Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng
Pantai Ujung Genteng @riki_rikarya

(4.5/5 dari 17 Pengunjung) Baca ulasan

Alamat: Jl. Ujung Genteng, Ujung Genteng, Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat 43176

Pantai Ujung Genteng merupakan pantai yang terletak di wilayah bagian selatan Sukabumi, Jawa Barat. Pantai ini ada di daerah Ujung Genteng, Ciracap.

Pantai Ujung Genteng merupakan salah satu pantai yang terkenal di daerah Sukabumi. Meskipun begitu, suasana pantai ini masih cukup tenang dan asri karena tidak terlalu dipadati oleh wisatawan.

Rute Menuju Pantai Ujung Genteng

Lokasi Pantai Ujung Genteng terletak di wilayah selatan Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Jaraknya sekitar 80 km dari pusat kota Sukabumi. Perjalanan dari Jakarta dapat ditempuh dalam waktu sekitar enam jam perjalanan. Sedangkan perjalanan dari kota Bandung dapat ditempuh dalam waktu sekitar empat jam perjalanan.

Perjalanan menggunakan mobil memang lebih lama dibandingkan dengan menggunakan motor. Pengunjung juga harus berhati-hati dalam berkendara karena jalanan yang berliku, menanjak, serta tidak beraspal di beberapa bagian. Namun pemandangan yang tersedia sepanjang perjalanan juga sangat indah dan menarik sehingga pengunjung tidak akan bosan sepanjang perjalanan.

Apabila menggunakan transportasi umum, pengunjung dapat menaiki bus tujuan Sukabumi. Alternatif transportasi lain yaitu menggunakan kereta lokal dari Stasiun Bogor atau Bandung. Dari terminal Lembursitu Sukabumi perjalanan dapat dilanjutkan menggunakan angkutan umum ke arah Surade.

Namun jika ingin mengunjungi pantai-pantai lain di sekitar pantai Ujung Genteng, pengunjung lebih baik menggunakan kendaraan pribadi karena lokasi antar pantai yang cukup berjauhan dengan medan yang sulit.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Ujung Genteng

Pengunjung yang ingin masuk ke wilayah pantai Ujung Genteng harus membayar tiket masuk sebesar hanya Rp 10.000,00 per orangnya. Biaya masuk ini belum termasuk biaya parkir kendaraan.

Untuk biaya parkir motor sebesar Rp 2.000,00 untuk satu motor. Biaya parkir mobil yaitu sebesar Rp 5.000,00 untuk satu mobil. Sedangkan biaya parkir bus yaitu sebesar Rp 10.000,00 untuk satu bus.

Objek Wisata

Berikut adalah beberapa aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung di pantai Ujung Genteng:

1. Menikmati keindahan pemandangan pasir pantai dan laut

Pemandangan Pantai Ujung Genteng
Pemandangan Pantai Ujung Genteng @gurilaps

Wisatawan yang datang ke pantai sebagian besar menghabiskan waktunya untuk menikmati keindahan pemandangan pasir pantai dan laut. Lokasi pantai Ujung Genteng yang terpencil membuat pengunjung merasa seperti ada di pulau pribadi. Wilayahnya yang bersih dan tenang dilengkapi dengan pemandangan yang menyejukkan mata akan membuat setiap pengunjung menjadi rileks.

2. Bermain air di pinggir pantai

Air di laut sekitar pantai Ujung Genteng masih sangat jernih sehingga sangat aman dan nyaman untuk wisatawan yang ingin bermain air atau berenang. Ombaknya juga tidak sebesar pantai-pantai lain di jajaran laut selatan. Meskipun begitu, pengunjung harus tetap berhati-hati terutama saat ombak pasang. Saat ombak pasang, pengunjung bahkan dapat bermain papan selancar.

3. Berfoto di spot foto atau selfie yang indah

Pantai Ujung Genteng menawarkan berbagai tempat dengan pemandangan indah yang bisa menjadi spot foto dan selfie. Di kawasan Ujung Genteng juga terdapat puing-puing bekas dermaga peninggalan jaman Belanda. Banyak orang yang menjadikan puing-puing ini sebagai obyek foto yang menarik.

4. Berbelanja dan menyantap hasil laut segar

Masyarakat lokal di sekitar pantai Ujung Genteng sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan. Mereka juga terkadang menjual sebagian hasil tangkapannya ke wisatawan. Wisatawan dapat membeli hasil laut segar ini dengan harga yang sangat terjangkau. Apabila ikan tersebut ingin langsung dimakan, pengunjung membakarnya di warung-warung makan yang tersedia. 

Sejarah

Nama dari pantai Ujung Genteng diambil dari lokasi pantai. Lokasi pantai ini berada di bagian ujung bawah pulau Jawa sehingga dinamakan Ujung Genting atau Ujung Genteng. Hal ini berkebalikan dengan nama Ujung Kulon yang berarti ada di ujung sebelah atas.

Pantai Ujung Genteng di Sukabumi ini juga disebut sebagai Mutiara yang Tersembunyi. Pantai ini memang memiliki karakteristik yang berbeda dari pantai lain di deretan laut selatan. Pantai Ujung Genteng memiliki lebih banyak daerah laut yang tidak berombak terlalu besar.

Tidak ada pantangan atau larangan Pantai Ujung Genteng ini, namun pengunjungi diharapkan tidak membuat kegaduhan yang berlebihan. Selain itu, tidak melakukan aktivitas yang merusak alam.

Fasilitas

Seperti obyek wisata bahari lainnya, pantai Ujung Genteng memiliki fasilitas yang cukup lengkap bagi para pengunjungnya. Apalagi pantai ini merupakan salah satu pantai yang paling terkenal di Sukabumi.

Fasilitasnya yaitu mencakup tempat parkir yang aman dan cukup luas, kamar mandi, tempat ibadah atau musholla, penginapan, toko makanan dan suvenir, penyewaan peralatan air, dan kios penjualan ikan segar.

Penginapan di Pantai Ujung Genteng

Di sekitar pantai Ujung Genteng terdapat berbagai penginapan dengan rentang harga dan fasilitas yang bervariasi. Hanya dengan mengeluarkan uang sekitar Rp 100.000,00 hingga Rp 150.000,00 per malam, pengunjung sudah bisa mendapatkan kamar penginapan sederhana. Untuk pengunjung yang menginginkan villa dengan fasilitas mewah juga ada di dekat pantai Ujung Genteng.

Salah satu hotel yang paling dekat dengan pantai Ujung Genteng yaitu hotel Sparks Odeon. Hotel ini hanya berjarak setengah kilometer dari pantai. Hotel ini memiliki desain minimalis modern dengan penggunaan warna-warna lembut yang cerah.

Hotel lain yang juga dekat dengan pantai yaitu hotel Permata Hijau. Hotel ini berjarak sekitar satu kilometer dari pantai Ujung Genteng. Hotel ini cocok untuk keluarga karena menawarkan paket kamar untuk keluarga dan terdapat area bermain untuk anak kecil.

BAGIKAN

17 Ulasan dari pengunjung

  1. pantainya bagus banget, airnya jernih juga tempatnya sepi juga. penginapanya juga banyak, sepanjang pantai banyak penginapan. Pasirnya putih bersih, bikin nagih sih. Kalo naik mobil dari depok sekitar 6jam akses jalannya juga bagus, cocok untuk liburan akhir tahun

  2. Salah satu tempat favorit saya untuk berlibur meskipun harus menempuh perjalanan yang sangat panjang, banyak pantai yang bisa di kunjungi dalam satu daerah. Banyak penginapan bagi yang mau bermalam di sini, hanya saja di pantai ini tidak bisa untuk melihat sunrise hanya sunset saja.

  3. Tempat wisata yang sangat menarik dan pas untuk bersantai melepas penat sejenak dari kesibukan perkotaan dan pekerjaan

  4. Best beach ever. Sunrise yang damai. Laguna yang indah. Langit yang bersih. Deburan ombak yang terdengar dari kejauhan. Sunset yang menakjubkan. Bagi saya inilah tempat yang dapat membuat kenangan indah dan mengharukan datang. Love it so much to be here.

  5. Pantai ujung genteng yang terletak di daerah sukabumi jampang surade ini sangat indah pantai nya sangat terawat

  6. Pantai yang indah, cukup bersih. Yg paling menarik adalah tempat penangkaran penyu. Kita bisa melepas tukik (anak penyu) ke laut lepas jika berkesempatan.

  7. Waktu aku ke sana masih sepi banget
    Pasirnya itu loh bersih banget
    Kalo kita pegang di tangan lama lama habis tertiup angin sangking halusnya pasir itu

  8. Untuk menuju kesini terdapat 2 jalur alternatif.
    Yaitu lewat cikedang atau lewat cibadak.
    Jika lewat cikedang, diharapkan untuk selalu waspada pada malam hari. Karna minimnya penerangan serta jalurnya yg sangat berliku liku.
    Jika lewat cibadak, jalananya tidaklah curam. Tetapi jarak yang ditempuh lumayan jauh daripada cikedang.

  9. Ujung genteng pantai yg begitu menyimpan banyak makna , di mana aku bisa menikmati ke indahan dunia , pasir yg lembut , angin sepoi , air laut yg bersih ombak yg indah , thk to pantai ujung genteng , di tempat ini aku menyimpan banyak kenangan # lebaran 2011

  10. Sayang kurang tertata, kebersihan kurang dijaga. Padahal pantainya sebenarnya bagus. Seharusnya dikelola dengan baik agar bisa menjadi alternatif lokasi wisata yang dapat membantu menghidupkan ekonomi masyarakat sekitarnya.

  11. dari bekasi sampe ujung genteng wow touring yg makan waktu perjalanan hampir 12 jam muter muter pegunungan sukabumi pas sampe ujung genteng pagi dan itu pun hanya mandi sebentar lalu pulang kebekasi lagi hahaha karna terkendala kesibukan kami masing masing. tapi ini pengalaman yang sangat seru. btw untuk pasar ikan didaerah ujung genteng sendiri harganya sangat murah beda dengan dibekasi 😎 selamat berwisata

  12. Pantai ujung genteng adalah pantai terfavorit dikawasan jawa barat bagi saya. Disini tempatnya bersih, nyaman dan sangat cocok bagi anda yang mempunyai rencana pergi beramai-ramai, jangan lupa juga untuk membawa bola voli, sangat menyenangkan bermain disini serta betah untuk berlama-lama. Ada juga tempat penangkaran penyu disini, cukup dengan membayar 10rb sebagai donasi, anda sudah bisa melihat-lihat anak penyu yang lucu maupun penyu dengan ukuran yang super besar. Rute yang dilalui cukup bagus selama anda menggunakan rute pelabuhan ratu, sebagai informasi jangan gunakan rute cibatu terkecuali anda pecinta offroad.

  13. My favorite beach at West Java, located at the southern part of Sukabumi, after Jampang. 4-5 hours of drive from Sukabumi.
    It has beautiful white sands beach, and a rather quite surroundings.

    One of the distinctive traits of this beach is, there’s small current over the beach line so you feel like you’re being push by the sea.

    You don’t need lots of money to come here. The Hotel are cheap, the local cottage are even cheaper, the food is just okay around here, but they’re cheap too.

    Another activity you can do is to visit the turtle breeding site

  14. Semakin tertata, tapi sayangnya akses jalannya masih kurang baik dan penerangan untuk menuju kesana kurang

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here