Pantai Kelapa Warna

Jl. Nasional III, Kabupaten Lebak, Banten 42392

Pantai Kalapa Warna
Pantai Kalapa Warna / nisrina_1765

(4.7/5 dari 12 Pengunjung) Baca ulasan

Sebagai salah satu destinasi wisata yang terbilang baru di daerah pesisir Lebak-Banten, Pantai Kelapa Warna menjadi salah satu pantai yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar kota.

Selain menyajikan pemandangan laut yang menakjubkan, pengunjung juga akan dimanjakan dengan beberapa spot foto menarik yang tersedia dibeberapa titik lokasi pantai.

Pantai yang sudah dibuka sejak pertengahan tahun 2019 lalu ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang, ini dikarenakan Pantai Kelapa Warna memiliki banyak tempat yang bisa digunakan untuk berbagai aktivitas wisata pantai, seperti duduk santai dibawah rindangnya pohon kelapa hingga berenang ketika ombak sedang surut.

Berbekal keterampilan dan kekompakan pemuda setempat, pantai yang dulunya dianggap tidak memiliki potensi ini, diubah menjadi salah satu tempat wisata pantai yang tidak kalah bagusnya dengan pantai lain yang ada di Lebak selatan.

Lokasinya pun sangat mudah di akses oleh berbagai jenis kendaraan, baik pengunjung yang datang dari arah Kota Serang maupun pengunjung yang datang dari arah Pelabuhan Ratu.

Deskripsi Pantai Kelapa Warna

Area Pantai Kalapa Warna
Pantai Kelapa Warna di kala senja, memberi rindu / setiawanamarullah

Sesuai dengan namanya, Pantai Kelapa Warna seakan mempunyai sekumpulan warna yang serasi, rimbunnya daun kelapa serta batang pohonnya yang di cat warna-warni menambah kesan eksentrik dari pantai ini. Konsep yang serupa juga diterapkan di hampir semua sudut lokasi.

Tersedia juga beberapa gazebo, villa, tempat untuk mendirikan tenda, dan warung-warung milik warga setempat yang dikonsep rapi sehingga pantai ini tetap terjaga keindahannya, sehingga wisatawan yang datang dari luar kota khususnya tidak akan khawatir apabila hendak ingin menginap di area Pantai Kelapa Warna.

Di ujung timur lokasi pantai terdapat hamparan pasir yang cukup luas yang bisa digunakan untuk beragam jenis kegiatan pantai. Seperti bermain pasir bersama sanak keluarga, bermain Layangan, hingga bermain voli pantai juga bisa dilakukan.

Bahkan jika laut sedang surut, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas di atas hamparan karang yang dangkal sambil asyik berenang. Kebanyakan dari pengunjung biasanya berburu hewan laut atau mencari kerang di sekitar area pantai.

Rute Menuju Lokasi

Karena lokasi pantainya sendiri berada di pertengahan ruas jalan Nasional Malingping-Bayah, tepatnya di Kp. Panyaungan Ds. Panyaungan Kec. Cihara. Untuk sampai ke Pantai Kelapa Warna bisa ditempuh melalui jalur Saketi, Gunung Kencana, atau melalui Pelabuhan Ratu, Sukabumi.

Untuk wisatawan yang berangkat dari kota Tangerang maupun dari Jakarta bisa menggunakan jalur Rangkasbitung > Gunung Kencana > Malingping.

Selain kondisi jalan yang sudah di cor dan sebagian sudah beraspal, juga karena saat ini sudah tersedia gerbang Tol Rangkasbitung, sehingga akan memudahkan perjalanan khususnya bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan roda empat.

Dan berikut adalah informasi rute yang bisa dilalui jika akan mengunjungi pantai Kelapa Warna.

Lewat Jalur Gunung Kencana

  • Dari Jakarta menuju > Rangkasbitung > Cileles > Gunung Kencana > Malingping > Panyaungan, Kelapa Warna
  • Dari Jakarta menuju > Serang > Petir Sampay > Cileles > Gunung Kencana > Malingping > Panyaungan, Kelapa Warna

Lewat Jalur Saketi

  • Dari Serang menuju > Saketi > Malingping > Panyaungan, Kelapa Warna

Lewat Jalur Pelabuhan Ratu

  • Dari Bogor menuju > Cibadak, Sukabumi > Pelabuhan Ratu > Cisolok > Bayah > Panyaungan, Kelapa Warna
  • Atau juga bisa dari Bogor menuju > Cibadak, Sukabumi > Cikidang > Cisolok > Bayah > Panyaungan, Kelapa Warna

Harga Tiket Masuk

Mulai dari tanggal 25 Desember 2021, untuk masuk ke Pantai Kelapa Warna pengunjung tetap tidak dikenakan biaya perorangan, hanya ada sedikit kenaikan harga tiket parkir untuk beberapa jenis kendaraan saja.

Namun kenaikan harga tersebut masih terbilang murah jika dibandingkan dengan tempat wisata lain yang sudah menerapkan tarif harga perorangan bagi wisatawan.

Jenis KendaraanHarga tiket Parkir
MotorRp10.000
Mobil Sedan Rp25.000
Mobil Pick UpRp35.000
Bus / Rombongan Rp40.000 s/d Rp60.000
* Harga tiket parkir bisa berubah sewaktu-waktu.

Hal Menarik

Yang menarik dari pantai Kelapa Warna yaitu di setiap sudut pantai terdapat beragam spot poto unik, sehingga pengunjung bisa mengabadikan momen dengan latar belakang pemandangan yang berbeda. Seperti spot foto terbaru yang menjadi daya tarik pengunjung. Yaitu :

Sofa Pantai Warna Warni

Sofa Pantai Warna Warni
Sofa warna warni / elvanovianti7

Duduk dan berbincang santai sambil meminum air kelapa muda diatas pasir beralaskan sofa warna-warni bersama pasangan, kerabat, atau keluarga tercinta, sambil melihat pemandangan birunya langit dan air laut yang menakjubkan mata.

Rumah Segitiga Mini

Rumah Segitiga Mini
Rumah mini berbentuk segitiga / mzaenalafriza

Rumah-rumahan yang berbentuk segitiga sama kaki atau warga sekitar biasa menyebut rumah Kurcaci, menjadikan pengunjung seakan dibawa ke dimensi lain.

Miniatur Menara Eiffel

Miniatur Menara Eiffel
Miniatur Menara Eiffel di bibir pantai / jakok18as

Satu lagi yang menjadi Ikonis pantai Kelapa Warna yaitu adanya tiruan menara Eiffel diatas hamparan pasir. Seperti yang kita ketahui bahwa menara Eiffel asli itu adanya di kota Paris, namun ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang.

Aktivitas Wisata di Pantai Kelapa Warna

Tidak berbeda dengan pantai lain pada umumnya, pantai ini juga menawarkan beragam aktivitas wisata pantai kepada wisatawan, yaitu :

Ayunan di bawah Pohon Kelapa

Aktivitas pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mencoba bermain Ayunan. tidak hanya Ayunan untuk orang dewasa saja, disini juga sudah menyediakan Ayunan yang aman untuk digunakan oleh anak-anak.

Bermain Pasir

Salah satu kelebihan di Kelapa Warna ini yaitu letak pasir yang berada di bawah rindangnya pohon kelapa, sehingga ketika hendak bermain pasir di siang haripun sangat nyaman dan sejuk terlindung dari sinar matahari. Sangat cocok untuk wisatawan yang datang bersama anak-anak, namun orang tua diharapkan agar bisa memberikan bimbingan kepada anak supaya bisa tetap menjaga kebersihan di area pantai.

Berenang

Ketika berwisata ke pantai memang kurang lengkap rasanya jika tidak mencoba kegiatan yang menyenangkan ini. Namun perlu di ingat bahwa karakteristik ombak di laut selatan yang cukup besar, diharapkan agar pengunjung memastikan kondisi ombak aman terlebih dulu sebelum berenang. Untuk memastikannya bisa tanya ke penjaga pantai atau sekurangnya bisa ditanyakan ke warga setempat.

Akan tetapi di pantai Kelapa Warna ini memiliki titip lokasi aman untuk berenang, sudah tersedia juga batasan area berenang yang terlihat jelas ditepian pantai.

Olahraga Pantai

Selain memiliki hamparan pasir di bawah pohon kelapa yang rindang, di sisi timur pantai Kelapa Warna juga memiliki hamparan pasir yang cukup luas yang bisa digunakan untuk olahraga pantai seperti bermain sepak bola pantai, dan bermain Voly pantai. Bahkan diwaktu-waktu tertentu suka diadakan lomba lain seperti balap karung, panjat pinang, dan perlombaan seru lainnya.

Menyantap Ikan Bakar

Bagi wisatawan yang ingin menikmati hidangan ikan bakar sehabis puas bermain, bisa langsung memesannya di beberapa warung dekat area pantai. Ikan yang disajikan disini dijamin masih segar, juga karena lokasi pelelangan ikan yang bersampingan dengan Pantai Kelapa Warna sehingga ketersediaan ikan segar disini hampir tidak pernah ada.

Menyaksikan Matahari Terbenam (Sunset)

ini dia yang ditunggu-tunggu. ya, Sunset. Keindahan fenomena alam ciptaan tuhan yang satu ini memang tidak ada habisnya untuk dibicarakan. Senja, Kopi, dan air laut. Aaah… Mantap!

Beberapa pantai di Lebak selatan tak terkecuali pantai Kelapa Warna, adalah pantai dengan spot terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam.

Memancing

Mungkin tidak begitu banyak pengunjung yang melakukan salah satu aktivitas dilaut yang satu ini. Sedikit tambahan informasi saja untuk wisatawan, bahwa di pantai Kelapa Warna juga merupakan salah satu spot memancing ikan yang strategis. Terdapat berbagai jenis ikan laut seperti ikan Kakap, ikan Sembilang, Ikan Cencaru, dan masih banyak lagi jenis ikan dangkal yang bisa dijadikan target memancing.

Tips Berkunjung Ke Pantai Kelapa Warna

Agar liburan berjalan lancar dan bisa memberikan pengalaman yang menyenangkan maka tidak ada salahnya untuk mempersiapkan beberapa hal berikut.

  1. Sebaiknya pantau terlebih dahulu perkiraan cuaca sebelum berangkat, cuaca buruk bisa merusak momen liburan.
  2. Membawa perlengkapan berenang dan main pasir jika liburan bersama keluarga.
  3. Untuk yang pertama kali berenang di pantai jangan terlalu ke tengah.
  4. Jangan lupa membawa uang tunai, karena ATM cukup jauh lokasinya.
  5. Tidak meninggalkan sampah apapun, karena sampah bisa merusak ekosistem laut dan merusak pemandangan.

Itulah ulasan mengenai Pantai Kelapa Warna, jika terdapat informasi yang keliru dan punya pengalaman yang berbeda ketika mengunjungi pantai ini maka bisa kirim ulas

VIAYudha Maulana
BAGIKAN

12 Ulasan dari pengunjung

  1. Cocok banget untuk liburan keluarga… Adem,karena banyak pohon kelapa…. Dan banyak tempat duduk di bawah pohon kelapa… Jajanan juga masih harga wajar,banyak spot foto yg ok,harga tiket masuk lumayan murah 10rb/kendaraan,itu udah plus parkir,dan harga bukan per orang tapi per kendaraan

  2. HTM nya 10,000 permotor berikut orang nya, good view , tempat nya teduh banyak pohon kelapa yg di cat warna warni batangnya, banyak tempat spot buat Selfi, pasir nya lembut , ada homestay, laut nya jernih, recommended deh

  3. Akses jalan menuju tempat wisata sudah bagus, hanya jalannya sempit, petunjuk yg dipasang di jalan raya kurang jelas, sehingga sulit terlihat bagi wisatawan dari luar daerah.
    Pantainya indah dengan berbagai spot foto buatan yg disediakan oleh pengelola.
    Cukup bersih & tersedia beberapa toilet & WC umum, serta banyak pedagang yang menawarkan aneka makanan dan minuman.

  4. Pantainyy bersih dan tempatnya lumayan sejuk apa lagi dengan banyaknya tempat untuk berfoto itu bikin pantainya lebih bagus…dan untuk sampahnya juga ada kusus, dari pihak pengelola sendiri jadi gak dibiarkan berantakan kaya tempat lain…Satu tambahan saja sih..mungkin kalau ditambahkan kolam renang untuk anak anak mungkin jauh lebih keren……Tetapi buat saya ini adalah salah satu pantai yang benar-benar di lestarikan….tempatnya di Lebak yang pernah saya kunjungi….jadi buat Pantai Kelapa Warna👍

  5. Pantainya sejuk, banyak pohon kelapa… Cocok untuk bermain anak dan kumpul keluarga atau dengan teman-teman. Tapi tetap patuhi prokes ya dimasa pandemi seperti sekarang ini.

  6. Pantainya masih bening dan pengunjungnya pun ga serame pantai carita, anyer, dll

  7. Rada overrated sebenernya karena tempatnya yg sempit dan dekat garis pantai. Hanya di sini banyak hiasan-hiasan dan media unik untuk berfoto. Datanglah pagi hari untuk menghindari keramaian karena tempatnya sedamg populer. Tiket parkir motor dan mobil masing-masing Rp.5000,- dan Rp.10.000,-. Jalan masuk ke tempatnya kalau tidak diperhatikan benar-benar bisa terlewatkan begitu saja karena hanya diberi baner kecil yg letaknya di bahu jalan.

  8. Indah banget, ga sia-sia perjalanan dari bogor ke bayah. Disuguhin pemandangan yg bikin pengen balik lagi,, mantai sekalian hunting batu karang buat aquarium. Mantap

  9. Tiket masuk saat lebaran 20rb/mobil, untuk hari biasa murah 10rb/mobil , dagangan bakso , mie instan , kopi harga murah sama seperti harga di rumahan , untuk berenang wajib ngikutin aturan pengelola sampai pantai surut dan ombak tenang , sayangnya pantainya tidak bisa buat mancing karena banyak karang

  10. Dari awal adanya pantai kalapa warna baru kemarin pgn bgt kesana, emang worth it banget tempatnya, fasilitasnya juga sudah lumayan tapi yah, dari segi sampahnya juga udah bersih, kalo aku kasih saran sih kesananya sekitar jam 4 karna sunset nya Bener2 sempura.

  11. Tempatnya bagus, salah jadwal main kesini karena pas sampai ombaknya lagi sedang tinggi-tingginya. Harga sewa saung masih terbilang murah, Rp. 50.000 jajanannya juga masih harga terjangkau. Ngecamp disini bawa anak kecil juga aman.

  12. Asyikk tempatnya, ada bbrp spot untuk foto instragamable banget..
    Pantainya untuk bermain anak-anak pun nyaman.. Akses jalan dr Anyer atau pin rangkasbitung jalannya mulus cor beton.

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here