Pantai Samboang

Pantai Samboang
Pantai Samboang @novijuvensaja

(4.4/5 dari 5 Pengunjung) Baca ulasan

Alamat: Samboang Lingk. Erelebu Timur Kel, Ekatiro, Bontotiro, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan 92572

Pantai Samboang adalah salah satu dari banyaknya surga tersembunyi di Provinsi Sulawesi Selatan. Salah satu lokasi wisata yang indah di wilayah Indonesia bagian timur ini terletak di Desa Eka Tiro, Kecamatan Bontotiro, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Pasirnya yang putih dan keindahan alamnya yang masih asri menjadikan Pantai Samboang salah satu pantai dengan panorama indah yang sangat sayang untuk tidak di kunjungi saat berada di Bulukumba.

Kabupaten Bulukumba memang seperti surganya wisata alam bahari. Di kabupaten ini wisatawan akan menemukan banyak pantai yang eksotis yang benar-benar indah.

Sebut saja Pantai Tanjung Bira yang sudah lebih dahulu terkenal, Pantai Apparalang yang meiliki keunikan karena terletak dibawah tebing karang atau Pantai Bima yang masih perawan. Begitu juga dengan Pantai Samboang ini, keindahannya tidak perlu lagi diragukan.

Penamaan Samboang sendiri berasal dari kata “sembo”, yang artinya bersenang-senang. Kata ini diambil dari bahasa Konjo-nya orang Bontotiro, Sulawesi Selatan.

Jadi secara tidak langusung Pantai Samboang adalah pantai yang digunakan untuk bersenang-senang. Tentu saja penamaan ini tidaklah salah, karena memang pantai ini akan memberikan wisatawan banyak kesenangan.

Rute Menuju Pantai Samboang

Untuk mencapai Pantai Sambong, wisatawan akan menempuh jarak sekitar 215 kilometer bila memulai perjalanan dari pusat Kota Makassar. Wisatawan bisa menggunakan bus untuk mencapai Bulukumba, lalu melanjutkan ke Pantai Sambolang dengan menggunakan pete-pete. Atau bisa juga menggunakan travel langsung ke lokasi pantai.

Perjalanan yang akan di tempuh memakan waktu sekitar 5 jam, dengan beberapa titik jalan yang masih kurang baik kondisinya. Namun, sepanjang perjalanan wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang masih asri.

Lokasi Pantai Samboang berdekatan dengan pantai-pantai yang lain di Bulukumba. Jadi untuk rasanya sungguh disayangkan apabila mengunjungi Pantai Samboang namun tidak mengunjungi pantai-pantai yang lain di Bulukumba.

Memang disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil sendiri. Karena dengan memakai mobil pribadi wisatawan akan lebih leluasa dalam menentukan rute wiasata dari satu pantai ke pantai yang lainnya tanpa khawatir akan ketinggalan angkutan umum.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Samboang

Untuk bisa masuk ke dalam area Pantai Sambong, wisatawan tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Hanya seharga 1.500 rupiah untuk orang dewasa, dan 1.000 rupiah untuk anak-anak.

Sedangkan untuk biaya retribusi parkir kendaraan wisatawan akan dikenakan tarif 5.000 rupiah saja untuk pengunjung dengan sepeda motor, dan 15.000 rupiah untuk yang menggunakan kendaraan roda 4.

Tarifnya yang murah meriah ternyata tidak juga menjadikan fasilitasnya seadanya saja. Di Pantai Samboang, wisatawan akan mendapatkan fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari fasilitas umum seperti wc dan kamar mandi, sampai gazebo yang bisa wisatawan jadikan tempat beristirahat.

Untuk wisatawan yang tidak membawa perbekalan, di pantai ini juga tersedia aneka panganan yang dijajakan warung-warung sekitar pantai.

Untuk wisatawan yang ingin merasakan menginap di Pantai Samboang, wisatawan bisa memanfaatkan fasilitas penginapan yang ada disini. Untuk kisaran harga penginapan di pantai ini bervariasi dari 100.000 sampai 500.000 tergantung fasilitas yang diberikan.

Aktivitas di Pantai Samboang

Suasana pantai yang masih alami tentunya akan membuai wisatawan yang datang ke Pantai Samboang. Bibir pantainya yang luas dengan pasir putihnya yang bersih membuat siapapun tertarik untuk bermain pasir air di pantai ini.

Jejeran pohon kelapa yang tumbuh dengan subur juga seakan menambah kesan eksotis pantai ini. Berikut ini adalah beberapa aktivitas yang bisa wisatawan lakukan di Pantai Samboang.

1. Menikmati keindahan sunset dan sunrise

Sunset Pantai Samboang
Sunset Pantai Samboang @arifin_wongso

Saat menapakan kaki pertama kali di pantai ini pastinya wisatawan akan berdecak kagum akan keindahannya. Pasir putih, dihias dengan birunya air laut yang bersemburat hijau, serta jajaran tebing yang mengapit Pantai Samboang akan menambah keeksotisan pantai ini. Luangkan waktu lebih lama di pantai ini, dan nikmati indahnya sunset dan sunrise yang luar biasa indah dari pantai ini.

2. Menikmati alam bawah laut

Selain pemandangan pantainya yang indah, ternyata Pantai Samboang juga menyimpan kekayaan pemandangan alam bawah lautnya yang sama indahnya. Bila wisatawan pernah ke Tanah Lot, Bali, maka wisatawan akan merasakan hal yang sama indahnya dengan yang ditawarkan pantai ini. Anda akan menemukan banyaknya spesies ikan laut dan terumbu karang yang kesemuanya masih terjaga habitatnya.

3. Memancing

Untuk wisatawan yang hobi memancing, Pantai Samboang memiliki satu spot unik untuk memuaskan hobi tersebut. Sekitar 20 meter dari Pantai Samboang wisatawan akan menemukan sebuah pulau kecil yang biasa dijadikan spot pemancingan.

Tidak perlu khawatir untuk menuju ke pulau tersebut wisatawan cukup menyeberang dengan menggunakan jembatan kayu yang akan menghubungkan pantai dengan pulai tersebut.

Bukan hanya untuk memancing, spot ini juga merupakan spot selfi yang paling indah. Wisatawan bisa berfoto di sekitar jembatan untuk mendapatkan hasil gambar yang memukau.

Tidak akan pernah ada kata terlambat untuk mengelilingi Indonesia. Negara kita yang terbentang luas dari Sabang sampai Merauke dengan beragam keindahan alam yang tidak akan ada bandingannya dengan negara lain.

Tetap cintai negara kita dengan menjaga keindahan dan kebersihan dari setiap jengkal yang wisatawan jelajahi. Jangan tinggalkan sampah tanpa berada di tempatnya, dan jangan melakukan aksi vandalis yang merusak keindahan alam.

Teruslah berpertualang, teruslah menjelajah negeri ini. Karena Indonesia terlalu indah untuk kita hanya berdiam diri saja. Salam berwisata.

5 Ulasan

  1. Ada penginapan dengan kolam renang, sayang waktu kesana..kolam renang sedang dikosongkan. Pemandangan indah dengan pasir putih. Fasilitas masih kurang. Akses jalan cukup baik

  2. Pantai yang bagus,memiliki pasir putih,pantai yang tenang, bagus untuk kumpul” bersama keluarga dan menghabiskan waktu bersama

  3. Pantai yang indah dengan pasir putih nan cantik, sambungan dari berbagai pantai yang ada di Bulukumba . Tempat ini merupakan spot pantai paling menarik karena jika berada dipantai ini kita bisa melihat sunrise full matahari dibandingkan pantai lain di Bulukumba. Jadi pecinta pantai wajib kesini akses lumayan sulit tapi sebanding dengan kecantikan dari pantai ini. Jadi kalo berkunjung ke Bulukumba wajib kesini.

  4. Siang hari di kala perahu belum melaut, para nelayan beristirahat di pelataran rumahnya sembari meyesap beberapa batang rokok dan menyeruput secangkir kopi instan.
    Tak ada yang perlu tergesa-gesa dilakukan bagi mereka, keyakinan bahwa segala hal sudah ada yang mengatur, termasuk rezeki dan hari esok.
    Mereka hanya perlu pergi melaut di malam hari, lalu saat pagi membawa hasil tangkapan dan menjualnya di pasar, setelah itu kembali lagi ke rumah beristirahat hingga fajar kembali tenggelam.
    Tak perlu terburu-buru, nikmati rutinitas sebagai sebuah anugrah.

    Bagi saya, yang paling menarik dari pantai-pantai yang ada di Kabupaten Bulukumba, adalah perpaduan warna putihnya pasir pantai, gradasi air laut, dan indahnya gugusan awan yang bergerak di atas laut.
    Bagi banyak orang, ketenangan laut, berjalan di atas lembutnya pasir, mendengarkan deburan ombak, sambil memandang ke ujung cakrawala di laut dapat memberikan ketenangan.
    Dua hari menyusuri pantai-pantai di Bira ternyata tak cukup puas, tapi sudah cukup mengasyikan dan memberikan kesegaran bagi diri.

    Pantai Samboang, masih di sisi timur Bulukumba adalah salah satu pantai yang sejak gerbang masuk paling menjanjikan penampilannya. Masuk ke wilayah Pantai Samboang yang juga merupakan gerbang masuk ke Pantai Ujung Tiro, kita akan disambut gapura besar dan jalanan mulus.
    Samboang merupakan kawasan yang cukup terawat, terlihat dari jalanan sampai pantai yang sudah dicor dan cottage yang bertebaran di sepanjang bibir pantai.
    Sedikit isu miring, harga penginapan di sekitar Samboang yang dipatok terlalu tinggi oleh warga sekitar jadi penyebab kenapa pantai indah ini masih sepi dari pengunjung.
    Bagi saya, mungkin memang perlu mematok harga tinggi untuk sebuah tempat wisata alam, agar alam bisa bernapas lebih lega dan tak terlalu cepat dirusak manusia, sampah-sampah yang dihasilkan juga keserahakannya yang tak terbatas.

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here