Pantai Apparalang

Pantai Apparalang
Pantai Apparalang @andifandi_explorenow

(4.6/5 dari 23 Pengunjung) Baca ulasan

Alamat: Dusun Kadien, Desa Ara, Kecamatan Bonto Bahari, Ara, Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan

Bila wisatawan menginginkan suasana pantai yang tidak terlalu ramai, Pantai Apparalang bisa menjadi pilihan. Wisatawan akan dimanjakan dengan memandang keindahan pantai dari atas tebing.

Pemandangan indah lelautan yang berwarna biru kehijauan dan deburan ombak yang menghantam lembut batu karang dijamin akan menambah indahnya suasana pantai.

Indonesia mempunyai tempat-tempat indah yang memiliki keindahan yang tidak bisa ditemui di belahan dunia manapun. Tidak terkecuali daerah Indonesia bagian timur, yang menyimpan banyak potensi wisata bahari yang sangat menjanjikan untuk dikembangkan.

Salah satu wisata alam yang tidak akan diragukan keindahannya berada di Provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya di Kabupaten Bulukumba.

Pantai Apparalang terletak di Desa Ara, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Wisatawan akan dimanjakan dengan panorama pantai yang mempesona.

Dengan pemandangan tebing-tebing yang curam dan bebatuan karang yang menambah keindahan pantai ini. Tidak mengherankan bila Pantai Apparalang disebut sebagai Raja Ampat-nya Bulukumba.

Rute Menuju Pantai Apparalang

Pantai Apparalang berada dekat dengan Pantai Tanjung Bira, jarak keduanya sekitar 30 menit perjalanan. Jadi dari Kota Makassar wisatawan bisa menaiki travel menuju Bulukumba dengan harga 40.000 rupiah perorang. Lalu dari Kabupaten Bulukumna wisatawan bisa menyewa mendaraan untuk mengantarkan wisatawan ke Pantai Apparalang dengan tarif sekitar 45.000 rupiah per orang.

Memang lebih nyaman bila menggunakan kendaraan sendiri untuk ke Pantai Apparalang. Karena pantainya masih sepi pengunjung maka angkutan umum belum banyak beroperasi. Kalaupun ada hanya akan sampai Kecamatan Ara, dan bila wisatawan melanjutkan dengan berjalan kaki tentu akan memakan waktu yang lama.

Sebagai alternatif, wisatawan bisa menaiki kendaraan umum sampai ke Pantai Tanjung Bira terlebih dahulu. Dari Kabupaten Bulukumba, wisatawan bisa menaiki kendaraan umum yang disebut penduduk lokal pete-pete menuju ke Pantai Tanjung Bira. Wisatawan akan dikenakan tarif 15.000 rupiah per orang untuk sekali perjalanan.

Lalu di Pantai Tanjung Bira, wisatawan bisa menyewa kendaraan berupa sepeda motor atau mobil SUV, untuk bisa melanjutkan perjalanan ke Pantai Apparalang. Perjalanan dari Pantai Tanjung Bira ke Pantai Apparalang memang tidak terlalu jauh, namun trek jalannya cukup menantang. Sehingga wisatawan diharapkan lebih berhati-hati dalam berkendara.

Bila wisatawan memang ingin menginap, ada baiknya menginap di kawasan Pantai Tanjung Bira saja. Hal ini dikarenakan belum tersedianya fasilitas penginapan di Pantai Apparalang.

Harga TIket Masuk ke Pantai Apparalang

Untuk bisa masuk ke dalam area Pantai Apparalang, wisatawan belum di kenakan biaya alias gratis. Namun mungkin akan dikenakan biaya parkir yang dikelola oleh masyarakat sekitar bila wisatawan menggunakan kendaraan sendiri.

Fasilitas yang ada di pantai ini memang masih sangat minim. Wisatawan hanya akan mendapati adanya beberapa kamar kecil dan gazebo yang bisa digunakan wisatawan untuk beristirahat.

Aktivitas di Pantai Apparalang

Pantai Apparalang memang masih perawan, dan belum banyak di kunjungi wisatawan. Namun, justru disinilah menariknya pantai ini. Dengan suasana pantai yang masih sangat sepi, tentunya akan sangat menenangkan bila wisatawan butuh tempat yang bisa membebaskan pikiran dari kepenatan. Berikut ini adalah beberapa aktivitas yang bisa wisatawan lakukan di Pantai Apparalang.

1. Menikmati keindahan pantai dari atas tebing

Pemandangan Pantai Apparalang
Pemandangan Pantai Apparalang @flamboyantravel

Salah satu keunikan dari Pantai Apparalang ini adalah letak pantainya yang tersembunyi oleh tebing karang. Pantainya terletak di tepi tebing karang yang curam. Namun ini lah yang menjadikan pantai ini sangat unik dan cantik. Memandang lautan yang luas dari atas tebing karang tentunya akan memberikan pengalaman berbeda dan mendebarkan.

Wisatawan juga akan dibuat berdecak takjub karena melihat bagaimana jernihnya air laut di pantai ini. Sampai-sampai wisatawan bisa memandang jauh ke dasarnya. Bila wisatawan rela menunggu senja, maka pemandangan sunset yang akan wisatawan rasakan akan membuat wisatawan bersyukur telah lahir di negara yang sangat indah, Indonesia.

2. Meloncat dari atas tebing

Ingin mencoba sesuatu yang mendebarkan? Bagaimana bila meloncat langsung dari atas tebing ke laut? Namun bukan meloncat dari ketinggian langsung, wisatawan akan meloncat dari dermaga terakhir sebelum tangga menuju ke laut. Tentu saja aktivitas ini akan menantang adrenalin wisatawan semua.

Bila tidak berani, wisatawan cukup melihat banyak warga lokal bahkan anak-anak meloncat dari atas tebing. Pastikan bila ingin mencoba meloncat dari atas tebing langsung ke air laut, ada beberapa rekan yang mengawasi aktivitas wisatawan. Karena di pantai ini belum ada penjaga pantainya.

3. Berenang dan snorkeling

Berenang Pantai Apparalang
Berenang Pantai Apparalang @alexis_gudlife

Pastinya air laut yang sangat jernih akan menggoda wisatawan untuk merasakan nikmatnya berenang di laut. Wisatawan akan dipandu oleh anak tangga yang terbuat dari kayu untuk menuruni tebing. Dan begitu sampai dibawah, wisatawan bisa langsung menikmati serunya berenang dan bersnorkeling.

Namun untuk bersnorkeling, pastikan wisatawan membawa peralatan sendiri. Karena di pantai ini belum disiapkan penyewaan alat snorkeling. Wisatawan bisa meminjamnya di Pantai Tanjung Bira sebelum berangkat ke Pantai Apparalang.

4. Berbelanja oleh-oleh

Meskipun belum banyak, namun beberapa warung telah ada di kawasan Pantai Apparalang. Warung-warung ini menjajakan berbagai souvenir dan makanan serta minuman. Namun memang warung-warung ini biasanya hanya buka saat weekend atau hari libur saja. Jadi ada baiknya wisatawan menyiapkan sendiri perbekalan sebelum berangkat ke pantai ini.

Keindahan yang disajikan alam Nusantara memang selalu mengajak kita untuk mengeksplorasi tiap jengkal pesonanya. Adalah tugas kita semua untuk selalu menjaga keindahan alam yang dititipkan Tuhan kepada kita dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan. Semoga dengan kesadaran kita semua keindahan alam ini akan terus terjaga kelestariannya.

BAGIKAN

23 Ulasan dari pengunjung

  1. Pemandangannya sangat indah. Tebingnya bagus, lebih bagus dibanding jawa atau bali. Warna air lautnya bagus. Pokoknya pemandangan yang luar biasa indah. Bahkan sekarang udah ditambah jembatan kayu, yg jadi spot foto yang bagus banget. Sayangnya akses jalan kesana sulit, jalannya masih jelek. Fasilitas yang ada di Apparalang juga belum bagus, masih harus lebih mendapat perhatian dari pemerintah.

  2. Viewnya keren sekitar stengah jam dari bira beach. Aksesnya tidak bisa untuk bus agak sulit. Jalan tanjakan, tempat para diving khususnya yang sudah profesional. Penginapan di sekitar kurang sih. Tapi bisa nginap di sekitarnya pantai bira yang terkenal banyak hotel

  3. Buat kalian yang mendambakan pemandangan laut yang bersih, jernih dan tebing-tebing sebagai dindingnya kalian harus datang ke tempat ini, sayangnya perjalanan yang masih cukup jauh dari pusat kota Bulukumba membuat anda harus mempersiapkan tenaga yang ekstra, tapi lelah anda akan terbayar dengan pemandangan yang memuaskan

  4. Wisata Sulawesi Selatan memang selain indah, menarik, juga tidak ada habisnya. Di bagian selatan Sulawesi Selatan, tepatnya di Kabupaten Bulukumba selain Pantai Tanjung Bira, Pantai Kaluku, Pantai Bara, masih ada beberapa pantai cantik lainnya, salah satunya adalah Tebing Apparalang. Lokasinya berada di Ara, Bontobahari, Kabupaten Bulukumba. Tidak seperti pantai pada umumnya, pantai ini terletak di tepi tebing yang curam. Obyek wisata ini dikelilingi oleh bebatuan dan hamparan laut biru yang luas.

    Tebing-tebing yang cantik ini banyak dijadikan spot foto oleh pengunjung. Selain itu, banyak juga yang menikmati pantai ini dengan cara snorkling untuk menikmati keindahan bawah lautnya. Ada juga yang menguji adrenalin dengan cara lompat dari dermaga.

    Fasilitasnyapun cukup memadai, dengan adanya warung makanan dan minuman, pusat oleh-oleh, toilet, dan juga gazebo. Selain itu pengunjung juga bisa membeli ikan segar yang ditangkap nelayan untuk dikonsumsi. Saat berkunjung, tidak ada retribusi yang harus dibayar. Hanya membayar tiket parkir motor Rp 3000/motor

  5. Menikmati laut dari atas tebing. Warna air lautnya sunggu memikat. Mengunjungi tempat ini saat sore hari mungkin bisa dipertimbangkan. Karcis masuk perorang lima ribu rupiah. Di sekitar pintu masuk menuju tebing terdapat beberapa penjual makanan ringan. Ada juga penjual baju dan topi.

  6. Tempat yang sangat indah, namun untuk sampai di tempat ini butuh perjuangan yang ekstra melewati jalan yang rusak, berbatu, ditambah jalan yang curam, namun semua itu akan terbayarkan dengan keindahan yang terpampang di depan mata saat tiba di tempat ini. Untuk masuk ke tempat inipun belum ada karcis masuknya seperti di Pantai Bira. Cukup bayar biaya parkir saat akan meninggalkan tempat ini.

    Ditempat ini juga sudah mulai ramai kios-kios yang menjajakan makanan dan minuman

  7. Wajib dikunjungi. Gak harus ke Bali.

    Kemegahan tebing yg menjulang tinggi dibibir pantai mungkin akan membuat hatimu takjub seraya bertasbih. Cobalah turun ke bawah dan rasakan desiran ombak yg seru dan membuat merinding (panggung masih cukup tinggi dr dasar laut/permukaan laut)

    Must visit place jika kamu datang ke bira.

    Jika lewat jalur pendek pake motor cukup seru dan menantang…pastikan rem berfungsi..setelah itu jalanan rusak parah karena memang tidak ada pembangunan dr pemerintah. Ibu penjual bakawan bilang..semua dibangun swadaya oleh warga.. termasuk pagar kayu dan tangga2 ke bawah

  8. Jika anda berkunjung ke Sulawesi Selatan,
    Sangat disayangkan jika anda tidak kesini. Ini adalah pantai batu aparallang,
    Air laut yg biru san terdapat jembatan. Sangat cocok jika kesini untuk melepas penat setelah seminggu bekerja. Jangan kuatir jika anda lapar, terdapat banyak penjual makanan di sini,
    seperti: gogos, buras dan lain-lain
    Jika beruntung kalian akan melihat monyet yang bermain di sekitar pantai ini.
    Sangat rekomendasi jika kalian berkunjung ke Sulawesi Selatan.

  9. Pemandangannya indah baik tebingnya ditambah dgn jernihx air laut dibawah yg sangat luar biasa, sehingga memungkin bgi fotografer tuk mengambil latar yang lebih hidup terasa

  10. Destinasi wisat ini menyajikan pemandangan yang sangat menajubkan berupa hamparan lautan luas yang masih terjaga bersihnya dan terdapat spot untuk wisatawan mencoba keseruan melompat dari ketiggian dan langsung merasakan jernihnya air di daerah apparalang dari harga tiket apabila wisatawan membawa mobil dikenakan Rp. 20.000 sebagai biaya parkir untuk harga per-orang Rp. 5.000
    Dari fasilitas tersedia musholla yang sudah lumayan bersih fasilitas lainnya dikenakan biaya seperti charge hp ataupun kamar bilas

  11. Lokasinya indah dengan pemandangan tebing laut tapi jalan akses menuju lokasi yg masih sangat sempit sehingga perlu berhati hati untuk mobil yg berpapasan bahkan harus mundur untuk memberi jalan

  12. Apparalang. Salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berada di Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan. Lokasinya cukup jauh dari kota kabupaten. Jalan menuju tenpat ini sempit, hanya cukup untuk dilewati satu mobil, sehingga jika kita berpapasan dgn mobil lain, salah satunya harus mengalah & mencari tempat untuk menepi & membiarkan mobil yg lain kewat terlebih dahulu (ini pengalaman waktu saya ke sana yah..nggak tau deh klo ada jalan lain yg lebih luas 😅😅).

    Apparalang berbeda dengan wisata pantai Bira yang juga ada di Bulukumba. Klo Bira adalah Wisata pantai dengan pasir putih, di Apparalang adalah wisata pantai dengan tebing yg tinggi (bisa dilihat di fotonya 😊😊). Untuk kamu yg mau mandi air laut tapi tdk bisa berenang, lebih baik tidak usah ke tempat ini, kecuali klo kamu cuma mau menikmati indahnya pemandangan laut dengan tebing yg tinggi.

    Bagi mereka yang pandai berenang boleh dicoba meloncat dari atas tebing di tempat yg sudah disediakan, tapi harus tetap hati hati krn kadang-kadang ombak dan arusnya cukup kencang.
    Bagi kamu yg suka ngeCamp, tempat ini lumayanlah untuk camp, hanya saja perlu alas tidur ekstra tebal agar tidur tetap nyaman, karena kontur tanahnya yang berbatu dan lumayan tajam. Maklum, tempat ini adalah tebing karang.

    Saat pagi menyongsong dan matahari mulai menampakkan dirinya, maka saat itulah kalian akan melihat keindahan tempat ini. Perpaduan antara langit yg berwarna keemasan dan hamparan lautan yang memantulkan cahaya sinar matahari pagi..Maasyaa Allah..

    Waktu saya ke Apparalang, kakakku bilang, keindahan yang kulihat saat itu tidak seberapa dibandingkan dengan apa yang pernah dia lihat karena memang pada saat itu lagi mendung. Tapi Maasyaa Allah, itu pun sudah membuatku terpesona dengan keindahannya..
    Bagi kamu yang suka dengan fotografi, tempat ini recomended banget..

  13. Akses jalan🛣️ masuk ke tempat ini sangat memprihatinkan sehingga kami harus jalan kaki👣 sekitar 2 KM dari pintu masuknya karena bis🚍 tidak bisa masuk

    Tetapi ketika kami sudah sampai di sini …
    kami akan dimanjakan dengan tebing tebing curam nan tinggi yang menjulang di atas laut 🐠dengan ombak ombaknya 🌊

    Sebenarnya ada juga tempat untuk berenang 🏊di bagian bawah dekat tebing tetapi jarang orang berenang. Kebanyakan hanya berfoto 📸untuk mengabadikan keindahannya

  14. Tempat wisata yang fotogenik,, panorama alam yang indah. Tidak membayar tiket masuk hanya membayar biaya parkir.

  15. Wisata pemandangan alam yang keren, meski akses jalan cukup menantang namun terbayar dengan keindahan pemandangan yang disuguhkan. Tersedia jajanan makanan dan minuman ringan. Juga souvenir khas Apparalang.

  16. Salah satu destinasi wisata di kabupaten bulukumba, sulawesi selatan.
    Lokasinya berada di pesisir bira.

    Termasuk destinasi wisata yang baru dibuka dalam beberapa tahun belakangan.

    Menuju lokasi harus melewati jalan turunan yang cukup curam, ini perlu diperbaiki oleh pihak manajemen.

    Tapi setelah sampai, kita terpuaskan dengan wisatanya.

    Jika kalian yang pernah ke tanah lot bali, ini pemandangannya mirip bahkan lebih bagus menurut saya.
    Tebingnya juga bagus.

    Ada spot untuk berendam air laut juga.

  17. Jalanan menuju lokasi mudah di akses, jalannya sebagian diaspal dan sebagian masih pengerasan belum ada tanda2 pengaspalan, dan sedikit curam. Tpi semua itu terbayarkan dengan view tebing dan laut yang luar biasa

  18. Salah satu tempat wajib dikunjungi kalo ke Bulukumba. Pemandangan nya cantik sekali. Warna lautnya lebih cantik kalau dilihat langsung. Ada beberapa spot foto disini. Bagi yang suka berenang bisa juga renang disini dengan catatan tetap harus hati-hati karena sportnya masih belum terlalu safety.

    Jalan menuju ke sana juga masih belum terlalu bagus. Jadi tetap harus hati-hati. Untuk fasilitas umum seperti toilet masih kurang memadai.

  19. Jadikan Appalarang jadi Ikon wisata ke dua Kab. Bulukumba setelah Tanjung Bira, dan untuk memajukan Desa sebaiknya di kelola oleh BUNDesa, kawasan wisata ini sangat indah dan alami, hanya masih banyak yg perlu si benahi dan perlu sentuhan dari Dinas Pariwisata karena masih kekurangan yaitu belum adanya penerangan, tempat menginap dan terutama yg sangat di butuhkan adalah perbaikan jalan semoga pemerintah daerah memberikan perhatian juga pada kawasan ini di samping pantai wisata Tanjung Bira, appalarang pun sangat sangat dan sangat indah

  20. Terfavorit selama di Makassar. Padahal awalnya gak direncanain mau ke sini, tour guide nawarin buat ke sini karena ini belum banyak orang ke sini. Walau menempuh perjalanan yang panjang, worth it dengan apa yang di lihat, airnya bening dan masih bersih sampai keliatan karangnya. Kalau pas musim hujan bisa kelihatan air terjunnya. Mantap sih akan selalu takjub dengan keindahannya.

  21. Aparalang tanjung bira sulawesi selatan….
    Dimana tempat ini sangat indah untuk berfoto…
    Apalagi jika waktu kita ingin mengambil sanset atau saat matahari mau tenggelam…..
    Pemandangan dan hasil foto akan lebih indah disaat warna langit dan awan menjadi merah bercampur oreangs…
    Tempat ini bagus untuk dijadikan sebagai wisatawan yang ingin bersantai
    Jangan lupa singgah di pantai bara ini untuk berlibur…..
    Baik sama keluarga….
    Sahabat…
    Teman….
    Dan siapa saja yang ingin di ajak pasti akan ingin tinggal lama lama di tempat ini…..
    Untuk menikmati suasana alam yang indah dan sejuk…..
    Dengan pemandangan batu disekelingi oleh panati dan air yang sangat jernih…
    Tempat yang sejuk dengan pepohonan….

  22. Tempat melepas penat, dari kesibukan beraktifitas, hanya saja waktu saya berkunjung fasilitas keamanannya spya lebih diperhatikan mengingat ini tebing bebatuan, sgt hati2 jgn sampai pengunjung terpeleset. Kebanggaanku,kebanggaan Bulukumba Indonesia

  23. Pantai Apparalang dengan panorama pantai yang sangat indah dengan batuan karang dan tebing-tebing yang curam. Udara disini begitu sejuk serta suasana yang tenang membuat Anda serasa di pantai pribadi karena memang Pantai Apparalang ini tak seramai dan sepopuler Tanjung Bira, namun hal itulah yang biasanya dicari para wisatawan yang menginginkan ketenangan saat berlibur maupun menginginkan berwisata di tempat yang tak mainstream.

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here