Pantai Pondok Bali

Mayangan, Kecamatan Legonkulon, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41254

(3.3/5 dari 13 Pengunjung) Baca ulasan

Untuk yang sedang cari tempat wisata pantai dekat Subang Jawa Barat maka bisa coba berkunjung ke Pantai Pondok Bali yang memiliki bibir pantai berpasir halus, cocok jadi tempat liburan bersama teman atau keluarga.

Memiliki pasir berwarna kecokelatan khas wisata pantai pantura pada umumnya. Meski begitu, pantai ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti area parkir yang cukup luas, toilet hingga warung-warung yang menyediakan hidangan laut.

Selain itu, yang jadi daya tarik dari Pantai Pondok Bali yaitu adanya tanaman mangrove di beberapa titik. Salah satunya saat memasuki area pantai pengunjung akan menjumpai tanaman penahan abrasi ini.

Meski ujung namanya Bali, namun objek wisata pantai ini tidak memiliki kaitan dengan Pantai Bali, tidak ada corak atau bangunan yang berhubungan dengan Pulau Dewata. Meski begitu, pantai cocok jadi tempat piknik di akhir pekan.

Nah, untuk yang berencana akan berkunjung ke wisata Pantai Pondok Bali maka bisa simak ulasannya di bawah ini agar dapat gambaran mengenai fasilitas, harga tiket masuk, hingga hal menarik apa saja yang ada di tempat ini.

Deskripsi Pantai Pondok Bali

Pondok Bali
Memiliki bibir pantai yang landai dengan ombak yang kecil / KOMPEPAR SUBANG

Pantai Pondok Bali merupakan objek wisata pantai Subang yang memiliki panorama yang tidak kalah indah dengan pantai lainnya di Jawa Barat. Memiliki bibir pantai dengan hamparan pasir yang membentang panjang.

Air laut Pantai Pondok Bali terbilang cukup jernih dan bagian tengahnya agak kebiruan. Selain itu ombak ini terbilang kecil dan lautnya tidak terlalu dalam, jadi masih aman untuk berenang. Di bagian tengahnya juga ada pelampung pembatas untuk jarak aman berenang.

Fasilitas pendukung untuk kenyamanan pengunjung juga terbilang lengkap, di pantai ini sudah ada fasilitas area parkir yang cukup luas, hingga warung wisata yang menyediakan pernak-pernik dan oleh-oleh.

Untuk yang belum mahir berenang maka bisa menggunakan ban dalam sebagai pelampung, di sekitar pantai yang menyewakannya. Tersedia toilet dan kamar mandi, jadi jangan khawatir kesulitan menemukan tempat untuk bilas setelah berenang. Di pantai ini juga ada musala untuk tempat ibadah.

Untuk harga makanan di Pantai Pondok Bali terbilang terjangkau harganya. Di sekitar pantai banyak yang berjualan berbagai jajanan hingga hidangan laut seperti cilok, kerupuk, sampai ikan bakar. Di sini juga ada yang menjual ikan asin dengan harga murah meriah.

Selain menikmati pemandangan pantai, pengunjung juga bisa mancing di pantai ini kareana ada rumpon untuk mancing. Selain bisa mancing di area pinggir pantai, bisa juga dengan menyewa perahu nelayan untuk mancing ke tengah laut.

Secara keseluruhan, objek wisata pantai Subang ini memiliki pemandangan yang indah dan memiliki hutan mangrove. Sayangnya abrasi membuat area bibir pantainya semakin sempit dan pendek, juga banyak pohon bakau yang mati karena datarannya mulai tenggelam, tergenang air laut.

Sejarah Pantai Pondok Bali

Penamaan dari pantai Subang ini terbilang unik, pasalnya berdasarkan cerita sejarah, Pantai Pondok Bali awalnya jadi tempat bermukim dan musyawarah pada wali yang menyebarkan agama Islam. Pondok yang berarti ruman dan Bali merupakan plesetan dari Wali.

Jadi penamaan objek wisata pantai Subang, Jawa Barat ini bukan karena pantainya memiliki kemiripan dengan pantai Bali. Bahkan penamaan tempat ini juga tidak ada hubungannya apapun terkait Pulau Dewata.

Pantai di Bali banyak dikunjungi wisatawan luar negeri, sedangkan wisatawan yang berkunjung ke Pantai Pondok Bali kebanyakan wisatawan lokal. Selain itu, pantai ini juga sering jadi tempat untuk menyepi kanrea memiliki suasana yang tenang, khususnya pada hari biasa.

Karena pernah jadi tempat bermukim para wali, ada satu ke anehan dari pantai ini, salah satunya terdapat sumur peninggalan zaman dulu yang letaknya tidak jauh dari bibir pantai, namun rasa airnya tawar dan segar. Sumur ini hingga saat ini masih digunakan untuk berwudhu.

Jam Buka Pantai Pondok Bali

Pantai Pondok Bali buka setiap hari dari hari Senin hingga hari Minggu, pengunjung bisa berkunjung ke pantai ini kapan saja, bisa pada akhir pekan atau hari biasa.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Waktu terbaik untuk berkunjung ke wisata pantai yaitu pada pagi hari sebelum jam 10.00 pagi dan sore hari di atas jam 4 sore. Untuk suasana pantai yang lebih tenang maka bisa datang di hari biasa.

Rute Menuju Lokasi

Pantai Pondok Bali Subangmerupakan objek wisata pantai yang berlokasi di Desa Mayangan, Kecamatan Legonkulon, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Jika dari pusat kota Subang maka jaraknya sekitar 48 kilometer atau perlu waktu tempuh sekitar 1 jam 30 menitan.

Akses jalan sudah mudah untuk pengunjung lewati, jalannya sebagian besar sudah cor(meski jalan setelah gerbang masuk agak bergelombang). Jadi kendaraan roda dua dan empat bisa masuk ke tempat Pantai Pondok Bali. Dan untuk parkiran letaknya tidak jauh dari bibir pantai.

Dari Subang ke Pantai Pondok Bali

Rute tercepat untuk sampai ke Pantai Pondok Bali yaitu melalui Pamanukan – Pagaden. Anda dapat memulai perjalanan dengan mengambil Jalan Ukong Sutaatmaja menuju Jalan Mayjen Sutoyo di Karanganyar. Perjalanan ini hanya akan memakan waktu sekitar 3 menit dalam jarak sekitar 800 meter.

Setelah itu, lanjutkan perjalanan dengan melewati Pagaden – Subang, Jalan Jendral Ahmad Yani, dan Pamanukan – Pagaden untuk mencapai Jalan Raya Husen Kertadibrata di Pamanukan. Perjalanan ini akan berlangsung sekitar 1 jam 2 menit, melintasi jarak sekitar 35,9 kilometer.

Selanjutnya dari Jalan Raya Husen Kertadibrata ke lokasi tujuan, yaitu Pantai Pondok Bali di Mayangan tinggal melakukan perjanan sejauh 11,8 kilometer dengan waktu perjalanan sekitar 28 menit. Dalam perjalanan menuju lokasi akan melihat hutan mangrove.

Harga Tiket Masuk

Untuk berkunjung Pantai Pondok Bali, pengunjung harus membayar tiket masuk dan biaya parkir kendaraan. Pungutan biaya masuk akan diminta petugas saat melewati gerbang masuk pantai.

Tabel Harga Tiket Masuk Pantai Pondok Bali

Tiket MasukHarga
Orang dewasaRp15.000
Anak-anakRp10.000
Balita di bawah 6 tahunGratis
Biaya Parkir Kendraaan
MotorRp5.000
MobilRp10.000
*Harga tiket masuk di atas bisa berubah di kemudian hari

Selain itu pengunjung juga perlu merogoh kocek untuk menggunakan kamar mandi sebesar Rp3.000. Jika ingin menyewa tikar maka harus membayar Rp20.000. Naik jembatan Rp2.000. dan untuk wisata naik perahu mulai Rp10.000 per orang.

Hal Menarik dari Pantai Pondok Bali

Meski pengelolaan Pantai Pondok Bali belum maksimal, namun bukan berarti pantai ini tidak memiliki hal menarik. Berikut beberapa hal menarik yang bisa pengunjung lakukan atau temukan saat berkunjung ke pantai ini.

Berenang

berenang pantai pondok bali subang
Anak-anak bisa berenang di pinggir pantai dengan aman / Arta H Arta

Pantai Pondok Bali aman untuk berenang orang dewasa dan anak-anak, selain karena ombaknya tidak terlalu besar juga lautnya cukup ladai. Namun untuk anak-anak tetap harus dalam pengawasan orang tua.

Jangan takut tenggelam saat berenang karena ada penanda batas aman untuk berenang. Juga ada penyewaan ban juga untuk yang belum mahir berenang. Selain itu, di pantai ini juga ada penjaga pantai yang selalu siaga jika pengunjung sedang ramai.

Saat berenang juga harus tetap waspada dan hati-hati, terlebih jika berenang di area yang banyak bebatuan di pinggir pantainya. Untuk air lautnya cukup bersih, sehingga nyaman untuk berenang.

Sebelum berenang sebaiknya memperhatikan kondisi air dan cuaca terlebih dahulu. Jangan berenang saat kondisi air terlalu berombak atau saat cuaca sedang buruk. Selain itu, usahakan untuk selalu berenang bersama teman atau keluarga, dan jangan pernah meninggalkan anak-anak tanpa pengawasan.

Bermain Pasir

pantai pondok bali mayangan kabupaten subang jawa barat
Bermain pasir / Siti Rodhiah

Pantai Pondok Bali bukan hanya bisa untuk berenang, tetapi juga tempat yang sempurna untuk bermain pasir. Bibir pantainya yang berpasir halus dan minim batuan membuatnya menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu bermain pasir dengan keluarga, terutama bagi anak-anak.

Meskipun pantai ini memiliki area yang berbatu, tetapi pengunjung tetap bisa menemukan bibir pantai yang berpasir minim batuan untuk bermain pasir. Warna pasir yang berwarna cokelat kehitaman dan teksturnya yang halus juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Pasir di Pantai Pondok Bali memiliki karakteristik khas pantai utara, yaitu hitam kecokelatan. Keunikan ini membuat pengalaman bermain pasir di pantai ini lebih berkesan dan tak terlupakan.

Jika ingin menghabiskan waktu bermain pasir di Pantai Pondok Bali, jangan lupa untuk membawa perlengkapan seperti ember, sekop, dan baskom kecil. Dengan perlengkapan tersebut, pengunjung bisa lebih leluasa dan nyaman saat bermain pasir di pantai ini.

Menyeberang ke Pulau Burung

Pulau burung - wisata pantai pondok bali subang
Pengunjung bisa berkunjung ke hutan mangrove dengan perahu nelayan / Arin Kalila

Selain berenang dan bermain pasir di Pantai Pondok Bali, pengunjung juga bisa menyeberang ke Pulau Burung dengan naik perahu nelayan dengan tarif yang cukup terjangkau.

Menyeberangka ke Pulau Burung bisa jadi ketigiatan yang menyenangkan, khususnya untuk anak-anak. Suasana di pulau lebih teduh karena bibir pantainya banyak ditumbuhi pohon mangrove. Pengunjung bisa bersantai, menikmati pemandangan alam yang indah, dan mencari kelomang di hutan bakaunya.

Tarif perahu untuk menyeberang ke Pulau Burung hanya sebesar 20 ribu rupiah per orang. Jika ingin mengelilingi pulau dengan perahu, biayanya hanya 10 ribu rupiah, dan jika berhenti di Pulau Burung, biayanya 20 ribu rupiah.

Hutan Mangrove

Mangrove Pantai Pondok Bali
Banyak titik yang ditumbuhi pohon mangrove / RADY MIN

Hutan mangrove di Pantai Pondok Bali jadi salah satu daya tarik bagi pengunjung. Saat menuju pantai, pengunjung akan melewati daerah yang dikelilingi oleh hutan mangrove yang indah. Pemandangan yang disajikan oleh hutan mangrove ini sangat menyegarkan dan menenangkan.

Namun, sayangnya, banyak dari hutan mangrove di Pantai Pondok Bali yang mengalami kerusakan dan tercemar oleh sampah. Kondisi ini membuat pengalaman melihat hutan mangrove menjadi kurang menyenangkan. Oleh karena itu, penting bagi pengunjung untuk menjaga kebersihan dan kelestarian hutan mangrove dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Untuk menikmati pengalaman yang lebih dekat dengan hutan mangrove, pengunjung bisa menyeberang ke area hutan mangrove dengan menyewa kapal nelayan. Dengan cara ini, pengunjung bisa merasakan pengalaman yang lebih intens dan mendapatkan pandangan yang lebih dekat dengan keindahan alam di sekitar hutan mangrove.

Menikmati Ikan Bakar

Menikmati ikan bakar segar di pantai merupakan salah satu yang wajib dicoba saat berkunjung ke Pantai Pondok Bali. Di sekitar pantai, banyak warung ikan bakar yang menyediakan menu lezat ini dengan harga yang terjangkau.

Salah satu menu ikan bakar yang disarankan adalah ikan etong. Rasanya enak dan harganya juga cukup terjangkau. Menu bakar-bakaran di sini dibuat berdasarkan pesanan, jadi pengunjung bisa memilih seafood yang ingin dibakar dan ditimbang terlebih dahulu.

Waktu tunggu untuk menikmati ikan bakar yang lezat ini sekitar 30 menit hingga 45 menit, namun hasilnya sangatlah memuaskan. Selain ikan etong, pengunjung juga bisa mencoba menu lain seperti udang atau cumi dengan harga yang terjangkau.

Harga ikan etong di warung ikan bakar di Pantai Pondok Bali adalah sekitar Rp90.000 per ekor, sedangkan untuk udang sekitar Rp50.000 per 1/4 kg (9 ekor) dan cumi sekitar Rp160.000 per 2 ekor. Harga yang terjangkau ini membuat pengalaman menikmati ikan bakar di pantai semakin menyenangkan dan tak terlupakan.

Mancing Ikan Laut

Pantai Pondok Bali banyak dijadikan tempat melempar kail oleh para penggemar mancing ikan laut. Lokasinya yang strategis dan ombaknya yang tidak terlalu besar membuat pantai cocok jadi tempat mancing.

Untuk spot mancing yang bagus, terdapat jembatan rumpon yang bisa digunakan. Selain itu, pengunjung juga bisa menyewa perahu untuk mancing ke lokasi yang lebih strategis di tengah laut. Ada banyak jenis ikan yang bisa ditangkap, seperti ikan kakap, kerapu, betutu, korang, dan lain-lain.

Bagi pengunjung yang ingin mancing di tepian pantai, juga ada tempat yang disediakan. Pengunjung bisa menikmati pengalaman mancing ikan laut dengan duduk di pinggir pantai dan menunggu ikan yang akan menggigit umpan.

Dekat TPI Manyangan

Lokasi Pantai Pondok Bali terletak dekat dengan TPI Manyangan, sebuah tempat pelelangan ikan yang populer di daerah tersebut. Tempat ini menjadi representatif untuk mencari bahan-bahan ikan segar dengan harga yang lebih murah dibandingkan pasar biasa.

Setiap harinya, lelang ikan dimulai pukul 15.00 dan terbuka untuk umum. Pengunjung bisa menemukan berbagai jenis ikan seperti cumi, gurita, kepiting, rajungan, dan hasil laut lainnya dengan harga yang lebih murah sekitar 20% dari harga pasar.

TPI Manyangan merupakan tempat yang ideal untuk mencari bahan-bahan ikan segar dan berkualitas. Pengunjung bisa memilih ikan dari hasil lelang atau membeli langsung dari nelayan di sekitar tempat pelelangan.

Banyak Penjual Ikan Asin

Di sekitar pantai juga banyak penjual ikan, baik ikan asin ataupun ikan segar. Ikan asin menjadi ciri khas pantai ini, dengan harga yang relatif terjangkau dan banyak jenis ikan yang tersedia.

Beberapa jenis ikan asin yang bisa ditemukan di Pantai Pondok Bali antara lain Jambal Roti, Gabus, Peda, Sepat Kering, Ikan Asin Bulu Ayam, Layang, dan Tenggiri. Setiap jenis ikan asin memiliki rasa yang khas dan unik, sehingga pengunjung bisa mencoba berbagai jenis ikan untuk menemukan yang paling disukai.

Ikan asin di Pantai Pondok Bali diproses dengan cara tradisional dan diolah dengan bumbu-bumbu yang khas. Pengunjung bisa membeli ikan asin dalam bentuk potongan atau utuh, tergantung pada jenis ikan dan preferensi masing-masing.

Menikmati Pemandangan matahari Terbenam

sunset pondok bali subang
Pemandangan saat matahari terbenam / Karel Lascano Sembiring

Pantai Pondok Bali memiliki pemandangan matahari terbenam yang indah. Wisatawan dapat menikmati keindahan matahari terbenam dengan duduk di tepi pantai yang semilir.

Banyak wisatawan yang datang ke Pantai Pondok Bali pada sore hari untuk menikmati pemandangan sunset yang spektakuler. Suasana tenang dan damai di sore hari sangat cocok untuk bersantai dan menenangkan diri. Pantai ini juga menjadi spot healing yang rekomended bagi mereka yang ingin menghilangkan kejenuhan atau stres.

Untuk menikmati pemandangan sunset di Pantai Pondok Bali sebaiknya datang beberapa saat sebelum matahari terbenam untuk memilih tempat yang tepat. Pastikan untuk membawa kamera atau smartphone untuk mengabadikan momen yang indah ini. Jangan lupa membawa air minum dan makanan ringan untuk menemani menikmati pemandangan matahari terbenam.

Penginapan Pantai Pondok Bali

Untuk wisatawan yang datang dari jauh dan berencana akan bermalam, maka jangan khawatir, karena di sekitar Pantai Pondok Bali juga tersedia beberapa penginapan dengan fasilitas yang cukup lengkap. Berikut beberapa rekomendasi penginapannya.

Q Hotel Mayangan

Penginapan Pantai Pondok Bali - Q Hotel Mayangan
Q Hotel Mayangan / Rien irianti

Q Hotel Mayangan adalah hotel yang nyaman dan terletak dekat dengan Pantai Pondok Bali. Pengunjung bisa menikmati pemandangan yang indah dari balkon yang mengarah ke laut, meskipun agak tertutup oleh pohon kelapa.

Hotel ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap, termasuk mini kulkas, teko pemanas, dan handuk. Kolam renang terawat dengan baik dan memiliki sirkulasi udara yang bagus, dengan lampu yang dinyalakan di malam hari untuk memberikan suasana yang cantik.

Lokasi hotel sangat dekat dengan gerbang masuk Pantai Pondok Bali dan juga dekat dengan tempat pelelangan ikan. Restoran di hotel menyajikan makanan dan minuman yang enak dengan harga yang terjangkau. Pengunjung juga bisa menikmati live musik di restoran.

Pengunjung yang menginap di Q Hotel Mayangan bisa menikmati pengalaman menginap yang menyenangkan selama di Pantai Pondok Bali. Dengan lokasi yang strategis, fasilitas yang lengkap, serta pemandangan yang indah, hotel ini menjadi pilihan yang tepat untuk menginap saat berlibur di daerah tersebut.

Villa Hijau

Penginapan Pantai Pondok Bali - Villa Hijau
Villa Hijau / gugie nugraha

Villa Hijau adalah pilihan akomodasi yang tepat bagi pengunjung yang mencari penginapan sederhana dan terjangkau di dekat Pantai Pondok Bali. Terdapat kamar dengan ukuran sedang dan besar yang cocok untuk rombongan.

Tempat ini sangat bersih dan nyaman, serta cocok untuk angler mania yang ingin memancing di depan rumah atau di pantai yang tak jauh dari villa. Pengunjung juga bisa menikmati pantai yang indah di sekitarnya dan berlibur bersama keluarga kecil.

Villa Hijau merupakan pilihan penginapan yang direkomendasikan bagi pengunjung yang ingin menikmati liburan di Pantai Pondok Bali dengan anggaran yang terbatas. Pengunjung akan merasa nyaman dan tenang di tempat ini, serta bisa menikmati keindahan alam di sekitarnya.

Tips Berkunjung ke Pantai Pondok Bali

Agar kunjungan ke Pantai Pondok Bali bisa berjalan lancar dan memberi kesan menyenangkan, maka tidak ada salahnya untuk menyimak beberapa tips berikut.

  • Sebaiknya datang ke sini di bawah jam 10 pagi dan di atas jam 3 sore untuk suasana pantai yang lebih teduh.
  • Jika ingin mendapatkan suasana yang tenang dan sedikit pengunjung maka bisa datang pada hari biasa.
  • Saat akan membeli makanan atau minuman bisa tanya harga terlebih dahulu.
  • Di musim tertetntu kadang-kadang air laut pasang dan bisa menutup akses ke pantai. Sebaiknya tanya terlebih dahulu ke penjaga saat membeli tiket untuk memastikan air laut tidak sedang pasang.
  • Untuk yang akan berenang, jangan lupa untuk membawa baju ganti.
  • Jangan lupa membawa uang tunai dalam jumlah yang cukup, lokasinya cukup jauh dari ATM atau minimarket.
  • Untuk kenyamanan dan kebersihan, maka jangan membuang sampah ke laut, baik itu bekas makanan atau minuman.

Kekurangan Pantai Pondok Bali

Sebagai tempat wisata Pantai Subang yang belum maksimal dalam pengelolaannya, tentu saja Pantai Pondok Bali masih memiliki beberapa kekurangan, khususnya dalam hal fasilitas pendukung yang memadai, kebersihan, dan tata kelolanya masih kurang maksimal.

Berikut beberapa kekurangan yang sering pengunjung keluhkan:

  • Tempat duduk untuk berteduh masih sedikit, saat ramai pengunjung akan kesulitan tempat berteduh pada matahari sedang terik.
  • Beberapa pengunjung mengeluhkan tiket masuk yang terlalu mahal, tidak sebanding dengan fasilitas yang tersedia, dan masih banyak sampah yang berserakan.
  • Penataan bibir pantainya buruk, terlalu banyak pedagan sehingga menutupi bibir pantainya.
  • Pasir pantai bercampur dengan tanah, jadi warna pasirnya berwarna kecokelatan, dan banyak sampah pelastik di bibir pantainya.
  • Bibir pantainya hanya tersisa 20 % karena terkikir oleh abrasi.

Demikian ulasan Pantai Pondok Bali, Mayangan, Legonkulon, Subang, Jawa Barat. Jika terdapat informasi yang keliru atau memiliki pengalaman yang berbeda saat berkunjung ke pantai ini bisa kirim ulasannya di bawah ini ya!

13 Ulasan dari pengunjung

  1. Fasilitas pantai biasa saja, kebersihan pantai kurang baik, tapi bisa untuk melihat sunset dan sunrise jika beruntung tidak mendung, banyak tempat makan dan kadang ada pemuda di pintu gerbang pantai meminta uang 20.000 untuk syarat masuk.

  2. Pantai terbagus di daerah subang, disini pantainya sangat bagus viewnya ada banyak sejarah dan kenangan yang kelam juga dipantai ini konon saat dulu, memang fakta disini pantai ini pernah melenyapkan rumah dan jikalau anda ingin menyeberang ke pulau bali ke 2 nya dengan naik perahu seperti divideo anda akan merasa kaget menghadang ombak yang sangat besar ombaknya, dan di situ juga perahu rusak yang hampir mau tenggelam sangat jelas terlihat , akan tetapi pantai ini aman bisa jadi tempat wisata bagi semua banyak pengunjung yang datang kesini sangat ramai sekali, dan sangat asik apalagi dengan pesona keindahan pantai laut di daerah subang ini, recommended place untuk dikunjungi dalam berwisata dan bagi turis yang ingin tahu asal usul muasal apa yang terjadi dahulu kala pada tempat ini, sangat cocok karena tempat ini memiliki cerita dibalik cerita yang membuat anda merasa penasaran untuk langsung mengunjungi tempat ini… 😀

  3. Sangat kecewa, penataannya sangat semrawut. Parkir tidak karuan letaknya, tukang jualan yang tidak diatur tempatnya. Dan lucunya tukang jualan hampir sampai ke air laut jualannya sehingga pengunjung tidak dapat menikmati suasana pantainya karena penuh tukang jualan, dan sampah sampah bertebaran dipantai dan di laut. Padahal pengunjung dipungut biaya ketika masuk ke lokasi pantai, dan seharusnya pengelola dapat mengunakan uang tersebut untuk menata tempat parkir, tukang jualan dan pembelian tempat sampah.

  4. beberapa ruas jalan sudah beraspal. Setiap tahunnya masyarakat selalu memperbaikin sarana dan prasaran di sekitar pantai agar pengujungpun menikmati liburannya. Walau masih banyak kekurangan seperti lahan parkir yang terbatas. Tapi pemandangan di pantai ini tidak terlalu mengecewakan, lebih seru pada saat sore hari. Suasana pemandangan langit berwarna jingga kebalut malam sungguh indah nan pesona menghiptonis setiap mata.

  5. (+)pantainya tidak terlalu berombak dan tidak dalam untuk org dewasa.. cocok buat berenang anak anak karena ada penyewaan ban juga, ada sewa perahu untuk ke pulau burung tmpat lebih teduh dan aman untuk anak2 berenang, banyak kamar mandi dan tempat ibadahnya, tempatnya tidak terlalu ramai padahal weekedn jadi tidak padat dan masih bisa berenang
    (-) air pantainya tidak jernih dan sayang harga ikan bakarnya sama dengan harga d kota padahal ikannya dari pantai yg sama dan pedagang pedagang nya kurang ramah

  6. Tiket nya mahal,padahal cuma gitu gitu aja + banyak sampah yg berserakan. Jalan masuk agak ngeri say batu² dan kerendem air jadi ga keliatan bahaya buat yg naik motor, buat yg mau beli makanan sebaik nya nanya harga dulu👍🏻 Tapi untk naik perahu lumayan rekomend. Bisa ditawar and si amang nya baik …

  7. Tiket masuk 15k perorang dan mobil 10k untuk tikar dan ban di ada di sewakan di sana cuma ga tau berapa harganya.. untuk pantai bersih airnya..enaknya kesni masih pagi karena masih sepi untuk pengelola sebaiknya di sediakan Tong sampah karena sulit menemukan nya di sana…Masih banyak di temukan kepiting dan ikan2 kecil dan udang berkeliaran di sekitaran pantai.,ga nyesel deh ke sini

  8. Sayang sih sbnrnya, ini merupakan pantai yang potensial sebagai tujuan wisata apabila dirawat dan dikelola dengan baik.

    Air pantainyaa bening bersih, tidak berbuih di airnya. Hanya saja akses menuju lokasi jalanan rusak, tanah berbatu.

    Disini bisa menyebrang ke hutan mangrove dengn menyewa kapal nelayan

  9. Tarif Untuk masuk dihari biasa 15k Dan Untuk parkir 5k gimana Hari weekend pasti Waw.
    Fasilitas kurang mempuni,pintu masuk menuju pantai rusak,Untuk berteduh aja susah itu pun harus ke warung2.sedangkan untuk tikar saja 20k sampai2 naik jembatan juga dikenakan tarif 2k bahkan Untuk ke kamar bilas saja dikenakan tarik 3k.

  10. Perjalanan ke lokasi dimanjakan hamparan persawahan dan tiba di lokasi di suguhi pesona mentari kembali ke peraduan. Mungkin untuk pengelola, mohon area parkiran ditata dgn rapi. Pengunjung pun jgn buang sampah seenaknya.

  11. Pesisir pantai subang pamanukan, pasirnya hitam, kampung nelayannya sudah sangat rapi dan melewati banyak tambak. Sunsetnya bagus. Parkiran luas. Suka sama pulau kecil menyebrang dari pondok bali. Asri banged.

  12. Ticket nya itu kemahalan dengan pasilitas pantai perOrang 15rb 1 motor 5rb belum di dalem ada Parker lagi 5rb total 25rb. Padahal cuma pantai saja sama seperti dulu. Saya asli pamanukan tapi harga di samakan dengan harga orang luar pribumi hadehhhhh

  13. Pantai terbaik di kabupaten subang dibanding pantai yg lain di kota ini.
    Aksesnya cukup mudah,jalannya juga sdh cor. Fasilitas cukup lengkap : mushola,toilet, tempat makan,belanja dll.
    Parkiran juga luas muat puluhan mobil.
    Baik dikunjungi ketika pagi atau sore saja agar bs menikmati sunrise dan sunset disana 😁

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here