Pantai Seger

Kuta, Pujut, Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat 83573

(4.8/5 dari 12 Pengunjung) Baca ulasan

Pantai Seger merupakan salah satu wisata pantai terkenal di Kuta, Lombok, memiliki pasir putih, laut biru dan terdapat beberapa perbukitan hijau dengan pemandangan laut lepas dan Sirkuit Internasional Mandalika.

Untuk wisatawan yang belum puas dengan pemandangan Pantai Kuta Lombok, maka tidak ada salahnya untuk berkunjung ke Pantai Seger, karena lokasinya juga tidak terlalu jauhan. Untuk sampai ke pantai ini hanya perlu melanjutkan perjalanan ke arah timur sejauh 4 kilometer.

Area Pantai Seger terbagi menjadi tiga. Pertama, pantai bagian utara, ombaknya tenang, air lautnya jernih, dan cukup landai. Kedua, pantai bagian tengah areanya terhimpit bukit dan pesawahan, di tengah lautnya ada tumpukan batu hitam. Ketiga, pantai bagian selatan, memiliki bibir pantai yang panjang.

Pantai dengan perpaduan pedesaan Lombok, tepi pantainya ada yang berbatu, berpasir putih, dan ada festival tahunannya. Nah, jika berencana akan berkunjung ke Pantai Seger Kuta Lombok bisa simak ulasannya di bawah ini!

Deskripsi Pantai Seger

pantai seger kuta lombok
Saat musim hujan bukit di sekitar pantai akan berwarna hijau / Eko Prastiv

Pantai Seger merupakan salah satu wisata pantai yang terletak di Lombok Tengah, NTB. Pantai dengan peson pasir putih dengan butiran mirip merica dan bukit-bukit indah berdampingan langsung dengan Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika.

Bukit Seger menawarkan pemandangan yang menenangkan, di mana rumput yang menghijau di musim hujan memberi kesan sejuk di tengah teriknya matahari.

Pesona Pantai Seger semakin menawan dengan bentuk pasir putih yang unik, menyerupai biji merica. Bentuk pasir putihnya yang besar dan bulat menyerupai biji merica, serta air laut biru dan jernih yang memikat pengunjung untuk menceburkan diri ke laut.

Pantai Seger juga menawarkan pengunjung untuk menapaki karang-karang saat air surut, di mana ikan-ikan kecil bisa ditemukan di balik karang. Pemandangan pantainya yang cantik membuat waktu terasa cepat berlalu.

Terdapat beberapa bukit di Pantai Seger yang bisa didaki, menawarkan pemandangan menawan dari atas bukit. Dari sana, pengunjung bisa melihat pemandangan pantai selatan yang indah, perbukitan, dan Sirkuit Internasional Mandalika yang menjadi kebanggaan.

Lokasi Pantai Seger yang indah, nyaman, dan strategis cocok untuk bersantai bersama pasangan, teman, atau keluarga. Bukit hijau dan air laut yang sangat jernih dan biru menambah keindahan alam yang sangat mengagumkan di Pantai Seger.

Rute Menuju Lokasi

Pantai Seger Kuta Lombok terletak di Desa Sukedane, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Pantai ini dapat diakses melalui beberapa rute dengan akses jalan yang bagus meski belum di-pengerasan.

Untuk perjalanan dari Kota Mataram, diperlukan waktu sekitar 2 jam untuk mencapai Pantai Seger. Sementara itu, jarak dari pantai ini ke Bandara Internasional Lombok hanya sekitar 30 menit perjalanan.

Pintu masuk ke Pantai Seger berada di samping hotel Novotel. Jalan akses menuju ke pantai ini sudah cukup baik dan mudah dijangkau. Jika tersesat, wisatawan dapat bertanya kepada warga lokal di area sekitar.

Untuk transportasi yang lebih mudah, wisatawan dapat memilih untuk menyewa motor atau mobil. Selain lebih hemat, menyewa kendaraan ini juga memungkinkan wisatawan untuk mengunjungi beberapa tempat dengan lebih leluasa.

Harga Tiket Masuk

Destinasi wisata Pantai Seger Lombok dikelola oleh swadaya warga sekitar, untuk itu pengelolaannya belum maksimal. Meski begitu wistawan yang berkunjung akan diminta membayar tiket masuk pe orang.

Tiket Masuk Pantai Seger Kuta Lombok

Tiket MasukHarga
Hari biasaRp5.000
Akhir pekanRp10.000
*Harga tiket masuk di atas bisa berubah di kemudian hari, tergantung kebijakan pengelola wisata

Dengan membayar tiket masuk yang terbilang murah tersebut, wisatawan yang berkunjung bisa menikmati pemandangan dan berbagai hal menarik yang ada di kawasan pantai Seger Kuta. Tentunya, tiket tersebut belum termasuk penginapan, sewa kendaraan, dan biaya lainnya.

Hal Menarik dari Pantai Seger

Meski pengelolaan Pantai Seger belum maksimal, namun bukan berarti pantai ini tidak memiliki hal menarik. Berikut beberapa hal menarik yang bisa pengunjung lakukan atau temukan saat berkunjung ke pantai ini.

Berenang di Air Laut yang Jernih

seger beach lombok
Di area yang ombaknya kecil wisatawan bisa berenang / Wahyu Puji Lestari

Pantai Seger Kuta Lombok memiliki tiga bagian pantai dengan karakteristik yang berbeda-beda. Pantai bagian utara memiliki air yang sangat jernih dan tenang, sangat cocok untuk snorkeling dan berenang. Wisatawan dapat juga mengambil foto di sini karena pemandangannya sangat indah, dengan adanya monumen Putri Mandalika sebagai objek foto.

Pantai bagian selatan, Pantai Seger 2, merupakan pantai yang memanjang dengan batu berbentuk jamur yang disebut Batu Tengkong (Batu Jamur). Ombaknya tidak terlalu besar sehingga sangat bagus untuk berenang dan bermain pasir, terutama bagi anak-anak.

Pantai bagian tengah diapit oleh bukit dan sawah yang mempesona, disebut Seger 1. Pantai ini tidak cocok untuk berenang karena ombaknya yang lumayan tinggi, namun sangat cocok untuk para peselancar.

Jika Anda ingin berenang, disarankan untuk ke pantai bagian utara karena ombaknya tenang dan airnya jernih. Namun, jika ingin bermain pasir dengan anak-anak, Pantai Seger 2 merupakan pilihan yang tepat karena ombaknya tidak terlalu besar.

Memiliki Pasir Seperti Merica

Pantai Seger memiliki pasir seperti merica
Pantai Seger memiliki pasir seperti merica / rahmah dewi

Pantai Seger di Lombok memiliki keunikan tersendiri dengan butiran pasirnya yang lebih besar dan bulat kecil seperti merica.

Pasir di Pantai Seger memiliki tekstur unik seperti merica, konon merupakan bentukan dari fosil-fosil karang. Ketika kaki menginjak bibir pantainya, wisatawan dapat merasakan butirannya.

Hamparan pasir merica di Pantai Seger akan memberikan sensasi seperti dipijat saat berjalan tanpa alas kaki. 

Dekat dengan Sirkuit Internasional Mandalika

Sirkuit Internasional Mandalika
Sirkuit Internasional Mandalika akan tampak cukup jelas dari atas Bukit Seger / Ruli Kushendrayu

Lokasi Pantai Seger dekat dengan Sirkuit Internasional Mandalika, sehingga wisatawan dapat dengan mudah melihat bangunan dan jalan aspal sirkuit. Jika sedang ada balapan wisatawan bisa menontonnya dari atas bukit Pantai Seger.

Sirkuit Internasional Mandalika adalah sirkuit balap yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Dengan panjang lintasan 4,31 km dan 17 tikungan, sirkuit ini memiliki kelas homologasi kelas A dari FIM.

Wisatawan dapat mengunjungi Pantai Seger dan mengamati Sirkuit Mandalika dari bukit di sebelah barat sirkuit. Namun, jalannya masih kurang bagus alias belum diaspal.

Menikmati Pemandangan dari Atas Bukit Seger

Pemandangan dari Atas Bukit Seger
Pemandangan dari Atas Bukit Seger / 은석이

Bukit Seger adalah sebuah bukit kecil yang terletak di pinggir pantai Lombok. Perjalanan dari bawah menuju puncak bukit dapat ditempuh sekitar 15 menit dengan kontur yang tidak terlalu terjal dan didominasi oleh rerumputan.

Untuk mencapai puncak bukit, wisatawan dapat menggunakan jalan setapak yang mudah dilalui. Namun, tetap disarankan untuk berhati-hati karena rumput yang basah bisa menjadi licin. Wisatawan dapat naik dari sebelah kanan yang memiliki gapura kemudian turun dari sisinya yang lain.

Dari puncak bukit, wisatawan dapat menikmati pemandangan yang indah seperti Sirkuit Mandalika dan pantai di sisi selatan bukit. Bukit yang kelihatan hijau dari jauh ditumbuhi rerumputan pendek seperti habis dicukur.

Pemandangan dari puncak bukit Seger sangat indah dengan laut biru dan pasir putih yang mempesona. Wisatawan dapat menikmati suasana pantai sambil diterpa angin laut sepoi-sepoi.

Perlu diketahui, Bukit Seger dikenal sebagai salah satu spot foto pebalap MotoGP Marc Marquez. 

Terdapat Patung Putri Mandalika

seger beach lombok - patung putri mandalika
Saat memasuki area pantai pengunjung akan menjumpai patung Putri Mandalika / Sogenx Delarocha

Jika berkunjung ke Pantai Seger akan menjumpai Patung Putri Mandalika yang menggambarkan seorang puteri yang ingin membebaskan diri dari tiga orang laki-laki yang menahannya di belakang. Patung ini menjadi salah satu ikon pariwisata yang menarik bagi wisatawan.

Menurut legenda yang dipercaya oleh masyarakat setempat, putri cantik pada patung tersebut adalah seorang anak dari Raja Tonjang Beru dan istrinya, Dewi Seranting. Putri Mandalika sangat terkenal dengan parasnya yang begitu cantik sehingga ia diperebutkan oleh tiga pangeran dari tiga kerajaan berbeda.

Kehidupan Putri Mandalika menjadi tidak tenang setelah ia dikejar-kejar oleh tiga pangeran tersebut. Sang putri merasa sangat tertekan dan ingin membebaskan diri dari kejaran mereka. Hingga pada akhirnya, Putri Mandalika memilih untuk terjun ke laut, dan jasadnya tidak pernah ditemukan.

Patung Putri Mandalika di Pantai Seger menjadi simbol dari legenda yang diwariskan turun temurun dan menjadi bagian dari kebudayaan masyarakat Lombok.

Ada Festival Bau Nyale

Pantai Seger Kuta Lombok - Festival Bau Nyale
Festival Bau Nyale / Roaetun Nabiya

Setiap tahun di Pantai Seger Kuta Lombok, suku Sasak menyelenggarakan festival Bau Nyale yang berlangsung selama satu hari. Festival ini didasarkan pada legenda Putri Mandalika yang terjun ke laut dan rambutnya menjadi cacing nyale.

Pelaksanaan Tradisi Bau Nyale diawali dengan pertemuan tokoh adat dalam Sangkep Wariga untuk menentukan hari yang baik menangkap Nyale. Sehari sebelumnya, para tokoh adat membacakan lontar di Bale Saka Pat, bangunan tradisional dengan tiang empat.

Dalam prosesi Bau Nyale, masyarakat menggunakan berbagai piranti seperti daun sirih, kapur, kembang setaman, gunungan jajanan tradisional, dan buah-buahan lokal. Sebelum masyarakat turun ke laut, para tokoh adat juga menggelar upacara adat Nede Rahayu Ayuning Jagad di dini hari.

Festival Bau Nyale di Pantai Seger Kuta Lombok selalu menarik perhatian wisatawan dari berbagai penjuru dunia dengan tahapan-tahapan yang kaya akan budaya dan tradisi. Prosesi ini menjadi salah satu daya tarik wisata yang menampilkan keindahan dan kearifan lokal masyarakat Lombok.

Menikmati Pemandangan Sunset

Sunrise Pantai Seger
Pemandangan saat matahari tenggelam / Rafał Rajchel

Pantai Seger menawarkan pemandangan sunset yang indah dari atas bukitnya pada sore hari.

Wisatawan dapat menikmati matahari terbenam di beberapa area yang berbeda dan mendapatkan foto indah baik dari tepi pantai maupun dari atas bukit.

Untuk menikmati sunset yang indah di Pantai Seger, disarankan untuk datang ke atas bukit dan menikmati pemandangan laut lepas di samping pemangangan senja yang mempesona. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen tersebut.

Sebaiknya datang lebih awal untuk menikmati suasana sebelum matahari benar-benar terbenam dan membawa jaket atau pakaian hangat karena suhu bisa menjadi dingin saat matahari terbenam.

Berselancar di Ombak yang Tinggi

Berselancar di Pantai Seger
Wisatawan yang surfing / Chia Joel

Pantai Seger Kuta Lombok bukan hanya memiliki pemandangan matahari terbenam yang memukau, tetapi juga dikenal sebagai lokasi olahraga selancar favorit. Ombak yang tinggi memungkinkan para peselancar merasakan sensasi tersendiri di pantai ini.

Pantai Seger merupakan pantai favorit di wilayah Lombok Tengah bagian selatan karena memiliki struktur alam yang unik dan indah. Terdapat gugusan pulau, pasir putih, dan ombak yang bagus untuk berselancar.

Bagi para peselancar yang menyukai tantangan, terdapat satu bagian di pantai ini yang memiliki ombak yang cantik dan cocok untuk memuaskan hobi surfing. Ombak Pantai Seger yang tinggi dan keras menantang para peselancar profesional dari dalam dan luar negeri.

Pada bulan Juli dan Agustus, wisatawan mancanegara dari negara Eropa seperti Belanda, Jerman, Swiss, Norwegia, Perancis, dan Finlandia datang ke Pantai Seger untuk berselancar dan menikmati ganasnya ombak. Mereka biasanya menginap selama 3 sampai 4 hari untuk menikmati pesona pantai ini.

Camping di Bibir Pantai atau atas Bukit

Camping di Pantai Seger
Camping di atas bukit Seger / Roaetun Nabiya

Camping di Pantai Seger Kuta Lombok menawarkan pengalaman yang tak terlupakan, terutama jika dilakukan sambil menyaksikan tradisi bau nyale. Biasanya masyarakat yang akan menangkap Nyale sudah berkumpul sehari sebelumnya dan mendirikan tenda untuk bermalam.

Wisatawan dapat memilih untuk camping di pinggir pantai atau di atas bukit Seger, yang menawarkan pemandangan laut biru dan pasir putih bersih yang memukau. Namun, pengunjung yang ingin menginap di tenda disarankan untuk membawa kebutuhan pribadi seperti selimut dan senter.

Jangan lupa membawa perlengkapan yang diperlukan seperti tenda, sleeping bag, matras, dan alat masak. Selain itu, pastikan untuk membawa pakaian yang nyaman dan sesuai dengan kondisi cuaca. Jangan lupa untuk membersihkan sisa-sisa sampah dan membuangnya pada tempatnya untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Masuk Dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika

Pantai berpasir putih ini masuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2014 untuk menjadi KEK Pariwisata. Dengan luas area sebesar 1.035,67 Ha dan menghadap Samudera Hindia, KEK Mandalika diharapkan dapat mengakselerasi sektor pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat yang sangat potensial. 

KEK Mandalika memiliki konsep pengembangan pariwisata berwawasan lingkungan dengan pembangunan obyek-obyek wisata dan daya tarik wisata yang selalu berorientasi kepada kelestarian nilai dan kualitas lingkungan hidup yang ada di masyarakat.

Penginapan Pantai Seger

Berbagai pilihan penginapan untuk menghabiskan malam di pantai ini tersedia. Ada Novotel Lombok, Villas, Aerotel Tastura, Pipe Dream, dan Siesta House.

Tips Berkunjung ke Pantai Seger

Agar kunjungan ke Pantai Seger bisa berjalan lancar dan memberi kesan menyenangkan, maka tidak ada salahnya untuk menyimak beberapa tips berikut.

  • Untuk mendapatkan pemandangan yang maksimal, sebaiknya berkunjung di musim kemarau. Mesk sebenarnya di musim hujan pemadangannya cukup bagus, hanya saja awannya mendung.
  • Agar bisa menikmati pemandangan dengan nyaman maka bisa membawa kacamata hitam. Pemandangan akan lebih memukau menggunakan kacamata hitam yang Polaroid.
  • Banyak yang merokemendasikan jalan masuk lewat Novotel Lombok Resort & Villas. Jalan masuk lewat Sirkuit Mandalika masih jalan tanah dan sering berlumpur, tidak nyaman untuk dilalui kendaraan roda dua.
  • Pastikan membawa tabir surya dan topi karena matahari di pantai ini sangat menyengat kulit.
  • Jangan lupa membawa tikar dan bekal jika berkunjung bersama keluarga karena belum tersedia tempat duduk di area pantai atau di atas bukit.
  • Sebaiknya berkunjung saat masih terang, karena jalan menuju lokasi gelap saat malam hari, belum ada penerangan.
  • Agar keindahan pantai dan bukitnya tetap terjaga maka sebagai wisatawan yang budiman harus membawa pulang sampah pribadi, tempat sampah di tempat ini masih terbatas.

Kekurangan Pantai Seger

Meski Pantai Seger Kuta Lombok memiliki pantai berpasir putih, air laut yang jernih, serta pemandangan yang menakjubkan, namun banyak wisatawan yang mengeluhkan terkait kekurangan dari pantai ini.

  • Pertama, jalan masuk menuju lokasi belum seadanya, ketika hujan jalannya becek dan cukup licin.
  • Pengelola dan Pengunjung kurang peka terhadap kebersihan, masih banyak sampah plastik berserakan di sekitar pantai atau bukit.
  • Beberapa penjual barang sering membuat pengunjung merasa jengkel.

Demikian ulasan Pantai Seger Kuta Lombok, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Jika terdapat informasi yang keliru atau memiliki pengalaman yang berbeda saat berkunjung ke pantai ini bisa kirim ulasannya di bawah ini ya!

12 Ulasan dari pengunjung

  1. Pantainya sangat bagus didukung dengan bukit seger yang menunjunga keindahan tambahan di area wisata ini….
    Sangat rekomendasi untuk dijadikan destinasi berwisata saat akhir pekan atau masa liburan, ,
    Mau mencari foto saat sunset baik dipinggir pantai maupun dari atas bukit juga bisa..
    Kurang nya fasilitas unum seperti kamar mandi / wc aja …
    Kalau jalan akses kesini juga masih belum baik, masih jalan tanah kalau hujan ya pastilah becek..

  2. Pemandangannya bagus sekali apalagi naik kebukit seger luar biasa ,bisa lihat arena sircuits,pantai lembah dan gunung sangat menakjubkan, anginnya lumayan kenceng biar panas tapi anginnya kenceng panas gk terasa…

  3. Salah satu pantai pasir putih yang indah di Lombok Tengah.
    Di pantai ini juga terdapat beberapa bukit yang bisa didaki. Pemandangan dari atas bukitnya sangat menawan. Kalian bisa melihat view pantai selatan yang indah, perbukitan, dan tentu saja sirkuit internasioanl Mandalika yang menjadi kebanggaan.
    Di pantainya kalian bisa surfing atau sekedar bermain air dan pasir.
    Pas untuk liburan bersama keluarga.
    Di pantai ini juga sudah ada penjual makanan.
    Tiket masuk sepeda motor 5.000 rupiah.

  4. Pantai seger terletak di bawah bukit seger. Kebetulan kemarin tidak turun ke bawah jadi foto diatas bukit saja. Dan dpt pemandangan sirkuit mandalika .
    Disini banyak yg jual makanan dan minuman.
    Hati3 pada rebutan jualan ,hehehe 😛.

    Untuk akses jalannya sendiri berhubung sedang dalam tahap pembangunan , jalanan offroad banyak genangan air campur tanah.

    Enak pakai mobil kesini ga becek .

  5. Kalau masih belum puas dengan keindahan Pantai Kuta Lombok, Anda juga bisa melanjutkan perjalanan ke Pantai Seger. Tempat wisata yang satu ini lokasinya berdekatan dengan Pantai Kuta Lombok. Anda hanya perlu melanjutkan perjalanan ke arah timur sejauh 4 Km. Di sini, Anda bisa menyaksikan pemandangan matahari terbenam yang mengagumkan dari atas bukit.

    Selain memiliki pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan, pantai ini kerap menjadi lokasi olahraga selancar favorit. Dengan ombaknya yang tinggi, para peselancar bisa merasakan keseruan tersendiri di tempat wisata ini. Untuk masuk ke area pantai, Anda juga tidak perlu membayar mahal, hanya dikenakan biaya parkir kendaraan sebesar Rp10 ribu.

  6. Awalnya nggak ada niatan mau ke pantai ini, soalnya rencana mau mencari backround foto yg ada tulisannya Pertamina Mandalika hehe… tapi, teryata diarahkan sama petugasnya lewat belakang sirkuit. Kami, mulai menyusui jalan2 becek karena sehabis hujan dan sekitar sirkuit masih belum rampung pekerjaannya. Alhasil, kami berhenti di pantai ini, tulisannya Welcome To Seger Beach di bukit sana. Tapi kami tidak naik hanya dibawah pantainya. Dan.. indahnya pantainya bersih tak ada pengunjung, serasa hanya milik kami yg sekedar singgah berfoto. Karena kami tidak naik kebukit jadi, kami tidak ada retribusi untuk melihat keindahan alam ini. Thanks Pantai Seger

  7. Pantainya sejuk,pasirnya bersih…
    enak bgt disini tuh,pokoknya kalo udah ke sirkuit mandalika jgn lupa kemari sich…apalagi sampe berenang disini,asik loh..
    Ada pembayaran yg dikelolah oleh warga sekitar,waktu aku kesini hanya membayar 10.000
    Ga tau dech yg lain bagaimana…
    Banyak anak anak yg jual aksesoris sepwrti gelang,ikat rambut yg dibuat tangan (handmade)
    Ada juga penjual kaos mandalika..harganya ga mahal cuma Rp. 100.000 dapet 3 kaos..

  8. Salah saru pantai terindah di Lombok, tempatnya di Loteng, Kuta mandalika, pantai seger, jalannya berliku2, disana ada pedagang, jadi ga perlu khawatir untuk makan/minum. Pantainya luas, pasirnya putih, ada bukit, tebing, dsb.

  9. Kalau sebelum ada sirkuit kalau kesini serunya pass ada acara adad nyale (maaf saya lupa nama pastinya) ramai dengan penduduk lokal yg berburu cacing laut dan ada legenda turun menurun nya.
    Pantainya cantik apalagi di nikmatin diatas bukit nya. Nah sekarang ada dibangun sirkuit mandalika. Jd beberapa bagian rusak deh. Semoga pemerintah membenahin yaa jangan berantakan kek gini (saya kesana nya tanggal 4 maret 2022)
    Di atas bukit nya ini ada tikungan lebar sirkuit mandalika, jd enak nih kalau lihat balapan dari sini. Hehehehehe….
    Sayang nya saya kesini lagi mendung dan hujan, jd warnanya gak keluar cendrung kelabu.
    Tapi okay lah kalau mau berkunjung di sini dan berfoto ria dengan latar sirkuit mandalika. 😎😎😎

  10. Pantai di malika area Lombok Selatan. Parkir dibawah dan bayar parkir mobil 5000. Kalau kendaraan naik lebih atas bayar 15.000IDR. Untuk melihat Mandalika sirkuit perlu mendaki sedikit ke atas bukit, sekitar 5-10menit. Pemandangan cantik tampak dari atas. Sesuai dengan namanya SEGER, meski matahari panas terik tetapi angin nya tetap seger dan dingin. Pantai rasa gunung. Must visit saat di Lombok Selatan.

  11. Pantai yang sangat indah, semoga kebersihan selalu dijaga demi kebaikan bersama.
    Saat sore hari dapat melihat sunset yang cukup indah dari atas buktinya.
    Untuk masuk dsni kemarin dikutip biaya 5000-10000 sudah termasuk biaya parkir.
    Dapat melihat sirkuit mandalikan juga dari sini. Karena bersebelahan saja.
    Selalu jaga kebersihan.

  12. Tempatnya asyik sih, apalagi biar ngecamp, cocok banget ngecamp santai tanpa capek jalan. Cuma lokasi jalannya masih diperbaiki, nextnya mungkin lebih oke lagi.

    Bagi saya, pantai seger bakalan selalu special, karena bukan hanya tempatnya, tapi tentang seseorang yang membersamai. Hahahaha. Intinya bakalan tetap tetap suka meski ke depannya nanti nggak sesuai ekspetasi.

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here