Pantai Minajaya

Pantai Minajaya
Pantai Minajaya @rhantink

(4.5/5 dari 13 Pengunjung) Baca ulasan

Alamat: Pasiripis, Surade, Sukabumi, Jawa Barat 43179

Pantai Minajaya merupakan pantai yang terletak di wilayah bagian selatan Sukabumi, Jawa Barat. Pantai ini ada di daerah Surade, dekat dengan Pantai Ujung Genteng.

Pantai ini menawarkan keindahan alam dan keramahan penduduk lokalnya yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan, maka jika pengunjung bisa menjumpai banyak kapal milik nelayan di sekitar pesisir pantai.

Pantai Minajaya Ujung Genteng ini memiliki pemandangan yang indah, cocok dijadikan tempat berlibur bersama keluarga. Banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di tempat ini.

Rute Menuju Pantai Minajaya

Pantai Minajaya terletak di daerah Surade, Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Pengunjung dapat pergi menggunakan kendaraan pribadi menuju Sukabumi, dilanjutkan dengan berkendara ke arah Surade.

Dari persimpangan Surade belok ke kiri untuk dapat mencapai pantai Minajaya. Perjalanan dari Jakarta dapat ditempuh dalam waktu sekitar enam jam perjalanan. Sedangkan perjalanan dari kota Bandung dapat ditempuh dalam waktu sekitar empat jam perjalanan.

Perjalanan menggunakan mobil memang lebih lama dibandingkan dengan menggunakan motor. Pengunjung juga harus berhati-hati dalam berkendara karena jalanan yang berliku, menanjak, serta tidak beraspal di beberapa bagian.

Namun pemandangan yang tersedia sepanjang perjalanan juga sangat indah dan menarik sehingga pengunjung tidak akan bosan sepanjang perjalanan.

Apabila menggunakan transportasi umum, pengunjung dapat menaiki bus tujuan Sukabumi. Alternatif transportasi lain yaitu menggunakan kereta lokal dari Stasiun Bogor atau Bandung.

Dari terminal Lembursitu Sukabumi perjalanan dapat dilanjutkan menggunakan angkutan umum ke arah Surade. Namun jika ingin mengunjungi pantai-pantai lain di daerah Ujung Genteng, pengunjung lebih baik menggunakan kendaraan pribadi karena lokasi antar pantai yang cukup berjauhan dengan medan yang sulit.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Minajaya

Pengunjung yang ingin masuk ke wilayah pantai Minajaya tidak perlu membayar tiket masuk atau gratis. Namun bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi harus membayar tarif parkir motor dan mobil yang standar.

Biaya parkir motor yaitu Rp 2.000,00 untuk satu motor dan biaya parkir mobil yaitu Rp 5.000,00 untuk satu mobil. Pantai ini juga dibuka setiap hari selama 24 jam untuk semua pengunjung.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Minajaya

Berikut adalah beberapa aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung di pantai Minajaya:

1. Menikmati pemandangan muara Sungai Cipamarangan

Di bagian timur pantai Minajaya terdapat sungai Cipamarangan. Air sungai ini terhubung dan bermuara ke laut. Pemandangan bertemunya sumber air berupa sungai dan laut menjadi pemandangan unik yang menarik bagi para pengunjungpantai Minajaya.

2. Menikmati pemandangan air laut serta matahari terbit dan terbenam

pantai minajaya sukabumi jawa barat
Pantai Minajaya Sunset @riaamora

Pemandangan matahari terbit dan matahari terbenam memang lebih indah apabila dinikmati dari pinggir pantai. Matahari yang berwarna kuning keemasan terlihat seperti tenggelam ditelan laut.

Warna jingga matahari ini juga menyinari permukaan air sehingga terlihat berkilat kejinggaan. Momen ini sangat pas untuk diabadikan ke dalam foto.

Air laut di sekitar pantai Minajaya berwarna kehijauan dan jernih. Tidak terdapat sampah yang dapat mengganggu pemandangan karena suasana pantai yang masih asri dan sepi.

Apabila datang di musim hujan, pengunjung juga dapat melihat air yang berwarna kehijauan karena banyak ditumbuhi oleh rumput laut. Pengunjung harus berhati-hati jika ingin berjalan di pinggir laut karena rumput laut ini cukup licin apabila terinjak.

3. Bermain di Kawasan Pasir Pantai

Pasir di pantai Minajaya berwarna kecoklatan. Pasir ini masih bersih dan bertekstur halus sehingga cocok untuk menjadi tempat bermain. Pengunjung dapat bermain bola atau voli di pantai. Selain itu, anak kecil juga dapat menikmati permainan membangun istana pasir.

4. Menikmati pemandangan batu karang

Di pantai Minajaya terdapat berbagai batu karang berukuran besar dan kecil. Saat laut surut, karang-karang ini akan terlihat lebih jelas dan menjadi pemandangan yang menarik. Batu karang ini banyak ditumbuhi rumput laut sehingga menjadi agak licin.

5. Menikmati suasana pedesaan dan membakar ikan segar

Penduduk di sekitar pantai Minajaya sangat ramah dan senang membantu wisatawan. Pengunjung dari daerah perkotaan dapat beristirahat sambil menikmati suasana pedesaan yang ramah.

Jika perut lapar, pengunjung juga dapat membakar ikan segar yang dibeli dari nelayan lokal. Banyak warung yang dapat membantu untuk menyediakan layanan pembakaran ikan.

Sejarah pantai Minajaya

Nama pantai Minajaya diambil dari kapal bernama Mina Jaya yang pernah tenggelam di sekitar pantai. Kapal ini dulunya digunakan untuk mengangkut senjata. Apabila laut sedang surut, maka pengunjung pantai dapat melihat bangkai dari kapal Mina Jaya.

Fasilitas di Pantai Minajaya

Seperti obyek wisata bahari lainnya, pantai Minajaya memiliki fasilitas yang cukup lengkap bagi para pengunjungnya. Fasilitasnya yaitu mencakup tempat parkir yang aman dan cukup luas, kamar mandi, tempat ibadah atau musholla, penginapan, area camping, dan beberapa warung penjual makanan.

Pantai ini masih cukup sepi dari pengunjung sehingga fasilitasnya belum bisa dibilang sempurna. Pantai ini juga belum menjadi obyek wisata yang mendapat perhatian khusus dari pemerintah daerah setempat. Meskipun begitu hal ini tidak mengurangi minat pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam di pantai Minajaya.

Penginapan di Pantai Minajaya

Berada di dekat pantai terkenal Ujung Genteng, di sekitar pantai Minajaya juga tersedia berbagai penginapan mulai dari harga yang terjangkau sampai penginapan dengan fasilitas yang mewah. Jarak penginapan ini memang sedikit jauh dari pantai namun masih terjangkau

Mengenai harga penginapan di Pantai Minajaya sangat bervariasi, tergantung jenis dan fasilitas kamar.

13 Ulasan

  1. Ini adalah salah satu pantai yang cukup terkenal di kab. Sukabumi. Pantainya memiliki pasir dan air yang masih bersih dan jernih. Disi kamu juga dpt mendapatkan ikan segar dengan mudah. Hanya saja tidak banyak binatang laut karena banyak terumbu karang mati dan biasa. Namun, hal tersebut tidak mengurangi keindahan dari pantai ini.

  2. Berwisata santai dipantai ini, keadaan lingkungan untuk berwisata sudah mulai membaik, namun kesadaran akan kebersihan masih Kurang. #ayojagalingkungan #buangsampahpadatempatnya #ayokepantai

  3. Wisata alam pesisir pantai yang ada di daerah desa pasiripis kecamatan Surade sangat menjanjikan keindahan alamnya dan suasananya sejuk dikarenakan rindang akan pepohonan yang ada di sepanjang jalur pantai….ayo coba destinasi pantai minajaya

  4. Bagus buat anak bermain dipantai, ombak tidak besar. Jangan kesana kalo lagi pasang karena banyak karang yg tidak terlihat.

  5. Pantai minajaya adalah salah satu pantai di daerah jampang sukabumi yang juga patut dikunjungi selain pantai ujung genteng

  6. Pantai minajaya yg ada di daerah surade sukabumi selatan ini,memang msh alami dan perlu penataan yg lebih baik lg,agar bisa lebih nyaman utk para wisata yg mau berkunjung ke pantai tersebut,oleh karna itu semoga utk pemerintah setempat atau pemerintah kota agar memperhatikan lokasi tersebut utk menata nya agar lebih baik lg,tapi jgn khawatir utk para wisata yg akan berkunjung ke tempat tersebut sudah tersedia kuliner2 seadanya seperti bakar2 ikan,bgtu aja info nya trimakasih

  7. Salah satu opsi lain untuk berkunjung ke daerah Jampang selain pantai ujung genteng pantai Minajaya juga sangat indah dan cenderung lebih dekat untuk diakses menawarkan karakter pantai berkarang mirip dengan ujung genteng dan disini pun untuk fasilitas sudah lengkap dari mulai toilet sampai warung2 makan sudah tersedia.

  8. Recommended buat kalian yang pengen liat sunset. Disini ombaknya udah dipecah sama karang di tengah pantai. Jadi ombak yang sampai ke bibir pantak itu tenang banget. Dan klo air pantai lagi surut kalian bisa jalan ke arah laut. Disana nanti kalian bakalan nemuin gundukan pasir di tengah laut layaknya bibir pantai. Nah ditengah itu jg recommended banget buat foto foto bahkan iseng iseng maen bola pantai. Kalian juga bisa bawa motor buat masuk ke bibir pantai.

  9. Pantai yg indah di selatan Sukabumi, menghadap langsung ke samudra hindia. Disaat musim liburan blm terlalu ramai, blm ada wahana air disini tapi terdapat warung makan yg menyajikan hidangan laut yg lezat

  10. Saya berkunjung kesini beberapa bulan yang lalu letaknya tak jauh dari pantai Cicaladi. Berbeda dengan pantai Cicaladi yang sepi pantai Minajaya cukup ramai dengan pengunjung dan berderet warung-warung dan penginapan di pesisir pantainya dan fasilitas seperti tempat mandi dan toilet pun banyak tersedia. Di sore hari jika kesini kita bisa menikmati suguhan matahari terbenam yang cukup memanjakan mata yang biasa orang sebut golden sunset. Hanya saja disini sinyal susah sekali didapat mungkin karena letaknya berada di ujung jadi tak terjangkau jaringan seluler.

  11. Salah satu objek wisata di selatan sukabumi surade pantai Mina Jaya
    Pantai ini sangat landai dan sangat cocok untuk keluarga apalagi membawa anak2
    Untuk penyedia makanan juga banyak
    Ikan bakar dan lain2
    Tahun baru 2019 adalah tahun baru terburuk sepanjang masa
    Penjualan makanan dan lain2nya di warung2 sekitar pantai Mina Jaya mengalami kerugian yg lumayan banyak
    Mereka Menyetok aneka ikan plus minuman dan bahan2 lainnya
    Di saat setelah tsunami Banten ada hoax yg menyebarkan isue akan ada tsunami di ujung genteng dan Mina Jaya
    Sontak saja isue itu membuat tidak ada wisatawan yg berkunjung
    Semoga ada hikmah dibalik ini semua
    Amin
    Mari berkunjung

  12. Pantai mina jaya ada tempat wisata alam,, di sana kita dapat merasakan sejuk nya udah dan menikmati ketika matahari terbenam,, di sana juga banyak kuliner kuliner yang bermacam macam

  13. Pantai nya bagusss banget.. dan punya ciri khas sendiri dimulai dari hamparan rumput laut, kerang bertebaran di sisi karang, ikan, dan tentunya sunset yang sangat menakjubkan

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here