Pantai Gemah

Pantai Gemah
Pantai Gemah @ricarahyd

(4.4/5 dari 30 Pengunjung) Baca ulasan

Alamat: Jalur Lintas Selatan, Soireng, Keboireng, Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66275

Pantai Gemah yang berada di Jalur Lintas Selatan ini menyajikan hamparan pantai yang masih bersih dan pemandangan panorama laut yang biru. Karena pantai ini belum banyak di kunjungi wisatawan, maka pantainya masih terlihat sangat bersih belum banyak terkotori sampah yang ditinggalkan pengunjung.

Bila wisatawan kebetulan sedang berada di Kota Tulungagung, ada baiknya sempatkan waktu untuk mengunjungi salah satu wisata alam yang sedang naik daun di kota ini,  Pantai Gemah. Kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini memang sedang ramai diperbincangkan oleh para traveller. Terutama dengan semakin banyaknya wisata alam yang baru dibuka di kota ini.

Meninggalkan sampah di sembarang tempat memang menjadi kebiasaan orang Indonesia yang sulit untuk diperbaiki.  Selain akan merusak keindahan, kebiasaan jelek dengan membuang sampah sembarangan akan membuat orang lain turut melakukan hal yang sama. Tanggung jawab kita semua untuk menjaga keindahan alam milik kita yang telah di anugerahkan Tuhan untuk negeri ini.

Rute Menuju Pantai Gemah

Pantai Gemah berada pada pesisir selatan dari pulau Jawa,tepatnya berada di Desa Keboireng, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Letak Pantai Gemah maasih berada satu kawasan dengan Pantai Popoh yang lebih dahulu dikenal banyak orang.

Bila Anda berkendara dari pusat kota Tulungagung, wisatawan akan menempuh jarak sekitar 37 km. Dengan waktu tempuh selama kurang lebih satu jam bila kondisi jalan tidak terlalu ramai. Dari pusat kota atau alun-alun Tulungagung,  wisatawan hanya perlu menuju ke arah selatan mengikuti Jalan Pesantren lalu melanjutkan perjalanan menuju arah Pasar Boyolangu.

Dari Pasar Boyolangu, wisatawan akan meneruskan perjalanan menuju Jalan Raya Popoh, dan melanjutkan sampai menemukan Jalur Lintas Selatan(JLS). Dari Jalur Lintas Selatan wisatawan hanya perlu mengikuti penunjuk jalan.  Sekitar 10 menit perjalanan, wisatawan akan sampai di Pantai Gemah yang berada di tepi Jalur Lintas Selatan.

Kondisi jalan yang mulus akan sangat memudahkan wisatawan dalam berkendara baik menggunakan sepeda motor ataupun dengan kendaraan roda empat. Karena lokasinya yang mudah diakses, bila wisatawan kebingungan menemukan arah wisatawan bisa membuka GPS dan cukup menuliskan Pantai Gemah sebagai tujuannya.

Harga Tiket Masuk Pantai Gemah

Wisatawan pastinya tidak akan terlalu dalam merogoh kantong untuk bisa masuk kedalam area wisata Pantai Gemah ini. Hanya dengan membayar sebesar 5.000 rupiah maka wisatawan sudah dapat menikmati keindahan alam pantai ini. Namun, harga tiket masuk akan sedikit lebih mahal pada saat liburan sekolah atau ketika libur hari besar.

Untuk membayar parkir kendaraan pun wisatawan tidak akan dikenakan banyak tambahan biaya. Biasanya bila sudah membayar tiket perorang, maka biaya parkir menjadi gratis. Dengan harga tiket masuknya yang terjangkau, ternyata Pantai Gemah menawarkan fasilitas yang cukup lengkap.  Fasilitas yang tersedia di pantai ini adalah kamar mandi, toilet dan musholla.

Selain itu tersedia juga warung-warung yang menjajakan panganan khas Tulungagung berupa menu ikan asap dan es kelapa muda. Serta tersedianya pedagang yang menjajakan souvenir khas pantai berupa kaos dengan tulisan dan gambar pantai yang bisa wisatawan bawa pulang sebagai buah tangan untuk orang-orang terkasih.

Aktivitas Menarik di Pantai Gemah

Pantai Gemah menawarkan pemandangan alam yang sangat indah, dengan ujung utara dan selatannya berupa tebing-tebing batu yang indah. Pasirnya yang putih kecoklatan akan terlihat sangat kontras saat berpadu dengan birunya air laut dan cerahnya langit.

Salah satu yang paling menarik dari pantai ini adalah adanya banyak pohon pinus yang bisa wisatawan jadikan tempat untuk berlindung dari teriknya matahari.

Berikut ini adalah beberapa aktivitas yang bisa wisatawan lakukan selama berada di Pantai Gemah.

1. Menikmati keindahan alam

Pantai Gemah memang unik, bibir pantainya dibatasi oleh tebing batu karang, sehingga memberikan kesan seperti terperangkap dalam sebuah figura lukisan alam yang indah. Selain itu pantainya yang masih bebas dari sampah konsumsi menjadikan aktivitas bermain di pantai menjadi lebih nyaman.

Wisatawan juga bisa menikmati rindangnya pohon-pohon pinus yang tumbuh di sepanjang pantai sekaligus menjadi tempat untuk beristirahat atau menikmati bekal.

Namun, jangan lupa untuk selalu menjaga kawasan pantai ini dari sampah. Di Pantai Gemah telah cukup banyak disediakan tempat sampah, sehingga sangat keterlaluan bila masih ada yang membuang sampah di sembarangtempat.

2. Berenang di laut

Ombak Pantai Gemah cukup tenang, sehingga memungkinkan wisatawan untuk melakukan aktivitas berenang di laut atau sekedar bermain di bibir pantai.

Salah satu ciri khas pantai-pantai di pesisir selatan memang ombaknya yang tenang dan tidak terlalu tinggi. Namun, tetap saja wisatawan harus selalu waspada dan mengawasi setiap kegiatan anak-anak saat berada di air.

3. Berkeliling dengan ATV

Agar lebih dapat menikmati pemandangan alam pantai ini, wisatawan bisa menyewa ATP dan berkeliling pantai dari ujung ke ujung. Dengan harga sewa ATP yang tergolong murah, hanya seharga 20 ribu rupiah untuk 20 menit berkendara, wisatawan dapat berkeliling dan menemukan spot-spot terindah dari pantai ini. Tentu saja pengalaman berkendara dengan ATV di pantai yang tenang seperti ini akan memberikan pengalaman tersendiri.

4. Berkemah di pantai

Karena Pantai Gemah adalah pantai yang menghadap ke arah timur, maka wisatawan bisa mendapatkan pengalaman untuk menyaksikan sunset dan sunrise di pantai ini.

Wisatawan bisa berkemah di pantai, dan menikmati pemandangan matahari terbit ketika malam berganti pagi. Dengan rindangnyapepohonan, wisatawan bisa memanfaatkan pepohonan pinus sebagai spot berkemah yang seru.

Jadi, jangan lewatkan untuk mengunjungi Pantai Gemah bila wisatawan sedang mengunjungi Kota Tulungagung. Lokasinya yang berada tepat di sisi Jalur Lintas Selatan menjadikan lokasi pantai ini sangat mudah untuk ditemukan. Selamat berliburan, dan kunjungi keindahan Indonesiamu.

BAGIKAN

30 Ulasan dari pengunjung

  1. Tempat wisata pantai yang termasuk masih baru, tetapi keindahan panorama alamnya benar2 mempesona dan pantainya cukup panjang, ditambah dengan kulinernya yang enak, lezat, dan harganya relatif murah serta ramah di kantong, apalagi bagi yang berkantong tebal bisa membawa oleh2 khad Tulungagung.

  2. Pantainya indah, asri & sejuk.
    Saat saya berkunjung pd tgl 21 Des sampahnya banyak sekali, tp waktu siang menjelang sore ada kru / relawan yg cukup banyak utk mengatasi sampah tsb shg lngsg bersih.
    Akses jalannya yahud dgn disuguhi view pantai selatan.
    Yang pasti kuliner ikan bakarnya mantap puoolll.

  3. Untuk kunjungan ke 2 ini jalan ke area pantai dan kios”tempat jualan udah rapi,tapi sayang,pantainya jadi kotor karena banyak sampah,tak seindah dan sealami saat beberapa waktu baru di temukan,

  4. Bingung mantai? Suka pantai yang sepi atau ramai? Jika pantai yang ramai adalah pantai kesukaan kalian, saya rekomendasikan Pantai Gemah milik Kabupaten Tulungagung. Disini fasilitas sangat memadai. Dengan banyak pohon pinus dan penjual aneka kuliner dan cindera mata.

    Kalian tidak akan menyesal untuk datang. Karena poin tambahannya adalah, di pantai ini ada berbagai macam wahana. Diantaranya banana boat, atv, motor cross, flying fox, dan naik perahu.

    Tapi jangan kaget dengan sampah disana. Sungguh disayangkan, padahal telah disediakan tempat sampah dam sampah masih berserakan. Meski sampah dimana-mana masih banyak wisatawan dari luar kota. Karena memang tempat ini begitu menarik untuk dikunjungi.

    Selamat berlibur taman-teman!! Jangan lupa buang sampah pada tempatnya dan hati-hati dijalan! 😁

  5. Pantai gemah merupakan pantai yang berada satu jalur dengan pantai-pantai selatan yang ada di Tulungagung. Letak nya juga berada persis di samping jalan trans selatan pantai jawa. Jadi sangat mudah di jangkau. Disini juga banyak di sewakan olahraga Pantai seperti motor trail dan apv. Yang berkisar harga sewanya 50-150 perjamnya. Di sini juga banyak warung makan yang menjajakan masakan pantai seperti ikan bakar

  6. Pantai lumayan bersih , parkir luas , ada sewa atv dan motocross , cuma jam rame antara jam 10.00 – 15.00 di sarankan datang jangan di antara jam itu.c

  7. Kalau ke Pantai Gemah gunakan jalur timur/warna biru (lewat JLS), sebab jalur barat (desa) agak sulit dilalui. Jalur timur untuk semua kendaraan (Bis, Elf, Motor, dll). Jalur barat untuk petualang motor cross/trill dsj.

  8. Pantai Gemah terletak di Jalur Lintas Selatan Tulungagung tepatnya kecamatan Besuki. Pantai ini memiliki garis pantai yang panjang serta kehijauan dan lebatnya pohon yang memikat mata. Disini banyak tersedia warung serta kios yang menjual beraneka ragam makanan, minum, souvenir dan pakaian khas pantai ini. Selain itu terdapat juga banyak penyewaan motor cross dan ATV yang bisa pengunjung sewa untuk menelusuri pantai dengan harga yang sepadan. Pantai ini sangat cocok untuk keluarga yang ingin berpiknik.

  9. Tiket murah.. Parkir luas. Hny waktu dipantai byk sampah dan byk pengendara yg menggunakan ATV dan sepeda motor sangat mengganggu dan berbahaya utk anak2 yg bermain di pantai. Kalo bisa dibatasi tu pengguna ATV n sepedamotor didalam pantai.

  10. Pantai gemah
    Benar benar menunjukan kekayaan alam indonesia yg berada di tanah Jawa tepatnya berada di Tulungagung
    Gemah ripah lohjinawi
    Mungkin kata gemah berasal dari kata tersebut
    Tanah di sekitarnya subur, banyak pertokoan dan rumah warga di sekitar pantai gemah
    Ada pasar oleh” di dekat pintu masuk yg menjajakan berbagai barang dagangan dan juga ada banyak ikan asap di pantai gemah

  11. Akses jalan baik menuju lokasi.. pemandangan dari atas gunung bagus sekali… sayang di bibir pantai kotor banyak sampah plastik..
    Untuk yang bawa keluarga (anak2) harus dijaga ekstra karena di pantai juga disewakan ATV dan trail… sehingga harus hati hati agar tidak terlanggar.

  12. Seru ,perjalanannya mulus,sesampainya disana bisa main flying fox,banana boat,naik perahu,naik ATV, motor trail,ayunan,main pasir main air, terdapat banyak tempat makan dan pasar ikan, jika kurang persiapan juga banyak toko yg menyediakan kaos celana dan juga sewa tikar, sayangnya ditepi pantai airnya keruh coklat dan pasirnya kotor sekali dengan pecahan bambu2 kecil yg saya rasa cukup membahayakan kaki anak2 yg sedang melompat2 bermain ombak

  13. Pantainya bagus banget
    Dari dulu explore pantai dari daerah tangerang sampe banyuwangi
    Ini yang paling bagus
    Soalnya pantai letaknya diantara bukit gitu
    Pemandangannya oke banget
    Fasilitas juga oke
    Recomended bagi orang yang suka explore atau lagi nyari destinasi wisata pantai yang bagus buat acara2 pribadi atau umum

  14. Amazing beach.. Rekomended banget, untuk liburan bersama teman, keluarga ataupun pasangan cocok. Pemandangannya bagus, dan cocok juga untuk para pecinta photografi karena objek2nya bagus. Tempatnya juga bersih. Kalo ingin beli makanan2 ringan atau sekedar oleh2 ada disekitar sana,

  15. Tempat yg recomended untuk dikunjungi selama liburan, baik bersama teman, keluarga atau pacar. Fasilitas jalan bagus, pemandangan alam yg luar biasa dan kuliner seafood yg begitu menggoda, jangan sampai dilewatkan tempat ini apabila anda berkunjung ke Tulungagung, mantap.

  16. Sebagian besar pantai di kawasan Selatan Blitar – Tulungagung – Trenggalek relatif sulit dijangkau karena harus naik turun bukit pegunungan selatan Jawa, namun tidak demikian dengan Pantai Gemah di Kab. Tulungagung ini. Satu-satunya pantai di kawasan selatan yang sangat mudah dijangkau dengan kendaraan.

    Pantai ini konon baru “ditemukan” setelah dibangunnya Jalan Lintas Selatan (JLS) di wilayah Tulungagung. Bisa jadi karena belum adanya akses jalan masuk ke pantai itu di masa lalu maka tidak ada yang tertarik ke sana, namun begitu JLS selesai dikerjakan ribuan orang datang ke tempat ini.

    Dua tahun yang lalu pantai ini masih sangat sepi, kata kakak saya. Dia tidak menyangka kemarin, 16 Desember 2018 ketika kami pergi ke sana bersama-sama keluarga. Ratusan kendaraan yang mengangkut ribuan wisatawan datang ke sana.. wow.

    Dapat dipahami jika pada akhirnya fasilitas pendukung seperti kamar mandi, parkir, tempat sholat harus antri karena diserbu wisatawan di musim liburan seperti ini. Ikan bakar dan tempat makan siang laris manis kendang kimpul.

    Pantainya kotor dan banyak sampah? Ah itu terjadi di hampir semua pantai di negara ini, karena bisa jadi laut kita memang sudah penuh dengan sampah…. hmm

  17. Pantainya nyaman…ombak kebetulan besar,jd banyak sampah di daerah pesisir,namun pengelola mengerahkan anggota untuk membersihkan sampah yg berserakan,perlu peningkatan bak sampah lagi agar pengunjung tidak buang sampah sembarangan,sampah yg mudah ditemukan adalah plastik bekas orang makan pentolc

  18. Cukup lumayan secgar hawanya pengunjung dimanjakan dengan banyaknya pohon cemara menambah suasana sejuk ditambah angin dari laut ….hanya saat ini pantainya agak kotor informasi yang kami terima karena bendungan nyama dibuka

  19. Suasana pantai yang indah, ada sewa atv atau sepeda motor mini, tempat santai, sewa tikar, sewa ban, mainan pasir, bakar ikan laut, cocok untuk acara bareng teman family kolega di pinggir pantai dengan diiringi musik, parkir sudah bagus, bis juga bisa masuk, minuman beraneka ragam,

  20. Pantai dengan pasir putih yang baru dibuka di Tulungagung. Dari segi akses, pantai adalah yang paling mudah dijangkau. Aksesnya berada di samping jalur lintas selatan yang baru dibuka.

    Wahana yang bisa kamu nikmati ada ATP, banana boat. Pantainya agak sedikit kotor, tapi masih bisa dinikmati. Yah, setidaknya bukan pantai kumuh.

    Di sekitar situ juga banyak penjual makanan. Saya belum nyobain, jadi nggak bisa kasih review di sini.c

  21. Pemandangan pantai nya bagus di bibir pantai bersih, tapi di bibir pantai kurang nyaman untuk di pakai bermain karena banyak lalu lalang kendaraan ATV sehingga membahayakan, parkiran gak tertata akses jalan masuk lokasi pantai bagus.

  22. Bagus sih, tp ada yg g terawat pantainya. Ada bagian yg kotor penuh sampah kayu2 kecil. Hati2 pas melangkah disini. Tp kamar mandinya banyak dan bersih. Pantai yg paling dekat dari rumah meskipun butuh 2 jam perjalanan. Cocok buat piknik tipis bareng keluargac

  23. Pantai yang cantik dengan pasir hitamnya…nyaman untuk rekreasi keluarga…banyak tersedia toilet dan mushollah…tersedia persewaan motor ATV dan motor trail mini…persewaan tikar juga banyak…tak perli khawatir hrg makanan disini standard ndak pake mehong…waktu tempuh jg relatif singkat 4 jam dari sidoarjo…oiya ..kita bisa mengadakan acara gathering ..soundsistem bs sewa disini …banyak kios yg menyediakan

  24. Tempat yg bagus untuk rekreasi bersama teman maupun keluarga.
    Terdapat persewaan sepeda dan motor ATV ( motor pantai )
    Tersedia juga perahu untuk di sewa.per orang d kenakan biaya Rp.10.000 –
    Terdapat musola juga dan terdapat warung berjejer2.

  25. Kedua kalinya saya bisa datang ke sini (Pantai Gemah) yang tidak di ragukan lagi keindahan pemandangannya dan suasana bercengkrama menggelar tikar di bawah pohon-pohon yang rimbun dengan keluarga, sanak sodara sambil menikmati hembusan angin laut. Mau jalan-jalan di sepanjang pinggir pantai tidak perlu lelah berjalan karena sudah disediakan persewaan motor di arean pantai. Ingin merasakan ombaknya pantai di tengah laut, sudah disediakan persewaan perahu. Dengan ombak yang tidak terlalu besar, anak-anak bisa bermain air di pinggir pantai. Tidak kalah pentingnya kita juga dapat menikmati makanan dengan lauk ikan bakar yg masih segar. Suasana liburan memang sangat ramai pengunjungnya.

  26. Pantai yang sangat bagus bagi saya dan keluarga untuk mengisi waktu liburan. Biasanya saya datang pagi-pagi sekitar jam 8 karena tidak terlalu panas dan masih sepi, semakin sore semakin ramai pengunjungnya. Akses untuk kesana lumayan mudah, cukup ikuti petunjuk yang ada di Google Maps atau petunjuk yang ada di tepi jalan. Namun yang lebih mudah dan pasti silahkan bertanya saja pada warga sekitar Tulungagung dan Trenggalek.

    Disana saya bisa menikmati sejuknya hawa pantai sambil piknik bersama keluarga, cukup sewa tikar dengan harga yang sangat murah.

    Tiket masuk sudah termasuk biaya parkir dan asuransi jiwa. Lahan parkirnya sangat luas dan teduh karena banyak pohon yang besar.

    Saya biasanya naik perahu bersama anak saya, lalu menyewa ATV atau Motor Trail. Yang belum pernah kami coba yaitu wahana Banana Boat dan Flying Fox. Anak saya sangat senang sekali bermain air ombak, pasir dan mencari kerang. Ombaknya tidak terlalu besar. Pasirnya berwarna coklat.

    Untuk kerbersihan sangat disayangkan mungkin karena kurangnya kesadaran dari kita, saya sering menemukan bungkus plastik di pantai yang ikut terbawa ombak.

    Saya berkeinginan untuk kesana lagi nanti saat liburan keluarga.

  27. Pantai yg baru dibuka.kurang lebih 2th info dr para pedagang disana
    Banyak.wahana permainan buat anak anak, ada flying fox bagus
    Sewa ATV 1 jam rate 80k,bisa sewa selama 30 menit kog….gratis kalo cuma.buat selfi berfoto ria
    Banyak ikan asap di jual di warung2 ..ada cumi asap juga , makanan cukup murah disana.
    Camping disana sangat enak..jd bisa menikmati sunset dan sunrise..kereen
    Pantai cukup exotic ..selama perjalanan kita di suguhi view pegunungan cakep

  28. Pantai Gemah adalah sebuah pantai yang berada di Tulungagung Jawa Timur didaerah Tulungagung selatan. Pantai Gemah memiliki area parkir yang luas, wahana yang asik serta pemandangan yang indah. Gemah cocok untuk wisata keluarga maupun liburan sekolah, banyak warung ikan dan juga toko pakaian oleh-oleh pantai gemah.

  29. Lebih suka pemandangan diperjalanannya sih. Bagus banget. Sayang pasirnya masih coklat. Tapi recommended banget buat wisata keluarga. Tempat untuk bersantai sangat memadai, ada penyewaan tikar juga.
    Dan banyak penjual ikan segar maupun ikan asap yang siap dijadikan olehΒ² buat yang di rumah.

  30. Jalan buat ke pantai oke bagus, aman, dan mulus…menjangkau pantai juga gampang dri parkiran…tpi sayang…😒😒 begitu sudah ramai pengunjung pantainya jdi kotor…😒😒 bnyak orang yg buang sampah sembarangan. Menurut pengalaman saya, pesan buat pengelola tempat tolong sediakan tempat sampah yang buuuuuuuaaanyaaaakkk…karena jumlah tempat sampah tidak sebanding dengan jumlah pengunjung yg membludak. Terimakasih.

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here