Pantai Nirwana

Jl. Raya Padang - Painan, Tlk. Bayur, Kec. Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat 25227

Pantai Nirwarna
Pemandangan Pantai / Luke Samantha

(4/5 dari 8 Pengunjung) Baca ulasan

Berkunjung ke Sumatera Barat tepatnya Padang, belum lengkap rasanya jika tidak sempat menginjakan kaki di salah satu pantai yang dekat dengan pelabuhan Teluk Bayur ini. Diberi nama Pantai Nirwana dengan daya tarik pemandangan pantai dan laut, juga menjamin kesegaran udara yang seketika bisa menyegarkan pikiran, jiwa dan raga.

Meskipun lokasinya cukup dekat dengan wilayah kota Padang, namun Pantai Nirwana terbilang masih sepi pengunjung terutama di weekday. Kabarnya, berkunjung di waktu weekend pun tidak begitu ramai, makanya pantai ini sangat cocok untuk wisatawan yang mengutamakan ketenangan pada saat liburan ke sebuah tempat wisata pantai.

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa pantai yang menggunakan kata Nirwana yang mempunyai arti surga. Diantaranya Pantai Nirwana di Sulawesi Tenggara, Karimunjawa, Bukit Tinggi, dan juga Pantai Nirwana Padang yang sedang di ulas kali ini. Dan Semuanya memiliki kemiripan pemandangan pesisir pantai dan lautan yang sangat indah.

Untuk yang berencana akan berkunjung ke Pantai Nirwana, Padang. maka tidak ada salahnya untuk membaca ulasan di bawah ini sebagai bahan referensi. Juga ada tambahan informasi menarik dan tips berkunjung ke pantai ini.

Deskripsi Pantai Nirwana

pantai nirwana padang
Pemandangan Pantai Nirwana / Yvonne Yosami

Pantai Nirwana terletak di garis pantai selatan Sumatera, berjarak sekitar 11 KM dari Pusat Kota Padang dan sangat dekat dengan Pelabuhan Teluk Bayur yang terkenal sejak masa penjajahan Belanda. Sehingga tak heran, hampir disetiap waktu pengunjung akan melihat pemandangan khas pelabuhan yaitu beberapa kapal besar yang hilir-mudik melintasi atau berlabuh di area Teluk.

Memiliki permukaan pantai yang memanjang dan landai, tekstur pasir yang agak kasar dengan warna putih sedikit kecokelatan, juga kondisi ombak lautnya cukup tenang nyaris seperti tidak ada ombaknya. Sehingga pantai ini sangat aman dikunjungi oleh wisatawan yang berlibur bersama anak-anak sekalipun.

Tidak berhenti di situ saja, barisan pohon kelapa di tepian pantai dan pemandangan bukit-bukit di sekitar area Teluk Bayur, turut menambah dekorasi Pantai Nirwana. Membuat siapapun yang datang akan terkesima akan keindahannya.

Selain pemandangan yang disajikan langsung oleh alam, beberapa fasilitas penunjang di pantai ini sudah lumayan memadai. Semisal gazebo, toilet, tempat bilas, dan penyedia jasa sewa boat atau perahu, juga perlengkapan snorkeling untuk menjelajahi pemandangan di bawah laut.

Rute Menuju Lokasi

Lokasi Pantai Nirwana tidak jauh dari jalan raya, tepatnya di Jl. Raya Padang – Painan, Tlk. Bayur, Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat.

Rutenya cukup mudah di akses kendaraan motor maupun bus sekalipun dengan kondisi jalan yang mulus. Jika memulai perjalanan dari Pusat Kota Padang bisa ditempuh sekitar 20 menit atau 11 KM saja. tinggal mengarahkan kendaraan ke Pelabuhan Teluk Bayur, kemudian belok kiri mengikuti Jl. Raya Padang – Painan, dan Pantai Nirwana terletak di samping kanan jalan.

Bagi Pelancong yang terbiasa menggunakan kendaraan umum tak usah khawatir. Angkot, ojeg hingga Bus travel yang menuju ke Pantai ini cukup mudah ditemukan.

Harga Tiket Masuk

Sebelum memasuki area pantai ini, pengunjung akan dikenakan tarif retribusi yang sangat murah, namun pemandangannya tidak murahan.

Tiket MasukHarga
Anak-anakRp3.000 s/d Rp5.000
DewasaRp5.000 s/d Rp10.0000
*Harga Tiket Masuk bisa berubah sewaktu-waktu.

Selain tiket masuk, pengunjung juga perlu merogoh kantong jika ingin menggunakan kamar mandi untuk bilas sebesar Rp3.000, sewa tikar Rp15.000, sewa ban dalam untuk berenang Rp10.000.

Hal Menarik

Tidak hanya menghadirkan pemandangan pasir pantai dan birunya air laut, Pantai Nirwana juga memiliki beberapa hal menarik dan aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung, diantaranya sebagai berikut :

Menikmati Pemandangan

Saat pertama kali memasuki area pantai, pengujung akan di sambut dengan sejuknya udara dan panorama pesisir pantai yang akan membuat mata terpukau akan keindahan alamnya.

Didukung dengan kondisi alamnya yang masih asri juga cukup terawat dari segi pengelolaan sampahnya, membuat siapapun yang datang enggan untuk beranjak dari Pantai Nirwana ini.

Berenang

pantai nirwana sumatera barat
Berenang di pinggir pantai / Fauzan Skare

Berenang di air laut merupakan salah satu kegiatan yang paling umum dilakukan oleh pengunjung. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnga bahwa kondisi ombak di Pantai Nirwana ini relatif kecil hingga nyaris tidak ada ombaknya, sehingga memberi kesan aman dan tentunya nyaman.

Namun begitu, bagi pengunjung yang datang bersama anak-anak dan balita tetap harus hati-hati, dan juga mengedukasi anak-anak agar tidak membuang sampah sembarangan supaya tidak merusak alam dan keindahan pantai.

Bermain Pasir

Hal lain yang tidak kalah serunya yaitu bermain pasir. Kegiatan yang satu ini umumnya memang sangat disukai oleh anak-anak. Membuat bangunan Istana, gunung, dan patung berbahan pasir sambil melatih kreativitas.

Untuk itu bawalah perlengkapan bermain pasir dari rumah. Sesampainya di Pantai carilah lokasi bermain pasir agak dekat dengan air laut, supaya lebih mempermudah dan bisa mendapatkan pasir dengan tekstur yang gembur.

Swafoto

Terdapat beberapa titik lokasi di sekitar pantai yang bisa dijadikan spot berfoto dengan latar pemandangan pasir putih, rimbunnya pohon kelapa, dan air laut berwarna biru juga jernih.

Tanpa perlu di edit, asalkan memotret dengan teknik yang benar juga pencahayaan yang tepat. Maka foto yang di hasilkan akan nampak bagus meskipun hanya menggunakan kamera di handphone saja.

Memancing

Tidak hanya memiliki pemandangan yang memukai, di dalam lautan sekitar Pantai Nirwana juga menyimpan kekayaan hewan laut atau ikan-ikan yang bisa dijadikan sebagai target memancing.

Jika ingin mendapatkan hasil tangkapan yang maksimal, pemancing bisa menggunakan jasa sewa boat/perahu milik nelayan setempat.

Menyaksikan Sunset

Sunset Pantai Nirwarna
Pemandangan Sunset / Marsika Sepyanda

Menyaksikan Sunset atau matahari terbenam, entah itu di perkotaan, di pegunungan apalagi di pantai selalu terlihat indah dan menawan. Seperti halnya di Pantai Nirwana yang cukup strategis untuk menunggu dan menyaksikan proses tenggelamnya matahari, sambil menikmati hembusan angin sepoi-sepoi dan desiran ombak.

Untuk menikmati pemandangan sinar matahari tenggelam maka bisa mengunjungi pantai ini di sore hari, tepatnya di jam 16.00. Pastikan pergi saat cuaca sedang cerah untuk mendapat pemandangan sunset yang maksimal.

Mendirikan Tenda

Tersedia juga tempat khusus untuk mendirikan sebuah tenda. Bermalam di Pantai Nirwana bersama kerabat dekat atau keluarga sambil menghidangkan ikan bakar di kala malam dan menyantapnya beramai-ramai, yang tentunya akan semakin nambah kehangatan dan keakraban.

ketika akan mendirikan tenda dan berencana akan bermalam, pastikan memilih area yang agak jauh dari air laut untuk menghindari air pasang. Pilih lokasi yang datar dan minim batuan karang yang tajam.

Tips Berkunjung

Jika berencana akan berkunjung ke Pantai Nirwana, maka bisa membaca tips berkunjung berikut ini sehingga momen liburan akan semakin terasa lebih menyenangkan.

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini di musim panas seperti bulan Juni hingga Agustus. Sebelum berangkat pastikan cek perkiraan cuaca.
  • Untuk mendapat suasana yang tenang, maka bisa berkunjung di hari biasa. Di akhir pekan biasanya banyak wisatawan lokal, khususnya dari kalangan anak muda.
  • Membawa uang tunai dalam jumlah yang cukup, lokasi pantai ini jauh dari ATM dan mini market.
  • Agar kondisi alam pantai tetap asri maka jangan buang sampah sembarangan, jika tidak ada tempat sampah maka wajib membawa pulang sampah yang dihasilkan.

Kekurangan Pantai Nirwana

Kekurangan yang paling mencolok dan perlu perbaikan yaitu terkait sarana MCK untuk mandi dan berganti pakaian. Jumlah tempat sampah yang terbatas membuat banyak sampah berserakan di beberapa titik pantai.

Banyak pengunjung yang mengelukan terkait kondisi pantai yang kurang bersih serta kurang terawat, pihak pengelola perlu melakukan evaluasi terkait kebersihan lingkungan yang berhubungan erat dengan kenyamanan pengunjung, terlebih karena harga tiket masuk yang tidak murah.

BAGIKAN

8 Ulasan dari pengunjung

  1. Tempat ini cukup favorit untuk wisata keluarga karena pantainya berdekatan langsung dengan jajaran bukit barisan, kawasan wisata ini perlu pembenahan ( terutama sarana MCK untuk mandi bersih dan berganti pakaian serta fasilitas ibadah),perlu petunjuk informasi apa saja sarana yg ada di lokasi. Untuk lebih nyaman perlu disiapkan lebih banyak lagi tempat sampah dan perlu ada himbauan untuk menjaga kesopan santunan ( karena masih ada pengunjung muda-mudi yg berlaku tidak pantas) mengingat ini kawasan wisata keluarga…

  2. Pantai nirwana ini kerrreeen. Benar benar jauh dari kebisingan. Jika kesini cobalah berjalan sampai keujung pantai.. Karena pantainya semakin bersih..jika dikelola lagi mungkin lebih berkelas

  3. Jelek. Cukup sekali saya kesana. Tamannya tidak dirawat, tidak menarik dan penuh semak. Banyak sampah. Tidak ada petugas kebersihan. Biaya masuk Rp 10 rb per orang. Bayar tikar Rp 15 rb. Ban Rp 10 rb. Mandi Rp 3 rb. Untuk semua biaya itu, sepertinya tidak ada yg dilakukan pengelola untuk membuat pembaruan di tempat itu. Sepertinya semua bangunannya masih dari tahun 1980an, sudah banyak yang rusak dan jelek. Hal menyenangkan disitu hanya laut, dan ketiadaan pengamen. Saya tidak tertarik untuk datang lagi.

  4. Berasa private beach, padahal lokasinya ga jauh dari pusat kota. Pas weekday, suasananya sepi. Rame dikit pas weekend. Pantainya pun ga curam, jadi aman buat anak2 main air. Kalau ke sini, bawa bekal & perlengkapan yg cukup dari luar. Soalny yg jualan d sini ga banyak.

  5. Tempat favorit saya untuk mengambil gambar pemandangan di Padang. Ada beberapa pohon di pantai, objek yang bagus untuk dibidik 👍🏾

  6. Pantai yang cukup bagus, pasirnya sedikit besar2 dan garis pantai yang berpasir cukup panjang, cocok bawa anak kecil berenang di pinggirnya karena ombak gak terlalu besar. Bagusnya lagi ada 3 pohon agak 30 meteran dari bibir pantai jadi cukup bagus buat obyek foto

    Lokasi dari Padang sebelum menara mercusuar di Bungus. Parkiran mobil cukup luas, tapi sayang kebersihan jadi kendala

  7. Overall bagus. Tapi yang sangat di sayangkan sekali lokasinya kotor. Banyak sampah yang menghiasi di hamparan pasirnya. Jadi kurang bagus untuk foto di pinggirannya

  8. Best place to relax, tenang, sepi, pemandangan ciamik,
    Pantai dengan terumbu karang, lebih baik mnggunakan alas kaki jika ingin bermain air, ad area berpasir dan area terumbu karang,
    Utk area trumbu karang tidak rekomen utk tp bermain anak2 (ada terumbu karang yg tajam)
    Dpinggiran pantai bs dtemukan beberapa “umang2” dan ikan2 yg cantik (bagi yg ingin berkunjung ksini, silahkan nikmati suguhan alamny tp jangan diambil bawa pulang y binatang2 yg hidup dsini)
    Ad pondok2 untuk beristirahat,
    Dsediakan mushola dan tempat bilas
    Sayang dbeberapa sudut banyak sampah

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here