Pantai Sari Goang

Mertak, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Bar. 83573

(4.1/5 dari 14 Pengunjung) Baca ulasan

Dari banyak tempat wisata yang ada di Kabupaten Lombok Tengah, Pantai Sari Goang merupakan salah satu destinasi yang menarik untuk dikunjungi, pantai yang masih asri dengan pemandangan yang indah.

Sekilas pemandangan yang ada di Pantai Sari Goang memiliki kemiripan dengan Pantai Tajung Bloam yang berada di Lombok Timur. Banyak juga yang menyebut tempat ini sebagai miniatur dari Raja Ampat.

Hal itu bukan tanpa alasan, Pantai Sari Goang mendapat julukan Raja Ampatnya Lombok karena di bagian tengah terdapat pulau kecil berupa batu karang yang berlubang. Mirip dengan yang ada di Raja Ampat.

Selain itu, suara deburan ombak yang menghantam batu karang jadi ciri khas pantai ini. Juga bisa jumpai di bibir pantai pasir putih kecoklatan yang membuat mata terpesona.

Deskripsi Pantai Sari Goang

pantai sari goang lombok
Pemandangan Pantai Sari Goang / Andika Putra

Pantai Sari Goang memiliki keindahan hasil perpaduan bukit, laut dan batu karang yang menyerupai bentuk segitiga dan di antara batu karang dan bukti terdapat sebuah teluk. Teluk inilah yang jadi objek utamanya.

Kondisi alam Pantai Sari Goang ini masih asri dan alami, karena masih sedikit wisatawan yang mengunjungi tempat ini. Selain berpasir putih kecoklatan, pantai ini juga jadi tempat terbaik untuk menikmati sunrise.

Pengunjung juga bisa camping di atas bukit pantai ini, selain luas, keamanan di tempat ini juga terjadi, karena masuk wilayah TWA yang dijaga oleh Polisi Hutan.

Intinya adanya banyak spot yang cukup Instagram-able di Pantai Sari Goang. Dijamin foto yang dihasilkan akan semakin eye catching dan membuat iri teman-teman Instagram.

Harga Tiket Masuk

Saat melewati pintu masuk Taman Wisata Alam (TWA), pengunjung akan dimintai biaya tiket masuk. Cukup membayar sekali pengunjung bisa menikmati semua keindahan tempat wisata yang ada di Gunung Tunak Lombok.

Tiket MasukHarga
Wisatawan DomestikRp15.000
Wisatawan AsingRp100.000

Rute Menuju Lokasi

Taman Wisata Alam Gunung Tunak berada di sebelah timur Teluk Bumbang, Kabupaten Lombok Tengah. Jadi untuk sampai ke tempat ini kita bisa menggunakan rute dari arah Kota Mataram – Bandara Internasional Lombok – Desa Sade.

Selanjutnya ambil arah lurus ke timur menuju Pantai Bumbang, ikuti saja jalan yang ada hingga menemui jalan buntu bertemu pantai, lalu belok kiri terus ikuti jalan tanah hingga bertemu gerbang TWA Gunung Tunak.

Jarak yang harus di tempuh dari Praya menuju TWA Gunung Tunak cukup jauh sekitar 50 KM, atau sekitar 1 jam perjalanan. Dari TWA Gunung Tunak ke pantai Pantai Sari Goang memerlukan waktu 1 jam lagi jika menggunakan motor atau 2 jam jika jalan kaki.

Untuk wisatawan yang belum pernah sama sekali ke TWA Gunung Tunak pasti akan kesulitan menemukan lokasi pantai ini, karena kondisi jalannya naik turun bukit. Posisinya ada di sebelah timur Pantai Bilasayak.

Jika sudah sampai lokasi, selain menikmati pemandangannya, kita juga bisa turun ke bibir pantainya lewat jalur kecil di penggir tebing untuk turun ke bawah. Harap hati-hati saat melewati jalan kecil ini karena cukup curam.

Hal Menarik

Selain memiliki pemandangan indah di Pantai Sari Goang juga terbanyak hal menarik yang bisa dimikmati pengunjung. Apa saja itu? Berikut beberapa hal menariknya.

Mendirikan Tenda untuk Camping

Camping di sari goang lombok tengah
Pengunjung bisa camping di pinggir pantai / Rate El Ahmed

Benar, di tempat ini pengunjung juga bisa mendirikan tenda untuk camping. Tempat ini cukup aman karena ada polisi hutan yangg sering berpatroli dari TWA Gunung Tunak.

Saat camping di atas bukit Pantai Sari Goang, malam harinya akan ditemani dengan suara deburan ombak dan pemandangan langit yang indah (jika cuaca bagus),

Menikmati Langit Sunrise

Sunset di Pantai Sari Goang
Pemandangan saat matahari mulai terbenam / Rate El Ahmed

Kelebihan dari camping di tempat ini, wisatawan bisa menikmati indahnya pemandangan terbitnya matahari. Bisa dibayangkan beta indahnya perpaduan langit pagi dan hamparan air laut.

Cocok Jadi Tempat Honeymoon

Untuk pasangan yang sedang cari tempat untuk hanoeymoon bisa mencoba mengunjungi tempat ini. Tentu saja tidak harus camping, karena kini di TWA Gunung Tunak sudah ada tempat bermalam.

Dengan banyaknya tempat indah yang bisa dikunjungi tempat TWA Gunung Tunak, akan membuat masa honeymoon semakin romatis dan berkesan.

Spot Foto Instagram-able

Hampir semua titik di pantai ini memiliki latar belakang yang indah. Jadi pengunjungi bisa melakukan swafoto dari berbagai sudut. Manfaatkan waktu untuk mengambil foto sebanyak mungkin.

Mengunjungi Tempat Konservasi

Konservasi Kupu Kupu TWA Gunung Tunak
Konservasi Kupu Kupu TWA Gunung Tunak / Abdillah Muharram

Masih di area TWA Gunung Tunak yang lokasinya tidak jauh dari Pantai Sari Goang terdapat tempat konservasi hewan seperti rusa, kupu-kupu dll.

Selain itu, pengunjung juga bisa melihat dan memberi makan rusa.

Konservasi Rusa TWA Gunung Tunak
Memberi makan rusa / Abdillah Muharram

Tips Mengunjungi Pantai Sari Goang

Untuk sampai ke Pantai Sari Goang perlu menyiapkan beberapa hal, agar semuanya berjalan lancar dan bisa menikmati semua keindahan tempat ini dengan sempurna.

  1. Pertama, jangan lupa membawa air minum dan bekal.
  2. Jangan lupa membawa uang cash, karena ATM jaraknya cukup jauh.
  3. Gunakan penutup kepala dan balurin kulit dengan sunblock.
  4. Jika ingin tidak terlalu terik, datanglah di atas jam 15.00 karena panas matahari sudah tidak terlalu menyengat.
  5. Pagi dan Sore hari adalah waktu yang tepat untuk mendapatkan foto yang kece.
  6. Untuk kelestarian alam, jangan membuang sampai sembarang. Bila perlu pungut jika menemukan sampah.

14 Ulasan dari pengunjung

  1. Karena tempat ini memiliki pembandang yang bagus, karena bentuk nya seperti tanda Cinta, dan sangat cocok untuk mengajak pasangan kesayangan kesini

  2. Sari goang lombok berada tidak jauh dari bukit Tunak .
    Tempat wisata ini sangat jauh menurut saya.
    Dengan medan jalan yang terjal dan cukup berbahaya bagi penguna motor .

    Akses ke tempat ini sudah tersedia cuman waspadalah karena tempat jauh .

    Buat kalian yang mau pergi ke sari goang jangan pergi sendiri atau berdua .
    Usahakan ajak teman kalian supaya ketika kerjadi sesuatu bisa teratasi .
    Dan juga jangan lupa sebelum ke jalur sari goang usahakan isi full bensin anda dan bawa air yang cukup

  3. Pantai yang asri nan indah, pantai yang berada di kawasan wilayah Lombok Tengah tepatnya di area Taman Wisata Alam Gunung Tunak, Desa Mertak, Kab. Lombok Tengah. Perjalanan bisa ditempuh selama 1 Jam 17 menit dari Mataram ke area wisata tersebut karena jaraknya 56 Km dari ibu kota NTB.

    mendapatkan banyak objek pemandangan diantaranya bukit, hutan maupun wisata pantainya. tiket masuk seharga Rp7500/ motor yang dikelola oleh pokdarwis diarea wisata tersebut. di Taman wisata Alam Gunung Tunak ini fasilitas berupa tempat penangkaran kupu-kupu (Butterfly center) dimana disini terdapat beribu macam kupu-kupu dan terdapat juga tempat penangkaran rusa (menjangan) yang merupakan maskot provinsi NTB.

    Setelah melalui hutan, penangkaran kupu-kupu dan penangkaran hewan rusa tibalah kami dipantai yang pasirnya putih, airnya biru dan bukit-bukit serta karang yang terhampar. Kalian memarkir motor dan mulai berjalan menyusuri bukit yang dipenuhi pepohonan termasuk Pantai Sari Goang yang cantik.

  4. Keindahan memang tidak ada duanya, untuk tempat ini bisa di katkan paket komplit,,
    Untuk anda yg suka hunting foto tempat ini sangat cocok untuk anda,,
    Foto landscape,foto burung dan hewan lainnya dengan berbagai jenisnya ,untuk anda yg hoby. Mancing di sinilah tempatnya

  5. Dari tempat musolah ke tempat ini sekitar 3km, jalannya lumayan terjal kalau jalan kaki sekitar 1 jam an… Tapi kalau pakai sepeda bisa, tapi kudu hati2… Usahakan sepeda laki, atau yang bonceng laki.. Soalnya medannya lumayan…

  6. Ya pantainya bagus banget tapi akses jalannya sangat extream,kalian bisa menyewa kendaraan atau pergi bersama warga setempat untuk melihat pemandangan yang sangat indah

  7. Almost perfect! Bagus banget pantainya, privat banget, cocok yg ingin santai dengan suasana sepi. Tapi ya memang gak ada orang jualan atau tempat berteduh. Bener2 masih alam banget.

  8. Spot photo yang luar biasa namun belum bisa diberi bintang 5 karena akses jalan ke lokasi ini sangatlah sulit terutama ketika hujan turun..kendaraan tidak bisa lewat. Jalannya sangatlah becek dan berbahaya untuk dilewati. Mohon di aspal dunk pak Pemda..sudah tahun 2020 masa sih masih ada jalan seperti itu dilokasi wisata

  9. Sumpah ini pantai keren sekali…. Akses jalan sudah mulai direhab, menggunakan sepeda motor bisa langsung sampai ke Pantai…

  10. Tempat yang indah dengan alam yang natural pemandangan pantai dengan tebing dan pulau batu di pantai nya spot ini biasa di gunakan untuk teman2 yg suka mancing dan foto2. Cuaca panas akses jalan oke mobil motor jalan aspal

  11. Tahun 2018 lalu aku mengendarai motorku menuju ke Menara Taman Wisata Alam Gunung Tunak, tempat ini sungguh keren !!!

  12. Deretan pantainya punya pemandangan keren,banyak view pointnya indah yang sayang untuk tidak diabadikan,cuma dulu akses jalannya agak tidak bersahabat,butuh sedikit perjuangan, kalau pakai motor matic harus jeli pilih jalan.kalau sekarang kurang tahu gimana.

  13. Satu tempat bisa dapat beberapa pantai yg bagus dan masih alami sekali. Akses jalan sebagian masih rusak dan kalau musim hujan pasti becek. Di setiap lokasi belum ada toilet meskipun sebenarnya sudah ada fasilitas yg belum digunakan. Tapi bener bener tempat yg sangat indah. Ada hotelnya lho jd bisa jadi tempat honeymoon yg cocok

  14. Bukit yang indah, alam yang asri, bebatuan yang tersusun rapi di bukit bikin foto jadi aesthetic. Pantai yang biru. Laut lepas, tebing yang tinggi.

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here