Pantai Selong Belanak

Selong Belanak, Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. 83572

Pantai Selong Belanank
Foto Pantai Selong Belanank / Ferry Krisnamurti

(4.7/5 dari 19 Pengunjung) Baca ulasan

Salah satu tempat wisata di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat yang tidak boleh dilewatkan yaitu Pantai Selong Belanak, pantai dengan pasir putih yang halus, air laut yang jernih, dan dikelilingi bukit membuatnya punya pemandangan yang menakjubkan.

Selain memiliki pasir putih yang halus, bibir pantainya juga lebar dan panjang serta minim bebatuan, jadi cocok untuk melakukan berbagai aktivitas. Pantai yang ramah untuk liburan bersama anak-anak, terlebih ombaknya tidak terlalu besar.

Berjalan kaki menyusuri pinggir pantai ini sudah memberi kesan menyenangkan dan akan lebih seru jika dilakukan beramai-ramai. Ada satu tempat yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi pantai ini, yaitu tumpukan batu-batu besar yang untuk menjumpainya harus menyingsingkan celana.

Pengunjung pantai ini tidak hanya wisatawan domestik saja, namun juga wisatawan asing dari berbagai negara yang umumnya banyak menghabiskan waktunya dengan berjemur atau berselancar.

Untuk yang berencana akan berkunjung ke Pantai Selong Belanak, maka tidak ada salahnya menyimak ulasan terkait pantai ini, mulai dari tiket masuk, petunjuk jalan ke lokasi, hingga beberapa tips tambahan.

Deskripsi Pantai Selong Belanak

Selong Belanank Beach Lombok
Pemandangan dari ketigian / Firmansyah Cendekia Utomo

Pantai Selong Belanak merupakan salah satu pantai yang berada di Lombok Tengah, memiliki garis pantai yang cukup panjang. Sepanjang mata memandang yang kita lihat adalah hamparan pasir putih, pantainya cukup landai dan ombaknya tidak begitu besar.

Air laut di pantai ini memiliki ciri khas tersendiri, saat cuaca bagus air laut nampak memiliki gradasi yaitu biru muda, biru tua, dan hijau. Air laut berwarna hijau menandakan dasar laut yang dalam. Oh iya, di bagian tengah laut juga terdapat gili kecil yang berdiri tengak menambah keindahan saat sunset.

Dekat bibir pantai banyak dijumpai warung dan cafe yang menyediakan berbagai menu makan dan minuman. Tepat di depan warung juga ada tempat duduk dan tempat berjemur lengkap dengan atap payung untuk hindari paparan sinar matahari langsung.

Laut Biru dan Kerbau Pantai Selong Belanank
Kerbau di bibir pantai / Ferry Krisnamurti

Salah satu daya tarik dari pantai ini yaitu adanya segerombolan kerbau yang hendak pergi mencari makan atau pada saat pulang menuju kandang. Untuk melihat kerbau di pantai ini bisa berkunjung di pagi hari atau sore hari.

Selain itu di pantai ini juga banyak berkeliaran anjing liar, namun jangan khawatir mereka cukup bersahabat dan terbiasa berinteraksi dengan manusia sehingga tidak agresif dan bahkan bisa diajak bermain.

Pengunjung juga akan disuguhkan pemandangan ratusan perahu kecil yang terparkir di permukaan laut untuk menangkap anakan lobster. Menjelang sore lampu-lampu dari perahu mulai dinyalakan, cahayanya akan membuat anak lobster masuk ke perangkap.

Rute Menuju Lokasi

Lokasi Pantai Selong Belanak berada di jajaran pantai-pantai selatan Lombok sisi barat, untuk jalan menuju ke pantai relatif mulus dan cukup lenggang khususnya di hari Senin-Jumat. Untuk sampai ke pantai ini bisa menggunakan kendaraan mobil/motor bisa menyewanya atau menggunakan jasa travel.

Jarak tempuhnya sekitar 49 KM dari pusat kota Lombok. Waktu tempuhnya sekitar 1 jam 30 menit perjalanan jika dari pusat Kota Mataram atau sekitar 30 menit jika dari Kuta, Lombak Selatan. Jika berangkat dari Bandara Internasional Lombok, maka hanya perlu waktu sekitar 40 menit perjalanan.

Untuk yang berangkat dari Kota Mataram, rutenya bisa langsung menuju ke Pujut. Dari Pujut langsung arahkan kendaraan ke Sengkol, dilanjutkan ke arah Rembitan. Dari Rembitan, perjalanan bisa dilanjutkan ke arah Kuta, Lombok Selatan. Setelah melewati daerah Mawun, tidak jauh lagi akan sampai di Pantai Selong Belakang. Papan petunjuk jalan ke pantai akan dijumpai di pinggir jalan. Dari jalan utama sekitar 100 meteran ke bibir pantainya.

Untuk memudahkan dalam perjalanan, maka sebelum berangkat jangan lupa mengaktifkan aplikaksi Google Map di ponsel untuk menemukan rute dan menghindari salah jalan.

Harga Tiket Masuk

Untuk mengunjungi pantai ini pengunjung perlu membayar biaya retribusi untuk pengelolaan tempat wisata.

Tiket MasukHarga
Hari biasaRp10.000
Akhir pekanRp10.000
HTM di atas bisa berubah di kemudian hari

Hal Menarik

Pantai Selong Belanak memiliki daya tarik tersendiri yang bisa membuat pengunjungnya betah berlama-lama menikmati keindahan alamnya. Berikut beberapa diantaranya.

Berenang

Pantai ini memiliki permukaan yang relatif landai, bagian dasarnya minim batuan, dan ombak dekat bibir pantai tidak terlalu besar, jadi bisa jadi tempat yang cocok untuk berenang, bahkan untuk anak-anak–meski harus tetap dalam pengawasan orang tua–.

Selain itu air laut di pantai ini sangat jernih seperti di kolam renang, khususnya jika cuaca sedang bagus. Bahkan ketika berenang kita bisa melihat kaki kita sendiri dari permukaan air.

Untuk yang baru mencoba berenang di laut sebaiknya tidak langsung ke tengah, coba di pinggiran terlebih dahulu yang ombaknya cukup kecil. Atau jika menginginkan laut yang tenang, maka bisa pergi ke bagian utara pantai, dekat dermaga karet.

Bermain Pasir

Bermain pasir merupakan kegiatan yang disukai anak-anak saat pergi liburan ke pantai. Nah, Pantai Selong Belanak memiliki pasir putih dengan tekstur yang lembut dan minim batuan, jadi cocok untuk membuat berbagai bentuk dari pasir.

Jika ingin membuat bentuk bangunan atau karakter pilih kolasi pasir yang dekat dengan air laut agar bentuknya lebih tahan lama. Jika ingin menggali membuat lobang bisa yang agak jauh dari air laut, tekstur pasirnya lebih gembur.

Surfing

Pantai teluk ini memiliki ombak yang bagus dan merata, sangat cocok untuk peselancar pemula, dasar lautnya berpasir dan minim baruan karang, tentunya hal itu akan membuat berselancar lebih aman. Oh iya, jika tidak membawa papan selancar maka bisa menyewanya dengan biaya mulai Rp50.000.

Ada dua jenis ombak di pantai ini, di bibir pantai ombak kecil cocok untuk berenang, namun bila ingin ombak yang besar untuk berselancar maka bisa memilih bagian tengah pantai.

Untuk yang baru memulai belajar, maka di pantai ini juga ada jasa belajar berselancar, cukup mengeluarkan biaya sekitar Rp250.000 s/d Rp300.000 sudah termasuk papan selancar dan bisa langsung mencoba mengendalikan ombak.

Olahraga Pantai

Bibie pantainya luas, sehingga bisa digunakan untuk melakukan berbagai olahraga pantai seperti bermain sepak bola, bola voli atau untuk yang liburan bersama rombongan maka bisa mengadakan games lainnya di pantai ini.

Tidak hanya itu, bahkan bibir pantai ini juga sudah sering digunakan sebagai lapangan balap motor pantai.

Menikmati Sunset

Waktu terbaik untuk menikmati langit sore yaitu sekitar jam 16.00 atau 17.00, di waktu golden hour pemandangannya sangat menawan. Pemandangan sunset jadi lebih mempesona dengan adanaya embun-embun hasil deburan ombak dan pantulan cahaya matahari dari pasir yang basah serta warna air laut yang hijau muda.

Tempat untuk menikmati momen matahari tenggelam bisa dilakukan di bibir pantai dengan duduk dibangku atau lesehan di pasir. Namun jika ingin melihat sunset yang lebih memukau maka bisa coba menaiki bukit.

Tips Berkunjung Ke Pantai Selong Belanak

Untuk yang akan berkunjung ke pantai ini sebaiknya memperhatikan beberapa tips berikut.

  • Berkunjunglah di bulan-bulan musim kemarau untuk menikmati pemandangan yang indah seperti bulan Juni s/d Agustus, perhatikan juga perkiraan cuaca sebelum berangkat.
  • Jika ingin mendapat suasana yang tenang maka bisa berkunjung di hari biasa, hari Sabtu-Munggu pengunjung cukup ramai.
  • Jika berkendara menggunakan sepeda motor, maka berhati-hatilah pada jalan berpasir.
  • Jangan lupa membawa uang tunai yang cukup, lokasi pantai jauh dari ATM atau mini market.
  • Jika ingin melihat gerombolan kerbau maka bisa berkunjung di pagi atau sore hari.
  • Saat matahari di atas kepala maka jangan lupa menggunakan tabir surya dan penutup kepala.
  • Ketika berjalan di atas pasir jangan menggunakan alas kaki, karena bisa menimbulkan luka lecet.

Kekurangan Pantai Selong Belanak

Berikut beberapa kekurangan yang sering di keluhkan pengunjung terkait pantai ini.

  • Di musim hujan area parkir becek
  • Penerangan jalan masih minim, perlu hati-hati saat berkendara pada malam hari ketika pulang.
  • Wisatawan asing banyak yang mengeluhkan tindakan penipuan(SCAM) penyewaan papan selancar

Itulah ulasan terkait Pantai Selong Belanak, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Jika terdapat informasi yang keliru atau memiliki pengalaman yang berbeda saat mengunjungi pantai ini bisa dikirim ulasannya di bawah.

BAGIKAN

19 Ulasan dari pengunjung

  1. Sejauh ini,pantai selong belanak masih jadi favorit keluarga karena pasir putihnya,bibir pantainya yang memanjang,air lautnya yang bening,dan pantainya yang tidak terlalu dalam.sayangnya akses jalan menuju selong belanak jika melalui penujak-bonder-mangkung dst masih terbilang rusak,sehingga pengendara harus lebih ekstra hati-hati.

  2. Pantai nya bagus cocok untuk semua acara untuk yg senang berselancar di pantai ini juga bisa.
    Apalagi yang hoby foto” di sinibtemoat nya favorit banget,apa lagi pas ada sunset dan segerombolan kerbau berjalan di pinggir pantai gak ke bayang rasa nya dapat momen ini kek serasa bukan di lombok.
    Tempat keren lah….pantai selong belanak ini tak sudah terkenal di mana” bahkan sampai dunia.
    Selamat mencoba ya gaess

  3. Pantai Selong Belanak Merupakan Salah satu pantai di Lombok Tengah yang mempunyai view pantai yang luar biasa.
    Di pantai ini keindahan pantainya dapat membuat kita terkesan tiada tara, sebab pasir pantainya yang luas dan bersih menambah ke-eksotisan pantai selong belanak, di samping itu air lautnya yang jernih dengan ombaknya yang bergulung dapat di jadikan tempat mandi dan Surfing.
    Walaupun ramai kita tetap bisa bersantai tanpa terganggu dengan bisingnya pengunjung sebab pesisir pantainyanluas dan banyak di sediakan dipan dan korsi di pinggir pantai yang menyebabkan kita tambah nyaman dan pasti kangen dengan pantai itu…
    Foto. By.maman
    Kamera HP Oppo-F5

  4. Pantai dengan bibir pantai yang sangat Luas. Jika mau menikmati sepenuhnya keindahan pantainya, datanglah saat sunset. Karena mata bakal di manjakan oleh warna2 yang dihasilkan seperti repleksi cahaya matahari bertemu dengan warna laut yang hijau muda. Sungguh indah

  5. Surganya lombok, kalo sudah ke lombok jangan sampai kelewatan. Destinasi wisata yang satu ini menyuguhkan pantai dengan pesona alamnya yg lain dari pada tempat wisata lainnya. Buffalo ato kerbau menjadi icon di pantai selong belanak. Anda bisa melihat kerbau di pagi Dan sore hari melewati sepanjang pesisir pantai.

  6. Pantai selong belanak paling cocok untuk menikmati sunset.banyak terdapat kafe – kafe sederhana di sepanjang pantai ini dengan menyuguhkan menu konvensional yang lumayanlah untuk pengunjung lokal.di laut di bagian depan pantai ini ada gili kecil yang berdiri tegak menambah keindahan view saat momen sunset.anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan ratusan perahu – perahu kecil yang terparkir dipermukaan laut yang ternyata bagi warga setempat di fungsikan unyuk menangkap anakan lobster.di bawah perahu – perahu tersebut sudah ymtetpasang trap atau perangkap anakan lobster.setiap menjelang sore warga berkeliling mengitari perahu – perahu tersebut untuk menghidupkan lampu di setiap perahu yang sudah terpasang trapnya.tujuan dari memasang lampu ini adalah cahaya dari lampu tersebut akan memanggil anakan lobster untuk masul ke trap atau perangkap.lokasi pantai selong belanak tidak jauh dari pantai semeti,telawas dan pantai mawi.untuk ke pantai selong belanak aksesnya sangat mudah karena hanya berjarak sekitar 100 meter dari jalan utama

  7. Paling bagus kesini tuh sore sekitar jam 4 atau 5 karna sunset nya disini bagus apalagi golden hour nya mantep lah ditambah ada kyk embun2 gitu krna deburan ombak & pantulan di pasir basah ke cahaya matahari mantep lah,

    cuman sunset nya agak kehalang pulau pas turun, ga tepat turun di pantai nya, but kalian ga akan kecewa lah liat awan nya yg epic banget!

    trus pantai nya landai & udh sering jd spot prewedding. Dari semua pantai yg gw pernah kunjungi dilombok kyknya ini yg paling bagus buat para pemburu senja 😂😂

  8. Pantainya bagus.. Dengan jalur membentang panjang.. Berpadu dengan perbukitan ditengah laut dan pinggiranya, begitu perpaduan ynag pas. Masuk ke lokasi lewat perkampungam nelayan dan gratis, jadi belum bener2 difasilitasi oleh dinas pariwisata terkait, dengan keindahan pantainya. Jaraknya sekitar 20KM dari bandara lombok dengan jalur berliku yang naik turun.

  9. Salah satu destinasi wisata pantai di sisi Selatan pulau Lombok dengan pasir berwarna putih. Lokasi ini berdekatan dengan KEK Mandalika atau sirkuit MotoGP.

    Salah satu kegiatan yang cukup populer bagi wisatawan selain berenang adalah bermain selancar. Yups! Lokasi ini menjadi tempat favorit untuk belajar selancar. Selain tempatnya cukup bersahabat untuk pemula, di lokasi ini juga terdapat beberapa provider yang memberikan short course untuk berselancar.

  10. Ini salah satu pantai terbaik di Indonesia, gradasi warna air laut biru tua, biru muda dan hijau, dengan hamparan memanjang pasir putih yang sangat lembut, dengan background bukit-bukit hijau…. sangat lengkap, menjadikan pantai ini layak disebut sebagai “terbaik” dan tak bosan-bosan berlama-lama di sini….. Lokasinya di jajaran pantai-pantai selatan Lombok sisi barat, akses sangat mudah, jalan aspal yang mulus dan lengang….

  11. Sejauh saya pergi ke pantai, sebanyak pantai yang pernah saya kunjungi, Pantai Selong Belanak adalah pantai yang terindah.

    Sepanjang pantai adalah pasir putih. Bibir pantainya luas, sehingga Anda bisa bermain bola atau mengadakan game lainnya di sini. Beberapa kali bahkan, bibir pantai digunakan sebagai lapangan untuk balap motor pantai.

    Saat Anda berenang di sini, Anda akan merasa berada di kolam renang. Sebab air lautnya jernih seperti kolam. Jadi saat berenang di sini, kakimu bahkan bisa tampak dari permukaan.

    Jenis ombaknya beragam. Bila Anda perlu ombak yang besar, ingin surfing atau sekedar renang bermain ombak, Anda bisa memilih bagian tengah pantai. Tetapi bila Anda takut ombak atau menginginkan laut yang tenang, Anda bisa bermain air di bagian utara pantai, dekat dengan dermaga karet yang di sana.

    Bila bicara tentang view, bukit yang di sini pantai menambah keindahan pantai ini. Terlebih bagi Anda yang menginginkan sunset yang indah, Seloang Belanak adalah tempat yang sempurna.

    Jika Anda lapar, tenang, jangan resek, makanan dan minuman di sekitar pantai harga relatif standar atau murah. Mengenai rasa, lidah lho banget deh.

  12. Pantai yang bersih, bagus, pemandangan indah, jajanan murah dan bisa belajar surfing untuk pemula. Jalan masuk, fasilitas untuk wisatawan seperti kamar mandi dan tempat parkir harus lebih ditingkatkan. Sayang tempat wisata sebagus ini fasilitasnya kurang bagus.

  13. Salah satu pantai terindah dengan pasir putih yang halus dan lembut.
    View sunset juga di sini sangat menawan.
    Garis pantainya sangat panjang.
    Kalian bisa melakukan banyak hal di pantai ini, such as berenang, belajar surfing, atau sekedar santai sambil melihat gerombolan kerbau yang kadang melintas di pantai.
    Fasilitas umum di sini sudah lengkap. Pedagang makanan sampai hotel juga sudah ada.
    Yang perlu dibenahi mungkin jalan masuk dan tempat parkirnya. Karena pada musim hujan jadi becek dan berlumpur.

  14. Pantainya bagus banget, bisa liat sunset disini. Akses jalan cukup seru, naik turun berkelok, harap hati hati. Kalau malam, penerangan jalan cukup minim. Pokoknya hati hati yaaaaa.

    Disini bisa bersantai duduk di hamparan pasir, atau duduk di kedai kedai/restoran yang ada disekitar. Oya, disini biasanya ada kerbau lewat yang digiring sama pemiliknya, kawanan kerbaunya jalan di pantai, jangan lupa foto sama kerbaunya.

    Untuk beberapa provider sinyalnya cukup lemah.

  15. banyak orang bilang ini hawainya lombok. memang cakep viewnya, sunset pun dapet. pasir pantai luas sampe ke tengah yang ada keramba. bisa buat latihan surfing sewa papan surfing terjangkau. langganan warung saya di pantai ini, warung mul surf school. buat yang penasaran pengen bisa surfing bolak balik disini gada bosenya. karena lokasinya pantainya sangat mendukung. moment yang tepat kalau ada sapi mantai. suatu hal yang unik di pantai ini.

  16. Dari dulu pengen banget kesini akhirnya kesampean,view-nya khas bagus banget akses jalannya juga bagus.hari Sabtu-minggu rame banget.cuman butuh 10k buat masuk,fasilitasnya udah lengkap banget.thanks God for the amaizing view.

  17. Pantai ini agak sedikit jauh dari mawun kalau berangkat dari pantai kuta. Jalannya bagus bagus jadi aman, pantainya panas benerr dan ramai bener, kalau mau neduh beli makanan dulu wkwk.

    Ada yang nyediain jasa latihan surfing dan lain lain.

    Tiket parkir dan masuk buat motor 10k kalau mobil lupa.

    Ada tempat buat mandi air bersih juga tapi tetap bayar yaa.

    Jaringan Tri ga ada sama sekali disini

  18. Sayang selama pandemi katanya jarang ada sapi lewat pantai lagi… pemandangan sore hari cantik banget, banyak kapal kapal nelayan yang siap siap mencari ikan.. oh ya masukan buat toilet2 umumnya lebih dirawat kebersihannya… ketimbang wc duduk mending wc jongkok saja… 🤩

  19. Pantai yang indah, masih asri. Jika ingin melihat kerbau lewat, mungkin bisa datang pagi-pagi sekali atau sore hari, ketika kerbau-kerbau pulang ke kandangnya. Jangan lupa beri tips sedikit untuk bapak pengembala kerbau..

    Ada banyak warung makan di pinggirnya, juga kursi malas dengan umbrella.

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here