Pantai Binuangeun Indah

5W52+2F6, Muara, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak, Banten 42396

(4.7/5 dari 15 Pengunjung) Baca ulasan

Jika liburan ke daerah Lebak-Banten dan sedang mencari wisata pantai yang masih asri serta minim pengunjungnya maka bisa coba singgah ke Pantai Binuangeun Indah. Memiliki bibir pantai didominasi oleh batuan karang dan pasir putih.

Pantai ini memiliki pemandangan yang bagus, masih sepi pengunjung dan belum ter-eksplor. Cocok untuk yang sedang mencari tempat untuk menenangkan diri sambil menikmati pemandangan pantai.

Ketika sampai ke Pantai Binuangeun, pengunjung akan disambut oleh suara deburan ombak yang menghantam karang. Di beberapa titik pengunjung juga bisa bermain air laut tanpa harus takut terkena ombak.

Di sekitaran pantai juga terdapat saung lesehan yang menyediakan berbagai hidangan laut, khususnya ikan segar hasil tangkapan nelayan setempat. Biasanya ikan tersebut diolah menjadi ikan bakar dan nikmati dengan lalapan dan sambal.

Pantai dengan kondisi alam yang masih asri ini cocok jadi tempat liburan keluarga. Nah, jika tertarik akan berkunjung, maka bisa simak ulasannya di bawah ini!

Deskripsi Pantai Binuangeun Indah

binuangeun indah
Pemandangan bibir pantai Binuangeun / Tomáš Kolomazník

Pantai Binuangeun Indah merupakan salah satu wisata pantai di pesisir pantai selatan, Kabupaten Lebak, Banten. Pantai ini jadi tujuan wisata masyarakat setempat maupun wisatawan dari berbagai daerah. Selain pemandangan yang indah, Pantai Binuangeun juga dikenal sebagai surga bagi pecinta ikan laut segar.

Namun, perlu diketahui bahwa pantai ini memiliki ombak yang cukup besar dan banyak karang membuat penglola memberikan larangan berenang di beberapa titik. Meskipun begitu, bagi para pengunjung yang ingin memancing, ada spot atau area tertentu yang cocok untuk memancing.

Pengunjung tidak perlu khawatir jika tidak membawa bekal atau makanan karena di sini juga tersedia aneka makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau. Di beberapa warung lesehan, tempatnya ditata indah dan makanannya juga enak. Harga terjangkau dan ada fasilitas mushola serta toilet yang memadai.

Saat air laut surut, ombaknya tidak terlalu besar dan air lautnya sangat bersih dan jernih. Terlihat ikan dan bintang laut di pinggir pantai. Oh iya, untuk masuk ke Pantai Binuangeun Indah bisa melalui gapura Pantai Binuangeun.

Bagi pengunjung yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga sambil bakar ikan dan melihat pemandangan yang begitu indah, Pantai Binuangeun adalah tempat yang tepat.

Rute Menuju Lokasi

Lokasi Pantai Binuangeun
Gapura pintu masuk Pantai Binuangeun dari jalan raya / Rian Hidayattulah

Pantai ini mudah dijangkau dari Malingping, jaraknya sekitar 20 kilometer dan bisa dicapai dalam waktu sekitar 30 menit. Untuk menuju ke Malingping sendiri, ada beberapa jalur yang bisa pengunjung pilih.

Untuk pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, bisa lewat toll yang mengarah ke Serang Timur dan berlanjut ke Malingping. Setelah itu, tinggal menuju ke arah Wanasalam dan akan sampai di Pantai Binuangeun.

Sedangkan jika menggunakan kereta, bisa naik dari Jakarta menuju Tanah Abang dan lanjut ke Rangkasbitung. Dari sana bisa melanjutkan perjalanan ke Malingping dan Wanasalam.

Namun, perlu diingat ya, bagi yang membawa kendaraan pribadi, hati-hati di sekitar daerah Rangkasbitung-Malingping karena kondisi treknya kurang mulus dan jalannya menanjak serta menurun tajam. Tapi tenang saja, akses jalannya masih bisa dilalui oleh mobil atau sepeda motor.

Oh ya, satu lagi, akses jalannya dari jalan raya ke pantai memang kurang terawat, tapi masih bisa dilalui dengan mobil. Jalan menuju pantai juga kurang terawat, jadi harus berhati-hati saat berkendara.

Jam Buka Pantai

Pantai Binuangeun Indah buka selama 24 jam penuh, jadi pengunjung bisa datang kapan saja tanpa perlu khawatir kehabisan waktu. Untuk penggemar sunrise, maka bisa datang pagi-pagi buta dan menikmati pemandangan indah matahari terbit di atas laut. Namun, untuk lebih suka suasana senja, maka bisa datang sore hari dan menyaksikan langit yang berubah warna menjadi kemerahan saat matahari terbenam.

Harga Tiket Masuk

Untuk memasuki lokasi ini pengunjung tidak dipungut biaya alias gratis. Hanya saja jika parkir di lokasi tertentu pengunjung akan dimintai biaya parkir saat akan keluar. Pantai gratis namun memiliki pemandangan yang indah.

Namun saat libur panjang kemungkinan ada tarif bagi wisatawan yang akan berkunjung. Tapi biasanya tarifnya tidak mahal, hanya Rp5.000 sampai Rp10.000.

Hal Menarik dari Pantai Binuangeun Indah

Meski Pantai Binuangeun Indah belum terkelola dengan baik, namun pantai ini memiliki beberapa hal menarik yang bisa pengunjung lakukan dan temukan di pantai ini. Berikut di antaranya.

Bermain Air

Bermain Air di Pantai Binuangeun
Bermain Air di Pantai Binuangeun / ande jadul

Bermain air di pantai bisa jadi kegiatan yang menyenangkan khsusnya bagi anak-anak. Air laut yang biru dan ombak yang indah menarik perhatian mereka untuk bermain dan menikmati waktu di pantai. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisa bermain air dengan aman dan nyaman.

Pertama pilih kubangan dekat batuan karang atau area dangkal yang aman untuk bermain air. Pastikan anak-anak bermain di tempat yang tidak terlalu dalam dan jangan pernah biarkan mereka berenang sendirian atau terlalu jauh dari pantai. Selalu pantau anak-anak dengan saksama saat mereka bermain air, dan pastikan mereka tidak pernah meninggalkan pantai tanpa pengawasan.

Selalu gunakan alas kaki saat bermain air untuk menghindari cedera dari batu atau karang tajam di sekitar pantai. Memakai alas kaki juga dapat membantu melindungi kaki dari terbakar oleh pasir panas di pantai.

Pantai Masih Asri

Pantainya masih sangat asri, dengan karang-karang yang tersebar di sekitarnya dan ombak besar yang khas pantai selatan. Pemandangan pantai yang segar membuatnya menjadi tempat yang cocok untuk liburan bersama keluarga. Selain itu, banyak pohon kelapa tumbuh di sekitar pantai, yang menjadikannya tidak terlalu terik saat siang hari.

Pemandangan pantai yang indah dengan udara yang sejuk menjadikan tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi. Ada banyak tempat wisata menarik yang bisa ditemukan di sekitar pantai. Namun, yang paling menakjubkan adalah bahwa pantai ini hampir tidak memiliki pengunjung, menjadikannya seperti pantai pribadi.

Pemandangan ombak yang indah, keberadaan karang, dan tempat yang adem sangat menambah daya tarik pantai ini. Selain itu, ada juga tanaman pandan yang tinggi yang menjadi salah satu daya tarik tersendiri di area ini. Dengan keindahannya yang alami, pantai ini memang sangat layak dikunjungi.

Menikmati Ikan Bakar

Menikmati Ikan Bakar di Pantai Binuangeun
Membakar ikan segar dari nelayan setempat di pinggir pantai / Serba Serbi

Ada beberapa warung lesehan di sekitar pantai milik warga setempat. Tempat ini sangat cocok untuk berkumpul bersama keluarga sambil menikmati makanan ikan bakar yang segar.

Selain itu, lokasi pantai juga tidak jauh dari pasar ikan, pengunjung bisa menikmati hidangan ikan bakar dengan harga yang cukup terjangkau namun dengan rasa yang lezat.

Jika mengambil jalur menuju Bınuangeun, maka akan menemukan banyak pedagang ikan yang menawarkan ikan segar untuk dibeli dan langsung dipanggang di tempat. Pengalaman ini sangat cocok untuk mereka yang ingin merasakan sensasi makan ikan bakar yang hangat dan segar di tepi pantai.

Melihat Aktivitas Nelayan

Melihat aktivitas nelayan di Pantai Binuangeun bisa jadi pengalaman yang jarang dijumpai di tempat lain. Tempat ini menjadi spesial bagi para wisatawan karena kegiatan nelayan setempat yang menghidupkan suasana. Terdapat banyak perahu nelayan yang bersandar di bibir pantai.

Namun, yang menjadi keunikan tersendiri dari pantai ini yaitu adanya sebuah pelelangan ikan yang katanya terbesar di Kabupaten Lebak selatan. Pengunjung bisa melihat aktivitas nelayan yang sibuk bertransaksi jual-beli ikan hasil tangkapan mereka.

Pemandangan hilir-mudik nelayan yang berangkat melaut dan kembali dengan tangkapan ikan yang melimpah sangat menarik untuk diabadikan dalam foto.

Pantai Binuangeun memang memiliki kekayaan laut yang melimpah. Oleh karena itu, aktivitas nelayan di sini sangat hidup dan menjadi hal menarik bagi para wisatawan. Dalam melihat aktivitas nelayan ini, kita juga dapat merasakan atmosfer lokal yang sangat kental. Hal ini tentu saja bisa membuat pengalaman liburan di Pantai Binuangeun semakin berkesan.

Banyak Pohon Kelapa

kelapa pantai binuangeun banten
kelapa di pinggir pantai Binuangeun Banten / Hutomo Pramunindyo / Tubagus Rhobby / Tomáš Kolomazník

Salah satu keunikan Pantai ini adalah keberadaan banyak pohon kelapa yang tumbuh di sepanjang pantainya. Pohon-pohon kelapa yang menjulang tinggi memberikan suasana yang sangat tropis dan menenangkan. Keberadaan pohon kelapa ini juga memberikan perlindungan dari teriknya sinar matahari sehingga suhu di pantai terasa sejuk dan nyaman.

Hamparan pohon kelapa di Pantai ini juga memberikan pemandangan yang indah saat dilihat dari jauh. Ditambah dengan warna biru toska dari air laut yang begitu menawan, akan membuat waktu bersantai semakin sempurna.

Untuk yang mencari pantai yang dapat memberikan pengalaman liburan yang berbeda, pantai ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Kehadiran banyak pohon kelapa di sepanjang pantainya membuat Pantai ini begitu unik dan menarik untuk dikunjungi.

Melihat Pemandangan Sunset

Sunset Pantai Binuangeun
Pemandangan sunset / Deris Triandi

Menikmati pemandangan sunset di Pantai Binuangeun bisa jadi pengalaman yang tak terlupakan. Pantai yang terletak di pesisir selatan Kabupaten Lebak, Banten ini menawarkan panorama matahari terbenam yang memesona.

Saat matahari semakin dekat dengan garis cakrawala, langit memancarkan warna-warna indah seperti jingga, merah muda, dan ungu. Pastikan memilih tempat duduk di tepi pantai atau di atas batu karang yang tersebar di sekitar pantai.

Memancing Ikan Laut

pantai binuangeun malingping
Mancing ikan di pantai Binuangeun / Jayadi ST / Novly Alfikri

Bagi para penghobi memancing, Pantai Binuangeun menjadi pilihan tepat untuk menyalurkan hobi mereka. Pesisir selatan yang dilewati perairan laut yang kaya akan ikan, menawarkan pengalaman memancing yang sangat menyenangkan.

Tidak hanya memancing di bibir pantai saja, bisa juga menyewa kapal nelayan untuk menikmati memancing di perairan yang sedikit lebih dalam. Dengan demikian bisa menangkap ikan-ikan dengan ukuran lebih besar.

Camping di Pinggir Pantai

Pantai Binuangeun bisa jadi tempat yang cocok untuk yang ingin mencari pengalaman berbeda dalam bermalam. Khususnya untuk yang ingin merasakan tidur dengan hembusan angin laut yang sejuk dan menikmati pemandangan bintang di langit tanpa batas.

Camping di Pantai Binuangeun bisa memberikan pengalaman liburan yang berbeda tentunya. Kamu bisa merasakan suara deburan ombak di malam hari sambil merasakan dinginnya angin laut.

Di sini, pengunjung bisa memilih untuk berkemah di dekat pantai atau di dekat kebun kelapa. Namun sebaiknya meminta izin terlebih dahulu kepada pengelola pantai. Malam harinya bisa membuat membuat api unggun.

Tentu saja, pengunjung perlu memperhatikan keselamatan selama berada di pantai. Jangan lupa untuk membawa peralatan camping yang sesuai dan memastikan tenda kamu kokoh dan aman dari angin kencang.

Oh iya, pastikan untuk tidak meninggalkan sampah di pantai, karena menjaga kebersihan pantai sangat penting.

Berkunjung ke Pantai Sawah Kabayan

Jangan lewatkan untuk mengunjungi Pantai Sawah Kabayan ketika berkunjung ke pantai ini. Pantai tersebut terletak tidak jauh dari Pantai Binuangeun dan mudah diakses. Pemandangan di Pantai Sawah Kabayan tidak kalah indah. Terutama ketika menjelang sore, ketika air laut yang surut, akan munculnya garis-garis yang menyerupai pesawahan.

Jangan khawatir, pengunjung tidak akan kecewa dengan pemandangan yang disajikan di Pantai Sawah Kabayan. Tidak hanya pemandangan pantainya yang menakjubkan, tetapi juga terdapat pemandangan alam yang menarik di sekitarnya.

Berkunjung ke Binuangeun Water Park

Binuangeun Water Park Indah
Binuangeun Water Park / Ikro Khaerurizal

Nah, jika ingin berenang lebih aman maka bisa coba menyambangi Binuangeun Water Park yang jaraknya sekitar 3 kilometer dari Pantai Binuangen, jarak tempuhnya sekitar 15 menit perjalanan dengan kendaraan pribadi.

Tempat rekreasi baru di wilayah Malingping-Binuangeun siap menyambut pengunjung yang mencari keseruan dan ketenangan di dalam air. Binuangeun Water Park menawarkan banyak pilihan kolam renang, termasuk kolam khusus untuk dewasa dan anak-anak, serta dilengkapi dengan perosotan, air terjun buatan, dan wahana lainnya.

Dengan harga tiket masuk yang terjangkau, hanya sebesar Rp 15.000 per orang, pengunjung sudah bisa merasakan sensasi bermain air sepuasnya. Namun, pada saat hari libur atau saat pengunjung sedang membludak, harga tiket dinaikkan menjadi Rp 25.000 per orang.

Tidak hanya menawarkan pengalaman bermain air yang menyenangkan, Binuangeun Water Park juga menawarkan suasana yang tenang dan nyaman, sehingga pengunjung dapat bersantai dan menikmati liburan mereka dengan lebih baik.

Tips Berkunjung ke Pantai Binuangeun Indah

Agar kunjungan ke Pantai Binuangeun memberikan kesan menyenangkan, maka tidak ada salahnya untuk menyimak beberapa tips berikut.

  • Sebaiknya berkunjung di bulan-bulan musim kemarau untuk pemandangan pantai yang maksimal seperti bulan Juni s/d Agustus. Cek terlebih dahulu perkiraan cuaca sebelum berkunjung ke Pantai Binuangeun.
  • Jika ingin merasakan suasana pantai yang lebih tenang dan sepi pengunjung maka bisa berkunjung di hari biasa. Berkunjung saat libur panjang atau libur sekolah, biasanya banyak wisatawan lokal.
  • Untuk yang tidak memiliki pengalaman berenang atau pertama kali berenang sebaiknya berenang di lokasi yang dangkal, dan hindari area yang berbahaya.
  • Jangan lupa membawa uang tunai dalam jumlah yang cukup, lokasi pantai ini jauh dari ATM atau mini market.
  • Untuk menjaga kelestarian pantai harap tidak membuang sampah sembarangan. Jika tidak menjumpai tempat sampah maka artinya sampah harus dibawa pulang.

Kekurangan Pantai Binuangeun Indah

Sama seperti wisata pantai yang belum terkelola dengan baik, Pantai Binuangeun memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya minim tempat sampah yang membuat pengunjung kesulitan tertib buang sampah pada tempatnya.

Pantai belum terkelola dengan baik, belum ada fasilitas pendukung untuk pengunjung seperti tempat duduk, area parkir khusus pengunjung, dan toilet untuk bilas dan buang air besar.

Demikian ulasan mengenai Pantai Binuangeun Indah, Wanasalam, Lebak, Banten. Jika terdapat informasi yang keliru dan memiliki pengalaman berbeda saat berkunjung maka bisa kirim ulasannya di bawah ini!

15 Ulasan dari pengunjung

  1. Tempat yang benar-benar alami,sejuk dan ombak yang besar dengan pohon2 kelapa yang menjulang ini benar-benar wajib untuk di kunjungi

  2. Pengalaman saya ke pantai ini….Pemandangan pantai dan pemandangan ombaknya indah,ada karangnya,tempatnya adem,dan di area ini ada juga tanaman2 pandan yang tinggi,bagus buat foto2…begitulah pengalaman saya terima kasih😁 …

  3. Pantai selatan yang berpasir kuning namun nan indah yang terletak di desa Muara kecamatan Wanasalam kabupaten Lebak.

  4. Untuk stay home nyandih enak.tempatnya sunyi sekali, dan cocok banget buat anak kecil main di pantai nya

  5. Di pantai ombaknya ga besar, masih cukup bersih airnya. Terlihat ada ikan2 dan bintang laut di pinggir pantai.. aman buat anak2 berenang. Tempat sampah jarang banget, jd klo mau buang sampah bingung. Kalau dikelola dengan baik pasti bagus banget.

  6. Binuangeun adalah nama sebuah kampung yang berada di Desa Muara Kecamatan Wanasalam Kab Lebak Banten, memiliki pelabuhan kapal nelayan dan tempat pelelangan ikan terbesar di Banten Selatan.

  7. Daerah pesisir yg belum tercemar ke jernihan laut nya bikin saya senang melihat nya dan segar menghirup udaranya makasih tuhan telah memberikan kenikmatan

  8. Tiba di pantai melalui gerbang Binuangeun, pengunjung akan menemukan sebuah tempat bernama Lesehan Sultan. Dari segi keindahan, tempat ini sangat menawan dan makanannya juga lezat. Harganya terjangkau dan tersedia mushola serta toilet. Salah satu daya tariknya adalah lesehannya yang berbentuk saung yang memberikan kesan privat dan nyaman bagi pengunjung.

    Di tempat ini, pengunjung dapat menikmati suasana pantai yang damai dengan menikmati hidangan lezat sambil duduk santai di lesehan. Kebersihan juga menjadi perhatian utama di tempat ini, karena tersedia fasilitas toilet yang terjaga dengan baik.

    Selain itu, tersedia juga mushola bagi pengunjung yang ingin beribadah atau sekadar beristirahat. Lesehan Sultan benar-benar menyajikan pengalaman yang menyenangkan bagi siapa saja yang berkunjung ke sana.

  9. Pantai Binuangeun ini termasuk salah satu pantai di pinggiran pulau jawa tepatnya bagian selatan banten, banyak pilihan lokasi bermain untuk keluarga khusunya buat anak2

  10. Mantap… Lokasi dekat dengan bibir pantai bqnyak ikan murah yang di jual dengan harga bersaaing dan masih segar ..saran kalo mau dapet ikan dengan
    Harga Murah. Harus bisa Nego dengam bahasa Di sana. Seakan 2
    Kita bukan pelancong

  11. Pantai tersebut masih terjaga keasriannya, dikelilingi oleh karang dan dihiasi dengan ombak besar khas pantai selatan. Meskipun belum dikenakan biaya masuk, akses jalannya dari jalan raya menuju ke pantai mengalami kerusakan, namun masih dapat dilalui oleh mobil. Penduduk setempat telah menyediakan banyak bale atau pondok-pondok untuk pengunjung pantai. Pantai tersebut sangat cocok untuk berkumpul bersama keluarga dan menikmati makanan bakar ikan yang diolah dari ikan segar yang dapat diperoleh di pasar ikan terdekat. Namun, satu-satunya masalah yang masih perlu diperhatikan adalah banyaknya sampah yang dibuang sembarangan.

  12. Binuangeun adalah lokasi strategis untuk rekreasi pantai selatan yang berada di kawasan desa muara kecamatan Wanasalam kab Lebak, juga merupakan penghasil ikan laut yang sangat besar dan Alhamdulillah bisa mencukupi kebutuhan masyarakat sekitar dan disekeliling wilayah terdekat Indonesia. Sangat bagus untuk para wisatawan berkunjung ke wilayah pantai selatan binuangeun.

  13. Masih banyak pantai yang asri dan tidak begitu rame. Pemandangan indah karang masih bagus.
    Beberapa tempat yang ramai kotor banyak sampah

  14. Binuangeun Indah merupakan salah satu pantai di pesisir pantai selatan, Kabupaten Lebak, Banten. Pantai ini merupakan primadona wisata masyarakat setempat

  15. Tempat yg enak air nya bersih
    Tiket masuk hanya 5rb sangat murah
    Tidak Sia2 jauh jauh berkunjung dari Cikarang Bekasi kesini..beli ikan nya juga murah2

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here