Pantai Bali Lestari

Jl. Mayjen H. T. Rizal Nurdin, Pantai Cermin Kanan, Kec. Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara 20987

Pantai Bali Lestari Medan
Pantai Bali Lestari / Eni Susanti

(4.3/5 dari 15 Pengunjung) Baca ulasan

Jika sedang berada di Serdang Bedagai, maka bisa mencoba berkunjung ke Pantai Bali Lestari yang cocok jadi tempat liburan bersama keluarga menikmati pemandangan laut dengan nuasa yang mirip dengan Pulau Dewata, Bali.

Di pantai ini pengunjung akan menjumpai aneka ragam patung, dekorasi bertemakan Bali, dan banyak spot foto yang instagramable. Cocok untuk jadi tempat berlibur bersama rombongan keluarga, rekan kerja, atau yang lainnya.

Karena pantai ini dikelola oleh pihak swasta, area pantainya cukup bersih dan terawat, memiliki pemandangan yang bagus, tersedia beberapa fasilitas penunjang, hingga area parkir yang luas untuk menampung banyak kendaraan.

Nah, untuk yang tertarik berkunjung ke Pantai Bali Lestari, maka bisa membaca ulasan terkait pantai ini agar bisa merencanakan liburan dengan baik.

Deskripsi Pantai Bali Lestari

pantai bali lestari medan
Pantai Bali Lestari / Awk Malhotra TV

Pantai Bali Lestari merupakan salah satu tempat wisata pantai di Medan yang keadaannya cukup bagus dan terkelola dengan baik. Tersedia berbagai fasilitas pendung untuk pengunjung seperti musala, hingga kamar mandi yang bersih.

Sesuai dengan namanya, Pantai Bali Lestari memiliki gapura dan patung yang mirip seperti kebanyakan yang ada di Bali. Selain itu, pepohonan juga dihias dengan sarung bermotif hitam putih kotak-kotak. Juga terdapat payung-payung kecil.

Di pantai ini terdapat banyak spot foto cantik, terdapat ukiranā€“ukiran relief unik yang menghiasi dinding-dinding sekitar pantai dan taman, hingga dekorasi payung gantung melayang. Juga ada kebun binatang mini.

Untuk tempat berfoto dan bersantai, pantai ini memang jagonya. Ada banyak pilihan tempat bagus yang bisa pengunjung pilih, mulai dari pelataran parkir yang luas dengan latar belakang dan gapura yang bagus.

Fasilitas pendukung yang lengkap seperti musala, toilet, dan ruang shower. Untuk toiletnya terbilang terawat dan bersih. Musalanya adem karena sudah dilengkapi dengan AC dan kipas angin, juga terdapat mukena untuk perempuan yang tidak bawa mukena.

Di pantai ini juga terdapat wahana bermain juga, meski kurang terawat dan kereta apinya tidak berfungsi, namun secara keseluruhan tempat ini cukup bagus, bisa jadi rekomendasi tempat untuk acara gatering kantor.

Areanya yang cukup luas, maka pantai cocok juga untuk acara gathering, tinggal pilih area khusus agar tidak terganggu dengan pengunjung lain. Selain itu, di pantai juga ada EO yang bisa membantu mengatur jalannya acara.

Restoran di pantai menyediakan menu yang variatif dengan rasa yang enak dan tidak mengecewakan. Terkait harga juga tidak terlalu mahal, harganya standar tempat wisata, menengah ke atas. Masakan seafood jadi andalan tempat wisata ini.

Sejarah Pantai Bali Lestari

Mungkin banyak yang belum tahu, bahwa sebelumnya pantai bernama Pantai Lestari Indah, yang dikelolah oleh pemilik langsung yang bernama Ngadimin selama kurang lebih 6 tahun.

Namun seiring berjalannya waktu, kemudian pada 12 Februari 2015 kepengelolaan pantai ini beralih ke pihak swasta, dan namanya berganti menjadi Pantai Bali Lestari.

Sejak namanya berganti Pantai Bali Lestari, ada banyak perubahan, khususnya dalam hal dekorasi bangunan dan fasilitas pantai yang menyerupai suasana seperti di Bali.

Rute Menuju Lokasi

Letak Pantai Bali Lestari berseberangan dengan Selat Malaka, yaitu salah satu jalur laur yang paling pada di Asia Tenggara. Lebih tepatnya di Kota Medan, yang juga disebut sebagai salah satu kota industri ramai di Indonesia.

Alamat pantai ini berada di Jalan M Jl. Mayjen H. T. Rizal Nurdin, Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Pengunjung disarankan untuk menggunakan kendaraan roda empat dengan melewati Jalan Tol Belmera, lalu melewati Medan-Kualanamu, dan menuju Tol Lubuk Pakam.

Jika berangkat dari pusat Kota Medan, maka waktu tempuhnya sekitar 1 jam 15 menit, jaraknya sekitar 55 KM. Untuk memudahkan sampai ke lokasi, maka bisa menggunakan petunjuk dari Google Maps untuk petunjuk arah. Tinggal ketikan ‘Pantai Bali Lestari’ sebagai tujuan.

Harga Tiket Masuk

Sebagai tempat wisata pantai yang terkelola, maka wisatawan yang berkunjung akan dikenai tarif atau biaya tiket masuk. Namun jangan khawatir, harga tiket masuk ke Pantai Bali Lestari terbilang terjangkau.

Tiket MasukHarga
Tiket MasukRp10.000
Parkir Kendaraan Roda DuaRp5.000
Parkir Kendaraan Roda EmapatRp10.000
*Harga di atas bisa berubah sewaktu-waktu

Selain biaya tiket masuk dan parkir, biaya lain yang mungkin perlu dikeluarkan pengunjung yaitu untuk sewa Pondok di hari biasa Rp50.000, akhir pekan Rp75.000 per pondok.

Sedangkan untuk mencoba berbagai wahana air, pengunjung bisa merogoh kocek mulai Rp25.000 per orang untuk mencoba Banana Boat, dan Rp20.000 per orang untuk sewa speedboat.

Hal Menarik

Sebagai tempat wisata pantai yang cukup terkelola dengan baik, maka ada banyak hal menarik yang bisa pengunjung lakukan atau temui di Pantai Bali Lestari, antara lain:

Tempat Foto Instagramable

pantai bali lestari perbaungan
Pemandangan sekitar / Wulan / Rizky Ramadhani / Putri Sari

Dengan berbagai dekorasi dan aksesoris khas Bali, pintu pura khas Bali, dan patung-patung dewa dewi Bali membuat tempat wisata pantai ini memiliki banyak tempat foto yang instagramable.

Tempat terbaik untuk melakukan swafoto bisa di dekat patung dewa-dewi, gapura pintu masuk, area taman, area yang didekor dengan puluhan paung berwarna-warni yang digantung, area parkir dengan pepohonannya yang rimbun, dan lukisan dinding.

Tinggal pilih lokasi foto yang bagus, untuk hasil foto yang maksimal tinggal gunakan kreativitas dan pilih sudut pandang (Angel) yang tepat untuk membuat foto yang menarik.

Camping

Pantai ini memiliki area yang luas, pengunjung bisa mendirikan tenda untuk sekedar jadi tempat beristirahat atau camping. Tinggal pilih area yang kosong dan datar untuk membangun tenda.

Bibir pantai dengan pasir putih dan lingkungan yang bersih membuat pantai cocok untuk melakukan camping dan menikmati api unggung. Pada malam hari bisa bakar ikan, sambil ditemani dengan suara deru ombak dan alunan musik.

Menikmati Masakan Seafood

Seafood Pantai Bali Lestari Serdang Bedagai
Masakan Seafood / Wiyogo Edward

Salah satu yang tidak boleh wisatawan lewatkan ketika berkunjung ke pantai ini yaitu mencoba berbagai masakan seafood, seperti ikan laut, kepiting raja merah(kepiting alaska), cumi, udang, hingga kerang dengan berbagai variasi masakan.

Bermain Pasir

Untuk yang liburan bersama keluarga, khususnya membawa anak-anak maka jangan lupa untuk membawa peralatan bermain pasir.

Pasir pantai di tempat wisata ini terbilang memiliki tekstur yang halus juga minim batuan kecil, cocok untuk bermain pasir.

Tinggal pilih lokasi yang dekat bibir pantai, pilih area pasir yang basah jika ingin pasir tahan lama untuk membuat berbagai bentuk.

Melihat Sunset

wisata pantai bali lestari
Pemandangan Sunset

Pemandangan langit saat matahari tenggelam memang selalu memukau, terlebih jika melihatnya di bibir pantai bersama pasangan tentunya akan memberi kesan romantis.

Nah, untuk yang suka dengan pemandangan sunset maka bisa coba menikmatinya di Pantai Bali Lestari. Pengunjung bisa menikmatinya di sambil duduk di pondok atau dekat bibir pantai.

Untuk menikmati sunset maka bisa berkunjung pada sore hari menjelang matahari tenggelam, sekitar jam 16.00 WIB.

Taman Hiburan

Tidak jauh dari pantai ini juga terdapat taman hiburan (Theme park) tepatnya di Pantai Cermin, tersedia beragam permainan untuk anak. Ada kolam berenang, perosotan panjang, jungkit-jungkit, hingga ember tumpah.

Meski taman hiburan tersebut ramah terhadap anak-anak, namun orang tua tetap harus memantau anaknya saat bermain untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Watersport

pantai bali lestari sumatera utara
Banana Boat di Bali Lestari / Rini Siregar

Pengunjung juga bisa mencoba beragam watersport yang bisa menguji adrenalin. Jika liburan bersama keluarga atau rombongan maka bisa coba Banana Boat karena bisa naik bersama-sama.

Ada banyak pilihan watersport di pantai ini, yang paling banyak pengunjung pilih yaitu banana boat, speed boat, jetski, hingga fishing boat.

Tarif untuk sewanya juga terbilang terjangkau, misalkan saja untuk sewa banana boat mulai Rp25.000 per orang, sedangkan untuk sewa speed boat mulai Rp20.000 per orang.

Sewa kuda

Hal menarik yang patut pengunjung coba saat berkunjung ke pantai ini yaitu menunggangi kuda di pesisir pantai. Ini akan jadi penglaman yang seru, dan mungkin tidak terlupakan.

Bagi yang pertama kali menunggang kuda, tentu akan ada rasa takut. Sebaiknya bilang kepada pemandu bahwa ini kali pertama agar dipilihkan kuda yang mudah dikendalikan pemula, dan pemandu akan selalu mendampingi.

Setelah siap dan menunggangi kuda, perjalanan akan dimulai dengan menelusuri bibir pantai yang berpasir, sensasinya akan berbeda dengan menunggangi kuda di lapang atau jalan raya.

Bermain Air dan Berenang

foto pantai bali lestari
Foto pengunjung berenang / Arbain Hidayat

Bermain air dan berenang di Pantai Bali Lestari merupakan pilihan terakhir yang bisa pengunjung lakukan, karena kondisi bibir pantai yang tidak langsung ke air laut(bibir pantai dibeton) dan kondisi air laut yang keruh. Pengunjung juga banyak mengeluhkan hal ini.

Meski begitu, pengunjung bisa saja bermain air dan berenang di tepi bibir pantai, namun setelahnya harus langsung melakukan bilas.

Tips Berkunjung ke Pantai Bali Lestari

Supaya kunjungan ke Pantai Bali Lestari memberi kesan yang menyenangkan, maka pengunjung bisa memperhatikan beberapa tips berikut.

  • Jika berkunjung di hari libur, maka sebaiknya datang di waktu pagi, menjelang sore pengunjung akan kesulitan mendapat podok atau tempat duduk
  • Jika ingin mencoba wahana air sebaiknya nego di awal terkait tarif atau harga sewa untuk menghindari harga tembak(harga sewa terlalu mahal)
  • Jika ingin mendapatkan foto dengan latar belakang yang indah, maka bisa berkunjung di pagi hari. Suasananya lebih sepi dan tenang seperti pantai milik sendiri
  • Jika ingin menghemat biaya saat berkunjung ke pantai ini, maka bisa membawa tikar dan bekal makanan dari rumah
  • Untuk yang berkunjung di musim hujan harus berhati-hati, area pantai cukup becek, dan lantainya licin berlumut, harus berhati-hati saat berjalan.

Kekurangan Pantai Bali Lestari

Meski pantai ini sudah ditata sedemikian rupa menyerupai pantai yang ada di Bali, namun tentu saja ada beberapa kekurangan yang patut diketahui calon pengunjung, diantaranya:

  • Saat musim hujan, banyak area yang teredam air yang menyebabkan becek
  • Terlalu banyak penjual yang cukup mengganggu untuk sebagian pengunjung
  • Tempat berenang atau bermain air sangat jorok, bentuknya seperti kolam renang berukuran kecil
  • Kondisi air laut di pantai cukup memperihatinkan, seringnya berwarna cokelat
  • Area bibir pantai tertutup oleh beton, jadi tidak natural lagi seperti tempat wisata pantai pada umumnya.
BAGIKAN

15 Ulasan dari pengunjung

  1. Parkiran luas banget, namun saat musim hujan jadi becek, hati-hati mobil terjebak pasir. Pantai dikelola dengan baik, kamar mandi sudah include tiket masuk jadi gratis, musholla tersedia dan cukup besar, di pondok hanya disediakan karpet plastik, tidak ada tikar, sebagian karpet juga sudah mulai rusak, tidak boleh bakar2 ikan šŸ™

  2. Kondisi Lokasi pantai bali lestari lumayan bagus,
    Kenyamanan juga lumayan bagus,
    Harga tiket masuk 25k untuk sepeda motor,
    Yang kurang hanya lokasi bibir pantai yang sudah tertutup oleh beton, jadi tidak natural lg, kurang bisa menikmati indah ny pasir di pantai

  3. Bagus Viewnya, Luas tmpt parkir. Banyak meja2 dan kursi buat nyantai. Mantap. Cuman hati2 pas musim hujan atau becek, lantainya licin berlumut gt, hrs extra hati2 pas jalan ya.. Banyak Lukisan Bali, suka banget.. sewa pondok hr biasa 50, hr weekend 75. Air kelapa bulat 19, banyak jajanan kaki lima hingga restoran ya. Tdk usah khawatir tdk ada makanan. Trims

  4. Pantai awalnya dikenal dengan Pantai Lestari Indah, akan tetapi dengan berbagai polesan yang memuat unsur-unsur pantai di Bali yang khas, akhirnya diberi nama Pantai Bali Lestari. Dengan penampilan ala pantai di Bali sehingga pengunjung akan merasakan sensasi seperti sedang liburan di Bali.Mulai dari hiasan sampai ornamen yang dihadirkan memang sarat dengan hiasan dan ornamen seperti pantai di Bali

  5. Untuk dari seluruh pantai yang ada di medan. Bisa di bilang ini adalah pantai yang cukup bagus dan terkelola dengan sangat baik. Tersedia dengan fasilitas seperti ada mushola, kamar mandi yang bersih, pondok dengan harga yang lumayan murah jika untuk membawa keluarga yaitu 50 ribu dan ada tersedia tempat makannya juga

  6. Cocok buat foto-foto. Untuk berenang di tepi pantai sayangnya menurut saya masih kurang krna banyak yg di tembok. Tapi kamar mandinya cukup banyak. Untuk makanan cukup enak dengan harga standar makanan di tepi pantai.

  7. Pantai yang paling lumayan lah dan tertata.makanan juga enak. Tempat parkir jg rapih. Ok dan sudah kedua kali kembali ke sini

  8. Bagus pantainya walau masih dalam pembangunan beberapa area ataupun patung. Semoga datang lagi kesini lebih bersih lagi.

  9. Tempat untuk sedikit bersantai dan melepas lelah. Terdapat beberapa spot foto yang bagus. Harga tiket masuk dan makanan yang dijual cukup murah.

  10. Kalau anda mau berfoto di pantai boleh datang ke sini karena pantai sudah banyak dimodifikasi atau tidak alami lagi. Tempat selfi banyak dan parkir luas.
    Tapi, kalau anda mau menikmati pantai dan air laut tidak usah ke sini karena tidk bisa mandi.

  11. Tempatnya memiliki banyak spot untuk ber swafoto, area parkiran luas, tiket masuknya murah, harga pondoknya bervariasi sesuai lokasi pondoknya dari area pantai, ada mushala dan ada kebun binatang mini yang juga tersedia disini, kalau mau menikmati suasana pantai dengan air yang jernih jangan harap bisa didapatkan disini, karena kondisi air laut disini berwarna coklat dan sangat tidak rekomendasi untuk bermain air di area pantai…

  12. Jelek pantai nya. Kebanyakan beton dan semen, tidak bisa ngelihat pemandangan. Dan tempat pondok nya terlalu dekat dengan garis pantai . Tujuan kesana untuk ngelihat indahnya laut. Malah banyak pondok pondok yg menutupi .

    Alam jika tercampuk aduk tangan manusia emg jadi hancur.

  13. Pantai ala ala Bali. Sekarang lokasinya sdh bersih, banyak d renovasi dan aman juga kalau bawa anak2 berlibur disini

  14. Cukup bersih dibanding pantai lainnya yg ada disekitar lokasi tsb. Banyak spot foto, parkiran luas. Restorannya cukup gede, menu variatif dan rasanya enak, ga mengecewakan. Harganya standar tempat wisata, menengah ke atas.
    Cuman, kayanya ga bisa main pasir atau mandi2, cocok untuk bersantai aja.

  15. Menikmati semilir angin laut di bawah rindang nya pepohonan. Secangkir kopi panas layak menemani.
    Pantai ini sesuai dengan namanya memang “menjual” suasana Bali sebagai menu utamanya. Beragam patung yang kental dengan suasana Bali, bisa ditemukan di sini. Menambah keindahannya.
    Jika ingin bersantai sambil menikmati minuman dan makanan ringan, kursi santai dan meja yang terlindung dari terik matahari, memberikan kenyamanan tersendiri.
    Sayangnya, laut yang harusnya bisa jadi nilai lebih, kurang dieksplor. Masih sekedar naik perahu dan diajak ke beberapa spot pantai saja. Air lautnya juga memang tidak jernih. Ciri khas pantai barat di Sumatera Utara

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here