Pantai Tanjung Menangis

Pringgabaya, Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat

(4.3/5 dari 20 Pengunjung) Baca ulasan

Terletak di Lombok Timur, Pantai Tanjung Menangis memiliki pantai yang cukup bersih karena jauh dari pemukiman warga. Tempat yang pas untuk menghabiskan waktu sore bersama teman atau keluarga dengan banyak pilihan kafe dan tempat duduk, termasuk kafe dengan desain ala Jepang.

Saat senja tiba, pemandangan di Pantai Tanjung Menangis semakin indah karena dipenuhi lampu-lampu. Selain itu, pantai ini menawarkan pemandangan laut lepas yang indah dan pasirnya yang bisa digunakan untuk pengobatan rematik ringan.

Tempat ini cocok untuk masyarakat yang ingin menikmati suasana yang nyaman tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Setiap malam minggu, banyak anak muda yang menikmati waktu bersama teman di sini.

Pantai Tanjung Menangis juga menjadi tujuan favorit untuk bersepeda dan healing. Terdapat banyak pedagang dan kafe dengan desain yang unik untuk berfoto. Jadi, tidak perlu khawatir kehabisan spot foto yang instagramable di sini.

Deskripsi Pantai Tanjung Menangis

tanjung menangis sumbawa hari ini
Pemandangan bibir Pantai Tanjung Menangis / isna irawan

Jika mengunjungi Pantai Tanjung Menangis hari ini maka keadaannya sudah berbeda, area pantainya sudah lumayan bersih dan tertata. Terutama pada penataan pantai bagian selatan yang seperti di Jepang sehingga memiliki daya tarik sangat bagus untuk mengajak pengunjung millenial datang ke tempat ini.

Pantai berpasir hitam ini menawarkan panorama yang indah, terutama dengan deretan perahu nelayan yang berjejer rapi di tepi pantai. Tidak hanya itu, pantai ini juga dihiasi dengan bunga sakura imitasi yang menambahkan nuansa Jepang. Terdapat juga dermaga kecil dan kafe-kafe dengan harga terjangkau.

Meskipun tergolong pantai yang ramai, terutama pada akhir pekan, Pantai Tanjung Menangis merupakan tempat yang nyaman untuk bersantai dan menikmati suasana pantai. Di sini, tersedia berbagai fasilitas pendukung, seperti warung makan, gazebo, dan toilet.

Pantai Tanjung Menangis juga menjadi salah satu spot terbaik di Lombok Timur untuk melihat matahari terbit(Sunrise Point). Di kejauhan, pengunjung dapat menikmati pemandangan tepian Pulau Sumbawa yang tak kalah indahnya dengan Pulau Lombok.

Sekitar Pantai Tanjung Menangis juga sudah tersedia beberapa fasilitas pendukung liburan wisatawan. Dari pagi hingga malam, pantai ini selalu ramai dikunjungi, terutama pada akhir pekan. Terdapat musholla untuk shalat maghrib.

Secara keseluruhan, Pantai Tanjung Menangis menawarkan pengalaman pantai yang berbeda dengan atmosfer ala Jepang. Pantai ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, sahabat, atau pasangan.

Rute Menuju Lokasi

Pantai Tanjung Menangis terletak di Desa Pringgabaya Kecamatan Pringgabaya, sekitar 22,4 km dari Selong ibu kota Kabupaten Lombok Timur, atau 1 jam 51 menit dari Kota Mataram, ibu kota provinsi NTB.

Dari Kota Mataram

Untuk mencapai Pantai Tanjung Menangis dari Kota Mataram, dibutuhkan waktu tempuh sekitar 1,5 jam baik menggunakan mobil atau motor. Akses jalannya sudah bagus, namun sekitar 3 kilometer menuju lokasi pintu masuk akan melewati jalan yang agak kecil.

Rute terdekat menuju lokasi Pantai Tanjung Menangis dari Kota Mataram adalah melalui jalur Narmada – Sedau – Mantang – Kopang – Terara – Sikur – Masbagik – Anjani – Aikmel – Pringgabaya – Pantai Tanjung Menangis.

Dari Batuyang

Untuk mencapai Pantai Tanjung Menangis dari Batuyang, belok kanan dari jurusan Mataram-Labuhan Lombok atau belok kiri dari jurusan Labuhan Lombok-Mataram ke arah Apitaik. Setelah menempuh jarak sekitar 2 km, pengunjung akan menemukan Pantai Tanjung Menangis.

Selama perjalanan menuju Pantai Tanjung Menangis, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan sawah yang indah di kanan dan kiri jalan. Kemudian, pengunjung akan melewati perkampungan warga dan pasar melalui jalan beraspal yang khas dengan pasir.

Jalan masuk ke Pantai Tanjung Menangis dekat dengan jalan raya Pringgabaya. Meskipun jalan masuk dari jalan raya sedikit rusak, pengunjung dapat menemukan lokasi dengan mudah. Namun, perlu diingat bahwa penerangan jalan masih kurang, sehingga lebih baik menghindari perjalanan pada malam atau subuh hari.

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk ke Pantai Tanjung Menangis pengunjung perlu membayar tiket masuk. Biaya tiket masuk biasanya dihitung berdasarkan jenis kendaraan.

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Menangis

KendaraanHarga Tiket Masuk
MobilRp10.000
MotorRp5.000
*Harga tiket masuk di atas bisa berubah di kemudian hari

Beberapa pengunjung ada yang datang subuh dan tidak dimintai membayar tiket masuk. Tapi jika masuk setelah subuh, pengunjung harus membayar tiket masuk.

Peringkatan

(⚠️PERHATIAN) PENGUNJUNG HARAP BERHATI-HATI SAAT BERENANG, MESKI OMBAK PANTAI INI TERBILANG CUKUP TENANG, NAMUN ADA KALANYA BESAR. SUDAH ADA BEBERAPA KORBAN YANG TENGGELAM DI PANTAI INI.

Hal Menarik dari Pantai Tanjung Menangis

Selain menikmati pemandangan pantainya yang indah, pengunjung juga bisa menemukan atau melakukan beberapa hal menarik berikut.

Berenang

Pantai Tanjung Menangis cocok untuk berenang karena memiliki ombak yang relatif kecil. Namun, untuk anak-anak sebaiknya tetap dalam pengawasan orang dewasa. Anak-anak atau yang belum berpengalaman berenang di laut sebaiknya menggunakan pelampung untuk mencegah tenggelam saat terbawa arus.

Selain menggunakan pelampung, sebelum memutuskan berenang di Pantai Tanjung Menangis sebaiknya perhatikan kondisi ombak dan cuaca. Hindari berenang terlalu jauh dari bibir pantai dan jangan berenang sendirian.

Untuk meminimalisir risiko saat berenang, disarankan untuk selalu memperhatikan kondisi tubuh dan tidak memaksakan diri saat berenang.

Bermain Pasir

bermain pasir - tanjung menangis lombok
Pengunjung bisa bermain pasir / Rayyana Official

Pasir hitam dengan tekstur yang lembut dan minim batuan di Pantai Tanjung Menangis cocok untuk membuat berbagai bentuk dari pasir. Pengunjung dapat menikmati bermain pasir di sela-sela waktu berenang atau sekadar menikmati suasana pantai.

Untuk bermain pasir di Pantai Tanjung Menangis, pengunjung dapat membawa beberapa peralatan seperti ember dan sekop kecil untuk membuat bentuk pasir yang lebih detail. Selain itu, perlengkapan seperti payung, handuk, dan air minum juga perlu dibawa untuk kenyamanan selama berada di pantai.

Namun, perlu diingat bahwa sinar matahari di pantai dapat sangat terik dan berbahaya bagi kulit. Oleh karena itu, disarankan untuk selalu menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 sebelum bermain di pantai dan mengaplikasikannya ulang setiap 2 jam sekali. Selain itu, pastikan juga untuk memakai topi atau kacamata hitam untuk melindungi wajah dari sinar matahari langsung.

Ada Beberapa Cafe di Sekitar Pantai

cafe cerita singkat tanjung menangis
Kafe-kafe yang di sekitar pantai memiliki hias menarik, banyak lampunya / Birull _

Sekitar Pantai Tanjung Menangis terdapat banyak pilihan tempat makan dengan konsep cafe. Harga yang ditawarkan standar dan rasa lumayan tergantung selera. Setiap hari libur dan akhir pekan, tempat ini cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Harga minuman dan makanan di cafe-cafe di sekitar Pantai Tanjung Menangis tergolong murah dan rekomendasi banget untuk dikunjungi. Berbeda dengan tempat wisata lainnya, harga di sini tidak mahal sehingga wisatawan dapat menikmati hidangan yang lezat tanpa perlu khawatir mengeluarkan banyak uang.

Pilihan menu di cafe-cafe di sekitar Pantai Tanjung Menangis sangat beragam dengan harga yang terjangkau. Wisatawan dapat menemukan berbagai macam hidangan mulai dari makanan berat hingga camilan ringan yang cocok dinikmati sambil menikmati suasana pantai yang indah.

Menikmati Pemandangan Sunrise

Sunrise Pantai Tanjung Menangis
Pemandangan saat matahari mulai terbit / Saefudin Anwar

Waktu terbaik untuk menikmati pemandangan sunrise yang menakjubkan di Pantai Tanjung Menangis adalah pagi hari. Moment ini akan membuat pengunjung sejenak melupakan segala kebisingan dunia. Namun, pemandangan sunset di sore hari juga tidak kalah indah dan dapat dinikmati dengan baik.

Untuk menikmati pemandangan sunrise di Pantai Tanjung Menangis, disarankan untuk datang sekitar 30-45 menit sebelum matahari terbit. Pilih tempat yang strategis dan terbuka untuk melihat pemandangan sunrise dengan jelas. Pastikan juga membawa kamera atau smartphone untuk mengabadikan momen yang indah ini.

Selain itu, perlu diingat bahwa saat menikmati sunrise di pantai, pengunjung harus memperhatikan kondisi cuaca dan ombak. Jangan terlalu dekat dengan bibir pantai dan selalu waspada terhadap arus laut.

Memiliki Banyak Spot Foto Instagramable

Pantai Tanjung Menangis memiliki banyak spot foto instagramable yang menarik untuk diabadikan. Salah satunya adalah spot foto dengan background bunga warna-warni di tepi pantai yang sangat indah. Selain itu, banyak berjejer juga cafe dengan desain yang unik, cocok untuk foto-foto.

Untuk mengambil foto di Pantai Tanjung Menangis, disarankan untuk datang di waktu pagi atau sore hari untuk mendapatkan hasil foto yang lebih baik. Pilih spot yang terbuka dan memiliki pemandangan yang indah seperti hamparan pasir, pohon kelapa, atau laut yang tenang. Pastikan juga untuk memperhatikan pencahayaan dan pengaturan sudut pengambilan gambar.

Jadi Tempat Penyelenggaraan Pesona Budaya Lombok

BISA Fest Pesona Budaya Lombok - Pantai Tanjung Menangis
BISA Fest Pesona Budaya Lombok / Amaq Jahre

Pantai Tanjung Menangis menjadi venue penyelenggaraan kegiatan BISA Fest: Pesona Budaya Lombok dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Ini adalah bentuk dukungan pemerintah bahwa Pantai Tanjung Menangis layak dijadikan pilihan berlibur, serta mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat saat mulai landainya pandemi COVID-19.

Kegiatan BISA Fest di Pantai Tanjung Menangis diisi dengan berbagai kegiatan seperti bazar kuliner dengan memanfaatkan produk UMKM, musik akuistik, peragaan busana, pementasan tari Lombok Timur, “music community”, seni rupa, kesenian, senam sehat, dan band pelajar. Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan budaya Lombok dan mendukung pengembangan ekonomi lokal.

Pantai Tanjung Menangis sebagai tempat penyelenggaraan BISA Fest menunjukkan bahwa pantai ini memiliki potensi sebagai objek wisata budaya yang menarik. Selain menikmati pemandangan alam yang indah, wisatawan juga dapat menikmati kegiatan budaya yang menarik dan mendukung pengembangan ekonomi lokal.

Selalu Ramai di Akhir Pekan

Meskipun pantai Tanjung Menangis tidak memiliki pasir putih, pantai ini sangat nyaman untuk bersantai baik di pagi, sore, maupun malam hari, karena selalu ramai setiap hari dari pagi hingga malam, terutama pada akhir pekan.

Pantai ini menjadi tempat nongkrong bagi banyak masyarakat khususnya para anak muda pada malam minggu. Selalu ada keramaian di sepanjang pantai ini hampir 24 jam pada akhir pekan.

Jadi, bagi mereka yang mencari tempat yang ramai dan nyaman untuk bersantai, Pantai Tanjung Menangis bisa menjadi pilihan yang tepat, terutama pada akhir pekan. Meskipun ramai, pantai ini masih memberikan kesan yang tenang dan cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman.

Ritual Adat Rebo Bontong

Salah satu tradisi lokal yang masih dipegang erat oleh masyarakat sekitar Pantai Tanjung Menangis adalah perayaan Tatulaq Tamperan atau Rebo Bontong. Biasanya dilaksanakan pada bulan Muharram-Safar Tahun Hijriah.

Ritual adat Rebo Bontong dilakukan sekali dalam setahun, tepatnya pada hari Rabu akhir bulan Safar. Masyarakat berbondong-bondong pergi ke pantai untuk melakukan mandi safar atau mandi bersih, sebagai upaya untuk menghindari penyakit yang datang pada hari itu ke setiap rumah.

Ritual ini diyakini masyarakat dapat membersihkan diri dari segala macam penyakit selama satu tahun ke depan. Tradisi mandi bersama pada perayaan Rebo Bontong telah dilakukan secara turun-temurun dan dilakukan sejak ratusan tahun silam.

Camping di Pinggir Pantai

Pantai Tanjung Menangis bisa jadi tempat ideal untuk camping. Suasana tenang dan angin sepoi-sepoi akan membuat pengunjung betah. Momen matahari terbenam yang memukau dan suara ombak yang menenangkan menambah keindahan pantai ini.

Namun saat mendirikan tenda sebaiknya pilih lokasi yang aman dan jauh dari air pasang. Pastikan untuk mempersiapkan tenda yang kokoh agar terlindungi dari angin dan pasir. Selain itu, bawalah peralatan camping yang penting seperti kantong tidur yang tahan air dan peralatan memasak.

Camping di Pantai Tanjung Menangis adalah pilihan yang tepat bagi para pecinta alam. Dengan pemandangan yang indah dan suasana yang tenang, pengunjung dapat menikmati momen yang tak terlupakan.

Pasir Pantainya Dipercaya Bisa Untuk Pengobatan

Pengobatan Pasir Pantai Tanjung Menangis
Bibir pantainya sering jadi tempat pengobatan alternatif warga / oean Ayoe31

Pasir pantai di Tanjung Menangis diyakini memiliki kandungan ion yang tinggi dan dapat digunakan untuk pengobatan. Selain menikmati keindahan pantai, masyarakat lokal mengunjungi pantai ini untuk pengobatan, dengan mempercayai bahwa pasir pantainya dapat mengobati berbagai macam penyakit seperti rematik, stroke, pegal linu, dan asam urat.

Air yang berasal dari Pantai Tanjung Menangis juga dipercaya memiliki kemampuan untuk mengobati berbagai penyakit. Hal ini tidaklah tanpa alasan, karena air laut di pantai ini memiliki banyak kandungan ion yang bermanfaat bagi kesehatan.

Dengan kandungan ion yang tinggi di pasir dan airnya, pantai Tanjung Menangis dianggap sebagai suatu tempat pengobatan yang populer bagi masyarakat lokal yang mencari alternatif pengobatan untuk berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, pantai ini menjadi tujuan wisata populer bagi mereka yang mencari pengalaman menyembuhkan tubuh dan menikmati kecantikan alam secara bersamaan.

Memancing Ikan Laut

Mancing di Pantai Tanjung Menangis
Banyak mancing di dermaga kecil yang menjorok ke pantai / Muh. Faisal Rahman Hakim

Pantai Tanjung Menangis memiliki dermaga kecil yang biasa digunakan sebagai tempat memancing oleh warga. Cacing tambang merupakan salah satu umpan yang efektif untuk menarik perhatian ikan predator seperti tenggiri dan kerapu. Umpan-umpan buatan seperti jig dan popper juga sering digunakan untuk menarik perhatian ikan besar di perairan ini.

Waktu terbaik untuk memancing di Pantai Tanjung Menangis adalah pada pagi hari sekitar pukul 6 pagi hingga 10 pagi dan sore hari sekitar pukul 4 sore hingga matahari terbenam. Pada waktu-waktu tersebut, ikan-ikan di perairan ini lebih aktif mencari makanan. Meskipun demikian, ikan dapat ditemukan sepanjang hari, sehingga tidak ada larangan untuk memancing di waktu lainnya.

Tips Berkunjung ke Pantai Tanjung Menangis

Agar kunjungan ke Pantai Tanjung Menangis bisa berjalan lancar dan memberi kesan menyenangkan, maka tidak ada salahnya untuk menyimak beberapa tips berikut.

  • Jika ingin mendapatkan suasana yang sepi dan minim pengunjung maka bisa datang di hari biasa. Di akhir pekan banyak wisatawan lokal, khususnya anak muda.
  • Untuk mendapat pemandangan pantai yang maksimal maka bisa berkunjung di musim kemarau seperti bulan Juni s/d Agustus. Di musim hujan kondisi pantainya cukup kacau.
  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai Tanjung Menangis yaitu pada pagi hari dan sore hari. Pada siang hari terik matahari cukup menyengat.
  • Jika ingin berkunjung ke area yang banyak kafenya maka bisa pilih tempat yang di sebelah kanan pantai.
  • Sebaiknya membawa uang tunai dalam jumlah yang cukup, ke ATM atau minimarket cukup jauh dan segala transaksi di pantai ini masih menggunakan uang tunai.
  • Agar pantainya tetap asri dan tidak rusak oleh sampah mari buang sampah pada tempatnya.

Kekurangan Pantai Tanjung Menangis

Sebagai wisata pantai yang belum terkelola dengan baik, maka Pantai Tanjung Menangis memiliki banyak kekurangan dalam beberapa hal, khusunya dalam penataan, fasilitas, dan kebersihan. Berikut ini juga beberapa hal yang sering pengunjung keluhkan.

  • Kebersihan pantai dan laut kurang dapat perhatian dari pemerintah, pengelola, dan pengunjungnya. Masih minim kesadaran akan kebersihan.
  • Ruas jalan menuju pantai banyak titik yang rusak, selain karena kurang mendapat perhatian dari pihak terkait juga tidak jauh dari pantai juga ada galian sehingga akses jalannya banyak yang rusak karena dilalui truk dam pasir.
  • Belum ada penerangan jalan. Sehingga pengunjung harus berhati-hari saat berkunjung dan pulang di malam hari.

Demikian ulasan mengenai Pantai Tanjung Menangis, Pringgabaya, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Jika terdapat informasi yang keliru atau memiliki pengalaman yang berbeda saat berkunjung ke pantai ini maka bisa kirim ulasannya di bawah ini ya!

20 Ulasan dari pengunjung

  1. Pemungutan liar yg terjadi di arena masuk. Spt tdk legal cara mereka meminta uang masuk dsb. Tdk ada seragam dan karcis khusus. Hanya minta uang langsung dibiarkan begitu saja.

  2. Penataan pantai ini sudah mulai bagus. Desain pantainya bagian selatan seperti ala-ala korea sehingga memiliki daya tarik sangat bagus untuk mengajak pengunjung millenial datang ke tempat ini.

  3. Untuk menikmati Sunrise cukup indah, datang sorepun juga indah, namun kebersihannya pantai dan lautnya sangat tidak diperhatikan oleh pemerintah, pengusaha, maupun pengunjung.

  4. Lingkungan pantai Sudah ditata sedemikian rupa sehingga rapi dan menarik. Cocok di kunjungi ketika pagi dan sore hari.

  5. Pantainya terlalu ramai dengan lapak pedagang. Pasirnya pasir hitam. Untuk mandi anak-anak sih cenderung aman

  6. Di sini pantainya bersih.
    Karena jauh dari pemukiman warga.

    Selain itu ga perlu tiket buat masuk, just order lah.
    Kemudian aksesnya lumayan mudah buat dicapai.

    Terbaik.

  7. Pantai tanjung menangis adalah salah satu object wisata yg bisa menjadi alternatif pilihan. Terlebih bagi muda mudi yang suka berfose di sediakan view dgn baground yg indah ala ala jepang dgn pohon sakuranya… sambil melihat pemandangan laut juga bisa sambil menikmati makanan dan minuman yg khas ala cafe…. pokoknya pantai tanjung menangis sekali datang pasti ketagihannn…..

  8. Tanjung menangis merupakan pantai yang berpasir kan hitam, dengan spot dukunngan gunung Rinjani dan cafe cafe yang tentunya dengan harga terjangkau

  9. pantai yang indah, ramai pengunjung, dihiasi bunga sakura imitasi… pemandangan sprti di Jepang. utk harga minuman dan mkanan sgt murah dan rekomndsi bget… ygpasti gak bklan kapok utk brkunjug ksna… hrga gak mahal sprti tmpat wista2 lainx

  10. Pantai dengan lingkungan nelayan. Ada dermaga kecil. Bagus untuk lihat sunrise. Dekat dari jalan raya pringgabaya. Jalan masuk dari jalan raya hanya sedikit menemui jalan rusak. Penerangan jalan masih sangat kurang, gelap kalau malam atau subuh.

  11. tempat nongkrong untuk masyarakat yang insecure sama isi dompet, dan tempatnya juga lumayan adem, setiap malam minggu banyak sekali masyarakat khususnya para anak muda yang doyan nongkrong

  12. Kalo mau kesini enaknya sore
    Pokoknya tempat nya keren makanya enak walaupun sedikit mahal tapi bisa bawa makanan sendiri gk masalah sih

  13. Pantai ini salah satu pantai dengan pengunjung teramai, apalagi weekend, hampir 24 jam ada pengunjung. Pantai ini juga dijadikan venue penyelenggaraan kegiatan BISA Fest : Pesona Budaya Lombok dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai salah satu bentuk dukungan pemerintah bahwa Pantai Tanjung Menangis layak dijadikan pilihan berlibur

  14. Tempat yang pas buat habisin waktu sore hari bersama teman ataupun keluarga. Ada banyak pilihan cafe dan tempat duduk, mulai dari yg biasa sampai yang ala2 Jepang. Pilihan menunya jg beragam dg harga yg terjangkau. Semakin senja, pemandangannya semakin indah karena dipenuhi lampu2. Utk sholat maghrib, ada musholla.
    Selama sekian kali kesini, baru pertama ketemu Upin Ipin, pastinya anak akan sangat suka.

  15. walaupun pantainya bukan pasir putih tapi sangat nyaman untuk bersantai baik pagi sore ataupun malam hari karena pantai ini selalu ramai setiap hari dari pagi sampai malam terutama pas weekend hampir 24 jam pantai ini ramai
    Sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga, teman atau saudara

  16. tempatnya nyaman, banyak lesehan cocok untuk spot photo, hanya saja tempat ibadahnya gk usah dimintai biaya dan kalau bisa bayar kercis sama parkirnya disatukan aja biar gk bayar 2 kali.

  17. Pantai ini sangat bagus disaat sunrise,, dan makanan tersedia disana.,spot photo dengan background bunga warna warni di tepi pantai sangat indah

  18. Sore menjelang magrib viewnya gak ada obat, apalagi kalau malem di tambqh lagi kalau ada rembulan, biiihhh berasa malem twilight 🌚

  19. Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai Tanjung Menangis adalah Pagi hari. Di sini kita akan disuguhkan pemandangan sunrise yang menakjubkan. Momen ini akan membuat kita sejenak melupakan segala kebisingan dunia

  20. Selain menu-menu makanannya yang terjangkau, tempat tongkrongannya pun tidak kalah nikmat, apalagi sambil menikmati keindahan sunrise di pagi hari. Sangat direkomendasikan banget di sini, tempatnya bueeagus… Tapi kalau untuk mandi, janganlah, karena sudah tercatat banyak korban yang hanyut/tenggelam.

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here