Pantai Legon Pari

Pantai Legon Pari
Pantai Legon Pari @teguhwyn28

(4.7/5 dari 28 Pengunjung) Baca ulasan

Alamat: Sawarna, Bayah, Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak, Banten 42393

Pantai Legon Pari posisinya berada di sebelah barat Desa Sawarna, dapat diakses 45 menit dengan jalan kaki dan 10 menit dengan naik motor dari pintu masuk. Namun, wisatawan lebih disarankan menggunakan motor untuk mempersingkat waktu dan menghemat tenaga.

Untuk sampai ke pantai ini wisatawan akan melewati jembatan gantung, pematang sawah, tanjakan dan turunan dengan pemandangan indah alam sekitar. Pengunjunjung juga akan melewati bukit, dari sini bisa melihat pemandangan laut lepas dari ketinggian.

Deburan ombak akan menyambut wisatawan ketika pertama kali sampai ke Pantai Legon Pari, hamparan pasir putih yang masih bersih akan memanjakan pengelihatan wisatawan. Saat cuaca sedang bagus, wisatawan bisa menikmati pemandangan langit biru, air laut yang biru, juga pasir pantai yang putih.

Daerah laut yang menjorok ke daratan, membuat pantai ini memiliki ombak yang relatif kecil di bandingkan dengan pantai sekitarnya. Aman digunakan untuk berenang, tempat yang ramah untuk anak-anak bermain di pantai, karena bisa bermain pasir sekaligus bisa berenang.

Legon Pari asal katanya dari bahasa Sunda ‘Ngelagon’ atau bisa diartikan laut yang menjorok ke darat. Sedangkan Pari merupakan nama jenis ikan yang dulu banyak di jumpai di tempat ini. Itu sebabnya pantai ini dinamai penduduk sekitar Pantai Legon Pari.

Rute Menuju Pantai Legon Pari

Rute menuju Pantai Legon Pari hampir sama dengan rute menuju Pantai Sawarna, letaknya berada di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Berikut adalah beberapa opsi rute yang bisa wisatawan gunakan.

Dari Jakarta

Untuk wisatawan yang berasal dari Jakarta bisa menggunakan salah satu rute dibawah ini.

Jalur Timur

  • Jakarta – Ciawi, Bogor – Cibadak – Pelabuhan Ratu – Cisolok – Sawarna
  • Jakarta – Ciawi, Bogor – Cikidang – Pelabuhan Ratu – Cisolok – Sawarna
  • Jakarta – Bogor – Cijeruk – Cikidang/Cibadak – Pelabuhan Ratu – Cisolok – Sawarna

Jalur Barat

  • Jakarta – Serang – Pandeglang – Saketi – Malingping – Bayah – Sawarna
  • Jakarta – Rangkasbitung – Gunung Kencana – Malingping – Bayah – Sawarna
  • Jakarta – Cilegon – Anyer – Labuan – Malingping – Bayah – Sawarna

Dari Bandung

Untuk wisatawan yang berasal dari Bandung, bisa menggunakan rute berikut.

  • Bandung – Cianjur – Sukabumi – Cibadak – Pelabuhan Ratu – Cisolok – Sawarna

Jika Menggunakan Transportasi Umum

Perlu diketahui bahwa jarak menuju Sawarna dari Jakarta sekitar 230 KM, jadi wisatawan bisa menentukan menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum.

Untuk wisatawan yang menginginkan pengalaman seru dan tidak mau capek mengendarai kendraan pribadi, solusinya memilih menggunakan transportasi umum, dengan waktu tempuh sekitar 8 sampai 9 jam-an.

Jika ingin menggunakan transportasi umum, disarankan menggunakan KRL terlebih dahulu dari Jakarta menuju stasiun Bogor, dilanjutkan dengan naik kendaraan umum menuju Terminal Baranangsiang, dari sini dilanjutkan menuju Pelabuhanratu dengan bus. Setelah sampai di Terminal Pelabuhanratu dilanjutkan naik ELF jurusan Sawarna,

Atau bisa juga dari Jakarta menggunakan Kereta menuju Rangkasbitung, dari sini dilanjutkan menggunakan bus jurusan Bayah, dari Terminal Bayah dilanjutkan dengan naik ojek menuju Sawarna.

Harga Tiket Masuk Pantai Legon Pari

Sama halnya dengan wisata pantai umumnya, untuk memasuki wisata Pantai Legon Pari wisatawan harus membayar tiket masuk berupa biaya retribusi sebesar Rp 5.000,-/orang. Biaya tersebut sebanding dengan pengalaman seru selama berada di pantai ini.

Wisatawan bisa menikmati keindahan pantai, melakukan berbagai aktivitas seharian dan menikmani sunset di sore hari. Liburan ke Pantai Legon Pari akan memberi kesan tidak terlupakan karena keindahan alamnya.

Aktivitas Pantai

Banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan wisatawan ketika berkunjung Pantai Legon Pari. Liburan di pantai ini bisa dilakukan bersama keluarga, teman atau pasangan.

1. Berenang di Pantai

Berenang merupakan aktivitas yang paling banyak dilakukan wisatawan ketika mengunjungi Pantai Legon Pari, ombaknya yang tidak terlalu besar dan ari lautnya yang bersih membuat nyaman berlama-lama berenang.

Anak-anak pun bisa berenang bebas, namun tetap harus dalam pantauan orang tua. Pantai ini aman untuk berenang, karena hampir tidak dijumpai batuan karang ukuran besar pada dasar lautnya. Kecuali pada wilayah pantai yang dekat Karang Taraje dan Karang Beureum.

2. Bermain Pasir Pantai

Aktivitas yang tidak kalah serunya ketika bermain di pantai adalah bermain pasir. Pasir di pantai ini berwana putih dengan tekstur yang lembut, sangat cocok untuk tempat bermain anak-anak. Jadi ketika berlibur ke Pantai Legon Pari bersama keluarga jangan lupa membawa peralatan bermain pasir.

Aktivitas bermain pasir pantai banyak sekali, seperti membentuk miniatur bangunan, patung atau bentuk apapun yang diinginkan.

3. Mengunjungi Pantai Karang Taraje

Lokasi pantai ini juga tidak berjauhan dengan pantai lainnya. Seperti Pantai Karang Taraje ini salah satunya, wisatawan ditempat ini bisa menjumpai batuan karang ukuran besar, dan karang dengan ukuran paling besar membentuk seperti benteng memanjang.

Wisatawan akan ditakjubkan dengan pemandangan yang indah di pantai ini. Namun, wisatawan di pantai ini tidak disarankan untuk berenang, karena banyak batuan karang yang tajam. Aktvitas yang bisa dilakukan ditempat ini adalah mengambil foto bersama atau selfie. Menikmati pemandangan yang indah dari atas karang.

4. Menikmati Indahnya Sunset dan Sunrise

Pantai Legon Pari merupakan pantai yang jadi rekomendasi untuk menikmati indahnya pemandangan matahari terbit dan terbenam. Banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini bersama pasangan di pagi hari untuk menikmati suasana romantis sunrise di pantai ini.

Untuk menikmati indahnya sunset di pantai ini, wisatawan harus berangkat dari penginapan jam 5.00 pagi. Tempat yang paling cocok untuk menikmatinya di Pantai Karang Beureum. Posisinya berada di sebelah selatan Pantai Legon Pari.

. Posisinya berada di sebelah selatan Pantai Legon Pari.

5. Mengunjungi Gua Lalay

Dari Pantai Legon Pari, sekitar 2 kilo meter, wisatawan juga bisa mengunjungitempat wisata lain yang tidak kalah menariknya. Cocok untuk wistawan yang ingin tahu keindahan batuan stalaktit dan stalakmit dalam gua.

Lorong gua ini di aliri air setinggi betis dengan dasar lumpur, jadi wisatawan harus menggunakan sepatu, helm, senter, dan peralatan pengaman lainnya.

6. Mencicipi Sale Pisang

Di sekitar pantai, terdapat tempat pembuatan Sale Pisang buatan khas warga setempat. Wistawan bisa berkunjung dan melihat proses produksi, dan jika tertarik bisa membelinya dengan harga yang relatif murah.

BAGIKAN

28 Ulasan dari pengunjung

  1. Sama seperti penjelasan diatas, pantai ini bagus untuk liburan keluarga. Hanya saja jalan masuk pantai ini nggak bisa dilewati dengan kendaraan roda empat, dan cukup jauh jaraknya dari pintu masuk, enaknya pakai motor kalau kesini.

    Kalau cuaca lagi bagus, langit dan air laut nampak biru, indah sekali pokoknya. Nggak akan kecewa dengan tempat ini. Saya juga udah beberapa kali kesini dan tetap sama suasanannya, tenang dan indah.

  2. Kalau ke pantai Legon Pari menggunakan motor saya sarankan bermalam di penginapan D’Malehoy, tempatnya bagus, diatas bukit, pemandangan laut luas bisa dinikmati ditempat ini. Akses ke pantai juga dekat, enaknya jalan kaki sambil olah raga.

    Pantainya masih bagus, pasirnya putih dan air lautnya bening. Enak liburan sama keluarga, anak bisa berenang karena obatnya nggak besar. Ke arah barat legon pari ada yang mananya pantai karang beureum, ke timur ada pantai karang taraje, untuk selfie di siang hari bagusan di karang taraje.

    Masalah makan saya pesan dari penginapan, untuk menu makan malamnya kami pesan ikan bakar, rasanya tidak akan terlupakan, meski menunya tidak terlalu banyak. namun nikmatnya tiada tara, mungkin jika waktu liburan saya akan kesini lagi.

  3. Kemarin kesini di pertengahan tahun, namun waktu itu cuacanya lagi kurang bagus, hujan sore harinya. Tapi untuk pemandangan pantai bagus sekali ya ditempat ini.

  4. Pemandangannya indah, cuma sayang jalan dari setelah jembatan gantung agak jelek, apalagi jalan dipesawahannya, rusak parah. Naik motor juga jadi takut isteri saya.

    Tapi tempatnya bagus, bisa menikmati indahnya pantai ditemai dengan kelapa hijau, juga ikan bakar.

  5. Masih edisi liburan singkat. Perjalanan dari Pelabuhan Ratu menuju Sawarna cukup menantang karena medannya berbukit dan sebagian jalan kesana rusak berat. Sampai di Desa Sarwana, ternyata untuk sampai ke Pantai tidak bisa ditempuh dengan mobil dan harus naik Ojek dan melalui jembatan gantung. Namun semuanya terbayar lunas dengan pemandangan yang luar biasa dan masih sangat alami. Anak2 bisa bermain di pantai dan beberapa pantai bisa berenang.

  6. Dibandingkan pantai lainnya yang ada di Kabupaten Lebak ini, menurutku ini pantai yang bagus buat nge-camp. Karena sepi (blm ramai pengunjung) jadi leluasa dan enggak berisik. Meskipun harus ditempuh dengan jalan kaki 3 km begitu turun di jalan raya, sepanjang jalan disuguhi pemandangan kebun dan sedikit rumah warga, menjadikan perjalanan tenang, fresh, dan santai. Spot pantai Legon Pari ini juga nyaman, dekat untuk menjangkau Karang Taraje

  7. I love the blue of Indonesia.
    Salah satu pantai yg ada di sawarna. Pantai dg pasir putih yg cantik. Hanya saja karena letaknya yg sulit dijangkau & jalan yg cukup terjal, pantai ini termasuk yg jarang dikunjungi. Tapi pantai inilah yg akan disarankan oleh penduduk bila ada pengunjung ingin berenang. Ombaknya besar namun laut yg dekat pantai tidak terlalu dalam, sehingga lebih aman bagi anak-anak. Tidak perlu kuatir soal akomodasi, banyak warung serta saung-saung di pinggir pantainya dg harga yg terjangkau. Bagi penikmat sunrise, pantai ini yg direkomendasikan untuk dikunjungi.

  8. Salah satu surga yang tersembunyi diBanten, tempat yang masih dikeliling masyarakat yang begitu ramah.
    Gak nyesel sama sekali dengan perjalanan kurang lebih 6jam dr Tangerang, pemandangan nya Luar Biasa, yang paling penting pantai dan laut masih sangat bersih semoga terus terjaga ❤️❤️

  9. ini baru pantai, luas, lapang, tenang. sayang aksesnya masih susah. hanya bisa diakses dengan montor atau jalan kaki -tapi jauh-. pemandangan dari atas sebelum sampai ke pantai ini juga ajib banget.

  10. Pantainya putih walau Ada beberapa sampah dari manusia-manusia barbar, please kalo kesini tolong Tau diri anda ini makhluk hidup. Bukan pemusnah kehidupan

  11. Pantai sangat indah dan cocok buat ngecamp tapi sayang jalur menuju pantai nya jalan terlalu sempit banyak turunan dan tanjakan dan tempat sampah tidak ada

  12. Sorry sebelumnya kalau fotonya sedikit alay wkwk. Tp jujur disana enak banget. Pasirnya masih putih bangeeet bosque.. Harga murah cuman yaa kalau kalian mau kesini harus usha dulu. Jalan kaki nya sekitar 15menit buat sampe ke bibir antai dari tempat parkir. Dn bisa nyewa ojek aja sekali balik 15rban. Overall Nice banget. Serasa Bulan madu diluar negeri hahaha

  13. Suka banget sama view sunrise dari pantai ini..
    Beberapa kali pergi ke sawarna dan baru aku tau ada pantai buat menikmati sunrise yg bagus.. ( dikasih tau sama mas2 guest housenya )
    Lokasinya ngga begitu jauh dari sewarna cuma tracknya yang butuh sedikit perjuangan.
    Kalo warga setempat sih bilang cuuuuma 3 km kalo jalan tapi jalannya itu lohh yg luar biasa…
    Waktu itu akhirnya memutuskan untuk naik motor dan tetep harus turun beberapa kali dari motor karna batu2 yg agak licin dan jalanan nanjak.
    Tapi pas udah sampe, mata langsung dimanjain banget sama view nya..
    Ini itu sebenernya pantai nelayan tapi ada spot buat pengunjung nikmati sunrise dengan batu karang yg bagus dan ombak yg pecah pas kena batu keliatan kaya curug buatan
    Selesai liat sunrise kalian bisa nikmatin sarapan pisang goreng di warung2 dipinggir pantai…
    Pengalaman kesini tuh seruu abisss 👍👍👍👍

  14. saya sangat senang berada di tempat ini . pantai nya masih tidak terlalu ramai tp saya senang dengan kebersihan di area wisata tersebut . banten punya cerita

  15. pantainya tenang sekali,enak buat ngobak. hanya saja akses menuju kesana sangat rumit…batunya licin kalo abis ujan naiknya terjal bisa pake motor dan jalan kaki. mobil ga bisa.

  16. Pantainya relatif sepi dibandingkan tanjung layar. Ini lebih ke teluk, lautan yang menjorok ke daratan, jadi ombaknya tidak terlalu tinggi.

    Akses kesini masih relatif sulit, harus pakai motor atau jalan kaki. Petunjuk jalan pun minim, melewati perkampungan dan jembatan gantung. Setelah jembatan gantung ada pos retribusi untuk dimintakan tarif tiket masuk.

  17. Sangat sangat indah dg perjalanan luar biasa menarik dari pantai2 lain di Sawarna. Dari penginapan di kawasan Pantai Tanjung Layar, berjalan kaki 30 menit mendaki bukit dg pemandangan luar biasa indah, mengikuti jalan setapak. Atau menyusuri pantai karang di siang hari ketika laut surut sekitar 45 menit dg pemandangan karang & bebatuan luar biasa indah & beragam. Tidak terlalu ramai dan bersih. Semoga selalu terjaga kebersihannya.

  18. Pantai yang masih asri. Tpi untuk menuju pantai harus berjalan kaki lumayan jauh. Karna tidak ada akses mobil hanya untuk motor saja.

  19. Letaknya berdampingan dengan Karang Taraje.
    Spot bagus untuk hunting foto sunrise.
    Tapi tahun 2013 jalan menuju ke sini hanya bisa dengan jalan kaki atau motor yg dikendarai oleh penduduk lokal karena jalannya yang terjal dan kadang becek atau melewati batu-batu koral besar.
    Kalo gak pinter-pinter amat mengendarai motor pasti kesulitan.

  20. Pantai legon pari berbeda pemandangan nya dari pantai lain nya . akses cukup sulit buat kendaraan bermotor . dan harus menempuh jalan kaki untuk kendaraan bermobil . pohon pohon pinggir pantai yang menambah keindahan pantai .

  21. Tempatnya bagus masih asri karena aksesnya cuma bisa di jamak dgn kendaraan roda dua jadi ga terlalu ramai seperti di pantai Sawarna. Tapi sayangnya ga dapat akses internet

  22. Pantai nya bagus, air nya jernih, saya waktu itu bawa tenda jadi gak nginep di penginapan, pasir nya halus, hati2 di karang deket pantai nya ada bulu babi walaupun gak banyak bgt, minusnya cuma akses motor kedalem pantai nya aja sih, jalan nya jelek berbatu dan sempit, baliknya full nanjak di jalanan itu, terus ada jembatan goyang yg dmn bahaya kalo motor lewat situ (walaupun emg itu akses motor), saran saya harusnya dibuat parkiran motor di sebelum jembatan nya, ke dalem pantai nya mah jalan aja, ngerusak motor bgt dijalanan kecil nya itu hehe

  23. Akses nya cukup sulit, Karena hanya bisa jalan kaki atau menggunakan kendaraan roda dua serta jalan yang belum rapih, tetapi semua terbayarkan setelah sampai, Indonésia itu indah

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here