Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo
Pantai Banyu Tibo @richardusvictor

(4.7/5 dari 12 Pengunjung) Baca ulasan

Alamat: Widoro, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554

Dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya, Banyu Tibo merupakan pantai dengan pemandangan yang berbeda.

Pantai yang berada di PacitanΒ  ini memiliki pesona yang jarang ditemukan saat berada di pantai lainnya, karena kehadiran air terjun yang langsung mengalir jatuh ke pantai. Fenomena alam inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berlibur ke pantai banyu Tibo.

Nama “Banyu Tibo” merupakan bahasa Jawa yang berarti air yang terjatuh. Nama ini berdasarkan pada air terjun yang ada di pantai tersebut. Keberadaan air terjun ini menjadi ikon dan identitas dari pantai banyu Tibo tersebut.

Keindahan pantai yang dipadukan dengan air terjun yang langsung mengalir menuju lautan menjadikan wisata ini wajib dikunjungi saat berada di Pacitan.

Rute Menuju Pantai Banyu Tibo

Lokasi Banyu Tibo tak begitu jauh dari Pantai Watu Bale dikarenakan berada di satu garis pantai. Tepatnya berada di Desa Widoro, Kec. Donorojo, Kota Pacitan bagian selatan.

Bagi pengunjung, yang ingin datang berlibur ke Pantai Banyu Tibo, ada beberapa rute yang bisa digunakan tergantung darimana titik keberangkatan anda. Lokasi pantai Banyu Tibo berada 40 km dari kota Pacitan yang bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi kurang lebih selama 1 jam.

Jika anda berasal dari arah barat atau kota Solo, rute yang digunakan menuju Pantai Banyu Tibo sekitar 100 km dan bisa ditempuh selama 3-4 jam. Ada 2 rute yang bisa digunakan, yang pertama melalui Pracimantoro ataupun yang kedua melalui Kota Wonogiri.

Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, baik itu roda dua tau roda empat tak perlu khawatir dengan jalanan menuju Pantai Banyu Tibo karena terbilang mulus meskipun jalur yang dilalui berkelok-kelok.

Untuk itu lah wisatawan diharapkan untuk tetap berhati hari di sepanjang perjalanan terutama di malam hari karena penerangan di sepanjang jalan masih sangat minim.

Harga Tiket Masuk pantai Banyu Tibo

Untuk masuk dan menikmati keindahan yang ada di Pantai Banyu Tibo, pengunjung yang datang bisa membayar tiket masuk hanya Rp 2.000/orang (weekday) atau Rp 3.000/orang (weekend) untuk anak-anak dan Rp 3.000/orang (weekday) atau Rp 5.000/orang (weekend) untuk dewasa.

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi, perlu menambah biaya parkir hanya Rp 5.000 saja. Sangat terjangkau bukan? Sehingga anda tidak perlu khawatir saat berlibur, anda tetap bisa liburan yang menyenangkan tanpa menguras kantong.

Aktivitas Menarik Di Pantai Banyu Tibo

1. Berenang Dan Berjemur

Air laut nya yang jernih serta suasana pantai yang ramai membuat berenang dan berjemuar menjadi aktivitas menarik yang bisa anda lakukan di pantai Banyu Tibo. Anda bisa bermain air dan berenang di sekitaran pantai maupun berjemur di pinggiran pantai. 

2. Surfing

Ombak yang ada di Pantai Banyu Tibo cukup besar dan jernih sehingga sering dimanfaatkan untuk bermain surfing. Namun karena pantai ini belum mempunyai lifeguard, akan lebih baik jika anda yang sudah memiliki kemampuan atau ahlinya saja yang mencoba melawan ombak di pantai ini.

Selain itu, jika anda ingin mencoba surfing, akan lebih baik untuk membawa perlengkapan sendiri karena di sekitaran pantau belum terdapat tempat penyewaan papan surfing.

Bermain surfing disini memang terbilang aman dikarenakan karakteristik ombak yang tidak menyeret serta tidak langsung pecah sebelum mencapai bibir pantai.Β Β 

3. Bermain Di Air Terjun Pegunungan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, daya tarik utama dari pantai Banyu Tibo merupakan kehadiran air terjun pegunungannya yang membuat suasana nya berbeda.

Air terjun yang berasal dari pegunungan ini cukup deras dan langsung jatuh mengalir ke pantai sehingga membuatnya semakin elok seakan berada di pulau terpencil yang cantik.

Tak hanya satu saja, namun di pantai ini terdapat lebih dari 2 dengan satu aliran yang cukup deras melalui hamparan pasir kecokelatan yang lembut.Β 

Pesona Keindahan Pantai Banyu Tibo

Dikelilingi dengan perbukitan hijau semakin membuat suasana pantai Banyu Tibo semakin eksotis dan sejuk, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat rekreasi yang murah dan juga nyaman.

Tak hanya menghadirkan air terjun yang eksotis, namun pantai Banyu Tibo juga dihiasi dengan gugusan batu karang yang sering dijadikan sebagai spot foto terbaik.

Air terjun, lautan yang biru, perbukitan, menjadi tempat terbaik untuk berfoto, sehingga jangan sampai melewatkannya saat berlibur di Patai Banyu Tibo.

Pantai biru nan menawan ini menjadi rekomendasi wisata lainnya yang bisa dikunjungi saat musim liburan tiba. Dengan biaya yang tidak membuat kantong jebol, pengunjung bisa merasakan liburan yang murah dan mengasyikkan. Terutama bagi anda yang mencari ketenangan setelah lelah beraktivitas seharian, maka Pantai Banyu Tbo menjadi rekomendasi terbaik yang dapat dicoba. 

12 Ulasan

  1. Pengalaman piknik di pantai banyu tibo bersama rekan-rekan kerja nitromania jogja 2. Perjalanan dimulai dari Semin,Gunungkidul,berangkat rombongan naik mobil dan naik elf.

    Kemudian masuk kawasan pantai Klayar,dengan pemandangan yang indah nan elok,ombak besar,pasir putih menjadi penyegar dahaga akan liburan.

    Di pantai Klayar sebenarnya ada seperti empang kecil yang tak ada ombaknya,jadi wisatawan bisa berenang,tapi sayang waktu itu aku dan sebagian belum tau.

    Berlanjut ke pantai Ngiroboyo,disana pantainya pasir hitam,banyak binatang kecil,ditempat asalku sih namanya kepompong. Sebagian dari rombongan kami naik perahu kecil untuk menyusuri kali maron,kalau aku boleh katakan ya itu sungai amazonnya pacitan. Wkwkwk harga sewa cukup,100 ribu rupiah dengan untuk maksimal 5 orang.

    Lanjut ke pantai banyutibo,dari sungai ya uuuuh,tampak airnya segar dan jernih,turun,ganti baju,lalu main bola,pantainya pasir putih,keren,amazing.

  2. Pantainya lumayan bagus sih klo disejajarkan dgn pantai- pantai di daerah pacitan.. akses jalan ke lokasi juga sudah bagus, meski hnya bisa dilewati oleh 1 mobil saja, koordinasi petugas palang pintu sudah sangat baik.. jd gaada istilah mobil benturan satu jalur..

    di lokasi cocok utk camping, warung2 sudah banyak, kmr mandi dn toilet udh lebih dr cukup.. yg perlu diperbaiki hnya musolla yg sempit skali.. hanya muat 2 org saja…

  3. Pantai yang terletak di kabupaten pacitan ini mempunya keunikan tersendiri. Adanya aliran air tawar dari mata air yang berasal dari atas pantai, sehingga menghasilkan air terjun kecil yang sangat indah untuk dinikmati. Pengunjung tidak bisa bermain air laut seperti di pantai-pantai kebanyakan, namun masih tetap bisa menikmati indahnya panorama pantai selatan. Dengan deburan ombak yang besar dan pecah ketika menghantam batu karang, dengan dihiasi air terjun dari mata air yang berada tepat di atasnya.

    Pengunjung tetap bisa menikmati sajian kuliner laut dan masakan desa yang dijajakan oleh penduduk setempat.

    Agendakan untuk mengunjungi Pantai Banyu Tibo untuk merasakan sensasi berbeda dari pantai laut selatan

  4. Pantai yang ada di Desa Widoro, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur ini memang terkenal dengan keindahannya.
    Pantai ini mempunyai sebuah air terjun yang berasal dari sungai di sekitarnya dan langsung mengarah ke pantai. Apalagi jika anda berada di tempat ini saat matahari mulai tenggelam, dijamin keindahan pantai ini lengkap karena melihat sunset disini sangat indah.
    Jika sedang musim kemarau, anda bisa turun langsung ke bibir pantai untuk menikmati pantai beserta air terjunnya, tapi tetap waspada karena ombak di pantai banyu tibo besar dan palung lautnya juga cukup dalam.
    Yuk, berwisata ke Pantai Banyu Tibo!

  5. Keramahan yang murah

    Meski saya orang Jawa, namun saya merasakan suasana yang berbeda di sini. Orang-orang sangat ramah dan hangat, bahkan di area wisata pun (awalnya saya mengira bakal komersil) saya menemui orang-orang dengan pelayanan ramah.

    Saya datang Sabtu siang, suasana di sana tidak begitu ramai, hanya beberapa orang pengunjung. Saya yang memang bertujuan piknik langsung mencari gubug untuk disewa, ternyata tidak ada. Yang ada hanyalah gubug yang gratis 😁.
    Kami pun makan bekal dengan senang hati sambil ngobrol2

    Awalnya kami tidak berniat turun ke pantai karena ditutup atau masih pasang, namun setelah selesai makan, semuanya berubah. Area pantai sudah dibuka, anak2 minta turun. Saya? Turun paling semangat πŸ˜‚

    Pantai bersih, ombak sedang, pengunjung sedikit, serasa pantai sendiri. Setelah bermain air laut, kita langsung bisa bilas darurat di air terjun. Air laut. Air tawar. Ulangi.

    Secara umum tempat ini adalah tempat wisata yang bersahaja dengan sajian yang istimewa. Kalau ada waktu pasti mau ke sini lagi.

    Approved!!!
    πŸ‘ πŸ‘ πŸ‘ πŸ‘

  6. Pantai yang sangat bagus menurut saya, namun jalan menuju pantai masih sangat sulit dan masih satu arah, pengalaman saya pakai roda 4. Di pintu masuk terdapat petugas yg berkomunikasi dengan petugas yg berada di bibir pantai untuk koordinasi pembukaan jalan (bergantian). Di pantainya terdapat 3 petugas yg standby berjaga mengantisipasi laka laut. Salut buat timnya πŸ‘πŸ‘

  7. Perpaduan air terjun dan pantai. Destinasi wisata double view. Bengitulah saya mengambarkan. Ketika kita ingin menikmati wisata pantai tetapi gak mau mandi lagi untuk membersihkan bandan,disinilah solusinya. Dimana air terjun yang mengandung air tawar memudahkan anda membersihkan diri ketika sudah puas bermain air laut.. Hanya akses jalannya aja perlu diperbaiki lagi

  8. Spot sangat bagus. Tp suasana panas dan untuk menuju lokasi pantai harus menyusuri jalan setapak. Tempat parkir mobil jauh. Tiket masuk murah 5000 pada tahun 2015. Dan selalu jaga keselamatan anda karena pantai berombak besar. Usahakan datang pada pagi hari karena pada saat siang cuaca panas. Anda bisa membeli kelapa muda atau degan dengan harga yang terjangkau satu biji cuma 5000. Good traveling pokoknya.

  9. Keren banget kaya di Luar negeri. Akses ke lokasinya diperbesar lg (jd 2 arah) agar banyak wisatawan dr luar daerah merasa nyaman serta plang nama lokasinya diperbanyak & diperbesar. Klau bisa makanannya diperbanyak lg wlaupun harganya terjangkau. Serta akses yg menuju pantai/laut jgn memakai tangga bambu. Klau bs dibeton/pakai besi/kayu yg agak besar

  10. Pantai dengan pasir putih yang halus dan ombak tidak terlalu besar, namun pantai ini memiliki ukuran lebih kecil diapit oleh dua buah karang besar. Suasananya masih asri. namun akses ke pantai ini masih sulit, jalan menuju pantai hanya dapat dilewati oleh satu mobil saja dan belum ber aspal.

  11. Pantainy kecil tapi keren, ada air terjun kecil yg airnya langsung jatuh ke pantai. Ada penjaga pantainy juga yg selalu standby. Hanya sayang, jalan menuju ke lokasi dari pintu masuk, kecil dan hanya muat utk 1 mobil. Jalan cor2an semen g tengahnya masih tanah. Terdapat beberapa tikungan tajam. Bus tidak bisa masuk ke lokasi, hanya sampai pintu masuk depan saja.

  12. Pantai tibo menyediakan pemandangan yang indah, apalagi di sore hari. Kita dapat menyaksikan indahnya Sunset dari pantai ini. Selain itu di pantai ini kita juga bisa menikmati atau mandi di air terjun kecil, tempat pertemuan air tawar dan air asin. Dan di tempat ini juga tersedia area untuk istirahat dan nakan minum.

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here