Pantai Karang Bokor

Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak, Banten 42393

Karang Bokor
Karang Bokor / TYO Project

(5/5 dari 1 Pengunjung) Baca ulasan

Desa wisata Sawarna punya banyak tempat wisata menarik yang untuk dikunjungi, salah satunya adalah Pantai Karang Bokor. Daya tarik dari objek wisata ini yaitu pemandangan laut lepas yang menakjubkan.

Untuk yang pertama kali mengunjungi tempat ini akan takjub dengan pemandangan yang disuguhkan Pantai Karang Bokor. Pengunjungi bisa melihat luasnya lautan di atas ketinggian yang disertai suara deburan ombak.

Salah satu bagian menarik lainnya dari objek wisata Karang Bokor yaitu adanya jembatan gantung. Saat melewati jembatan ini seolah seperti sedang berjalan di atas lautan.

Meski tempat wisata ini baru dibuka untuk wisatawan, namun jadi tempat yang wajib dikunjungi saat liburan ke Sawarna. Punya pemandangan yang indah, fasilitas, dan tempat yang cukup terawat.

Keindahan Pantai Karang Bokor

karang bokor sawarna
Karang Bokor Sawarna / Lucky Ariya

Penamaan ‘Karang Bokor’ berasal dari pulau berukuran kecil dekat tebing yang menyerupai bokor. Pulau tersebut terdiri dari batuan karang yang di atasnya ditumbuhi berbagai tanaman khas pantai.

Sebelum melihat pemandangan lautan lepas, saat melewati pintu masuk pengunjung akan disuguhi pemandangan hutan yang cukup lebat dengan pepohonan. Hawa sejuk akan terasa dan udaranya cukup menyegarkan.

Dari tempat parkir, bisa dilanjutkan dengan jalan kaki. Mata akan lebih leluasa melihat keadaan sekitar, banyak dijumpai beragam jenis pohon dengan berbagai ukuran.

Saat mendekati objek utama dari tempat wisata ini, pengunjung bisa melihat pemandangan lautan lepas yang menakjubkan. Saat mendekati bibir tebing akan nampak juga gelombang ombak besar yang menabrak karang,

Suara desir angin dan deburan ombak akan menemani pengunjung selama berada di tempat ini.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke tempat wisata Pantai Karang Bokor adalah Rp20.000 per orang, itu belum termasuk biaya parkir. Meski lebih mahal dibandingkan tempat wisata Sawarna lainnya, namun sepadan dengan fasilitas dan pengalaman yang didapat.

Hal ini karena tempat wisata ini dikelola oleh pihak swasta. Itu sebabnya tempat wisata ini lebih terkonsep, memiliki fasilitas pendukung dan cukup terawat, karena perlu biaya yang cukup besar.

Fasilitas seperti kamar mandi, tempat duduk, dan spot foto sudah tersedia di tempat ini.

Rute Menuju Lokasi

Rute menuju Pantai Karang Bokor tidak jauh berbeda dengan rute menuju Pantai Sawarna. Lokasi tempat wisata ini berada diantara Pantai Goa Langir dan Pantai Pulo Manuk.

Untuk sampai ke tempat ini ada beberapa rute yang bisa digunakan. Silahkan pilih salah satu rute yang paling dekat dengan titik keberangkatan. Berikut rutenya.

Dari Jakarta

Untuk wisatawan yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya ada 2 jalur yang bisa digunakan, yaitu jalur timur dan barat. Untuk jelasnya bisa dilihat di bawah ini.

Jalur Timur

Jika dari Jakarta menggunakan jalur timur, maka sudah pasti akan melewati Kota Bogor.

  • Dari Jakarta ⇒ Ciawi, Bogor ⇒ Cibadak ⇒ Pelabuhan Ratu
    ⇒ Cisolok ⇒ Sawarna
  • Dari Jakarta ⇒ Ciawi, Bogor ⇒ Cikidang ⇒ Pelabuhan Ratu ⇒ Cisolok ⇒ Sawarna
  • Dari Jakarta ⇒ Bogor ⇒ Cijeruk ⇒ Cikidang/Cibadak ⇒ Pelabuhan Ratu ⇒ Cisolok ⇒ Sawarna

Jalur Barat

Jika akan menggunakan jalur barat, ada beberapa pilihan jalur yang bisa digunakan.

  • Dari Jakarta ⇒ Serang ⇒ Pandeglang ⇒ Saketi ⇒ Malingping ⇒ Bayah ⇒ Sawarna
  • Dari Jakarta ⇒ Rangkasbitung ⇒ Gunung Kencana ⇒ Malingping ⇒ Bayah ⇒ Sawarna
  • Dari Jakarta ⇒ Cilegon ⇒ Anyer ⇒ Labuan ⇒ Malingping ⇒ Bayah ⇒ Sawarna

Dari Bandung

Untuk wisatawan yang berasal dari Bandung dan sekitarnya, bisa menggunakan rute berikut.

  • Dari Bandung ⇒ Cianjur ⇒ Sukabumi ⇒ Cibadak ⇒ Pelabuhan Ratu ⇒ Cisolok ⇒ Sawarna.

Hal Menarik

Sama halnya dengan tempat wisata lainnya, ada banyak hal menarik yang bisa kita jumpai di tempat wisata Pantai Karang Bokor. Apa saja itu? Beberapa diantaranya:

1. Menikmati Pemandangan Laut Lepas

Ada beberapa titik dengan pemandangan laut lepas yang Indah di tempat wisata ini, yang paling bagus ada di bagian dekat bibir tebing dekat batu Karang Bokor dan dekat caffe.

Selain bisa dengan berjalan-jalan, pengujung juga bisa menikmati pemandangan sambil duduk di tempat yang sudah disediakan. Tinggal pilih tempat terbaik.

Saat mendekati bibir tebing harap hati-hati, jangan sampai melewati pagar pembatas.

2. Menyusuri Hutan Lindung

Karena lokasi tempat wisata ini berada di hutan lindung Saketeng. Jadi selain bisa menikmati pemandangan laut, pengunjung juga bisa melihat berbagai jenis tumbuhan khas hutan dekat pantai.

Menyusuri hutan bisa menambah pengetahuan jika kita melakukannya ditemani oleh guide yang sudah tahu seluk beluk tentang hutan ini, kita bisa menanyakan nama dan jenis tumbuhan yang dijumpai.

3. Melewati Jembatan Gantung

pantai karang bokor sawarna
Rani Agustin

Hal yang tidak boleh dilewati saat berkunjung ke Pantai Karang Bokor adalah melewati jembatan gantungnya. Bisa untuk menguji adrenalin. Pemandangan dari bagian jembatan juga tidak kalah indah.

Dari area jembatan gantung inilah pengunjung bisa melihat bentuk Karang Bokor dalam bentuk yang sempurna. Meski begitu, saat melewati jembatan gantung harap tetap hati-hati.

4. Memberi Makan Monyet

Di beberapa titik, akan kita jumpai kawanan monyet yang memata-matai para pengunjung. Kita bisa memberi makan para kawanan monyet tersebut dengan makanan ringan.

Saat memberi makan kawanan monyet, pastikan menjaga barang bawaan, jangan sampai lengah karena kawanan bisa mengambil barang pengunjung.

5. Menikmati Sunrise dan Sunset

Pemandangan saat matahari terbit dan tenggelam di tempat ini sangat mempesona. Warna langit jingga, pantulan sinar matahari yang mulai terbit dan tenggelam akan membuat pemandangan semakin indah.

Untuk menikmati pemandangan mata hari terbenam, pengunjung bisa mendatangi tempat ini di sore hari, sedangkan untuk menikmati matahari terbit disarankan untuk bermalam di penginapan yang berada di lokasi.

Jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen di tempat ini dalam bentuk foto dan video sekedar untuk kenang-kenangan yang bisa diunggah ke media sosial seperti Facebook dan Instagram.

Akomodasi Penginapan

Sebenarnya di tempat wisata sudah ada penginapan untuk tempat bermalam, namun karena jumlahnya terbatas dan harganya terbilang lebih mahal maka bisa coba beberapa penginapan terdekat berikut.

Sawarna Resort (Sares)

Jika mencari penginapan yang nyaman dan lokasinya dekat dengan banyak tempat di Sawarna maka bisa coba bermalam di Sawarna Resort (Sares). Lingkungan dan fasilitas kamar mendukung untuk liburan jadi seru.

Ada beberapa tipe kamar yang bisa dipilih seperti tipe deluxe double atau twin bed untuk dua orang atau bisa ambil tipe barak dan family jika liburan bersama rombongan.

Selengkapnya bisa kunjungi laman website Sawarna Resort (Sares)

Pulman Lampion Cottage

Meski tidak semewah Sawarna Resort (Sares), namun lokasi penginapan ini berada tepat depan Pantai Pulo Manuk. View dari depan kamar langsung menghadap ke pantai.

Ada tipe kamar ukuran standar untuk dua orang, dan tipe barak dan family untuk rombongan atau keluarga. Tinggal pilih sesuai kebutuhan dan jumlah orangnya.

Untuk informasi fasilitas, jenis kamar dan ratenya bisa dilihat pada laman Pulman Lampion Cottage

Little Hula Hula

Pilihan penginapan selanjutnya ada Little Hula Hula. Penginapan ini sudah lama berdiri dan cukup terkenal di Sawarna. Lokasinya berada di jalan utama Desa Sawarna, jadi dekat ke banyak tempat.

Ada banyak pilihan kamar, namun kebanyakan tipe kamarnya untuk 4 orangnya. Kamar khusus untuk 2 orang hanya tersedia 1 kamar sama. Untuk jenis kamar dan harga sewanya bisa dilihat pada laman Little Hula Hula.

BAGIKAN

1 Ulasan

  1. Assalamualaikum wr wb semangat pagi semua. mudah-mudahan yang baca postingan saya diberikan rezeki lancar dan panjang umur.
    Pantai karang bokor terletak di desa Sawarna. untuk menuju kesini dari Tangerang sekitar 5-6 jam perjalanan santai. suasana masuk kedalamnya banyak hutan hutan, adem, dan untuk pantainya sangat bagus untuk spot foto, menikmati liburan bersama pasangan , teman dan keluarga. cuma butuh pengelolaan fasilitas seperti mushola, toilet dan sebagainya biar lebih mantab karena destinasi wisatanya sangat bagus. untuk harga tiket masuk per orang 20 ribu , parkir motor 3000 dan parkir mobil 4000. menurut saya worth it kok. hati2 juga dengan barang bawaan karena disana banyak monyetnya. Terima kasih

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here