaliknya, jika Anda datang dari arah Trenggalek atau Pantai Taman, setelah menuruni bukit, Anda akan melihat sebuah gang kecil dan papan nama TPI di sebelah kiri pojok. Anda dapat memasuki jalan desa tersebut yang terletak tidak jauh dari sana.

Selama perjalanan, pastikan untuk selalu memperhatikan kondisi jalan dan mengikuti petunjuk arah yang ada. Pastikan juga kendaraan yang digunakan dalam kondisi prima dan aman untuk digunakan dalam perjalanan jarak jauh.

Harga Tiket Masuk

Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Pantai Tawang, ada kabar baik. Tidak ada tiket masuk atau retribusi masuk yang harus dibayarkan, setidaknya sampai artikel Pantaipedia ini tayang. Pengunjung hanya perlu membayar karcis parkir saja.

Karcis parkir yang harus dibayarkan untuk kendaraan roda dua adalah sebesar Rp5.000,- dan untuk kendaraan roda empat sebesar Rp10.000,-.

Jenis KendaraanHarga Karcis Parkir
MotorRp5.000
MobilRp10.000
*Biaya parkir bisa berubah di kemudian hari

Hal Menarik dari Pantai Tawang

Meski pengelolaan Pantai Tawang belum maksimal, namun bukan berarti pantai ini tidak memiliki hal menarik. Berikut beberapa hal menarik yang bisa pengunjung lakukan atau temukan saat berkunjung ke pantai ini.

Bermain Air

Bermain air pantai tawang sidomulyo pacitan
Hampir tidak ada ombak sehingga anak-anak bisa bermain air dengan aman / Eko Prasetyo

Pantai Tawang adalah tempat yang sangat cocok untuk anak-anak bermain air laut. Dengan ombak yang kecil dan pantainya yang dangkal, pantai ini aman untuk anak-anak yang bermain air. Meski begitu, harus tetap dalam pengawasan orang tua.

Namun harus hati-hati juga, karena kadang di pantai ini juga ada ubur-ubur yang sangat berbahaya. Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa kondisi pantai sebelum bermain air dan hindari area yang terdapat ubur-uburnya.

Saat bermain air pastikan untuk selalu menjaga keselamatan dengan tetap di area yang dangkal dan jangan berenang terlalu jauh dari pantai. Selain itu, perhatikan juga kondisi cuaca dan ombak sebelum bermain air untuk menghindari risiko kecelakaan.

Bermain Pasir

Pantai Tawang tidak hanya menawarkan pemandangan laut yang indah, tetapi juga memiliki hamparan pasir putih yang luas untuk bermain pasir. Terdapat sebuah tempat yang masih sangat sepi dan memiliki pasir putih yang indah.

Tepatnya berada di sebelah kanan pantai, tempatnya lebih menarik dengan hamparan pasir putih yang lebih luas. Hanya saja, kekurangannya adalah masih ada bangkai kapal-kapal besar penangkap ikan yang bersandar di sana, sehingga perlu berhati-hati.

Untuk menikmati bermain pasir di Pantai Tawang, pastikan untuk membawa perlengkapan yang dibutuhkan seperti mainan pasir dan alas duduk.

Memiliki Banyak Spot Foto

spot foto pantai tawang pacitan
Kapal perahu nelayan bisa jadi spot foto menarik / Eko Prasetyo

Bagi pecinta fotografi, Pantai Tawang merupakan destinasi yang tepat untuk mengekspresikan kreativitas dalam bidang fotografi. Terdapat banyak spot foto menarik yang dapat diabadikan di sana, seperti kehidupan nelayan, kapal layar dan motor tradisional, dan pelabuhan serta kapal karam yang view-nya tak kalah menarik dari pantai itu sendiri.

Namun, perlu diperhatikan bahwa daerah sekitar Pantai Tawang dikelilingi oleh tebing-tebing yang dapat mempengaruhi pencahayaan kamera Anda. Oleh karena itu, disarankan untuk datang ke Pantai Tawang tidak terlalu pagi atau terlalu sore. Jam 9 pagi hingga 3 sore merupakan waktu yang ideal untuk mengambil gambar di Pantai Tawang, di mana sinar mentari tidak terhalang oleh tebing dan pencahayaan lebih optimal.

Memiliki Pemandangan yang Indah dari atas Bukit

Pemandangan dari atas bukit Pantai Tawang
Pemandangan dari atas bukit sangat memukau / Winny Arsyabinta

Pantai Tawang tidak hanya menawarkan keindahan laut yang memukau, tetapi juga pemandangan indah dari atas bukit di sisi barat. Di tempat ini, terdapat pasir putih yang masih cukup sepi sehingga Anda dapat menikmati pemandangan lautan dan perbukitan sekitar dengan lebih tenang.

Dengan menaiki bukit di sisi barat Pantai Tawang, Anda dapat menikmati pemandangan alam yang spektakuler dari ketinggian. Pemandangan laut yang biru dan pasir putih yang bersih akan terlihat lebih jelas dari atas bukit ini. Anda juga dapat melihat perbukitan yang mengelilingi Pantai Tawang dari sisi yang berbeda.

Membeli Ikan Laut Segar

Bagi pecinta hidangan laut, Pantai Tawang menawarkan beragam jenis ikan laut segar yang dapat dibeli langsung dari kapal nelayan yang bersandar di tempat singgahnya. Di sini, Anda dapat merasakan sensasi belanja ikan segar yang langsung diambil dari laut dengan harga yang terjangkau.

Tidak hanya itu, tempat singgah kapal nelayan di Pantai Tawang juga menawarkan pemandangan yang keren dari atas kapal. Anda dapat menikmati pemandangan laut yang memukau sambil memilih ikan laut segar yang akan dibeli.

Untuk wisatawan yang ingin membeli ikan laut segar dalam jumlah banyak, disarankan untuk membawa sterofoam dan es batu agar ikan tetap segar selama perjalanan pulang. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencari lobster yang murah di tempat ini dan menikmati kuliner laut segar yang lezat di Pantai Tawang.

Bisa Berkemah

Berkemah di Pantai Tawang
Banyak wisatawan yang camping di bukit-bukit sekitar pantai / bugar ashari

Pantai Tawang tidak hanya menawarkan keindahan alam yang memukau, tetapi juga menjadi tempat yang sempurna untuk berkemah. Dengan berkemah di Pantai Tawang, Anda dapat menikmati momen sunrise yang keren di pagi hari dengan latar belakang kapal-kapal yang menjadikan foto Anda semakin cakep dan instagramable.

Pengunjung yang ingin berkemah di Pantai Tawang dapat memilih tempat di bibir pantai atau di atas bukit. Menyiapkan tenda dan perlengkapan camping yang memadai sangat penting untuk memastikan kenyamanan selama berkemah.

Saat memutuskan akan camping maka pilih lokasi yang aman dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Disarankan juga untuk membawa perlengkapan seperti sleeping bag, obat nyamuk, dan lampu senter agar lebih nyaman dan aman selama berkemah di Pantai Tawang.

Mancing Ikan Laut

Mancing di Pantai Tawang
Bisa mancing di sekitar pantainya / The winning

Bagi para penggemar mancing, Pantai Tawang bisa jadi tempat yang tepat untuk menyalurkan hobi. Di sini, Anda dapat menemukan banyak jenis ikan laut yang dapat dijadikan target mancing, seperti ikan tuna dengan berat hingga 2 kilogram. Bahkan, dengan umpan ketan pun bisa memberikan hasil yang memuaskan.

Untuk mancing di pantai ini sebaiknya menggunakan umpan yang tepat, seperti umpan hidup atau umpan buatan yang menyerupai makanan yang biasa dikonsumsi ikan laut di sekitar Pantai Tawang. Selain itu, waktu yang tepat untuk mancing adalah saat pagi hari atau sore menjelang malam, ketika ikan sedang aktif mencari makan.

Bagi yang ingin mencoba mancing maka sebelumnya perlu memperhatikan cuaca dan kondisi laut terlebih dahulu. Selalu perhatikan keselamatan dan jangan lupa membawa perlengkapan mancing yang memadai, seperti pancing, kail, dan umpan yang tepat.

Bisa Berjalan Keujung Teluk

Pantai Tawang memiliki keunikan tersendiri yang dapat dinikmati oleh pengunjungnya. Saat air laut surut, kita dapat berjalan sampai ke ujung teluk dengan mudah. Keunikan ini sangat terasa dan menarik untuk dijelajahi.

Selain itu, saat surut, pengunjung juga dapat bermain di pinggiran teluk. Aktivitas ini sangat menyenangkan dan dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu di Pantai Tawang. Mengambil foto di pinggiran teluk saat surut juga dapat menghasilkan foto yang unik dan menarik.

Bagi yang ingin menikmati pengalaman unik berjalan keujung maka disarankan untuk memperhatikan jadwal pasang surut air laut. Hal ini penting untuk memastikan keamanan selama berjalan di pinggiran teluk. Selain itu, disarankan juga untuk memakai alas kaki yang nyaman dan aman untuk mencegah terluka atau tergelincir di pinggiran teluk yang berbatu.

Menikmati Pemandangan Sunset

Sunset Pantai Tawang Pacitan
Pemandangan saat matahari mulai tenggelam / bugar ashari

Pantai Tawang merupakan salah satu pantai yang menawarkan keindahan alam yang memukau, terutama saat matahari terbenam. Pengunjung dapat menikmati pemandangan sunset yang indah di Pantai Tawang, dengan latar belakang kapal-kapal yang berlabuh di sekitar pantai.

Saat matahari terbenam, kawasan sekitar pantai menjadi tempat yang sempurna untuk berfoto-foto. Pengunjung dapat mengabadikan momen sunset yang indah dengan latar belakang kapal-kapal yang menjadikan foto semakin menarik dan Instagramable.

Untuk menikmati pemandangan sunset di Pantai Tawang, disarankan untuk datang pada saat sore hari menjelang matahari terbenam. Pengunjung dapat menghabiskan waktu di sekitar pantai, menikmati pemandangan, dan menikmati angin sepoi-sepoi yang sejuk di sore hari.

Tempat yang Cocok untuk olahraga paddle board

olahraga paddle board di Pantai Tawang
olahraga paddle board / Pamuji Raharjo

Pantai Tawang bisa jadi tempat yang cocok untuk olahraga paddle board. Perairannya yang tenang dan arus laut yang tidak terlalu kuat membuat pantai ini menjadi tempat yang asyik untuk bermain paddle board. Olahraga ini mengajak pengunjung menikmati keindahan pantai dari sudut pandang yang berbeda.

Pengunjung juga dapat menyusuri Pantai Tawang dengan tebing-tebingnya yang indah dan menjelajahi pantai-pantai sekitarnya, seperti Pantai Nafasyah, Pantai Demes, Pantai Lintang, Pantai Ndangak, dan Pantai Ndelik.

Bagi yang ingin mencoba olahraga paddle board di Pantai Tawang, disarankan untuk memperhatikan kondisi cuaca dan arus laut terlebih dahulu sebelum memulai aktivitas. Selalu perhatikan keselamatan dan gunakan perlengkapan yang memadai, seperti life jacket dan leash untuk menjaga keamanan selama bermain paddle board.

Tips Berkunjung ke Pantai Tawang

Agar kunjungan ke Pantai Tawang bisa berjalan lancar dan memberi kesan menyenangkan, maka tidak ada salahnya untuk menyimak beberapa tips berikut.

  • Sinar matahari di pantai cukup terik sehingga kulit bisa mudah terbakar, cepat legam. Untuk itu jika berkunjung di siang hari jangan lupa menggunakan tabir surya, topi, dan kacamata.
  • Jika berkunjung di musim hujan harus hati-hati saat berkendara ke Pantai Tawang karena ada spot yang sering ada tanah longsor(Trenggalek – Pantai Tawang).
  • Kalau mau beli ikan yang masih segar dan lengkap maka sebaiknya datang pada pagi hari. Kalau datang di siang hari ikannya sudah tidak terlalu banyak, penjualnya juga tinggal sedikit.
  • Agar dapat pemandangan pantai yang indah maka sebaiknya berkunjung di musim kemarau saat cuaca sedang cerah.
  • Sebaiknya membawa makanan dan minuman dari luar, karena tidak ada warung di sekitar pantai.
  • Jangan lupa membawa uang tunai dalam jumlah yang cukup karena lokasinya jauh dari ATM dan minimarket.
  • Untuk menjaga kelestarian pantai ini maka pengunjung jangan buang sampah sembarangan. Akan lebih baik jika membawa pulang sampah pribadi, lalu buang pada tempatnya.

Kekurangan Pantai Tawang

Mungkin yang jadi kekurangan dari pantai ini yaitu belum terkelola dengan baik sehingga belum ada fasilitas pendukung untuk kenyamanan pengunjung, hal ini karena fungsi utama dari Pantai Tawang yaitu sebagai tempat penyimpanan kapal perahu nelayan dan tempat pelelangangan ikan.

Semoga saja kedepan pemerintah dan pihak terkait meperhatikan pantai ini, jadi pengunjung yang datang selain bisa menikmati pemandangan pantai yang memukau juga bisa membeli ikan segar dari pantai ini.

Demikian ulasan Pantai Tawang, Ngadirojo, Pacitan, Jawa Timur. Jika terdapat informasi yang keliru atau memiliki pengalaman yang berbeda saat berkunjung ke pantai ini bisa kirim ulasannya di bawah ini ya!

10 Ulasan dari pengunjung

  1. Pantai Tawang terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur, Indonesia.
    Pantai ini sebenarnya merupakan pelabuhan nelayan dan merupakan tempat pelelangan ikan. Lokasinya yang berupa teluk terlindung membuat ombaknya tidak begitu besar. Di pantai ini kita bisa beli ikan laut langsung dari nelayan. Ombak pantai yang kecil dan pantainya yang dangkal membuat pantai ini aman buat bermain air. Di kawasan pantai ini juga sedang dikembangkan terumbu karang buatan.

  2. Spot foto dengan latar belakang deretan kapal kecil penangkap ikan. Tapi lebih bagus lagi pantai di sebelah kanannya. Hamparan pasir putih yg luas. Hanya sayang masih ada bangkai kapal-kapal besar penangkap ikan yang bersandar di sana. Untuk spot foto masih layaklah, tapi untuk berenang kurang bagus. Kelemahan lainnya, akses ke tempat tersebut sangat sulit. Jalurnya hanya cukup 1 mobil saja. Mengingat jalan akses berada di lereng tebing yang curam, sangat disarankan lebih hati hati bila membawa kendaraan roda 4.

  3. Tempat belanja ikan yang buka setiap hari dari pagi sampai sore. Dengan aktivitas perahu nelayan yang padat. Harga ikan di sini relatif lebih murah dibanding TPI di Tamperan…asal pandai menawar. Hasil tangkapan nelayan juga bervariasi lebih lengkap jenis nya. Mungkin karena letak nya yang jauh dari kota pacitan. Jalan masuk ke tempat ini juga terbilang sangat dekat dari JLS. Walaupun jalan masuk tidak terlalu besar…Tapi sangat aman dilalui mobil roda empat. Landai tidak ada tanjakan/turunan yang ekstrim. Ingat route nya juga tidak jauh dari pantai dan jembatan Soge. Hanya 10 menit sudah sampai bibir pantai. Jadi sayang kalo kita tidak menyempatkan mengunjungi tempat indah ini….go Pacitan…..

  4. Ini pantai nelayan sepertinya. Karena sepanjang mata memandang bnyk kapal2 nelayan yg sdg parkir di pinggir pantai. Laut nya pun indah. Cm qt tdk bs bermain air di pantai ini. Lolasi dekat sekali dg tmpt pelelangan ikan.tmpt nya ok jg…utk sekedar foto foto dg kapal2 nelayan yg sedang bersandar.

  5. Mau maen air d pantai dan ga takut ombak, pantai ini bisa jadi pilihan, tenang, pasirnya putih, deket dengan dermaga ikan, spot foto juga keren, berenang d pantai dgn anak kecil, pantai tawang bakal bikin pengalaman yg tak terlupakan.

  6. TPI Sidomulyo Pacitan. Tempat Pelelangan Ikan, dan tempat bersandarnya perahu nelayan di teluk, pantai Tawang Pacitan.. Lokasinya mudah dicari, dekat dengan jalan Jalur Lintas Selatan ada tugu masuk ke selatan sedikit sudah sampai. Banyak aneka ikan hasil tangkapan nelayan yang di jual disini, harga terjangkau. Ayo makan ikan agar tubuh sehat. Selamat wisata. Salam bolo mancing. ( ketik : chairoel yahya untuk melihat video channel saya )

  7. Tempat Pelelangan Ikan yang pertama saya kunjungi di Pacitan. Ada rasa bangga ketika melihat banyak perahu nelayan bersandar di tepi pantai. Jadi tahu bagaimana para nelayan memenuhi kebutuhan protein kita. O ya, aneka macam ikan tersedia di sini di jam tertentu. Sayang sekali gak ada tempat jual jasa memasak ya di dekat TPI. Jadi ketika saya beli gurita segar dan masih hidup di sini, saya berinisiatif mencari warung makan yg mau memasak segera gurita buat saya. Lumayan jauuh, harus keluar dulu ke jalan raya. Daaan…ketemu. Ongkos masak per kg makanan laut Rp. 25 ribu. Legaaa… karena nggak menunggu lama gurita asam manis bisa saya nikmati bersama keluarga.

  8. Sebenarnya namanya yaitu Segoro Anakan.. Lebih pas disebut sebagai tempat pelelangan ikan dari nelayan setempat.

    Pantai yang berupa teluk yang menjorok dibalik dinding tebing.

    Yang menarik bila anda suka makan ikan laut maka bila berkunjung ke Lorok atau melewati JLS pacitan trenggalek.. Anda bisa mampir..
    Menurut penduduk sekitar hasil tangakapan komplit.

    Akses masuk terbilang mudah.. Bila anda dari arah Soge, setelah melewati Pantai Tawang dan bukit Puring sebelum tikungan, ada papan nama TPI ini. Anda belok kanan. Dan sebaliknya bila dari arah trenggalek atau dari pantai taman, setelah menuruni bukit anda melihat gang kecil dan papan nama TPI ini disebalah kiri pojok.
    Masuk ke jalan desa tersebut tidak jauh puluhan meter saja. Anda langsung berada di lokasi.

    Setahu saya tidak ada retribusi masuk. Cuma karcis parkir saja.

    Nah bagi yang suka fotografi, seluk beluk kehidupan nelayan beserta kapal layar dan motor traditional tak bisa dilewatkan. Mengingat daerah ini dikelilingi oleh tebing tebing yang berdampak pada pencahayaan kamera anda, ada baiknya bila anda datang tidak terlalu pagi atau terlalu sore. Sinar mentari akan terhalang tebing dan pencahayaan akan berkurang. Jadi antara jam 9 sd 15an.

    Udara sebetulnya sejuk dan tidak terasa panas, hati hati karena ini pantai maka kulit bisa terbakar alias cepat legam. Belum lagi kadar garam di air laut selatan yang mudah membuat kulit gelap.

    Selamat rekreasi..

  9. Tempat singgahnya kapal kapal nelayan..bisa beli ikan segar disini..view dari atas sangat keren..apalagi di sebelah pantai ada pelabuhan dan kapal karam yang view nya tak kalah menarik dari pantai ini

  10. Pantai Tawang Pacitan memiliki area yang cukup luas. Di sisi barat tempat pelelangan ikan tepatnya di sisi bukit, terdapat sebuah tempat dengan pasir putih dan masih sangat sepi. Area ini masuk ke dalam sebuah teluk kecil sehingga arus air laut tidaklah begitu kuat. Beberapa terumbu karang dan ikan-ikan kecil dapat kita jumpai di tempat ini. Kawasan ini masih sepi oleh pengunjung sehingga kita bisa bermain air dan berfoto sepuasnya. Namun jangan lupa ya untuk menjaga kebersihan di tempat ini. Jangan membuang sampah sembarangan agar keasrian tempat ini dapat tetap terjaga.

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here