Pantai Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira
Pantai Tanjung Bira @tanjungbiraofficial

(4.6/5 dari 18 Pengunjung) Baca ulasan

Alamat: Jl. Bontobahari, Bira, Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan 92571, Indonesia

Mungkin banyak dari wisatawan yang pernah membaca kalau kawasan Indonesia bagian timur sudah sejak lama terkenal dengan kekayaan biota alam bawah lautnya.

Termasuk juga pada salah satu objek wisata yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan ini, yaitu pada Pantai Tanjung Bira. Wisatawan akan temukan keindahan alam yang akan membuat takjub.

Pantai Tanjung Bira tersohor karena pantainya yang tenang dan pasir putihnya yang halus seperti tepung.

Selain itu, panorama lautnya yang berwarna biru terang dengan degradasi warna hijau membuat siapapun betah untuk berada disini. Tak khayal dengan keindahannya ini lah pantai ini cukup terkenal sampai ke mancanegara.

Pantai yang terletak di Desa Bira, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba adalah salah satu wisata alam andalan dari Pulau Sulawesi.

Dengan suasananya yang tidak terlalu ramai, pantai ini benar-benar akan memanjakan wisatawan yang membutuhkan liburan untuk menghilangkan kepenatan pikiran.

Rute Menuju Pantai Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira berjarak kurang lebih sekitar 40 km dari Bulukumba atau sekitar 200 km dari Kota Makassar. Perjalanan wisatawan dari Kota Makassar ke Bulukumba selain dapat ditempuh dengan mobil pribadi, juga bisa menggunakan kendaraan umum. Biaya yang diperlukan untuk sekali perjalanan dengan menggunakan travel adalah sekitar 40.000 rupiah per orang.

Dan dari Bulukumba perjalanan wisatawan bisa dilanjutkan dengan menggunakan angkutan umum lain sejenis mikrolet. Orang lokal menyebutnya pete-pete. Angkutan ini akan membawa wisatawan menuju Pantai Tanjung Bira dengan biaya sebesar 15.000 rupiah per orang.

Bila wisatawan akan berangkat langsung dari Bandara Hasanuddin, wisatawan dapat langsung menuju Terminal Malengkeri dengan menggunakan transportasi umum seperti taksi. Tarif yang dibutuhkan adalah sekitar 40.000 ribu rupiah.

Atau bila wisatawan enggan menggunakan taksi, wisatawan bisa menaiki Damri sampai ke Lapangan Karebosi. Setelah itu dilanjut dengan menggunakan pete-pete menuju ke Terminal Malengkeri.

Dari Terminal Malengkeri wisatawan dapat langsung menggunakan bus dengan tujuan Bulukumba atau bisa juga langsung menuju Tanjung Bira. Perjalanan dari Makassar ke Pantai Tanjung Bira akan menempuh waktu sekitar 4 jam. Untuk harga bus, wisatawan akan dikenakan tarif sekitar 75.000 rupiah per orang.

Yang harus menjadi perhatian dari wisatawan adalah kendaraan umum ini semuanya hanya beroperasi sampai dengan sore hari. Sehingga wisatawan harus bisa mempersiapkan waktu dengan baik.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Tanjung Bira

Untuk bisa menikmati keindahan di dalam area Pantai Tanjung Bira, wisatawan akan dikenakan tarif sebesar 10.000 rupiah per orang untuk wisatawan lokal.

Sedangkan untuk wisatawan asing dikenakan tarif 20.000 rupiah per orang. Sedangkan bila wisatawan berkunjung di weekend, maka akan dikenakan tarif 15.000 rupiah, dan wisatawan asing 30.000 rupiah per orang.

Harga tiket masuk ke dalam area pantai ini sebanding dengan apa yang akan wisatawan dapatkan. Untuk fasilitas yang tersedia di pantai ini termasuk lengkap. Fasilitas tersebut meliputi area parkir untuk kendaraan, toilet, musholla dan juga warung-warung yang menjajakan makanan dan berbagai minuman.

Aktivitas di Pantai Tanjung Bira

Berbagai aktivitas dapat wisatawan lakukan di pantai yang memiliki pemandangan alam yang sangat indah ini. Hal pertama yang akan langsung membuat wisatawan terkesan saat pertama menjajakan kaki ke pantai ini adalah pasir putihnya yang sangat lembut. Berikut ini adalah beberapa aktivitas yang bisa wisatawan lakukan di pantai ini.

1. Menikmati keindahan alam

Sunset Pantai Tanjung Bira
Sunset Pantai Tanjung Bira @wulanabe

Wisatawan bisa menikmati alam dan bermain serta berenang di pantai yang indah ini. Pantai Tanjung Bira menawarkan pemandangan pantai yang sangat khas dengan panorama alam sebuah pulau tropis. Jajaran pohon kelapa dan bukit-bukit karang yang kokoh disepanjang sisi pantainya menjadikan pantai ini semakin terlihat indah dan eksotis.

Tidak hanya itu, pemandangan ketika matahari terbenam juga sangat indah di pantai ini.

2. Berkemah

Bila wisatawan ingin menikmati pengalaman yang berbeda, wisatawan bisa mencoba berkemah di pantai. Wisatawan diperbolehkan memanfaatkan fasilitas tenda yang bisa dipergunakan tanpa biaya tambahan. Dengan berkemah di pantai, wisatawan bisa menikmati sunset, mengamati bintang saat malam tiba, dan menunggu datangnya sunrise di waktu fajar.

Namun, di pantai ini juga tersedia penginapan yang bisa disesuaikan dengan budget. Wisatawan bisa menginap di bungalow, atau pondok-pondok yang ada disekitar pantai. Atau bila wisatawan memiliki budget lebih, bisa menyewa cottage yang langsung menghadap ke lautan.

3. Snorkeling

Snorkling Pantai Tanjung Bira
Snorkling Pantai Tanjung Bira @tanjungbiraofficial

Untuk wisatawan yang senang dengan aktivitas snorkeling, Pantai Tanjung Bira menawarkan banyak spot indah dan cantik untuk snorkeling. Wisatawan juga tidak perlu khawatir tidak membawa peralatan, karena di pantai ini ada banyak persewaan alat diving dan snorkeling. Wisatawan juga akan diantar dengan menggunakan perahu agar dapat tiba di spot penyelaman.

Wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan alam bawah laut khas kepulauan Sulawesi yang kaya. Keindahan terumbu karang, ikan laut yang berwarna cantik, serta berbagai biota laut yang mengagumkan akan dapat wisatawan nikmati di pantai ini.

4. Menikmati kuliner khas

Tentu saja berada di Sulawesi akan tidak lengkap bila tidak menikmati kuliner khasnya. Di pantai ini wisatawan dapat menikmati menu makanan khas yang tidak akan jauh dari menu seafood dan ikan. Rasa asam dan pedas sebagai cita rasa khas Makassar akan menjadi ciri khas masakan yang akan wisatawan cicipi.

Tertarik untuk berwisata ke Pantai Tanjung Bira? Kondisi terbaik untuk menikmati pantai ini adalah ketika air laut surut dan cuaca sedang cerah. Dalam kondisi demikian, wisatawan akan menikmati laut yang berwarna biru kehijauan.

BAGIKAN

18 Ulasan dari pengunjung

  1. See.. pantai tidak akan pernah mengecewakanmu. Ada banyak tempat wisata disekitaran Bira. Sebelahnya aja udah Pantai Bara, dengan pasir putihnya yang supeeerr halus.

  2. Kalau berkunjung agak lama di Sulawesi Selatan sempatkan untuk berkunjung ke sini, nikmati keindahan suasana pantai dengan pasir putihnya

  3. Tempat liburan yang sangat menarik apabila bepergian bersama teman teman maupun bersama keluarga. Lokasinya pas untuk bersantai di pinggir pantai. Hanya saja biasanya kalau hari liburan suasana pantai terlalu padat dan ramai, terkadang juga kebersihan pinggir pantai masih kurang diperhatikan

  4. Pantai bira sangat banyak kunjungan untuk d nikmati…main benana boat’ snorkling di pulau kambing meliat dinding batux yg cantik’ snorkling d pulau liukang untuk meliat keindahan taman luat’ ikan hiasx yg berwarna-warni…..

  5. Tanjung Bira terletak di ujung paling Selatan pulau Sulawesi bagian paling Timur. Ada yang unik pada hamparan pasir di Tanjung Bira ini. Pantai bagian Selatannya yang berpasir hitam menghadap laut Flores, sementara hamparan pasir di bagian Timur yang terletak di Teluk Bone berwarna putih bersih. Air lautnya bening. Dari puncak bukit Tanjung Biru terlihat sayup gugusan kepulauan Selayar. Desa yang mayoritas penduduknya adalah pelaut ulung ini tampak lengang dengan jajaran rumah panggung yang tertata rapi ibarat perumahan modern di kota.

  6. Pasir putihnya sungguh luar biasa, lembut dan bersih. Fasilitas di sekitar pantai juga cukup memadai. Kita bisa ngopi atau makan sambil melihat sunset. Penginapan juga banyak tersedia, dengan varian harga yang bermacam-macam. Pantai ini merupakan lokasi yang tepat untuk menikmati liburan.

  7. Pasir putih dan laut yang biru , dan lebih indah apabila sampah ditertibkan, larangan buang sampah seharusnya menjadi aturan utama di pantai ini, agar tidak menggangu keindahan pasir, pantai dan lautnya

  8. Pantainya bagus, air lautnya cantik banget, pantai dgn pasir putih yg kerennnnnnn habis. Pokoknya gk usaha jahu jahu kebali, disini juga bisa. Dilengakapi juga dgn olahraga air dgn harga terjangkau.

  9. kesana waktu akhir tahun 2017. tp prefer pantai bara drpda pantai bira nya. pantai bara ada beberapa water sport contohnya banana boat. pasir nya putih kaya tepung, pemandangannya fantatis banget. pantai tercantik yg pernah saya temui di sulawesi selatan

  10. Keindahan pantai dan alam sekitar memang sangat indah dan membuat kita rileks bila menikmati keindahannya. Cuman masih perlu perhatian lagi kepada pengunjung dan karyawan penginapan/ hotel akan kebersihan pantai dan sekitarnya krn masih terdapat beberapa sampah2 di pantai dan sekitarannya.

  11. Pantainya bagus, cukup bersih, jalan menuju ke lokasi juga menyajikan pemandangan yang menarik, populer bagi wisatawan lokal dan mancanegara dan mungkin merupakan pantai terbaik di Sulawesi Selatan

  12. Salah satu pantai yang indah, pasir putih yg lembut, air laut yg hijau torquis, mudah2an kebersihan pantai akan selalu terawat. Harus datang ke sini!! Berbagi sedikt, kalau mmg mau menyebrang pulau, saya sarankan pakai perahu kayu, jgn pakai speedboat.

    Pengalaman saya snorkling di Liukang pakai speedboat: 1. Perjalanan mmg lebih cepat tp gak smooth, krn menghantam ombak 2. Naik turun perahu sulit krn gak ada tangga 3. Lebih mahal. Dan satu lagi, servis nya tdk sebagus waktu saya ke Karimun..

  13. tempat wisata pantai yang indah dengan pasir putihnya namun pengunjung yang datang tidak dapat menjaga kebersihan pantai, demi kenyamanan bersama saya harap pengunjung menjaga kebersihan pantai agar pantai menjadi bersih

  14. Pantai di selatan sulawesi yang indah, akses jalannya cukup bagus dari makassar. Tempat yang cocok untuk snorkling, diving atau sekedar bersantai dan liburan keluarga. Penginapan yang tersedia sudah cukup banyak, tetapi masih cukup mahal dan tempatnya tidak terlalu bagus. Perlu pengelolaan lebih lanjut dari pemerintah setempat.

  15. Pemandangannya asyik,sudah terkesan modern dengan banyaknya hotel dan restauran yang ada. Pantainya agak kotor dan banyak rumput laut di pantai

  16. Pantai tj. Bira yang jaraknya 50Km dari kota bulukumba, memiliki keindahan yang memanjakan mata. Dan juga di lokasi ini tersedia banyk penginapan.

  17. Tempat nya bagus untuk rekreasi tempay hiburan untuk keluarga. Kita bisa mandi dan berenang, ada permainan banana boot sekali jalan dengan tarif Rp.15.000/orang, permainan donat boot dengan tarif sekali jalan Rp.150.000. atau kita bisa melihat penangkaran penyu dengan biaya sekali masuk Rp.10.000 dengan menyewa perahu dengan tarif Rp.350.000 s.d Rp.400.000 kapasitas 15 – 20 orang, sekaligus kita bisa snoorkling. Untuk menginap ada hotel dan penginapan pilih sesuai selera. Kalau hotel tarifnya rata-rata mulai dari Rp.500.000 – 1.500.000 dan untuk penginapan tarifnya agak murah.

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here