Pantai Bara

Pantai Bara
Pantai Bara @irwansur

(4.8/5 dari 16 Pengunjung) Baca ulasan

Alamat: Pantai Bara, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan 92571, Indonesia

Pantai Bara adalah salah satu surga tersembunyi yang berada di wilayah timur Indonesia. Terletak di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, menjadikan pantai ini masuk ke dalam rentetan daftar banyaknya pantai-pantai indah yang ada di provinsi ini.

Walau belum setenar pantai-pantai lain yang ada disekitarnya, namun bukan berarti wisatawan bisa melewatkan keindahannya begitu saja.

Pantai Bara yang terletak di Desa Bira, Kecamatan Bonto Bahari ini lebih dikenal sebagai kembaran dari Pantai Tanjung Bira. Kemiripan namanya membuatnya semakin terasa seperti saudara kembar. Karenanya bila wisatawan berkunjung ke Pantai Tanjung Bira ada baiknya menyempatkan diri juga mengunjungi Pantai Bara.

Namun, walaupun lokasi Pantai Bara bersebelahan dengan Pantai Tanjung Bira, suasana yang akan wisatawan rasakan akan sangat berbeda. Bila wisatawan menginginkan ketenangan saat berwisata ke pantai, mungkin pantai ini akan menjadi salah satu pilihan yang paling tepat.

Keindahan pantainya yang berpasir putih dan lautnya yang biru ini belum banyak dijamah orang, sehingga suasananya masih sepi dan tenang. Wisatawan akan merasa seperti sedang berada di sebuah pantai pribadi.

Rute Menuju ke Pantai Bara

Pantai Bara berjarak kurang lebih 45 km dari pusat Kabupaten Bulukumba. Atau bila wisatawan berangkat dari Kota Makassar, maka akan menempuh jarak sekitar 200-an kilometer untuk bisa mencapai pantai ini.

Bila wisatwan enggan menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan sendiri, wisatawan bisa menggunakan kendaraan umum seperti mobil travel atau bis untuk menuju Pantai Tanjung Bira terlebih dahulu. Tarif yang akan wisatawan keluarkan sekitar 50.000 – 75.000 rupiah per orang untuk sekali perjalanan.

Setelah sampai di Pantai Tanjung Bira, wisatawan tinggal melanjutkan perjalan menuju Pantai Bara. Bila menggunakan kendaraan pribadi baik motor atau mobil, wisatawan akan melewati kawasan bukit yang masih hijau sekitar 5 km perjalanan. Ada baiknya untuk menuju Pantai Bara jangan terlalu sore, karena kondisi perjalanan yang masih berupa hutan akan memungkinkan wisatawan bertemu dengan beberapa hewan liar.

Bila wisatawan berkunjung dengan menggunakan kendaraan umum untuk sampai ke Pantai Tanjung Bira, maka wisatawan tidak perlu khawatir harus berjalan kaki untuk menuju Pantai Bara. Di lokasi Pantai Tanjung Bira, banyak di temui penyewaan kendaraan bermotor. Wisatawan bisa menyewa kendaaan disana, dan melanjutkan perjalanan menuju Pantai Bara.

Untuk alternatif lain, bila wisatawan sedang beruntung, wisatawan bisa mencoba menuju Pantai Bara dengan berjalan kaki menelusuri bibir Pantai Tanjung Bira. Karena letaknya yang bersebelahan dengan Pantai Tanjung Bira, maka berjalan kaki tidak akan membutuhkan waktu lama. Namun tentu saja harus menunggu saat air laut surut.

Harga Tiket Masuk Pantai Bara

Karena letak Pantai Bara yang berada di kawasan Pantai Tanjung Bira, maka wisatawan akan dikenakan tiket masuk ke kawasan ini sebesar 10.000 rupiah per orang. Lalu untuk bisa memasukin area Pantai Bara, wisatawan tidak akan dikenakan tarif lagi, hanya perlu menyiapkan sedikit dana untuk parkir kendaraan saja.

Namun, mungkin wisatawan harus membawa perbekalan sendiri bila ingin berlama-lama di pantai ini. Karena jarangnya warung yang menjajakan panganan di sekitar pantai. Pilihan untuk memesan makanan adalah dengan mengunjungi restoran yang ada di dalam salah satu penginapan di kawasan Pantai Bara. Disana wisatawan bisa menikmati bermacam panganan baik yang berat maupun ringan.

Aktivitas di Pantai Bara

Pengunjung pantai yang tidak terlalu ramai menjadikan suasana di Pantai Bara sangat tenang dan sepi bahkan saat weekend sekalipun. Mungkin karena akses jalan ke pantai ini yang masih belum sebagus ke pantai-pantai lain, membuat wisatawan agak enggan untuk berwisata ke Pantai Bara.

Tapi, tentu saja ini akan menjadi keuntungan bagi wisatawan yang memang menginginkan suasana pantai yang sunyi dan menenangkan. Berikut ini adalah berbagai aktivitas yang bisa wisatawan lalukan saat berada di Pantai Bara.

1. Menikmati ciptaan Tuhan yang indah

Berkunjung ke pantai ini akan membuat wisatawan bersyukur bisa hidup di negara yang sangat indah seperti Indonesia. Wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan pantai berpasir putih yang indah, dengan hamparan laut yang luas dan biru. Sepanjang mata memandang, wisatawan hanya akan menikmati lukisan keindahan alam khas Indonesia.

Pantai Bara banyak ditumbuhi dengan pohon kelapa, mungkin gambaran pantai yang seperti ini yang akan membangkitkan kenangan masa kecil wisatawan kala diminta guru untuk membuat gambar pemandangan pantai. Pasir yang putih, laut yang biru, langit yang luas dengan sedikit awan, dan deretan pohon kelapa. Satu pemandangan yang akan menyejukan hati dan menghilangkan kepenatan.

Wisatawan bisa memutuskan untuk bermalam di pantai ini karena adanya beberapa penginapan yang langsung menghadap pantai. Namun, bila wisatawan ingin mendapatkan pengalaman yang berbeda, wisatawan bisa mencoba berkemah di tepi pantai. Suasana pantai yang tenang, akan membawa kedamaian untuk setiap wisatawan yang berada disana.

2. Berenang, snorkeling dan diving di laut yang jernih

Berenang Snorkeling Diving Pantai Bara
Berenang, Snorkeling dan Diving Pantai Bara @makassartripplanner

Pantai Bara memiliki laut yang sangat jernih. Wisatawan akan merasa seperti sedang memandang satu kolam renang yang luas dengan airnya yang jernih dan bersih. Laut ini seolah mengundang siapapun yang berada di bibir pantai untuk langsung berenang ke laut. Suasana laut yang seperti ini tidak akan dengan mudah wisatawan dapatkan dari pantai-pantai lain.

Di pantai ini telah ada Dive Center yang memungkinkan wisatawan yang telah memiliki lisensi untuk menyelam bisa melampiaskan hobinya. Spot menyelam dan snorkeling di pantai ini memang akan membuat wisatawan berdecak kagum. Keindahan alam baik yang di permukaan maupun di dalam laut sama-sama indahnya.

3. Memandang sunset

Sunset di Pantai Bara
Sunset di Pantai Bara @pramestinuri

Tidak akan ada yang lebih menenangkan selain memandangi matahari yang mulai meredup dan menghilang di balik cakrawala. Keindahan sunset di Pantai Bara tidak akan dengan mudah wisatawan lupakan begitu saja bahkan dalam waktu yang lama sekalipun. Siapkan kamera, dan rekam indahnya sunset pantai ini sebagai kenangan yang akan bisa wisatawan pamerkan untuk anak cucu kelak.

Namun tidak hanya sunsetnya yang indah, sunrisenya pun tidak kalah indah. Karenanya bila wisatawan memiliki banyak waktu, ada baiknya luangkan waktu untuk bermalam di pantai ini.

4. Camping di Pantai

Selain kegiatan diatas, pantai ini juga bisa dijadikan tempat untuk mendirikan tenda. Wisatawan bisa mendirikan tenda di pinggiran pantai dengan tetap memperhatikan jarak dengan bibir pantai.

Menikmati pemandangan pantai pada saat sunset dan sunrise dari dalam tenda juga jadi pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Keindahan alam yang dititipkan oleh Tuhan kepada negara ini tentunya sudah menjadi tugas kita semua untuk selalu menjaganya. Tidak lain agar keindahan ini dapat terus dinikmati oleh anak cucu kita kelak. Mari berpetualang dan mengunjungi seluruh keindahan yang ada di bumi Indonesia. Salam berwisata.

BAGIKAN

16 Ulasan dari pengunjung

  1. Hello guys ini adalah pantai bara yg merupakan salah satu pantai pasir putih yg ada di bulukumba. Cocok banget untuk kalian yg hobi traveling, atau suka berjemur di pantai. Ini recomended banget. Pokoknya bara ini luar biasa banget

  2. Sebuah pantai dengan hamparan pasir putihnya yg cukup luas & panjang.. & kebersihan tempatnya cukup dijaga.. yang pengantin baru boleh lah mencoba bulan madu kesanaπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

  3. Pantainya bersih. Bungalow cantik dengan harga relatif terjangkau. Bisa snorkeling dan scuba atau sekedar basah-basahan di bibir pantai.

  4. Bulukumba Bira Itu sangat bagus….selain dari pemandangan yang indah…adapula pasir putih yang begitu halus…dan warga disana sangat rama dan perhatian sama pengunjung..intix…bagi teman2 yang belum kesana…pasti menyesal..

  5. Pantai itu sendiri sangat bagus dan cukup, itu benar-benar tergantung apakah itu hari kerja atau akhir pekan (bisa sangat sibuk). Pantai berpasir putih, telapak tangan di pantai, angin lembut dan air berwarna bening jernih dan suasana santai, di belakang pantai sedikit sampah juga di semua jalan kembali ke pantai. Ini masih terbuka langsung ke laut jadi jangan berpikir mungkin mengapung hanya di atas air, ombak besar tidak akan memungkinkan Anda. Anda dapat berenang selama 30-40 meter jauh dari pantai dan Anda akan menemukan (snorkeling) beberapa karang yang layak, masih utuh, dan berbagai ikan yang cukup bagus. Anda dapat berjalan melalui pantai saat air surut sejauh 2,5 km dan tiba di pantai utama Bira.

  6. Tempatnya bagus dan lebih tenang jika anda mencari tempat wisata yang lebih tenang maka pantai bara sangat disarankan meskipun jalan untuk ketempat ini masih belum beraspal semua tapi lelahmu akan terbayar ketika berlibur disini

  7. Pasirnya putih, air lautnya biru jernih, kalau surut agak banyak rumput laut mati terdampar, tapi sama orang sana dibersih bersihin
    Cocok juga buat camping

  8. Tempat wisata di bulukumba yg terletak di daerah bira, bara salah satu pantai yg masih bersih diwilayah bira, pantai pasir putihnya yg menawan dan terumbu karang yg masih natural akan membuat anda merasa nyaman untuk bersantai bersama keluarga…

  9. Sangat indah,… Sma sja sprti pantai bira pasirx jg putih dan halus seperti tepung terigu… Byk turis luar negri jg ke sni untuk diving dan snorkling!! Tmptx jauh lebih sepi dri pada di pantai bira jadi cocok untuk org yg lgi ingin mncri ketenangan smbil memandangi pantai yg indah dan suara deburan ombak 😊

  10. Sangat puas ke Pantai Bara .. datang jauh2 dari jawa hanya ingin melihat keindahan Pantai Bara .. banyak tempat yg bisa dikunjungi disana ..

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here