Pantai Cihara

Ciparahu, Cihara, Kabupaten Lebak, Banten

Pantai Pasir Putih Cihara
Pantai Pasir Putih Cihara / Andromeda 58

(4.8/5 dari 12 Pengunjung) Baca ulasan

Untuk wisatawan yang akan liburan ke Pantai Sawarna lewat jalur Gunung Kencana maka tidak ada salahnya untuk mampir sejenak di Pantai Pasir Putih Cihara, untuk sekedar istirahat dan menikmati pemandangan pantai yang indah.

Pantai Pasir Putih Cihara atau biasa orang menyebutnya pantai Pasput Cihara, merupakan salah satu pantai yang tidak kalah menariknya dengan tempat-tempat wisata pantai lain yang ada di Lebak Selatan, Banten.

Cakupan area Pantai Cihara cukup luas sehingga setiap titiknya berbeda-beda keadaan alamnya, mulai dari yang rimbun banyak pepohonan, banyak batuan karang, hingga yang gersang.

Jika hanya untuk beristirahat dan menikmati pemandangan lebih baik berhenti di area yang dikelola karena ada gazebo, MCK (Mandi, Cuci, Kakus) dan warung yang menyediakan berbagai jenis hidangan.

Deskripsi Pantai Cihara

Pantai Cihara
Pemandangan Pantai Cihara

Sesuai namanya, Pantai Cihara yaitu pantai yang berada di wilayah kecamatan Cihara, Lebak-banten. Cakupan wilayah pantainya cukup luas sehingga memiliki bibir pantai yang panjang dengan kondisi alam yang berbeda-beda.

Yang jadi ciri khas dari pantai ini adalah obaknya yang cukup besar dan angin yang cukup kencang, hal ini karena pantai menghadap langsung dengan lautan lepas Samudra Hindia.

Pada beberapa area bibir pantai terdapat pasir putih, juga ada kolam-kolam kecil yang terbentuk secara alami yang bisa untuk berendam dan berenang. Untuk anak-anak pastikan tetap dalam pengawasan orang tua dan pastikan tempatnya aman dari batuan karang yang tajam.

Disarankan untuk berhenti di area pantai yang dikelola yang ditandai dengan adanya area parkir dan biasanya sudah tersedia kamar mandi untuk bilas dan mandi. Juga sudah ada warung-warung yang menyediakan berbagai makanan berat dan ringan.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke Pantai Pasir Putih Cihara cukup terjangkau mulai Rp5.000 per satu kendaraan. Namun pengenaan biaya retribusi tersebut hanya pada area pantai yang dikelola saja. Biaya tersebut sudah termasuk biaya parkir.

Jenis KendaraanHarga tiket Parkir
MotorRp5.000
Mobil SedanRp10.000
Mobil Pick UpRp20.000
Bus / RombonganRp30.000 s/d Rp50.000
* Harga tiket parkir bisa berubah sewaktu-waktu.

Untuk pantai yang tidak dikelola tidak ada biaya yang diperlu dikeluarkan wisatawan. Namun untuk pantai yang tidak terkelola biasanya kotor, tidak ada fasilitas parkir dan kamar mandinya.

Rute Menuju Lokasi

Sebab keberadaan pantai ini ada di antara jalan nasional Malingping-Bayah, tepatnya berada di Kecamatan Cihara. Pantai ini bisa ditempuh 30 menitan dari alun-alun Malingping. Untuk sampai ke pantai ini bisa menggunakan jalur Saketi, Gunung Kencana, atau bisa lewat Pelabuhanratu, Sukabumi.

Untuk wisatawan yang berasal dari Tangerang dan Jakarta maka bisa menggunakan jalur Rangkasbitung > Gunung Kencana > Malingping. Lajur jalan sudah dicor dan sebagian beraspal. Kini juga sudah ada Tol Rangkasbitung, jadi perjalan bisa lebih cepat untuk yang menggunaan kendaraan roda empat.

Berikut beberapa rute yang biasa digunakan wisatawan untuk sampai ke Pantai Pasir Putih Cihara

Lewat Jalur Gunung Kencana

  • Dari Jakarta menuju > Rangkasbitung > Cileles > Gunung Kencana > Malingping > Pantai Cihara
  • Dari Jakarta menuju > Serang > Petir Sampay > Cileles > Gunung Kencana > Malingping >Pantai Cihara

Lewat Jalur Saketi

  • Dari Serang menuju > Saketi > Malingping >Pantai Cihara

Lewat Jalur Pelabuhan Ratu

  • Dari Bogor menuju > Cibadak, Sukabumi > Pelabuhan Ratu > Cisolok > Bayah > Pantai Cihara
  • Atau juga bisa dari Bogor menuju > Cibadak, Sukabumi > Cikidang > Cisolok > Bayah > Pantai Cihara

Hal Menarik

Selain memiliki pemandangan yang menakjubkan, Pantai Cihara juga memiliki beberapa hal menarik yang jadi daya tarik tersendiri bagi yang mengunjunginya, yaitu:

1. Bermain Pasir

Meski area pasir putih di pantai ini tidak terlalu luas dan hanya ada di beberapa titik saja, namun wisatawan yang liburan bersama anak bisa mencoba bermain pasir.

Cobalah untuk membuat berbagai bentuk dari pasir, seperti membuat bentuk bangunan, hewan atau tokoh kartun. Anak-anak umumnya akan menyukai jika diajak bermain pasir.

2. Berendam di Kolam-Kolam Kecil

Berenang dan Berendam di Pantai Cihara
Berenang dan Berendam di Pantai Cihara / Andromeda 58

Di pantai ini terdapat kolam-kolam yang terbentuk secara alami, beberapa diantaranya ada yang berukuran cukup besar untuk menampung satu atau dua orang. Pengunjung bisa mencoba berendam di kolam-kolam kecil tersebut, namun sebelumnya pastikan kolamnya aman dari batuan karang yang tajam.

Selain memastikan tidak ada hal yang membahayakan, pastikan juga tetap memakai baju saat beremdam di kolam tersebut. Untuk anak-anak pastikan tetap dalam pengawasan orang tua.

3. Swafoto di Batuan Karang

Swafoto di Pantai Cihara
Swafoto di Pantai Cihara / lenda komala

Di beberapa sudut pantai ini juga terdapat batuan karang dengan beragam bentuk, ada yang berukuran kecil hingga besar. Ada karang yang menghampar seperti lantai, ada juga yang membentuk gundukan bukit.

Wisatawan bisa memilih lokasi dengan batuan karang sebagai latar belakang saat melakukan swafoto. Selanjutnya untuk hasil foto yang maksimal tinggal atur sudut tangkapan foto dan gunakan kreativitas sesuai keinginan.

Menikmati Sunset

Sunset Pantai Cihara
Pemandangan Langit Sunset / Depe Gantari

Pemandangan langit saat matahari tenggelam di pantai memang cukup indah, terlebih jika cuaca saat sedang bagus-bagusnya. Nah, langit sunset di Pantai Cihara juga tidak kalah indahnya.

Lokasi terbaik untuk menikmati pemandangan matahari tenggelam yaitu di area pantai dengan batuan karang yang menghampar. Selain itu juga bisa memilih area pantai yang ada gazebonya.

Mencoba Ikan Bakar

Di area pantai yang dikelola ada warung-warung yang menyediakan berbagai makanan ringan hingga berat, salah satu yang patut dicoba yaitu ikan bakarnya. Jika beruntung jika bisa dapat ikan bakar segar, yaitu ikan hasil tangkapan pagi hari.

Selain ikan bakar, juga tersedia cumi atau udang. Untuk harganya terlebilang murah, namun sebelum memesan pastikan terlebih dahulu harga perporsinya ya.

Mendirikan Tenda

Di beberapa area pantai ini juga ada area yang cukup luas untuk mendirikan tenda. Untuk yang membawa tenda dan berencana bermalam atau sekedar untuk tempat beristirahat maka bisa mendirikan tenda di pantai ini.

Pilihlah area yang tidak terlelu dekat dengan bibir pantai, karena air laut bisa saja naik saat sedang pasang. Atau untuk lebih amannya bisa menanyakan terlebih dahulu kepada pihak pengelola terkait lokasi untuk mendirikan tenda.

Tips Berkunjung ke Pantai Pasir Putih Cihara

Sepertinya semua akan sepakat jika tujuan dari liburan adalah untuk mendapatkan pengalaman seru dan menyenangkan, nah di bawah ini ada beberapa tips saat akan berkunjung ke Pantai Cihara:

  • Sebelum berangkat cek terlebih dahulu perkiraan cuaca, karena cuaca bagus adalah salah satu kunci liburan di pantai bisa menyenangkan.
  • Pastikan memilih area Pantai Cihara yang dikelola karena sudah ada fasilitas area parkir, gazebo, kamar mandi untuk bilas dan warung-warung untuk pesan makan dan minum. Untuk biaya retribusi cukup murah kok.
  • Membawa peralatan renang dan alat untuk bermain pasir, khususnya jika liburan membawa anak-anak.
  • Jika ingin berenang atau berendam di pantai ini pastikan areanya aman dari batuan karang. Tidak disarankan untuk berenang terlalu tengah. Untuk anak-anak pastikan tetap dalam pantauan orang tua.
  • Datang di hari biasa lebih direkomendasikan, pantai lebih sepi dan nyaman. Di hari sabtu-minggu biasanya banyak wisatawan lokal yang banyak didominasi anak muda.
  • Membawa uang tunai, karena lokasinya cukup jauh dari ATM.
  • Jangan membuang sampah sembarangan, jika tidak tersedia tempat sampah itu artinya kita harus membukus sampah kita dan membawanya pulang.

Itulah ulasan mengenai Pantai Pasir Putih Cihara, jika terdapat informasi yang keliru dan punya pengalaman yang berbeda ketika mengunjungi pantai ini maka bisa kirim ulasannya di bawah ini ya!

BAGIKAN

12 Ulasan dari pengunjung

  1. Nyaman untuk liburan keluarga, banyak tempat yg teduh . Hanya untuk renang di area pantai harus hati2 karna ombak khas pantai selatan besar sama arus yg kencang

  2. Tempatnya lumayan bagus, sayang kurang di kelola dengan baik,untuk dinas terkait apabila tempat ini di kelola dgn baik sy yakin tempat ini rekomen banget.

  3. Pantai selatan provinsi Banten yang memilki kekuatan ombak yang cukup besar, cocok untuk berselancar namun di titik tertentu karena di pantai sekitar ini bibir pantainya rata-rata terdapat hamparan karang sehingga untuk berenang dan berselancar harus di titik tertentu.
    Di sepanjang garis pantai ini terdapat cafe ataupun warung-warung kopi serta pondok penginapan.
    Akses ke lokasi ini cukup bagus, termasuk akses ke daerah Sukabumi.

  4. Pantainya bagus. Bisa jajan es kelapa muda sambil duduk2 di saung dan view nya pantai. Cuma bayar parkir saja

  5. Hamparan pasir yang putih nan luas, deburan ombak samudera hindia yang ganas, dan karang -karang yg instagramable buat para pemburu foto. Tiket masuk yg murah bahkan beberapa tempat gratis. Fasilitas juga cukup memadai seperti adanya warung2, resort, rumah makan, villa, mushola, WC umum, lahan parkir dan fasilitas lainnya. Sayangnya kalau ke pantai ini tidak disarankan untuk berenang, karena ombaknya cukup deras dan karang2nya yg cukup tajam. Tapi buat para pecinta foto, pemburu senja, atau sekedar cuma buat mesra-mesra sama doi sambil duduk di atas pasir yg bersih dan putih, cocok pokoknya

  6. Saran dateng pagi banget 06.00-10.00 waktu tepat sih masih sepi gak banyak orang jadi bisa nikmati view laut dg ombak pasang lewat dari jam segitu gila sih lautan manusia apalagi weekend dan hari libur

  7. Tempatnya bagus, cocok banget untuk brekreasi menghulangkan kepenatan pekerjaan atau putus Cinta hahahaa.. oiya, kalo cari tempat makan yang enak harganya murah di sekitaran Pantai Cihara mending ke Lesehan Bu Iti aja. Kakap 1 kilo cuma 100rb, ditempat lain nyampe 120rb atau 150rb. Makanan enak, murah, pemandangannya Josss πŸ‘πŸΌπŸ‘πŸΌπŸ‘πŸΌ GA AKAN NYESEELLL COY

  8. Pantai pasir putih cihara, ada di malingping selatan Banten, pantainya ada karang2 nya g lgsg ombak, di sekitar pinggiran pantainya ada warung2 yg menyediakan makanan berat hingga ringan, harganya msh terjangkau, masuk k area pantai dikenakan tarif untuk parkir kbtulan pke mobil skitar 5 ribu rupiah

  9. Sejak 7 tahun lalu lewat sini dan sempat berhenti sekarang kesini lagi.. utk tempat berhenti di Pantai Ciharanya sama saja dengan 7 tahun lalu, ada bale bale dan kita bisa order makanan (rujak) atau miniman disoni…
    Utk Spot foto sangat bagus karrna pantainya banyak sekali karangnya.. ada juga sedikit pasir putihnya, walaupun pantainya bukan tempat yang baik buat berenang…

  10. Tempatnya lumayan enak & belum terlalu banyak pengunjung …buat mandi anak2 juga bisa ada kamar mandi untuk bilasnya…kalau laper jg ada warung2 bisa pesen indomie atau bakso…klo lelah bisa istirahat di saung…

  11. Pantai yang masih perawan….saat datang hari sabtu….sepi….masuk lokasi gratis, pasirnya putih fan banyak kolam kolam karang alami untuk berenang dan berendam sangat cocok untuk anak anak….

  12. Always be the best place to go since I was just a kid.
    Pantainya enak banget! Pasirnya bersih. Meskipun ada karang, tapi kalo bawa anak ke sini dan mau berenang, aman banget! Kaya ada kolam alaminya. Tapi tetep hati hati. Ada juga bagian yang kena ombak, dan ombak pantai selatan memang beda. Jadi baiknya selalu jaga diri.
    Jangan lupa jajan di lesehannya ya! Enak banget! Rujaknya apalagi. + Indomie. Hmmm

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here