Pantai Sanggar

Pantai Sanggar
Pantai Sanggar

(4.8/5 dari 13 Pengunjung) Baca ulasan

Alamat: Area Pegunungan, Jengglungharjo, Tanggung Gn., Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66283

Berada di kesunyian pantai dengan beragam objek wisata dan bisa melakukan banyak kegiatan merupakan hal yang menyenangkan. Apalagi jika untuk melarikan diri dari segala jenis rutinitas hiruk pikuk perkotaan dan segudang pekerjaan yang membuat kita menjadi jenuh. Berlibur di pantai terdekat yang memiliki keindahan panorama alam adalah salah satu hal yang menarik untuk dilakukan.

Nah, oleh karena itu, kali ini kita akan membahas tentang keindahan yang dimiliki oleh Pantai Sanggar. Pastinya kamu penasaran bukan? Apa saja aktifitas seru yang bisa dilakukan di sini? Yuk, simak bagaimana keragaman aktifitas dan objek wisata di Pantai Sanggar yang terletak di desa Jelungharjo, Tulungagung ini.

Rute Pantai Sanggar Tulungagung

Jika ingin menuju lokasi Pantai Sanggar ini, maka berikut serangkaian jalur atau rute yang bisa digunakan untuk panduan para wisatawan. Jika kamu berada di kota Tulungagung, maka gunakan rute menuju Jengglungharjo. Namun kamu juga bisa menggunakan teknologi terkini berupa GPS atau bertanya kepada penduduk setempat. Biasanya hanya diperlukan sekitar 1 jam 20 menit untuk menempuh Jengglungharjo dari kota Tulungagung ini.

Untuk menghindari teriknya matahari saat menjelang siang, maka disarankan untuk berangkat di pagi hari. Juga untuk wisatawan yang tidak membawa bekal sama sekali, di Pantai Sanggar terdapat banyak penjual makanan. Bahkan ada banyak jasa ojek yang difasilitasi oleh warga setempat jika kamu malas berjalan kaki ke lokasi tersebut.

Harga Tiket Masuk

Pantai Sanggar sendiri merupakan salah satu pantai yang memiliki keindahan tersembunyi yang masih belum terjamah banyak orang. Jadi tidak usah terlalu memusingkan harga tiket masuk untuk menikmati pesona keindahannya. Karena untuk memasuki pantai ini wisatawan tidak perlu membayar tiket masuk kok! Jadi pantai ini bisa dinikmati oleh para wisatwan yang memiliki budget minim.

walaupun demikian, ini merupakan pantai yang akan sejalur dengan beragam pantai lainnya di daerah Tulungagung seperti Pantai Sine dan Pantai Ngalur. Jadi kamu akan lebih mudah untuk mengunjungi objek wisata lainnya setelah puas bermain di Pantai Sanggar.

Hal utama yang membuat pantai indah ini masih belum terjamah pemerintah pusat adalah akses yang cukup sulit. Walaupun sudah beraspal namun jalanan menuju lokasi lumayan terjal. Bahkan kendaraan bermotor harus berhati-hati jika ingin menuju lokasi pantai ini.

Bahkan jalanan akan semakin jelek jika semalaman diguyur hujan lebat karena akan dipenuhi dengan lumpur yang menyebabkan jalanan menjadi lebih licin. Namun, kamu bisa menggunakan rumah warga sebagai tempat untuk menitipkan kendaraan jika kamu memang tidak berani membawanya menuju lokasi. Perjalanan bisa dilanjutkan menggunakan ojek sewaan atau berjalan kaki.

Objek Wisata

Berikut kita akan membahas apa saja objek wisata yang bisa dinikmati di Pantai Sanggar.

Pasir Putih

Pasir Pantai Sanggar
Pasir Pantai Sanggar @leniw_2103

Walaupun kebanyakan pantai yang berada di Pulau Jawa memiliki jenis pasir pantai yang berwarna coklat namun, Pantai Sanggar ini memiliki warna pasir pantai putih. Karena masih tidak terlalu terjamah, pantai ini masih sangat asri, tidak ada kerumunan dan sangat bersih untuk digunakan bersantai dan bermain pasir pantai.

Karang

Karang-karang berukuran besar banyak ditemukan di tempat ini menjadi salah satu daya tarik bagi yang ingin mengunjungi Pantai Sanggar. Wisatawan juga akan aman bermain di pinggiran pantai, karena arus ombak sudah dipecah oleh batuan karang.

Ikan hias dan Bulu Babi

Wisatawan juga bisa menjumpai berbagai jenis ikan hias disekiar pinggiran pantai.. Bahkan banyak hewan menarik lain yang bisa dijumpai jika mengunjungi Pantai Sanggar, seperti bulu babi. Kamu bisa secara langsung menikmati bulu babi jika mengunjungi pantai ini. Karena pantai ini masih terlihat sangat minim pengunjung dan sepi, hewan tersebut bisa ditemukan dibalik bebatuan karang.

Lokasi Berkemah

Yang sering dilakukan oleh pengunjung terutama para remaja ketika berkunjung ke Pantai Sanggar adalah camping atau berkemah. Karena kegiatan seperti ini sangat menyenangkan, dimana kita bisa menyatu dan menikmati keindahan alam.

Tempat ini cukup nyaman untuk melakukan berbagai kegiatan, tidak perlu takut mengganggu orang yang berada disekitar, karena tempat ini minim sekali pengunjung.

Menikmati Sunset dan Sunrise

Sunset Pantai Sanggar
Sunset Pantai Sanggar @yoga_ferdian96

Siapa lagi yang tidak menyadari dan mengetahui bahwasanya pantai merupakan tempat terbaik jika ingin menikmati sunrise maupun sunset. karena suasana unik dan romantis dipantai akan memberikan suasana terbaik bagi yang menyukai matahari ini. Bahkan tak jarang juga wisatawan akan bermalam dan melakukan perkemahan hanya untuk berburu sunrise atau menikmati senja dengan pemandangan sunset.

Nah, demikianlah beberapa hal seru yang tentunya bisa dinikmati saat berada di Pantai Sanggar ini. Bagiamana? Menyenangkan bukan? Yuk, susun rencana liburanmu ke sini!

13 Ulasan

  1. Pantai cantik masih sangat alami, airnya biru. Masih sepi pengunjung. Waktu pasang ombaknya gede, lebih baik jangan berenang waktu pasang. Air surut sekitar jam 1an keatas. Tapi sudah ada warung penjual dan kamar mandi umum.

  2. Dulu pas kesana masih sepi dan jalan masih dikeruk menggunakan traktor, dari parkiran sepeda ke pantai jarak lumayan jauh direkomendasikan jangan pas siang2 ya haha, pantai sangat bagus bersih dan ombaknya sedikit menyapu pasirnya, rekomended untuk anak muda karena jalannya melewati hutan2, jangan lupa mencoba..

  3. Tambah lagi fasilitasnya. .semoga jalan menuju pantai segera cepat selesai dan pembangunan tempat wisata di maksimalkan, sehingga wisatawan akan merasa nyaman. .dan arah ke pathok gebang segera di buka saja sehingga keindahan pantai” d tulungagung bisa dnikmati banyak wisatawan

  4. Spot wisata yg masih lumayan alami. Akses masuk yg cukup menantang, terpadu dg beberapa lokasi wisata yg lain, airnya jernih bangget.. Terkadang muncul sekawanan monyet lo.. Awas.. Jangan diburu.. Sayang wisatawan kurang menjaga kebersihan nih..

  5. Sangat asri, pantai nya sepi, sudah ada warung gazebo juga dan toilet pastinya, tp jalanya yg sangat extrim menuju pantai melewati pekarangan rumah jalan satu akses saja. Gak kebayang kalau pas hujan gimana menuju akses ke pantaai sanggar. Tp pantainya sangat bagus dan terbayar sesampainya di pantai

  6. Pantainya bagus sekali, hanya saja akses jalannya sangat jelek, mohon di perbaiki karena medannya juga berbahaya mobil tidak bisa lewat, naik turun gunung tp jalannya rusak padahal di tarik tiket masuk 5000/perorang terus parkirnya jg 5rb, tp tdk ada perbaikan jalan/pembersihan sampah, karena banyak sampah di pinggir pantainya.. maaf sekedar saran saja, but pantai sanggat cantik sekali loh..

  7. Merupakan wisata alam pantai selatan di kabupaten tulungagung. Berada di kecamatan jengglungharjo, Tulungagung mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing maupun lokal. Akses yang melalui jalur pegunungan ini terbilang cukup jauh dari perkotaan namun indah panorama serta landscape pantai akan membayarmu dengan lunas dilengkapi dengan banyaknya kuliner kedai di sekeliling pantai akan menjaminmu betah berhari hari disini. Selain itu juga terdapat area camping yang cukup dekat dengan muara sungai kecil sehingga cocok buatmu yang ingin menginap dan menikmati suasana bermalam sambil memancing di sekitaran muara sungai. Kompleks sekaali. So lets travel together.

  8. Sebuah perjalanan yg cukup menantang adrenalin,, bagi kalian yg ingin berkunjung ke sini di mohon agar siapkan mental anda,, contoh teman saya jatuh ketika berada di jalan tanjakan, untung saja tdk terjadi hal” yg tdk di inginkan

  9. Pantai disini memang belum cukup diketahui, ya karena minim nya akses kesana dan juga jarak tempuh yg diharuskan melewati bukit, tetapi menurut saya pantai ini rekomended banget untuk para pecinta petualangan, selain kita mendapatkan indahnya pantai yg tersembunyi, kita juga dapat merasakan naik turun gunung.

  10. perjalanan 1/2 jam yang menyebalkan dengan jalan yang masih sangat amat rusak dan jalan yang sempit dengan bersampingan langsung dengan jurang dibayar lunas dengan kondisi pantai yang bersih, banyak tempat bersantai/gasebo, ada pula toilet dan ada penjual minuman diarea sekitar pantai..

  11. Pantai yang sangat indah masih alami, biasanya yg rame malam minggu, warung ada 1 yg 24 jam di pantai, keamanan terjaga oleh penduduk sekitar..yang hobi mancing pas juga tu liburan sambil mancing kalau pas malem tambah asyikancing kyaknya

  12. Butuh perjuangan ekstra kesini, kalo nggak yakin kuat bawa kendaraan sendiri mending naik ojek lebih enak, nggak akan nyesel sama sekali setelah liat pantainya yg indah bgt.

  13. Pantai yang perjalanannya sangat butuh perjuangan. Awalnya berangkat berdua bersama kawan dengan sepeda motor. Memasuki jalan tidak beraspal kami mulai tidak yakin, karena jalan terlalu menanjak dan tekstur tanah tidak rata. Sebenarnya beberapa titik sudah disemen, tapi lebarnya tidak sampai 1m. Karena merasa nanggung sudah menempuh perjalanan 1 jam lebih dari rumah, akhirnya kami memutuskan memakai ojek. Oiya, kami lewatnya dari pantai ngalur ya, ngikuti maps aja sih. Sepertinya ada jalan lain yang langsung menuju pantai sanggar. Tapi saya juga belum tahu pasti.
    Sepanjang perjalanan naik ojek saya cuma teriak bak naik roller coaster. Sekitar 10 menit, kami akhirnya sampai di pantai ngalur. Kemudian melanjutkan ke pantai sanggar dengan jalan kaki menembus hutan. Kira-kira 15 menit kemudian kami sampai di pantai sanggar.
    Untung saja pantainya benar-benar masih bagus, walaupun kadang terlihat sampah plastik. Pantai sangat biru dan garis pantai panjang. Banyak pohon yang dapat digunakan untuk berteduh. Namun perlu berhati-hati karena ombak sangat besar dan beberapa titik pasirnya tidak lebar.

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here